Cukul Pangalengan – Info Tiket Masuk, Villa & Wisata Bukit Sunrise Point

Cukul Pangalengan – Sedang mencari Tempat Wisata Baru di Bandung Selatan yang menarik untuk dikunjungi ? jika iya inilah informasi Harga Tiket Masuk dan Eksotisme Sunrise Point Wisata Cukup Pangalengan.

Hi traveler’s, jumpa lagi dengan Kng Dian, penulis blog informasi Wisata Bandung, yang kali ini akan me-review salah satu dari 37 Tempat Wisata di Pangelengan Bandung yang wajib dikunjungi.

Wisata Cukul Pangalengan adalah salah satu sisi eksotisme dan romantisme Wisata Alam Bandung Selatan yang tidak kalah dengan pesona alam Tempat Wisata di Lembang dan Maribaya Bandung Barat.

Nah seperti apakah daya tarik Bukit Cukul serta fasilitas juga akomodasi wisata seperti Villa Cukul di Pangalengan di Kabupaten Bandung ini ?

Seperti apakah pesona keindahan pemandangan alam Sunrise Point Cukul Pangalengan yang konon seindah Sunrise di Tebing Keraton dan Sunset di Bukit Moko dan Bukit Bintang ?

Lalu dimanakah Alamat, kemudian Peta Lokasi serta cara mengakses Rute Jalan Menuju ke Objek wisata Cukul di Pangalengan Bandung Selatan ?

Kemudian berapakah Harga Tiket Masuk Cukul Pangalengan Bandung Selatan terbaru yang harus kita siapkan jika tertarik untuk datang berwisata menikmati keindahannya ?

Baiklah untuk menjawab semua pertanyaan di atas, seperti biasa kang dian akan ajak sobat pecinta wisata di bandung untuk mengetahui informasi selengkapnya di bawah ini.

Cukul Pangalengan

Cukul Pangalengan Bandung Selatan

Foto By @landscaper.id

Sahabat traveler’s, ada banyak tempat wisata di bandung yang terkenal dan saat ini sedang nge-hit sehingga banyak dikunjungi wisatawan.

Nah salah satu lokasi tempat wisata hit di bandung yang saat ini terus semakin berkembang dan menjadi destinasi wisata favorit wisatawan adalah kawasan wisata bandung selatan.

Jika bicara tempat wisata di bandung selatan, memang benar jika kawasan Tempat Wisata di Ciwidey yang terkenal dengan objek wisata Kawah Putih, Situ Patenggang, Ciwalini dan Glamping Ciwidey nya,

selama ini menjadi salah satu Tempat Wisata Anak dan Keluarga di Bandung terfavorit, ataupun bagi para pecinta alam bandung untuk menghabiskan waktu liburan mereka.

Nah salah satu kawasan wisata di bandung selatan lainnya yang sangat populer selain ciwidey yang kini mulai banyak diburu oleh wisatawan adalah kawasan Wisata Pangalengan,

Dan salah satu objek wisata di pangalengan bandung selatan yang saat ini sedang nge-hit dan menjadi destinasi wisata favorit wisatawan adalah Wisata Cukul Pangalengan.

Alamat Tempat Wisata Cukul Pangalengan di Bandung

Sahabat traveler’s, objek wisata Cukul di Pangalengan lokasinya berada di jalan Cukul, Desa Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung Jawa Barat 40378.

Lokasinya tepat berada di dalam kawasan salah satu Perkebunan Teh di Bandung yang terkenal Malabar yang dikelola oleh PTPN VII, dan berada di kaki Gunung Malabar serta dekat dengan Gunung Nini.

Dari kawasan Tempat Wisata di Dalam Kota Bandung seperti Trans Studio Bandung, jaraknya adalah sekitar 59 kilometer atau bisa ditempuh dengan naik kendaraan sekitar 2 jam-an.

Sementara jika diakses dari arah kawasan Tempat Wisata di Bandung Utara yang terkenal seperti Dago Dream Park, jaraknya sekitar 74 KM ( 1 Jam 53 Menit ).

Nah lalu berapakah jarak dan waktu tempuh berkendara dari lokasi tempat anda berada, dan tempat – tempat wisata di bandung terpopuler lainnya, silahkan lihat peta di bawah.

