situ-lembang-bandung

Situ Lembang Bandung Sejarah & Harga Tiket 2022 + Cara Masuk

Diposting pada
Anggun Massage
5/5 - (4 votes)

Situ Lembang Bandung | Harga Tiket Masuk Rp 10.000 | Jam Buka 08.00 – 17.00 WIB : No Telp – | Alamat Karyawangi, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat | MAP Peta Lokasi

Apakah anda sedang mencari info Tempat Wisata di Lembang yang menawarkan eksotisme wisata situ atau danau di Bandung ?

jika iya, kunjungilah Tempat Wisata Alam di Bandung Barat Situ Lembang.

Situ Lembang adalah danau yang dikelilingi pegunungan dan terletak di ketinggian 1574 m dan memiliki luas sebesar 0,40 km2.

Danau di Lembang Bandung ini dibangun oleh Belanda pada abad ke-20, tepatnya pada tahun 1912.

Situ atau danau ini sendiri merupakan kaldera yang dihasilkan dari letusan Gunung Sunda 2-3 juta tahun yang lalu.

Situ Lembang Terletak di antara Gunung Burangrang, Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Sunda.

Di internet banyak yang keliru menyebut tempat ini dengan nama situ lembang sumedang, situ lembang rancabali, situ lembang cisarua dan situ lembang ciwidey.

dan yang benar adalah situ lembang kopassus, situ lembang tempat latihan kopassus yang berlamat di Karyawangi, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat .

Hi sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan Kang Dian, Penulis blog informasi Wisata Bandung, yang kali ini akan mengulas salah satu Tempat Wisata di Lembang terpopuler, Situ Lembang.

Informasi Situ Lembang Bandung ini kang dian sajikan untuk melengkapi daftar tempat wisata danau di Bandung sebelumnya yang sudah saya ulas seperti :

Nah lalu seperti apakah daya tarik wisata dan Misteri Situ Lembang yang banyak orang belum mengetahuinya, dan fasilitas wisata apa saja yang ada di sana ?

selanjutnya dimanakah Alamat Situ Lembang, kemudian Peta Lokasi Situ Lembang dan bagaimana Cara Masuk ke Situ Lembang atau Jalan Menuju ke Situ Lembang ?

dan berapakah Harga Tiket Masuk Situ Lembang Bandung ? yuk kita simak saja bersama ulasan lengkapnya yang akan kang dian sajikan di review situ lembang di bawah ini.

situ_lembang_dano
Source Gambar / Foto Danau Situ Lembang via pikiran-rakyat.com

Harga Tiket Masuk Situ Lembang Bandung 

TIKETBIAYA MASUK
Tiket MasukRp 10.000

Sahabat traveler, meskipun Situ Lembang Dano ini dibuka untuk umum, namun, pengunjung harus izin terlebih dahulu kepada pengelola untuk dapat masuk, dan harus meninggalkan KTP seperti ketika akan mendaki gunung.

Nah bagi anda yang berminat mengunjungi objek wisata alam di Cisarua ini, maka tiket masuk situ lembang bandung saat ini adalah Rp 10.000 / orang.

jika mau biaya tiket masuk situ lembang gratis, anda bisa memakai cara masuk ke situ lembang ini dengan cara hiking.

Cara Masuk ke Situ Lembang Bandung

Sahabat traveler, ada banyak yang bertanya ke kang dian, bagaimana sih cara masuk ke situ lembang ? karena informasi yang ada di internet sangat minim,

secara umum ada 2 cara masuk ke situ lembang ini sangat mudah dan bisa dibilang perlu sedikit keberuntungan,

Cara masuk ke Situ Lembang pertama, anda bisa masuk ke situ lembang dengan minta izin ke Kopassus di Batujajar dengan cara buat proposal atau dengan surat.

Cara masuk ke situ lembang kedua, dengan langsung menuju ke pos jaga dan minta izin untuk masuk ke dalam kawasan situ seperti hanya 1 atau 2 jam saja.

sementara untuk cara menikmati keindahan situ lembang sendiri ada 2, yang pertama dengan datang langsung ke situ dan yang kedua dengan melihat dari atas Gunung Burangrang.

