Curug Maribaya Lembang -Info Harga Tiket Masuk & Fasilitas

Curug Maribaya Lembang– Apakah anda sedang berencana liburan mengunjungi kawasan Wisata Maribaya Lembang ? Jika iya, anda harus kunjungi wisata Air terjun Maribaya.

Hi Traveler’s, jumpa lagi dengan saya penulis blog informasi Tempat Wisata Baru di Bandung yang kali ini akan mengulas info wisata Curug Maribaya Lembang.

Informasi melengkapi Daftar 99 Tempat Wisata di Lembang dan Sekitarnya yang sudah banyak kang dian share untuk anda, seperti yang terbaru adalah,

Objek wisata Pamandian Cipanas Nagrak Parongpong serta salah satu lokasi Puncak Bintang di Bandung, yaitu wisata Puncak Eurad Pingping Lembang.

Serta tentunya menambah informasi Tempat Wisata Air Terjun di Bandung yang sudah saya bagikan juga informasinya untuk anda.

Nah lau seperti apa daya tarik wisata Curug Maribaya Lembang ini ?

Apa saja fasilitas wisata yang tersedia dan bisa kita nikmati selama liburan di Air Terjun Maribaya ini ?

Berapa Tarif Harga Tiket Masuk ke Curug Maribaya tang resmi dan terbaru ?

Dimanakah alamat dan bagaimana cara mengakses lokasi wisata dari Curug Maribaya ini ?

Baiklah untuk menjawab semua pertanyaan di atas, di bawah ini kang dian akan ulas selengkapnya untuk anda.

Curug Maribaya Lembang Bandung

Curug Maribaya Lembang Bandung

Sahabat traveler’s, eksotisme Tempat Wisata Alam di Bandung memang sangat luar biasa, dan banyak memberikan pilihan tempat wisata yang beragam.

Contohnya yang pertama adalah kawasan Wisata Ciwidey di Kabupaten Bandung,

kawasan ini sangat terkenal dengan objek wisata alamnya seperti Kawah Putih, Situ Patenggang, Ranca Upas dan Pemandian Air Panas Ciwalini nya,

Kemudian kawasan Wisata Alam Bandung Timur, di kawasan ini terkenal dengan objek wisata alamnya seperti

Ada Caringin Tilu, Bukit Moko, Bukit Bintang, Bukit Gantole, Bukit Teletubbies, Mountain Breeze , Wisata Batu kuda Manglayang dll

Selanjutanya kawasan Wisata Dago Bandung Utara, yang terkenal dengan tempat wisata alamnya yang cukup fenomenal seperti,

Ada Tebing Keraton, Dago Dream Park dan Dago Pakar serta yang lainnya.

Nah lalu bagaimana dengan  kawasan Wisata Lembang Bandung Barat ?

inilah juga salah satu destinasi terfavorit wisatawan yang sedang menghabiskan waktu liburan di Bandung,

Karena di sini banyak sekali objek wisata yang menawarkan pesona keindahan alam yang sangat mengagumkan seperti,

Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Batu, Gunung Putri, Gunung Burangrang, Wisata Hutan Pinus Cikole Pal 16, Taman Begonia, Jayagiri,

Dan satu lagi yang akan kita kupas materinya kali ini yaitu seputar eksotisme wisata alam Air terjun Curug Maribaya Lembang.

Alamat Curug Maribaya Lembang

Harga Tiket Masuk Natural Hot Spring Resort Lembang Bandung

Sahabat traveler’s, Alamat Curug Maribaya sendiri lokasinya berada di Kampung Cikondang, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Curug Maribaya Lembang sendiri lokasinya berada di dalam kawasan Taman Wisata Maribaya.

Letaknya hanya berjarak sekitar kurang lebih 15 kilometer dari arah pusat kota Bandung, atau sekitar membutuhkan waktu berkendara kurang dari 1 jam.

Lokasinya juga sangat dekat dengan tempat wisata di Lembang terkenal lainnya seperti The Lodge Maribaya dan wisata ala cowboy De’ Ranch.

Sementara Taman wisata Maribaya sendiri lokasinya berada di sebelah utara Kota Bandung, tepatnya berlokasi di sebelah timur Lembang.

Sejarah Curug Maribaya lembang

Traveler’s, kawasan Maribaya dulunya adalah sebuah tempat yang sangat populer bagi warga bandung karena ada pemandian air panasnya.

