Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Gambung Ciwidey Bandung

Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Gambung + Biaya Camping 2020

Diposting pada

Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Gambung | Harga Tiket Masuk & Biaya Camping Rp 10.000 – Rp 100.000 | Jam Buka Tutup 24 JAM ) | Telepon +6281573600561 | Alamat Mekarsari, Kec. Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat 40972 | MAP Peta Lokasi

Hi sobat traveler, jumpa lagi dengan Kang Dian, penulis blog info Wisata Bandung, yang kali ini akan mengulas sebuah Tempat Wisata di Ciwidey,

tempat wisata yang menawarkan daya tarik Tempat Camping di Bandung selatan semenarik,

Bumi Perkemahan Ranca Upas, Punceling Pass dan Situ Cileunca di Pangalengan, Ranca Cangkuang Gambung.

nah lalu seperti apa daya tarik wisata Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Gambung ini ?

dan berapa harga tiket masuk dan biaya camping di bumi perkemahan ranca cangkuang ?

Baiklah untuk menjawab semua pertanyaan di atas, yuk simak saja ulasannya di bawah ini lengkap dengan info alamat, rute jalan ke lokasi dan yang lainnya.

Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Gambung

Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Gambung Ciwidey Bandung

Sahabat traveler’s, selain Bandung Barat dengan kawasan Wisata Lembang yang terkenal dengan pusat kuliner Floating Market Lembang dan The Great Asia Afrika nya,

Wilayah Bandung selatan, khususnya ciwidey juga selama ini dikenal sebagai salah satu “surga” bagi wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan mereka bersama keluarga

Hampir sama dengan wilayah Lembang, Maribaya, Jayagiri., geografis ciwidey yang ada di dataran tinggi merupakan sebuah kawasan Wisata Alam Bandung yang eksotik,

dimana daerah ini dikenal memiliki pemandangan alam yang masih alami nan cantik, udaranya sejuk berkabut dan suasananya tenang jauh dari perkotaan.

Selain Taman Wisata Alam Kawah Putih, Ciwidey juga terkenal dengan hadirnya Glamping Ciwidey di tepi danau Situ Patenggang yakni Glamping Lakeside.

belum lagi di kawasan wisata ciwidey pun kini banyak bermunculan objek wisata baru seperti Palalangon Park dan Taman Love yang instagramable.

Selain rekreasi di tempat wisata terkenal, Di ciwidey, para pelancong juga bisa menikmati wisata alam menyusuri areal Kebun Teh di Bandung selatan dan kebun kopi.

Khusus bagi wisatawan yang menyukai aktifitas wisata backpackeran ala pecinta alam, kawasan wisata ciwidey merupakan destinasi terfavorit,

Meskipun di kawasan tersebut, kini fasilitas akomodasi wisatanya semakin lengkap dengan banyak hadirnya hotel bintang hingga Penginapan Murah di Ciwidey,

namun di kalangan wisatawan kini tengah muncul trend baru yang sedang hit yakni cara menjajal keindahan alam di ciwidey dengan cara berkemah atau camping.

Ada salah satu destinasi wisata baru yang menarik tapi masih sepi pengunjung, tepatnya berada di wolayah administratif Desa Mekarsari Kecamatan Pasirjambu.

Di sana kini telah ada sebuah lokasi kawasan bumi perkemahan di gambung, yang populer bernama Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang PPTK Gambung.

Dengan hadirnya camping ground di bandung selatan ini tentu saja akan menambah referensi bagi teman – teman yang ingin mencari tempat berkemah baru di bandung,

yang sebelumnya didominasi oleh tempat camping Pine Forest Camp, Ciwangun Indah Camp, Terminal Wisata Grafika Cikole, Cantigi Camp dll.

Misteri Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Gambung

Sahabat traveler’s, ada sisi menarik berupa cerita mistis seputar keberadaan mahluk halus yang tinggal di kawasan tempat camping di gambung ini,

Yang konon berdasarkan cerita dari mulut ke mulut warga sekitar ranca cangkuang, di wilayah tersebut sering terjadi kemunculan mahkluk halus.

