Kampung Batu Malakasari – The Art Of Stone Village

Loading...

Kampung Batu Malakasari – Liburan lebaran atau tahun baru sebentar lagi,apabila anda berencana mengisi waktu liburan nanti ke Bandung, sudahkah anda menentukan tujuan mau ke Tempat Wisata Di Bandung yang mana ? Nih,ada kawasan wisata di Bandung yang terbaru yang menurut hemat penulis sangat unik,baik dan refresentatif sebagai salah satu wisata alam tempat berlibur anda bersama keluarga,yakni Kampung Batu Malakasari.

Kebetulan atau tidak,yang jelas lokasi wisata Kampung Batu Malakasari Baleendah Bandung ini cukup dekat dengan rumah tinggal penulis beberapa waktu yang lalu.tempat-tempat wisata di sepanjang jalur arah ke wisata Pangalengan ini sangat cukup baik dan refresentatif buat berlibur anda dan keluarga.perlu diketahui juga Kawasan Wisata Bandung selatan ( Kabupaten Bandung ) terutama ke arah jalur wisata Pangalengan memang tengah dalam tahap pengembangan dan perluasan kawasan-kawasan wisatanya untuk mengakomodasi jumlah wisatawan yang dari tahun ke tahun selalu bertambah ke daerah Bandung bagian selatan ini.

Kampung Batu Malakasari

Pantai Dengan Ombak Buatan di Kampung Batu Malakasari

Kampung Batu Malakasari

Perlu diketahui Bandung selatan tidak hanya memiliki kawasan wisata primadona atau unggulan di jalur wisata Ciwidey saja, yang terkenal dengan wisata alamnya yang sangat luar biasa seperti Kawah Putih, Cimanggu Hot Spring Water atau Ranca Upas. Tapi di sepanjang jalur arah wisata Pangalengan pun ternyata banyak memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa juga dan sangat layak untuk anda jadikan destinasi wisata keluarga anda.

Apabila anda berencana liburan ke Pangalengan,perlu diperhatikan di sepanjang jalur jalan arah ke sana, anda akan menemukan banyak sekali lokasi wisata,baik wisata kuliner maupun wisata keluarga yang lainnya.Selepas pertigaan daerah Cingcin/soreang,maka anda akan menemukan lokasi wisata keluarga Kampoeng Sawah yang sangat besar dengan fasilitas wah.perjalanan dilanjutkan maka anda akan menemukan lokasi beberapa pusat wisata keluarga seperti Kolam Renang Cibolang.Dan sebelum anda sampai ke Pusat Wisata Pangalengan Bandung seperti Situ Cileunca,anda juga bisa menemukan lokasi wisata alam dan sejarah seperti Gunung Puntang dan tentunya Kampung Batu Malakasari Baleendah Bandung.

Sejarah Kampung Batu Malakasari.

Profil Kampung Batu Desa Malakasari ini adalah sebuah Kawasan Wisata Alam yang berdiri di atas lahan seluas 50.000 m2. Tempat Wiata Bandung selatan ini ,ternyata merupakan bekas lokasi penambangan batu alam yang sudah di eksploitasi secara tradisional oleh masyarakat setempat sejak tahun 1900 yang silam, nah baru kemudian pada tahun 2002 atas prakarsa Ir.H.Waryo sebagai pemilik lokasi,dibantu dengan ahli geofisika bernama Ir.Bambang, dilakukanlah renovasi kawasan yang tadinya berantakan dan tak terurus,dengan cara pertamanya yaitu dilakukan penimbunan tanah dan bebatuan ( reklamasi ) sehingga membentuk landscape wisata alam baru berupa Geo Wisata yang indah dan menarik.

Selain sebagai wisata baru berkonsep Geo Wisata,Kampung Batu Malakasari pun bisa dikatakan sebagai kawasan Eko Wisata yang sangat besar,kenapa demikian ? dengan latar belakang lahan terbuka hujau yang mencapai 70% luas kawasan,Kampung Batu Malakasari memiliki Danau yang menjadi pusat wisatanya yang mampu menampung puluhan ribu kubik air ini,juga terdapat kolam-kolam dan areal persawahan.Keindahan serta eksotisme danau buatan itu,dipercantik dengan ditanamnya berbagai jenis pohon dan tanaman disekelilingnya dengan berbagai pohon atau tanaman baru dan terbilang sangat langka seperti Sawo Durian, Sawo Wlanda, Bisbul atau apel beludru,disamping tanaman umumnya seperti pohon kelapa,Cemara,lengkeng sampai jambu air pun ada.

Wisata Kampung Batu Malakasari Bandung

Sebagai destinasi Wisata Alam relatif baru, namun Kampung Batu Malakasari ini sudah sangat layak dikatakan sebagai kawasan Wisata Alam buatan terbaik yang ada di kabupaten Bandung. Dengan konsep Geo Wisata dan Eko Wisata nya yang luar biasa.Dengan dukungan serta fasiltas wisatanya dirasa sangat cukup mampu memenuhi untuk memanjakan para pengunjung atau wisatawan dalam jumlah yang besar yang mencari sensasi wisata alam ala Kampung Batu Malakasari.