Peta Lokasi Cukul Pangalengan di Kabupaten Bandung

Silahkan anda bisa buka di sini [ Lihat Peta Lokasi ]

Daya Tarik Wisata Cukul Pangalengan di Bandung Selatan

Cukul Pangalengan Bandung Selatan

Sahabat traveler’s, ada banyak tempat wisata yang terkenal di Pangalengan Kabupaten Bandung yang saat ini telah lama menjadi destinasi wisata favorit wisatawan.

Contoh pertama adalah Situ Cileunca, inilah objek wisata danau alam yang sangat indah di bandung yang pesona keindahannnya secantik Situ Lembang dan Situ Cisanti.

Contoh kedua adalah Cibolang Hot Spring, salah satu lokasi Tempat Pemandian Air Panas di Bandung terkenal selain Pemandian Air Panas Cimanggu, Cipanas Nagrak dan Ciater.

Contoh ketiga adalah Curug Panganten dan Curug Dewa adalah 2 dari Tempat Wisata Air Terjun di Bandung yang tak kalah indah dengan Curug Malela, Curug Maribaya, Curug Cinulang dan Curug Cimahi,

Contoh keempat, Wisata Batu Eon, dimana legenda dan keindahan alami wisata alam pangelengan ini secantik dengan objek wisata Wot Batu yang ada di Selasar Sunaryo Art Space.

Contoh kelima ada Kampung Adat Cikondang, dimana merupakan tempat wisata budaya di bandung sepopuler kampung Buyut Cipageran dan Kampung Cikidang Lembang.

yang lainnya ada Gunung Puntang yang pesona keindahannya tidak kalah dengan Gunung Tangkuban Perahu di Bandung Barat.

Nah kini telah hadir satu lagi tempat wisata di selatan bandung yang menawarkan eksotisme wisata alam bumi parahyangan yang sangat indah lainnya, yaitu objek wisata Cukul Pangelengan.

Tempat Wisata Alam di Bandung Selatan yang Instagramable

Sahabat traveler’s, ada banyak tempat wisata alam di bandung yang kini diburu oleh oleh banyak wisatawan karena menawarkan keindahan alamnya yang instagenic, bagus untuk tempat berfoto.

Eksotisme wisata alam Cukul Pangelangan konon tidak kalah cantik dengan objek wisata alam baru yang sedang ngehit di bandung saat ini Orchid Forest Lembang atau Bukit Teropong Indah,

sehingga menjadi objek wisata favorit untuk berfoto para wisatawan yang sedang liburan di pangalengan dan tempat – tempat wisata di bandung selatan lainnya.

Nah bagi anda yang suka mengunjungi tempat wisata di bandung yang instagramable dan biasanya tempat ini mudah ditemukan di kota bandung seperti Rabbit Town, Amazing Art World Bandung dan Upside Down World Bandung,

mengunjungi objek wisata alam instagramable di bandung selatan seperti Cukul Pangelengan ini akan merasakan sensasi wisata yang berbeda dan luar biasanya !

Kenapa demikian ? karena selain mendapatkan spot berfoto alam yang indah, datang ke sini juga kita bisa sekaligus menikmati suguhan alam pegunungan yang teramat indah dan menyejukan mata,

belum lagi suhu udaranya di pagi, siang apalagi malam sangat sejuk sekali dan masih jauh dari polusi, sehingga sangat menyegarkan dan cocok dijadikan sebagai lokasi tempat refreshing dan rileksasi.

Tidak salah memang jika udara kawasan ini sangat begitu dingin, sedingin saat kita berada di objek wisata alam Puncak Bintang, Caringin Tilu atau Puncak Ciumbuleuit,

karena kawasan wisata Cukul di Pangalengan ini letaknya berada di atas ketinggian dataran tinggi pegunungan di bandung selatan yaitu pada ketinggian 1.600 meter di atas permukaan air laut.

Eksotisme Perkebunan Teh Cukul Pangalengan Bandung

Kebun Teh Cukul Pangalengan Bandung

Foto By @ taufan ramadhan

Sahabat traveler’s, salah satu sisi eksotisme wisata alam Cukul Pangelangan ini adalah daya tarik yang dihadirkan oleh indahnya hamparan kebun teh cukul,

panorama kebun teh cukul di pangalengan ini jika kita lihat akan seperti menikmati suguhan eksotisnya zamrud kathulistiwa nan hijau membentang sepanjang mata memandang.

tidak hanya itu saja, yang membuatnya semakin tampak sangat cantik view alam perkebunan teh cukul pangelangan ini adalah kehadiran kabut putih yang seperti enggan pergi untuk melingkupi di atasnya.

