Kebun Binatang Bandung Harga Tiket Masuk & Jam Buka Tutup 2023

Kebun Binatang Bandung | Harga Tiket Masuk Rp 50.000 ( Perorangan ), Rp 40.000 – Rp 45.000 ( Rombongan ) | Jam Buka 10.00 – 16.00 WIB | No Telp 0813-1396-7733 | Alamat Jl. Tamansari No.17, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132 | MAP Peta Lokasi

Apakah anda sedang mencari info Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Bandung Terbaru 2022 ?

Jika iya, maka anda sudah berada di halaman yang tepat, karena Kang Dian, admin Wisata Bandung, saat ini tengah mengupdate informasi seputar Kebun Binatang di Bandung.

Kebun Binatang Bandung ( Bonbin ) adalah salah satu objek wisata alam flora dan fauna yang lokasinya terletak berdampingan dengan kampus Institut Teknologi Bandung dan Sungai Cikapundung.

Bonbin awalnya bernama Derenten ( Kebun Binatang ) ini didirikan pada tahun 1930 oleh Bandung Zoological Park (BZP) dengan luas mencapai 13,5 hektar.

Koleksi satwa di Kebun Binatang Bandung mencapai sekitar 213 jenis berasal dari dalam dan luar negeri, terdiri dari 79 jenis satwa yang dilindungi dan 134 jenis satwa yang tidak dilindungi.

Nah lalu seperti apakah daya tarik wisata dari Kebun Binatang di Bandung ini ? dan apa saja fasilitas wisata yang tersedia di sana ?

Baiklah untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, yuk mari kita simak saja ulasan selengkapnya di bawah ini,

karena Kang Dian akan bagikan juga info terbaru waktu operasional Kebun Binatang Bandung Buka Jam Berapa ?

lalu informasi Rute Jalan Menuju ke Lokasi Alamat Kebun Binatang Bandung dan tempat Beli Tiket Kebun Binatang Bandung,

serta informasi terbaru Syarat Masuk Kebun Binatang Bandung pada saat pandemi Covid19,

serta informasi lainnya yang mungkin anda butuhkan seperti tempat wisata dan akomodasi penginapan hotel terdekat dengan lokasi Bonbin Bandung.

Foto Kebun Binatang Bandung Hari Ini

Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Bandung

TiketBiaya MasukKeterangan
PeroranganRp 50.000Usia < 3 Thn Gratis
Rombongan UmumRp 45.000Travel, Lansia, Keluarga
Rombongan SekolahRp 40.00030 Orang FREE 1 tiket dan kelipatannya

Harga Sudah Termasuk :

  • Tiket masuk, menikmati wahana permainan, taman kanak – kanak dan naik perahu ( Tidak berlaku pada hari minggu dan libur nasional ).
  •  Tiket rombongan tidak berlaku di hari Minggu dan libur nasional
  • Harga sewaktu – waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan, untuk updatenya silahkan hubungi nomer telepon yang ada di bawah.

Sahabat traveler, Bonbin adalah bukan tempat wisata gratis di Bandung, oleh karenanya setiap pengunjung harus beli tiket kebun binatang bandung terlebih dahulu untuk memasukinya.

Anda bisa beli dan bayar tiket masuk bonbin Bandung secara tunai, scan qris dan debit visa/gpn di tempat membeli karcis loket resmi yang tersedia di sana.

Untuk HTM Kebun Binatang Bandung sendiri sangat terjangkau, dimana pengelola akan memungut biaya Rp 50.000 / orang saat hari kerja biasa ( weekday ).

sementara unttuk Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Bandung Weekend atau pas hari libur nasional lebaran, tahun baruan dan yang lainnya juga sama ( Kecuali ada kebijakan baru pengelola ).

dengan membeli tiket masuk Bandung Zoo di atas, maka anda dapat menikmati seluruh wahana dan fasilitas yang telah tersedia di sana.

Harga tersebut berlaku untuk pengunjung perorangan dewasa dan anak – anak dengan tinggi badan 80cm sudah dikenakan biaya normal.

Sementara itu, bagi anda yang datang secara rombongan, maka Harga Tiket Masuk Rombongan Kebun Binatang Bandung bisa lebih murah, dimana info terkini biaya tiketnya adalah sbb :

HTM Rombongan Umum seperti Travel, Lansia dan Keluarga biaya masuknya Rp 45.000, dan HTM Rombongan Sekolah Rp 40.000.

Untuk Syarat Masuk Kebun Binatang Bandung sendiri, karena pandemi covid19 belum usai, maka pengunjung tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker.