Hanya Bisa Dikunjungi saat Mendapatkan Izin

situ-lembang-markas-pelatihan-kopassus

Situ Lembang hanya dapat dikunjungi jika wisatawan mendapatkan izin dari Pusdikpassus Batujajar, yang menjadi pengelola dari tempat ini.

Tempat ini termasuk kawasan yang dilindungi dan tidak boleh sembarang dikunjungi wisatawan, karena menjadi tempat latihan perang bagi Kopassus dan TNI.

Saat latihan berlangsung, tentu saja wisatawan tidak diperbolehkan masuk, karena akan sangat berbahaya bagi masyarakat umum.

terutama rawan akan tembakan dan ledakan bom atau ranjau yang digunakan saat latihan.
Dan setelah latihan berlangsung pun, tidak langsung dibuka untuk umum.

Pengelola akan memastikan tempat ini benar benar bersih dari ranjau yang dapat meledak sewaktu waktu.

Oleh karena itu, wisatawan tidak bisa datang tanpa izin.

Jadi, tempat ini tidak bisa bebas dikunjungi bukan karena kisah mistis yang ada di kawasan ini,

Melainkan lebih kepada keamanan tempat ini karena digunakan sebagai tempat latihan militer.

Jam Buka Situ Lembang Bandung

HARIOPERASIONAL
Setiap Hari08.00 -17.00 WIB

Wisata alam danau di Lembang ini dapat dinikmati dari pagi hingga sore hari.

Namun anda harus perhatikan jika mau mengunjungi tempat wisata di Lembang ini,

anda harus memilih waktu yang tepat untuk bisa masuk ke sini, dan tidak bersamaan dengan jadwal latihan khusus para TNI atau Kopassus.

Sejarah Situ Lembang Bandung

Situ Lembang Bandung

Sahabat traveler’s, sebagai Situ Lembang adalah sebuah danau buatan yang dibangun zaman kolonial Belanda pada awal abad ke-20,tepatnya di tahun 1912,

Situ Lembang Bandung selama ini dikenal sebagai sebuah danau nan indah serta menawan yang berada di kawasan Bandung Barat, tepatnya Lembang.

Sejarah Situ Lembang sendiri ternyata awalnya adalah merupakan sebuah kaldera atau cekungan yang dihasilkan dari letusan Gunung Sunda sekitar dua atau tiga juta tahun yang lalu.

Kawasan danau di lembang ini berada tepat diantara di kaki 2 pegunungan di bandung yang terkenal, yaitu Gunung Tangkuban Perahu yang legendaris serta Gunung Burangrang,

yang mana di bawahnya terdapat objek wisata yang terkenal sebagai kawasan wisata terpadu dengan keindahan wisata alamnya seperti Dusun Bambu Lembang,

Tempat Wisata Alam Di Bandung ini menjadi sangat spesial, karena selain letaknya berada di atas dataran tinggi yang berhawa sangat dingin yaitu 1.570 mdpl,

dan menawarkan keindahan alam khas lembang Bandung yang sangat luar biasa indahnya dan populer bagi setiap pengunjung atau wisatawan yang berkunjung ke sini.

Daya Tarik Wisata Situ Lembang Bandung

Detil Situ Lembang Bandung :

  • Lokasi di kecamatan Cisarua Lembang Bandung Barat
  • Letak diketinggian 1.567 meter dpl
  • Luas sekitar 68 hektar
  • Debit air 300 liter/detik
  • Curah Hujan 2.500 mm/tahun
  • Suhu Udara 15-25 derajat celsius
  • Potensi terdapat hutan tanaman pinus,hutan pegunungan,danau/telaga serta hutan alam

Sahabat traveler’s, ada banyak objek wisata alam Situ di Bandung yang menarik dan selama ini sangat terkenal sehingga banyak dikunjungi wisatawan,

sebut saja misalnya ada Situ Patenggang di kawasan Tempat Wisata di Ciwidey,

lalu ada Situ Cileunca yang ada di kawasan Tempat Wisata di Pangalengan dan satunya lagi adalah Situ Cisanti dan Situ Lembang.

