37 Destinasi Wisata Pangalengan Bandung Terpopuler

Loading...

Wisata Pangalengan – Apakah sahabat sedang merencanakan liburan bersama keluarga dengan mengunjungi Tempat Wisata di Bandung selatan ? Jika iya, berikut adalah review daftar Tempat Wisata yang menarik dan bagus di Pangalengan Kabupaten Bandung yang bisa anda kunjungi.

Halo sahabat traveler’s, apa kabar ? jumpa lagi dengan saya kang dian, penulis blog informasi Wisata Bandung terlengkap dan Terbaru yang kali ini saya akan mengajak anda mengenal daftar tempat-tempat Wisata Pangalengan yang terkenal yang bisa anda singgahi.

Nah seperti apakah daya tarik wisata dari daerah Pangalengan Bandung selatan ini ? objek wisata di pangalengan yang manakah yang harus anda kunjungi, berapa harga tiket masuk wisatanya, dimana alamat, lokasi dan rute jalannya ? yuk kita simak saja di bawah ini.

Wisata Pangalengan

Wisata Pangalengan Kabupaten Bandung Selatan Jawa Barat

Sahabat traveler’s, bicara seputar Tempat Wisata yang Menarik di Bandung, maka seperti tidak akan pernah ada habis untuk mengupasnya, selalu menarik dan dari waktu ke waktu terus berkembang dan selalu ada Tempat Wisata di Bandung yang Baru.

Sahabat sekalian, saat ini Destinasi Pariwisata Bandung tidak hanya didominasi oleh kepopuleran  sejumlah Tempat Wisata di Lembang atau Tempat Wisata di Bandung Utara seperti Dago saja bagi wisatawan.

Namun lebih dari itu, saat ini perkembangan sejumlah destinasi Tempat Wisata di Bandung selatan ( atau kabupaten Bandung ) sangat begitu pesat dan mampu menjadi destinasi utama wisatawan yang sedang liburan ke bandung juga.

Berbicara seputar Tempat Wisata yang menarik dan terkenal di Bandung selatan, maka sudah pasti anda akan segera mengatakan bahwa sejumlah Tempat Wisata di Ciwidey adalah merupakan destinasi utama wisatanya.

Apakah benar demikian ? sudah pasti tidak sahabat sekalian !

Perlu anda ketahui, selain kawasan Wisata Ciwidey yang terkenal dengan Kawah Putih Ciwidey dan Ranca Upas nya, Bandung selatan juga mempunyai primadona wisata yang suatu saatnya nanti akan menjadi pesaing untuk tempat-tempat wisata yang terkenal di bandung lainya ke depan.

Salah satunya adalah Wisata Pangalengan yang saat sekarang sedang kita kupas bersama ini, yang siap menawarkan sejuta pesona belahan sisi lain wisata khas bumi parahyangan nan eksotis dan romantis.

Daya Tarik Wisata Pangalengan Bandung

Wisata Pangalengan Bandung Selatan

Sahabat traveler’s, jika anda bertanya, apa sih yang menjadikan alasan anda untuk wajib mengunjungi sebuah kawasan kecamatan bagian dari wilayah administratif Kabupaten bandung yang jaraknya sekitar 45 KM dari pusat kota bandung ini ?

Sahabat sekalian, bisa dikatakan selama beberapa tahun terakhir ini, Daerah pangalengan adalah merupakan basis kawasan pertanian dan peternakan unggulan yang tidak hanya untuk Pariwisata Bandung saja, namun juga Provinsi jawa barat.

Pangalengan saat ini selain menjadi sebuah daerah di jawa barat yang sangat populer sebagai produsen atau penghasil susu segar sapi perah terbaik di Bandung, juga terkenal sebagai bagian dari kawasan Wisata Alam Bandung yang terkenal masih alami dan sangat mempesona.

Nah, penasaran tempat-tempat wisata di pangalengan yang menawarkan eksotisme keindahan alam khas bandung selatan yang indah, masih alami dan terkenal dengan suhu udaranya yang sangat dingin di malam hari ini ?