Untuk UPDATE informasi Entrance Fee Bandung Zoo terbaru bagi wisatan mancanegara lengkap dengan info syarat masuk ke sana, silahkan hubungi nomor kontak telepon Bandung Zoo 0813-1396-7733

Kebun Binatang Bandung Buka Jam Berapa ?

HARIWAKTU OPERASIONAL
Senin - Minggu10.00 - 16.00 WIB

Sahabat traveler, Bandung Zoo saat ini adalah merupakan tempat wisata di bandung yang sudah buka meski pada masa PPKM Pandemi covid19 dengan catatan pengunjung patub akan syarat masuk.

Ada pun untuk waktu operasional Bandung Zoo setiap hari buka, baik pada saat hari kerja biasa, akhir pekan atau pada musim liburan.

Ada pun untuk jam buka Bandung Zoo terbaru adalah mulai buka dari jam 10.00 WIB dan kemudian Kebun Binatang Bandung Tutup adalah pukul 16.00 WIB.

Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung

Sahabat traveler, Bandung selama ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan, tidak hanya warga lokal namun juga domestik dan mancanegara.

Bandung memiliki banyak sekali daya tarik wisata seperti alamnya yang eksotis, kuliner, belanja, wisata malam, wisata budaya dan edukasi dll.

Di Bandung saat ini ada banyak sekali tempat wisata yang terkenal, ditambah lagi dengan terus bermunculannya sejumlah Tempat Wisata Baru di Bandung.

Tidak hanya memiliki banyak tempat wisata yang terkenal atau Tempat Wisata Baru di Bandung, wisata kota kembang juga memiliki banyak fasilitas dan akomodasi yang lengkap seperti hotel / villa.

Secara umum banyak wisatawan yang pergi liburan ke Bandung ini datang secara sendirian, berdua dengan teman atau pasangan, keluarga bersama anak dan juga wisatawan rombongan,

hal tersebut dikarenakan objek wisata di Bandung itu tidak hanya buat kalangan dewasa saja, namun juga ada tempat wisata untuk anak atau pun wisata gabungan keduanya yakni wisata keluarga.

Nah salah satu rekomendasi Tempat Wisata di Bandung yang wajib dikunjungi bersama anak, keluarga, teman atau pasangan tersebut salah satunya adalah Kebun Binatang Bandung.

Alamat Bandung Zoo sendiri lokasinya berada di Jl. Tamansari No.17, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132 dan letaknya berdampingan dengan kampus ITB.

Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo adalah objek wisata alam di Bandung yang tidak hanya menyuguhkan wahana rekreasi namun juga berbagai wahana akademik dan budaya.

Sesuai namanya, di Bandung Zoo ini pengunjung bisa melihat aneka ragam jenis satwa seperti diantaranya Gajah Sumatera, Singa, Burung Koak Biru, Beruang Madu, Unta, Jerapah dll.

Untuk memberikan kenyamanan kepada seluruh pengunjungnya, pengelola Bandung Zoo juga telah menyiapkan banyak kegiatan wisata di sana,

mulai dari suguhan pagelaran seni budaya sunda yakni atraksi pertunjukan alat musik tradisional Angklung hingga atraksi teater satwa.

Belum cukup di situ, pengelola Bandung Zoo juga sudah menyiapkan banyak sekali wahana permainan yang akan membuat waktu liburan pengunjung di tempat ini semakin seru,

sebut saja misalnya wahana air, menunggangi satwa, berfoto bersama badut, kereta api anak, taman bermain hingga wahana outbound seperti playing fox dan masih banyak yang lainnya.

Tidak hanya wahana permainan yang lengkap, pengelola Kebun Binatang di Bandung ini juga sudah menyiapkan banyak fasilitas umum bagi pengunjung seperti toilet, mushola, area parkir dll.

Mengunjungi Bandung Zoo ini memang sangat pas digunakan sebagai tempat berlibur di Bandung bersama keluarga dan anak, berdua dengan pasangan atau rombongan bersama teman.

Nah jika anda tertarik, silahkan anda bisa persiapkan dari sekarang untuk mengunjungi salah satu tempat wisata murah di Bandung ini saat liburan nanti.

