Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok – Info Sejarah & Alamat

Loading...

Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok – Apakah anda sedang mencari Tempat Wisata di Bandung yang menawarkan sensasi lain berwisata ? Jika iya, yuk datang ke Kampung Wisata Kreatif di Dago Pojok.

Hi traveler’s, sua kembali bareng kang dian, penulis blog info Wisata Bandung, yang kali ini akan me-Review Tempat Wisata di Bandung Utara, tepatnya sebuah Kampung Wisata di Dago.

Informasi ini tentunya akan menambah daftar Tempat Wisata di Dago yang wajib anda kunjungi, yang sebelumnya sudah banyak saya posting seperti,

Objek Wisata Dago Pakar, Wisata Alam Bandung utara Taman Hutan Raya Juanda, Tebing Keraton, Bukit Bintang, Dago Dream Park dan Factory Outlet di Jalan Dago.

Nah lalu seperti apakah daya tarik Kampung Wisata di Bandung Dago Pojok ini ?

Seperti apa Sejarah Kampung Kreatif Dago Pojok Bandung ini bisa berdiri seperti sekarang ?

Dimanakah Alamat Kampung Kreatif Bandung ini ? dan berapa Harga Tiket Masuk Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok ini ?

Nah untuk menjawab semua pertanyaan di atas, yuk kang dian ajak sobat sekalian untuk membaca informasinya di bawah ini.

Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok Bandung

Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok

Sahabat travler’s, bicara seputar Pariwisata Bandung yang terkenal, maka tidak hanya sebatas mengupas wisata belanja dan kulinernya saja.

Banyak juga Tempat Wisata di Bandung yang terkenal sebagai destinasi wisata yang mengedepankan wisata edukasi, Kesenian dan Budaya tradisional.

Sebut saja contohnya Ulat Sutera Arcamanik, Saung Angklung Ujdo, Kampung Adat Cikondang, ECO Bambu Cipaku, Komunitas Hong,

Dan jangan lupa Gallery Wayang Golek Cupumanik, serta yang terbaru objek wisata Kampung China Bandung.

Nah salah satu Tempat Wisata Edukasi dan Seni serta Budaya lainnya yang terkenal ada di Kota Bandung adalah Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok.

Alamat Kampung Kreatif Dago Pojok Bandung

Traveler’s, alamat dari Kampung Kreatif ini berlokasi di Jalan Dago Pojok RT 2 RW 3, kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Lokasinya sangat strategis berada di pusat tempat – tempat wisata di Dago yang populer sebagai destinasi wisata belanja dan kulinernya.

Tempatnya juga sangat dekat dengan Tempat Wisata di Lembang Bandung Barat yang terkenal seperti Farmhouse Susu Lembang, Floating Market,

Dan juga Dusun Bambu dan kawasan Wisata Maribaya Lembang dimana ada The Lodge Maribaya dll.

Peta Lokasi Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok

Silahkan buka Google Map Kampung Wisata Dago Pojok.

Sejarah Kampung Kreatif Dago Pojok Bandung

Sahabat traveler’s, ada yang cukup menarik dari cerita sejarah pertama kalinya kenapa kampung wisata di dago Pojok ini bisa ada.

Adalah Rahmat Jabaril, seorang pria yang juga merupakan warga setempat yang menjadi penggagas berdirinya Kampung Wisata di jalan Dago Pojok Bandung ini.

Dengan dilandasi kecintaannya terhadap kesenian dan adat budaya sunda serta kepeduliannya terhadap lingkungan di sekitar tempat tinggal,

maka beliau pun menyulap lorong – lorong gang dan jalan yang ada di kampung Dago Pojok tersebut, menjadi sebuah tempat yang sangat menyenangkan,

serta menjadikan warga di sekitarnya menjadi lebih kreatif, dan menjadikan Dago Pojok sebagai destinasi wisata seni dan budaya di Bandung.

Usahanya tidak dilakukan sendiri, berkembangnya Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok ini tidak lepas dari bantuan Pemkot dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung.

