Curug Batu Templek – Info Tiket Masuk, Alamat & Rute Jalan

Loading...

Curug Batu Templek – Apakah anda sedang menacri Tempat Wisata Alam di Bandung yang unik dan masih alami untuk mengisi waktu liburan anda ? Coba yuk datang ke Curug Batu Templek.

Hai sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan kang dian, penulis blog informasi seputar tempat-tempat wisata di Bandung dan sekitarnya, yang kali ini akan me-review objek wisata air terjun, Curug Batu Templek.

Informasi ini sekaligus akan melengkapi Daftar Tempat Wisata Air Terjun di Bandung yang sudah banyak kang dian review sebelumnya.

Nah lantas seperti apakah daya tarik wisata air terjun curug batu templek ini ? dimana alamat/lokasi dan cara menuju ke sana ? berapa harga tiket masuknya ?

Yuk untuk itu, di bawah ini kang dian akan ajak saja sahabat sekalian untuk mengetahui info detilnya khusus bagi anda pembaca blog tempatwisatadibandung.info

Curug Batu Templek

Curug Batu Templek Cisanggarung Bandung

Sahabat traveler, ingin mencari Tempat Wisata di Bandung yang Baru dan menawarkan sisi lain eksotisme dan romantisme beda dengan lain ?

Inilah dia, objek wisata alam yang menawarkan pesona keindahan wisata alam bandung timur yang berlamat di kampung Cisanggarung, Desa Cikadung, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Dulu nama curug warga sekitar menyebutnya dengan julukan Curug Batu Cisanggarung, tentunya sesuai denga namanya bukan ?

Curug Batu Templek saat ini sangat populer sebagai destinasi para penggemar olahraga bersepeda untuk menghabiskan waktu liburannya.

Namun demikian, seiring perkembangan pengguna jejaring sosial media seperti facebook, instagram dan Twiitter yang semakin ramai, maka tempat ini pun akhirnya terekspos juga.

Tempat ini sekarang seperti telah menjadi buruan sejumlah wisatawan yang tidak hanya warga bandung, juga wisatawan baik dalam dan mancanegara.

Mereka menjadikan lokasi Curug Batu Templek ini sebagai salah satu Tempat Wisata di Bandung yang Instagramable, tak kalah dengan Sendang Geulis Kahuripan, Bukit Jamur dll.

Jika selama ini kita tahu kawasan wisata alam bandung yang populer ada di sekitar kawasan Tempat wisata di Lembang dan kawasan Wisata Ciwidey, maka bandung timur pun ada.

Nah jika demikian, berikut kang dian akamn berikan anda alasan kenapa anda wajib mengunjungi tempat wisata Curug Batu Templek di Cisanggarung Bandung timur ini.

Daya tarik Wisata Curug Batu Tempek

Sahabat traveler’s, ada banyak sekali objek wisata air terjun di bandung yang menawarkan sensasi liburan yang berbeda dengan tempat di bandung lainnya.

Salah satunya adalah air terjun Batu Tempek ini, dan berikut hal menarik dan unik dari salah satu Tempat Wisata Alam di Bandung Timur yang wajib anda kunjungi ini.

Air Terjun di Bandung yang Unik

Sahabat traveler’s, yang membuat unik tempat wisata air terjun ini adalah lokasinya yang berada di tengah areal penambangan batu.

Melihat Sejarah Curug Batu Templek ini, akan mengingatkan kita satu tempat wisata di Bandung selatan yang arealnya bekas penambangan batu yaitu Kampung Batu Malakasari.

Pemandangan alam dari tempat ini terutama susunan dan warna tebing bebatuannya yang kekuning-kuningan menjadi nilai eksotisme tersendiri.

Jenis batu yang ada di tebing ini adalah bebatuan metamorf, yang terbentuk karena faktor perubahan tekanan udara dengan suhu yang tinggi di dalam perut bumi.

Sementara kenapa batu di sini dinamakan batu templek, itu dikarenakan jenis batunya menyerupai lempengan yang tipis.

Lalu kenapa nama air terjun dinamakan Curug Batu Templek adalah karena di tempat ini terdapat tebing batu yang di atasnya dialiri air dari sungai di atasnya.

Keberadaan bebatuan di lokasi air terjun Curug Batu Tempek ini ternyata tidak lepas juga dari sejarah Cekungan Bandung di zaman purba.

Yang berarti ada sangkut pautnya dengan keberadaan objek wisata Sanghyang Tikoro dan juga Sanghyang Heuleut dll.

Air Terjun di Bandung Anti Mainstream

Sahabat traveler’s, ada banyak objek wisata curug yang ada di bandung, dan kang dian sudah banyak menyajikan informasinya bagi anda.

Contohnya, jika anda mencari lokasi air terjun yang tinggi di sekitar bandung, maka Curug Cimahi, Curug Cinulang, Curug Bugbrug, Curug Layung, Curug Sawer, Curug Bellarosa dan Curug Tilu adalah pilihannya.

Kemudian jika anda mau menikmati pesona curug kembar yang indah, maka anda bisa pergi ke Curug Panganten di kawasan Cisarua atau dekat Tempat Wisata di Pangalengan.

Pun demikian jika anda ingin menikmati air terjun di bandung yang fenomenal, megah dan besar, maka pilihannya pasti jatuh ke Curug Malela yang legendaris itu.