Baca Juga : Lembang Park and Zoo

Sejarah Kebun Binatang Bandung

Tiket Masuk Kebun Binatang Bandung Zoo

Sahabat traveler’s, ada hal menarik seputar Sejarah Tempat Wisata di Kota Bandung ini sebelum saya jelaskan informasi seputar daya tarik wisatanya,

yaitu seputar informasi sejarah dari kebun binatang di bandung ini, dimana asal usul Nama Kebun Binatang Bandung ini awalnya adalah bernama Derenten,

Mengutip dari Wikipedia, Pengertian atau makna kata Derenten sendiri yang di dalam Bahasa sunda adalah sama artinya dengan dierentuin, itu memiliki arti sama dengan kebun binatang.

menurut informasi sejarah, objek wisata Kebun Binatang Bandung ini dibangun mulai tahun 1930 oleh lembaga Bandung Zoological Park (BZP),

Proyek Kebun Binatang di Bandung ini dipelopori Hogland ( Direktur Bank Dennis ) dan izin pembangunannya diberikan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda.

Dalam perjalanannya, tercatat Kebun Binatang Bandung ini sempat berpindah tangan ke penjajah Jepang dan selama masa pendudukannya tempat ini menjadi terlantar tak terurus.

Lalu selanjutnya baru di tahun 1948, Kebun Binatang di Kota Bandung ini kemudian di renovasi dan tepat di tahun 1956,

dan setelahnya atas inisiatif dari Raden Ema Bratakusumah, Bandung Zoological Park ini kemudian dirubah menjadi yayasan marga satwa Tamansari bandung.

Sobat traveler’s, pengelolaan Kebun Binatang Bandung saat ini dipegang oleh pihak swasta di bawah tanggung jawab Yayasan Margasatwa Tamansari.

Kebun Binatang Bandung sendiri saat ini tecatat menempati luas areal tanah seluas 14 ha dengan menempati kawasan dengan topografi yang bergelombang,

Dari Luas lahan kawasan tersebut, 18,25% nya digunakan untuk areal kandang, kemudian 55,20% untuk pertamanan dan lesehan, 4,7% untuk taman ria dan kolam perahu,

dan luas area 2,4% digunakan untuk kawasan pengolahan sampah dan sisanya digunakan sebagai lahan bangunan kantor, museum aquarium, dan jalan.

Baca Juga : Grafika Bird Park

Koleksi Satwa Kebun Binatang Bandung

Koleksi Kebun Binatang Bandung

Sebagai Tempat Konservasi satwa ( fauna ) dan tumbuhan ( flora ), ada banyak terdapat jenis hewan/binatang serta tanaman yang ada di Kebun Binatang ini,

Untuk Koleksi Hewannya sendiri, Bonbin Bandung tercatat memiliki tidak kurang 800 jenis satwa, 79 binatang yang dilindungi dan sisanya tidak dilindungi.

dari jumlah tersebut, Koleksi Hewan Kebun Binatang di Bandung terdiri dari jenis satwa seperti kelas mamalia, aves, reftil, burung serta Ikan dari dalam dan luar negeri.

contoh satwa langka yang ada Bandung Zoo antara lain singa, gajah sumatera, burung Koak Biru, Makau Biru dan Kuning, bintarung, beruang madu, unta, jerapah dll.

sementara untuk koleksi floranya, terdiri dari jenis tanaman hutan tropis yang langsung difungsikan sebagai tempat berlindung satwa dan kawasan paru – paru kota bandung.

Harimau Benggala

Harimau Benggala di Bandung Zoo adalah harimau dengan spesies Phantera Tigris.

Jenis harimau ini habitat hidupnya adalah tinggal di gurun pasir dan padang rumput dengan makanan Ungulata, burung, ikan serta monyet.

Penyebaran harimau benggala saat ini terbanyak ada di India, Nepal, Bhutan dan Bangladesh.

Saat ini populasi harimaau benggala terus semakin turun sebagai dampak hilangnya habitat dan perburuan serta konplik dengan manusia.

Unta Punuk Satu

Unta Punuk Satu

Unta Punuk Satu di Kebun Binatang Bandung ini termasuk ke dalam spesies Camelus dromedarius dengan pakan alami rumput kering dan tanaman gurun.

Habitat hidup asli Unta Punuk Satu adalah gurun pasir seperti di Afrika Tengah, Ethiopia, Asia Timur / Barat dan Tengah.

Elang Ular Bido

Elang Ular Bido di Bandung Zoo adalah elang yang termasuk ke dalam spesies Spilornis Cheela dan biasa bersarang diatas pohon dan hanya muat untuk satu telur saja.

Makanan Elang Ular Bido yang habitat hidupnya di puncak bukit atau pegunungan hutan tropis ini adalah burung, amfibi mamalia kecil serta ikan.

Elang Ular Bado banyak ditemukan di Indonesia, Bangladesh, Bhutan, Brunei Darussalam, Kamboja, China, Hongkong, India, Jepang, Laos, Makau, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Filipina, Srilangka, Taiwan, Thailand, Vietnam.

