Situ Patenggang – Sejarah, Harga Tiket Masuk & Penginapan Glamping

Situ Patenggang – Mau liburan mengunjungi Tempat Wisata di Ciwidey Bandung selatan ? jika iya, inilah Review Sejarah, Batu Cinta, Pulau Asmara, Fasilitas Penginapan/Glamping, Alamat dan Harga Tiket Masuk Situ Patenggang

Halo sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan saya Kang Dian, penulis blog informasi Wisata Bandung, yang senantiasa tidak akan pernah bosan mengabari anda beragam eksotisme dan romantisme Pariwisata Bandung.

Sahabat traveler’s, pada kesempatan kali ini kang dian akan ajak anda mengupas salah satu destinasi terbaik Tempat Wisata Alam di Bandung Selatan,  Situ Patenggang Bandung.

Semoga informasi ini, bisa menambah daftar referensi Tempat Wisata Baru di Bandung yang bisa anda kunjungi bersama keluarga, teman maupun berdua dengan pasangan di Ciwidey,

selain tentunya informasi Tempat Wisata di Lembang , Maribaya, Jayagiri, Cimahi, Dago , Pangalengan dan juga Tempat Wisata Alam di Bandung lainnya.

informasi ini juga sekaligus melengkapi daftar tempat wisata danau di bandung yang telah banyak saya review seperti Situ Lembang, Situ Cileunca Pangalengan, serta Situ Cisanti dan yang lainnya.

Nah lalu seperti apakah daya tarik wisata yang ada di Situ Patenggang di Ciwidey Kabupaten Bandung selatan ini sehingga wajib dikunjungi ?

Seperti apa Cerita Mitos, Misteri dan Sejarah Situ Patenggang yang sangat terkenal dengan kisah kasih Ki Santang dan Dewi Rengganis dengan Batu Cinta Situ Patenggang dan Pulau Asmaranya ?

kemudian seperti apakah Fasilitas Penginapan di Situ Patenggang yang terkenal dengan Glamping Lakeside dan pusat kuliner Pinisi Resto nya ?

Lalu dimanakah Lokasi Alamat Situ Patenggang dan berapakah Harga Tiket Masuk Situ Patenggang terbaru saat ini ?

Baiklah untuk menjawab semua pertanyaan di atas, yuk mari kita simak saja review objek wisata di ciwidey yang terkenal ini di bawah.

Baca Juga : Orchid Forest Lembang – Harga Tiket Masuk, Lokasi & Fasilitas

Situ Patenggang Ciwidey Bandung

Situ Patenggang Ciwidey Bandung Selatan

Source Via IG voyaged

 

Sahabat traveler’s, bicara tentang Wisata Situ Patenggang atau populer juga dikenal oleh masyarakat sekitar dengan nama Situ Patengan,

tempat ini sebenarnya merupakan sebuah danau yang berlokasi di Patengan, kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung Jawa Barat.

jika saya merujuk keterangan Situ Patenggang dari Wikipedia,

Danau atau Situ di Bandung ini merupakan sebuah kawasan objek Wisata Alam di Bandung selatan yang terletak di ketinggian sekitar 1.600 meter di atas permukaan air laut.

Untuk luas arealnya sendiri, menurut catatan kawasan wisata danau di bandung selatan menempati lahan seluas 45.000 hektar,

dengan total luas kawasan cagar alamnya seluas 123.077,15 hektar.

Saat ini, wisata Situ Patenggang telah menjadi tujuan wisata utama wisatawan dalam dan mancanegara yang liburan ke daerah Ciwidey Bandung,

selain objek wisata bandung selatan lainnya yang ada di Pangalengan, seperti Gunung Nini, Cukul Pangalengan, Cibolang Hots Spring, Gunung Malabar,

serta Tempat Wisata Air Terjun di Bandung selatan pangalengan seperti Curug Dewa dan Curug Panganten dan masih banyak yang lainnya.

Hal tersebut dikarenakan daya tarik wisatanya yang sangat khas yang menwarkan eksotisme alam khas danau di dataran tinggi pegunungan yang pemandangannya sangat indah,

serta kawasan wisatanya berhawa sangat dingin dan dekat sekali dengan tempat-tempat wisata di Ciwidey yang terkenal lainnya.

