Gunung Puntang – Info Pendakian, Camping & Harga Tiket Masuk Terbaru

Gunung Puntang – Cari Tempat Wisata Alam di Bandung yang Eksotik ? jika iya, inilah informasi Cerita Misteri, Lokasi Pendakian, Bumi Perkemahan dan Harga Tiket Masuk Gunung Puntang.

Hi traveler’s, jumpa lagi dengan Kang Dian, penulis blog info Wisata Bandung, yang kali ini berbagi informasi 99 Tempat Wisata Baru di Bandung 100% Terbaru, Murah & Gratis 2018 ,

yaitu sebuah tempat wisata alam di bandung selatan yang menawarkan eksotisme alam pegunungan di wilayah selatan bandung, yaitu Gunung Puntang.

Informasi ini kang dian sajikan untuk melengkapi daftar tempat wisata alam Pegunungan di Bandung yang sangat terkenal, dan sebelumnya sudah banyak kang dian review seperti ;

Gunung Tangkuban Perahu yang populer dengan Legenda Sangkuriang nya, kemudian Gunung Burangrang yang di lokasi kaki pegunungannya terdapat Tempat Wisata di Lembang Terpopuler, Dusun Bambu

serta nama Gunung di Bandung lainnya seperti Gunung Batu, Gunung Putri Lembang, Gunung Artapela, Gunung Malabar dan Gunung Nini di Pangalengan dll.

Nah lalu seperti apa daya tarik wisata alam pegunungan di kabupaten bandung selatan yang populer dengan Misteri Gunung Puntang nya ini sehingga kita wajib untuk mengunjunginya ?

benarkah terdapat fasilitas wisata Jalur dan Rute Pendakian serta adanya Bumi Perkemahan Gunung Puntang di sana?

Selanjutnya di manakah Alamat, kemudian bagaimana cara mengakses Rute Jalan menuju ke Lokasi Gunung Puntang, dan berapakah Harga Tiket Masuk Gunung Puntang terbaru 2018 – 2019 ?

Baiklah untuk menjawab semua pertanyaan di atas, seperti biasa kang dian mau ajak sobat sekalian untuk mengetahui informasi reviewnya di bawah ini.

Gunung Puntang

Gunung Puntang Bandung

Foto : Komunitas-semut.blogspot.com

Traveler’s, jika bicara Tempat Wisata Hits di Bandung yang terpopuler saat ini, maka kawasan Wisata Lembang dan Maribaya serta Ciater Subang masih merupakan primadonanya

kenapa demikian ? karena Tempat Wisata di Lembang dan sekitarnya selain menawarkan kawasan wisata alam yang masih alami dengan suasana yang tenang dan udaranya sejuk,

juga kawasan Lembang dan sekitarnya menawarkan banyak objek wisata baru yang menawarkan pusat wisata belanja, kemudian juga pusat kuliner, taman rekreasi dan Tempat Outbound di Bandung.

Sebut saja contohnya ada objek wisata baru pusat konservasi tanaman anggrek di tengah hutan pinus Orchid Forest Lembang dengan fasilitas wahana bermain seperti Dago Dream Park,

kemudian pusat kuliner Floating Market yang dilengkapi wahana wisata seperti Kota Mini Lembang, Rainbow Garden, Kyotoku hingga Hijab Swimming Pool dan Taman Miniatur Kereta Api,

hingga objek wisata lembang lainnya seperti The Lodge Maribaya, Kampung Gajah, Taman Begonia, Farm House, Rabbit Town, De Ranch dan masih banyak yang lainnya.

pertanyaan sekarang, apakah memang benar jika objek wisata terpopuler dan menarik untuk dikunjungi tersebut hanya ada di kawasan Lembang Bandung Barat saja ?

tentu saja tidak, karena daerah berjuluk Paris Van Java ini sendiri memiliki banyak sekali Tempat Wisata Menarik yang bisa dikujungi lainnya, salah satunya Gunung Puntang !

Sahabat traveler’s, perlu anda ketahui, selama ini bagi para pecinta alam, Gunung Puntang adalah merupakan salah satu Tempat Wisata yang Wajib dikunjungi di Bandung.

Nah lalu seperti apa daya tarik dan fasilitas wisatanya ? yuk kita cari tahu jawabannya di bawah, namun terlebih dahulu kita akan cari tahu dimana Alamat, Peta Lokasi dan Rute Jalan menuju ke sana.

