Situ-Patenggang-Ciwidey

Situ Patenggang Ciwidey Harga Tiket Masuk & Glamping Lakeside 2022

Diposting pada
CV AMANAH JAYA SENTOSA
5/5 - (2 votes)

Situ Patenggang Ciwidey | Harga Tiket Masuk Domestik Rp 20.000 – WNA Rp 135.000 | Jam Buka Tutup 08.00 – 20.00 WIB | Telepon – | Alamat Patengan, Kecamatan Rancabali, Bandung, Jawa Barat | MAP Klik Disini

Apakah anda sedang mencari informasi terbaru Tempat Wisata di Ciwidey Bandung yang terkenal Danau Situ Patenggang ?

Jika iya, maka anda sedang berada di halaman yang tepat dimana admin sedang mengulas info Tempat Wisata di Ciwidey yang populer bernama Situ Patenggang.

Situ Patenggang atau Situ Patengan adalah suatu danau yang terletak di kawasan objek wisata alam Bandung Selatan, Jawa Barat, Indonesia, tepatnya di Ciwidey.

Situ Patenggang terletak di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, danau ini memiliki pemandangan alam yang sangat eksotik nan asri hamparan Kebun Teh Bandung khas Rancabali.

Danau Situ Patenggang yang memiliki luas 45.000 hektar ini berada di dalam kawasan cagar alamnya seluas 123.077 hektar dan sejak tahun 1981 dikembangkan menjadi taman wisata.

Halo sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan saya Kang Dian, penulis blog informasi Wisata Bandung,

yang senantiasa tidak akan pernah bosan mengabari anda beragam eksotisme dan romantisme Pariwisata Bandung.

Sahabat traveler’s, pada kesempatan kali ini kang dian akan ajak anda mengupas salah satu destinasi terbaik Tempat Wisata Alam di Bandung Selatan,  Situ Patenggang Bandung.

Semoga informasi ini, bisa menambah daftar referensi Tempat Wisata Baru di Bandung yang bisa anda kunjungi bersama keluarga, teman maupun berdua dengan pasangan di Ciwidey,

informasi ini juga sekaligus melengkapi daftar tempat wisata danau di bandung yang telah banyak saya review seperti Situ Lembang, Situ Cileunca Pangalengan, serta Situ Cisanti dan yang lainnya.

Nah lalu seperti apakah daya tarik wisata yang ada di Situ Patenggang di Ciwidey Kabupaten Bandung selatan ini sehingga wajib dikunjungi ?

Seperti apa Cerita Mitos, Misteri dan Legenda Situ Patenggang yang sangat terkenal dengan kisah kasih Ki Santang dan Dewi Rengganis dengan Batu Cinta Situ Patenggang dan Pulau Asmaranya ?

kemudian seperti apakah Fasilitas Penginapan Camp Situ Patenggang yang terkenal dengan Glamping Lakeside Situ Patenggang dan pusat kuliner Pinisi Resto nya ?

Lalu dimanakah Lokasi Alamat Situ Patenggang dan berapakah Harga Tiket Masuk Situ Patenggang terbaru saat ini ?

Baiklah untuk menjawab semua pertanyaan di atas, yuk mari kita simak saja review objek wisata situ di ciwidey yang terkenal ini di bawah,

lengkap dengan info Nomor Kontak Situ Patenggang dan Fasilitas Situ patenggang serta info tempat wisata dan Hotel Terdekat.

Namun sebelumnya, yuk mari kita cari tahu berapa Biaya Tiket Masuk Situ Patenggang Terbaru di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Situ Patenggang Ciwidey

KategoriWeekdayWeekend + Libur
Wisatawan Lokal18.00020.500
Turis Asing135.000185.000
Roda Dua3.5003.500
Roda Empat11.50011.500
Bis / Truk22.50022.500

Catatan : Harga tiket masuk serta biaya tambahan bisa berubah sewaktu-waktu

Untuk menikmati keindahan yang dimiliki oleh tempat wisata situ di Ciwidey Bandung selatan ini, anda tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak dana.

Sebab, informasi terbaru harga tiket masuk danau Situ Patenggang di daerah Ciwidey Bandung ini tergolong masih sangat bersahabat bagi semua kalangan pengunjung.

Biaya tiket masuk Situ Patenggang untuk wisatawan lokal pengunjung harus bayar tiket karcis masuk Rp 15.000 ( weekday ) – Rp 20.000 ( weekend ) / orangnya.

Sementara itu Entrance Fee Situ Patenggang untuk pengunjung wisatawan mancanegara, pengelola situ di ciwidey ini akan memungut tiket masuk Rp 135.000 – Rp 185.000/orang.

Selain tiket masuk pengunjung, masih ada biaya tambahan lainnya yang harus anda bayarkan yakni biaya retribusi kendaraan untuk roda dua, empat dan enam.

Untuk biaya parkir kendaraan sepeda motor anda harus bayar Rp 3.500, untuk biaya parkir mobil Rp 11.000 dan parkir kendaraan bus yakni sebesar Rp 22.000

Harga tiket masuk ke Situ Patenggang di atas belum termasuk biaya tiket wahana permainan di sana, seperti naik Perahu Rp 10.000 – Rp 20.000/orang, Sewa perahu Rp 150.000/keluarga dan sepeda air: Rp 40.000.

Sementara untuk info Biaya Prewedding di Situ Patenggang, silahkan informasinya bisa baca di bawah.

Situ Patenggang Ciwidey

Situ-Patenggang-Ciwidey
Source Via IG voyaged

Sahabat traveler, jika membicarakan seputar tempat wisata alam di Bandung memang tidak akan habis bahan untuk membahasnya.

Ada banyak spot wisata alam di Bandung yang indah dan cantik serta instagramable,

salah satunya adalah tempat wisata alam yang menawarkan eksotisme danau atau dalam bahasa sunda dan artinya adalah situ.