Nah seperti apakah daya tarik wisata dari Situ Patenggang tersebut, dan hal apa saja yang wajib anda ketahui sebelum anda pergi liburan ke sana ?

mari kita lanjutkan bahasannya di bawah ini.

Jangan Lewatkan : Review Wahana & Tiket Masuk Panama Park

Mitos, Misteri, Legenda & Sejarah Situ Patenggang

Sejarah Situ Patenggang Ciwidey Bandung Selatan

Source Via IG situpatenggangbandung

Sahabat traveler’s, sebelum saya berikan informasi seputar daya tarik pariwisata Situ Patenggang,

ada baiknya saya sebelumnya akan memberikan info seputar Mitos/legenda/misteri yang diyakini masyarakat sekitar tentang situ yang sangat indah di bandung selatan ini.

Sahabat traveler’s, seperti Tempat Wisata Alam Bandung pada umumnya, Situ Patenggang juga ternyata mempunyai mitos yang sangat menarik untuk kita ketahui,

sebagai bekal pengetahuan anda sebelum menginjakan kaki ke tempat wisata di sekitar perkebunan teh di bandung Rancabali ini.

Mungkin anda saat ini sudah sangat mengetahui seputar Cerita Rakyat atau Legenda Sangkuriang kan ?

yang mana melekat dan identik dengan Mitos/misteri tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu di Lembang saat ini yang sangat populer itu bukan ?

Atau anda juga anda sudah mengetahui sekitar Mitos sejumlah tempat wisata yang sangat misterius di bandung seperti Tebing Keraton,

Curug Malela, Curug Cinulang, SangHyang Tikoro, Gua Pawon, Stone Garden Padalarang, Caringin Tilu, Situs Batu Kerajaan Kendan bukan ?

Nah, tapi apakah anda sudah tahu seperti apakah cerita rakyat, mitos, misteri atau juga bisa legenda dari Situ Patenggang Ciwidey ini ?

jika ansa belum tahu Mitos Situ Patengan, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Asal Usul Nama Situ Patenggang

Berdasarkan penelusuran kang Dian, mencari sumber referensi informasi hingga bertanya langsung dengan masyarakat sekitar,

hal pertama yang wajib anda ketahui seputar mitos Tempat Wisata di Bandung Selatan ini adalah nama situ ini diambil dari kata sunda.

Patenggang atau Patengan adalah berarti sunda “Pateangan teangan” atau jika diartikan atau dimaknai ke dalam bahsa indonesia adalah kata kerja yang menunjukan aktifitas “saling mencari“.

Nah arti kata “Saling Mencari” ini seperti apa ?

ternyata kisah ini berawal dari kisah cinta sepasang anak manusia, antara Putra Prabu dan titisan Dewi yang besar bersama alam,

yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis ( Baca Juga Kawah Rengganis Ciwidey )

Dari cerita yang bisa anda baca sendiri di informasi lokasi wisata di sana,

mengisahkan bahwa setalah lama terpisahkan, namun diantaranya keduanya masih menyimpan perasaan cinta yang sangat begitu mendalam,

akhirnya ki santang dan dewi rengganis pun memutuskan untuk saling mencari satu  sama lainnya.

Batu Cinta Situ Patenggang

Nah, akhirnya dewa menakdirkan mempertemukan mereka berdua di sebuah tempat atau lokasi,

setelah sekian lama waktu dihabiskan untuk saling mencari di sebuah tempat yang bisa anda lihat di sana yang bernama “Batu Cinta Situ Patenggang“.

Setelah bertemu, pada suatu hari Dewi Rengganis pun meminta kepada Ki Santang untuk dibuatkan danau atau situ lengkap dengan sebuah perahu nya,

tujuannya untuk bisa ia gunakan berlayar bersama dengan pujaan hatinya tersebut.

Nah, sebagai simbol dari bersatunya cinta mereka di atas sebuah perahu tersebut,

akhirnya perahu inilah yang sampai sekarang bisa anda saksikan menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati,

yang dinamai Pulau Asmara atau Pulau Sasaka di Situ Patenggang Ciwidey.