Alamat & Lokasi Gunung Puntang di Bandung

Sahabat traveler’s, alamat gunung puntang sendiri lokasinya berada di Desa mekarjaya, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat [ Peta Lokasi ]

Lokasinya berjarak sekitar 36 KM dari arah kawasan Tempat Wisata di Ciwidey yang terkenal seperti Kawah Putih, Kawah Rengganis, Ranca Upas, Situ Patenggang dan yang lainnya,

Lokasinya berjarak sekitar 32 KM dari arah kawasan Tempat Wisata di Dalam Kota Bandung yang terkenal seperti Trans Studio Bandung , Gedung Sate dan Dago Bakery Punclut,

dan berjarak sekitar 52 KM dari kawasan Tempat Wisata di Bandung Utara yang terkenal seperti Kebun Binatang Bandung, Taman Hutan Raya Djuanda dll.

sementara dari arah kawasan Tempat Wisata di Bandung Timur yang terkenal seperti Bukit Moko dan Caringin Tilu serta kawasan Wisata Cimahi berjarak 33 KM.

silahkan anda bisa lihat informasinya di peta lokasi google map di bawah ini, lengkap dengan cara mengakses lokasi Gunung Puntang dari Pintu Tol Soroja.

Rute Jalan menuju Lokasi Gunung Puntang Dari Pintu Tol Soroja

Sejarah Gunung Puntang

Sejarah Gunung Puntang

Sahabat traveler’s, sebelum kang dian mengulas beberapa hal menarik yang bisa anda temukan di Gunung Puntang, ada hal menarik lainnya yang harus anda ketahui, yaitu seputar sejarahnya.

Sahabat traveler’s, lokasinya yang berada di atas ketinggian 2.230 mdpl, menjadikan gunung ini dulunya dijadikan sebagai tempat siaran radio yang siarannya hingga didengar di negeri Belanda.

Sejarah mencatat, di tahun 1923 kawasan gunung ini dijadikan pusat komunikasi dengan dibangunnya stasiun radio, yang konon tercatat sebagai stasiun radio terbesar di dunia pada masanya.

Dan kini, jika anda datang ke sana, maka jejak sejarahnya tersebut masih bisa anda temukan, meski reruntuhan bangunan stasiun radio tersebut sudah tertutupi oleh rumput tinggi,

yang tersisa dan masih bisa dilihat jelas adalah dataran tanah lapang luas bekas pemukiman dan tembok tembok bekas bangunan yang kini sering dijadikan lokasi Outbound di Bandung.

Daya Tarik Wisata Gunung Puntang Bandung

Sahabat traveler’s, Gunung Puntang yang memiliki ketinggian 2.223 meter di atas permukaan air laut, menawarkan daya tarik wisata alam yang sangat luar biasa indah, lengkap fasilitanya dan beragam.

dan berikut adalah beberapa hal menarik yang bisa anda dapatkan atau anda nikmati ketika memutuskan pergi mengunjungi objek wisata alam di banjaran kabupaten bandung ini.

Bumi Perkemahan Gunung Puntang

Sahabat traveler’s, ada banyak tempat berkemah di bandung atau camping ground yang selama ini menjadi lokasi favorit para pecinta alam menikmati malam dengan tidur di alam terbuka,

sebut saja misalnya ada Ranca Upas Smart Camp, Ciwangun Indah Camp, Cantigi Camp, Pine Forest Camp, Lembah Bougenville, Kampung Bamboo, D’Camp dll,

Nah satu lagi tempat camping di bandung yang terkenal dan bisa anda kunjungi adalah camping ground atau bumi perkemahan di Gunung Puntang Bandung.

banyak pengunjung yang datang ke sini bertujuan untuk camping dan mereka terdiri dari kelompok wisatawan keluarga, pelajar hingga masyarakat umum lainnya.

Lokasi Bumi Perkemahan Gunung Puntang Bandung sendiri letaknya berada pada ketinggian 1.300 mdpl, menjadikannya kawasan camping ini udaranya sejuk di siang hari dan sangat dingin di malam hari.

tidak hanya itu saja, lokasinya yang berada di kawasan pegunungan bandung yang masih alami, menawarkan pemandangan alam yang asri dengan suasana yang masih sepi dan sangat tenang,

sehingga dengannya banyak wisatawan yang bercamping di sini, karena kawasan gunung ini menawarkan lokasi yang sangat pas dan ideal sebagai tempat refresing dan rileksasi di bandung.