Nah jika anda sudah bisa membayangkan dari sekarang, terlebih kang dian sudah perlihatkan juga Photo Cukul di beberapa bagian postingan ini,

sangat tampak sekali bagaimana sangat cantik dan menggoda sekali bukan ?

pastinya sangat menggugah selera untuk memaksa kita betah berlama – lama tinggal di sana, sebagai tempat yang bagus untuk terapi alami obat stress pengusir penat kehidupan.

Eksotisme Situ Cukul Pangalengan

Sahabat traveler’s pecinta wisata alam bandung, hal menarik lainnya yang bisa kita saksikan dari dekat adalah pesona keindahan danau atau situ cukul.

Lokasi Situ Cukul ini berada di tepi jalan pangalengan, dan disekitarnya dikelilingi areal perkebunan teh cukul dan di dekatnya salah satu Penginapan di Bandung,

yaitu Villa Cukul Pangalengan, yang tentunya bisa anda sewa dan tempati sebagai tempat peristirahtan selama anda liburan untuk mengeksplorasi wisata di pangalengan.

2.Sunrise Point Cukul Pangalengan

Bukit Cukul Sunrise Point Pangalengan BandungSahabat traveler’s, memang tidak banyak tempat wisata alam di bandung yang menawarkan daya tarik objek wisata yang bagus untuk melihat keindahan saat matahri terbit,

Nah kini telah hadir sebuah spot menarik yang instagramable di pangalengan, yang menawarkan keindahan saat matahari terbit, yaitu di Sunrise Point Cukul Pangalengan.

Bagaimana cara menikmati pesona keindahan Sunset Point Cukul Pangalengan ? pertama kali tentu saja anda sudah harus berada di lokasinya saat pagi hari sebelum terbit matahari di pagi hari,

Tips wisatanya, usahakan bisa datang ke lokasi ini sebelum jam 05.00 WIB dari tempat anda menginap seperti Hotel di Bandung atau Penginapan di Ciwidey Bandung.

Bukit Cukul Pangalengan

nah selanjutnya, untuk bisa menangkap sajian indah sunrise di kawasan Cukul Pangalengan, maka anda tinggal naik ke puncak Bukit Cukul, yang populer namanya Puncak Giri !

nah setelah tiba di sana, sesuai dengan waktu yang pas saat matahari mau terbit, maka sajian keindahan alam yang begitu cantik luar biasa langsung akan menyelimuti anda,

warna kuning sinar mentari pagi yang mulai menyinari areal perkebunan teh cukul di pangalengan di bawahnya dan biasnya yang menyinari deretan bukit dan pegunungan yang mengelilinginya,

akan membuat anda akan terdiam takjub saat melihat dan menikmatnya, dan ungkapan decak kagum dalam hati pasti akan keluar dengan sendirinya,

Rasa syukur kepada Allah Swt pencipta alam semesta pun akan mengalir begitu saja, bahwasanya negeri kita nusantara ini memang ditakdirkan hadiah tercantik tuhan kepada kita !

tidak hanya itu saja, balutan udara pagi dengan kabutnya di kawasan Cukul yang sangat dingin, kesejukannya akan membawa anda seperti berada di sebuah negeri di atas awan yang indah mempesona.

Fasilitas Wisata Cukul Pangalengan Bandung

Ssahabat traveler’s, bukan hanya pesona kindahan alam nan alami hijau, sejuk dan tenang saja yang ditawarkan oleh kawasan wisata Cukul di pangalengan bandung ini,

namun untuk memberikan kenyamanan kepada semua pengunjungnya atau yang berwisata ke sana, pengelola sudah menyiapkan beberapa fasilitas baru maupun lama yang bisa anda dapatkan.

Rumah Pohon Cukul Pangalengan

Sahabat traveler’s, sepertinya belum banyak objek wisata alam di bandung yang saat ini sudah menyediakan fasilitas seperti yang ada di cukul, yaitu Rumah Pohon.

Fasilitas Rumah Pohon Cukul di Pangalengan ini disediakan selain sebagai tempat untuk menikmati pemandangan alam di sana, juga sering digunakan sebagai spot menarik untuk berfoto.

Villa Cukul Pangalengan ( Villa Jerman )

Villa Cukul Pangalengan BandungSahabat traveler’s, ada hal menarik lainnya yang bisa anda nikmati saat pergi berlibur mengunjungi salah satu tempat wisata bandung selatan cukul ini,

dimana di sana terdapat sebuah villa yang design bangunannya berarsitektur eropa, dimana kita akan seperti dibawa ke suasana di kawasan wisata Jalan Braga Bandung.