Objek wisata situ di Bandung sendiri ada banyak sekali, dan salah satunya yang sangat banyak dikunjungi wisatawan adalah wisata danau di Ciwidey, yakni Situ Patenggang.

Situ Patenggang atau Situ Patengan adalah salah satu danau yang termasuk objek wisata alam di Bandung Selatan, Jawa Barat, Indonesia, tepatnya di Ciwidey.

Situ Patenggang berada di dalam kawasan cagar alam seluas 123.077 hektar dengan luas danau 45 hektar dan terletak di atas ketinggian 1600 mdpl

Danau di Bandung di dekat Kebun Teh Rancabali ini memiliki pemandangan alam yang sangat eksotik nan asri serta Cuaca Situ Patenggang yang udaranya sangat sejuk.

Ada pun Kedalaman Situ Patenggang sendiri dalamnya sekitar 3 sampai 4 meter dan menjadi habitat hidup berbagai jenis ikan air tawar seperti Nila, Tawes dan Gurame.

Situ patenggang selama ini selalu menjadi destinasi wisata favorit di Ciwidey bagi wisatawan asal perkotaan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga sekaligus tempat refreshing untuk melepas penat.

Tempat Wisata situ patenggang saat ini telah dilengkapi berbagai fasilitas yang sangat refresentatif untuk semua pengunjungnya sehingga betah berlama – lama liburan di sana,

Di tempat yang terkenal dengan Legenda Situ Patenggang nya yang sering didongengkan adalah Kisah Batu Cinta Situ Patenggang kini terdapat banyak fasilitas layaknya Resort di Bandung,

mulai dari fasilitas Camp Situ Patenggang yang terkenal sebagai salah satu Glamping di Ciwidey terbaik yaitu Glamping Lakeside Situ Patenggang.

Danau di Ciwidey ini juga karena memiliki pesona keindahan alam yang sangat cantik dan instagramable, sering dijadikan lokasi Tempat Prewedding di Bandung favorit banyak pasangan.

Dan yang tak kalah menarik, di kawasan wisata situ ini juga terdapat pusat kuliner berupa resto dan cafe yang unik bernama Pinisi Resto.

Nah lalu berapa Biaya Prewedding di Situ Patenggang dan berapa tarif Harga Glamping di Situ Patenggang, yuk kita simak saja ulasannya di bawah ini.

Namun sebelumnya yuk mari kita simak dulu Mitos Situ Patenggang yang sangat legendaris yaitu tentang Kisah Batu Cinta Situ Patenggang terlebih dahulu.

Mitos / Dongeng / Legenda Kisah Batu Cinta Situ Patenggang

Legenda Kisah Batu Cinta Situ Patenggang Ciwidey Bandung
Source Via IG situpatenggangbandung

Sahabat traveler’s, seperti Tempat Wisata Alam Bandung pada umumnya, Legenda Situ Patenggang juga ternyata mempunyai cerita mitos yang sangat menarik untuk diketahui.

semoga informasi Mitos Situ Patenggang ini menjadi bekal pengetahuan anda sebelum menginjakan kaki ke tempat wisata di sekitar perkebunan teh di bandung Rancabali ini.

Mungkin anda saat ini sudah sangat mengetahui seputar Cerita Rakyat atau Legenda Sangkuriang yang identik dengan Gunung Tangkuban Perahu bukan ?

Nah, tapi apakah anda sudah tahu seperti apakah cerita rakyat, mitos, misteri atau juga bisa legenda dari Situ Patenggang Ciwidey ini ?

jika anda belum tahu Dongeng Situ Patengan, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Berdasarkan penelusuran kang Dian, mencari sumber referensi informasi hingga bertanya langsung dengan masyarakat sekitar,

hal pertama yang wajib anda ketahui seputar mitos Tempat Wisata di Bandung Selatan ini adalah nama situ ini diambil dari kata sunda.

Patenggang atau Patengan adalah berarti sunda “Pateangan teangan” atau jika diartikan atau dimaknai ke dalam bahsa indonesia adalah kata kerja yang menunjukan aktifitas “saling mencari“.

Nah arti kata “Saling Mencari” ini seperti apa ?

ternyata kisah ini berawal dari kisah cinta sepasang anak manusia, antara Putra Prabu dan titisan Dewi yang besar bersama alam yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis ( Baca Juga Kawah Rengganis Ciwidey )

Dari cerita yang bisa anda baca sendiri di informasi lokasi wisata di sana,

mengisahkan bahwa setalah lama terpisahkan, namun diantaranya keduanya masih menyimpan perasaan cinta yang sangat begitu mendalam,

akhirnya ki santang dan dewi rengganis pun memutuskan untuk saling mencari satu  sama lainnya.

tempat wisata di bandung yang murah situ patenggang
Batu Cinta di Tengah Danau Situ Patenggang

Nah, akhirnya dewa menakdirkan mempertemukan mereka berdua di sebuah tempat atau lokasi,

setelah sekian lama waktu dihabiskan untuk saling mencari di sebuah tempat yang bisa anda lihat di sana yang bernama “Batu Cinta Situ Patenggang“.

Setelah bertemu, pada suatu hari Dewi Rengganis pun meminta kepada Ki Santang untuk dibuatkan danau atau situ lengkap dengan sebuah perahu nya,

tujuannya untuk bisa ia gunakan berlayar bersama dengan pujaan hatinya tersebut.

Nah, sebagai simbol dari bersatunya cinta mereka di atas sebuah perahu tersebut,

akhirnya perahu inilah yang sampai sekarang bisa anda saksikan menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati,

yang dinamai Pulau Asmara atau Pulau Sasaka di Situ Patenggang Ciwidey.

Nah seiring dengan perkembangan zaman dengan banyak masyarakat yang berkunjung ke sana,

maka munculah Mitos Situ Patenggang yang sangat diyakini masyarakat sekitar bahwa, barang siapa yang singgah di Batu Cinta dan kemudian berkeliling Pulau Asmara,

maka akhir kisah cintanya akan seperti mereka, abadi dan selalu bersama.