Sebagai Tempat Wisata Favorit Di Bandung selatan,Kampung Batu Malakasari dilengkapi dengan beberapa wahana dan anjungan yang ditujukan pembangunan oleh pemiliknya sebagai alat Laboratorium Alam dengan fungsi untuk pendidikan Lingkungan hidup serta budaya sunda bagi para pengunjung atau wistawan yang datang ke sini.

Berikut adalah aktifitas wisata yang dapat pengunjung/wisatawan lakukan di berbagai Pilihan Wahana Wisata yang ada dan bisa anda nikmati di Kampung Batu Malakasari :

1.Wisata Alam Kampung Batu Malakasari

  • Wahana Danau dan Bukit Batu – dengan menaiki Perahu anda bukan hanya bisa sekedar menikmati suasana wisata kampung batu,akan tetapi dengan ditemani pemandu kampung batu, anda akan diberitahu tentang fungsi danau sebagai sebuah ekosistem,seperti tentang proses geologi terbentuknya bukit batu, yang berhubungan dengan proses terjadinya gempa bumi tektonik.
  • Wahana Persawahan – Belajar Bertani, Aktifitas yang satu ini pasti sesuatu yang tak pernah terbayangkan buat anda yang tinggal di perkotaan untuk dilakukan.Di wahana persawahan anda akan diajarkan cara bercocok tanam padi,mulai dari Praktek membuat garis tanam, dan menanam padi, Praktek merawat tanaman padi serta praktek membajak sawah secara tradisional sunda dengan menggunakan kerbau.
  • Wahana Perkebunan – Belajar Berkebun,kegiatan yang satu ini adalah belajar bagaimana cara  menanam berbagai tanaman yang biasa ditanam di kebun, Tanaman pertanian seperti, palawija, jagung, sayuran, buah-buahan dll, Tanaman hias seperti bunga dalam pot, buah dalam pot, dll, Tanaman Obat Pengamatan proses pembibitan, dan pembelajaran tentang Rumah Kaca (Green House) sebagai sarana pemanfaatan unsur abiotik (suhu dan cahaya)

2.Wisata Edukasi Kampung Batu Malakasari

  • Wahana Seni Budaya Sunda – wahana untuk mempelajari tentang semua yang ada di Kampung Batu Malakasari,seperti tata tertib pelaksanaan dan Doa bersama sebelum melakukan kegiatan, Pengarahan tentang Lingkungan hidup, dan cara memelihara Lingkungan hidup yang bersih dan sehat. Pengenalan seni budaya Sunda melalui kaulinan sunda
  • Rumah Adat Sunda – Pengenalan serta tempat belajar budaya sunda seperti mengenal Rumah Adat Sunda, dan bagian-bagiannya seperti Tepas, Leuit, Pawon, Hawu, Songsong, Seeng, Aseupan, Lisung, Halu, dsb,juga pengunjung akan belajar tentang menjaga kebersihan, dan kesehatan lingkungan rumah melalui pengolahan sampah, dan pemanfaatan halaman untuk bercocok tanam, dan beternak
  • Beternak Unggas – nih,kegiatan yang satu ini pasti menarik,dimana pengunjung akan belajar tentang manfaat hewan unggas itik, ayam kalkun, ayam kampung, angsa, merak seperti bulu, daging, dan telurnya.kemudian kegiatan Mencari dan mengumpulkan telur itik serta kegiatan menantang lainnya adalah Praktek membuat telur asin dan telur boleh dibawa pulang.

3.Wisata Outbound Kampung Batu Malakasari

  • Flying Fox – inilah salah satu kegiatan wisata keluarga yang sangat baik untuk anak-anak anda bahkan termasuk orang tuanya sendiri.Khusus bagi anak kegiatan di wahana flying fox ini diharapkan mampu melatih rasa percaya diri serta keberanian. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati sensasi wisata seperti Rumah Pohon & Mini Flying Fox, Aneka jembatan ( Burma Bridge, Loop Bridge ), Jaring laba-laba ( Cargo Net ),Flying FoX dengan panjang lintasan 120 meter melintasi danau,Panjat dinding dan Kukuyaan dan jembatan goyang.

4.Wisata Fun Games Kampung Batu Malakasari

  • Fun Games – penulis rekomendasikan ini sebagai wahana yang seru bagi keluarga anda.tetapi jenis wahana ini juga lebih cocok buat kegiatan suatu perusahaan atau instansi swasta atau pemerintahan, sebagai alat untuk melatih kekompakan, kerjasama, membangun etos kerja dan lain-lain.Sementara untuk anda dan keluarga,bisa menjadi sarana menyenangkan dan hiburan untuk menghilangkan kepenatan, stres, dan jenuh setelah beraktifitas bekerja atau kegiatan sehari–hari.Di wahana fun games ini,ada game bakiak,kukuyaan,ngala tutut,pancingan anak,tangkap belut,tangkap kelinci,kereta mini,trampolin anak juga sepeda roda tiga.
Kampung Batu Malakasari

Kolam Renang Kampung Batu Malakasari

Kolam Renang Kampung Batu Malakasari

Kampung Batu Malakasari juga dilengkapi dengan salah satu wahana favorit keluarga, yaitu kolam renang ala Kampung Batu yang disebut Tektona Waterpark. Dilengkapi dengan berbagai jenis kolam yang menarik diantaranya toots pool, kids pool, semi olimpic, kolam arus, dan kolam ombak. Bagi para pengunjung juga tidak usah khawatir karena tektona waterpark dilengkapi juga team lifeguard dan klinik kesehatan sehingga tetap aman dan nyaman.