Nuri Bayan

Nuri Bayan di Bandung Zoo ini termasuk jenis spesies burung Eclectus roratus dengan habitat hidup di alam hutan tropis seperti Indonesia, Australia, Paua Nugini, Kepulauan Solomon.

Jenis satwa yang menjadi Koleksi Kebun Binatang Bandung ini termasuk satwa langka karena populasinya semakin turun akibat hilangnya tempat hidup.

Makanan utama Nuri Bayan adalah Buah – buahan, Kacang – kacangan, Bunga, Daun muda, dan Biji – bijian.

Cukup mudah cara menentukan burung ini jantan atau betina, jika bulunya warna hijau iaa jantan, jika warna bulunya merah betina.

Nuri Kepala Hitam

Koleksi satwa di Bandung Zoo ini termasuk ke dalam spesies Lorius Lory dengan habitat hidup di hutan primer, tepi hutan dataran rendah.

Makanan alami burung Nuri Kepala Hitam yang termasuk satwa langka ini antara lain Serbuk Sari, Nekatar, Bunga, Buah-buahan, Serangga.

Nuri Kepala Hitam ini banyak di temukan di negara seperti Indonesia dan Papua Nugini dengan cara hidup berpasangan atau dalam kelompok keluarga.

Jalak Kerbau

Jalak Kerbau adalah jenis burung yang termasuk ke dalam spesies Acridothers Javanicus dan penyebarannya ada Indonesia (Bali, Jawa, Kepulauan Nusa Tenggara, Sumatera ).

Habitat hidup jalak kerbau biasanya mudah di temukan di perkotaan dan daerah perkebunan serta pertanian, dan jika bertelur maka warna telurnya bberwarna biru.

Jenis burung yang makanan utamanya Biji, Buah – buahan, Nektar, Serangga ini termasuk satwa langkaa karenya banyak diburu untuk hewan peliharaan.

Perling Kumbang

Satwa yang menjadi Koleksi Satwa di Kebun Binatang Bandung ini termasuk ke dalam spesies Aplonis Panayensis dengan makanan utamanya Buah – buahan dan Kacang – kacangan.

Habitat hidup Perling Kumbang ini adalah hutan dataran rendah dan hutan mangrove seperti di negara Indonesia, Bangladesh, Brunei Darussalam, India, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand.

Perling Kumbang seringkali berpindah tempat dalam kelompok besar dan dianggap sebagai salah satu jenis burung yang palin berisik dibanding jenis burung lainnya.

Tapir Tenuk

Tapir Tenuk menjadi Koleksi Satwa di Kebun Binatang Bandung selanjutnya, dimana satwa ini termasuk spesies tapirus indicus dan banyak ditemukan di Indoneisa (sumatera ), Malaysia, Myanmar, Thailand.

Makanan Tapir Tenuk adalah memakan buah dari berbagai pohon dan semak dalam jumlah besar, serta tanaman air, daun, tunas dan ranting yang lembut.

Habitat hidup tapir tenuk adalah terbatas pada daerah hutan lembab tropis dan terdapat di hutan primer dan sekunder dan juga lahan basah.

Tapir Tenuk adalah spesies tapit terbesar di dunia dan termasuk satwa yang dilindungi karena populasinya makin menurun akibat penggudulan hutan serta aktivitas perburuan.

Kangkareng Perut Putih

Kangkareng Perut Putih adalah koleksi satwa di Bandung Zoo yang termasuk ke dalam spesies Anthracoceros albirostris.

Jenis burung yanng suka makanan buah – buahan ini habitat hidup nya tinggal di Hutan Primer, Hutan Sekunder dataran rendah.

Jenis burung ini dilindungi karena populasinya semakin turun akibat semakin kurangnya tempat hidup ddan perburuan liar.

Kangkareng Perut Putih mudah dijumpai di negara Indonesia, Bangladesh, Buhtan, Brunei Darussalam, Kamboja, China, India, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Singapura, Thailand, Vietnam.

Gajah Sumatera

Koleksi Satwa Gajah Sumatera di Bandung Zoo

Gajah Sumatera adalah koleksi satwa di Bandung Zoo yang termasuk ke dalam spesies Elaphas maximus ssp sumatranus.

Makanan utama dari satwa yang berasal dari Sumatera Indonesia ini adalah rumput, semak belukar, kulit kayu dan anak gajah ini bisa memakan kotoran ibu mereka untuk mendapatkan nutrisi.

