Caringin Tilu – Alamat Dapur/Penginapan Cartil & Harga Tiket Masuk

Caringin Tilu – Sedang mencari Tempat Wisata Alam di Bandung yang indah dan menarik dikunjungi ? jika iya, inilah informasi Mitos, Alamat, Peta Lokasi, Fasilitas Penginapan & Kuliner Dapur Cartil serta Harga Tiket Masuk Caringin Tilu Bandung.

Hi sobat traveler’s, jumpa lagi dengan Kang Dian, penulis blog informasi Wisata Bandung, yang kali ini akan me-review salah satu Tempat Wisata Alam di Bandung Timur yang terkenal, Caringin Tilu.

Informasi Cartil Bandung ini kang dian sajikan untuk melengkapi daftar informasi tempat – tempat wisata alam di bandung yang eksotis dan romantis sebelumnya,

seperti Orchid Forest Lembang, Kawah Putih Ciwidey, Punclut Bandung, Gunung Tangkuban Perahu, The Lodge Maribaya , Dago Dream Park dan masih banyak yang lainnya.

Nah lalu seperti apakah daya tarik wisata Kuliner di Dapur Caringin Tilu dan adakah fasilitas wisata Penginapan di Caringin Tilu Bandung yang murah dan bagus serta aman untuk ditinggali ?

Selanjutnya dimanakah Alamat Caringin Tilu itu, dan berapakah Harga Tiket Masuk Caringin Tilu di Bandung terbaru saat ini yang harus kita siapakan jika mau ke sana ?

Baiklah untuk menjawab semua pertanyaan di atas, seperti biasa kang dian mau ajak sobat sekalian mengetahui informasinya di bawah ini.

Baca Juga : Bukit Teropong Indah Lembang – Info Harga Tiket Masuk & Fasilitas Wisata

Caringin Tilu Bandung

Caringin Tilu Bandung

Source Via IG letsgobandung

Sahabat traveler’s, selain Tempat Wisata Baru di Bandung yang terus bermunculan, eksotisme wisata alam khas dataran tinggi di bandung masih merupakan favorit banyak wisatawan,

Selama ini memang benar jika kawasan wisata alam di sejumlah Tempat Wisata di Lembang, Maribaya, Jayagiri, lalu Tempat Wisata di Ciwidey dan Pangalengan masih merupakan yang terpopuler,

namun demikian, tahukah anda bahwa kawasan wisata alam di bandung timur juga tidak kalah bagus dan cantik dengan tempat – tempat wisata alam di wilayah bandung lainnya,

dan salah satu lokasinya yaitu berada di Caringin Tilu atau warga bandung lebih populer menyebutnya dengan nama Cartil Bandung.

Tempat Wisata Di Bandung yang satu ini adalah sebuah kawasan di Bandung Timur, Cartil adalah sebutan lain untuk daerah yang menyimpan sejuta pesona dari potensi wisata alam yang terdapat di Bandung .

Caringin Tilu adalah salah satu alternatif terbaik tujuan berwisata anda dan keluarga yang senang dengan suasana alam pegunungan yang khas yaitu eksotis ( Indah pemandanganya, Dingin udaranya dan romantis suasananya )

Daya Tarik Wisata Caringin Tilu

Lazimnya Tempat wisata alam pegunungan yang ada di Bandung yang populer lebih dulu seperti Bukit Bintang Bandung , Dusun Bambu Lembang ,

lalu Hutan Pinus Rahong Pangalengan, Pal 16Bukit Moko, Cukul Pangalengan, Puncak Eurad , Curug MalelaBukit Gantole dan yang lainnya,

Cartil pun memiliki daya tarik serta pesona tersendiri akan keindahan wisata alamnya dengan terbentangnya pegunungan yang tampak menghampar,

dan terhubung antara yang satu dengan yang lainnya, serta berundak undak.

Sehingga bagi para penyuka ketenangan di alam terbuka pegunungan, Caringin tilu bisa dijadikan tempat liburan anda bersama keluarga atau pasangan juga teman,

sebagai tempat untuk refreshing dan rileksasi dari berbagai persoalan hidup dan rutinitas kerja sehari-hari.

Keindahan kota Bandung memang adalah nilai jual wisata yang ditawartkan Caringin Tilu bagi siapa pun yang berkunjung ke tempat ini.

Pelancong atau wisatawan bisa melihat dengan jelas begitu cantik dan indah pemandangan Kota Bandung jika dilihat tempat ini.

Terlebih jika anda mengunjungi tempat ini pada saat malam hari, maka eksotisme alam berupa kerlap-kerlip gemerlapnya lampu di kejauhan,

yang menjadi sarana penerangan kota Bandung akan terlihat bak seperti zamrud yang bercahaya di tengah gelapnya cekungan Paris Van Java.