Fasilitas Kampung Batu Malakasari

Selain fasilitas-fasilitas yang disebut di atas, satu lagi area yang akan menghibur para pengunjung tempat wisata ini adalah adanya :

  • Gedung Teatrikal serba guna ( Bale Seni budaya )– dipakai oleh rombongan pengunjung yang sudah menyiapkan acara sendiri,seperti untuk pertunjukan hiburan atau kegiatan-kegiatan lainnya.
  • Food Court– Jika Anda lapar, Anda bisa memesan aneka masakan khas Sunda, seperti ikan bakar, ayam goreng, ikan asin, dan lain-lain. Lauk yang disajikannya pun segar. Diolah saat itu juga.

Tiket Masuk Kampung Batu Malakasari

Harga tiket masuk ( HTM ) ke Kampung Batu Malakasari adalah disesuaikan dengan jenis dan paket wisata yang disediakan oleh pengelola wisata Kampung Batu Malakasari.Adapun jenis paket wisatanya saat ini adalah sebagai berikut :

1.Paket Wisara Pelajar : Rp.90.000/orang

  • Tiket Masuk
  • Wahana Danau/kukuyaan
  • Wahana Ternak
  • Rumah Adat Sunda/ Fun Games
  • Flying fox/Rumah Pohon
  • Tangkap Belut/Wahana Sawah/ Tangkap Ikan
  • Renang
  • Setiap kelompok 20 siswa dipandu 1 orang pemandu

2.Paket Wisata Smart & Creatif : Rp.110.000/orang

  • Tiket Masuk
  • Wahana Danau
  • Ngangon Meri / Membuat Telur Asin
  • Melukis Layangan / Mewarnai Gypsum
  • Flying Fox / Rumah Pohon
  • Fun Games (2 macam)
  • Tangkap Ikan / Belut
  • Renang
  • Instruktur

3.Paket Wisata Goyang Leutak : Rp.85.000/orang

  • Tiket Masuk
  • Tangkap Ikan / Belut
  • Bajak Sawah
  • Fun Games
  • Bola Lumpur
  • Renang
  • Instruktur

4.Paket Wisata Lembur Kuring : Rp.95.000/orang

  • Kukuyaan
  • Jembatan Goyang (Sasak Gitek)
  • Flying fox / Rumah Pohon
  • Ngangon Meri
  • Rumah Adat Sunda
  • Bajak Sawah
  • Fun Games Tradisional
  • Renang
  • Instruktur

Alamat Kampung Batu Malakasari

  • Jalan Raya Banjaran (Rencong),Desa Malakasari
    Kec. Baleendah, Kab. Bandung Jawa Barat
    Telp: (022) 7259-1042 // (022) 594-7823

Rute Jalan Ke Kampung Batu Malakasari

  • Untuk mencapai Kampung Batu Malakasari, lewatilah jalan Cisangkuy ke arah barat daya menuju ke Ranca Bungur. Setelah itu, masuklah Desa Malakasari. Dengan berkendara dari Jalan Cisangkuy, waktu yang Anda perlukan hanya lima menit.
  • Apabila dari arah Banjaran,anda tinggal lurus terus sampai anda menemukan petunjuk di pinggir jalan Kampung Batu Malakasari ( sangat mudah menemukan,apalagi dengan bertanya,pasti warga masyarakat di sepanjang jalur Banjaran akan mengetahui lokasi Tempat Wisata Di Bandung ini.

Bagaimana apakah anda sudah bisa membayangkan Tempat Wisata Di Bandung ini keindahan wisata Eko Wisata dan Geo Wisata seperti apa ? Apabila penasaran, silahkan datang langsung,dan penulis berharap semua informasi yang di sini minimal bisa membantu anda untuk mempersiapkan pilihan Destinasi wisata anda di Bandung./ Kampung Batu Malakasari.

Sumber Referensi : www.kampungbatu.co.id

 

 

Kampung Batu Malakasari
  • Kampung Batu Malakasari

Info Wisata

Nama : Kampung Batu
Alamat : Jalan Raya Banjaran Rencung
No Tlpn : 022-72591042
Jam Buka : Senin - Minggu, 08.00-18.00 WIB
Harga Tiket : Paket Mulai Rp.90.000
Fasilitas : Wisata edukasi,fun games, alam dll

5.0
loading...

Leave a Reply