Gajah Sumatera termasuk satwa mulai langka karena populasinya semakin turun akibat Konversi hutan menjadi pemukiman manusia dan daerah pertanian.

Habitat hidup gajah sumatera adalah Hutan dataran rendah dan perbukitan landai dibawah ketinggian330 mdpl.

Yang unik dari gajah sumatera adalah jenis gajah sumatera ini bisa makan sampai 150 kg makanan dan buang air besar sampai 18 kali sehari

Biawak

Biawak adalah salah satu koleksi binatang yang ada di Bandung Zoo, dan hewan ini termasuk ke dalam spesies Varanus Salvator dengan makanan utama Ikan, Katak, Tikus, Burung, Kepiting Ular.

Biawak air adalah kadal terbesar kedua di dunia setelah komodo dengfaan habitat hidup di kawasan Hutan Primer dan juga di Hutan Rawa Bakau.

Biawak adalah satwa yang bisa ditemukan di negara Indonesia (Bali, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Sumater), Bangladesh, Kamboja, China, Hongkong, India, Laos, Myanmar, Singapura, Srilanka, Thailand, Vietnam.

Singa

Singa adalah satwa yang termasuk ke dalam spesies Phantera leo dan merupakan satwa khas dari negara Afrika.

Habitat hidup singa adalah tinggal di paadang rumput dan gurun pasir dengan makanan utama Ungulata dan mamalia lainnya.

Populasi Singa Afrika ini semakin menurun akibat hilangnya habitat, habisnya mangsa, konflik manusia dan perburuan.

Linsang Air

Koleksi Satwa di Kebun Binatang Bandung selanjutnya adalah hewan yang termasuk ke dalam spesies Aony cinereus dan populasinya semakin sedikit yakni Linsang Air.

Penyebaran satwa ini adalah di Indonesia, Bangladesh, Bhutan, Brunei Darussalam, Kamboja, China, India, Laos, Myanmar, Nepal, Philipine, Singapura,Taiwan, Thailand, Vietnam.

Habitat hidup linsang air adaalah tinggal di Sungai, Muara, Rawa, Lahan basah pesisir, hutan bakau, sawah dengan makanan utama ikan, Kepiting, Krustacea, moluska.

Elang Bendol

Satwa ini termasuk jenis burung yang termasuk spesies Haliastur Indus dengan makanan utamanya Kepiting, Crustacea, Amfibi, Reptil kecil, Ikan, Serangga, Mamalia kecil, Burung.

Satwa yang pada tahun 1989 bersama salak condet dijadikan maskot jakarta ini hidup di daerah Hutan mangrove, muara, sungai, sawah, pesisir pantai.

Elang Bendol termasuk satwa langka karena banyak diburu dan binatang ini bisa ditemukan di negara Indonesia, Australia, Bangladesh, Brunei Darussalam, Kamboja, China, India, Laos, Makao, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Papua Nugini, Filipina, Singapura, Kepulauan Solomon, Srilangka, Taiwan, Thailand, Timor Leste, Vietnam.

Bintarong

Koleksi Kebun Binatang Bandung ini termasuk ke dalam spesies Arctictis binturong dengan makanan utama Mamalia kecil, serangga, buah-buahan, dedaunan, tunas.

Satwa khas pulau Jawa Indonesia dan biasa mengeluarkan bau seperti aroma pandan ini habitat hidupnya tinggal di atas pepohonan di hutan tropis yang lebat.

Beruang Madu

Beruang Madu adalah satwa yang termasuk ke dalam spesies Helarctos malayanus dengan makanan utama Madu, Buah-buahan, Rayap, Semut, Larva, Pengerat Kecil, Burung dan Kadal.

Beruang madu bisa ditemukan di negara Indonesia, Malaysia, Brunei Darrussalam dan habitat hidupnya tinggal di hutan tropis yang lebat.

Ciri khas beruang madu adalah memiliki lidah yang sangat panjang untuk mendapatkan madu dan serangga di dalam pohon.

Populasi satwa yang dilindungi ini mulai turun karena hilangnya dan degradasi Habitat diburu untuk hewan peliharaan dan konsumsi.

Makau Biru dan Kuning

Koleksi Kebun Binatang Bandung selanjutnya adalah burung yang termasuk ke dalam spesies ara ararauna, yakni makau biru dan kuning.

Makanan utama satwa langka karena populasinya semakin turun akibat perburuan ini adalah Buah-buahan, Biji-bijian, Kacang, Bunga, nektar, Kulit Kayu, dan daun.