Nah lalu seperti apa daya tarik wisata situ lembang di bandung barat ini ?

Keindahan Situ Lembang Yang Eksotis

Sahabat traveler, Danau seluas 68 hektar ini sangat cocok sekali dijadikan tempat untuk melepas penat.

Air danau situ Lembang ini begitu jernih, bahkan tampak pantulan dari pepohonan dan langit di atasnya.

Ketika matahari sedang bersinar cerah, tampak kilauannya terpantul di permukaan air.

Hewan hewan seperti angsa dan ikan ikan turut mempercantik perairan danau.

Pepohonan pinus banyak tumbuh di hutan sekitar danau, yang keindahannya tidak kalah dengan hutan pinus The Lodge Maribaya.

Meski pohon pinus ini sudah berusia tua, puluhan hingga ratusan tahun, namun tetap saja, pepohonan di sini tertata dengan rapi.

Kesan rimbun turut hadir, namun jauh dari kesan menyeramkan dan tak terawat.

Kesejukan Udara Situ Lembang

Ketinggian Situ Lembang yang berada di 1.567 meter di atas permukaan air laut serta letaknya berada diantara kaki Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Burangrang,

maka menjadikan kawasan ini memiliki udara yang begitu sejuk dan damai.

Pemandangan gunung pun tampak begitu jelas dari kawasan danau.

Jika pengunjung datang di pagi hari, masih dapat menyaksikan putihnya kabut di atas permukaan danau, yang memanjang hingga jauh seolah mencapai gunung.

Kesejukan tiada tara ketika berada di sini pagi hari, apalagi, embun masih berada di ujung rerumputan, yang membuatnya bergoyang dengan anggun.

Pemandangan Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Burangrang tampak mempesona, berdiri dengan gagahnya di kejauhan.

Meskipun matahari sedang bersinar terik, namun sinarnya tak serta merta membuat tempat ini panas. Justru hawa dingin menjadi hangat dan menyenangkan.

Situ Lembang sendiri memiliki sumber mata air yang berasal dari hulu sungai yang ada di kawasan Wisata Cimahi serta dari hulu cai Gunung Burangrang,

dan kawasan danau buatan ini juga ternyata selain sebagai salah satu penampungan air terbesar di Bandung, juga airnya dimanfaatkan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandung,

sebagai salah satu sumber bahan baku air bersih yang selama ini digunakan untuk mensuplai keperluan air bersih masyarakat Bandung dan sekitarnya.

Aktifitas Wisata di Situ Lembang

Situ Lembang Bandung

Sahabat traveler, meskipun objek wisata danau buatan di Lembang ini tidak menyediakan wahana permainan,

namun jika ingin menikmati tempat wisata air di Bandung ini, setiap pengunjung dapat membawa sendiri alat permainan.

Misalnya membawa kano atau perahu karet sendiri yang bisa dinaiki untuk berlayar mengelilingi danau yang indah ini.

Aktifitas wisata menarik lainnya adalah karena pemandangan di situ Lembang ini yang begitu memukau.

maka situ Lembang bisa menjadi rekomendasi tempat hunting foto di Bandung yang wajib anda kunjungi.

Berfoto dengan latar belakang perairan danau begitu indah serta background gunung yang berdiri gagah di belakang danau pasti eksotis sekali.

Lalu bagaimana nih untuk para pecinta alam yang suka berkemah ? apakah Situ Lembang bisa dijadikan Tempat Camping di Bandung ?

Meskipun indah, pengunjung dilarang untuk berkemah di sini, karena berbahaya jika menginjak ranjau aktif serta dikhawatirkan merusak alam di sini.

Nah sebagai gantinya, wisatawan dapat bersepeda santai di tepi danau atau berkemah di sekitar situ Lembang seperti Jungle Milk Lembang.