Dan biasanya, keusilan mahkluk halus tersebut hanya bisa terasa bahkan terlihat oleh pengunjung yang tidak bersikap sopan saat berada di sana.

Mahluk – mahluk halus tersebut konon saat kehadiran di tempat tersebut tidak hanya berupa suaranya yang aneh saja, namun juga sering menampakan wujudnya.

Oleh karenanya, bagi anda yang camping di ranca cangkuang gambung diharapkan untuk tidak melakukan hal-hal yang negatif selama tinggal di bumi perkemahan.

Namun demikian, meskipun ada cerita-cerita seram di ranca cangkuang tersebut, namun faktanya selama ini tidak mengurangi minat wisatawan untuk datang ke sana.

Daya Tarik Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Gambung

Sahabat traveler’s, ada banyak hal menarik yang bisa anda lakukan saat menikmati liburan di bumi perkemahan ranca cangkuang PPTK Gambung Bandung selatan ini,

Berkemah

Inilah salah satu tujuan utama banyak wisatawan datang ke Ranca Cangkunang di Gambung baik itu bersama keluarga, teman – teman atau berrdua dengan pasangan.

Di lokasi bumi perkemahan ranca cangkuang, hamparan padang rumput di atas tanah yang datar sangat cocok untuk mendirikan tenda – tenda camping.

Areal camping ground nya juga sangat luas, sehingga bisa menampung banyak orang, dan bisa menjadi alternatif kegiatan camping rombongan.

Bagi anda wisatawan keluarga yang datang ke sini bersama anak – anak, maka areal hamparan rumput di sini bisa dijadikan tempat bermain – main, seperti main bola.

Begitu pun juga bagi yang datang berkemah rombongan, di areal camping terbukanya bisa melakukan kegiatan bersama dengan nyaman dan lelulasa.

Di musim liburan pun, seperti idul fitri, maka ranca cangkuang bisa menjadi sebuah Tempat Lebaran di Bandung selatan yang menarik,

begitu pun pas musim libur akhir tahun, maka ranca cangkunag juga bisa menjadi rekomendasi Tempat Tahun Baruan di Bandung,

hal tersebut bisa dibuktika dimana pada saat liburan tersebut, maka bumi perkemahan ranca cangkuang ini akan sangat ramai,

khususnya para pelajar yang memanfaatkan waktu liburnya dengan cara berkemah di sana termasuk juga dengan beberapa komunitas seperti mobil dan motor.

Bermain di Sungai

Bagi kita yang hidup di zaman dulu, bisa jadi masih bermain – main di aliran sungai mudah meskipun tinggal di kota masih pernah merasakannya bukan ?

nah namun kini, mendapati aliran sungai yang airnya bersih apalagi dingin, akan menjadi sesuatu yang sulit untuk didapatkan sensasinya oleh putra – putri kita.

Nah salah satu tempat yang bagus untuk bermain air di sungai yang airnya masih bersih dn jernih adalah ada di sekitar Camping Ground Ranca Cangkuang Gambung,

aliran air sungai ini meskipun tidak seindah sungai tempat Rafting di Pangalengan di Kampung Singkur sekitar Hutan Pinus Rahong Pangalengan,

Namun tetap bisa menjadi tempat bermain air yang aman dan nyaman, dan bisa menjadi alternatif wahana bermain air murah daripada bermain di Kolam Renang di Bandung.

Di tempat ini para orang tua bisa mengajak putra – putri tercinta menikmati aliran sungai Ranca Cangkuang yang jernih dan rerimbunan pohon di kaki Gunung Tilu.

Hiking

Sahabat traveler’s, selain aktifitas wisata berkemah dan bermain di sungai, di ranca cangkunag gambung juga kita bisa melakukan hikking,

ada pun rute Hiking di Ranca Cangkuang Gambung jalurnya mengikuti sisi sungai yang mana sensasinya seperti hiking di Ciwangun Indah Camp (CIC ).