Kawasan ini juga selama ini dikenal sebagai salah satu sisi eksotisme wisata alam bandung yang masih sangat asri dan alami.

Wisata Alam Maribaya sendiri masuk ke dalam kawasan hutan konservasi, yaitu berada di dalam areal Taman Hutan Raya Juanda.

Dulunya kawasan Maribaya adalah sebuah tempat yang dibiarkan seadanya, dan bahkan pernah ditutup untuk dilakukan renovasi pada tahun 2015.

Setelah di renovasi dan dibuka kembali untuk umum, maka kawasan wisata Maribaya pun berubah menjadi lebih cantik dan lebih terawat.

Dan dengan konsep wisata dan tata kelola yang baru, maka hadirlah kini di kawasan ini Maribaya Natural Hot Spring Resort.

Di kawasan wisata baru, pengelola telah menambah fasilitas wisata lainnya yang semakin memanjakan pengunjunhg yang berwisata ke sini,

Diantaranya dibangun areal parkir yang lebih luas, pusat kuliner baik resto dan cafe, taman – taman, Kebun Binatang mini hingga Toilet dan mushola.

Legenda Curug Maribaya Lembang

Sahabat traveler’s, sebelum bicara daya tarik wisata Curug Maribaya Lembang, maka belum afdol jika kita tidak tahu seputar legenda tempat ini.

Asal usul Maribaya sendiri konon berasal dari nama seorang perempuan sangat cantik, sehingga menjadikan sumber rebutan para lelaki.

Karena terpesona oleh paras cantik maribaya, sering terjadi ketibutan yang melibatkan banyak pemuda di kampung gadis itu berada.

Maribaya sendiri berasal dari keluarga yang hidupnya pas – pasan, dan ayah maribaya sendiri bernama Eyang Raksa Dinata.

Khawatir sesuatu kejadian buruk akan menimpa anaknya yang diperebutkan, maka pergilah eyang raksa dinata untuk bersemedi di hutan.

Tujuannya meminta petunjuk dan keberkahan bagi hidup keluarganya kepada sang hyang widi, sehingga bisa berkecukupan.

Dan usahanya tidak sia – sia, kemudian ia pun mendapat petunjuk untuk kembali ke kampung dan mengelola sebuah pemandian air panas di sana.

Sejak mulai dikembangkan tahun 1835 oleh Eyang Raksa Dinata, tempat ini pun berhasil mengubah kehidupan maribaya yang tadinya miskin, menjadi berkecukupan.

Banyak orang yang berkunjung ke tempat tersebut.

Mereka tidak hanya datang untuk berekreasi menghirup udara segar alam pengunungan dan perbukitan,

tetapi juga untuk berobat dengan berendam di air hangat.

Eyang Raksa Dinata yang sebenarnya hanya ingin menghindari pertumpahan darah di kampungnya,

malah mendapat berkah kekayaan setelah mengelola sumber air panas mineral yang dapat dipergunakan untuk pengobatan itu.

Keluarga Maribaya memperoleh penghasilan dari para pengunjung yang datang berduyun-duyun ( sumber : Site Google )

Daya Tarik Wisata Curug Maribaya Lembang Bandung

 

Traveler’s, ada banyak tempat wisata air terjun di Bandung yang bisa kita kunjungi, dan semuanya memiliki keunikan dan daya tarik sendiri – sendiri.

Diantaranya yang terkenal adalah Curug Malela, Curug Cinulang, Curug Tilu, Curug Batu Templek, Curug Cimahi, dan yang terbaru Curug Bellarosa dll

Dan salah satunya lagi tempat wisata air terjun yang populer dan bnyak dikunjungi wisaatwan adalah Curug Maribaya Lembang.

Air Terjun di Bandung yang Indah

Traveler’s, Curug Maribaya sendiri sebenarnya adalah merupakan sebuah kumpulan curug yang memiliki 3 curug kecil,

Curug tersebut adalah Curug Cikawari, Curug Cigulung serta Curug Cikolelang.

Curug Maribaya Lembang sendiri memiliki ketinggian air tejunnya setinggi kurang lebih 15 meter.

Sumber air curug maribaya berasal dari 2 aliran sungai di Bandung barat, yaitu Cigulung serta Sungai Cikawari.