Berikut kang dian akan berikan anda Daftar Tempat Terbaik dan Terpopuler Wisata Pangelengan di Kabupaten Bandung yang wajib anda ketahui sebelum anda memutuskan destinasi liburan anda, Ok !!

1.Situ Cileunca

Wisata Pangalengan Situ Cileunca Bandung

Sahabat traveler’s, destinasi Tempat Wisata Pangalengan Bandung yang wajib pertama kali anda kunjungi adalah objek wisata alam salah satu Danau di Bandung selatan, Situ Cileunca.

Situ Cileunca Pangalengan adalah merupakan sebuah kawasan danau bandung yang memiliki luas sekitar 1.400 hektar, yang populer dengan ikonnya ” Jembatan Cinta ” Situ Cileunca.

Areal Situ Cieunca awalnya merupakan kawasan hutan belantara, namun pada tahun 1918, oleh seorang meneer belanda, kawasan ini dirubah untuk dijadikan sebuah danau buatan.

Tujuan dari dibuatnya danau buatan Situ Cileunca inni adalah, selain sebagai sumber kebutuhan air bagi warga setempat dan bandung umumnya, jugaairnya digunakan sebagai sumber air untuk PLTA.

Daya tarik utama Wisata Pangalengan Situ Cileunca ini adalah Panorama pemandangan alamnya yang sangat indah, berhawa sejuk serta perbukitan dan perkebunan teh hijau yang mengelilinginya.

Tempat Wisata Situ Cileunca di Pangalengan saat ini sangat begitu populer menjadi destinasi favorit wisatawan asal luar kota Bandung seperti jakarta yang ingin menghabiskan waktu dengan refreshing bersama keluarga maupun teman.

Waktu liburan anda di sini semakin sempurna dan nyaman karena di lokasi Tempat Wisata di Pangelengan ini telah juga disediakan banyak fasilitas wisata untuk semua pengunjungnya.

Fasilitas wisata Situ Cileunca Pangalengan antara lain adalah terdapatnya Camping Ground atau menjadi salah satu tempat camping di bandung yang tidak kalah dengan yang ada di Dusun Bambu Lembang, Ciwangun Indah Camp, Pine Forest Camp, The Lodge Maribaya, D’Camp Cibodas, Grafika Cikole Lembang, Cantigi Camp dll.

Bahkan karena lokasi areal campingnya yang berada d tepian danau., maka sensasi bermalam di sini seperti serasa anda bermalam di Glamping Bandung seperti Trizara Resort Lembang, Legok Kondang Ciwidey  dan Glamping Lakeside Rancabali dekat Situ Patenggang.

Fasilitas wisata lainnya yang ada di Situ Cileunca adalah, bagi anda yang menyukai kegiatan wisata petualangan lewat program Paket Outbound Bandung, jangan lewatkan keseruan bermain Rafting, flying fox, paintball dll.

Dijamin deh, berkunjung ke sini keseruannya tidak kalah ketika anda mengunjungi Tempat Wisata Outbound di Bandung terkenal lainnya seperti di Bumi Kahyangan Adventure Park, Bale Bambu Adventure, Lembang Jungle Discovery  dll

Fasilitas lainnya di sini anda bisa bermain dayung atau naik perahu untuk berkeliling danau yang airnya sangat jernih, layaknya naik perahu di Floating Market Lembang maupun di Kampung Bamboo.

Kemudian fasilitas wisata yang tidak boleh anda lewatkan adalah mengunjungi Kebun Strawberry petik sendiri yang ada di sana, jadi sebelum pulang anda bisa membawa oleh-oleh khas bandung buah strawberry ke rumah masing-masing.

Keseruan bermain di sini akan semakin ringan bagi anda untuk menikmatinya karena Situ Cileunca adalah merupakan salah satu Tempat Wisata di Bandung selatan yang murah meriah berharga tiket masuk Rp.2.500/orang.

Nah mau tahu informasi selengkapnya destinasi Wisata Pangalengan ini, seperti alamat/peta lokasi, rute jalan menuju ke situ cileunca dan keseruan wisata lainnya, silahkan anda bisa buka di sini : Situ Cileunca Pangalengan

2.Pemandian Air Panas Cibolang

Pemandian Air Panas Alami Cibolang Pangalengan

Sahabat traveler’s, Objek Wisata Pangalengan di Kabupaten Bandung selanjutnya yang wajib anda kunjungi adalah salah satu alternatif Tempat Pemandian Air Panas di Bandung, Cibolang Hotspring Water.