Misteri Situ Lembang Bandung

Situ Lembang Bandung
Situ Lembang Bandung

Kawasan Situ Lembang Bandung yang menurut sebagaian wisatawan yang pernah berkunjung ke sini memiliki kemiripan setting alam yang luar biasa yang tampak di film ” Lord Of The Ring ” yang populer itu,

karena kawasan hutannya benar-benar yang masih alami dan terjaga keindahannya serta memiliki  catatan kecil misteri yang tersimpan di dalamnya.

Sahabat traveler’s, kawasan danau situ Lembang Bandung yang selama ini bisa dikatakan “tertutup” dari kehidupan luar,

ternyata secara tidak langsung telah membuat banyak cerita mistis atau berbau horror yang berkembang serta beredar di kalangan masyarakat atau pecinta alam.

Meskipun hal ini terkadang tidak bisa diterima akal sehat, namun  beberapa kejadian aneh yang pernah dialami oleh sebagian pengunjung yang datang ke tempat ini,

akan membuat anda yakin bahwa tempat ini memang penuh misteri.

Namun, kali ini saya mencoba mengungkap alasan kenapa Situ Lembang Bandung terkenal begitu tertutup dan penuh misteri secara logis dan menggunakan akal sehat tentunya.

Selidik punya selidik, setelah penulis mencari tahu hal ikhwal misteri situ bandung ini dari berbagai sumber tulisan dari internet,

serta pengalaman orang yang penulis dengar langsung, ada beberapa alasan kenapa tempat ini termasuk salah satu kawasan “berbahaya” dan “terlarang” bagi orang luar, diantaranya adalah :

Situ Lembang Kopassus

Situ Lembang Bandung Kopassus
Source Image Via IG nikiwindia

Anda tahu Kopassus ? Ya, pasukan khusus kebanggan bangsa indonesia yang termasuk dalam 5 besar pasukan elite atau terbaik dari seluruh dunia ini,

ternyata menjadikan kawasan situ lembang bandung sebagai pusat latihan atau kawah candradimuka bagi para prajurit pilihan tentara nasional indonesia khususnya Kopassus.

Tempat ini adalah semacam areal berbagai latihan tempur dan simulasi strategi perang bagi para prajurit Kopassus,

sehingga bagi siapa pun yang melintasi atau berada di sekitar kawasan ini senantiasa akan mendengar suara dentuman bom yang sangat keras dan menggema,

serta desingan peluru setiap kali ada latihan perang di sana.

Dan karena faktor keamanan serta keselamatan pengunjung dan masyarakat sekitarlah sehingga tempat ini perlu “ditutup” sementara ketika saat latihan perang sedang dilakukan pada waktu-waktu tertentu.

Jadi salah apabila orang umum atau wisatawan beranggapan tak bisa masuk ke tempat ini apalagi karena takut cerita mistik.

Anda cukup meminta izin atau pemberitahuan dulu,maka anda pun bisa menikmati sensasi wisata di kawasan danau indah ini.

Cagar Alam dan Pusat Ekologi di Lembang Bandung

sebagai daerah resapan air yang dijadikan sebagai tempat penampungan air terbesar di Bandung serta dimanfaatkan sebagai sumber air bersih bagi masyarakat bandung dan sekitarnya,

maka tempat wisata di lembang ini harus selalu terjaga dari pihak atau orang yang sengaja atau tidak sengaja akan mengotori apalagi merusak alam lingkungan yang berada di kawasan wisata ini,

sehingga paraturan yang sangat ketat dan wajib dipatuhi bagi setiap pengunjung yang datang ke tempat ini,akan berdampak kepada kelestarian ekologi yang ada di dalam hutan kawasan wisata ini.

nah sahabat traveler’s, sangat menarik bukan ? apakah anda tertarik untuk datang berkunjung ke objek wisata di lembang bandung barat ini ?

Fasilitas Wisata Situ Lembang Bandung

Karena fungsi situ Lembang adalah untuk kegiatan militer, maka fasilitas di sini tidak akan sama seperti objek wisata di Bandung lainnya.

