Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang PAL 16

Loading...

Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang PAL 16 – Salah satu sisi Eksotisme Tempat Wisata di Bandung yang jadi buruan wisatawan adalah keindahan alamnya yang masih natural dan berhawa sejuk, dan Wisata Hutan Pinus adalah satu diantaranya.

Halo sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan saya Kang Dian, penulis blog informasi Wisata Bandung yang kali ini akan berikan anda info tentang salah satu lokasi Objek Wisata Alam di Bandung, yaitu PAL 16 Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang.

Informasi ini mudahan-mudahan bisa menambah referensi wisata anda untuk liburan di bandung, melengkapi informasi review Tempat Wisata Alam di Bandung Paling Eksotis yang pernah saya tulis sebelumnya seperti diantaranya :

  1. Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi
  2. Jayagiri
  3. Dago Pakar
  4. The Lodge Maribaya
  5. Bukit Moko
  6. Bukit Bintang
  7. Caringin Tilu
  8. Tebing Keraton
  9. Curug Malela
  10. Kampung Tulip

Nah, lalu apa saja daya tarik Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang pal 16 ini ? apa saja fasilitas wisata yang ada di sana ? berapa harga tiket masuk dan bagaimana rute jalan untuk mengaksesnya ? yuk kita simak saja di bawah ini.

Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang PAL 16

Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang PAL 16

Sahabat traveler’s, PAL 16 adalah merupakan sebuah Tempat Wisata di Bandung yang baru diresmikan atau dibuka untuk umum sekitar bulan Juli 2016 yang lalu di daerah Cikole Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Tempat wisata ini lokasinya bearada di jalur Tempat Wisata di Lembang yang sangat terkenal, yaitu berada di antara objek wisata Ciater Gunung Tangkuban PerahuCikole Jayagiri ResortPAL 16Terminal Wisata Grafika CikoleBandung Treetop AdventureMaribaya.

Tempatnya persis berada dipinggir jalan raya yang menghubungkan kota Bandung dan Kabupaten Subang, sangat strategis dan lokasinya sering menjadi tempat favorit sejumlah pengendaran bermotor untuk berhenti istirahat melepas lelah perjalanan.

PAL 16 Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang ini tempatnya sangat adem, teduh karena tepat berada di tengah-tengah kawasan Hutan Pinus yang pohonnya besar-besar yang tingginya menjulang ke angkasa dan usianya tampak sudah sangat tua.

Daya Tarik Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang PAL 16

Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang PAL 16

Sahabat traveler’s, loksi PAL 16 Cikole Lembang ini memang dari dulu sudah terkenal sebagai lokasi transit dan pemberhentian kendaraan wisatawan, terlebih sekarang sudah dibuka resmi menjadi sebuah Tempat Rekreasi di Bandung, pasti akan semakin populer dan ramai.

PAL 16 ini setiap harinya selalu ramai dengan pengunjung atau wisatawan, selain lokasinya yang berada di dekat kawasan wisata sekitar Tangkuban Perahu, kemudian berada di pinggir jalan raya Lembang – Ciater, juga pastinya karena memiliki daya tarik yang sayang jika dilewatkan.

Sahabat traveler’s, tempat Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang PAL 16, bisa dikatakan saat ini merupakan salah satu tempat wisata keluarga di bandung yang mengasyikan dan menjadi buruan wisawatan, baik dari yang sekedar mau istirahat atau sengaja menghabiskan waktu liburan mereka di sini.

Hal itu bisa anda lihat manakala, banyak wisatawan yang datang rombongan bareng keluarga dengan mobil maupun berkendarta motor, yang datang langsung menggelar tikar, selanjutnya mengeluarkan perbekalan makanan untuk dinikmati bersama di bawah rindangnya pohon-pohon hutan pinus sambil menikmati dinginnya udara di sini.

Fasilitas Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang PAL 16

Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang PAL 16

FOTO : Jaclyn Lifaay

Sahabat traveler’s, sebagai Tempat Wisata Baru di Bandung, tempat ini pun telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang akan memberikan kenyamanan buat semua pengunjungnya sehingga berah berlama-lama di sini.

Fasilitas menarik yang ada di sana adalah diantaranya sudah banyak dibangun saung-saung berupa Gazebo yang biasa dimanfaatkan untuk tempat berkumpul atau bercengkrama menikmati suasana sambil menikmati aneka cemilan.