Objek wisata pemandian air panas Cibolang ini beralamat di Desa Wayang Windu, Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung Jawa Barat.

Air Panas Cibolang tercatat merupakan obyek wisata air panas di bandung selatan yang telah berdiri sejak tahun 1980 an.

Daya tarik wisata dari Pemandian Air panas Cibolang yang sumber mata air panasnya dari Gunung Windu ini adalah selain manfaat zat belerangnya yang bagus buat kesehatan juga keindahan alam sekitar yang indah dan sejuk udaranya.

Bagi anda yang datang bertamasya ke lokasi Wisata Pangalengan ini, maka anda bisa menikmati sensasi berendam di kolam air panas alami dengan tingkat suhu yang bermacam-macam.

Di sini terdapat kolam air panas suhu 40 derajat celcius, Kolam Suhu 35 derajat celcius dan  Kolam dangkal Air Hangat Bak Rendam.

Fasilitas wisata yang akan membuat nyaman para pengunjung sehingga betah berlama-lama tinggal di sini juga telah disediakan mulai dari tempat makan, tempat ibadah mushola dan parkiran.

Tidak hanya itu, di Cibolang Hotspring Water Pangalengan ini pun tersedia kolam pancing yang cocok bagi anda penggemar kegaiatan memancing, dijamin tidak kalah seru dengan di Arena Pemancingan Bonita Saung Wargi Lembang.

Untuk Harga Tiket Masuk ke Pemandian Air Panas Cibolang sendiri sangat terjangkau yaitu tiket perseorangan Rp.10.000/orang dan tiket masuk bak rendam Rp.10.000/orang.

Pemandian Air Panas Cibolang ini memang sangat tepat dijadikan alternatif destinasi wisata keluarga, yang tidak kalah asyik dengan pemandian air panas di Cimanggu dan Ciwalini serta Kawah Rengganis di Ciwidey, kemudian Pemandian Air Panas Ciater dan Sari Ater Hotel And Resort. serta di Maribaya Natural Hot Spring Resort.

Tertarik ? silahkan baca dulu review lengkapnya objek wisata pemandian air panas Cibolang ini, mulai dari alamat/lokasi, jam buka, nomer telepon hingga rute jalannya di sini : Cibolang Pangalengan.

3.Situ Cisanti

Situ Cisanti Bandung

Sahabat traveler’s, melanjutkan lokasi Wisata Pangalengan selanjutnya, yaitu sebuah danau di bandung yang merupakan hulu dari sungai Citarum, yang populer dengan nama situ cisanti.

Situ Cisanti berlokasi masuk ke dalam wilayah administratif Desa Tarumaja, Kecamatan Kertasari Pangalengan , Kabupaten Bandung Jawa Barat.

Secara Geografis kawasan Situ Cisanti ini lokasinya dikelilingi oleh pegunungan, selain Gunung Wayang, juga dikelilingi Gunung Rakutak, Bukit Bedil, Gunung Kendang.

Daya tarik utama dari situ yang luasnya hampir sekitar 10 hektar ini eksotisme kawasan Tempat Wisata Alam di Bandung Selatan yang sangat eksotis dan berhawa sejuk.

Di sini anda bisa menikmati hamparan salah satu lokasi Kebun Teh di Bandung yang hijau di bawah pengelolaan PTPN VIII Pangalengan.

Selain itu daya tarik wisata lainnya adalah terdapatnya 7 sumber mata air alami yang ada di sini seperti mata air pangsiraman, Cikoleberes,Cikawedukan,Cikahuripan,Cisadane, Cihaniwung dan Cisanti.

Untuk memberikan kenyaman kepada wisatawan yang datang sehingga betah berlama-lama tinggal di sana, di areal Situ Cisanti ini telah berdiri kedai makan dan minum, areal parkir dan mushola.