Pendakian ke Puncak Mega Gunung Puntang

Pendakian Puncak Mega Gunung Puntang

Sahabat traveler’s, hal menarik lainnya yang menjadi daya tarik objek wisata gunung di bandung ini adalah menawarkan sensasi tempat pendakian gunung di bandung terbaik.

Di sini kita bisa menjajal rute pendakian dari areal bumi perkemahan menuju ke Puncak Mega Gunung Puntang yang sangat menantang dan akan cukup menguras tenaga anda untuk menaklukannya.

panjang atau jarak pendakian menuju ke Puncak Mega sendiri bisa menghabiskan waktu tempuh sekitar 4 jam-an,sehingga bagi anda yang mau melakukannya, tentu saja perlu stamina prima.

namun demikian anda tidak perlu khawatir jika melakukan pendakian menuju ke puncak mega, karena rasa lelah anda akan terbayarkan dengan pemandangan alam indah yang akan anda lintasi.

sedikit tips wisata bagi anda yang mau melakukan pendakian di gunung puntang adalah, di sepanjang jalur menuju puncak tidak ada sumber air dan juga warung makan,

oleh karenanya dari awal sebelum anda berangkat, perhatikan untuk membawa perbekalan air mineral atau minuman serta makanan secukupnya yang bisa anda konsumsi saat haus dan lapar.

Air Terjun di Gunung Puntang

Wisata Alam Bandung Gunung Puntang

Sahabat traveler’s, ada banyak sekali Tempat Wisata Air Terjun di Bandung yang terkenal dan menarik untuk dikunjungi, dan beberapa tempatnya sudah kang dian review seperti,

mulai dari objek wisata air terjun yang terkenal dengan julukan ” Air Terjun Niagara Mini Bandung ” yaitu Curug Malela, serta Curug Cimahi yang populer berjuluk Curug Pelangi,

kemudian ada juga Curug Cinulang, Curug Bellarosa , lalu Curug Bugbrug, Curug Batu Templek dll.

Nah kini, destinasi wisata air terjun di bandung yang wajib dikunjungi pun menjadi bertambah dengan adanya objek wisata air terjun di wahana wisata alam gunung puntang ini.

sahabat traveler’s, di kawasan gunung ini terdapat tidak kurang 5 lokasi air terjun indah dengan tingkatan ketinggian air terjun yang berbeda satu dengan yang lainnya.

yang pertama adalah air terjun paling terkenal di gunung puntang, yaitu Air Terjun Siliwangi, dimana air terjun ini memiliki ketinggian 215 meter,

dan yang kedua ada Air Terjun Cikahuripan atau populer dengan julukan Air Terjun Cinta yang memiliki ketinggian air terjun sekitar 15 meter.

Dan dua nama air terjun di gunung puntang di atas, adalah objek wisata air terjun yang sudah bisa diakses, karena rute atau akses jalannya sudah ada serta aman.

dari parkiran atau areal bumi perkemahan, untuk mengakakses Curug Siliwangi membutuhkan waktu sekitar 3 jam, dan 15 menit menuju ke Air Terjun Kahuripan.

sementara tiga curug lainnya yaitu ada Air Terjun Gentong, Air Terjun Cigeureuh dan Air Terjun Cisaat, ketiganya belum ada akses yang layak dan aman untuk dilintasi,

bahkan untuk mengakses lokasi Air Terjun Cigeureuh, wisatawan harus menghabiskan waktu tidak kurang dari 2 hari lamanya, karena rute dan aksesnya yang jauh dan sulit.

Goa Belanda di Gunung Puntang

Sahabat traveler’s, selain di Dago Pakar, objek wisata Goa Belanda juga ternyata ada di kawasan wisata alam gunung puntang ini, dengan panjang gua mencapai 20 meter.

namun kabar tidak baiknya adalah akses masuk ke gua belanda ini sudah ditutup oleh pengelola, karena sering kejadian banyak pengunjung yang tersesat saat berada di dalam gua tersebut.

Tempat Downhill di Bandung

Sahabat traveler’s, ingin mencoba sensasi lain olahraga di alam terbuka yang sensasinya tidak kalah dengan wisata Arung Jeram Lembang ?

jika iya, saat anda mau mengunjungi kawasan wisata alam gunung puntang ini, maka anda wajib membawa sepeda gunung ke sana dan jelajahilah trek downhill di sana.

kontur trek jalan bersepeda gunung yang tidak rata dan beralasankan tanah, kemudian berada di lereng pegunungan dan menembus hutan, pastinya sangat menarik bukan ?