Bagaimana sahabat traveler’s, sangat menarik bukan cerita Misteri Situ Patenggang di Ciwidey Bandung ini ? beleive it or not ?

maka bagi anda yang meyakininya, silahkan lengkapi dengan berkunjung ke Batu Cinta di Situ Patenggang untuk mendapat ending cerita cinta yang bahagia tentunya.

Daya Tarik Wisata Situ Patenggang Ciwidey

Wisata Naik Perahu di Situ Patenggang Ciwidey Bandung
Source Gambar Situ Patenggang Via Grid.id

Sahabat traveler, ada banyak sekali daya tarik wisata situ patenggang yang bisa anda dapatkan ketika mengunjunginya.

Situ Patenggang memang sangat terkenal dengan keindahan alamnya. Namun, bukan hanya itu yang jadi daya tarik wisata yang dimilikinya,

Nah lalu ada apa di Situ Patenggang Ciwidey ? yuk mari kita temukan semua jawabannya berikut ini.

Menikmati Keindahan Alam

Keindahan alam Situ Patenggang Ciwidey sangat pas banget bagi anda yang sedang membutuhkan tempat terbaik untuk melepaskan diri dari rutinitas hidup sehari – hari.

Danau Situ Patenggang menawarkan sebuah tempat wisata alam khas dataran tinggi yang ada danaunya dengan background pegunungan dan hamparan kebun teh yang mengitarinya.

Jika anda sedang beruntung, cuaca di kawasa wisata danau dekat perkebunan teh rancabali ini akan diselimuti kabut putih yang membuat tempat ini sangat begitu cantik.

Bagi warga perkotaan, suasana nan tenang dilingkupi suhu udaranya yang dingin, akan semakin menjadikan anda semua betah dan enggan untuk meninggalkan tempat ini cepat – cepat.

Jangan lupa persiapakan sebelum berangkat ke sini untuk membawa kamera terbaik anda untuk memotret semua eksotisme nuansa alam yang sulit ditemukan di perkotaan ini.

Cari spot instagenic di situ Patenggang untuk didokumentasikan dalam foto atau video yang kemudian anda bisa bagikan pengalaman anda berwisata di sini di Instagram atau youtube.

Menikmati pesona keindahan situ patenggang juga bisa anda nikamti dengan cara duduk di gazebo beralaskan tikar sembari botram menikmati bekal makanan yang sudah kamu persiapkan sebelumnya.

Keseruan berada di danau indah di rancabali ciwidey ini akan semakin sempurna jika dilakukan bersama – sama dengan keluarga, teman atau berdua dengan pasangan.

Tak perlu menjajal semua fasilitas di situ patenggang yang disediakan pun, anda masih tetap bisa menikmati piknik yang murah meriah dan nyaman di sini.

Area di tepian Situ Patenggang saat ini ditumbuhi hamparan rerumputan hijau bisa juga dijadikan sebagai tempat berpiknik bagi pengunjung.

Wisatawan yang datang bersama keluarga dan anak-anak dapat menjadikan area hijau di tepi danau tersebut sebagai tempat untuk bermain atau duduk – duduk berkumpul

Berkeliling Danau Naik Perahu

Daya tarik wisata di rancabali ciwidey selanjutnya ini sudah tentu adalah menikmati wisata air danau yang ada di situ patenggang bukan ?

Nah bagi anda yang ingin melakukan hal lain di Situ Patenggang selain berburu spot foto yang instagramable dan bercengkrama bersama keluarga atau pasangan,

jangan khawatir, karena anda masih bisa mencoba sensasi keseruan wisata lainnya yang tidak kalah seru pada saat berlibur di Situ Patenggang ini.

Anda bisa jalan – jalan mengelilingi areal di lingkaran luar danau dan mampir di Batu Cinta dengan cara naik perahu bersama pengunjung lain.

Jika ingin lebih leluasa, anda bisa menyewa perahu dayung di situ patenggang dan berkeliling naik perahu tersebut berdua dengan pasangan atau bersama anak – anak dan keluarga.

Ada pun untuk Harga Naik Perahu di Situ Patenggang Ciwidey ini terjangkau sekali, yakni anda hanya cukup bayar biaya sewa per perahu sebesar Rp 150.000.

Nah dengan menyewa perahu tersebut, anda pun bisa lebih leluasa untuk berkeliling danau sepuasnya, termasuk Bahkan melihat dari dekat Pulau Asmara dan Batu Cinta.

Selain mengelilingi danau situ patenggang dengan naik perahu, anda pun bisa menikmati keindahan alamnya sekaligus berolahraga dengan cara menyewa sepeda air.

Satu sepeda air yang disewakan di situ patenggang bisa dinaiki oleh dua orang sehingga sangat cocok sebagai cara menghabiskan waktu bersama pasangan di sana.

Para penyedia jasa penyewaan sepeda air lokasinya berada tidak jauh dari tempat penyewa perahu di tepi danau situ patenggang ciwidey,

Fasilitas kendaraan air untuk menyusuri danau situ patenggang ini memasang tarif dengan durasi per 20 menit dengan harga yang terjangkau.

Perkebunan Teh yang Eksotis

Ada banyak lokasi Perkebunan teh di Bandung, namun jika anda sedang mencari perkebunan teh yang lokasinya berada dekat dengan perkebunan teh, maka situ patenggang ciwidey solusinya.

Jika sudah berada di Situ Patenggang anda jangan hanya banyak menghabiskan waktu liburan di danaunya saja, karena masih ada spot menarik lainnya yakni perkebunan teh rancabli.

Anda bisa eksplorasi areal perkebunan teh sekitar danau dengan cara tea walk yang dijamin akan berikan keseruan berwisata yang sangat menyenangkan.

Sambil berjalan menyusuri areal kebun teh, jangan lupa anda siapkan kamera anda untuk memfoto spot – spot indah instagramable yang anda lewati.

