Kawah Putih Ciwidey – Info Harga Tiket Masuk,Sejarah/Mitos & Rute

Loading...

Kawah Putih Ciwidey – Apakah anda sedang mencari Tempat Wisata di Ciwidey yang terkenal dan sangat menarik untuk dikunjungi ? Jika iya, ayo habiskan liburan anda di Kawah Putih.

Hai sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan kang dian, penulis blog informasi seputar Tempat-tempat wisata di Bandung dan Sekitarnya, yang kali ini akan Review Objek wisata Kawah Putih Ciwidey untuk anda.

Nah seperti apa daya tarik wisata dan Sejarah Kawah Putih di Ciwidey ini ? apa saja fasilitas wisatanya ? berapa Harga Tiket Masuknya ? dimana Alamat dan bagaimana Rute Jalan menuju ke sana ?

Yuk, di bawah ini kang dian akan menyajikan informasinya secara lengkap dan detil, khusus bagi anda pembaca setia blog tempatwisatadibandung.info.

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey Bandung Selatan

Sahabat traveler’s, bicara seputar Tempat Wisata di Bandung dan sekitarnya yang sangat bagus dan menarik memang tidak akan pernah bosan dan habis untuk kita mengupasnya.

Banyak sekali pilihan tempat wisatanya, contohnya yang terpopuler di Bandung Barat adalah berada di kawasan Tempat Wisata di Lembang dan juga kawasan Wisata Maribaya.

Atau yang terkenal lainnya adalah berada di sejumlah Tempat Wisata di Bandung Utara seperti kawasan wisata Dago, serta Tempat Wisata di Bandung Timur.

Eksotisnya Wisata Alam Bandung yang sangat indah, wisata kuliner, belanja, sejarah & budaya, edukasi di tambah Tempat Wisata di Bandung yang Baru jadi daya tarik utamanya.

Nah demikian juga dengan kawasan Tempat Wisata di Bandung Selatan atau Kabupaten Bandung, saat ini tengah berkembang begitu pesatnya.

Sejumlah objek wisatanya, khususnya di kawasan wisata Ciwidey dan juga sejumlah Tempat Wisata di Pangalengan, saat ini terus berbenah dan mempercantik diri.

Nah salah satu objek wisata di Bandung selatan, tepatnya di Ciwidey yang banyak mencuri perhatian wisatawan adalah Kawah Putih Ciwidey.

Kawah Putih adalah tempat wisata yang beralamat di Jalan Raya Soreang – Ciwidey KM 25, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat Indonesia.

Lokasinya jika diakses dari arah kota Bandung adalah berjarak 35 KM, dengan memerlukan waktu berkendara sekitar 2.5 jam.

Kawah Putih Ciwidey saat ini menjadi telah menjadi tempat wisata terpopuler di Bandung selatan, dan sekaligus menjadi Ikon kawasan wisata Ciwidey.

Saat ini pengelolaan Kawah putih dilakukan oleh Perhutani Jawa Barat, dan itu dilakukan sejak tahun 1987.

Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri, terutama saat libur akhir pekan serta akan semakin padat di musim libur panjang seperti hari raya dan tahun baru.

Nah apakah anda mau tahu alasan atau daya tarik wisata Kawah Putih Ciwidey ini sehingga menjadi destinasi wisata favorit wisatawan yang liburan ke Bandung ?

Baiklah di bawah kang dian akan menjelaskannya untuk anda, namun sebelumnya ada baiknya jika saya bagi juga anda informasi seputar Sejarah Kawah Putih Ciwidey terlebih dahulu.

Sejarah Kawah Putih Ciwidey

Sejarah Kawah Putih Ciwidey Bandung

Sahabat traveler’s, Kawah Putih sendiri sebenarnya merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha yang terjadi pada abad ke 10.

Oleh karenanya tidak salah dan beralasan jika masyarakat sekitar Ciwidey menyebutnya dengan nama Kawah Gunung Patuha.

