Curug Sawer Cililin – Info Harga Tiket masuk,Misteri & Asal Usul

Loading...

Curug Sawer Cililin – Apakah anda seorang pecinta alam yang sedang mencari Tempat Wisata di Bandung yang menawarkan eksotisme Air terjun ? jika iya, kunjungilah objek wisata Curug Sawer di Cililin.

Halo sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan saya Kang Dian, penulis blog informasi Wisata Bandung dan sekitarnya, yang tidak akan pernah bosan berikan anda informasi penting Pariwisata Bandung, yang kali ini akan berikan anda info seputar Curug Sawer Cililin Bandung.

Nah seperti apakah daya tarik Tempat Wisata Air Terjun di Bandung yang indah dan unik ini dan terkenal dengan asal usul serta Misterinya ini ? berapa Harga Tiket Masuk Curug Sawer ini ? apa saja fasilitas wisata yang tersedia, dimana alamat, rute jalan dan info lainnya ?

Yuk, di bawah ini kang dian akan sajikan lengkap informasi Objek Wisata di Cililin Kabupaten Bandung Barat ini khusus bagi anda penikmat blog tempatwisatadibandung.info.

Curug Sawer Cililin Bandung

Curug Sawer Cililin Kabupaten Bandung Barat

Sahabat traveler’s, berbicara seputar Tempat Wisata yang Menarik di Bandung, pastilah kita akan bicara banyak hal. Bukan hanya seputar Wisata belanja, kuliner atau hiburan, namun lebih dari itu adalah menikmati sisi Eksotisme Tempat Wisata Alam di Bandung.

Nah, diantara objek wisata Alam di Bandung yang saat ini banyak diburu para pecinta alam di saat libur akhir pekan atau musim liburan adalah dengan mengunjungi sejumlah tempat wisata curug di bandung yang terkenal.

Salah satu dari Curug Bandung tersebut adalah Curug Sawer Cililin, sebuah lokasi tempat wisata alam di kecamatan Cililin, kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Indonesia.

Curug Sawer adalah satu dari objek wisata Curug yang ada di Bandung yang juga terkenal, yang eksotisme dan romantismenya tidak akan kalah dengan curug bandung lainnya seperti Curug Cimahi, Curug Bugbrug, Curug Cinulang, Curug Tilu Leuwi Opat, Curug Malela dll.

Nah, hal menarik apakah yang bisa anda dapatkan ketika mengunjungi tempat wisata Curug Sawer di daerah Cililin Bandung ini ? yuk kita lanjutkan saja kupasannya di bawah ini.

Asal Usul Nama Curug Sawer Cililin Bandung

Sahabat traveler’s, seperti pada umumya tempat wisata di indonesia, selalu hampir bisa dipastikan bahwa setiap nama yang melekat dengannya selalu mengandung asal usul nama atau sejarah penamaannya.

Sebut saja dengan Gunung Tangkuban Perahu, sebuah objek wisata primadona di Lembang Bandung yang populer dengan kisah atau Legenda Sangkuriang nya.

Nah tidak berbeda dengan Curug Sawer Cililin ini, dimana nama “Sawer” yang merupakan sebuah kata dalam bahasa sunda ini merupakan kata yang sangat identik dengan prosesi adat sunda pada acara pernikahan.

Kata sawer yang sekarang sangat populer di masyarakat indonesia dengan kata saweran atau nyaweran ini sendiri merupakan sebuah rangakaian upacara adat pemberian nasihat serta berbagi rezeki pasangan pengantin yang baru selesai akad nikah.

Teknik pelaksanaan Saweran ini adalah menggunakan Bokor yang biasanya di dalamnya berisi  uang recehan logam, beras, aneka permen dll, dan kemudian isinya dilemparkan ke tamu undangan atau sanak saudara sambil diiringi tembang.

Nah, lantas jika demikian kenapa Nama Curug ini disebut curug sawer ?

Dan ternyata alasannya adalah tiada ada semacam kepercayaan di dalam masyarakat sunda khususnya bahwa keberadaan Curug atau air terjun utu sendiri bisa mempererat hubungan kasih atau percintaan.

Konon pada zaman dahulu, air terjun adalah sebagai tempat yang digunakan para muda-mudi di zaman dahulu untuk bertemu atau memadu janji dan kasih sehidup semati.