Sementara untuk bisa menikmati sajian keindahan situ yang tidak kalah keindahannya dengan Situ Lembang , maka Harga Tiket Masuk ke Situ Cisanti adalah Rp.7.500/orangnya.

Jika anda tertarik mengunjungi salah satu Wisata Pangalengan ini, silahkan baca review selengkapnya informasi rute jalan, nomer telepon, jam buka, peta lokasi dan yang lainnya di sini : Situ Cisanti.

4.Situs Rumah Adat Cikondang

Kampung Adat Cikondang Pangalengan Bandung Selatan

Sahabat traveler’s, Destinasi Wisata Pangalengan di Kabupaten Bandung selanjutnya yang menarik dan wajib anda kunjungi adalah Benda Cagar Budaya Kampung Adat Cikondang.

Alamat Kampung Cikondang sendiri adalah secara dministratif masuk ke dalam wilayah Desa Lamajang, Kecamatan pangelengan, Kabupaten Bandung.

Situs Rumah Adat Cikondang saat ini menjadi destinasi buruan wisatawan yang suka dengan tempat-tempat wisata budaya dan sejarah di Bandung seperti halnya Saung Angklung Udjo, Situs Batu Kerajaan Kendan di Nagreg  dll.

Daya tarik utama wisata Situs Kampung Adat Cikondang ini adalah sejarh dan asal usulnya yang sangat menarik, dimana tempat ini dibangun mulai abad ke 19 ( 1800 M ) oleh uyut pameget dan uyut istri.

Masyarakat Kampung Cikondang ini mayoritas beragama islam, namun di dalam kehidupan kesehariannya warga tersebut masih memegang teguh kepercayaan dan keyakinan akan kehadiran roh-roh para luluhurnya.

Daya tarik wisata lainnya adalah ciri khas Kampung Adat Cikondang yang benar-benar sangat menjaga adat istiadat leluhurnya, mulai dari bumi adat, model bangunan (arsitektur), adanya kuncen, upacara adat, Hutan yang dikeramatkan serta masih adanya hal tabu dan pantangan.

Untuk manambah kenyamanan setiap pengunjung ke sana, jalan menuju desa ini sudah bagus, kemudian tersedia bangunan mesjid, serta fasilitas wisata lainnya.

Untuk bisa masuk dan menikmati sensasi dari Wisata Pangalengan yang menawarkan ciri khas budaya tradisional sunda ini, pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis.

Nah, seperti apa keseruan, keunikan Tempat Wisata di Desa Lamajang Pangalengan Kabupaten Bandung ini secara lengkap, silahkan anda bisa membaca Review nya di sini : Kampung Adat Cikondang.

5.Kebun Teh Malabar

Kebun Teh Di Bandung

Sahabat traveler’s, Wisata Pangalengan yang menarik lainnya yang sangat rekomended anda kunjungi saat liburan nanti adalah salah satu Kebun Teh di Bandung selatan, yaitu Malabar.

Alamat Kebun Teh Malabar ini adalah berada di sekitar Gunung Malabar, tepatnya di desa Mekarsari, Pacet Pangalengan Kabupaten Bandung.

Daya Tarik wisata utama Wisata di Pangalengan ini adalah eksotisme keindahan hamparan hijau kebun teh seluas 2.022 hektar seperti layaknya permadani atau zamrud khatulistiwa.

Sebagai bagian sisi keindahan khas bumi priangan, daya tarik Wisata Alam di Bandung selatan yang berada di ketinggian tempat 1.550 mdpl ini memang luar biasa.

Selain itu, daya tarik wisata lainnya, Kebun Teh Malabar ini juga merupakan salah satu lokasi Tempat Wisata Edukasi di Bandung serta sejarah dengan keberadaan pemilik lahan K.A.R Bosscha ( pendiri Observatorium Bosscha )

Hal menarik lainnya yang bisa anda nikmati ketika berkunjung ke sini adalah di areal perkebunan terdapat juga pabrik teh yang bisa anda kunjungi untuk melihat bagaimana proses pembuatan teh hingga jadi dan siap minum.

Tidak hanya itu, untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung yang datang, di kawasan Kebun Teh Malabar ini pun telah disediakan salah satu lokasi Tempat Penginapan di Bandung selatan yang Murah.