Dan yang menarik, wisatawan tidak hanya bisa menjajal keseruan hiking menyusuri aliran sungai, namun juga bisa menyeberangi sungai.

serta jangan tanggung saat anda berada di sana untuk mencoba menaklukan menaiki ketinggian bukit dan dapatka sensasinya dari atas puncaknya,

Dimana dari ketinggian bukit itu pula, kita bisa melepaskan pandangan ke semua arah untuk menikmati kawasan kebun teh nan hijau menyejukan mata.

Tempat Gathering

Sahabat traveler, apakah anda sedang mencari Tempat Gathering di Bandung yang bagus sebagai lokasi kegiatan Paket Family Gathering Bandung seperti Orchid Forest Cikole ?

Jika iya, maka rekomendasi tempat gathering baru di bandung selatan yang wajib untuk anda kunjungi adalah ranca cangkuang gambung.

Walaupun saat ini tempat gathering ranca cangkuang belum dikenal luas, namun bumi perkemahan di gambung ini sudah cukup banyak menarik minat wisatawan.

Sebagai buktinya, tercatat menurut pengelola sejumlah instansi swasta dan pemerintah sering menggelar acara family gathering di ranca cangkuang gambung.

Acara gatheringnya biasanya dilanjutkan dengan acara bermalam bersama di sana dengan mendirikan tenda – tenda kemah,

pagi harinya, mereka biasanya melakukan berbagai acara permainan fun games seperti tarik tambang, balap bakiak dengan dipandu instruktur.

Setelah selesai bermain, wisatawan yang berkelompok biasanya juga melanjutkan acara di siang harinya dengan acara bakti sosial,

dan biasanya hal tersebut dilakukan oleh pengunjung dari kelompok anggota komunitas seperti penanaman pohon, membersihkan sampah di aliran sungai,

lalu kegiatan bagi – bagi buku untuk pelajar setempat, bahkan ada juga yang membagikan sembilan bahan pokok (sembako) kepada warga kurang mampu.

Tips Wisata di Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Gambung

Untuk kenyamanan anda selama beraktifitas wisata di bumi permkemahan ranca cangkuang gambung,ada beberapa hal yang wajib untuk anda ketahui,

Datang Pagi Hari

Tips Pertama, ada baiknya wisatawan yang mau berkunjung ke bumi perkemahan Ranca Cangkuang datang ke lokasi sudah sejak awal pagi hari,

lebih khusus bagi sobat yang berencana untuk camping di ranca cangkuang dimana harus mendirikan tenda lebih awal agar persiapan lebih maksimal.

Saat anda datang ke lokasi di awal pagi, maka segeralah mencari titik lokasi terbaik untuk mendirikan tenda camping di ranca cangkuang,

jangan sampai anda terlambat, apalagi jika pada musim liburan panjang, karena biasanya nanti akan berebut lokasi tempat berkemah di tempat yang strategis.

Dirikan Tenda di Tepi Sungai

dan satu hal yang perlu anda ketahui, spot terbaik spot tempat camping di bumi perkemahan ranca cangkuang gambung adakah di tepi sungainya.

Sebagian besar wisatawan yang berkemah di ranca cangkuang biasanya mendirikan tendanya yang menghadap ke langsung ke arah sungai,

ada pun alasannya adalah selain karena pemadangannya sangat indah juga kita bisa menikmati suara gemericik aliran air sungai yang begitu indah,

tidak hanya itu saja, dengan posisi sambil bersantai-santai di tenda sekalipun, wisatawan masih bisa melihat bukit yang penuh pohon di seberang sungai.

