Punclut Bandung – Surga Wisata Kuliner & Alam Ciumbuleuit

Punclut Bandung

Punclut Bandung

Punclut Bandung РAnda mencari tempat wisata di bandung utara yang paling asyik sebagai tempat wisata yang romantis lengkap dengan pusat wisata kuliner khas sunda di sekitarnya yang murah dan enak ? Ya kunjungilah Puncak Ciumbuleuit,atau yang lebih populer masyarakat bandung memanggilnya Punclut. Bahkan ada yang mengatakan puncrut yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia puncrut atau Punclut Bandung berarti puncak Bandung.

Sahabat jumpa lagi dengan penulis blog tempatwisatadibandung.info, yang kali ini akan mengajak anda untuk membahas topik yang spesial, sebuah objek wisata di bandung yang sangat populer terutama bagi kawula muda bandung, yaitu Punclut Bandung.Bagi yang belum pernah mendengar tempat wisata yang menarik di kota kembang ini,penulis beritahukan dari sekarang bahwa tempat ini adalah salah satu titik puncak ketinggian di bagian utara bandung yang sangat ideal bagi anda yang mencari tempat romantis untuk bersantai sambil menikmati aneka jajanan khas bandung juga bisa menikmati landscape indahnya Kota Bandung.

Nah, seperti apakah keasyikan dan keseruan apabila kita datang ke salah satu tempat yang asyik dan populer selain sebagai salah satu tempat wisata di bandung yang sangat romantis dan eksotis, akan tetapi juga sebagai salah satu tempat makan di kota bandung yang enak karena dijamin ketika anda mengunjungi salah satu tempat refreshing di bandung utara ini, selain pikiran akan fresh juga perut akan kenyang dengan berbagai makanan dan minuman yang enak, lezat dan harganya sangat murah lagi.

Punclut Bandung

Punclut Bandung

Punclut Bandung

Punclut atau Puncak Ciumbuleuit adalah kawasan dataran tinggi pegunungan yang paling dekat dari pusat kota Bandung, dimana jaraknya tak lebih hanya kurang dari 7 KM saja, atau hanya 4 Km dari kawasan wisata belanja kota bandung terkenal seperti Cihampelas, dimana di kawasan itu ada Cihampelas walk dan Mox Club. Dengan ketinggian di atas 1000 meter di atas permukaan air laut, menjadikannya sebagai salah satu lokasi wisata yang strategis untuk berwisata seperti menikmati eksotisme kota bandung,lokasi wisata kuliner favorit serta yang tak kalah serunya adalah karena Punclut Bandung ini masuk kawasan dataran tinggi , maka udara kawasan punclut dan sekitarnya ini sangat sejuk di siang hari dan sangat dingin di malam hari, maka seringkali bagi warga bandung dan juga wisatawan luar kota dijadikan kawasan untuk jalan-jalan bahkan olah raga pagi di setiap hari minggu dan libur.

Kawasan Punclut Bandung memiliki luas areal hampir 290 hektar lahan, sehingga menjadikannya sebagai salah satu kawasan paru-paru Kota Bandung, selain dari taman di kota bandung tentunya dengan tingkat suhu rata-rata kawasan antara 15 hingga 22 derajat Celcius. Yang menjadi daya tarik objek wisata bandung utara ini adalah kita dapat melihat langsung bentuk geografis dari kota berjuluk Paris Van Java dari ketinggian yang berbentuk cekungan. Apabila anda tepat berada di titik ini, anda seperti berdiri di tepian mangkuk raksasa yang maha besar, dimana anda bisa melihat eksotisme pemandangan kota Bandung beserta dengan pegunungan yang mengitari kota kembang.Melihat ke arah selatan,anda bisa menikmati bentangan gunung Malabar,Gunung Patuha yang merupakan lokasi Kawah putih berada serta Waringin. Jika cuaca sedang cerah, bahkan anda dapat melihat dengan jelas landmark Kota Bandung yang baru yaitu Jembatan Layang Surapati dan juga Menara Kembar Masjid Raya Jabar di Alun-alun Kota Bandung.

