Situs Batu Kerajaan Kendan – Wisata Sejarah di Nagrek Bandung

Loading...

Situs Batu Kerajaan Kendan – Apakah anda sedang mencari Tempat Wisata di Bandung yang bersejarah yang unik dan saat ini sedang ngehits ? Jika iya, cobalah anda datang dan kunjungi Situs Batu Kerajaan Kendan di daerah Nagrek, Kabupaten Bandung.

Halo sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan kang dian, penulis blog informasi Pariwisata Bandung yang pada kesempatan kali ini akan mereview salah satu Tempat Wisata Sejarah di Bandung, Situs Batu Kerajaan Kendan.

Informasi ini semoga saja bisa menabah daftar referensi obejk wisata sejarah bandung yang sudah banyak saya tuliskan seperti Jejak Bung Karno di Caringin Tilu, Lokasi bukti kemunculan dan diprediksi hancurkan kota bandung di Gunung Batu Lembang, Gua Pawon, Sang Hyang Tikoro dan yang lainnya.

Nah, seperti apakah daya tarik wisata Situs Batu kerajaan Kendan ini ? berapa harga tiket masuk, dimana alamat, bagaimana cara mengaksesnya ? yuk kang dian ajak saja anda untuk menyimaknya di bawah ini.

Situs Batu Kerajaan Kendan

Situs Batu Kerajaan Kendan

foto by @ridwanderful.com

Sahabat traveler’s, jika kita bicara seputar Tempat Wisata yang Menarik di Bandung, tentunya bukan sebuah rahasia lagi jika wilayah yang dikenal sebagai ibukota Priangan ini banyak menyimpan potensi wisata yang luar biasa.

Popularitas Wisata Alam di Bandung, kemudian Wisata Bumi, Wisata Budaya, Wisata sejarah dan pastinya tidak ketinggalan Wisata belanja, kuliner, dan hiburan kekinian adalah ragam wisata bandung yang kini telah menjadi destinasi favorit wisatawan dalam dan luar negeri.

Dengan beragam tempat wisata yang ada di kota bandung dan sekitarnya tersebut, maka sudah dipastikan akan semakin memudahkan bagi setiap wisatawan yang datang ke bandung untuk mengakomodasi kebutuhan liburannya.

Seperti kita ketahui, beragam alasan wisatawan yang sengaja datang liburan ke bandung, seperti wisata kuliner di sejumlah Cafe & Resto di Bandung, Wisata belanja di banyak tempat seperti Factory Outlet di bandung.

Namun tidak sedikit juga wisatawan yang saat ini banyak memburu destinasi wisata di bandung seperti wisata sejarah dan budaya, dengan tujuan untuk mempelajari sejarah dan kearifan budaya lokal hingga keperluan fotography atau berselfie ria.

Nah beberapa Objek Wisata di Bandung yang akhir-akhir ini di media sosial dengan ngehit dan booming sebagai tempat berfoto diantaranya bisa anda temukan di Stone Garden padalarang, yaitu sebuah tempat yang menawarkan eksotisme pemandangan bebatuan di tas gunung.

Kemudian jika di kota bandung, anda bisa mendapatkan lokasi terbaik untuk berfoto ria yaitu di tempat yang bernama Upside Down Bandung, sebuah tempat ” Dunia Terbalik ” yang saat ini begitu sangat ngehit sekali.

Lalu, adakah tempat wisata di bandung dan sekitarnya yang lain yang eksotisme, keunikannya seperti tempat-tempat di atas ? maka jawabannya adalah ada, yaitu di tempat yang bernama Situs Batu Kerajaan Kendan, di daerah Nagrek, Kabupaten bandung.

Sejarah dan Daya Tarik Wisata Situs Batu Kerajaan Kendan

Sahabat traveler’s, nama kendan sendiri jika ditelusuri maka beresal dari kata “kenan” yang memiliki arti sejenis batu cadas yang berongga dan di dalamnya mengandung kaca dengan warna hitam.

Jika saat ini bagi anda para pecinta batu untuk cincin, jenis batu tersebut sangat mirip dengan batu yang bernama Onyx, dan banyak dijadikan sebagai aksesoris perhiasan di zaman sekarang.

Ciri khas batu ini adalah akan tampak bersinar terang atau berkilau jika terkena sinar matahari, meski memiliki permukaan batu yang kasar dan tajam.

Sahabat traveler’s, Situs Batu Kerajaan kendal ini berdiri di atas lahan pegunungan batu cadas, yang diyakini merupakan tempat yang dulunya kawasan kerajaan Kendan atau Kerajaan kelang yang dibangun oleh Resi Guru Manikmaya sekitar tahun 586 M.

Dari sini, kemudian berkembang menajdi sebuah kerajaan besar yang dikenal masyarakat tatar pasundan dengan nama kerajaan Galuh, dengan kekuasaan raja di bawah Prabu Wretikandayun di tahun 612 M.

Versi sejarah yang lainnya menyebutkan bahwa nama Kendan ini berasal dari kata “Kenda” yang ditambah akhiran “an”, yaitu sebuah aliran keyakinan nenek moyang pada zaman dulu yang menganut paham Mmonoteisme yang dikembangkan oleh Prabu Resi Guru Manikmaya apada abad ke 6.

Keyakinan ini dijadikan sebagai norma, adat dan falsafah kehidupan beragama, jauh sebelum agama islam masuk ke tatar sunda di sekitar abad ke 16, dengan ritual keagamaannya berbentuk “pasaduan” yang dilakukan di seputar kabuyutan, dengan bangunan punden berundak cicri khasnya.

Letak Situs Batu Kerajaan Kendan ini pun berada di areal lahan yang cukup luas, dan jika diperhatikan maka akan menyerupai sebuah gunung kecil yang ditutupi oleh pepohonan yang cukup tinggi.

Melihat kawasan wisata alam di Bandung yang unik, dengan nilai sejarah yang begitu tinggi, maka tidak salah jika situs batu kerajaan kendan ini banyak dijadikan spot menarik untuk berbagai kegiatan fotography.

Selama ini pengunjung yang datang ke sini, selain datang untuk menikmati keindahan alam, mengetahui nilai sejarah, ternyata banyak juga yang menjadikan tempat ini karena keeksotisannya dijadikan tempat foto prewedding.

Fasilitas Wisata Situs Batu Kerajaan Kendal

Sahabat traveler’s, saat ini tempat wisata ini masih belum tergarap atau tersentuh oleh dinas pariwisata daerah setempat dan belum dijadikan sebagai destinasi wisata resmi baru di bandung.

Untuk itu, dengan segala keadaannya yang masih sangat alami dan dibiarkan apa adanya ini, justru bagi para pecinta alam sejati, tempat ini sangat menarik untuk dijajal dan dan dinikmati.

So, bagi anda yang datang ke sini, karena belum tersedianya fasilitas seperti tempat makan, mushola, saung untuk berteduh dan yang lainnya, maka sebelum ke sini harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Harga Tiket Masuk Situs Batu Kerajaan kendan

Sahabat traveler’s, seperti yang kang dian jelaskan di atas, bahwa karena tempat ini saat ini belum difungsikan sebagai tempat wisata di bandung yang komersial, masih apa adanya, maka bagi anda yang berkunjung ke sana saat ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Untuk itu, bagi anda yang suka dengan Tempat Wisata di Bandung yang Murah Meriah, maka berkunjung ke tempat ini sangatlah tepat sebelum pengunjung dikenakan biaya masuk tempat wisata, seperti pada kejadian objek wisata Tebing Keraton, yang awalnya gratis sekarang sudah ramai dikenakan tiket masuk.

Alamat Situs Batu Kerajaan kendan

Alamat situs batu ini berada di kawasan Nagrek , Kabuoaten Bandung, Jawa Barat

Nomer Telepon Situs Batu Kerajaan Kendan

Untuk informasi seputar tempat wisata ini, saat ini anda belum bisa mendapatkan informasinya langsung via telepon. Anda harus datang secara langsung karena tempat ini belum dikomersialkan.

Jam Buka Situs Batu Kerajaan Kendan

Bagi anda yang tertarik mengunjungi tempat wisata di nagrek, kabupaten bandung ini, silahkan terbuka dari senin hingga minggu, 24 jam.

Peta Lokasi Situs Batu Kerajaan Kendan

Silahkan anda bisa melihatnya di sini

Rute Jalan Menuju Situs Batu Kerajaan Kendan

Bagaimana sahabat traveler’s ? apakah anda tertarik mengunjungi tempat wisata situs batu kerajaan kendan di nagrek ini ? atau mau mengunjungi tempat wisata lainnya yang ada di kota bandung yang sangat menarik dan unik lainnya ?

Jika iya, seperti biasa, sebelum menutup tulisan ini, saya ada sedikit tips wisata ke bandung yang murah meriah dan tepat bagi anda untuk mendapatkan liburan ke bandung yangh maksimal tanpa ribet.

Saya rekomendasikan anda untuk mulai membiasakan menggunakan jasa perjalanan wisata dari Tour Travel Bandung, kemudian pilihlah beragam program Paket Wisata Bandung dari mereka seperti Paket Wisata Bandung 2 Hari 1 Malam, Paket Wisata Bandung 3 Hari 2 Malam yang bisa anda sesuaikan dengan budget dan tujuan wisata anda.

Namun bagi anda yang mau liburan secara rombongan seperti dari kantor, perusahaan, komunitas untuk mengadakan acara outing atau gathering di bandung, maka saya rekomendasikan anda memilih Paket Outbound Bandung Murah yang banyak tersedia.

Jika anda punya rencana liburan dengan mengikuti program paket wisata bandung dengan harga yang murah meriah, silahkan kang dian akan bantu memberikan rekomendasi tempat wisata di bandung terbaik dengan budget yang miring, silahkan hubungi saya via whatsapp di 0852-1886-1522

Sahabat traveler’s, demikianlah informasi seputar Tempat Wisata di Bandung selatan yang sangat menarik dan menawarkan daya tarik wisata sejarah dan juga keindahan alamnya yaitu Situs Batu Kerajaan Kendan.

Situs Batu Kerajaan Kendan
Situs Batu Kerajaan Kendan

Place Name: Situs Batu Kerajaan Kendan

Place Description: Tempat Wisata Sejarah d Nagrek Kabupaten Bandung

More...

  • Situs Batu Kerajaan Kendan
  • Fasilitas
  • Akses

Ringkasan

Nama : Situs Batu Kerajaan Kendan
Alamat : Nagrek, Kabupaten Bandung
Nomer Telepon : -
Jam Buka : Senin-Minggu, 24 jam
Harga Tiket Masuk : Gratis
Fasilitas : -

4.3
User Rating 0 (0 votes)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
Loading...