Air curug maribaya akan terlihat akan sangat jernih ketika anda melihatnya di saat berkunjung pada musim kemarau,

Hempasan air dari ketinggian 15 meter menuju ke bawah menimbulkan buih putih di kolam di bawahnya,

dan menciptakan butiran air yang lembut terbawa angin.

Pada saat musin penghujan, maka karena sumber mata airnya berasal dari 2 alairan sungai di atas, maka akan sedikit keruh kecokelatan.

Namun demikian, pemadangan alam di sekitar curug maribaya ini sangat hijau dan asri, serta udara di kawasan ini cukup sejuk.

Sementara dari ketiga curug tersebut, lokasi favorit pengunjung untuk bermain air biasanya di lokasi Curug Cikawari,

Hal tersebut karena dasar air curug tersebut cukup dangkal sehingga sangat aman sebagai lokasi bermain air disekitar curug tersebut.

Aktifitas Wisata Menarik di Curug Maribaya Lembang

Sahabat traveler”s, ada banyak hal menarik yang bisa kita lakukan selama berada di kawasan wisata Curug Maribaya Lembang.

Anda bisa menikmati pesona air terjun serta menikmati dinginnya udara di sekitarnya sambil menikmati hidangan panas jagung atau ketan bakar.

kawasan maribaya sangat tepat dijadikan lokasi tempat wisata rekreasi atau refreshing keluarga, terutama yang berasal dari perkotaan.

Di bawah rindangnya pepohonan serta vegetasi hutan trofis yang masih terjaga keasriannya, tempat ini sangat nyaman disinggahi.

Hal menarik lainnya adalah ketika kita akan menuju lokasi Curug Maribaya Lembang, maka kita pun akan melewati goa belanda dan juga jepang.

Berfoto di Skybridge Tapak Halimun

Sky Bidge Tapak Halimun Maribaya Bandung

Jangan lupa anda siapkan kamera, dan abadikan semua moment indah dan kebersamaan bersama keluarga, teman atau berdua dengan pasangan di sana.

Ada spot menarik yang bisa anda jadikan sebagai background untuk berfoto di sekitar curug maribaya, yaitu Sky Bridge.

Sky Bridge Tapak Halimun adalah merupakan sebuah jembatan yang lokasinya berada di sebelah kiri area kawasan wisata maribaya.

Trekking ke Curug Omas

Jika masih betah dan ingin berlama – lama di kawasan wisata Maribaya, kita pun bisa menuju ke Crug Omas yang lokasi tidak jauh dari Curug Maribaya.

Memancing di Kolam Telaga Giri

Atau bagi anda yang suka memancing, maka anda pun bisa menuju ke kolam pancing yang tersedia di san yaitu Kolam Telaga Giri.

Berendam di Pemandian Air Panas Maribaya

Fasilitas Pemandian Air Panas Maribaya Bandung

Anda juga jangan sampai melewatkan untuk memanjakan tubuh seklaigus merefresh pikiran anda selama di kawasan Curug Maribaya Lembang ini,

Yaitu berendam di areal pemandian air panasnya yang sekarang sudah sangat tertata dengan baik sesudah dilakukan renovasi.

Kolam rendam air panas ini sangat bagus dan banyak dikunjungi tidak hanya wisatawan domestik saja, tapi juga turis asing.

Khasiat air panas di sini, seperti halnya pemandian air panas Ciater dan juga di sari Ater Hotel & Resort diyakini sangat bagus buat kesehatan.

Kolam rendam air panas di marbaya ini mengandung belerang dengan kadar kandungan yang tinggi, dan dipercaya bagus buat terapi penyakit kulit.

Tersedia beberapa jenis kolam renang dan kolam rendam air panas yang ada di Marbaya Natural Hot Spring Resort ini.

Untuk anda kaum ibu dan remaja putri, di sini juga tersedia lokasi Foot Spa, tempat yang baik untuk rileksasi kaki anda yang kelelahan.

Harga Tiket Masuk Kolam Rendam Air Panas Tirta Sawarna Maribaya

KategoriHarga ( Rp )
Deluxe Pool75.000/ Orang
Vip Pool150.000/ Orang
Foot Spa/Kolam Rendam Kaki30.000/ Orang
Kamar Berendam Private Tirta Raga90.000/ Orang

Kuliner di Twig Cafe dan Resto Langlang Buana

Puas anda berkeliling, bermain air, berfoto, jangan lewatkan untuk berkuliner ria di pusat kuliner yang disediakan di sana.