Kawah di Ciwidey ini sebenarnya tidak berdiri sendirian di sini, karena di sekitarnya ada juga satu lagi Kawah Rengganis.

Sahabat traveler’s, jika membaca sejarah, maka Kawah Putih Ciwidey adalah bagian dari bukti sejarah Bandung di Zaman Purba..

Tempat ini berkaitan erat dengan sejarah Gunung Tangkuban Perahu di bandung Barat, serta Gunung Batu Lembang, Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Heuleut.

Gunung Patuha sendiri hingga saat diyakini warga sekitar sebagai salah satu Gunung Tertua di Bandung dibanding dengan Gunung Malabar, Gunung Burangrang, Gunung Puntang dll.

Sementara nama Patuha sendiri konon diambil dari asal kata Pak Tua ( Sepuh dalam bahasa Sunda ), sehingga gunung ini pun disebut Gunung Sepuh.

Jauh sebelum tempat wisata kawah putih di ciwidey ini terkenal seperti sekarang, ternyata dulunya Kawah Putih ini dikenal sebagai tempat yang angker.

Saking angker dan dianggap misteriusnya, saat itu tidak ada orang yang berani seorang pun dari warga sekitar yang datang apalagi sengaja datang ke sini.

Sehingga pesona keindahan alamnya yang merupakan salah satu surga bumi parahyangan di Bandung ini tidak diketahui keberadaannya.

Baru kemudian sejarah Kawah Putih Ciwidey pun mencatat, sekitar pada tahun 1837 kedatangan seorang yang bernama Dr Franz Wilhelm Junghuhn.

Pria berkebangsaan Belanda dan Jerman ini adalah merupakan seorang Naturalis, Doktor, Botanikus, Geolog sekaligus sebagai pengarang.

Pada saat kedatangannya, Junghuhn mendapati bahwa kawasan Kawah Putih Ciwidey ini benar-benar merupakan tempat yang sunyi dan sepi sekali.

Saking sepi dan sunyinya, bahkan tidak terlihat olehnya seekor biantang pun yang berada apalagi melintas di sana.

Berbekal rasa penasaran maka ia pun bertanya kepada penduduk sekitar Kawah Putih, dan mendapati jawaban bahwa tempat itu bagi masyarakat sekitar adalah tempat yang angker.

Mereka berkeyakinan bawah Kawah putih merupakan tempat bersemayamnya arwah para leluhur mereka dan menjadi pusat kerajaan bangsa Jin.

Sehingga menurut keyakinan mereka selama itu, berbahaya bagi mereka masuk ke sana, karena burung yang senagaja terbang di atasnya saja akan jatuh dan mati seketika.

Mendengar penjelasan demikian ternyata tidak lantas membuat Junghuhn ini merasa cukup, berbekal rasa pensaran yang semakin menjadi, akhirnya dia pun memutuskan pergi masuk hutan Gunung Patuha.

Hal tersebut dilakukan selain sebagai bagian tugas profesinya sebagai ahli botanik, juga untuk membuktikan ketidak yakinannya dengan keterangan masyarakat.

Dan benar saja, belum sampai di puncak Gunung Patuha, Junghuhn sudah menemukan sesuatu yang luar biasa, namuan bukan hal menakutkan tapi sebuah surga alam.

Ya, Junghuhn menemukan sebuah hamparan pemandangan alam yang sangat indah luar biasa di hadapannya, sehingga membuatnya mengentikan sejenak langkah kakinya.

Kawah Putih Ciwidey BandungDi depannya, dia melihat sebuah Danau nan begitu indah berwarna putih kehijauan yang cukup luas areanya.

Yang membuat Junhuhn terpesona juga adalah dari dalam danau tersebut, dia melihat keluarnya semburan lava dengan diiringi bau belerang yang sangat menyengat.

Dan dari pengamatan itu pulahlah akhirnya dia menyimpulkan bahwa kenapa tempat ini bagi masyarakat sekitar Kawah Putih Ciwisdey disebut sangat angker.