Awas Musim Hujan

Hampir sama dengan bumi perkemahan di Kampung Cai Ranca Upas, di bumi perkemahan Ranca Cangkuang gambung pun sering turun hujan,

Bahkan yang unik adalah pada musim kemarau sekali pun, wilayah di sekitar bumi perkemahan gambung tetap tinggi curah hujannya.

dan yang lebih ekstrim, hujannya tersebut sering diiringi dengan kabut tebal putih serta suhu udaranya yang sangat dingin yang bisa membuat tubuh menggigil.

Oleh karenanya, bagi anda yang belum terbiasa tidur di alam terbuka, saat musim hujan tidak direkomendasikan untuk berkemah di sana.

Terkecuali bagi mereka yang sudah terbiasa, terlatih dan punya jiwa berpetualang sebelumnya sepetti camping di atas puncak gunung di bandung terkenal,

seperti Camping di Gunung Putri Lembang, Gunung Batu, Gunung Puntang, Gunung Artapela hingga berkemah di Gunung Malabar atau Bukit Teletubbies dll,

Bawa Jas Hujan / Payung / Pakaian Penghangat

Sahabat traveler, pastikan juga sejak awal dalam hal persiapan untuk berkemah di ranca cangkuang, untuk menyiapkan jas hujan atau payung untuk dibawa.

Kalaupun tidak turun hujan, udara yang cukup dingin, memaksa kita untuk melindungi diri dengan pakain tebal, jaket, kupluk, sarung tangan, hingga kaus kaki.

Bawa Sleeping Bag

Sahabat kadang saat cuaca ekstrem, mengusir udara sangat dingin dengan cara mengandalkan berada di dalam tenda camping saja tidak akan cukup,

Oleh karenanya, lebih baik teman – teman semuanya membawa kantong tidur (sleeping bag) dan matras sebagai alas untuk tidur.

Buat Api Unggun

Sahabat traveler’s, pada saat kita melakukan camping, terlebih camping bareng – bareng teman dan keluarga tidak lengkap jika tidak buat api unggun bukan ?

Ya, sebelum anda tidur untuk melepaskan rasa lelah setelah seharian melakukan berbagai acara kegiatan dari pagi, siang hingga sore hari,

ada baiknya anda membuat api unggun untuk menambah keseruan berkemah sekaligus menjadi pengusir hawa dingin yang menyergap di malam hari.

Tidak perlu repot-repot mencari atau membawa kayu bakar, karena biasanya warga setempat ada yang menjual kayu bakar untuk api unggun.

Ada pun untuk harga satu ikat kayu bakar untuk api unggun di bumi perkemahan ranca cangkuang gambung dihargai Rp 30.000 saja.

Untuk mendapatkan kehangatan di malam hari dengan membuat api unggun dalam jangka waktu yang agak lama, bisa dibutuhkan tiga sampai lima ikat kayu bakar.

Sambil kumpul bercengkrama di depan api unggun, selain kita bisa menikmati suara-suara binatang malam dari arah bukit di seberang sungai,

jangan lupa anda juga membuat minuman hangat seperti wedang jahe atau mencoba membuat makanan khas bandung lainnya yang bisa membuat hangat tubuh.

Fasilitas Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Gambung

Memang belum selengkap fasilitas wisata di bumi perkemahan ranca upas smart camp seperti ada kolam pemandian air panas, warung makan, pusat informasi dll,

namun demikian, fasilitas wisata di bumi perkemahan Ranca Cangkuang pun sudah ada fasilitas standar seperti dengan tersedia sarana toilet gratis.

Sarana toilet di camping ground ranca cangkuang tersebut biasanya dimanfaatkan oleh pengunjung sebagai tempat untuk buang air besar (BAB).

Sementara untuk mandi, pada umumnya para wisatawan biasanya memanfaatkan air sungai Ranca Cangkuang yang sangat jernih untuk pemadian umum bersama.

Fasilitas lainnya adalah saat ini sudah ada 2 warung yang menjual aneka menu makanan dan juga minuman yang buka hanya hari sabtu dan minggu.

