Dago Tea House – Kuliner Asyik Di Dago Bandung

Loading...

Dago Tea House – Anda tengah mencari tempat wisata kuliner di Bandung untuk makan sekaligus bersantai yang paling enak menu kulinernya,kemudian yang paling eksotis pemandangannya dan juga paling romantis suasananya ? Maka Dago Thee Huis adalah jawaban paling sempurna yang akan memberikan kepuasaan serta sensasi “Tuang Raos” di tanah bumi parahyangan, kota berjuluk Paris Van Java ini.

Sahabat traveller’s,kali ini penulis akan memberikan informasi tempat kuliner yang asyik di kota Bandung bagian utara, tepatnya daerah Dago yaitu Dago Tea House.Semua orang khususnya wisatawan sepakat, bahwa kawasan wisata Dago adalah sebuah kawasan pariwisata yang merupakan pavorit destinasi berlibur bagi wisatawan, khususnya warga jakarta.Fakta untuk mendukung itu sudah sangat cukup jelas, dimana setiap akhir pekan apalagi musim liburan tiba,semua tempat-temat wisata di bandung utara Dago ini selalu penuh dengan pelancong dari berbagai pelosok daerah indonesia dan tentunya mancanegara juga.

Dago Tea House

Teater Terbuka Dago Tea House

Dago Tea House

Dago Tea House adalah sebuah lokasi tempat wisata di bandung utara yang mana pada zaman kolonial Belanda populer disebut dengan Dago Thee Huis yang artinya “Rumah Teh Dago” karena salah satu restoran di bandung ini dulunya adalah tempat menikmati acara minum teh dan kuliner sambil menikmati keindahan alam bumi Parahyangan pada masa itu.Kawasan Bandung utara yang seperti kita ketahui adalah merupakan salah satu wilayah dataran tinggi yang ada di kota Bandung yang masih memliki suhu udara yang sejuk dan alam yang hijau, sehingga Dago adalah salah satu tempat yang masih memiliki pemandangan alam yang sangat eksotis yang dimiliki di kota Bandung.

Di kawasan wisata Dago,selain anda bisa menemukan pusat wisata kuliner seperti Dago tea House, Anda juga dapat menemukan banyak tempat wisata alam khas dago yang bisa anda nikmati yang sangat begitu indah dan mempesona.Sebut saja diantaranya yang sedang fenomenal di media sosial adalah Tebing keraton yang berada tak jauh dari Dago Pakar serta salah satu wisata air terjun di bandung Curug Dago. Tak cukup hanya itu, karena wilayah Dago ini relatif lebih tinggi dari dari wilayah bandung lainnya, maka Pada malam hari, ada satu objek wisata di bandung utara dago yang tak kalah keren indahnya yaitu Bukit Bintang.Di tempat ini Anda dapat menikmati pemandangan luar biasa malam hari kota Bandung dari atas tempat tinggi bandung utara Dago.

Dago Tea House selain merupakan salah satu tempat makan malam di bandung yang rekomended untuk anda jajal sensasi kulinernya,lokasi wisata ini juga dikenal sebagai lokasi favorit para ekspatriat yang tinggal di bandung untuk menghabiskan waktu santainya di akhir pekan.Keistimewaan lain Dago tea house Bandung adalah merupakan salah satu lokasi Taman Budaya Jawa Barat yang ada di kota bandung, yang sering mengadakan berbagai event atau acara yang menampilkan berbagai pagelaran seni dan budaya khas sunda dan Jawa Barat.

Dago Tea House

Dago Tea House zaman Kolonial Belanda

Kawasan Wisata Dago Tea House

Dago Tea House terletak di kawasan Bandung utara yakni Dago, dan berada pada ketinggian 600 M di atas permukaan air laut. Berhawa yang sejuk di siang hari dan sangat dingin di malam hari,membuat siapa pun yang berkunjung ke tempat liburan di bandung ini akan merasa betah berlama-lama bersantai dengan menikmati aneka makanan dan minuman di sini. Anda dapat melewati Jalan Ir. H. Juanda untuk mencapai tempat ini hingga hampir ujung utara jalan ini.

Meski pada awalnya Dago Tea House ini merupakan tempat untuk minum teh dan makan atau restoran, belakangan tempat wisata yang menarik di bandung yang luasnya 4 hektar ini diubah menjadi Taman Budaya Provinsi Jawa Barat. Di Taman Budaya Jawa Barat ini sering digelar berbagai pentas kesenian dan budaya Sunda. Belakangan namanya diubah menjadi Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat dibawah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemda Provinsi Jawa Barat.