Jika anda lelah, anda bisa beristirahat sejenak di tengah kebuh teh untuk menghela nafas sejenak dengan cara minum atau makan yang sudah disiapkan sebelumnya.

Rasakanlah cuaca situ patenggang yang udaranya sangat sejuk dan bersih, dan nikmatilah sentuhan kabut tipis berwarna putih yang menyentuh wajah atau tubuh anda.

Hal lainnya selain kebun teh, karena Situ Patenggang Ciwidey adalah merupakan bagian dari Taman Nasional, maka masih banyak spot foto lainnya yang bisa kamu eksplorasi.

Menikmati dingin dan indahnya malam dengan Camping

Kurang seru jika anda menikmati wisata situ patenggang hanya di waktu siang hari saja, karena waktu malam hari di sini adalah momen yang luar biasa.

Nah salah satu cara menikmati suasana malam hari di sini adalah dengan memanfaatkan fasilitas tempat camping di situ patenggang dengan fasilitas hotel bintang yang disebut Glamourous Camping Lakeside.

Menginap di glamping lakeside anda bisa menikmati Glamping di Bandung tepi danau yang asyik berdua dengan pasangan atau bersama keluarga dan anak – anak.

Sambil menunggu waktu tidur, anda bisa bercengkrama bersama sambil buat api unggun, barberque, makan – makan atau menikmati sajian cemilan dengan minuman hangat.

Saat cuaca cerah, keindahan situ patenggang di malam hari akan bertambah indah dengan adanya bintang bertabur di langit yang berkelap kelip menghias angkasa.

Ada beragam jenis glamping yang bisa kamu coba di sana, dan untuk tarif harga penginapan glamping lakeside di situ patenggang ciwidey, silahkan simak di bawah informasinya.

Berfoto dan Kuliner di Kapal Pinisi

Fasilitas Situ Patenggang Ciwidey terbaru yang sempat viral di IG dan anda pun bisa menjajalnya adalah berkuliner ria di atas Pinisi Resto.

Berswafoto di resto yang bentuknya seperti perahu kapal nabi nuh yang memiliki 4 lantai ini adalah spot yang instagramable yang jangan dilewatkan.

Spot favorit wisatawan di tempat ini yaitu berfoto dengan dengan latar Situ Patenggang dan Gunung Patuha serta hamparan kebun teh yang hijau menghampar.

Dari lantai empat balkon kapal, wisatawan dapat melihat jelas Pulau Asmara serta pemandangan alam sekitarnya yang eksotis, apalagipada saat kabut turun di atas danau situ patenggang.

Jika mau berfoto di resto pinisi, maka anda harus menyeberangi terlebih dahulu jembatan gantung seebagi jalan satu – satunya pengunjung naik ke atas perahu resto.

Selain berfoto, anda juga bisa menikmati aneka hidangan lezat yang dibuat para chef profesional pinisi resto berupa ragam menu makanan lokal, nusantara dan mancanegara.

Untuk harga makanan di pinisi resto sendiri sangat terjangkau, pas bagi semua kalangan pengunjung, yakni kisaran Rp 10.000 s/d Rp 100.000 / porsi.

Memancing Ikan di Danau

Sahabat traveler, Danau Situ Patenggang memiliki permukaan air yang tenang dengan kedalaman air sekitar 3 sampai dengan 4 meter dalam airnya,

Danau ini menjadi habitat hidup yang baik untuk tumbuh kembangnya berbagai jenis ikan air tawar seperti diantaranya jenis ikan Nila, Tawes, dan Gurame.

Nah bagi wisatawan yang punya hobi memancing atau sekedar mencoba, danau ini dapat menjadi pilihan tempat memancing yang tepat sambil berekreasi bersama keluarga atau pasangan.

Memancing ikan di sini tentunya akan berikan sensasi yang lebih seru daripada memancing di kolam pemancingan biasa, karena di sini anda memancing ikan langsung di danau.

Foto Prewedding di Situ Patenggang

Foto Prewedding di Situ Patenggang Ciwidey Bandung
Source Via bridestory

Sahabat traveler, memiliki eksotisme wisata alam yang sangat indah, menjadikan aktifitas Prewed di Situ Patenggang banyak dilakukan oleh banyak pasangan yang mau nikah.

Background pemandangan alam terbuka hijau dengan latar pegunungan, perkebunan teh dan suasana danau yang tenang,

maka bagi para pasangan calon pengantin dan fotografernya ini merupakan perpaduan yang epic untuk lokasi tempat prewedding.

Nah untuk Harga Prewedding di Situ Patenggang sendiri sama dengan tempat prewed di Bandung lainnya mulai Rp 500.000 / sesi.

Bagi anda yang membutuhkan penyedia jasa untuk sesi pemotretan prewedding di Situ Patenggang, silahkan baca di sini : Jasa Photografer Bandung

Fasilitas Situ Patenggang Ciwidey

Fasilitas Situ Patenggang Ciwidey bandung

Sahabat traveler’s, untuk memberikan kenyamanan kepada setiap pengunjungnya yang datang ke Situ Patenggang,

maka pengelola sudah menyediakan beragam fasilitas yang akan membuat semua wisatawan yang datang ke sana nyaman dan betah berlama-lama tinggal di sana.

Kondisi infrastruktur wisata Situ Patenggang sudah sangat tertata dan dikelola dengan baik dan profesional,

dari mulai fasilitas publik berupa akses jalan yang baik dan akomodasi yang cukup.

Dan berikut adalah daftar fasiltas wisata yang bsa anda nikmati ketika liburan ke Situ Patenggang Ciwidey, Kabupaten Bbandung Jawa Barat yang bisa anda temukan di sana :

1. Pinisi Resto

Sahabat traveler’s, bagi anda yang suka mencoba sensasi wisata perut dengan mengunjungi banyak Tempat Wisata Kuliner di Bandung,

seperti menikmati sajian khas ala Rumah Makan Sunda di Bandung, Restaurant Jepang di Bandung, Restaurant Korea di Bandung, datanglah ke sini jika mau menikmati sesuatu yang berbeda.