Mitos Situ Patenggang

Nah seiring dengan perkembangan zaman dengan banyak masyarakat yang berkunjung ke sana,

maka munculah Mitos yang sangat diyakini masyarakat sekitar bahwa, barang siapa yang singgah di Batu Cinta dan kemudian berkeliling Pulau Asmara,

maka akhir kisah cintanya akan seperti mereka, abadi dan selalu bersama

Bagaimana sahabat traveler’s, sangat menarik bukan cerita Misteri Situ Patenggang di Ciwidey Bandung ini ? beleive it or not ?

yang pasti inilah khasanah budaya lokal yang merupakan kekayaan wisata indonesia yang sangat berharga dan tak ternilai.

So, jika anda sudah berusaha menyatukan komitment cinta kalian dengan Gembok Cinta di Taman Balai Kota Bandung,

maka bagi anda yang meyakininya, silahkan lengkapi dengan berkunjung ke Batu Cinta di Situ Patenggang untuk mendapat ending cerita cinta yang bahagia tentunya.

Daya Tarik Wisata Situ Patenggang Ciwidey Bandung

Gambar Situ Patenggang Ciwidey Bandung Selatan

Source Via IG iwan_gatot

Sahabat traveler’s, jika di atas saya sudah ceritakan seputar Mitos tempat wisata Situ Patenggang kepada anda,

nah berikutnya adalah saya akan berikan anda alasan kenapa anda wajib mengunjungi Tempat Wisata yang sangat Eksotis dan Romantis di Bandung selatan ini.

bahkan bagi sejumlah pasangan yang mau menikah sering dijadikan Tempat Prewedding di Bandung terfavorit.

Berikut ini adalah beberapa daya tarik wisata Situ yang sejarahnya sebelumnya merupakan sebuah Cagar Alam,

yang kemudian di tahun 1981 Situ Patenggang telah difungsikan menjadi Taman Wisata Alam Nasional, sekelas Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi.

Menikmati EksotismeWisata Perkebunan Teh

Sahabat traveler’s, jika sebelumnya saya sudah menuliskan beberapa lokasi tempat terbaik dari Kebun Teh di Bandung,

maka jika anda sudah membacaya, maka lokasi wisata situ ini adalah salah satu di dalamnya.

Jika anda datang ke sana, maka anda bisa menyaksikan eksotisme keindahan alam danau di ciwidey ini sangat luar biasa indahnya,

dimana merupakan sebuah danau alam yang berada di puncak ketinggian pegunungan bandung.

Di sana anda bisa menyaksikan selain danau yang berada di bagian sisinya tegak berdiri tegak gunung yang tinggi,

juga anda bisa menikmati hamparan kebun teh nan hijau yang luas yang selalu diselimuti kabut putih di atasnya yang membuat dingin suhu kawasan.

Pemandangan indah yang sangat khas itu, dijamin akan membuat anda yang tinggal di perkotaan seperti jakarta, dengan melihatnya akan membuat anda betah untuk berlama-lama tinggal di sana.

Menikmati Eksotisme Wisata Danau Bandung

Sahabat traveler’s, jika sebelumnya saya sudah berikan anda informasi Tempat Wisata Air Terjun di Bandung yang menawarkan sisi keindahan alam khas bumi parahyangan,

maka berkunjung ke Situ Patenggang anda akan disuguhi pemandangan danau yang tidak kalah indahnya juga.

Di sini anda akan bisa menikmati indah dan tenangnya  air danau yang luas menghampar, dengan udara yang sejuk dan kabut putih menghiasi di atasnya,

yang akan membuat suasana menjadi sangat begitu tenang, damai dan membuat tetram jiwa anda.

Tidak hanya itu, anda pun bisa menyusuri sekeliling kawasan danau dengan berjalan, dan melihat seperti apa bentuk “Batu Cinta” yang sangat melegenda tersebut,

dan menjadikan Situ Patenggang sebagai salah satu Tempat Romantis di Ciwidey Bandung.

Selain dari pada itu, di situ patenggang juga pengelola sudah menyediakan fasilitas perahu yang bisa anda sewa untuk berkeliling danau patengan,

dan dari atas perahu dan singgah di  Pulau Cinta Situ Patenggang yang berada di tengah danau.

Berperahu di sini dijamin tidak akan kalah asyik dan menarik ketika anda melakukannya berperahu di Floating Market Lembang,  atau di Kampoeng Sunda Adventure Villa Kancil.

Tidak hanya itu saja, di sini juga telah tersedia wahana permainan air seperti sepeda air, perahu boat dan dayung pun tersedia.

