Curug Tilu – The Sense Of Bandung Waterfall

Curug Tilu – Pernahkah anda mendengar atau bahkan berkunjung ke salah satu tempat wisata di bandung berupa curug atau air terjun Bandung yang populer dengan nama Curug Tilu Leuwi Opat Cimahi ? Anggap saja belum, maka penulis kali ini akan berikan informasi salah satu objek wisata di bandung yang masih alami namun memiliki keindahan alam yang eksotis dan romantis yang dekat dengan lokasi wisata bandung yang fenomenal seperti Dusun Bambu, taman begonia dan juga berada di sekitar kawasan Ciwangun Indah Camp dan salah satu Villa di Bandung yaitu Villa istana Bunga.

Curug Tilu

Nama Curug dalam bahasa sunda artinya Air terjun dan tilu berarti tiga, dengan demikian salah satu curug di bandung yang indah Curug Tilu berarti air terjun yang memiliki jumlah 3 tingkatan terjunan air. Ketinggian curug Tilu sendiri ini sekitar 10 meter tingginya dengan lebar curug sekitar 2 meteran.Sementara di bagian bawah rangkaian curug tilu ini terdapat sebuah kolam iar seperti penampungan dari curug yang memiliki kedalaman airnya mencapai 10 meter.cukup dalam dan tentunya sangat berbahaya untuk dipakai sembarangan untuk lokasi berenang.

Di atas Curug Tilu parongpong ini, apabila anda berjalan ke arah yang lebih tinggi atau hulu curug, maka anda akan menemukan sebuah curug lagi yang populer masyarakat sekitar menyebutnya Curug Putri Layung. Meski ukuran curugnya lebih kecil, akan tapi kolam alami ini memiliki kedalaman air yang cukup dalam juga.

Apabila anda berjalan menuju Curug Tilu dari arah pusat Training Camp CIC, maka selama menyusuri jalur tempuh ini, maka anda akan menemui 3 curug kecil yang ketinggiannya tak lebih dari 3 meteran. Curug pertama adalah yang populer dengan nama Curug Tilu Leuwi Opat yang terletak dekat camping ground ciwangun indah camp, dan diberi nama itu karena terdapat empat curug kecil yang berdekatan satu sama lain dalam satu cekungan tebing seperti leuwi.

Curug Leuwi Opat ini disebut juga Curug Cisaseupan karena cipratan dari air terjunnya seperti menimbulkan asap yang unik. Dan Curug terakhir dari Curug Leuwi Opat ini jatuh ke sebuah leuwi atau kolam alami dengan kedalaman mencapai 15 meter dalamnya sehingga bagi setiap pengunjung yang datang ke sini, dianjurkan untuk tidak berenang atau bermain air di sini.

Curug kedua adalah Curug Kecapi, curug yang tidak terlalu tinggi dengan debit air yang kecil akan tetapi memiliki aliran air yang cukup jernih. Sedangkan curug ketiga dari rangkaian Curug tilu ini adalah Curug yang diberi nama Curug Sawer.

curug tilu

curug tilu

Wisata Air Terjun di curug tilu leuwi opat

Curug yang populer juga dengan sebutan Curug Tilu Leuwi opat ( Leuwi kacapi, leuwi baeud,leuwi bagong ) lokasinya berada di desa Cihanjuang Rahayu Parongpong Lembang Bandung barat.salah satu tempat wisata air terjun di Bandung yang menarik dan wajib nda kunjungi ketika sekalian berlibur ke berbagai wisata di Lembang ini,telah ditemukan atau dibuka sejak tahun 1996,dan dikembangkan sebagai salah satu destinasi Tempat Wisata Di Bandung untuk umum dan komersil sejak tahun 2006 silam.

Salah satu tempat wisata di bandung yang baru ini sejak pembukaannya telah mampu menjadi salah satu kawasan wisata favorit warga bandung dan sekitarnya sebagai objek wisata keluarga di bandung yang murah meriah, yang diyakini mampu memberikan rasa ketenangan dan kenyamanan karena keindahan alam nya yang begitu indah serta gemericik suara air terjun yang mampu menenangkan suasana di sekitar kawasan curug tilu.

Selain kegiatan wisata khas alam lembang di atas yang bisa anda dapatkan di Curug Tilu leuwi opat , lokasi wisata yang berbatasan langsung dengan hutan pinus sekitar areal Ciwangun Indah Camp pun dilewati oleh aliran sungai yang menuju Curug Cimahi dari hulu Danau situ Lembang. Dengan luas kawasan 5 Hektar anda anda dapat dengan bebas menikmati area hijau dan asri di lokasi ini, sehingga tidak salah apabila kawasan wisata curug tilu ini menjadi tempat favorit bagi kegiatan-kegiatan wisata lainnya yang eksklusif.

Berikut adalah kegiatan wisata yang bisa wisatawan dapatkan ketika berkunjung ke Curug Tilu :

  • Lokasi Camping
  • Lokasi Outbound
  • Lokasi Funs Game Paint Ball
  • Lokasi Rappeling
  • Lokasi Panjat
  • Lokasi Arung Jeram
  • Lokasi Belajar tentang Alam dan Gunung Api Purba
  • Lokasi Belajar tentang Apotek Hidup
  • Lokasi Modeling Desa Wisata Siaga Bencana Patahan Lembang
  • Lokasi Pusat Komunitas Relawan Mitigasi bencana Indonesia.
  • Lokasi latihan Pembentukan watak bangsa.
curug tilu

curug tilu

Alamat Curug Tilu Leuwi opat Bandung

  • Terletak di Kampung Ciwangun, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parangpong, Kabupaten Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat.

Tiket Masuk Curug Tilu Leuwi Opat Bandung

Sebagai salah satu Tempat wisata baru di bandung barat tepatnya Parongpong lembang ini yang murah ini,memberlakukan harga tiket masuk Curug Tilu adalah sebagai berikut

  • Senin – Minggu = Rp.7.000/ orang

Tarif parkir Curug Tilu

Berikut adalah harga tiket parkir Curug Tilu Leuwi opat Cimahi :

  • Roda Dua/ Motor = Rp.2.000
  • Roda Empat/Mobil = Rp.3.000

Map Curug Tilu

  • Untuk peta lokasi Curug tili, silahkan klik di sini.

Website Curug Tilu

  • www.curugtiluleuwiopat.com

Rute menuju Curug Tilu

Obyek wisata di lembang bandung yang Berjarak hanya sekitar 20 km atau 2 jam perjalanan dari pusat kota Bandung. Bila berangkat dari arah kota Cimahi, anda bisa ambil arah ke Jl. Kolonel Masturi ke arah Parongpong. Jalan masuk ke curug ini terletak di sebelah kiri jalan dimana di depannya di tandai Gerbang Wana Wisata Ciwangun Indah Camp. Bagi yang membawa kendaraan sendiri dapat parkir di area yang disediakan di dekat pintu gerbang.masuk. Selanjutnya perjalanan diteruskan dengan menyusuri jalan setapak sejauh kurang lebih 4 km dari pintu gerbang CIC ini, dan setelahnya pasti sampailah anda di lokasi wisata air terjun di bandung ini.

Nah, demikianlah informasi tempat wisata di bandung yang populer bagi masyarakat bandung dengan nama Curug Tilu.

Loading...

Leave a Reply