Di sini terdapat Bahtera Resto yang populer dengan nama Pinisi Resto,

sebuah Tempat Makan Enak di Bandung yang dibangun dengan konsep bangunan menyerupai kapal layar tradisional yang sangat terkenal warisan nenek moyang, kapal Pinisi Nusantara.

Menu Pinisi Resto

Pinisi Resto di Situ Patenggang Ciwidey ini menyediakan aneka jenis menu kuliner,

mulai dari menu tradisonal khas sunda, nusantara hingga mancanegara dengan cita rasa yang enak dan lezat, serta harga makanan dan minuman yang terjangkau.

Harga Makanan Pinisi Resto

Sahabat traveler’s, harga makanan dan minuman di pinisi resto ciwidey ini juga sangat beragam namun tetap harganya sangat terjangkau

Tidak hanya itu, di sekitar danau pun terdapat juga tempat-tempat makan lainnya yang bisa anda datangi,

terutama ketika anda merasakan lapar di perut dengan menikmati segelas minuman khas bandung seperti bandrek di sana.

2. Glamping Lakeside

harga penginapan di glamping lakeside ciwidey
Glamping Lakeside

Sahabat traveler’s, bagi anda yang sedang mencari Tempat Penginapan Murah di Ciwidey Bandung yang Romantis dan harga terjangkau,

maka di sini terdapat salah satu Glamping Ciwidey yang menawarkan lokasi bermalam paling rekoemded untuk anda kunjungi dan tinggali.

Di sini terdapat Glamping Bandung yang terkenal, yaitu sebuah tempat camping dengan fasilitas layanan sekelas Hotel di Bandung, yaitu Glamping Lakeside.

Sahabat traveler’s, lokasi Glamping Lakeside sendiri tepat persis lokasi tenda – tenda campingnya berada di sekitar tepian danau situ patenggang,

sehingga jelas, menginap di alam terbuka ala Glamping Ciwidey ini akan menawarkan sensasi yang unik,

berupa view menghadap ke arah hamparan air situ patenggang yang sangat indah.

Tersedia empat jenis tenda mewah yang bisa kamu pilih. Keempatnya adalah Sayang Heulang Resort, Lakeside Tent Resort, Family Tent Resort, dan Keong Tent Resort.

Kapasitas setiap tenda glamping Lakeside situ patenggang sangat beragam, dari mulai kapasitas tenda untuk berdua hingga tenda glamping untuk 10 orang.

Tipe & Harga Tenda Glamping Lakeside Rancabali Ciwidey Bandung

Room TypeHarga ( Rp )Keterangan
Sayang Heulang Resort ( 3 Unit )2.016.0001 unit kapasitas 4 orang
2 unit kapasitas 2 orang
View danau dan Perkebunan Teh
Breakfast
Water heater
Lakeside Tent Resort ( 9 Unit )1.568.000Capasity 2 Person
Up to 5 Person
View danau dan Hutan Hutan
Car Port
Breakfast
Water heater
Family Tent Resort ( 10 Unit )2.016.000Capasity 2 Person
Up to 5 Person
View danau dan Hutan Hutan
Car Port
Breakfast
Water heater
Keong Tent Resort ( 14 Unit )1.120.000Capasity 4 Person
Up to 5 Person
Giant Tent
Beakfast
Bath room inside
Water Heater
Catatan :

Sumber dari Glampinglakesiderancabali.com

Sahabat traveler’s, bagi anda yang mau menginap di sini, berikut adalah daftar tipe tenda/ruangan lengkap dengan harga sewa tenda di glamping lakeside rancabali ciwidey bandung terbaru.

Rasakan sensasi menikmati suasana malam hari di sana bareng keluarga tercinta, sahabat terbaik atau berdua dengan pasangan,

sambil menikmati segelas teh panas, membuat Api Unggun, Barberque dan tidur di tengah alam terbuka,

yang beda dengan Tempat Penginapan Murah di Bandung seperti Hotel dan yang lainnya.

Tempat menginap Glamping Lakeside Rancabali ini adalah salah satu Glamping terbaik yang ada di Bandung selain glamping Grafika Cikole,

selain Legok Kondang Ciwidey, Trizara Resort Lembang dan juga Dusun Bambu Lembang Family Leisure Park dengan Eagle Camp nya.

Review selengkapnya, silahkan anda bisa baca di sini : Review Glamping Lakeside Situ Patenggang

4. Gazebo

Sahabat traveler’s, bagi anda yang lelah jalan-jalan dan ingin sedikit menikmati suasana Situ Patenggang lebih dengan suasana santai, silahkan manfaatkan fasilitas wisata yang satu ini.

Di sana anda akan menemukan tempat beristirahat dan juga tempat bersantai berupa saung-saung yang sangat nyaman didiami bersama dengan keluarga, teman dan pasangan anda.

5. Toko Souvenir

Bagi anda yang bingung mencari tempat jual atau Toko Oleh-Oleh Bandung Murah, anda pun masih bisa mendapatkannya di sini sebelum pulang ke kota masing-masing,

apalagi jika anda mau dari situ patenggang ke arah kota bandung kita bisa mampir di Pasar Baru Bandung atau sentra kerajinan kulit Cibaduyut.

jadi anda tidak perlu khawatir jika ingin membawa cendera mata maupun oleh – oleh khusus dari Ciwidey bandung ini.

6. Toko Buah

Nah sahabat traveler’s, menikmati keseruan hari berlibur anda di sini, sambil lesehan di gazebo di atas tikar yang bisa anda sewa dengan harga Rp.10.000,

anda pun bisa menikmati aneka buah segar yang tersedia di sana.

Ada banyak buah-buahan yang bisa anda nikmati di sana, seperti  buah Strawberry, mangga, jeruk dan juga aneka buah lainnya, yang akan membuat siang hari anda segar kembali.