Tempat Pemancingan di Ciwidey Bandung

Sahabat traveler’s, bagi anda yang gemar dengan kegiatan memancing, maka dengan berkunjung ke situ ini anda pun bisa menyalurkan hobby anda yang seru dan menarik tersebut di sini.

Sensasi memancing ikan di sini dijamin akan lebih seru dan menantang jika dibanding dengan Tempat Pemancingan di Bandung yang terkenal,

seperti Arena Pancing Bonita Saung Wargi Lembang atau di Kampung Sawarga.

Masih kurang dengan daya tarik wisata di atas ?

silahkan anda bisa menemukannya dengan langsung berkunjung ke sana ketika waktu liburan tiba, dan temukan eksotisme tempat wisata yang sangat luar biasa di sana.

Fasilitas Wisata Situ Patenggang Ciwidey Bandung

Sahabat traveler’s, untuk memberikan kenyamanan kepada setiap pengunjungnya yang datang ke Situ Patenggang,

maka pengelola sudah menyediakan beragam fasilitas yang akan membuat semua wisatawan yang datang ke sana nyaman dan betah berlama-lama tinggal di sana.

Kondisi infrastruktur wisata Situ Patenggang sudah sangat tertata dan dikelola dengan baik dan profesional,

dari mulai fasilitas publik berupa akses jalan yang baik dan akomodasi yang cukup.

Dan berikut adalah daftar fasiltas wisata yang bsa anda nikmati ketika liburan ke Situ Patenggang di Ciwidey, Kabupaten Bbandung Jawa Barat yang bisa anda temukan di sana :

1. Situ Patenggang Kapal Pinisi Resto

Situ Patenggang Kapal Pinisi

Source Via IG rickyayufebrianto

Sahabat traveler’s, bagi anda yang suka mencoba sensasi wisata perut dengan mengunjungi banyak Tempat Wisata Kuliner di Bandung,

seperti menikmati sajian khas ala Rumah Makan Sunda di Bandung, Restaurant Jepang di Bandung, Restaurant Korea di Bandung, datanglah ke sini jika mau menikmati sesuatu yang berbeda.

Di sini terdapat Bahtera Resto yang populer dengan nama Pinisi Resto,

sebuah Tempat Makan Enak di Bandung yang dibangun dengan konsep bangunan menyerupai kapal layar tradisional yang sangat terkenal warisan nenek moyang, kapal Pinisi Nusantara.

Menu Pinisi Resto

Pinisi Resto di Situ Patenggang Ciwidey ini menyediakan aneka jenis menu kuliner,

mulai dari menu tradisonal khas sunda, nusantara hingga mancanegara dengan cita rasa yang enak dan lezat serta harga makanan dan minuman yang terjangkau.

Harga Makanan Pinisi Resto

Sahabat traveler’s, harga makanan dan minuman di pinisi resto ciwidey ini juga sangat beragam namun tetap harganya sangat terjangkau

Tidak hanya itu, di sekitar danau pun terdapat juga tempat-tempat makan lainnya yang bisa anda datangi,

terutama ketika anda merasakan lapar di perut dengan menikmati segelas minuman khas bandung seperti bandrek di sana.

Baca Juga : Floating Market Lembang –  Harga Tiket Masuk, Wahana & Fasilitas

2. Peginapan di Situ Patenggang

Glamping Lakeside Bandung

Glamping Lakeside

Sahabat traveler’s, bagi anda yang sedang mencari Tempat Penginapan Murah di Ciwidey Bandung yang Romantis dan harga terjangkau,

maka di sini terdapat salah satu Glamping Ciwidey yang menawarkan lokasi bermalam paling rekoemded untuk anda kunjungi dan tinggali.

Di sini terdapat Glamping Bandung yang terkenal, yaitu sebuah tempat camping dengan fasilitas layanan sekelas Hotel di Bandung, yaitu Glamping Lakeside.

Glamping Lakeside

Sahabat traveler’s, lokasi Glamping Lakeside sendiri tepat persis lokasi tenda – tenda campingnya berada di sekitar tepian danau situ patenggang,

sehingga jelas, menginap di alam terbuka ala Glamping Ciwidey ini akan menawarkan sensasi yang unik, berupa view menghadap ke arah hamparan air situ patenggang yang sangat indah.