Yaitu di sebuah cafe yang bernama Twig Cafe, yang lokasinya tepat di berada di sisi Curug Maribaya, atau di Food Court Langlang Buana.

Di sana anda bisa beristirahat sembari menikmati sajian makanan dan minuman yang akan segera memulihkan stamina anda kembali.

nah sahabat traveler’s, itulah beberapa kegiatan atau aktifitas wisata menarik yang bisa anda lakukan di Curug maribaya lembang.

Masih banyak hal seru dan menarik lainnya yang bisa anda nikmati, dengan cara mendatangi langsung objek wisata maribaya lembang bandung ini.

Untuk selengkapnya,silahkan anda bisa lihat fasilitas wisata yang ada di sekitar Curug Maribaya ini di bawah

Daftar Fasilitas Wisata Maribaya Natural Hot Spring Resort

Nama Fasilitas
Food Court Langlang Buana
Kolam tangkap ikan Talaga Giri
Kolam pancing talaga giri
Area barbeque Saung Iteung
Kolam ikan air dingin
Kolam rendam kaki air panas
Kolam rendam air panas alam
Twig cafe dengan kapasitas 250 orang
Yoga hill swargaloka
Kolam rendam VIP Tirta Sawarna
Kamar rendam Tirta Raga
Amphitheatre Bale Pinton
Sky Bridge di area Bale Pinton
Area bermain anak
Kios sayur dan buah
Parkir
Toilet
Mushola

Fasilitas Wisata Curug Maribaya Lembang

Sahabat traveler’s’ jika anda sudah membaca uraian di atas, maka anda pasti sudah tahu fasilitas wisata apa saja yang ada di sana.

Sejak selesai renovasi penataan tempat wisata di kabupaten bandung barat ini benar- benar sangat nyaman untuk dikunjungi.

Selain areal parkir yang lebih luas, adanya mobil antar jemput wisatwan, toilet yang bersih, pusat kuliner cafe dan resto,

Juga terdapat banyak gazebo, taman – taman yang untuk bersantai yang konsepnya ada seperti rumah hobbit di Farmhouse susu lembang,

Serta ada rabbit hole seperti yang bisa kita jumpai di Taman kelinci di Flaoting Market atau di Taman Kelinci Ciwidey.

Selain itu terdapat juga fasilitas tempat beribadah muslim mushola, kolam pancing dan masih banyak yang lainnya.

Kawasan ini sekarang adalah salah satu 1001 Tempat Wisata Keluarga di Bandung Barat yang dikatakan sangat lengkap.

Dan juga menjadi alternatif lokasi 40 Tempat Wisata Anak di Bandung yang sangat rekomended untuk anda dan keluarga kunjungi.

Harga Tiket Masuk Curug Maribaya Lembang

Sahabat traveler’s, karena Curug Maribaya ini lokasinya berada di dalam kawasan wisata Maribaya Natural Hot Spring Resort,

Maka untuk bisa memasukinya, setiap pengunjung dikenakan Taris Harga Tiket Masuknya saat ini adalah Rp.35.000/pengunjung.

Dan untuk selengkapnya, silahkan anda bisa lihat daftar harga tiket masuk dan tiket masuk wahana yang ada di sekitar Curug Maribaya Lembang.

Harga Tiket Masuk Maribaya Natural Hot Spring Resort Bandung

KategoriHarga ( Rp )
Harga Tiket Masuk35.000/orang

Jam Buka Wisata Curug Maribaya Lembang

Traveler’s, waktu operasional tempat wisata curug maribaya lembang ini adalah buka setiap harinya mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB.

Nomer Telepon Wisata Curug Maribaya Lembang

Untuk informasi harga tiket masuk, kegiatan acara, reservasi tempat dan info penting lainnya yang anda perlukan ,

silahkan hubungi nomer kontak 022-827-82228 serta Mobile 0812-9373-5432 dan 0822-1415-3019

Peta Lokasi Curug Maribaya lembang

Silahkan anda buka Peta dan Koordinat GPS di 6° 49′ 51.64″ S 107° 39′ 18.45″ E

Rute Jalan Menuju Curug Maribaya Lembang Bandung.

Traveler’s, untuk mengakses lokasi wisata Curug Maribaya di lembang ini sangatlah mudah,

baik dengan kendaraan pribadi, umum atau sewa mobil di bandung.