Ya, jika anda mau menghabiskan malam di tempat yang asri, hijau, bersuhu sangat dingin di malam hari, di sini tersedia tipe penginapan muali dari Guset House, Wisma serta Rumah Kayu tradisional.

Fasilitas untuk menunjang kegaiatan pengunjung di sini antara lain Trek Tea Walk, terdapatnya area permainan anak, dan terdapatnya Kolam Pemandian Air Panas Alami Tirta Camelia.

Harga Tiket Masuk ke kawasan Wisata Kebun Teh Malabar di Pangalengan Bandung selatan ini adalah gratis, kecuali jika anda mau masuk ke kolam renang dikenai tiket masuk.

Wisata Pangelangan Kebun Teh Malabar ini benar-benar merupakan salah satu tempat liburan, rekreasi dan rileksasi yang tepat bagi warga perkotaan yang ingin suasana pegunungan.

6.Curug Panganten

Wisata Pangalengan Curug Panganten

Sahabat traveler’s, destinasi Wisata Pangalengan yang sangat menarik menawarkan eksotisme Tempat Wisata Alam di Bandung selatan ini adalah Air terjun Panganten.

Daya tarik utama wisata curug panganten adalah keindahan curugnya yang berdampingan dan menyerupai sepasang pengantin yang duduk di pelaminan.

Lokasinya yang berada di balik rimbunnya pepohonan besar khas hutan tropis yang hijau, kemudian airnya yang jernih seperti air di Sendang Geulis Kahuripan, akan membuat anda kagun dengan curug di bandung ini.

Tempat ini sangat cocok bagi anda pecinta alam, dan menjadi laternatif wisata curug di bandung yang banyak sekali seperti Curug Cinulang, Curug Sawer Cililin, Curug Layung, Curug Bugbrug, Curug Cimahi, Curug Tilu, Curug Dago , Curug Malela dan Curug Bellarosa dll.

Untuk Harga Tiket Masuk Wisata Curug Panganten di Pangalengan Bandung ini adalah setiap pengujung dikenakan biaya Rp.5.000/orang.

Jika anda tertarik berkunjung ke sini, alamat curug panganten ini terletak di desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, tepat di areal kawasan Kebun Teh Kertamanah.

7.Sungai Palayangan

Wisata Pangalengan Rafting di Sungai Palayangan

 

Sahabat traveler’s, destinasi Wisata Pangalengan Bandung selanjutnya adalah tempat favorit bagi wisatawan yang sedang mengikuti program Paket Wisata Arung Jeram di Bandung.

Ya, inilah sungai Palayangan, sebuah Tempat Wisata Outbound di Bandung, terutama sebagai tempat atau lokasi wisata adventure Arung Jeram atau populer kegiatan Rafting.

Daya tarik kenapa Sungai Palayangan ini menjadi destinasi wisata rafting di Pangalengan adalah kerana air sungai ini debit airnya cukup stabil serta aman dan bisa diarungi sepanjang tahunnya.

Yang lainnya menjadikan Sungai Palayangan ini sebagai Tempat Rafting di Pangalengan Bandung selatan yang sangat menarik dan menantang adalah alur sungainya yang berkelok-kelok sepanjang 5 KM.

Popularitas Sungai Palayangan sebagai tempat Rafting ternyata sudah dikenal wisatawan luar bandung, sehingga jangan heran tempat ini akan ramai di saat libur akhir pekan apalagi musim liburan.

Kegiatan aktifitas rafting di Sungai Palayangan akan terasa nyaman karena di sekitar sungai ini banyak ditumbuhi pohon pinus layaknya di Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang Pal 16.

Pemandangannya sangat asri, berhawa sangat sejuk dan pastinya tidak akan kalah dengan tempat outbound  bandung lainnya seperti di Pandiga Edu Creation Sport, Villa Kancil Kampoeng Sunda Adventure, Little Farmers,  dan yang lainnya.

Jika tertarik menjajal trek arung jeram atau rafting di sungai Palayangan di kawasan Wisata Pangalengan ini anda cukup ikuti program Paket Rafting di sini, dengan Harga Paket Rafting di sungai Palayangan mulai Rp.200.000/ pax.