Menurut Blog Tempat Wisata Di Bandung, Caringin Tilu menjadi salah satu rekomendasi lokasi terbaik bagi anda guna menikmati wisata alam penggunungan di dataran tinggi Bandung yaitu pegunungan Manglayang.

Dari lokasi ini pula, cakrawala dari ujung timur hingga ke barat wilayah Cekungan Bandung yang dikelilingi oleh pegunungan yang begitu kokoh dan megahnya, terlihat sangat jelas.

Caringin Tilu – Pegunungan Manglayang

Secara geografis lokasi wisata Cartil – Caringin Tilu berada di dataran tinggi pegunungan Manglayang,

dan termasuk dalam kawasan Kabupaten Bandung timur.tepatnya berada di di Kampung Cisayur, desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Bandung Timur.

Lokasinya berjarak sekitar 5 km dari objek wisata di Bandung yang mendunia yakni Saung Angklung Udjo – Padasuka.

Caringin Tilu yang berlokasi di pegunungan Manglayang, selain dikenal sebagai objek wisata alamnya yang indah,

namun sesuai dengan nama kampungnya yaitu Cisayur ( Sayuran -Bhs Indonesia ), Cartil adalah salah satu penghasil sekaligus pemasok aneka sayur mayur untuk kota Bandung dan sekitarnya.

Hamparan kebun sayur di sepanjang jalan yang berada di sekitar ketinggian pegunungan Manglayang ini,seolah menjadi bukti bahwa kawasan ini sangat subur dan cocok sebagai sentral sayuran Bandung.

Sejarah, Asal Usul & Mitos Caringin Tilu

Cartil Caringin Tilu sepertinya kini sudah menjadi idola baru pariwisata Bandung.

Tak salah memang apabila masyarakat Bandung dan juga wisatawan luar daerah yang sengaja berkunjung ke lokasi wisata ini,

adalah selain ingin mencari suasana yang benar-benar baru dan jauh dari hiruk pikuk kota yang padat dan macet,

juga masih sebagai daerah yang udaranya masih fresh, serta tempat yang tenang yang akan memberikan kedamaian hati bagi yang menikmatinya.

Tapi dibalik keindahan pesona alamnya, tahukah andaseperti apa sejarah Cartil itu ? dan kenapa tempat wisata alam di Bandung ini dinamakan Cartil ?

Baiklah,kita akan temukan jawabannya saat ini juga.

Caringin Tilu atau biasa dipanggil Cartil bagi warga masyarakat sekitar, apabila diartikan ke dalam bahasa indonesia berarti “Beringin Tiga” atau lebih jelasnya berarti “Pohon Beringin berjumlah tiga”.

Nama itu bukan tanpa alasan atau sebab,karena nama cartil sendiri memang ada karena adanya ketiga pohon beringin itu.

Konon menurut cerita turun temurun dari warga sekitar, kenapa nama Cartil atau caringin tilu ini begitu fenomenal,

adalah karena menurut cerita masyarakat tersebut,caringin atau pohon beringin yang berjumlah 3 tersebut yang menanamnya adalah presdien pertama RI yaitu Ir.Soekarno di waktu zaman kemerdekaan dahulu.

Sehingga tempat itu dirasakan spesial meski sedikit ada rasa atau bau mistis bagi warga sekitar.

Cerita mistisnya seperti apa ? silahkan anda sendiri berkunjung langsung ke sana dan bisa menanyakan kepada warga sekitar Caringin tilu.

Faliltas Wisata Di Caringin Tilu Bandung

Caringin Tilu memang sudah dari zaman dulu menjadi sebuah lokasi tempat wisata di daerah bandung timur,

meskipun baru dikenal dan sebatas warga sekitar yang bermain atau bercengkrama menikmati alam sekitar dengan ke tempat itu.

Namun secara pelan dan pasti karena tuntunan zaman serta ketersediaan tempat wisata alam yang semakin sempit karena perkembangan kota bandung,

maka telah membuka mata siapa pun,ternyata keberadaan Caringin tilu menyimpan sejuta pesoana serta eksotisme sebagai salah satu wisata alam primadona Bandung.

Bahkan salah satu legenda musisi asli sunda asal Bandung, yaitu Darso, pernah mangabadikan akan keindahan serta eksotis dan romantisnya Caringin Tilu,

dalam balutan nada serta alunan musik sunda yang sangat indah sekali itu dengan judul sama dengan nama lokasi wisata ini yaitu Caringin Tilu,

dan anda bila penasaran bisa mendengar dan melihatnya di Youtube di sini.

Kini Cartil bukanlah caringin tilu yang dulu, meskipun masih menyimpan misteri, namun sekarang menjadi lokasi wisata favorit para wisatawan,terutama kawula muda dan yang lainnya.