Terjawablah sudah misteri kenapa burung-burung yang melintas atau terbang di atas kawah putih ini selalu jatuh dan mati, ya karena bau belerang yang sangat menyengat di bawahnya.

Nah traveler’s, setelah penemuan sumber belerang yang cukup berlimpah di Kawah Putih oleh Junghuhn, akhirnya di sini pula awal berdirinya Pabrik pengolahan Belerang di sini.

Di zaman Belanda, Pabrik belerang ini bernama Zwavel Ontgining, sementara setelahnya di masa pendudukan Jepang, pabrik belerang berubah menjadi Kenzanka Yokoka.

Nah itulah sepenggal cerita Sejarah Kawah Putih yang harus anda ketahui sebelum mengunjungi tempat ini.

Hingga kini Cerita dan Misteri seputar Kawah Putih ini masih terjaga dan masih tetap diyakini oleh sabagian warganya.

Hal itu diperkuat oleh pendapat Kuncen Kawah Putih Ciwidey yang bernama Abah Karna yang berusia 105 tahun, yang tinggal di Kampung Hoe, Desa Sugih Mukti.

Menurutnya, di salah satu lokasi Puncak Gunung Patuha diyakini merupakan tempat rapat para leluhur yang dipimpin oleh Eyang Jaga Satru.

Hal tersebut diperkuat, dimana terdapat makam para leluhur seperti Eyang Jaga Satru, Eyang rangsa Sadana, Eyang Camat, Eyang Ngabai, Eyang Barabak, Eyang Baskom serta Eyang Jambrong di sana.

Daya Tarik Wisata Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey BandungNah sahabat traveler’s, jika di atas sudah kita bahas seputar Sejarah dan Mitos Kawah Putih yang sangat menarik bukan ?

Kini saatnya kang dian akan berikan anda informasi hal istimewa atau daya tarik kenapa anda akan rugi jika liburan ke bandung tidak mengunjungi Kawah Putih Ciwidey.

Wisata Alam Bandung yang Indah

Sahabat traveler’s, Kawah Putih Ciwidey adalah tempat wisata yang berada di kawasan pegunungan dan memiliki ketinggian sekitar 2.400 mdpl.

Dengan ketinggiannya tersebut, maka dipastikan suhu kawasan ini tentu saja sangat sejuk di siang hari dan menjadi sangat dingin di malam hari.

Di siang hari suhu rata-tata di sini adalah 22 derajat celcius, sementara di waktu malam hari bisa mencapai 8 derajat celcius.

Pemandangan alam di kawasan ini sangat begitu indah, masih tampak alami, terutama kawasan danaunya yang dikelilingi pegunungan di sekitarnya.

Yang menjadi sangat menarik dan unik dari kawah putih ciwidey ini adalah warna air danaunya yang selalu berubah warna.

Meski tampak berwarna putih kehijauan, namun warnanya akan selalu berubah menyesuaikan dengan kadar belerang yang ada air danaunya, serta cuaca dan suhu juga mempengaruhi.

Kegiatan Wisata Menarik di Kawah Putih Ciwidey

Sahabat traveler’s, begitu eksotisnya wisata alam di Kawah putih Ciwidey ini, maka banyak aktifitas pengunjung yang biasa dilakukan di sini.

1.Lokasi Syuting Film

Sahabat traveler’s, jika anda beruntung, ketika datang ke sini bisa saja anda menyaksikan artis-artis ibukota sedang berakting di sini.

Tercatat beberapa film layar lebar Box Office di Indonesia pernah syuting di sini, seperti Film My Heart.

Yang lainnya, Girl Band populer asal ibukota Jakarta JKT48 pun pernah melakukan syuting untuk Video Klip lagu mereka di sini.

Belum lagi sinetron atau FTV yang banyak di siarkan di televisi swasta nasional ini banyak juga yang mengambil syuting gambar di sini.