Villa Jerman Cukul ini lokasinya berada tepat di atas bukit kecil dan disekitarnya dikelilingi oleh danau kecil yang mengitarinya, sangat eksotik dilihatnya.

Villa di Pangalengan ini banyak sekali julukannya, mulai dari Villa Merah Cukul, dan yang paling populer tentu saja sebutan Villa Jerman !

Konon asal usul kenapa nama villa ini disebut Villa Jerman adalah karena bentuk bangunan rumah atau villa ini terlihat seperti rumah khas perkebunan di jerman,

namun demikian villa ini juga membarikan suasana bangunan peninggalan kolonialis belanda di bumi indonesia.

Saat ini pemilik villa jerman ini adalah Perusahaan Teh Sosro, setelah sebelumnya villa ini dipugar atau direnovasi setelah hancur akibat gempa bumi di tahun 2009 yang lalu.

Namun ada unik dan sedikit misterius dengan villa ini, karena konon Villa Jerman ini adalah merupakan salah satu Villa Angker di Pangalengan,

tahu kenapa alasannya ? jika berdasarkan informasi yang kang dian dapatkan di internet dan cerita warga sekitar, ternyata dulunya di sini ada kasus pembunuhan yang pelakunya tidak terungkap !!

But, terlepas dari carita mistis dan keangkerannya, kehadiran Villa Merah, atau Villa Jerman di cukul pangalengan ini membuat semakin menarik objek wisata kawasan bandung selatan ini.

segala pesona keindahan alamnya terlalu sayang jika dilewatkan begitu saja untuk dinikmati, dan jangan sampai terhalang karena keangkerannya, setuju kan ?

Nah sahabat traveler’s, selain fasilitas wisata tersebut di atas, di sana juga terdapat fasilitas hammock, tempat makan seperti warung di sepanjang jalan, tempat ibadah juga mudah ditemukan.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mengeksplorasi tempat wisata yang sedang nge-hits di pangalengan kabupaten bandunh ini ?

jika iya, yuk kita cari tahu berapa harga tiket masuk tempat wisata di bandung selatan ini di bawah dan info sangat penting lainnya.

Harga Tiket Masuk Cukul Pangalengan Bandung

Sahabat traveler’s, untuk bisa menikmati semua keindahan dan fasilitas wisata yang tersedia di sini, setiap pengunjung akan dikenakan tiket masuk cukul pangalengan Rp.5.000/orangnya.

Jam Buka Objek Wisata Cukul Pangalengan Bandung

Sahabat traveler’s, waktu operasional dimana banyak pengunjung yang biasanya datang ke kawasan ini adalah saat pagi menjelang terbit dan terbenam matahari, 08.00 – 18.00 WIB.

Nomer Telepon Informasi Wisata Cukul Pangalengan

Sahabat traveler’s, untuk saat ini kang dian belum mendapatkan informasi nomor kontak pengelola objek wisata cukul di pangalengan bandung ini.

Rute Jalan Menuju ke Objek wisata Cukul di Pangalengan Bandung

Sahabat traveler’s, untuk mengakses lokasi tempat wisata cukul di pangalengan kabupaten ini sangatlah mudah saat ini, terlebih jika melihat peta lokasi di atas yang sudah kang dian bagikan.

apalagi saat ini, bagi anda yang suka atau hobby pelesiran jalan – jalan ala backpackeran, pastinya wajib anda menginstal aplikasi petunjuk arah dan jalan yang terkenal, Waze.

Rute Jalan utama yang bisa anda kita kewati adalah jika dari arah Bandung – Baleendah, Banjaran, Pangalengan dan berakhir di Cukul.

Tips Wisata ke Cukul di Pangalengan Bandung

Namun beberapa hal yang wajib anda perhatikan saat mau pergi mengunjungi tempat wisata cukul di pangalengan ini adalah saat anda berada di perjalanan.

Perlu anda ketahui, rute jalanan menuju ke cukul atau pangalengan ini adalah kita akan melewati dataran tinggi dengan melintasi lereng perbukitan dan lembah yang berkelok – kelok,

pemandangan alamnya tidak usah perlu dijelaskan lagi, belum sampai lokasi wisata cukul saja, sajian keindahan alam di sepanjang perjalan begitu mengagumkan dilihatnya,

contohnya areal pemandangan hamparan perkebunan teh cukul pangalengan ini seperti kita melihat objek wisata Bukit Teletubbies yang bergelombang.