Dapur Caringin Tilu

Dapur Caringin Tilu Bandung

Cartil yang beberapa puluh tahun yang lalu sepi dan, kini dengan semakin ramai pengunjung yang datang ke sana serta mulai berdirinya warung – warung makan di sana,

dan salah satu Tempat Wisata Kuliner di Bandung Timur yang lokasinya dekat Cartil adalah rumah makan Dapur Caringin Tilu.

Secara umum tempat makan di cartil menawarkan menu kuliner tradisional yang biasanya kita temukan di Rumah Makan Sunda di Bandung.

Penginapan di Caringin Tilu Bandung

Sahabat traveler’s, pilihan menginap yang asyik tidak hanya sebatas bisa anda dapatkan di sejumlah Hotel Murah di Bandung seperti Hotel Murah di Lembang saja,

kini telah banyak juga sejumlah Hotel Murah di Caringin Tilu yang rekomended untuk anda jadikan sebagai tempat bermalam saat menikmati liburan di Kota Kembang,

Bukit Saung Bambu

Nah salah satu tempat penginapan murah di Caringin Tilu yang sangat rekomended dan menawarkan penginapan yang lokasinya di atas bukit adalah Bukit Saung Bambu.

Penginapan di Bandung berupa Cottage ini lokasinya berada di Bukit Caringin Tilu dan menawarkan penginapan dengan sensasi back to nature bagi para tamunya.

Bangunannya dibuat ramah lingkungan, dimana dibuat dengan menggunakan bahan material berbahan dasar bambu serta bagian atapnya terbuat dari tumpukan jerami.

Sementara bagian interiornya terasa menyatu dengan alam yang ada di sekililing, dan dalamnya terdapat ranjang yang empuk di tambah jendela yang berukuran besar.

Harga Sewa Cottage Bukit Saung Bambu Cartil Bandung

Nah anda tertarik menginap di sini ? jika iya, silahkan anda bisa membaca review selengkapnya plus informasi harga sewa dan pesan sekarang juga di sini >> Booking <<

Nah sahabat traveler’s,  demikianlah beberapa fasilitas wisata yang  bisa anda dapatkan saat pergi liburan mengunjungi cartil di bandung.

Alamat Caringin Tilu di Bandung

Sahabat traveler’s, alamat Caritil sendiri lokasinya berada di daerah Cimenyan, Kota Bandung, Jawa Barat 40197 [ Lihat Peta Lokasi ]

Peta & Rute Jalan Menuju ke Lokasi Caringin Tilu Bandung

Sahabat traveler’s, bagi anda yang tertarik datang berkunjung ke sini, berikut adalah peta lokasi google map cartil di bandung,

dan kang dian juga sekalian mau tunjukan seperti apa rute jalan menuju ke Cartil jika diakses dari terminal bus leuwi panjang.

Informasi ini semoga bisa membantu bagi anda yang hendak pergi ke sini dengan membawa kendaraan sendiri,

termasuk juga bagi anda yang menggunakan jasa Rental Mobil di Bandung Tanpa Supir atau menggunakan jasa Tempat Sewa Motor di Bandung.

Sementara bagi anda yang pergi secara rombongan ikut Paket Wisata Bandung serta Sewa Bus Pariwisata Bandung dari Mawa Holiday,

dimana anda akan mendapatkan Harga Sewa Bus Pariwisata Bandung Murah, maka anda tidak perlu repot untuk mencari tahu rute jalan menuju ke cartil.

Jam Buka Cartil Bandung

Sahabat traveler’s, waktun operasional di mana tempat ini ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya adalah mulai dari jam 11.00 siang hingga pukul 22.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Caringin Tilu Bandung

Sahabat traveler’s, bagi siapa pun anda yang mau mengunjungi tempat wisata di bandung timur ini, maka semua pengunjung tidak dipungut biaya tiket masuk alias gratis.

Sementara bagi anda yang membawa kendaran, jika anda anda titipkan di areal tempat parkir kendaraan, maka biayanya Rp.2.000 untuk motor, Rp.5.000 untuk mobil dan Rp.20.000 untuk Bus.

Catatan :

Harga di atas adalah estimasi besaran biaya parkir secara umum di sejulah tempat wisata yang ada di wilayah kota bandung dan sekitarnya.

Baca Juga : Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Bandung Terbaru

Nah sahabat traveler’s, demikianlah ulasan lengkap informasi Alamat, Peta Lokasi, Mitos serta Fasilitas Wisata Penginapan dan Kuliner Dapur Cartil plus Harga Tiket Masuk Caringin Tilu.

 

Caringin Tilu
Caringin Tilu Bandung

Place Name: Caringin Tilu

Place Description: Tempat Wisata Alam dan Kuliner di Bandung yang terkenal

More...

  • Caringin Tilu
  • Fasilitas
  • Akses

Ringkasan

Nama : Caringin Tilu
Lokasi : Bandung Timur
Jam Buka : 24 Jam

5.0

One Response

  1. Toko Aquatic 01/11/2018

Leave a Reply