Tipe & Harga Tenda Glamping Lakeside Rancabali Ciwidey Bandung

Room Type & Harga Tenda Glamping Lakeside Ciwidey Bandung

Room TypeHarga ( Rp )Keterangan
Sayang Heulang Resort ( 3 Unit )2.016.0001 unit kapasitas 4 orang
2 unit kapasitas 2 orang
View danau dan Perkebunan Teh
Breakfast
Water heater
Lakeside Tent Resort ( 9 Unit )1.568.000Capasity 2 Person
Up to 5 Person
View danau dan Hutan Hutan
Car Port
Breakfast
Water heater
Family Tent Resort ( 10 Unit )2.016.000Capasity 2 Person
Up to 5 Person
View danau dan Hutan Hutan
Car Port
Breakfast
Water heater
Keong Tent Resort ( 14 Unit )1.120.000Capasity 4 Person
Up to 5 Person
Giant Tent
Beakfast
Bath room inside
Water Heater
Catatan :

Sumber dari Glampinglakesiderancabali.com

Sahabat traveler’s, bagi anda yang mau menginap di sini, berikut adalah daftar tipe tenda/ruangan lengkap dengan harga sewa tenda di glamping lakeside rancabali ciwidey bandung terbaru 2018.

Rasakan sensasi menikmati suasana malam hari di sana bareng keluarga tercinta, sahabat terbaik atau berdua dengan pasangan,

sambil menikmati segelas teh panas, membuat Api Unggun, Barberque dan tidur di tengah alam terbuka, yang beda dengan Tempat Penginapan Murah di Bandung seperti Hotel dan yang lainnya.

Tempat menginap Glamping Lakeside Rancabali ini adalah salah satu Glamping terbaik yang ada di Bandung selain glamping Grafika Cikole,

selain Legok Kondang Ciwidey, Trizara Resort Lembang dan juga Dusun Bambu Lembang Family Leisure Park dengan Eagle Camp nya.

3. Gazebo

Sahabat traveler’s, bagi anda yang lelah jalan-jalan dan ingin sedikit menikmati suasana Situ Patenggang lebih dengan suasana santai, silahkan manfaatkan fasilitas wisata yang satu ini.

Di sana anda akan menemukan tempat beristirahat dan juga tempat bersantai berupa saung-saung yang sangat nyaman didiami bersama dengan keluarga, teman dan pasangan anda.

4. Toko Souvenir

Bagi anda yang bingung mencari tempat jual atau Toko Oleh-Oleh Bandung Murah, anda pun masih bisa mendapatkannya di sini sebelum pulang ke kota masing-masing,

apalagi jika anda mau dari situ patenggang ke arah kota bandung kita bisa mampir di Pasar Baru Bandung atau sentra kerajinan kulit Cibaduyut.

jadi anda tidak perlu khawatir jika ingin membawa cendera mata maupun oleh – oleh khusus dari Ciwidey bandung ini.

5. Toko Buah

Nah sahabat traveler’s, menikmati keseruan hari berlibur anda di sini, sambil lesehan di gazebo di atas tikar yang bisa anda sewa dengan harga Rp.10.000,

anda pun bisa menikmati aneka buah segar yang tersedia di sana.

Ada banyak buah-buahan yang bisa anda nikmati di sana, seperti  buah Strawberry, mangga, jeruk dan juga aneka buah lainnya, yang akan membuat siang hari anda segar kembali.

6. Tempat Ibadah

Bagi anda pengunjung yang beraga muslim, jika anda berkunjung ke sini, maka anda tidak perlu khawatir jika sudah tiba waktu sholat dan anda mau melakukan sholat. Tempatnya bagus dan refresentatif.

7. Tempat Parkir

Untuk keperluan parkir kendaraan, Objek wisata Situ Patenggang sangat memberikan keleluasaan kepada pengunjungnya,

dengan memberikan area parkir yang cukup luas dan bisa menampung berbagai tipe ukuran kendaraan, mulai dari Bus Pariwisata, Kendaraan roda empat biasa hingga roda dua.

Jadi anda yang Sewa Bus Pariwisata Bandung hingga Rental Mobil Bandung, apalagi Sewa Motor Bandung, sangat leluasa parkir di situ patenggang.