7. Tempat Ibadah

Bagi anda pengunjung yang beraga muslim, jika anda berkunjung ke sini, maka anda tidak perlu khawatir jika sudah tiba waktu sholat dan anda mau melakukan sholat. Tempatnya bagus dan refresentatif.

8. Tempat Parkir

Untuk keperluan parkir kendaraan, Objek wisata Situ Patenggang sangat memberikan keleluasaan kepada pengunjungnya,

dengan memberikan area parkir yang cukup luas dan bisa menampung berbagai tipe ukuran kendaraan, mulai dari Bus Pariwisata, Kendaraan roda empat biasa hingga roda dua.

Jadi anda yang Sewa Bus Pariwisata Bandung hingga Rental Mobil Bandung, apalagi Sewa Motor Bandung, sangat leluasa parkir di situ patenggang.

Alamat Situ Patenggang di Ciwidey

Sahabat traveler’s, alamat Situ Patenggang adalah berlokasi di jalan Raya Ciwidey – Rancabali, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40973

Lokasinya sangat strategis, Jaraknya dari wisata kawah putih hanya sekitar 7 KM dan membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja.

Nomer Kontak Situ Patenggang

KONTAKNOMOR
No Telp-

Sahabat traveler’s, selama yang kang dian tahu dan beberapa kali datang ke sana, maka saya pastikan karena kantor yang berfungsi juga sebagai gerbang pintu masuk tempat penjualan tiket, belum ada nomer telepon yang tersedia.

Jam Buka Situ Patenggang Bandung

HARIOPERASIONAL
Setiap Hari08.00 - 20.00 WIB

Sahabat traveler’s, Tempat Wisata Situ Patengan adalah setiap hari Senin sampai hari minggu, mulai dari pukul 08.00 hingga pukul 20.00 WIB.

Rute Jalan Menuju Situ Patenggang Ciwidey

Jalan menuju ke Situ Patenggang Bandung tidaklah sulit, karena objek wisata ini bisa diakses dari berbagai arah.

kondisi jalan menuju ke sana pun bisa dibilang cukup bagus, dimana anda bisa mencapainya dengan kendaraan pribadi.

Tol Kopo merupakan jalan tercepat dan termudah yang bisa dilalui jika kamu dari luar kota seperti dari jakarta.

Setelah keluar tol Kopo kamu bisa mengambil rute jalan menuju ke arah Ciwidey.

Jangan khawatir tersesat, karena banyak petunjuk jalan yang siap memandu anda, terlebih jika anda pakai google map.

Jika kamu berkunjung ke Situ Patenggang dari kota Bandung, kamu bisa mengambil jalan dengan melalui tol Soreang – Pasir Koja.

Tol ini jauh lebih dekat diakses dari pusat Kota Bandung. Tidak perlu memutar sampai ke tol Kopo.

Keluar tol Soreang kamu bisa menuju Jalan Cipatik dan melewati jalan Soreang – Ciwidey.

Setelah sampai di Jalan Raya Ciwidey kamu akan menemukan kebun stroberi dan Wisata Air Curug Tilu Rancali.

Nah, setelahnya kamu akan menemukan Situ Patenggang di ujung jalan.

Dan berikut adalah rute jalan menuju patenggang yang lebih detil bagi wisatawan yang berasal dari ibukota Jakarta yang bisa anda pergunakan :

1.Jakarta: 151 km -> Cipularang: 25.3 km -> Pintu Tol Kopo: 15.3 km -> Soreang: 14.2 km -> Ciwidey: 14.2 km -> Patengan / Patenggang

2.Jakarta: 151 km -> Cipularang: 32.5 km -> Tol Buah Batu: 12.4 km -> Banjaran: 9.1 km -> Soreang: 14.2 km -> Ciwidey: 14.2 km > Patengan / Patenggang

3.Jakarta: 151 km -> Cipularang: 19.6 km -> Leuwi Gajah: 16.9 km -> Soreang: 14.2 km -> Ciwidey: 14.2 km -> Patengan / Patenggang

Rute Jalan Dari Jakarta ke Situ Patenggang Dengan Kendaraan Umum

Transportasi umum yang bisa anda pergunakan untuk berlibur ke patenggang adalah naik Bus atau juga transportasi dari Tour Travel Bandung, dengan berhenti di terminal leuwi panjang.

Dari terminal leuwi panjang kemudian silahkan anda lanjutkan menuju ke tempat wisata Situ Patenggang dengan menggunakan mini bus jurusan Leuwi Panjang – Ciwidey.

Nah dari terminal Ciwidey, Trayek Angkot di Bandung dengan jalur menuju objek wisata Patenggang, dengan rincian jarak tempuh sebagai berikut :

Jakarta – (164 KM) – Leuwi Panjang – (164 KM) Ciwidey – (14.2 KM) – Patenggang/Patengan

Rute Jalan Dari Kota Bandung Ke Situ Patenggang

1. Buah Batu – Situ Patenggang

Dari pintu tol Buah Batu, silahkan arahkan kendaraan anda menuju arah Bojong Soang, kemudian Banjaran, selanjutnya Soreang dan Ciwidey, dan seterusnya Patenggang.

Alternatif lainnya, keluar Buah Batu anda arahkan menuju Kopo, selanjutnya menuju Soreang, terus menuju Ciwidey dan Situ Patengan.

2. Majalaya – Patenggang

Jika anda dari arah Majalaya, anda bisa mengambil rute jalan kemuju ke Ciparay, kemudian anda lanjutkan menuju Soreang, seterusnya Ciwidey dan Situ Patengan.