Harga Tiket & Biaya Camping Bumi Perkemahan Ranca Cangkung Gambung

Sahabat traveler, bagi anda yang mau masuk sekaligus camping di bumi perkemahan ranca cangkuang PPTK Gambung Kabupaten Bandung ini,

maka setiap pengunjung akan dikenakan biaya masuk oleh penjaga, dimana gambaran besaran ongkos tiket masuknya sebagai berikut ;

Pengujung yang datang naik mobil dengan jumlah penumpang 3 orang, maka harus mengeluarkan uang untuk membayar HTM Bumi Perkemahan Rranca Cangkuang sebesar Rp 100.000.

Jumlah tersebut belum termasuk biaya masuk yang kita bayar pada saat masuk di dekat kantor kepala desa sebesar Rp 10.000.

Baca Juga : Tiket Masuk & Biaya Camping di Ranca Upas

Alamat Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Gambung

Lokasi Camping Ground Ranca Cangkuang terletak di Desa Mekarsari, Kecamatan Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat 40972.

Lokasinya sejauh 37 KM dari Hotel Dekat Bandara Husein Sastranegara, 38 KM dari Hotel Dekat Stasiun Bandung dan 30 KM dari Penginapan Dekat Terminal Leuwi Panjang.

Peta Lokasi Camping Ground Ranca Cangkuang

Rute Jalan Menuju Ke Ranca Cangkuang Gambung

Kalau dari arah ibukota Kab. Bandung, Soreang, lokasi bumi perkemahan Ranca Cangkuang, kira-kira 2,7 km sebelum alun alun Ciwidey.

Jadi, sebelum mencapai alun-alun Ciwidey, wisatawan dari arah Soreang bisa mengambil jalur belok kiri pada jalan cagak setelah melewati SPBU.

Anda juha bisa masuk Jalan Cisondari dan mengikuti penunjuk arah menuju ke lokasi Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) pembangunan karakter Kementerian Perhubungan (Kemenhub),

yang lokasinya berada di Desa Cibodas Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Dari lokasi Pusdiklat tersebut, anda harus menempuh Jalan Gambung yang menanjak dan berkelok-kelok sebelum mencapai balai Desa Mekarsari.

dan perjalanan sampai di balai Desa Mekarsari relatif nyaman, karena sebagian besar jalan sudah menggunakan cor beton yang membelah areal perkebunan teh.

Perjalanan akan mulai menantang, saat kita akan menempuh perjalanan dari balai Desa Mekarsari menuju lokasi bumi perkemahan Ranca Cangkuang.

Memang sih rute jalan menuju ke camping ground ranca cangkuang di gambung bisa dilalui kendaraan roda empat atau roda dua,

so, bagi anda yang bawa kendaraan pribadi atau juga Sewa Motor Bandung maupun Rental Mobil Bandung Tanpa Supir bisa masuk ke sana.

Cuma ada hal yang harus anda perhatikan, karena tekstur jalannya yang masih berbatu dan agak menurun, sobat harus ekstra hati-hati saat menjalankan kendaraannya.

Apalagi saat musim hujan, bagi sobat yang naik kendaraan seperti sepeda motor akan mudah tergelincir karena licinnya jalan.

Namun dibalik perjuangan tersebut setelahnya memang akan terbayar lunas, saat suguhan pemandangan yang sangat indah dan masih alami menyambut anda semuanya.

Jam Buka Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang

Sahabat travler. waktu operasional tempat camping di gambung, kecamatan pasirjambu, kabupaten bandung ini setiap harinya adalah buka 24 jam.