Wisata Punclut Bandung

Punclut Bandung

Punclut Bandung

Sahabat Traveler’s, seperti yang penulis singgung di atas, karena lokasinya yang sangat strategis dan sangat mudah dijangkau bagi anda yang sedang liburan di kota bandung dan sekitarnya, maka kawasan Punclut Bandung ini sangat penulis rekomendasikan untuk anda singgahi dalam rangkaian wisata selama anda di kota kembang Bandung.Kenapa demikian ? Karena tempat wisata di bandung yang paling romantis ini, bisa anda kunjungi setelah melakukan berbagai aktifitas wisata di kota bandung lainnya, seperti mengunjungi aneka tempat wisata belanja di bandung seperti di Factory Outlet, Mall di bandung, hingga Cibaduyut.Atau juga anda bisa kunjungi punclut bandung manakala anda bersama keluarga sudah menikmati sejumlah tempat wisata hiburan di bandung seperti Trans Studio Bandung,atau tempat wisata anak di bandung seperti Bandung Carnival land hingga Kampung gajah wonderland .

Nah, sehabis seharian jalan-jalan menikmati berbagai tempat wisata di bandung yang menarik pilihan anda dan keluarga,tentunya anda lelah, capek sekaligus lapar kan ? Nah apabila anda bingung mencari tempat makan di sekitar kota bandung yang enak dan lezat dengan menu kuliner khas sunda dan bisa sekalian melepaskan rasa capek dan lelah tubuh anda setelah seharian berbelanja dan bermain di suatu tempat wisata yang udaranya masih sangat segar,sejuk dan dingin sambil bisa menikmati indahnya kota bandung ? Ya, jawabannya pasti Punclut Bandung.

Kawasan Puncak Ciumbuleuit menjadi salah satu objek wisata alam favorit di Bandung karena dari kawasan ini, anda dapat menikmati pemandangan alam dari Bandung Utara dengan udara yang masih sejuk karena jauh dari polusi udara di yang ada di daerah perkotaan. Sebagai kawasan wisata yang sedang berkembang, Punclut juga sebagai salah satu tempat wisata kuliner di bandung yang mempunyai fasilitas seperti jajaran kedai dan juga PKL di sepanjang sisi kanan dan kiri jalan punclut yang menjual berbagai macam pernak pernik mulai dari aneka jajanan makanan sampai dengan cendera mata untuk oleh-oleh khas bandung.Kawasan Punclut sebagai pusat wisata kuliner siap menyambut anda dengan sajian aneka macam makanan tradisional khas Sunda seperti aneka Nasi Timbel putih, masakan tutut/keong, sambal pecel, ketan goreng, sayur asem dan makanan Sunda yang enak dan lezat lainnya.

Tempat Makan Enak di Punclut Bandung

Punclut Bandung

Punclut Bandung

Sahabat traveller’s rasakanlah sensasi wisata di sini yang dijamin berbeda.Apabila anda bosan dengan suasana makan di sejumlah Cafe di bandung, restoran bandung, maka berkuliner ria di Punclut Bandung adalah solusinya.Coba anda bayangkan, sambil menikmati indahnya pemandangan kota bandung di sebuah lokasi yang udaranya masih sangat segar dan dingin, Anda bisa melahap aneka kuliner enak,lezat dan hangat yang banyak disajikan di rumah makan berupa warung lesehan yang banyak berjejer di sepanjang jalan menuju kawasan ini.

Tempat makan di Punclut Bandung yang berupa warung lesehan ini biasanya menyediakan aneka kuliner khas Sunda. Menu wajib yang biasanya tersedia adalah Nasi Timbel dan Nasi Goreng khas bandung. Namun ada satu jenis kuliner khas Punclut Bandung yang wajib Anda jajal, yaitu sajian Nasi Merah yang hidangkan dalam boboko dari anyaman bambu dengan dilengkapi banyak “Rencang sangu” alias menu makanan pendamping nasi seperti aneka gorengan tahu bandung, tempe, ayam, udang, cumi, ikan hingga belut goreng.Dan sajian tersebut dihidangkan bersama dengan sambal terasi dan lalapan petai mentah atau jengkol goreng, hhmmm, dijamin sangat pas disantap ditengah suasana dinginnya udara punclut.

Satu lagi yang wajib anda coba, salah satu tempat ngopi di bandung yang asyik ini pun menyediakan aneka Minuman tradisional yang siap memanjakan dan meghangatkan pengunjung dari ganasnya hawa dingin punclut, seperti minuman Bandrek dan juga bajigur. Nah, akan jauh lebih asyik, apabila anda meminum minuman tradisional tersebut dibarengi dengan membeli camilan ringan terlebih dahulu seperti jagung bakar, ketan bakar untuk menemani kegiatan Anda selama di Punclut Bandung.