Ada banyak alternatif rute jalan menuju ke lokasi objek wisata curug maribaya,

yaitu dari arah Kota Bandung atau Via Subang.

Selama ini bagi wisatawan asal jakarta, biasanya rute jalan favorit yang digunakan adalah melalui via subang,

Mereka selama ini keluar dari pintu Tol Sadang, namun kali ini sejak ada tol cipali, bisa keluar di pintu tol baru di Kalijati.

Rute jalannya adalah Tol Cikampek – Cipularang – Tol Cipali – dan Keluar di Pintu Tol Kalijati.

Selanjutnya arahkan kendaraan anda ke Subang – Ciater – Tangkuban Perahu – Lembang.

Tempat Wisata di Sekitar Curug Maribaya lembang

Sobat traveler’s, berada di kawasan wisata Lembang Bandung Barat, maka lokasi wisata ini sangat dekat dengan objek wisata terkenal lainnya.

Di dekat Curug Maribaya, anda bisa eksplorasi wisata di Terminal Wisata Grafika Cikole, Bandung Treetop Adventure Park, serta Dusun Bambu lembang.

Selanjutnya ada juga wahana terbaru di Floating market seperti Rainbow Garden dan Kampung Jepang Kyotoku dan Hijab Swimming Pool.

Sementara jika ke Kampung Gajah Wonderland, anda jangan lupa untuk singgah di kawasan wisata Pantai Buatan kampung Gajah.

Sebelum pulang ke kota masing – masing, jangan lupa mampir untuk membawa oleh – oleh seperti Tahu susu lembag atau Tahu Tauhid.

Jika anda masih ada waktu, kang dian sarankan untuk berburu kuliner baru yang sedang nge-Hit di Bandung yaitu belanja Bandung Makuta Cake,

Sekalian anda juga bisa mengunjungi Tempat Wisata Baru di Bandung yang sedang booming saat ini yatu Kampung China Bandung.

Penginapan Murah Dekat Curug Maribaya lembang

Sahabat traveler’s, bagi anda yang tertarik untuk menghabiskan leiburan dengan cara bermaalam di kawasan Maribaya,

Kang dian juga punya rekomendasi sejumlah Hotel, Villa, Guest House hingga Homestay Murah dekat Maribaya lembang.

Untuk list penginapan murahnya silahkan anda bisa buka di sini Daftar Hotel Murah di Lembang,

Untuk penginapan murah yang ada fasilitas kolam renangnya silahkan buka di sini Daftar 25 Hotel Murah di Lembang dengan Kolam Renang.

Bagaimana sahabat traveler’s, apakah anda tertarik untuk mengunjungi Curug Maribaya saat liburan nanti ?

Atau anda juga tertarik untuk mengeksplorasi tempat – tempat wisata menarik dan terkenal lainnya di Bandung ?

Jika iya, kang dian sarankan untuk mendapatkan waktu liburan yang efektif, harganya terjangkau alias murah,

Maka segera hubungi Tour Travel Bandung, dan dapatkanlah promo perjalanan wisata mereka di program Paket Wisata Bandung Murah.

Untuk menjelajah banyak tempat wisata terkenal di bandung, ada 3 program Paket Tour Bandung terpopuler saat ini,

Yaitu Paket Wisata Bandung 2 Hari 1 Malam, Paket Wisata 3 Hari 2 Malam serta Paket Outbound Bandung.

Bagi yang mau datang rombongan, mereka juga sediakan Sewa Bus Pariwisata Bandung yang Murah.

nah sahabat traveler’s, kang dian cukupkan saja informasi seputar Tempat Wisata di Lembang Kabupaten Bandung Barat, Curug Maribaya Lembang.

Curug Maribaya
Harga Tiket Masuk Natural Hot Spring Resort Lembang Bandung

Place Name: Curug Maribaya

Place Description: Tempat Wisata Alam di Maribaya - Lembang Kabupaten Bandung Barat

More...

  • Curug Maribaya
  • Fasilitas/Akomodasi
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses

Ringkasan

Nama : Curug Maribaya
Alamat : Kampung Cikondang,Lembang
No Tlp : (022)82782228
Jam Buka : 08.00 - 22.00 WIB
Harga Tiket Masuk : Rp.35.000
Fasilitas : cafe & Resto dll

5.0
User Rating 2 (1 vote)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
Loading...

Leave a Reply

Sending