Nomer Kontak Telepon Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang

Untuk informasi terbaru berapa harga tiket masuk, berapa biaya camping di bumi perkemahan raca cangkuang dan yang lainnya, silahkan hubungi +6281573600561

Tempat Wisata Dekat BUmi Perkemahan Ranca Cangkuang Gambung

Gambar Foto Sunan Ibu Sunrise Spot Ciwidey Bandung

Sahabat traveler, bagi anda yang mau pergi liburan ke bandung dengan ikut Paket Wisata Ciwidey, ada banyak objek wisata menarik termasuk yang terbaru,

dan berikut adalah daftar rekomendasi tempat – tempat wisata di ciwidey yang ada di sekitar bumi perkemahan di gambung ranca cangkuang PPTK :

1. Cimanggu & Ciwalini, inilah 2 lokasi tempat Pemandian Air Panas di Bandung selatan yang wajib anda masukan ke dalam itinerary tour anda.

2. TWA Kawah Putih & Sunan Ibu Sunrise Point, inilah sebuah kawasan wisata yang terkenal dengan warna danau yang berubah – rubahnya yang sangat indah.

Kawah putih juga terkenal sebagai salah satu lokasi Tempat Prewedding di Bandung selatan terfavorit banyak pasangan yang mau menikah.

Sementara Sunan Ibu Sunrise Point adalah sebuah tempat di atas puncak danau kawah putih yang populer sebagai tempat melihat matahari terbit yang elok sekali.

3. Bubu Jungle Resort, D’riam Riverside Resort, inilah 3 buah Resort di Bandung selatan terfavorit pilihan keluarga.

4. Taman Kelinci, inilah tempat wisata anak di bandung selatan yang menarik, sebuah lokasi peternakan dan pengembangbiakan ras kelinci dari berbagai dunia.

5. Barusen Hills, inilah objek wisata yang menawarkan pesona keindahan Taman Bunga di Bandung dengan fasilitas bermain dan rekreasi yang lengkap.

6. Kawah Cibuni Rengganis, inilah danau alam yang terbentuk karena letusan gunung purba dan menjadi lokasi tempat mandi lumpur di ciwidey yang terkenal.

Baca Juga : 15 Paket Wisata Bandung Murah Mawa Holiday

Penginapan Dekat Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Gambung

Vila Family Bubu Jungle Resort Ciwidey Bandung

Sahabat traveler, ada banyak Penginapan Murah di Bandung selatan yang lokasinya berada di sekitar lokasi bumi perkemakan ranca cangkuang,

mulai dari hotel bintang, kemudian Villa, guest house dan yang lainnya yang bisa anda jadikan sebagai tempat bermalam selama liburan di ciwidey ;

1. Ciwidey Valley Resort & Legok Kondang Lodge, inilah tempat rekreasi yang ada kolam renang air panas dengan akomodasi villa serta Glamping Ciwidey nya.

Baca Juga : 20 Hotel Murah di Bandung

Nah sahabat traveler’s, sampai sejauh ini apakah anda tertarik untuk datang ke sini ? atau ingin mengeksplorasi tempat lain ?

jika iya, silahkan anda bisa ikut bandung city tour bersama Tour Travel Bandung yang berikan paket tour budget friendly Mawa Holiday.

Bersama mereka, anda bisa mengeksplorasi tempat menarik di bandung lainnya yang terkenal seperti wisata alam Curug Malela hingga Trans Studio Bandung dll.

FAQ

Cara ke Ranca Cangkuang Gambung Naik Transportasi Umum

Sahabat traveler, bagi anda yang mau pergi ke bumi perkemahan ranca cangkuang dengan naik kendaraan umum, silahkan baca informasinya di bawah ini ;
30 Trayek Angkutan Kota di Bandung
11 Trayek Bus Damri Bandung Dengan Tarif Harga Tiket

Penginapan Murah di Ciwidey dekat Ranca Cangkuang

Bagi anda yang memerlukan info tempat penginapan di sekitar gambung – ciwidey yang budget friendly, silahkan baca informasinya di bawah ini :
22 Penginapan Murah di Ciwidey Terbaik

Nah sahabat traveler, demikianlah info alamat, peta lokasi dan rute jalan, fasilitas dan harga tiket masuk serta biaya camping di bumi perkemahan ranca cangkuang gambung.