Tujuan didirikan Taman Budaya di Dago Tea House ini adalah sebagai pusat kegiatan seni dan kebudayaan atau cagar budaya yang ada di Bandung Jawa Barat. Di sini sering diadakan event atau acara pertunjukkan dan teater terbuka. Di salah satu tempat wisata budaya di bandung ini juga terdapat galeri seni yang menampilkan berbagai seni tradisional Jawa Barat. Terdapat juga ruang workshop untuk berbagai kegiatan seni dan budaya.Asyiknya Setiap hari minggu di objek wisata di bandung ini selalu ada atraksi dan pagelaran seni serta budaya, rutin setiap akhir tahun tepat pada malam pergantian tahun baru, Taman Budaya di bandung ini menyelenggarkan pertunjukan Bajidoran.

Dago Tea House

Pentas Seni di Dago Tea House

Restaurant Dago Tea House

Sahabat Traveller’s bagi anda yang ingin mencoba suasana bersantai sambil kuliner lain dari biasanya di bandung,seperti bosan dengan suasana cafe di kota bandung yang ramai dan ingin mencoba salah satu tempat ngopi di bandung berupa restaurant dengan suasana tradisional, maka anda wajib datang ke dago tea house ini. Dengan jarak tempuh yang tak kurang dari 5 km dari pusat kota Bandung, salah satu rumah makan di bandung ini sangat layak anda prioritaskan untuk dikunjungi. Begitu sampai di Dago Tea House restaurant,pilihlah lokasi duduk atau lesehan yang paling cocok dengan yang kita inginkan untuk menyantap aneka sajian menu kuliner yang lezat.Sebagai saran, pilihlah tempat dimana anda bisa melihat secara jelas pemandangan hamparan kota bandung yang sangat indah dari tempat anda.

Menu Dago Tea House

Restaurant Dago Tea House Bandung yang lebih populer dengan nama ” Cafetaria Boga Kuring ” ini menyediakan aneka menu kuliner yang sangat beragam pilihan baik menu kuliner khas lokal jawa barat, menu kuliner nusantara hingga jenis menu kuliner kas asia juga western tersedia lengkap di sini.Jadi sahabat tidak usah khawatir akan kehabisan atau tidak akan mendapatkan makanan atau minuman favorit anda ketika berkunjung ke dago thee huis di bandung ini.

Bagi anda yang datang dan singgah di Restoran Boga Kuring Dago tea house, tempat makan di bandung yang enak ini memang menyediakan beragam kuliner khas Bandung yang sangat populer dan menjadi buruan sensasi wisata kuliner di sini,seperti untuk makanan ada nasi liwet, nasi timbel, sejumlah jenis lalapan, serta karedok dan menu makanan yang lainnya seperti nasi goreng khas bandung. Sementara untuk minumannya sendiri, anda akan menemukan minuman tradisional jawa barat andalannya yaitu Bandrek serta Bajigur.Namun seperti yang penulis katakan di atas, apabila Anda ingin juga menikmati menu hidangan makanan dan minuman khas Eropa dan asia,seperti makanan olahan daging seperti steak dan yang lainnya.

Harga Tiket Masuk Dago Tea House

Dago thee huis adalah salah satu tempat wisata di bandung yang murah untuk bisa menikmatinya.Pada saat tulisan ini dibuat, harga tiket masuk ke lokasi dago tea house bandung ini, anda hanya cukup merogoh isi dompet sebesar Rp.1.000.Namun apabila anda memerlukan informasi detil dan terbaru tentang harga tiket masuk ( HTM ) Dago tea house terbaru atau bahkan harga tiket parkir dago tea house, silahkan anda telepon ke sini : (022) 2505365

Alamat Dago Tea House

  • Jl. Bukit Dago Selatan 53 A, Dago Bandung Utara, Jawa Barat Indonesia.

Nomer Telepon Dago Tea House Bandung

  • Untuk mendapatkan update serta informasi terbaru seperti booking tempat atau reservasi, harga makanan dan minuman di dago tea house, tiket masuk dago tea house serta informasi rute jalan menuju dago tea house, silahkan anda hubungi langsung bagian layanannya di no telpon : (022) 2505365

Jam Buka Dago Tea House

  • Setiap hari buka Senin S/d Minggu : 09.00 – 22.00 wib.

Map Dago Tea House

  • Untuk peta lokasi dago tea house, silahkan buka di sini.