Bahkan, meskipun kawasannya terawat dan asri, namun minim fasilitas umum, sehingga bagi wisatawan harus mempersiapkan diri dan perbekalan ketika berkunjung ke sini.

Sebagai objek wisata alam yang masih alamai, menawarkan pesona alam yang indah dan udaranya sangat segar,

maka tidak heran jika saat ini banyak wisatawan, khususnya para pecinta wisata alam yang datang dan menghabiskan waktu liburannya di sana.

Di kawasan Situ Lembang telah dilengkapi dengan fasilitas seperti jalan setapak yang bagus, kemudian tempat parkir, papan informasi / petunuk lokasi serta areal / kawasan piknik

sementara aktifitas wisata yang banyak dilakukan oleh wisatawan yang datang ke situ lembang antara lain adalah,

melakukan kegiatan lintas alam, memancing ikan di danau situ lembang, berperahu, serta menikmati suasana rekreasi dan sebagai tempat latihan militer kopassus.

sementara untuk fasilitas penginapannya sendiri, ada sekitar 20 Hotel Murah di Bandung Mulai Harga dibawah 100 Ribu yang lokasinya dekat dengan Situ Lembang,

dan informasinya silahkan anda bisa baca di sini >> 25 Hotel Murah di Lembang dengan Kolam Renang <<

Alamat Situ Lembang Bandung

Sahabat traveler’s, Kawasan wisata danau di Bandung ini berada di Desa Kertawangi/Parongpong, Kecamatan Cisarua – Lembang Kabupaten Bandung Barat, Bandung, Jawa Barat

Lokasinya sangat strategis berada tidak jauh dengan tempat – tempat wisata di Lembang Kabupaten Bandung Barat yang sangat terkenal,

berjarak 17 KM dari objek wisata ala Eropa dan rumah hobbit Farmhouse Susu LembangTaman Begonia, D’ Ranch, Jendela Alam, Kampung Gajah, Curug Pelangi ,

lalu dekat dengan Taman Kupu – Kupu Cihanjuang, kemudian salah satu tempat Pemandian Air Panas di Bandung yaitu Pemandian Cipanas Nagrak Parongpong dll.

Rute Jalan Menuju ke Situ Lembang

Sahabat traveler, cukup mudah menemukan tempat wisata di Lembang Bandung Barat ini, terlebih lokasinya bisa diakses berbergai jenis kendaraan, baik motor, mobil atau bus.

Bagi anda yang bawa kendaraan sendiri, untuk panduan jalan menuju ke sini anda bisa gunakan google map atau aplikasi petunjuk jalan Waze.

Jika anda sedang menginap di Hotel dekat Bandara Husein Sastranegara, jarak tempuh berkendara ke sini sekitar 1 jam 12 menit ( 25 km ),

Jika anda sedang menginap di Hotel dekat Stasiun Bandung, jauh jarak ke situ lembang adalah 26 km ( 1 jam berkendara ),

Jika anda sedang tinggal di Penginapan dekat Terminal Leuwipanjang, waktu tempuh ke sini sekitar 29 km ( 1 jam lebih naik kendaraan )

Sementara itu, bagi anda yang mau berwisata ke situ lembang dengan naik transportasi umum, ada beberapa Trayek Angkot di Bandung dan Trayek Bus Damri di Bandung yang bisa anda pilih.

Ada sedikit tips, bagi anda para backpacker yang liburan ke Bandung tidak bawa kendaraan sendiri,

moda transportasi terbaik paling efisien dan murah adalah menggunakan jasa Rental Motor Bandung saja, karena tarif sewanya juga murah mulai 50 rb / hari

Penginapan Dekat Situ Lembang

Sahabat traveler, ada banyak jenis penginapan murah di Bandung Barat terdekat dari Situ Lembang.

Penginapan – penginapan ini mulai dari hotel murah di Lembang dengan view bagus, hingga hotel murah di Lembang dengan kolam renang.

Tidak hanya hotel, di sekitar situ lembang juga banyak Villa Murah di Lembang dengan Pemandangan indah hingga Villa di Lembang dengan Private Pool.