Namun Kita harus ekstra waspada melewari rute jalannya, terlebih jika mengunjungi tempat wisata ini di pagi hari, maka kabut putih yang sangat tebal bisa menghalangi pandangan mata kita,

belum lagi kawasan ini memang terkenal sebagai kawasan rawan longsor jika musim penghujan, dan kawasan lembahnya di bawahnya cukup curam bisa mencapai 200 meteran tingginya dari jalan raya.

dan terakhir yang perlu anda siapkan untuk mengantisipasinya adalah, karena udara di sana sangat dingin sekali meski di waktu siang hari,

maka persiapan dengan baik dan jangan sampai lupa untuk membawa perlengkapan pakaian tebal yang bisa menjaga suhu tubuh anda tetap hangat alias tidak menggigil kedinginan.

Nah sahabat traveler’s, bagaimana sejauh ini apakah anda semakin penasaran untuk mengunjungi tempat wisata yang sedang populer di pangalengan bandung selatan ini ?

atau anda pun tertarik untuk mengeksplorasi tempat – tempat wisata di daerah bandung dan sekitarnya ?

jika iya, silahkan anda lanjutkan membaca terus sedikit lagi, informasi yang sangat penting juga yang wajib anda ketahui jika mau berwisata ke cukul atau tempat wisata lainnya di bandung.

Paket Wisata Pangalengan Bandung Selatan

Sahabat traveler’s, begitu banyaknya objek wisata yang ada di pangalengan bandung, sudah tentu anda tidak akan cukup mengeksplorasi wisatanya dalam waktu sebentar bukan ?

oleh karenanya, saran kang dian adalah, jika anda mau menikmati semua objek wisata di pangalengan dengan cara yang mudah tidak ribet dan ongkos biaya wisatanya yang besar,

maka kang dian sarankan agar anda segera menghubungi tempat penyedia jasa perjalanan wisata ke bandung yang murah, yaitu tour travel di bandung.

Selain Paket Wisata Bandung Murah seperti ke Pangalengan, anda juga bisa mengekplotasi wisata yang terkenal di lembang seperti diantaranya,

Floating Market Lembang, Dusun Bambu, Farm House Bandung, Taman Begonia, Kampung Gajah, De’Ranch dengan mengikuti Paket Wisata Lembang Bandung Murah.

Jika mau ekplorasi tempat – tempat wisata favorit lainnya di bandung, silahkan anda bisa memilih salah paket tour bandung di bawah ini,

  1. Paket Wisata Bandung 1 Hari
  2. Paket Wisata Bandung 2 Hari 1 Malam
  3. Paket Wisata Bandung 3 Hari 2 Malam
  4. Paket Wisata Bandung 4 Hari 3 Malam

Jika anda liburannya berdua dengan pasangan, kang dian rekomendasikan menggunakan Paket Wisata Bandung Untuk 2 Orang atau Paket Bulan Madu Bandung.

Jika untuk Paket Wisata Bandung Rombongan, kang dian sarankan anda ambil salah satu antara Paket Outbound Bandung atau Paket Family Gathering Bandung.

Tour Travel Bandung juga sediakan jasa tour travel lainnya seperti sediakan Sewa Bus Pariwisata Bandung dan Rental Mobil Bandung Murah.

Salah satu tour travel di bandung yang menyediakan Harga Sewa Bus Pariwisata Bandung murah dan Rental Mobil Bandung Murah Tanpa Sopir adalah Mawa Holiday Tour & Travel.

Nah sahabat traveler’s, dengan informasi di atas, demikianlah ulasan panjang lebar kang dian seputar Wisata Bukit Sunrise Point, Villa dan Harga Tiket Masuk Wisata Cukul Pangalengan.

Wisata Cukul Pangalengan
Wisata Bukit Cukul Pangalengan Bandung

Place Name: Wisata Cukul Pangalengan

Place Description: Tempat Wisata alam Bukit dan Sunrise Point di Cukul Pangalengan Kabupaten Bandung

More...

  • Wisata Cukul Pangalengan
  • Fasilitas Wisata
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses

Ringkasan

Nama : Wisata Cukul
Lokasi : Pangalengan Kab.Bandung
Jam Buka : 08.00 - 18.00 WIB
Harga Tiket Masuk : Rp.5000
Fasilitas : Rumah Pohon, Situ, Villa dll

5.0
User Rating 5 (1 vote)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
Loading...