Harga makanan di Punclut Bandung

Harga Makanan di Punclut Bandung

Punclut Bandung

Karena kawasan ini adalah kawasan populer wisata rakyat terutama warga masyarakat bandung dan sekitarnya, maka bagi anda wisatawan yang berasal dari luar kota bandung seperti jakarta atau kota yang lainnya, pastinya akan mendapatkan harga aneka menu kulier di Punclut Bandung ini jelas sangat terjangkau alias murah bagi siapa pun, dibandingkan apabila anda membeli mekanan atau minuman sejenis di tempat atau kota anda berada seperti di restoran dan juga cafe.

Nah, berikut adalah tabel atau daftar harga di salah satu warung lesehan terkenal di kawasan punclut yang bisa dijadikan rujukan harga makanan dan minuman di punclut bandung :

Harga Makanan di Punclut Bandung

Harga Makanan di Punclut Bandung

Alamat Punclut Bandung

Untuk mencapai salah satu tempat wisata di bandung yang wajib dikunjungi ini, anda sebenarnya sangatlah cukup mudah untuk menemukan alamat jalan menuju kawasan wisata puncak punclut ciumbuleuit. Dari pusat kota bandung, apabila anda menggunakan kendaraan pribadi, tinggal mengikuti saja semua rambu lalu lintas atau papan reklame yang akan dengan mudah memandu anda menemukan alamat ke kawasan punclut bandung, yang pastinya adalah di daerah Ciumbuleuit.

Map Punclut Bandung

Nah, untuk anda pengguna GPS di kendaraan anda,peta lokasi wisata Punclut Bandung akan semakin mudah anda temukan lokasinya dengan membukanya peta alamat punclut ciumbuleuit bandung di sini.

Rute Jalan Menuju Punclut Bandung

Rute jalan menuju kawasan punclut dari pusat kota Bandung, anda dapat mengambil arah menuju Bandung Utara ke daeran Ciumbuleuit. Nah apabila start dari kawasan wisata Dago bawah dari Jl. Ir. H. Juanda, silahkan anda belok kiri sebelum simpang Dago.Setelahnya anda belok kanan menuju jalan Siliwangi hingga tiba di pertigaan, kemudian belok kanan menuju Jl. Ciumbuleuit.

Rute jalan lainnya adalah Kawasan Punclut Bandung juga bisa digunakan sebagai jalur alternatif wisatawan yang akan pergi ke kawasan wisata Lembang yang terkenal seperti Dusun Bambu, taman begonia dari kota Bandung.Meskipun sepanjang Jalan alternatif Punclut ini jalannya cukup sempit dan menanjak, akan tetapi dapat mempermudah wisatawan untuk menghindari kemacetan yang terjadi di jalur utama Bandung-Lembang terutama di akhir pekan dan musim liburan, sambil tentunya bisa melihat keindahan kota bandung dari ketinggian.

Nah, demikianlah informasi seputar tempat wisata di bandung yang menarik sebagai salah satu lokasi wisata alam bandung yang bagus untuk menghirup udara segar dan menikmati pemandangan indah kota bandung, juga merupakan salah satu kawasan favorit sebagai salah satu tempat wisata kuliner kota bandung yang rekomended apabila anda ingin bersantap aneka menu kuliner khas masakan sunda atau jawa barat yang terkenal.

Tips Wiasata ke Punclut Bandung

  • Datanglah Sore menjelang malam. Waktu sore hari ¬†menjelang malam adalah waktu yang sangat pas apabila anda berkunjung ke puncak ciumbuleuit, pemandangan indah gemerlap lampu di cekungan Kota Bandung dapat dinikmati dengan jelas dari Puncrut, sehingga menghadirkan suasana romantis bangi anda yang berkunjung ke sini bersama pasangan. Jangan kaget apabila setiap akhir pekan apalagi musim liburan, banyak pasangan muda-mudi yang datang dan menikmati pesonanya.
  • Bawalah kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat.Untuk kenyamanan anda berwisata menikmati aneka sajian kuliner lezat di tengah suasana alam yang berselimut kabut, tentunya anda jamin akan betah berlama-lama tinggal di kawasan wisata punclut.Jangan terbebani pulang harus naik kendaraan apa, apabila anda membawa alat transportasi sendiri ke sini seperti mobil dan motor.
  • Salah satu tempat wisata murah di Bandung. Ini adalah pesan dari penulis, Jangan sampai lupa apabila akhir pekan atau musim liburan tiba dan anda merencakan berlibur ke kota bandung , maka wajib untuk anda mengunjungi obyek wisata bukit Puncrut Bandung. Garansi tidak akan menyesal dan satu kata untuk anda kata siapa berwisata ke Bandung itu mahal ?.

Selamat berlibur !! [ tempatwisatadibandung.info # Punclut Bandung ]

Loading...

Leave a Reply