Gunung Puntang – Paduan Indah Sejarah dan Eksotisme Alam

Loading...

Gunung Puntang – Tempat wisata di bandung selatan yang bernama Gunung Puntang ini adalah merupakan salah satu kawasan pegunungan yang sangat bersejarah dalam Pariwisata Bandung Jawa Barat.

Sejarah Gunung Puntang

Sejarah Gunung Puntang

Sejarah Gunung Puntang terkenal karena selain memiliki jejak petilasan zaman klonialisme loji Belanda,yaitu berupa Goa Belanda serta tempat ini menyimpan sejarah sebagai bekas stasiun terbesar dan pertama pemancar radio di asia tenggara,yang dulunya digunakan untuk menyiarkan informasi berita ke seluruh dunia,termasuk negeri Belanda sendiri.

Wana Wisata Gunung Puntang sendiri saat ini,adalah salah satu tempat wisata alam di Bandung selatan yang terbaik yang sering dipergunakan untuk keperluan kegiatan Camping para pelajar,mahasiswa bahkan masyarakat umum,sehingga kawasan wisata ini juga dikenal sebagai Bumi Perkemahan Gunung Puntang.

Baca Juga : Bumi Perkemahan Ranca Upas Ciwidey

Berbicara apa yang paling menarik dari kawasan wisata yang terkenal angker ini,maka semua orang termasuk saya akan menjawab,bahwa tempat ini sangat eksotis,sangat alami,rimbun dengan pepohonan tinggi serta yang paling menantang adalah cuaca di kawasan ini sangat-sangat dingin,terkadang di siang hari apalagi menjelang sore ke malam,sudah dipastikan kabut putih tebal akan menutupi kawasan hutan ini.

Area Pendakian Gunung Puntang

Area Pendakian Gunung Puntang

Penulis sendiri pernah melakukan Pendakian Gunung Puntang,bagaimana keindahan alam di kawasan wisata walam ini sangat begitu luar biasanya.Ketika ada kegiatan bersama perusahaan beberapa tahun yang lalu,dimana kami melakukan kegiatan acara Hiking atau pendakian bersama di sini.Meskipun tubuh lelah karena beratnya medan yang harus dilalui karena kita harus naik dan turun rute jalur yang telah disediakan.

Inilah rekam jejak saya ketika melakukan Hiking atau Pendakian Gunung Puntang beberapa tahun yang lalu [ Sumber My Channel Youtube : Gunung Puntung ]

Lokasi Gunung Puntang

Untuk mencapai lokasi Gunung Puntang tidaklah terlalu sulit,apabila anda start dari kota bandung,maka perjalanan anda diterusakan ke arah Soreang,tepat di pertigaan warung lobak,disitu ada pertigaan.Arah sebelah kanan adalah ke arah kawasan wisata Kawah Putih juga Situ Patenggang,sementara apabila ke Gunung Puntang anda mengambil arah ke sebelah kiri atau lurus setelahnya.

Kemudian setelahnya anda akan melintasi daerah Banjaran,pas di pertingaan,anda ambil jalur sebelah kanan menuju arah Pangalengan.5 Km dari sini,anda akan sampai di petigaan lagi,kemudian anda ambil arah sebelah kiri,dan dari disitu kurang lebih 7 Km lagi anda akan sampai di Gunung Puntang.

Baca Juga : Kawah Putih – Surga Bumi Parahyangan

Yang jelas,Untuk menuju kawasan wisata alam bandung selatan ini  tidaklah terlalu sulit,anda tidak perlu khawatir karena selain di jalanan banyak sekali tanda atau plang arah penunjuk jalan,jalur ini juga karena merupakan jalur pariwisata,maka anda akan bisa banyak menemukan tempat-tempat wisata lainnya seperti rumah makan dan restoran,sehingga sambil rehat atau istirahat anda juga bisa bertanya arah jalan menuju Gunung Puntang.

Harga Tiket Masuk Gunung Puntang Bandung

Harga tiket kawasan ini adalah Rp 4.000/orang,sementara bagi yang ingin berkemah Rp 5.000/orang.Untuk yang bawa kendaraan roda empat Rp 15.000 sampai 20.000.

Penginapan Di Gunung Puntang Bandung

Wana Wisata alam di sini juga telah menyediakan tempat penginapan berupa pondok-pondok tradisional,yang bisa anda sewa Rp.150.000/malam untuk week day,sementara Rp 200.000/malam untuk weekend.

Peta Lokasi Gunung Puntang Bandung

Peta Gunung Puntang

Peta Gunung Puntang

Nah bagaimana ? sekarang waktunya bagi anda,mulai menyiapkan planning untuk berlibur ke kawasan wisata alam ini.Saya jamin,tempat wisata di bandung ini masih sangat perawan,sunyi,hening karena berada tepat di tengah hutan yang lebat dan suhu udara yang sangat dingin sekali.

Demikianlah informasi seputar Tempat Wisata Di Bandung Gunung Puntang.

 

loading...

Leave a Reply