Dan termasuk kepercayaan masyarakat sekitar akan keberadaan Curug ini, dimana barang siapa pasangan kekasih yang datang ke Curug Sawer Cililin Bandung ini, maka diyakini hubungan asmaranya akan langgeng hingga ke pernikahan.

Perlu anda ketahui juga bahwa keberadaan Curug dengan nama Sawer ini ternyata tidak hanya ada di daerah Cililin Bandung saja, nama Curug Sawer juga bisa anda jumpai di Sukabumi, Bogor, Cianjur, Kuningan hingga Majalengka.

Believe it or not ? semua kang dian kembalikan lagi kepada pembaca sekalian.

Daya Tarik Wisata Curug Sawer Cililin Bandung

Sahabat traveler’s, lokasinya yang tersembunyi menjadikan salah satu Tempat Wisata Alam di Bandung Barat yang indah ini belum banyak diketahui keberadaannya oleh orang-orang.

Padahal jika sudah mendatangi dan melihatnya dari dekat, dimana suasana kawasan curug sawer ini yang sangat asri, adem berhawa sejuk dijamin akan membuat siapa pun yang datang betah berlama-lama tinggal di sana.

Perlu anda ketahui, lokasi Curug Sawer ini cukup dekat dan mudah dikases dari pusat keramain Cililin, yang selama ini dikenal sebagai salah satu wilayah di kabupaten bandung barat penghasil Makanan Khas Sunda yang Terkenal yaitu Wajit.

Kawasan Curug Sawer yang memiliki luas area seluas tidak kurang 8 hektar yang berada di bawah pengelolaan KPH Perhutani Cililin sejak tahun 1970 ini merupakan lokasi yang berada pada ketinggian 1700 meter di atas permukaan air laut.

Merupakan sebuah kawasan di ketinggian, membuat tempat ini pun banyak ditumbuhi pepohonan besar dan rindang yang ternyata merupakan habitat asli satwa monyet liar yang banyak bisa anda lihat di sana, seperti halnya di Green Hill Park  di Ciwidey  atau di Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi.

Yang cukup menarik dari Curug Sawer Cililin Bandung ini adalah, bahwa curug ini cukup unik karena memiliki beberap air terjun yang bertingkat, sehingga sering menjadi spot menarik bagi pengunjung untuk bermain air atu berselfie ria.

Misteri & Mitos Curug Sawer Cililin Bandung

Sahabat traveler’s, ada sebuah misteri atau mitos dari masyarakat sekitar yang tinggal dekat curug yang meyakini bahwa, bagi setiap pengunjung yang datang dan mandi di air terjun ini, maka dia akan segera menikah dan awet muda.

Dengan keyakinan serta mitos ini yang berkembang, maka jangan heran sebagian pengunjung yang datang ke sini adalah kaum muda-mudi yang datang bersama pasangannya, terutama pada saat libur weekend dan hari libur lainnya.

Tempat wisata ini sangat indah dan bagus seperti tempat wisata di bandung yang instagramable yaitu Sendang Geulis Kahuripan.

Fasilitas Curug Sawer Cililin Bandung

Sahabat traveler’s, untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung, tempat wisata ini pun sudah dilengkapi beberapa fasilitas meski masih dalam kategori standar.

Di sana anda bisa menemukan saung-saung atau warung-warung makan dan minum, tempat parkir, toliet serta tempat beribadah.

Yang seru, tempat ini sangat ideal atau pas dijadikan lokasi bagi anda yang suka olahraga jogging, bersantai atau refreshing, hingga tempat yang bagus buat acara kumpul anggota keluarga sambil makan-makan.

Harga Tiket Masuk Curug Sawer Cililin Bandung

Sahabat traveler’s, untuk bisa menikmati salah satu Tempat Wisata di Bandung yang Murah meriah ini adalah anda cukup menyiapkan isi dompet sekitar Rp.2.500 saja untuk membayar Tiket Masuknya.

Jam Buka Curug Sawer Cililin Bandung

Waktu operasional tempat wisata alam di bandung barat ini adalah setiap hari, senin hingga minggu, mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Peta Lokasi Curug Sawer Cililin Bandung

Silahkan anda bisa melihatnya di sini

Rute Jalan Menuju Curug Sawer Cililin Bandung

Sahabat traveler’s, untuk mengakses lokasi tempat wisata Curug Sawer di Cililin ini, sahabat sekalian bisa menggunakan kendaraan pribadi dan juga transportasi umum, baik kendaraan roda dua seperti motor maupun empat seperti mobil.