2.Objek Melukis Alam

Sahabat traveler’s, bagi anda penyuka atau mempunyai hobby menggambar atau melukis, maka Kawah Putih Ciwidey adalah salah satu lokasi wisata terbaiknya.

Pemandangan keindahan alam kawah putih dengan background danau dan alam sekitarnya sangat sayang jika tidak dilukiskan dalam sebuah kanvas.

Banyak di sini pelukis-pelukis profesional yang biasanya berkarya di Jalan Braga Bandung, untuk pekerjaannya melukis gambar pemandangan di sini.

Sebagian hasil karyanya yang terinspirasi keindahan kawah putih, bisa juga anda lihat bahkan dibeli di Toko Lukisan di Bandung yaitu HijauArt Galeri.

3.Tempat Foto Pre-wedding di Bandung

Prewedding di Kawah Putih Ciwidey BandungSahabat traveler’s, aktifitas menarik lainnya yang populer dilakukan di Kawah Putih adalah banyak pasangan melakukan sesi pemotretan pre-wedding di sini.

Pemandangan alam yang asri, warna danau yang putih dengan kabutnya, menambah eksotisnya hasil foto prewedding di sini.

Kawah Putih di Ciwidey memang dikenal sebagai satu dari tempat foto prewedding di bandung terbaik selain di Pine Forest Camp, Terminal Wisata Grafika Cikole dan Dusun Bambu.

Untuk satu kali sesi pemotretan prewedding, pengelola memberikan biaya atau tarif sebesar Rp.500.000 untuk pengunjungnya.

4.Tempat Trekking di Bandung

Menjelajah rute jalan yang menembus lebatnya hutan di sini, menikmati hamparan perbunan teh di bandung sambil menghirup udara segar adalah kegiatan wisatawan asal perkotaan di sini.

Rute trekkingnya dijamin tidak kalah dengan jalur mendaki di Geo Culture Trek Lembang, meski anda lelah namun tetap asyik melakukannya.

5.Wisata Berkuda

Sahabat traveler’s, kata siapa kegiatan wisata berkuda ala koboy hanya ada di tempat wisata De’Ranch Lembang saja ?

Di sini pun ada masyarakat sekitar yang menyewakan tunggangan Kuda yang bisa anda gunakan untuk mengelilingi Kawasan Kawah Putih Ciwidey.

Nah sahabat traveler’s, itulah beberapa kegiatan wisata menarik yang bisa anda lakukan ketika berlibur di Kawah Putih Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Masih banyak hal menarik dan seru lainnya yang bisa anda lakukan di sana, untuk itu siapkan dan rencanakan untuk mengunjunginya dari sekarang.

Fasilitas Wisata Kawah putih Ciwidey

Sahabat traveler’s, untuk memberikan kenyamanan kepada setiap pengunjung yang datang ke sini, pihak pengelola sudah menyediakan beberapa fasilitas wisata di sini.

Hal tersebut tentunya ditujukan agar wisatawan bisa menikmati suasana liburan yang berkesan di sini serta betah berlama-lama di sini.

1.Area Parkir Luas

Sahabat traveler’s, di Kawah Putih telah tersedia faslitas tempat parkir yang cukup luas dan refresentatif juga aman.

Bagi anda yang datang bersama keluarga ke sini naik motor, kendaraan minibus hingga Bus Pariwisata, tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat parkir.

2.Mushola

Untuk kenyamnan pengunjung yang memang sebagain besar beragama muslim, pengelola sudah sediakan tempat ibadah berupa mushola.

Musholanya bagus, terawat, dan sholat di sini dijamin akan berbeda, lebih nyaman karena suasana sunyi dan dingin.

3.Pusat Informasi

Bagi wisatawan baru yang pertama kali datang liburan ke Kawah Putih, anda bisa bertanya hal menarik apa, fasilitas atau apa pun yg tersedia di sini.

Penjaganya sangat ramah melayani dan siap memberikan bantuan apa pun yang sekiranya bisa untuk dibantu untuk anda.