8.Gunung Malabar

Jalur Rute Pendakian Gunung Malabar

Sahabat traveler’s, destinasi Tempat Wisata Pangalengan selanjutnya yang menawarkan eksotisme alam khas pegunungan adalah Gunung Malabar.

Di Gunung Malabar anda bisa menikmati kawasan hutan dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montana, Hutan Ericaceous (Hutan Gunung)

Daya tarik wisata Gunung Malabar di Pangalengan yang memiliki puncak tertinggi sekitar 2.343 meter di atas permukaan air laut ini adalah eksotisme keindahan pegunungan Bandung.

Gunung Malabar adalah favorit destinasi wisatawan yang menyukai hobby mendaki pegunungan atau sekedar hiking dan trekking.

Gunung Malabar sangat populer di kalangan pecinta alam, karena gunung ini mempunyai 4 puncak yang berbeda, yaitu Gunung Wayang, Haruman, Gunung Batu serta Gunung Puntang.

Kegiatan wisata lainnya yang bisa anda nikmati di Gunung Malabar adalah tempat ini merupakan salah satu tempat wisata sejarah di bandung, dengan terdapatnya bekas stasiun radio yang digunakan pada masa kolonial belanda.

Dari sini wisatawan bisa menikmati sajian keindahan kota bandung dan sekitarnya, hingga jalur pegunungan di bandung yang terkenal seperti Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Burangrang, Gunung Artapela, Gunung Putri Lembang, Gunung Batu, Bukit Tunggul Cibodas pun terlihat jelas dari sini.

Fasilitas wisata yang tersedia di Gunung Malabar adalah terdapatnya area Camping Ground seperti haknya yang biasa anda lakukan di puncak Bukit Teletubies di Cicalengka.

Nah seperti apa keseruan, daya tarik selengkapnya gunung di pangalengan kabupaten bandung ini, silahkan saya sudah me-Reviewnya di sini : Gunung Malabar.

9.Gunung Nini

Gunung Nini Malabar Pangalengan Bandung

Sahabat traveler’s, destinasi Wisata Pangalengan selanjutnya yang wajib anda singgahi saat liburan ke Bandung adalah objek wisata alam khas pegunungan Gunung Nini.

Alamat Gunung Nini adalah berada di dalam kawasan Perkebunan Teh Malabar, tepatnya di desa Margaluyu, kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung Jawa Barat.

Daya tarik utama wisata di Gunung Nini adalah pesona keindahan alamnya berupa hamparan kebun teh malabar, kemudian kawasan ini pun sebagai lokasi trekking terbaik di bandung seasyik di Geo Culture Trek Lembang.

Yang tidak kalah seru dan asyik di Gunung Nini adalah, dari lokasi ini anda bisa menikmati pesona keindahan alam saat matahari terbit dan tenggelam ( Sunset & Sunrise ) seperti di Tebing Keraton.

Fasilitas wisata yang akan memberikan kenyamanan pengunjung untuk betah berlama-lama di sini pun sudah tersedia, mulai dari saung, tempat ibadah, hingga Camping Ground.

Tidak lupa juga untuk keperluan kenyamanan pengunjung yang mau bermalam di sini, di  Gunung Nini juga tersedia lokasi Penginapan di Bandung Selatan berupa Wisma Malabar dan Wisma Melati.

Sebelum anda pulang, anda pun bisa mampir ke Malabar Tea Corner untuk minuam teh yang enak atau sekedar membeli oleh-oleh khas bandung yang ada di sana.

Harga Tiket Masuk ke Gunung Nini sendiri saat ini adalah gratis, dan info selengkapnya seputar objek wisata di Malabar Pangalengan ini silahkan buka di sini : Gunung Nini.

Nah sahabat traveler’s, itulah beberapa daftar Tempat Favorit Wisata di pangalengan kabupaten Bandung yang bisa anda kunjungi bersama keluarga, teman atau bahkan berdua dengan pasangan.

Masih banyak Objek Wisata Pangalengan di Kabupaten Bandung yang akan kang dian di depan review juga untuk anda yang belum saya masukan daftar Tempat Wisata di Pangelangan di atas.