Harga Tiket Masuk Situ Patenggang Ciwidey Bandung 2019

Sahabat traveler’s, berikut adalah Biaya atau tarif masuk ke dalam area wisata Situ Patenggang di Ciwidey Kabupaten bandung yang terbaru adalah sebagai berikut :

Harga Tiket Masuk Situ-Patenggang Ciwidey Bandung

NamaWeekdayWeekend & Libur
Wisatawan LokalRp.18.000/OrangRp.20.000/Orang
Turis AsingRp.135.000/orangRp.185.000/orang
Parkir Roda DuaRp.3.500/MotorRp.3.500/Motor
Parkir Roda EmpatRp.11.500/MobilRp.11.500/Mobil
Parkir Roda EnamRp.22.000/BusRp.22.000/Bus
Sewa Gazebo + TikarRp.10.000Rp.10.000
Naik PerahuRp.10.000 - Rp.20.000/OrangRp.10.000 - Rp.20.000/Orang
Sewa PerahuRp.150.000/KeluargaRp.150.000/Keluarga
Sepeda AirRp.40.000Rp.40.000

Keterangan :

Senin – Jum’at

Wisatawan Lokal Rp.18.000/orang
Wisatawan Mancanegara Rp.135.000/orang

Sabtu – Minggu

Wisatawan Lokal Rp.20.500/orang
Wisatawan Mancanegara Rp.185.000/orang

Tarif Parkir

R0da 2 Rp.3.500
Roda 4 Rp.11.500
Bus/Truk Rp.22.000

Catatan :

Harga Tiket masuk dan Taruf parkir bisa berubah sewaktu-waktu, untuk Update silahkan baca di sini : Tiket Masuk Situ Patenggang Ciwidey 2019

Baca Juga : Tiket Masuk Kawah Putih & Tiket Masuk Kebun Binatang Bandung

Alamat Situ Patenggang di Ciwidey Bandung

Sahabat traveler’s, alamat Situ Patenggang adalah berlokasi di jalan Raya Ciwidey – Rancabali, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40973

Nomer Kontak Telepon Situ Patenggang Bandung

Sahabat traveler’s, selama yang kang dian tahu dan beberapa kali datang ke sana, maka saya pastikan karena kantor yang berfungsi juga sebagai gerbang pintu masuk tempat penjualan tiket, belum ada nomer telepon yang tersedia.

Jam Buka Situ Patenggang Bandung

Sahabat traveler’s, Tempat Wisata Situ Patengan adalah setiap hari Senin sampai hari minggu, mulai dari pukul 08.00 hingga pukul 20.00 WIB.

Peta Lokasi Situ Patenggang

Silahkan anda bisa mengikuti titik koordinat GPS S7.163690 – E107.357070, Altitude 1605 meter, dan buka di sini [ Peta Lokasi ]

Rute Jalan Menuju Situ Patenggang Ciwidey Bandung

Sahabat traveler’s, banyak jalur alternatif yang bisa anda pakai untuk mengakses atau menuju Situ Patenggang, baik langsung dari Jakarta ke Patenggang,

maupun dari arah Kota Bandung ke Patenggang.

Jarak tempuh atau berkendara dari pusat kota bandung ( titik nol di Jalan Asia Afrika ) menuju Patenggang adalah kurang dari 50 KM,

dengan lama waktu berkendara sekitar 1 Jam 25 menit dalam kondisi lalu lintas lancar.

Sementara jarak dari Jakarta dengan mengambil patokan dari titik nol jakarta di Pelabuhan Sunda Kelapa,

maka jaraknya tidak kurang dari 203 KM, atuu waktu berkendara sekitar 3 jam an.

Dan berikut adalah rute jalan menuju patenggang yang lebih detil bagi wisatawan yang berasal dari ibukota Jakarta yang bisa anda pergunakan :

1.Jakarta: 151 km -> Cipularang: 25.3 km -> Pintu Tol Kopo: 15.3 km -> Soreang: 14.2 km -> Ciwidey: 14.2 km -> Patengan / Patenggang

2.Jakarta: 151 km -> Cipularang: 32.5 km -> Tol Buah Batu: 12.4 km -> Banjaran: 9.1 km -> Soreang: 14.2 km -> Ciwidey: 14.2 km > Patengan / Patenggang

3.Jakarta: 151 km -> Cipularang: 19.6 km -> Leuwi Gajah: 16.9 km -> Soreang: 14.2 km -> Ciwidey: 14.2 km -> Patengan / Patenggang

Rute Jalan Dari Jakarta ke Situ Patenggang Dengan Kendaraan Umum

Transportasi umum yang bisa anda pergunakan untuk berlibur ke patenggang adalah naik Bus atau juga transportasi dari Tour Travel Bandung, dengan berhenti di terminal leuwi panjang.