Tidak ketinggalan, sejumlah tempat duduk yang terbuat dari kayu dan bambu pun disediakan pengelola untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung. Yang menarik ada lokasi tempat duduk yang tepat persis menghadap hutan pinus di depannya.

Fasilitas menarik lainnya yang akan menggoda anda untuk menikmatinya adalah terdapatnya fasilitas penyewaan ayunan yang terbuat dari tali elastis yang biasanya digunakan untuk panjat tebing, dengan harga sewa hanya Rp.10.000 sepuasnya, anda bisa selonjoran tiduran dengan alat itu.

Yang tak kalah menariknya lagi Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang Bandung ini juga ada penjual aneka souvenir yang mirip di Tangkuban Perahu, mulai seperti topi bulu imitasi hingga makanan dan minuman ringan.

Kekurangannya mungkin hanya belum adanya semacam tempat makan sekelas Cafe dan Resto di Bandung di sini yang bisa mengakomodir keperluan wisata kuliner pengunjung yang sengaja atau transit di sini, dan itu cukup beralasan karena tempat masih baru.

Harga Tiket Masuk Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang PAL 16

Bagi anda yang mau berkunjung ke sini, jangan khawatirkan dengan tarif masuk, karena inilah salah satu lokasi Tempat Wisata di Lembang Bandung yang murah meriah, karena dengan cukup membayar Tiket Masuk yang hanya Rp.5.000/orang, parkir motor Rp.2.000 dan Mobil Rp.5.000 serta sewa ayunan Rp.10.000 sepuasnya, anda kan puas diam di sana.

Alamat Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang PAL 16

Lokasi alamat tempat wisata baru ini adalah di daerah Cikole, tepatnya setelah Balai Penelitian Tanaman Sayur ( BPTS ) dan sebelum kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu jika dari arah kota bandung.

Nomer Telepon Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang PAL 16

Sebagai kawasan wisata baru dibangun, hingga tulisan ini sedang dibuat penulis belum mendapatkan informasi nomer kontak layanan konsumen atau pusat informasi objek wisata di lembang ini

Jam Buka Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang PAL 16

  • Buka setiap hari, Senin hingga Minggu, mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB

Peta Lokasi Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang PAL 16

  • Silahkan anda bisa melihatnya di sini

Rute Jalan Menuju ke Wisata Hutan Pinus Cikole PAL 16

Bagi anda wisatawan yang sehabis jalan-jalan dari sejumlah Tempat Wisata di Kota Bandung seperti Trans Studio Bandung, belanja di sejumlah factory Outlet di Dago atau FO di jalan Riau, berwisata di Floating Market, Dusun Bambu, Taman Begonia, anda tinggal arahkan saja kendaraan anda menuju Gunung tangkuban perahu, dan ikuti petunjuk alamat di atas.

Tips Wisata ke Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang PAL 16

Nah, bagi anda yang pada waktu liburan nanti mau menyempatkan singgah di tempat wisata ini, ada baiknya anda iktui petunjuk Tips Wisata ke Bandung berikut ini :

  • Bawa perlengkapan baju hangat, terutama bagi anda yang membawa anak-anak kecil apalagi bayi, pastikan kawasan ini hampir selalu dipastikan berkabut dengan udara yang cukup dingin
  • Belum tersedianya kedai makanan yang lengkap dan refresentatif, ada baiknya anda membawa perbekalan makanan dari rumah secukupnya, neski di sekitar sana ada Rumah makan khas Sunda di Bandung yang terkenal Sindang Reret Lembang.
  • Yang terkahir, bagi anda yang belum pernah berwisata ke bandung dan masih bingung, saya rekomendasikan gunakan jasa Tour Travel Bandung dan nikmati program promo Paket Wisata Ke Bandung Murah mereka.

Nah, sahabat traveler’s, demikianlah informasu seputar Tempat Wisata di Bandung yang sangat populer sebagai salah satu objek wisata alam hutan pinus yang indah, alami dan berhawa sejuk yaitu Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang PAL 16.

Wisata Hutan Pinus PAL 16
  • PAL 16

Info Wisata

Nama : PAL 16
Alamat : Cikole Lembang
No Tlp : -
Jam Buka : Senin-Minggu,08.00-18.00 WIB
Harga Tiket Masuk : Rp.5.000
Fasilitas : Gazebo,Ayunan dll
Instagram : PAL 16

5.0
User Rating 3.33 (3 votes)
Sending
Comments Rating 5 (1 review)
Loading...

One Response

  1. dian mardiana 26/10/2016

Leave a Reply

Sending