Nah sahabat traveler’s, itulah beberapa hal seru dan sekaligus menjadi daya tarik wisata utama dari wahana wisata alam Gunung Puntang di Bandung.

Fasilitas Wisata di Gunung Puntang

Sahabat traveler’s, untuk memberikan kenyamanan kepada semua pengunjungnya, kawasan yang populer sebagai lokasi favorit kegiatan acara Paket Outbound Bandung ini,

telah dibanguan banyak fasilitas yang akan membuat semua wisatawan yang datang berwisata ke sini akan merasa nyaman dan betah berlama – lama di sana.

Toilet/WC, inilah fasilitas wisata yang telah disiapkan pengelola untuk mereka yang hendak buang air kecil, atau sekedar cuci tubuh dan cuci muka dll.

Mushola, bagi anda pengunjung yang beragama muslim, ketika berlibur ke Gunung Puntang anda tidak perlu khawatir mencari tempat untuk sholat 5 waktu, karena sudah tersedia.

Tempat Parkir, bagi anda yang membawa kendaraan sendiri roda dua, Sewa Bus Pariwisata Bandung atau Rental Mobil di Bandung, di sini tersedia areal parkir yang luas dan aman.

Warung Makan, sahabat traveler’s, belum ada resto atau cafe di sini, namun sudah ada warung makan yang cukup menyediakan aneka makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau.

Nah sahabat traveler’s, itulah beberapa fasilitas wisata yang bisa anda nikmati saat berkunjung ke sana, dan tentunya akan memberikan kenyamanan untuk anda bukan ?

Villa Gunung Puntang

sahabat traveler’s ada banyak Penginapan di Bandung, mulai dari Hotel Murah di Bandung, Hotel Murah di Lembang hingga Penginapan Murah di Ciwidey.

Nah namun bagi anda yang mau bermalam di kawasan wisata alam gunung bandung selatan ini, di sana juga sudah Villa Gunung Puntang yang bisa anda gunakan yaitu Taman Bougenville.

Taman Bougenville Gunung Puntang

Sahabat traveler’s, inilah penginapan di tengah kawasan alam di bandung selatan yang akan berikan anda pengalaman menginap yang nyaman dan tenang.

Alamat Taman Bougenville lokasinya berada di Jalan Gunung Puntang, Desa Campakamulya, Kecamatan Cimaung, Bandung, Jawa Barat 40374, Telepon 0813-2255-5518.

Fasilitas penginapan Taman Bougenville juga sangat lengkap dan refresentatif, dimana salah satunya adalah menyediakan fasilitas penginapan di gunung puntang dengan kolam renang.

Harga Sewa Villa Gunung Puntang

traveler’s, untuk tarif sewa kamar villa taman bougenville ini sendiri harganya sangat terjangkau, yaitu dengan harga mulai Rp.200.000/malam.

Anda tertarik menginap di sini ? jika iya, silahkan baca review dan cek promo harga promo dan penawaran lainnya dengan lihat informasi dan pesan langsung di sini >> Booking Taman Bougenville <<

Harga Tiket Masuk Gunung Puntang

Sahabat traveler’s, setiap pengunjung yang datang ke sana, maka akan dikenakan biaya tiket masuk ke gunung puntang ini masing – masing Rp.5.000/orang.

Sementara untuk tarif parkir kendaraan bermotor sendiri harganya adalah Rp.2.000/motor dan untuk Mobil serta Bus tarifnya mulai Rp.10.000.

Baca Juga : Harga Tiket Masuk Dago Dream Park Terbaru

Harga Camping di Gunung Puntang

Sahabat traveler’s, bagi anda yang tertarik untuk bisa menikmati suasana malam dengan cara berkemah di kawasan ini, maka ada biaya tambahan Rp.5.000/orang.

Catatan : Harga di atas sewaktu – waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan, dan jika anda mengetahui info tiket terbaru, silahkan tamah di kolom komentar.

Jam Buka Objek Wisata Gunung Puntang

Sahabat traveler’s, waktu operasional objek wisata wahana alam di gunung ini adalah setiap harinya buka 24 jam.