Dari terminal leuwi panjang kemudian silahkan anda lanjutkan menuju ke tempat wisata Situ Patenggang dengan menggunakan mini bus jurusan Leuwi Panjang – Ciwidey.

Nah dari terminal Ciwidey, ada angkutan pedesaan dengan jalur menuju objek wisata Patenggang, dengan rincian jarak tempuh sebagai berikut :

Jakarta – (164 KM) – Leuwi Panjang – (164 KM) Ciwidey – (14.2 KM) – Patenggang/Patengan

Rute Jalan Dari Kota Bandung Ke Situ Patenggang

1. Buah Batu – Situ Patenggang

Dari pintu tol Buah Batu, silahkan arahkan kendaraan anda menuju arah Bojong Soang, kemudian Banjaran, selanjutnya Soreang dan Ciwidey, dan seterusnya Patenggang.

Alternatif lainnya, keluar Buah Batu anda arahkan menuju Kopo, selanjutnya menuju Soreang, terus menuju Ciwidey dan Situ Patengan.

2. Majalaya – Patenggang

Jika anda dari arah Majalaya, anda bisa mengambil rute jalan kemuju ke Ciparay, kemudian anda lanjutkan menuju Soreang, seterusnya Ciwidey dan Situ Patengan.

Catatan :

Untuk lebih memudahkan mengakses lokasi wisata Situ Patengan di Ciwidey, Kabupaten Bandung selatan ini,

ada baiknya juga jika anda menggunakan sebuah program aplikasi penunjuk jalan Waze yang bisa anda download di Google Play Store,

yang akan membantu dan menuntun anda menuju ke sana dengan lebih mudah

Tempat Wisata di Sekitar Situ Patenggang Rancabali – Ciwidey Bandung

Palalangon Park Ciwidey Bandung

Source Via IG biie_vebry

Berbicara tempat wisata di Ciwidey dan sekitarnya, maka sudah bisa dipastikan bawah kawasan ini memiliki pesona wisata yang beragam dengan segala akomodasinya yang dikelola sangat baik.

Jika anda berwisata ke Situ Patenggang, maka anda pun dapat dengan mudah mengakses banyak tempat wisata menarik lainnya yang ada di seputar Ciwidey,

mulai dari Kawah Putih, Palalangon Park, Bukit Jamur Ciwidey, hingga Pemandian Air Panas di Bandung Selatan seperti Pemandian Air Panas Cimanggu dan Ciwalini Hot Spring,

Lalu ada Bumi Perkemahan Ranca Upas dengan Kampung Cai nya, KTO Sari Alam, Barusen Hills hingga Taman Kelinci Ciwidey. dan Punceling Pass.

Jika anda menuju arah pulang ke jakarta atau mwelanjutkan perjalanan wisata di dalam kota Bandung,

anda pun sepanjang perjalanan bisa singgah berbelanja ke Wisata Belanja di Gang Nata Kopo Sayati, Kampung Boneka Sayati dan Pusat perbelanjaan Miko Mall Bandung.

Tidak hanya itu, bagi anda yang berminat menikmati sajian wisata kuliner di Bandung selatan, maka anda pun bisa singgah di Kampung Sawah di jalan Banjaran Soreang,

Rumah Makan Cilampeni, Kopo Square dan Cafe di Bandung yang ada di Taman Kopo, Teppanraw Bandung.

Bagaimana sahabat traveler’s, banyak sekali bukan ragam tempat wisata yang ada di Bandung selatan yang bisa anda kunjungi ?

Penginapan Di Situ Patenggang dan Sekitarnya

Sahabat traveler’s, bagi anda yang berencana berlibur sekaligus memilih menginap atau bermalam selama liburan ke Ciwidey,

di kawasan ini pun tersedia banyak akomodasi Penginapan Murah di Ciwidey yang refresentatif untuk anda tinggali.

Sebut saja anda bisa menginap di Ciwidey Valley Resort, Patuha Resort, EmTe Highland Resort Ciwidey, Green Hill Park Ciwidey,

kemudian ada juga Kampung Pago Ciwidey, Saung Gawir Ciwidey , D’Riam Riverside Resort Ciwidey dan masih banyak yang lainnya.

Tips Wisata ke Situ Patenggang

Sahabat traveler’s, seperti biasa sebelum kang dian menutup tulisan seputar objek wisata patengan ini,

ada baiknya saya juga akan berikan anda seputar  Tips Wisata Ke Bandung yang Murah dan mudah di bawah ini.

Bagi sahabat traveler’s yang mau menikmati liburan berkualitas,

dimana anda bisa memaksimalkan waktu liburan dengan mengunjungi sejumlah tempat pilihan dan terbaik di ciwidey dengan cara mudah dan murah,

maka saya rekomendasikan anda menggunakan jasa perjalanan wisata dari Tour Travel Bandung atau sewa Tour Guide Bandung dari Mawa Holiday Tour & Travel,

Silahkan anda datang ke alamat atau bisa menghubungi alamat dan nomer kontak mereka,

dan anda bisa memilih tempat lokasi wisata favorit anda dengan menyesuaikan budget wisatanya kepada mereka.

Paket Wisata Situ Patenggang – Kawah Putih – Ranca Upas – Ciwidey Bandung Murah

Beberapa Paket Wisata Bandung pilihan dan yang paling populer yang bisa anda nikmati adalah Paket Wisata Bandung 2 Hari 1 Malam ,

atau yang lebih banyak waktu libur anda bisa memilih Paket Wisata Bandung 3 Hari 2 Malam. Paket Wisata Bandung 4 Hari 3 Malam,

Bahkan Paket Wisata Bandung 1 Hari, kemudian Paket Wisata Bandung Untuk 2 Orang hingga Paket Bulan Madu Bandung juga ada.

Namun jika anda berencana liburan dengan cara rombongan seperti dari perusahaan, instansi atau sekolahan,

saya rekomendasikan anda untuk memilih program Paket Outbound Bandung. atau pilih Paket Family Gathering Bandung dan Paket Wisata Lembang.

FAQ

Sahabat traveler’s, berikut adalah beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan calon wisatawan ke situ patenggang di google review.

Q : Jika datang secara rombongan naik bus pariwisata, apakah tiket masuknya dihitung per bis ?
A : Tetap, tiket masuk situ patenggang dihitung per orang atau per kepala.

Q : Apakah situ patenggang bisa dijadikan tempat camping ?
A : Bisa di tepi danau, namun pastikan minta izin terlebih dahulu sama petugas, atau anda bisa menginap di Glamorous Camping Lakeside biar lebih aman dan nyamannya.

Q : Apakah situ patenggang ditutup karena erupsi gunung tangkuban perahu ?
A : Tetap buka, karena letak situ patenggang jauh dari lokasi tangkuban perahu di daerah lembang ( bandung barat ), sementara danau patenggang di daerah ciwidey ( bandung selatan ).

Q : Apakah ke lokasi bisa masuk bus dengan penumpang 59 ?
A : Bisa.

Q : Apakah di situ patenggang ada kolam renang ?
A : Tidak ada, yang terdekat ada di Kawah Rengganis, Pemandian Air Panas Ciwalini dan Ranca Upas.

Nah sahabat traveler’s, demikianlah ulasan seputar Sejarah Batu Cinta, Fasilitas Penginapan dan Glamping, Alamat dan Lokasi serta Harga Tiket Masuk Situ Patenggang.

Situ Patenggang
tempat wisata di bandung yang murah situ patenggang

Place Name: Situ Patenggang

Place Description: Tempat Wisata Alam di kawasan Wisata Ciwidey, Kabupaten Bandung Selatan

More...

  • Situ Patenggang
  • Fasilitas Wisata
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses Jalan

Ringkasan

Nama : Situ Patenggang
Alamat : Jl.Raya Ciwidey - Rancabali, Ds Patengan
Nomer Telepon : -
Jam Buka : Senin - Minggu,08.00-20.00 WIB
Harga Tiket Masuk : Mulai Rp.18.000/orang
Fasilitas : Cafe & Resto, Penginapan dll

5.0
User Rating 3.88 (8 votes)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)