Seperti Objek wisata cagar budaya Imah Hideung, Goong Kromong, Makam K.A.R Bosscha, Batu Gantung, Makam Keramat Cikondang, Gua Belanda Di Gunung Tilu.

Selain itu, selain perkebunan teh di pangelangan yang terkenal selain Kebun Teh Malabar, masih ada juga Kebun Teh dan Kini Kertamanah, Kebun Teh dan Kina Purbasari, Kebun Teh Pasir Junghunh, Kebun Teh dan Kina Pasirmalang, Kebun Teh Cukul dan Kebun Penelitian Teh dan Kina Cibeureun serta Chinchona.

Sementara untuk Wisata Pangelengan yang menawarkan eksotisme danau, selain Situ Cileunca dan Cisanti, amasih ada juga Situ Panunjang, Situ Cicoledas, Situ Kanceuh, Situ Cukul.

Kemudian untuk wisata pemandian air panas di Pangelangan, masih ada selain Cibolang, yaitu Pemandian Air Panas Tirta Kamelia dan Pemandian Air Panas Tirta Bidadari.

Dan Objek wisata alam bersejarah Cagar Alam Gunung Tilu, Cagar alam Malabar, Gua Belanda di Gunung Tilu serta Situs Gunung Wayang.

Serta tidak ketinggalan Wisata Air Terjun di Pangalengan lainnya selain Curug Panganten, masih ada Curug Sanghiang, Curug Plengan, Curug Ciruntah, Curug Cikakapa, Curug Cisadawindu, Curug Patra, Curug Cihideung dan Curug Malabar.

Bagaimana sahabat traveler’s, sangat banyak sekali bukan alternatif Wisata Pangalengan di  Kabupaten Bandung ini bukan ?

Apakah anda tertarik untuk mengunjungi salah satu Tempat Wisata di Pangalengan di atas ? atau sekaligus mengeksplorasi Tempat-tempat Wisata di Kota Bandung dan Sekitarnya sekalian ?

Jika jawabannya demikian, maka Kang dian punya sedikit Tips Wisata Murah ke Bandung yang Tepat bagi anda terutama para backpacker atau liburan dengan kelompok kecil seperti keluarga.

Tips nya adalah saya rekomendasikan segera datangi dan hubungi sejumlah Tour Travel Bandung yang saat ini tengah gencar promosikan Paket Wisata Bandung yang Murah meriah.

Dengan mengikuti program Paket Tour Bandung ini, maka saya pastikan bahwa budget wisata anda yang masih sedikit bukan jadi alasan anda menunda lagi rencana liburan anda ke bandung.

Rekomendasi saya, anda bisa menggunakan Paket Wisata Bandung 2 Hari 1 Malam, namun jika waktu liburan anda lebih lama, karena Harga Paket Wisata Bandung 3 Hari 2 Malam juga sekarang murah, silahkan anda bisa ambil paket ini.

Jika anda masih bingung mencari detinasi Wisata Pangalengan dan Tempat-tempat wisata di Kota Bandung dan sekitarnya untuk liburan anda, serta memerlukan informasi Harga Paket Tour Bandung yang Murah Meriah namun dengan layanan berkualitas, silkahkan hubungi kang Dian di Whatsapp 0852-1886-1522 atau Email : dianmardianajob@gmail.com

Nah sahabat traveler’s saya cukupkan saja informasi seputar tempat wisata yang menarik di Bandung selatan yang wajib anda ketahui dan kunjungi, yaitu di bahasan Daftar 37 Rekomendasi Wisata Pangalengan.

Pangalengan
Wisata Pangalengan Bandung Selatan

Place Name: Pangalengan

Place Description: Tempat Wisata di Pangalengan Kabupaten Bandung Selatan

More...

  • Wisata Pangalengan
  • Fasilitas/Akomodasi
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses

Ringkasan

Nama : Pangalengan
Alamat : Kabupaten Bandung
Luas : 27.294,77 ha
Wisata : Danau/Situ,Hotspring Water dll

4.8
User Rating 5 (1 vote)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
Loading...