Tips Wisata ke Gunung Puntang Bandung

Sahabat traveler’s, bagi anda yang mau pergi liburan ke gunung puntang untuk melakukan pendakian dan camping, berikut ada beberapa tips yang akan berguna untuk anda.

Bawa Tenda, bagi anda yang mau melakukan pendakian gunung puntang, masih minimnya tempat sewa tenda di sana, maka anda harus prioritaskan bawa tenda dari rumah jika mau ke sana.

Sleeping Bag, pastikan anda membawa alat berupa kantong tidur ini, sebagai antisipasi cuaca ekstrem super dingin di malam hari di sana.

Peralatan Memasak, inilah salah satu hal yang penting anda perhatikan juga, yaitu membawa alat – alat memasak dan juga bahan makanan selama bercamping.

Survival Kit, pastikan bahwa perjalanan atau aktifitas apa pun di sana adalah aman dan nyaman, untuk itu persiapkan dengan baik perlengkapan ini.

Tempat Wisata di Sekitar Gunung Puntang

Sahabat traveler’s, bagi anda yang sedang membutuhkan informasi objek wisata terdekat dengan gunung puntang untuk menyusun Itinerary Paket Wisata Bandung Murah,

salah satu kawasan wisata terdekat dengan gunung di banjaran ini yang sangat kang dian rekomendasikan adalah mengunjungi beberapa Tempat Wisata di Pangalengan seperti ;

1.Situ Cileunca, inilah objek wisata alam danau atau Situ di Bandung yang terkenal dengan ikon jembatannya dan pemandangan alamnya yang luar biasa indah.

2.Cibolang, inilah Tempat Pemandian Air Panas di Bandung Pangalengan, yang khasiat air panasnya sama dengan Pemandian Air Panas Ciwalini

3.Cukul Pangalengan, inilah objek wisata alam perbukitan dengan lembah yang sangat indah di tengah Perkebunan Teh Bandung Malabar dan ada Situ Cukul juga di sana.

4.Air Terjun di Pangalengan, di daerah ini terdapat beberapa nama air terjun atau curug yang terkenal seperti Curug Panganten, Curug Dewa dll

nah sahabat traveler’s, bagaimana apakah dengan penjelasan kang dian di atas anda tertarik untuk segera datang ke sana ? atau anda juga tertarik untuk mengeksplorasi wisata di bandung lainnya ?

jika iya, kang dian punya sedikit tips wisata bagimana cara menikmati beragam pesona keindahan alam bandung dengan segala akomodasi dan fasilitasnya dengan biaya murah.

Paket Wisata Bandung Selatan

Sahabat traveler’s, kabar baik buat anda bahwa saat ini Harga Paket Wisata Bandung Murah tengah gencar dipromosikan oleh sejumlah travel agent dan tiur travel di bandung.

Bagi anda yang berencana pergi liburan berdua dengan pasangan, kang dian rekomendasikan mengambil Paket Wisata Bandung Untuk 2 Orang atau Paket Bulan Madu Bandung bagi yang mau honeymoon-an.

Bagi anda yang merencanakan pergi berwisata ke bandung bersama keluarga besar saya rekomendasikan pakai Paket Family Gathering Bandung.

Namun bagi anda yang mau liburan ke bandung dengan menyesuaikan lama waktunya, silahkan saat ini tersedia Paket Tour Bandung mulai dari Paket Wisata Bandung 1D hingga Paket Wisata Bandung 423N.

Untuk keperluan sarana transportasinya juga anda tidak perlu bingung, Sewa Bus Pariwisata Bandung Murah hingga Rental Mobil Bandung Murah pun tersedia.

Nah sahabat traveler’s, dengan informasi di atas, kang dian cukupkan juga review seputar Lokasi, Misteri, Pendakian dan Bumi Perkemahan dan Harga Tiket Masuk Gunung Puntang.

Gunung Puntang
Gunung Puntang Bandung

Place Name: Gunung Puntang

Place Description: Tempat Wisata Alam Pendakian dan Bumi Perkemahan di Bandung Selatan

More...

  • Gunung Puntang
  • Fasilitas
  • Harga Tiket
  • Akses

Ringkasan

Nama : Gunung Puntang
Alamat/Lokasi : Cimaung Banjaran Kab.Bandung
Jam Buka : 24 Jam
No Tlp : -
Harga Tiket Masuk : Rp.5.000
Fasilitas : Camping Ground, Trekking & Downhill

5.0
User Rating 5 (1 vote)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending