Bukit Moko Bandung – Romantisme Parahyangan

Bukit Moko Bandung – Apakah anda seorang traveler pecinta alam yang sedang mencari tempat wisata di Bandung yang terkenal memiliki panorama keindahan alam yang indah, alami, eksotis dan suasana yang sangat romantis sebagai tempat refreshing bareng pasangan atau teman-teman anda ? Jika iya, maka datang dan singgahilah objek wisata alam di daerah kampung Buntis Bongkor, Cimenyan Bandung yang sangat terkenal, dan sejumlah wisatawan menyebutnya sebagai puncak Bukit Bintang Bandung atau yang jauh lebih populer lagi dengan sebutan Puncak Bintang Bukit Moko Bandung.

Halo sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan saya penulis bog informasi wisata bandung, yang tidak akan pernah bosan dan berhenti untuk mengabari anda dengan sejumlah informasi penting, terbaru seputar tempat-tempat wisata dari kota berjuluk Parijs Van Java. Semoga informasi yang selalu yang saya berikan akan bisa menambah daftar referensi destinasi wisata yang bisa anda kunjungi untuk mengisi waktu liburan anda bersama orang-orang terbaik anda.

Sahabat traveler’s, pada kesempatan ini saya akan membedah informasi salah satu tempat wisata alam di bandung romantis ¬†yang sangat rekomended untuk anda kunjungi, yaitu Bukit Moko Bandung. Sebelum saya lanjutkan, saya mau ingatkan kepada anda juga sebelumnya, bahwa saya juga telah menuliskan sejumlah kawasan wisata alam yang sangat terkenal dan bahkan sangat fenomenal di bandung seperti puncak bukit moko ini, seperti wisata malam khas kota Bandung dari Bukit Bintang di kawasan wisata Dago dan pesona wisata alam Caringin Tilu serta Gunung Batu Lembang.

Nah sahabat traveler’s, tanpa panjang lebar lagi, yuk kita simak seperti apa daya tarik wisata alam yang terdapat di Puncak Bintang bukit moko ini ? fasilitas wisata apa saja yang bisa anda temukan dan nikmati di sana ? berapa harga tiket masuknya ? dan bagaimana cara kita mengakses lokasi bukit moko bandung di bawah ini.

Bukit Moko Bandung

Bukit Moko Bandung

Bukit Moko Bandung

Sahabat travaler’s, pada kesempatan ini saya akan mereview salah satu tempat wisata alam yang sangat menarik dan tergolong masih baru diresmikan di bandung. Nama objek wisata ini sangat populer bagi para pecinta alam khususnya anak-anak muda bandung sebagai salah satu lokasi di kota kembang yang sangat romantis, dan namanya adalah Puncak Bintang Bukit Moko Bandung. Jangan kaget, jika Kawasan wisata ini selalu ramai dikunjungi pengunjung setiap akhir pekan terutama malam minggu apalagi di waktu musim liburan tiba.

Bukit Moko adalah sebuah kawasan yang berada di puncak sebuah bukit di daerah Cimenyan Bandung.Terletak di atas ketinggian hampir 1.500 meter di atas permukaan air laut, maka objek wisata alam di bandung ini termasuk daerah yang berhawa sangat sejuk, sehingga jangan heran jika kawasan wisata ini selalu tampak diselimuti kabut tebal, terutama di waktu pagi, menjelang sore dan di malam hari.

Bukit moko yang awalnya merupakan sebuah kawasan hutan pinus sadapan secara resmi dibuka sebagai kawasan wisata Puncak Bukit Bintang untuk umum tepatnya pada tanggal 23 september 2014 yang lalu, dan berada di bawah kendali perum perhutani divisi regional provinsi Jawa Barat dan juga Banten. Bagi traveler yang sering berkunjung ke sini, tempat ini seperti menjadi rumah kedua, karena di tempat ini terdapat sebuah warung daweung ( Nongkrong ) atau Moko yang sering mereka singgahi.

Wisata Bukit Moko Bandung

Sunset di Bukit Moko Bandung

Sunset di Bukit Moko Bandung

Sahabat traveler’s, jika anda bertanya apa sih daya tarik yang terdapat di Puncak Bintang di Bukit Moko di Bandung ini ? apa yang menjadi alasan tempat ini sangat populer dibicarakan di dunia maya seperti sosial media ? dan tentunya juga pertanyaan apa yang menjadikan bukit moko menjadi lokasi favorit sekaligus buruan sejumlah wisatawan khususnya anak-anak muda di akhir pekan ? mau tahu bukan ?

Menikmati Eksotisme Landscape Kota Bandung

Sahabat traveler’s, bandung yang terkenal sebagai “surga wisata kuliner” juga ” Surga wisata belanja ” oleh wisatawan yang sedang liburan di zaman sekarang, terlebih dahulu dikenal sebagai kota kembang, Dan yang paling spektakuler julukan kota Bandung yang disematkan oleh orang-orang belanda di masa impreliasme dulu adalah Parijs Van Java, yang maksudnya adalah keindahan kota bandung waktu itu mulai dari alam yang indah, beriklim dingin, banyak bangunan berarsitektur Art Deco dan kecantikan mojang bandung yang terkenal dengan “Nyai-nyai” nya bisa disetarakan dengan keindahan sebuah kota di eropa yang terkenal yaitu Paris Perancis.

Nah sahabat traveler’s, jika saya tunjukan bagaimana cara menikmati sebuah kota yang sangat indah, yang ada di bumi parahyangan ini, maka jawabannya adalah nikmatilah kota bandung di malam hari. Ya, jika anda berkunjung ke Puncak Bintang bukit moko, maka salah satu kegiatan wisata yang paling banyak diburu wisatawan yang sengaja datang ke sini adalah karena ingin menikmati sisi eksotis dan romantis kota bandung di malam hari secara sempurna. Tempat inilah lokasi terbaik untuk melihat hamparan keindahan gemerlap lampu-lampu kota bandung dengan segala aktifitasnya di malam hari.

Bisakah anda bayangkan, bagaimana eksotis dan romatisnya, jika anda bisa melakukannya berdua dengan pasangan tercinta anda di sini ? Berada di lokasi yang jauh dari keramaian yang tenang, nyaman karena suhu udara kawasan yang sangat dingin di malam hari, sambil menikmati cemilan atau makanan dan minuman yang menghangatkan, di dekat anda ada kekasih hati yang tidak henti memeluk tubuh anda karena kedinginan, sambil ngobrol berdua, mata anda bisa sangat leluasa menerawang seluruh keindahan malam kota bandung dari sebuah puncak bukit moko bandung yang tinggi.

It’s Amazing, beautifull place !! anda pasti akan terpana, dan anda juga akan betah berlama-lama tinggal di sana, atau bahkan suatu saat anda akan kembali lagi datang hanya karena alasan ini. Yang penting jangan berganti pasangan baru lagi ya….peace !!

Menikmati Romantisme Sunset di Bukit Moko Bandung

Sahabat traveler’s, jika saya pernah menulis Daftar Tempat Wisata Alam yang Romantis di Bandung, dan salah satunya artikel reviewnya adalah tentang menikmati eksotis dan romantismenya wisata alam di Dago yaitu Sunrise dan Sunset di Tebing Keraton, maka di Bukit Bintang Moko ini pun, anda akan mendapatkan juga sensasinya yang tidak kalah asyik dan luar biasanya dari tempat itu. Dan dijamin anda akan kagum dengan suasana yang diciptakan dari pergantian siang ke malam hari itu.

Sahabat traveler’s, semua sepakat bahwa waktu sore hari menjelang malam adalah waktu yang sangat spesial, dimana kita bisa menyaksikan saat-saat matahari yang akan terbenam. Dan anda akan merasakan sensasi yang lebih dan spektakuler, jika anda sedang berada di Bukit Moko Bandung. Berada di kawasan hutan pinus yang lebat dan sangat alami, efek sinar matahari yang mulai terbenam yang berwarna kuning keemasan akan memunculkan warna siluete yang indah ketika menembus celah batang dan dedaunan pohon pinus.

Hiking di Hutan Pinus Bukit Moko Bandung

Wisata di Bukit Moko Bandung

Wisata di Bukit Moko Bandung

Sahabat traveler’s, bukit moko adalah sebuah kawasan wisata hutan pinus yang sangat sangat lebat, alami dan indah di Bandung. Jika anda mengenal tempat spektakuler yang menawarkan sensasi wisata kuliner dengan bacground alam berupa hutan pinus yang indah di tulisan saya sebelumnya yang berada di kawasan wisata Lembang yaitu The Lodge, maka di sini anda juga bisa menikmati wisata alam khas dataran tinggi bandung Bukit Moko dengan cara jalan-jalan atau trekking/ hiking.

Berjalan menyusuri jalanan yang telah disediakan pengelola untuk keperluan trekking wisatawan, dimana di sepanjang jalan yang kita lewati anda bisa menikmati keindaham serta suasana alam yang istimewa, dimana berdiri ratusan bahkan ribuan pohon pinus yang tinggi dan sangat indah dengan warna-warni dedauanannya. Dengan suhu kawasan hutan yang sejuk, anda bisa menikmati area hutan pinus yang bersih dan tertata dengan santai, Menghirup udara segar dan menyehatkan, dan akan menghantarkan juga tubuh mengeluarkan keringat namun menyegarkan tubuh dan jiwa.

Yang cukup seru dan menatang lainnya dengan cara trekking atau hiking di bukit moko ini adalah, silahkan anda juga bisa melihat dan menyaksikan langsung bagian wilayah bersejarah keberadaan bandung purba dan sekaligus titik yang dipredikasi akan menjadi awal kehancuran kota bandung di masa mendatang berdasarkan ahli amerika, yaitu menyusuri keindahan areal patahan lembang dengan berjalan menembus lebatnya hutan pinus sejauh 2 km.

Bagimana asyik bukan ? sambil refreshing dan rileksasi tubuh, anda pun akan belajar dan mengetahui bukti sejarah yang sangat penting akan asal muasal cekungan bandung muncul dan sekaligus akan mengingatkan kita untuk selalu waspada, bahwa di sini juga ada tempat yang bakalan dipresdiksi sebagai awal kehancuran kota bandung. ( semoga tidak pernah terjadi, amin )

Kegiatan Fotography di Bukit Moko Bandung

Sahabat traveler’s, tidak lengkap rasanya jika kita berwisata mengunjungi ke banyak tempat wisata seperti di Bandung, anda lupa membawa kamera yang bisa mengabadikan semua kegiatan wisata anda ketika mengunjungi berbagai tempat yang indah, asyik dan seru. Tapi sepertinya hal itu sekarang bisa terbantu, karena di sejumlah ponsel atau Hp yang kita miliki juga sudah pasti dilengkapi dengan fasilitas kamera yang semakin canggih untuk menangkap objek-objek yang menurut anda wajib dibadikan bukan ?

Nah sahabat traveler’s, jika di bandung selatan, tepatnya kawasan wisata ciwidey, anda bisa menemukan tempat wisata alam yang sangat populer dan favorit bagi para fatografer untuk menyalurkan hobinya dengan membidik sudut-sudut eksotis sebuah danau alam yang terbentuk karena letusan gunung berapi yang populer dengan nama Kawah Putih Ciwidey, dan di Lembang ada Terminal wisata Grafika Cikole. Maka jika anda berada di Bukit Moko bandung pun , salah satu kegiatan wisata yang wajib anda lakukan adalah mengambil momentum keindahan, eksotisme dan romantisme bukit bintang ini dengan jepretan kamera.

Bahkan, jika anda mau tahu, seperti halnya kawah putih di ciwidey yang karena keindahan lokasi wisata alamnya yang sangat luar biasa sehingga sering dijadikan tempat favorit pengambilan foto untuk prewedding, maka anda pun bisa melakukannya di sini. Memanfaatkan sensasi waktu sore hari ketika waktu tenggelam matahari di tempat ini adalah moment terbaik anda untuk menjepretan kamera anda sebanyak-banyaknya sebagai background foto pasangan yang mau menikah atau kekasih anda yang cantik.

Bermalam di Camping Ground Bukit Moko Bandung

Sahabat traveler’s, menikmati liburan di kota bandung dalam waktu yang lama, tidak hanya harus selalu identik dengan anda harus menginap sebagai tempat peristirahatannya di sejumlah Hotel di Bandung yang terkenal. Dan salah satu cara atau sensasi menikmati liburan di kota bandung dengan cara yang berbeda, unik dan menantang adalah dengan cara bermalam atau menginap di kawasan wisata alam terbuka yaitu berkemah atau camping, terlebih lokasinya berada di puncak bukit yang tinggi dan di tengah hutan pinus.

Sahabat traveler’s, saya sudah menuliskan banyak tempat camping di bandung yang sangat menarik dan terkenal sebagai tempat berkemah terbaik seperti di tempat wisata yang saat ini sedang fenomenal Dusun Bambu lembang ada elang camping ground, kemudian ada juga Ciwangun Indah Camp serta camping ground tempat artis andien melakukan resepsi pernikahannya yaitu Pine Forest Camp, sementara di ciwidey ada bumi perkemahan ranca upas, nah maka sekali lagi di Bukit Moko pun tersedia camping ground yang refresentatif untuk anda jadikan alternatif bermalam yang wajib anda coba.

Bahkan , menurut informasi terbaru, wisata di Bukit Moko yaitu di Bukit Bintang akan dibangun kawasan wisata khusus camping ground dengan segala fasilitasnya yang lengkap, sehingga segala keperluan wisatawan yang berkunjung ke sana dengan tujuan bermalam, semuanya bisa terakomodasi dengan baik.

Nah sahabat traveler’s, itulah sebagain kegiatan favorit yang menjadi alasan kenapa Bukit Moko selau ramai dan hampir tidak pernah sepi menjadi pusat buruan atau destinasi wisata bagi sebagaian besar pengunjung khususnya anak muda di akhir pekan dan musim liburan. Masih banyak hal-hal menarik yang masih bisa anda eksplorasi ketika berada di sana, seperti bermain games, bermain musik sambil bernyanyi sambil membuat api unggun dan masih banyak yang lainnya.

Fasilitas Wisata Bukit Moko Bandung

Sahabat traveler’s, sebagai kawasan tempat wisata umum yang ada di dataran tinggi pegunungan bandung, maka untuk lebih memberikan kenyamanan kepada setiap pengunjungnya, pihak pengelola telah menyediakan beberapa fasilitas wisata yang cukup memadai dan refresentatif. Dan berikut adalah daftar fasilitas wisata yang bisa anda temukan dan pakai jika berkunjung ke sana.

  • Tempat beribadah/Mushola, bagi anda yang beraga muslim, jangan khawatir, di kawasan wisata bukit moko tersedia mushola yang bisa anda gunakan untuk menjalankan sholat 5 waktu
  • Toilet, untuk keperluan mandi cuci kakus (MCK) tersedia juga di sini, tempatnya cukup bersih
  • Tempat Istirahat, sehabis melakukan perjalanan panjang dan melelahkan menuju lokasi ini, anda bisa selonjoran kaki sambil menikmati minuman atau cemilan menemani waktu istirahat anda
  • Track Hiking, bagi anda yang suka jalan-jalan, jalur jalan ini bisa anda manfaatkan untuk menikmati keindahan alam hutan pinus bukit moko dan sekitarnya.
  • Camping Ground, ini adalah fasilitas yang wajib anda coba dan cukup refresentatif lokasinya plus areal api unggunnya.
  • Warung Daweung, selain moko/warung daweung, di sini tersedia sejumlah warung lesehan untuk keperluan makan dan minum anda.Pilihan menu banyak dengan harga yang terjangkau mulai Rp.3.000
  • Parkir, untuk parkir anda bisa menyimpan kendaraan anda di lokasi parkir bawah atay dekat dengan

Harga Tiket Masuk Bukit Moko Bandung

  • Sahabat traveler’s, bagi anda yang mau masuk ke kawasan wisata Puncak Bukit Bintang, anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp.8.000/orang. Dan bagi anda yang mau masuk ke lokasi warung daweung/moko harus bayar tiket masuk Rp.10.000.

Alamat Bukit Moko Bandung

  • Objek wisata alam Bukit moko berada di Kampung Buntis Bongkor, desa Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Nomer Telepon Bukit Moko Bandung

Untuk mendapatkan informasi harga tiket masuk terbaru atau fasilitas wisata baru apa saja yang ada di sana hingga reservasi tempat camping atau bermalam, penulis belum bisa mendapatkannya, silahkan anda datang langsung saja ke alamat yang tertera dengan mengikuti peta lokasi atau bisa mengikuti rute jalan di bawah ini.

Jam Buka Bukit Moko Bandung

  • Setiap Hari, Senin – Minggu, 24 jam

Peta Lokasi Bukit Moko Bandung

Rute Jalan ke Bukit Moko Bandung

Sahabat traveler’s, untuk mengakses objek wisata bukit moko ini, anda bisa menggunakan banyak mode transportasi. Tapi rekomendasi saya, karena tempat ini lumayan jauh dari jalan utama kota bandung dan terbatasnya sarana transportasi umum menuju lokasi, maka saran saya membawa kendaraan pribadi adalah pilihan bijak dan tepat. Jika tidak anda masih bisa menggunakan jasa ojek atau rental angkot.

Lokasi bukit moko bandung cukup mudah dijangkau.Lokasinya yang berjarak tak lebih dari 10 km dari terminal cicaheum ke arah padasuka Bandung ( Saung Angklung Udjo ), dimana terdapat wilayah Perhutani KPH Bandung utara. Dan rute jalan dari arah padasuka-cicaheum ini adalah akses jalan yang lebih mudah dan hanya berjarak 8,5 km atau memerlukan waktu berkendaraan sekitar 30 menit lamanya.

Bagi anda yang habis mengunjungi pusat perbelanjaan seperti factory outlet bandung dan tempat wisata kuliner di kota bandung, untuk mengunjungi bukit moko, anda bisa berpatokan menuju terminal cicaheum. Tepat di perempatan sebelum lampu merah cicaheum, silahkan anda belokan kendaraan anda menuju arah padasuka dan ikuti terus petunjuk jalan yang tersedia hingga sampai lokasi. Meskipun jalannya najak dan menaik, namun dijamin selama perjalanan anda akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat indah, sangat mirip ketika anda menuju lokasi pusat wisata kuliner di Puncak Ciumbuleuit alias Punclut, sudah baca bukan reviewnya ?

Tips Wisata ke Bukit Moko Bandung

  1. Usahan jika anda mau berkunjung ke Bukit Moko adalah har-hari biasa ( weekday ) karena akhir pekan apalagi liburan pasti ramai dan padat dengan pengunjung, karena selain lebih sepi anda bisa menikmati suasana dan keindahan lebih nyaman.
  2. Untuk bisa menikmati hamparan kabut tebal yang indah yang menutupi atas kota bandung di pagi hari, silahkan anda berangkat dari rumah masih agak pagi sekitar jam 03.00 an, sehingga tiba dilokasi tepat pada waktu moment terindah yaitu pukul 05.00 – 06.00 Wib. Sementara untuk menikmati sunset silahkan sejak sore jam 16.00 WIB usahan sudah berada di lokasi.
  3. Jalur atau rute jalan menuju lokasi masih kurang bagus dan licin ,jadi bagi anda yang membawa kendaraan baik roda dua apalagi roda empat harus ekstra waspada, menghindari jatuh, tergelincir atau slip ban.
  4. Bawa Pakaian tebal yang bisa menghangatkan adalah perlengkapan wajib yang harus anda perhatikan sebelum berangkat ke sini.plus bawa perbekalan makanan dan minuman secukupnya.

Nah sahabat traveler’s, demikianlah informasi atau review khusus tempat wisata Bukit Moko Bandung.

Bukit Moko Bandung
  • Bukit Moko Bandung

Info Wisata

Nama : Bukit Moko Bandung
Alamat : Kampung Buntis Bongkor, Cimenyan Bandung
Nomer Telepon : -
Jam Buka : Senin - Jum'at, 24 Jam
Harga Tiket : Rp.10.000 ( Rp.8.000 Puncak Bintang )
Fasilitas : Trekking,Camping ground,mushola dll

5.0
User Rating 3 (2 votes)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
Loading...

Leave a Reply

Sending