4.Restoran & Warung Makan

Sahabat traveler’s, bagi anda yang datang ke sini, tidak perlu khawatir jika anda lupa atau tidak membawa perbekalan makanan dan minuman.

Di dalam kawasan Kawah Putih Ciwidey ini tersedia beberapa restoran dan warung makan, yang bisa anda datangi untuk keperluan makan dan minum.

Bahkan di luar area kawah putih pun, tepatnya di depan areal parkir terdapat deretan rumah makan yang menyediakan beragam menu kuliner.

Mulai dari menu tradasional ala Rumah Makan Sunda di Bandung, menu nusantara hingga kuliner chinese dan western ford juga ada.

5.Toilet

Nah untuk keperluan mandi, buang air kecil dan besar pengunjung, di sini telah disediakan fasilitas toilet yang bersih.

6.Penginapan

Sahabat traveler’s, bagi anda yang mau menikmati suasana malam atau beristirahat dengan cara menginap di Kawah Putih, di sini juga telah tersedia.

Patuha Resort adalah salah satu Penginapan Murah di Ciwidey, yang bisa anda tempati sebagai tempat peristirahatan selama liburan di Ciwidey.

Harga atau tarif sewa kamarnya nya juga sangat terjangkau, tidak lebih dari Rp.500.000/malam anda sudah mendapat fasilitas penginapan yang refresentatif.

Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey

Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey Bandung

Sahabat traveler’s, setiap pengunjung yang mau masuk ke kawasan wisata Kawah Putih akan dikenakan biaya atau tarif masuk sebagai berikut ;

Untuk harga tiket masuk perseorangan, Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey terbaru dikenakan tarif Rp.18.000 (Wisatawan Lokal) dan Rp.50.000 (Turis Asing)

Daftar Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey

Jenis TiketHarga
HTM WeekdayRp.18.000
HTM Weekend/LiburRp.18.000
HTM Turis Asing ( Weekday & Weekend )Rp.50.000

Harga Tiket Parkir Kendaraan Bermotor

Daftar Tarif Parkir Kawah Putih

Jenis ParkirTarif Parkir
Parkir Atas Roda 4Rp.150.000
Parkir Bawah Roda 2Rp.3.000
Parkir Bawah Roda 4Rp.6.000
Parkir Bawah Roda 6Rp.25.000

Sahabat traveler’s, perlu anda ketahui bahwa lokasi parkir di kawah putih ini terbagi dua, yaitu lokasi parkir atas dekat danau kawah putih dan parkir bawah dekat pintu masuk.

Bagi anda yang membawa mobil dan mau memarkir kendaraan di area parkir atas, maka tarif parkirnya adalah Rp.150.000/mobil.

Sementara untuk tarif parkir kendaraan roda empat ( mobil ) yang diparkir di area parkir bawah tarifnya Rp.6.000/mobil.

Untuk anda yang masuk menggunakan kendaraan roda dua Motor dan memilih tempat parkir atas, maka akan dikenakan tarif Rp.35.000/motornya.

Jika motor anda mau diparkir di lokasi parkir bawah dekat pintu masuk, maka tarf parkirnya adalah Rp.5.000/motor.

Sementara kendaraan Bus ( Roda 6 ) yang hanya bisa parkir di area aprkir bawah dikenakan tarif Rp.25.000/bus nya.

Nah, bagi anda yang turun dari parkir bawah, untuk menuju lokasi danau kawah putih dekat parkir atas, pengelola sudah sediakan transportasi sendiri.

Namanya Ontang Anting, dimana setiap pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp.13.000 ( Pulang Pergi )

Harga Tiket Masuk Pre Wedding di Kawah Putih Ciwidey

Dan bagi anda yang mau melakukan kegiatan foto prewedding di Kawah Putih Ciwidey, maka pengelola mengenakan tarif Rp.500.000.

Alamat Kawah Putih Ciwidey

Jalan Raya Soreang – Ciwidey KM 25, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat Indonesia

Nomer Telepon Kawah Putih Ciwidey

Untuk informasi harga tiket masuk terbaru, kegiatan acara, atau reservasi tempat, silahkan menghubungi nomer kontak berikut.