Catatan :

Untuk lebih memudahkan mengakses lokasi wisata Situ Patengan di Ciwidey, Kabupaten Bandung selatan ini,

ada baiknya juga jika anda menggunakan sebuah program aplikasi penunjuk jalan Waze yang bisa anda download di Google Play Store,

yang akan membantu dan menuntun anda menuju ke sana dengan lebih mudah

Tempat Wisata Dekat Situ Patenggang Ciwidey

Sahabat traveler, sangat disayangkan jika anda langsung pulang setelah berkunjung ke Situ Patenggang, padahal di sekitar danau situ patenggang banyak sekali tempat menarik lainnya.

dan berikut adalah rekomendasi tempat wisata di dekat danau situ patenggang ciwidey yang wajib untuk dikunjungi selama menikmati liburan bersama keluarga atau berdua dengan pasangan.

1. Ranca Upas

bumi_perkemahan_ranca_upas_ciwidey_bandung_selatan_3

Inilah tempat wisata di Ciwidey yang menawarkan bumi perkemahan lengkap dengan penangkaran rusa, kolam pemandian air panas, waterpark, outbound dan penginapan.

Di sini juga terdapat penginapan khas Bobobox yang jadi cabang dari Bobocabin Cikole yang bisa anda pilih sebagai tempat menginap di Ranca Upas.

2. TWA Kawah Putih

Sunan Ibu Sunrise Point Ciwidey Bandung

Taman Wisata Alam Kawah Putih adalah objek wisata yang sangat terkenal menawarkan objek wisata kawah gunung berapi purbakala yang sering berubah warna airnya.

Tidak hanya menikmati keindahan kawah dengan pasir putih yang mengelilinginya, di sini juga banyak spot menarik lainnya seperti jembatan ponton, skywalk dan Sunan Ibu Sunrise Point.

3. Kawah Rengganis

Kawah Rengganis Cibuni Bandung Selatan

Kawah Rengganis adalah tempat wisata dekat danau situ patenggang yang menawarkan tempat dengan aktifitas mandi lumpur yang mengandung belerang.

Di sini juga anda bisa berenang atau berendam di beberapa kolam air panasnya yang menyehatkan dan diyakini mampu mengobati berbagai jenis penyakit kulit.

4. Curug Tilu Rancabali

eco_park_curug_tilu_ciwidey_bandung_selatan

Inilah objek wisata air terjun di Ciwidey yang tengah neghit beberapa waktu yang lalu, karena dilengkapi dengan fasilitas Glamping di tepi sungai yang sangat indah.

5. Pemandian Air Panas Ciwalini

Pemandian Air Panas Ciwalini Ci

Di ciwidey selain Cimanggu Hot Spring Resort, masih ada juga objek wisata pemandian air panas lainnya yang terkenal yaitu Pemandian Air Panas Walini.

Tersedia beberapa jenis kolam air hangat yang diperuntukan bagi setiap golongan usia, yakni kolam pemandian air hangat untuk anak – anak dan dewasa.

6. Bukit Jamur

gambar_foto_wisata_bukit_jamur_di_rancabolang_ciwidey_bandung

Inilah objek wisata unik di Ciwidey dekat dengan Situ Patenggang yang menawarkan pemandangan indah berupa taman yang ditanami pohon pinus dengan bentuk pohon jamur yang imut.

Berbicara tempat wisata di Ciwidey dan sekitarnya, maka sudah bisa dipastikan bawah kawasan ini memiliki pesona wisata yang beragam dengan segala akomodasinya yang dikelola sangat baik.

Selain objek wisata di atas, masih ada tempat wisata terdekat ke Danau Situ Patenggang seperti Palalangon Park, Patuha Pinus Land, Punceling Pass dan masih banyak yang lainnya.

Bagaimana sahabat traveler’s, banyak sekali bukan ragam tempat wisata yang ada di Bandung selatan yang bisa anda kunjungi ?

Jika anda ingin mengeksplorasi semua objek wisata di atas, anda bisa memilih beberapanya untuk dimasukan ke dalam Itinerary Paket Wisata Ciwidey.

Penginapan di Situ Patenggang

Sahabat traveler, bagi anda yang mau liburan di Ciwidey dengan waktu yang cukup lama, tentunya anda membutuhkan tempat menginap bukan ?

kabar baiknya, ada banyak Penginapan Murah di Ciwidey yang bagus mulai dari resort, hotel hingga Villa di Ciwidey dengan Private Pool.

Untuk fasilitasnya tidak kalah dengan Hotel di Bandung dengan Kolam Renang, Kolam Air Panas, Balkon / teras, Taman, AC, reservation 24 jam, antar jemput bandara dll.

Sementara untuk tarif sewa kamar permalamnya, ada beberapa yang harganya sama dengan tarif Hotel RedDoorz di Bandung yang sangat budget friendly di bawah 100 rb.

Dan berikut adalah daftar tempat penginapan di Ciwidey terdekat dengan objek wisata alam danau situ Patenggang yang paling rekomended untuk anda pertimbangkan.

1. Glamping Legok Kondang

harga_penginapan_glamping_legok_kondang_ciwidey

Glamour Camping (Glamping) Legok Kondang tak jauh berbeda dengan Glamping di Ciwidey terkenal Glamping Lakeside Rancabali.

Glamping Legok Kondang dilengkapi dengan beragam fasilitas, dan yang utama adalah menawarkan fasilitas Glamping di Ciwidey dengan kolam renang pribadi, kolam air panas dan berAC.

Tenda camp yang tersedia ditawarkan dengan rentang harga sewa glamping termurah dengan tarif permalam mulai Rp 1.165.000 tipe standart tent.

Selain menawarkan Glamping dengan pemandangan yang indah, Glamping Legok Kondang menyediakan kolam air panas dan AC. Demi mendapatkan fasilitas ini kamu perlu memesan Luxury Storm Tent.

2. D’RIAM Riverside

harga_tiket_masuk_driam_riverside_resort_ciwidey_bandung

D’RIAM Riverside merupakan pilihan yang tepat bagi anda yang sedang mencari tempat penginapan sekaligus ada fasilitas tempat wisata di dalamnya.