Faslitas Dago Tea House

Dago Tea House

Konser Musik di Teater tertutup Dago Tea House

Sebagai sebuah objek wisata terpadu dimana selain berfungsi sebagai salah satu lokasi wisata kuliner,tempat ini juga dilengkapi fasilitas yang lengkap sebagai sebuah lokasi wisata yang wajib anda kunjungi ketika liburan ke Bandung.Dan berikut adalah beberapa fasilitas yang ada di dago tea house Bandung ini :

  1. Arena Panggung Terbuka – Bangunan utama yang awalnya  sebagai Resto Dago Tea House. Dengan panggung yang berkapasitas tempat duduk lebih dari  1000 penonton yang terdiri dua buah tribun, yaitu tribun atas dan tribun bawah. Yang menarik dari teater terbuka ini adalah penonton selain menaikmati aneka pertunjunkan, tapi juga dapat menikmati pemandangan keindahan kota Bandung dan menikmati kesejukan udara pegunungan. Beberapa atraksi pentas seni tradisional khas Jawa Barat yang sering dipentaskan antara lain tari Jaipongan, Karawitan, Angklung, Pantun Bubun, sandiwara, Tembang Sunda, Kuda Lumping, Wayang Golek, dan lainnya.
  2. Teater Tertutup – adalah area dimana di sini sering ditampilkan juga atrasi pertunjukan musik dan juga film, dan teater tertutup dago tea house sangat digemari sebagi tempat kumpul muda-mudi bandung.
  3. Teater Taman – Selain teater utama, terdapat juga teater taman yang berukuran lebih kecil. Anda dapat menikmati pertunjukkan sembari menikmati keindahan salash satu taman indah di bandung di sini.
  4. Gallery Pameran – Terdapat galeri di area teater yang sering digunakan sebagai tempat pameran seni rupa, lomba dan diskusi. Galeri terdiri atas dua buah ruangan yaitu di depan dan di belakang. Dahulu galeri ini dikenal dengan nama “Roemah Teh” yang sering dijadikan tempat minum teh seperti nama tempat utamanya yaitu Dago Tea House atau Rumah Teh Dago.
  5. Sanggar Seni Tari – Karena berfungsi sebagai Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat, maka di sini juga tersedia sanggar tari. Tempat ini digunakan sebagai pusat latihan tari Jawa Barat termasuk Jaipongan.
  6. Perpustakaan – Pada bangunan utama juga terdapat perpustakaan untuk umum yang berisi koleksi buku-buku seni dan budaya.
  7. Guest House – Lokasi salah satu tempat penginapan murah di bandung ini tepat disamping gedung teater tertutup terdapat Dago Guest House, sebuah Guest House yang biasa di pakai sebuah tempat peristirahatan para tamu Taman Budaya Jawa Barat atau lainnya.
  8. Cindera Mata – Anda juga dapat membeli berbagai cindera mata khas Jawa Barat, baik kerajinan tangan, lukisan, wayang golek, dan juga cindera mata lainnya sebagai oleh-oleh khas bandung.

Event Dago Tea House

Untuk kegiatan acara atau event yang sering dan rutin dilakukan di dago tea house adalah setiap akhir pekan ada pertunjukan seni tradisional khas sunda jawa barat seperti Beberapa pertunjukkan yang rutin di sini adalah tarian khas Jawa Barat yang terkenal yaitu Jaipongan. Event lainnya seperti seni  karawitan, Angklung, Pantun Bubun, sandiwara, Tembang Sunda, Kuda Lumping, Wayang Golek, dan lainnya.Sedangkan setiap setahun sekali ketika malam pergantian tahun baru, event yang populer di dago tea house pun selalu dihadirkan atau dipentaskan mulai dari bajidoran hingga pentas musik artis-artis papan atas tanah air pun pernah manggung di sini.

Rute Jalan ke Dago Tea House

Untuk mencapai obyek wisata di bandung utara ini tidak terlalu sulit, bahkan sangat dibilang sangat mudah, termasuk bagi anda yang baru pertama kali datang ke kota bandung untuk berlibur.Berikut adalah trayek angkot di kota bandung yang melintasi Dago tea house :

  • Dago – Kalapa
  • Riung Bandung – Dago
  • Coroyom – Ciburial
  • Stasiun St Hall – Dago

Nah demikianlah informasi seputar salah satu tempat wisata di bandung yang terkenal sejak zaman kolonial belanda Dago Thee huis.Semoga bisa menjadi rujukan serta menambah referensi alternatif destinasi wisata yang ada di kota kembang bandung untuk anda. [ tempatwisatadibandung.info # Dago Tea House ]

Dago Tea House
  • Dago Tea House

Info Wisata

Nama : Dago Tea House
Alamat : Jl. Bukit Dago Selatan 53 A
No Tlp : 022-2505365
Jam Buka : Senin - Minggu,09.00-22.00 WIB
Harga Tiket : Rp.1.000
Fasilitas : Rsstoran,Gallery,Panggung dll

5.0
User Rating 0 (0 votes)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
loading...

Leave a Reply