Jam Buka Kawah Putih Ciwidey

Waktu operasional tempat wisata Kawah putih adalah setiap hari, senin hingga minggu, mulai buka pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Peta Lokasi Kawah Putih Ciwidey

Silahkan anda bisa lihat di sini

Rute Jalan Menuju Kawah Putih Ciwidey

Sahabat traveler’s, banyak cara dan jalur rute jalan untuk mengakses lokasi objek wisata kawah putih di ciwidey ini.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil, dan juga bisa menggunakan transportasi umum.

Kendaraan Pribadi

Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi dari arah kota Bandung, silahkan anda bisa melewati rute melewati jalan Kopo – Margahayu – Cilampeni – Katapang – Soreang – Ciwidey.

Termasuk juga bagi anda wisatawan asal jakarta yang keluar dari Pintu Tol Kopo, silahkan anda bisa mengambil rute jalan di atas.

Menggunakan rute jalan tersebut anda akan melewati beberapa pusat wisata di kabupaten Bandung yang terkenal seperti ;

Ada pusat perbelanjaan di Bandung selatan Miko Mall, kemudian melewati pusat kuliner Kopo Square dan pusat Wisata Belanja Murah di Gang Nata Kopo Sayati dan Kampung Boneka di Kopo Sayati Bandung.

Di pertigaan sekitar soreang juga anda bisa menemukan pusat wisata kuliner mkanan khas sunda seperti Kampung Sawah di jalan Banjaran dan Rumah Makan Ampera di jalan Gading Tutuka.

Sebentar lagi, ada alternatif jalan yang lebih cepat, karena pembanguan jalan Tol Soroja yang menghubungkan Pasirkoja dan Soreang sudah mendekati rampung.

Jadi waktu perjalanan anda yang selama ini terhambat kemacetan jalan Kopo yang super padat meski pada hari-hari biasa bisa dihindari.

Kendaraan Umum

Nah bagi sahabat yang mau ke kawah putih ciwidey menggunakan kendaraan umum tidak usah khawatir juga, karena tersedia juga transportasinya.

Mengambil start di terminal leuwipanjang, anda bisa menggunakan kendaraan Bus atau elf dengan rute Leuwipanjang – terminal ciwidey.

Dar terminal ciwidey anda turun dan melanjutkan naik kendaraan angkutan pedesaan berwarna kuning menuju Situ Patenggang dan turun di depan lokasi Kawah Putih.

Nah sahabat traveler’s bagaimana ? sangat mudah bukan ?

Tempat Wisata di Sekitar Kawah Putih Ciwidey

Sahabat traveler’s, lokasinya yang berada di pusat kawasan wisata Ciwidey, maka dari sini sangat dekat dengan tempat wisata terpopuler lainnya di sini.

Anda cukup dekat dengan objek wisata seperti Ciwidey Valley Resort, Pemandian Air Panas Cimanggu dan Ciwalini, Ranca Upas, Taman Kelinci, Barusen Hills dan Situ Patenggang.

Tidak hanya itu, dari sini juga dekat dengan salah satu tempat wisata outbound di Bandung yaitu Bale Bambu Ciwidey dan pusat agrowisata Kebun Tanaman Obat ( KTO) Sari Alam.

Tempat ini milik bapak adjat dan ibu kodariah, yang dikalangan pejabat dan artis merupakan ahli pengobatan herbal untuk penyakit kanker dan yang lainnya.

Sebelum pulang, anda juga jangan melewatkan untuk mempir di Kebun Strawberry Ciwidey, anda bisa memetik sendiri buah strawbery di sana.

Hotel di sekitar Kawah Putih Ciwidey

Sahabat traveler’s, ada banyak tersedia penginapan murah di sekitar kawah putih yang bisa anda gunakan sebagai tempat bermalam.