Habitat hidup makau biru dan kuning ini tinggal di Hutan tropis dataran rendah dan lahan basah savana seperti di negara Bolivia, Brasil, Kolombia, Ekuador, Guyana Perancis, Guyana, Panama, Paraguay, Peru, Suriname, Venezuela.

Sitatunga

Sitatunga adalah satwa yang termasuk ke dalam spesies Tragelaphus spekii dengan makanan utama daun daunan dari semak pada rawa rawa juga rumput – rumputan pada pinggiran hutan bersungai dan juga buah-buahan yang jatuh dan kulit pohon dari berbagi jenis pohon, semak juga dimakan.

Sitatunga merupakan perenang yang handal dengan habitat hidupnya tinggal menghuni vegetasi tinggi dan rapat pada rawa musiman dan permanen, area rawa rawa di dalam hutan, belukar di dekat sungai dan hutan rawa mangrove.

Satwa ini termasuk satwa yang bisa ditemukan di negara Angola, bensi, Botswana, kamerun, republik afrika tengah, chad, kongo, ekuatorial guinea, gabon,gambia, ghana, ghuinea bisau, mozammbik, namibia, nigeria, rwanda, senegal, sudan selatan, tanzania, uganda, zambia.

Harimau Sumatera

Harimau Sumatera adalah koleksi satwa di Kebun Binatang Bandung yang termasuk spesies Phantera Tigris dengan makanan Ungulata, Burung , ikan, dan Monyet.

Satwa yang lorengnya sama seperti sidik jari manusia dan berbeda antar satu dengan harimau lainnya ini adalah satwa asli yang mendiami pulau sumatera Indonesia.

Habitat hidup harimau sumatera yang populasinya semakin menurun akibat habisnya mangsa dan perburuan ilegal ini adalah tinggal di Hutan Dataran rendah pesisir dan pegunungan

Orang Utan Kalimantan

Orang Utan Kalimantan adalah hewan yang termasuk ke dalam spesies pongo pygmaeus dengan menu makanan didominasi oleh buah-buahan hutan, terkadang memakan anak burung dan madu hingga rayap.

Tempat tinggal orang hutan kalimantan ini menghuni hutan dataran rendahdan hutan hujan tropis, pada ketinggian mencapai 800 m diatas permukaan laut (dpl).

Orang Utan adalah merupakan mamalia arboreal terbesar di dunia yang populasinya semakin sedikit akibat perburuan Ilegal, kebakaran hutan, fragmentasi habitat.

Nah itulah daftar satwa yang ada di Kebun Binatang Bandung, yang Kang Dian ambil dari sumbernya di sini.

Wahana Permainan di Kebun Binatang Bandung

Fasilitas Wisata Kebun Binatang Bandung

Nama
Taman Bermain Anak
Gajah Tunggang
Unta Tunggang
Spot Foto Menarik
Teater Satwa
Perahu
Perahu Kayuh
Mesjid
Aula
Kereta Api Anak- anak
skuter anak
Pujasera

Dengan luas hampir 14 hektar, Kebun Binatang Bandung selain kebun binatang juga berfungsi sebagai tempat rekreasi juga menjadi lokasi pendidikan dan penelitian.

Ada banyak aktifitas wisata seru dan menarik yang bisa dilakukan di Bandung Zoo, terlebih pengelola sudah menyiapkan untuk memfasilitasinya.

Sebagai contohnya, bagi pengunjung yang ingin berinterkasi dengan koleksi satwa di Bandung Zoo, disediakan kesempatan berfoto bersama satwa pada area tertentu.

Selain itu, pengunjung juga bisa merasakan sensasi menunggangi satwa di Kebun Binatang Bandung, Wahana Unta Tunggang, Gajah Tunggang & Kuda Tunggang siap melayani pengunjung.

Interaksi satwa dengan zookeeper di Kebun Binatang Bandung tidak sebatas pada pemberian pakan dan perawatan kesehatannya, namun juga pada pertunjukkan satwa.

Burung kakatua koki, burung macaw biru kuning, burung rangkong badak, binturong, anjing pudel dan marmut menjadi bintang pada pertujukkan satwa di Bandung Zoo.

dan berikut adalah daftar fasilitas besarta nama berbagai jenis wahana permainan yang ada di Kebun Binatang yang wajib untuk anda ketahui.

Tempat Outbound

inilah salah satu fasilitas wisata berupa wahana permainan yang biasanya kita temukan di beberapa Tempat Outbound di Bandung seperti di Cikole Jayagiri Resort.

Play Ground

inilah areal bermain di dalam kawasan Kebun Binatang yang akan membuat waktu liburan anda bersama putra – putri semakin seru dan mengasyikan.