Terdapat tujuh pilihan tipe kamar hotel nyaman yang bisa anda pilih sesuai selera dan budget serta penginapan ini juga menawarkan paket wisata alam.

Penginapan ini pas banget bagi anda yang ingin mencari tempat staycation berdua dengan pasangan atau bersama rombongan keluarga atau teman.

Sesuai namanya, D’riam Riverside menawarkan hotel di Ciwidey dekat aliran sungai dengan pemandangan yang indah serta udaranya sangat sejuk.

Rentang harga D’riam Riverside Ciwidey yang ditawarkan pun cukup budget friendly kisaran Rp 550.000 untuk kamar berkapasitas dua orang, hingga Rp 1.450.000 untuk ruangan bagi keluarga.

3. Ciwidey Valley Resort

harga_glamping_ciwidey_valley_resort

Berwisata bersama keluarga akan jadi lebih menyenangkan kalau pilihan menginapnya di Ciwidey Valley Resort

Ciwidey Valley Resort menawarkan beragam jenis penginapan di dalamnya mulai dari tipe kamar hotel, cottage, camping ataupun glamping. Semua tersedia di sini.

Bukan sekadar penginapan, Ciwidey Valley juga menyediakan wahana pemandian air panas dan water park bagi pengunjung sehingga penginapan ini sangat ramah untuk anak-anak.

4. eMTe Highland Resort

emte-highland-resort-ciwidey

Rekomendasi Penginapan di Situ Patenggang terdekat selanjutnya adalah eMTe Highland Resort.

Penginapan dekat Situ Patenggang ini menawarkan penginapan di ciwidey dengan kolam air hangat alami, sarapan gratis, layanan kamar, restoran dan ramah anak.

5. Green Hill Park TWA Cimanggu

green-hill-park-ciwidey-twa-cimanggu

Hotel di Situ Patenggang terdekat ini menawarkan hotel yang dikelilingi hutan ini berjarak 12 menit berjalan kaki dari Pemandian Air Panas Cimanggu, dan 6 km dari danau Kawah Putih.

Akomodasi simpel mulai dari asrama pribadi yang dapat menampung hingga 30 tamu hingga bungalo beratap jerami dengan dapur.

Semua memiliki TV layar datar dan kamar mandi siram; beberapa di antaranya memiliki balkon atau teras pribadi.

Fasilitas meliputi restoran santai dengan teras, kolam mata air panas alami, dan fasilitas paintball. Tersedia juga tempat berkemah.

Tips Wisata

Sahabat traveler, agar waktu liburan anda ke danau situ patenggang berkualitas, berikut ada beberapa tips wisata agar liburan anda nyaman dan aman.

  • Membawa kendaraan pribadi, karena masih terbatas angkutan umum terutama Trayek Bus Damri Bandung yang menuju ke Situ Patenggang.
  • Memakai baju yang cukup tebal, karena cuaca di situ patenggang cukup dingin, belum lagi kalau hujan dan kabutnya turun.
  • Bawalah payung sebagai alat jaga-jaga jika terjadi hujan turun., karena wisata alam di daratan tinggi ini cenderung memiliki curah hujan lebih tinggi.
  • Jangan membuang sampah sembarang.
  • Jika anda baru pertama kali wisata ke tempat ini, anda bisa gunakan Jasa Tour Guide Bandung untuk pemandu wisata anda.
  • Bawa obat – obatan yang sering diperlukan pada saat darurat, karena cukup jauh Rumah Sakit di Bandung terdekat
  • Bagi turis mancanegara bawalah uang cash rupiah secukupnya, karena cukup jauh lokasi Money Changer Bandung terdekat.

Paket Wisata Situ Patenggang – Kawah Putih – Ranca Upas – Ciwidey Bandung Murah

Beberapa Paket Wisata Bandung pilihan dan yang paling populer yang bisa anda nikmati adalah Paket Wisata Bandung 2 Hari 1 Malam ,

atau yang lebih banyak waktu libur anda bisa memilih Paket Wisata Bandung 3 Hari 2 Malam. Paket Wisata Bandung 4 Hari 3 Malam,

Bahkan Paket Wisata Bandung 1 Hari, kemudian Paket Wisata Bandung Untuk 2 Orang hingga Paket Bulan Madu Bandung juga ada.

Namun jika anda berencana liburan dengan cara rombongan seperti dari perusahaan, instansi atau sekolahan,

saya rekomendasikan anda untuk memilih program Paket Outbound Bandung. atau pilih Paket Family Gathering Bandung.

FAQ

Sahabat traveler’s, berikut adalah beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan calon wisatawan ke situ patenggang di google review.

Jika rombongan naik bus pariwisata, apakah tiket masuk dihitung per bis ?

Tetap, tiket masuk situ patenggang dihitung per orang atau per kepala.

Apakah situ patenggang bisa dijadikan tempat camping ?

Bisa di tepi danau, namun pastikan minta izin terlebih dahulu sama petugas, atau anda bisa menginap di Glamorous Camping Lakeside biar lebih aman dan nyamannya.

Apakah situ patenggang ditutup karena erupsi gunung tangkuban perahu ?

Tetap buka, karena letak situ patenggang jauh dari lokasi tangkuban perahu di daerah lembang ( bandung barat ), sementara danau patenggang di daerah ciwidey ( bandung selatan ).

Apakah ke lokasi bisa masuk bus dengan penumpang 59 ?

Bisa

Apakah di situ patenggang ada kolam renang ?

Tidak ada, yang terdekat ada di Kawah Rengganis, Pemandian Air Panas Ciwalini dan Kampung Cai Ranca Upas.

Apakah ada Villa di Situ Patenggang ?

Tidak ada, adanya tempat camping sekelas hotel bintang glamorous camping Glamping Lakeside di tepi danaunya.

Nah sahabat traveler’s, demikianlah ulasan seputar Sejarah Batu Cinta, Fasilitas Penginapan dan Glamping, Alamat dan Lokasi serta Harga Tiket Masuk Situ Patenggang Ciwidey.