Di sekitar sini terdapat EmTe Highland Resort, dekat cimanggu ada Green Hills Park, d’Riam Riverside Resort, Kampung Pago, Saung Gawir dll.

Bagi yang suka bercamping, selain di Ranca Upas, di ciwidey juga terdapat cara menginap di alam terbuka dengan fasilitas seklas hotel berbintang yaitu Glamping Bandung.

Glamping Bandung yang ada di sini adalah Legok Kondang Lodge, kemudian ada Glamping Lakeside Rancabali dekat Situ Patenggang, dan Glamping Ciwidey Valley Resort.

Tips Wisata ke Kawah Putih Ciwidey

Sahabat traveler’s, berwisata ke sini tentu saja akan berbeda dengan anda berkunjung ke objek wisata Pantai Buatan di Kampung Gajah atau Kampung Batu malaksari, bukan untuk berenang bukan ?

Berikut adalah beberapa Tips Wisata versi kang dian yang wajib anda ketahui sebelum berwisata ke Kawah Putih di Ciwidey ini.

Pertama adalah karena kawah putih suhu udaranya sangat sejuk bahkan dingin serta berkabut, maka anda jangan lupa membawa mantel atau pakaian tebal.

Yang kedua, kuatnya bau belerang di sekitar danau kawah putih bagi yang terbiasa bisa membuat mual, jadi bawalah masker.

Bagaimana sahabat traveler’s, sejauh penjelasan saya di atas, apakah anda tertarik untuk segera liburan ke Kawah Putih ?

Atau anda tertarik juga menjajal tempat-tempat wisata di Bandung yang sangat terkenal seperti Kyoto Floating Market dan Hijab Swimming Pool di Floating Market Lembang ?

Atau anda mau bermain di rumah hobbit Farm House Susu Lembang, menguji tantangan dengan bermain di wahana spektakuler di Trans Studio Bandung dan tempat lainnya ?

Nah jika iya, seperti biasa sebelum menutup rulisan review tempat wisata di bandung, kang dian juga akan berikan Tips Wisata ke Bandung yang Murah dan Mudah.

Tipsnya adalah, jika anda mau liburan ke Bandung tanpa perlu ribet dan repot serta bdugetnya murah, maka ikutlah program Paket Wisata Bandung Murah.

Kini banyak penyedia jasa layanan paket tour ke bandung yang ditawarkan sejumlah travel agency Tour Travel Bandung.

Nikmatilah cara liburan ke bandung yang lebih efektif waktunya, efisien harganya, dan jadilah anda seorang raja dan ratu saat liburan, karena anda akan dilayani.

Pilihan Paket Wisata ke Bandung yang sangat populer bagi anda yang datang bersama keluarga atau berdua dengan pasangan adalah ;

Ada Paket Wisata Bandung 2 Hari 1 Malam, serta Harga Paket Wisata Bandung 3 Hari 2 Malam sekarang juga murah, maka anda bisa pilih salah satunya.

Bagaimana ? tertaraik mengikuti program Paket Tour Bandung di atas ?

Jika anda mau memesan Paket Wisata Bandung yang murah, silahkan kang dian insyaAllah bisa membantu jika diperlukan.

Anda bisa menghubungi nomer kontak Whatsapp saja di 0857-2337-7997.

Nah sahabat traveler’s, demikianlah informasi seputar Tempat Wisata di Bandung selatan yang menarik dan wajib anda kunjungi Kawah Putih Ciwidey.

 

Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey Bandung

Place Name: Kawah Putih Ciwidey

Place Description: Tempat Wisata Alam di Ciwidey Kabupaten Bandung

More...

  • Kawah Putih Ciwidey
  • Fasilitas
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses

Ringkasan

Nama : Kawah Putih
Alamat : Ciwidey Kab.Bandung
No Tlp : -
Jam Buka : 07.00 - 17.00 WIB
Harga Tiket Masuk : Rp.18.000
Fasilitas : Penginapan,Resto dll

5.0
User Rating 5 (1 vote)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
Loading...

Leave a Reply

Sending