Kolam Air

inilah areal wisata air yang ada di kebun binatang, yang mana di sini pengunjung bisa menikmati wahana petualangan seperti naik perahu bebek dan yang lainnya seseru di Floating Market Lembang.

Gajah Tunggang

inilah fasilitas wisata menarik yang banyak disukai oleh pengunjung terutama anak – anak yang datang liburan di Kebun Binatang Bandung.

Unta Tunggang

Rasakan sensasi menunggangi satwa khas padang pasir unta, yang pastinya sensasinya akan berbeda dengan saat kita naik kuda.

Spot Foto Menarik

Inilah fasilitas untuk berfoto bersama binatang – binatang lucu dan jinak seperti burung, yang sangat banyak dimanfaatkan oleh pengunjung yang suka berselfie.

Teater Satwa

Inilah fasilitas wisata yang menarik banyak minat pengunjung untuk melihatnya, berupa atraksi pertunjukan beragam satwa yang ada di sana..

Kereta Api Anak – Anak

Inilah wahana permainan yang ada di Bonbin bandung yang wajib untuk putra – putri anda coba, dijamin berbeda dengan Taman Miniatur Kereta Api Lembang.

Skuter Anak

Bermain di areal kawasan kebun binatang bandung akan semakin lebih seru dan menarik, khususnya putra putri anda, karena ada skuter anak.

Nah sahabat traveler’s, selain wahana bermain di atas, terdapat fasilitas wisata untuk umum yang telah disiapkan untuk kenyamanan anda.

Mesjid

Inilah fasilitas wisata yang disediakan pengelola untuk mengakomodasi tempat ibdadah sholat bagi pengunjung yang beraga muslim.

Aula

jika anda datang secara rombongan seperti saat mengikuti Paket Outbound Bandung atau Paket Family Gathering Bandung, kita bisa manfaatkan fasilitas aula ini.

Pujasera

Inilah pusatkuliner yang ada di Kebun Binatang Bandung yang menyajikan beragam menu makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau.

Nah sobat traveler’s, itulah beberapa fasilitas dan wahana permainan yang terdapat di Kebun Binatang yang ada di Tamansari Kota Bandung ini.

Selain fasilitas di dalam area wisata, di sekitar Bandung Zoo terdapat banyak fasilitas umum penting lainnya yang bisa anda manfaatkan jika membutuhkannya,

Di dekat Bandung Zoo ada beberapa Rumah Sakit di Bandung ternama sepereti RS Advent juga ada tempat penukaran uang yakni Money Changer di Bandung terdekat.

Nomer Telepon Bandung Zoo

untuk info tiket terbaru, fasilitas dan kegiatan acara, reservasi dan info penting lainnya, silahkan untuk menghubungi nomer kontak 081313967733.

Dapatkan juga update informasi wisata baru Kebun Binatang Bandung lainnya, dengan mem-follow kun media sosial resminya seperti di bawah ini.

  • Facebook : Officialbandungzoo
  • Twitter : @bandung_zoo
  • Instagram : @bandung_zoo

Alamat Kebun Binatang Bandung

Sobat traveler’s, Alamat Kebun Binatang di Bandung ini letaknya berada di Jalan Kebun Binatang No.6, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40123.

Lokasinya sangat strategis, berada di tengah kota bandung, dan bisa dengan mudah diakses dari segala pelosok kota Kembang.

Jika anda berangkat dari Hotel Dekat Bandara Husein Sastranegara, jarak tempuh berkendara ke Bandung Zoo adalah sekitar 5.8 km, atau membutuhkan waktu sekitar 16 menit naik kendaraan.

Jika anda berangkat dari arah Hotel dekat Stasiun Bandung, maka waktu berkendara yang dibutuhkan adalah sekitar 11 menit ( 3,9 km jaraknya )

sementara itu bagi yang berangkat dari Penginapan dekat Terminal Leuwi Panjang, jauhnya sekitar 10 km, atau bisa ditempuh dengan berkendara sekitar 34 menit.

Rute Jalan Menuju Lokasi Kebun Binatang Bandung

Rute jalan menuju ke lokasi Kebun Binatang Bandung yang berada di Jl. Tamansari No.17, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132 ini sangat mudah ditemukan.

Selain anda bisa dengan bawa kendaraan sendiri, anda pun bisa naik sejumlah moda transportasi umum di Kota Bandung dengan trayek menuju ke Bandung Zoo.