Lokasinya yang bisa diakses hanya sekitar 1 jam dari arah kota Bandung membuat tempat ini sangat rekomended anda kunjungi sehabis jalan-jalan mengunjungi tempat wisata di Bandung lainnya.

Sebagai contoh, bagi anda wisatawan yang datang dari kota Jakarta, maka anda bisa keluar dari Pintu Tol Padalarang, anda bisa beriwisata dulu ke Stone Garden, Gua Pawon dulu sebelum melanjutkan ke arah Batujajar dan akhirnya Cililin.

Sementara bagi anda yang sehabis pulang berwisata mengunjungi sejumlah Tempat Wisata di Ciwidey Bandung Selatan seperti Situ Patenggang , Ranca Upas dan Kawah Putih Ciwidey atau Pangalengan, maka anda bisa mengambil rute jalan dari Soreang – Cipatik – Cililin.

Perlu anda catat, jarak lokasi Curug Sawer dengan jalan Raya Cililin ini tidaklah jauh, hanya sekitar 2.5 KM, dan asyiknya sepanjang jalan yang beraspal ini anda akan disuguhi pemandangan seperti Wisata Alam Hutan Pinus di Cikole Lembang Pal 16 dengan udara yang segar dan sejuk.

Tempat Wisata di Sekitar Curug Sawer Cililin Bandung Barat

Sahabat traveler’s, lokasi wisata air terjun ini pun ternyata cukup dekat dengan sejumlah tempat wisata di bandung lainnya, seperti Bukit Gantole Cililin serta tempat wisata di sekitar Cihampelas seperti Skywalk Cihampelas atau Cihampelas Walk.

Selain itu, anda juga bisa mengunjungi tempat wisata lainnya seperti Lembang Gunung Putri Cililin, serta wisata air terjun lainnya yaitu Curug Ciririp Cililin.

Tips Wisata ke Curug Sawer Cililin Bandung

Sahabat traveler’s, ada sedikit tips wisata bagi anda yang ingin menikmati liburan yang asik dan seru ke tempat wisata air terjun di bandung barat ini.

Bagi anda para penggemar berpetualang dengan roda dua, seperti touring motor trail, maka lokasi curug sawer ini sangat ideal sekali bagi anda yang suka dengan tantangan dan memacu adrenalin, karena pemandangan alamnya yang indah dan juga trek jalannya menajak dan berbatu.

Tips wisata lainnya, bagi anda yang tertarik bisa menikmati keindahan air terjun Curug Sawer atau wisata air terjun lainnya, atau bahkan Tempat-tempat wisata di Kota Bandung dan sekitarnya yang terkenal dengan cara mudah dan murah, maka segera datangi dan hubungi sejumlah Tour Travel Bandung.

Dapatkan segera penawaran Promo Paket Wisata Bandung Murah dari mereka, yang akan memangkas budget wisata anda seperti dengan memilih Paket Wisata Bandung 2 Hari 1 Malam atau Paket Wisata Bsndung 3 Hari 2 Malam.

Bagi anda yang mau berlibur ke Bandung dengan cara rombongan, tanpa ribet harus mencari tempat Sewa Bus Pariwisata Bandung lagi, maka saya rekomendasikan bagi anda untuk memilih program Paket Wisata Outbound Bandung.

Nah sahabat traveler’s, demikianlah tulisan informasi wisata air terjun ini dan selamat menikmati beragam Tempat Wisata di Bandung yang Menarik dan Terkenal, yang salah satunya bisa anda nikmati di Curug Sawer Cililin.

Curug Sawer
Curug Sawer Cililin Kabupaten Bandung Barat

Place Name: Curug Sawer

Place Description: Tempat Wisata Air Terjun di Cililin Kabupaten Bandung Barat

More...

  • Curug Sawer
  • Fasilitas
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses

Ringkasan

Nama : Curug Sawer
Alamat : Cililin, Kabupaten Bandung Barat
Nomer Telepon : -
Jam Buka : Senin-Minggu,08.00-17.00 WIB
Harga Tiket Masuk : Rp.2.500
Fasilitas : Warung,Mushola dll

4.5
User Rating 0 (0 votes)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
Loading...