Nah, jika anda mau mencari eksotisme lain yang tidak ditawarkan oleh tempat-tempat wisata curug di bandung di atas, maka Curug Batu Templek pilihan tepatnya.

Kenapa demikian ? meski curug ini tidak seindah air terjun lainnya di atas, namun lokasinya yang berada di tebing batu ini, memang jadi daya tarik sendiri bagi tempat ini.

Kegiatan Wisata Menarik di Curug Batu Templek

Sahabat traveler’s, jika lihat dari penjelasan kang dian di atas, pasti hal apa yg bisa anda lakukan di sini sudah terbayang bukan ?

Ya, selain anda bisa menikmati pesona alam yang unik, indah, anda juga bisa mendokumentasikannya dalam jepretan kamera anda.

So, bagi anda yang penyuka berfoto, baik suka-suka seperti berselfie atau profesional, maka curug batu templek ini adalah lokasi terbaiknya.

Hasil bidikan kameramu akan terlihat megah dengan background pegunungan dengan hiasan tebing batunya, sekilas akan mengingatkan kita kepada Tebing Keraton bukan ?

Fasilitas Wisata di Curug Batu Templek

Sahabat traveler’s, sebagai tempat wisata yang baru saja populer dan terekspos, maka tempat ini pun masih minim dengan fasilitas wisata untuk kenyamanan pengunjungnya.

Di sekitar lokasi hanya terdapat areal tempat parkir serta warung yang bisa anda gunakan untuk keperluan tempat makan dan minum anda.

Harga Tiket Masuk Curug Batu Templek

Sahabat traveler’s, saat ini pengelolaan objek wisata ini belum dikelola secara profesional dan resmi oleh pemerintah daerah Kabupaten Bandung.

Hal tersebut tentunya menjadikan akses masuk ke curug batu templek ini tidak dikenakan biaya alias menjadi salah satu Tempat Wisata di Bandung yang gratis saat ini.

Namun, saat ini karena dikelola secara swadaya oleh warga sekitar, maka pengunjung dikenakan tarif Rp.5.000/ orang serta tarif parkir kendaraan roda dua Rp.5.000.

Alamat Curug Batu Templek Bandung

Kampung Cisanggarung Lebak,Pasir Impun Desa Cikadung, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat 40191, Indonesia

Nomer Telepon Objek wisata Batu Templek

Sahabat traveler’s, belum tersedianya pos informasi resmi, maka tempat wisata ini belum ada nomer kontak yang bisa untuk dihubungi.

Jam Buka Curug Batu Templek

Waktu operasional tempat wisata air terjun Batu Templek ini adalah setiap hari, senin hingga minggu, mulai buka pukul 05.00 – 18.00 WIB.

Peta Lokasi Curug Batu Templek

Silahkan anda bisa melihatnya di sini.

Rute Jalan Menuju ke Curug Batu Templek

Sahabat traveler’s, untuk mengakses lokasi wisata ini sangatlah mudah dan dapat dijangkau baik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Khusus bagi anda yang bawa kendaraan pribadi, silahkan anda bisa ikuti rute jalan menuju ke Curug Batu Templek di bawah ini;

Anda yang datang dari arah kota Bandung, silahkan untuk patokannya, arahkan kendaraan anda menuju kawasan Pasir Impun yang lokasinya dekat dengan terminal leuwipanjang.

Tol Pasteur – Pasopati – Jalan Suci – Terminal Cicaheum – Lapas Sukamiskin – Arcamanik – Jalan Pasir Impun.

Nah setibanya di Pasir Impun, anda cukup mengikuti jalan selanjutanya sejauh 4 kilometer, dan seterusnya anda akan melewati jalan Cisanggarung.

Nah jika sudah ada di jalan tersebut, maka perhatikan bahwa lokasi curug ini lokasinya tepat berada d bawah jalan Cisanggarung tersebut.

Tempat Wisata di Bandung Timur

Sahabat traveler’s, bicara seputar tempat wisata di kawasan bandung timur, maka banyak sekali tempat wisata lainnya yang bisa anda kunjungi selain Curug Batu Templek.

Sejumlah Tempat Wisata Alam di Bandung timur lainnya yang bisa anda kunjungi adalah Bukit Moko, Puncak Bintang, Caringin TiluBukit Teletubies, Bukit Gantole dll.

Untuk tempat wisata edukasi, sejarah dan budaya, di wilayah bandung timur anda bisa mengunjungi Saung Angklung Udjo.

Nah sahabat traveler’s, demikianlah informasi seputar tempat wisata di bandung timur yang sangat sayang anda lewatkan untuk dikunjungi yaitu Curug Batu Templek.

Curug Batu Templek
Curug Batu Templek Bandung

Place Name: Curug Batu Templek

Place Description: Tempat Wisata Air Terjun di Daerah Cisanggarung Kabupaten Bandung

More...

  • Curug Batu Templek
  • Fasilitas
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses

Ringkasan

Nama : Curug Batu Templek
Alamat : Ds.Cisanggarung Bandung
No Tlp : -
Jam Buka : 05.00 - 18.00 wib
Harga Tiket Masuk : Rp.5.000
Fasilitas : Warung

4.5
User Rating 0 (0 votes)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
Loading...