Beberapa angkutan umum yang bisa dinaiki untuk mengunjungi Bandung Zoo adalah anda bisa memilih salah satu Trayek Angkot Bandung maupun Trayek Bus Damri Bandung sbb :

seperti diantaranya trayek angkutan dengan rute Cicaheum-Ledeng, Panghegar – Dipatiukur, Caringin – SD Serdang, dan Cisitu – Tegalega.

Biar anda lebih tenang, pastikan dari awal naik kendaraan tersebut, kepada supir atau kondektur, mintalah turun persis di depan gerbang.

Untuk titik pemberangkatan lainnya, silahkan anda bisa lihat di google map, atau kang dian sarankan agar anda menggunakan aplikasi petunjuk jalan Waze.

Tempat Wisata Dekat Kebun Binatang Bandung

Sahabat traveler, sangat sayang dilewatkan jika kita pergi liburan ke kota yang dijuluki Paris Van Java ini anda hanya mengunjungi satu objek wisata saja seperti Bandung Zoo bukan ?

padahal ada banyak sekali tempat wisata di dekat Kebun Binatang Bandung yang menarik untuk dikunjungi juga dan bisa dijadikan Itinerary Paket Wisata Bandung jika mau.

Sebut saja misalnya, Bandung Zoo lokasinya cukup dekat dengan objek wisata Taman Cikapayang Dago di arah selatannya,

kemudian dekat juga objek wisata museum 3 Dimensi Amazing Art World Bandung dan tempat makan Iga Bakar Si Jangkung,

selanjutnya di arah timurnya Bandung Zoo ini dekat dengan pusat perbelanjaan Mall Bandung Modern Cihampelas Walk yang terkenal dengan Teras Cihampelasnya ( Skywalk Cihampelas ).

kemudian di sisi utaranya Bonbin Bandung cukup dekat dengan Sabuga Bandung, lalu Forest Walk di Babakan Siliwangi serta Teras Cikapundung BBWS.

Nah untuk informasi daftar tempat wisata terbaru terdekat, silahkan anda bisa baca rekomendasinya di sini : 27 Tempat Wisata Baru di Bandung Yang Wajib dikunjungi

Hotel Dekat Kebun Binatang Bandung

Sahabat traveler, bagi anda yang tertarik menginap di sekitar lokasi selama liburan, ada banyak jenis penginapan murah di Bandung terdekat,

mulai dari pilihan Hotel di Bandung Bintang 2 s/d 4 hingga hotel murah terfavorit yakni Hotel RedDoorz di Bandung Terdekat.

Ada pun rekomendasinya antara lain anda bisa menginap di HARRIS HOTEL & Convention, Grand Tjokro Premiere Bandung, Jardin Apartemen Cihampelas, Beehive Cafe & Boutique dll.

Lokasinya yang dekat dengan Institute Teknologi Bandung, maka anda pun bisa mencarinya di sini : 17 Hotel Dekat Kampus ITB

Tips Wisata

Sahabat Traveler, seperti biasa, sebelum Kang Dian menutup sebuah tulisan seputar ulasan tempat wisata di Bandung,

maka kang dian memiliki beberapa tips wisata bagi anda yang mau pergi liburan ke Bandung agar hasilnya memuaskan.

Tips pertama adalah, untuk dapatkan Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Bandung lebih murah, maka datanglah secara rombongan minimal 30 orang.

Tips kedua, bagi anda yang wisatawan keluarga yang tidak bawa kendaraan sendiri, Kang Dian rekomendasikan moda transportasi terbaik untuk kendaraan anda adalah Rental Mobil Bandung dengan Supir.

Tips ketiga, bagi anda para backpacker, moda transportasi paling murah dan cepat terbukti bebas macet adalah dengan Sewa Motor Bandung.

Tips ketiga, Saat di Bandung Zoo, mohon untuk selalu mengawasi aktifitas anak-anak ketika keliling melihat hewan-hewan, maupun ketika di area bermain.

Tips Keempat, selama dan sesudah berwisata di Bandung Zoo, mohon untuk menjaga kebersihan, salah satunya jangan lupa untuk membawa tas kresek untuk bungkus sampah.

Tips kelima, bagi anda yang baru pertama kali liburan ke Bandung, saya rekomendasikan anda gunakan Jasa Tour Guide Bandung sebagai pemandu wisata anda.

Nah sahabat traveler’s, demikianlah Review Jam Buka Tutup,Rute Jalan Ke Lokasi Alamat, Fasilitas, Koleksi Satwa Bandung Zoo dan info terbaru Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Bandung.

3.7/5 - (3 votes)

Satu pemikiran pada “Kebun Binatang Bandung Harga Tiket Masuk & Jam Buka Tutup 2023”

Komentar ditutup.