Bagi anda yang tertarik menginap di Resort Bandung terdekat juga ada, dan berikut adalah daftar rekomendasi penginapan murah di Lembang di bawah 200 ribu :

Baca Juga : 40 Hotel RedDoorz di Bandung dengan Kolam Renang

Tempat Wisata Terdekat

Sahabat traveler, bagi anda yang mau liburan ke Bandung dengan ikut Paket Wisata Lembang,

ada banyak tempat wisata di dekat Situ Lembang yang terkenal mulai dari tempat wisata alam, kuliner, belanja, budaya yang bisa dikunjungi bersama keluarga atau berdua dengan pasangan :

Baca Juga : 17 Tempat Wisata Baru di Bandung Yang sedang Hits

Nah sahabat traveler’s, apakah anda tertarik untuk datang berwisata ke Situ Lembang ? atau anda tertarik juga mengeksplorasi tempat – tempat wisata di bandung terkenal lainnya ?

jika iya, kang dian punya tips bagaimana cara liburan ke situ lembang dan tempat – tempat wisata yang terkenal di bandung lainnya dengan cara yang mudah dan murah !

Tips Wisata

caranya adalah dengan mengikuti program Paket Wisata Bandung yang saat ini banyak ditawarkan tour & travel di bandung dengan Promo Harga Paket Wisata Bandung Murah.

Terdapat banyak pilihan durasi lama paket tour wisata bandung, mulai dari Paket Wisata Bandung 1 Hari hingga Paket Wisata Bandung 4 Hari 3 Malam.

Jika anda mau berwisata berdua dengan pasangan, kang dian sarankan bisa ikut program Paket Wisata Bandung untuk 2 Orang atau Paket Wisata Bulan Madu Bandung,

Jika anda mau berwisata secara rombongan, kang dian sarankan ambil program Paket Family Gathering Bandung atau Paket Outbound Bandung Murah.

Untuk sarana transportasinya juga anda tidak perlu bingung, jika rombongan anda bisa Sewa Bus Pariwisata Bandung dengan Harga Sewa Bus Pariwisata Bandung Murah.

dan jika sedikitan bisa Rental Mobil Bandung Murah di Tour & Travel serta PO Bus Pariwisata di bandung seperti Mawa Holiday.

nah sahabat traveler’s, demikianlah ulasan Misteri, Alamat, Peta Lokasi, Cara Masuk dan Rute Jalan Menuju serta Harga Tiket Masuk Situ Lembang Bandung

Referensi : Wikipedia

6 komentar.

  1. Alhamdulillah banyak informasi yang saya dapat, cuma untuk arah petunjuk menuju situ Lembang kurang spesifik. Alamat yg jelas,

    1. Terima kasih atas apresiasinya terhadap informasi tempat wisata di lembang kabupaten Bandung Barat Situ Lembang Mba nolis Suhartini

  2. Tempat ini dulu menjadi tempat pelarian saya selama Sabtu dan Minggu setelah lelah menjalani perkuliahan di Universitas Pendidikan Indonesia. Biasanya saya berangkat Jumat sore… Bermalam di barak militer samping situ Lembang… Lalu Sabtu siang mencoba berbagai jalur untuk menuju Tower puncak Gunung Tangkuban Parahu. Malam minggunya bermalam di Tower… Minggu pagi sambil menyusuri jalur turun ke Jaya Giri, sore balik k kampus, lalu istirahat… Ach… Masa2 yg indah.

  3. Salam kenal dengan kami ,
    Mas Dian , kami dari Jakarta Barat ingin sekalai bersama warga berkunjung ke Lembang Bandung . Kami lebih suka tempat wisata alamnya . Kami mohon infonya mengenai tempat wisata alam yang saat ini ada di Lembang dan sekitarnya . Lebih lengkapnya infokan juga HTM terupdated serta rute perjalanannya yang lebih cepat . Matur Nuwun atas bantuannya . Dari kami Tarra Hadi ( 085883867022 ) .

Comments are closed.