Daya Tarik Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok

Mural di Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok

Sahabat traveler’s, bicara seputar daya tarik Desa Wisata atau Kampung Wisata, biasanya akan sangat identik dengan keberagaman budaya setempat bukan ?

Contoh terbarunya adalah anda bisa saksikan langsung di salah satu Tempat Wisata di Bandung yang Baru, yaitu Desa Wisata Kampung Pasir Angling Suntenjaya.

Namun jika anda mengunjungi objek wisata edukasi dan seni di Kampung Kreatif Dago Pojok Bandung ini, maka ada banyak hal baru dan berbeda dengan yang lainnya.

Mural di Dinding Tembok Rumah Warga

Sahabat traveler’s, hal pertama yang akan menyambut dan membuat anda kagum dengan kampung wisata di dago bandung ini adalah,

anda akan melihat beragam Mural ( lukisan gambar ) yang terdapat di tembok – tembok rumah warga di Dago Pojok, yang menggambarkan sesuatu kepada anda.

Menariknya penerapan teknologi untuk membuat Mural ini telah menggunakan teknologi terbaru dan sangat canggih yang biasa digunakan perusahaan besar.

Teknologinya telah menggunakan Augmented Reality, dan perlu anda tahu juga sama yang digunakan untuk membuat Mural di Taman Sejarah Bandung.

Ada pun yang mengerjalan pembuatan mural – mural di dinding tembok rumah warga tersebut adalah sejumlah seniman yang dibantu penduduk sekitar.

Mural Augmented Reality ini pun telah menjadi Ikon Kampung Wisata di jalan dago Pojok Bandung ini, dan menjadi spot menarik untuk berfoto.

Aktifitas Wisata Menarik di Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok

Sahabat traveler’s, ada banyak hal menarik yang bisa anda temukan dan nikmati selama anda mengunjungi tempat wisata unik di kota Bandung ini.

Saking unik dan menariknya, paska tempat wisata ini dibuka untuk umum, banyak wisatawan yang datang ke sini, baik domestik maupun turis asing.

Banyak program atau kegiatan acara yang sudah disiapkan pengelola kampung wisata kreatif dago pojok dibantu oleh warga sekitarnya.

Workshop Seni dan Kreatifitas

Sebagai contohnya, di Kampung Wisata Bandung ini sering diadakan program acara rutin berupa Workshop Seni dan Kreatifitas yang dihadiri banyak peserta.

Di dalam workshop ini biasanya akan mengundang seniman – seniman berpengalaman dan ternama dari bandung dan juga tempat lainnya.

dalam workshop ini kita bisa belajar atau mengetahui perkembangan – perkembangamn terbaru seputar seni dan budaya konteporer hingga ide kreatifitas lainnya

Belajar Menggambar Mural

Di Kampung Wisata Kreatif di dago Pojok Bandung ini juga kita pengunjung bisa ikut belajar bahkan berpartisipasi untuk melukis gambar Mural.

Tidak hanya itu saja, di sini pun anda bisa melihat dari dekat bagaimana proses pembuatan wayang, alat musik bambu, pembuatan kertas dari pohon saeh dll.

Pentas Seni Tradisional

Sahabat traveler’s, pengunjung yang datang ke Kampung Kreatif Dago Pojok juga akan disuguhi beragam pementasan kesenian tradisional,

Diataranya adalah Pentas Tari Jaipongan, Calung, Wayang, Gondang, Reog, Kacapi Suling, Tarawangsa dan Celempungan.

Dan satu lagi sahabat traveler’s, di sini juga biasa digelar atraksi seni Pencak Silat, karena Pusat Kesenian Bela Diri di Bandung ada di Dago Pojok ini.

dan yang tidak boleh anda lewatkan, di sini juga sering digelar pentas beragam permainan anak – anak kecil di zaman dahulu seperti di Komunitas Hong.

Berkeliling Kampung Dago Pojok

Sahabat traveler’s, aktifitas wisata menarik lainnya yang bisa anda lakukan di Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok adalah berkeliling kampung.

hal menarik yang bisa anda lihat di sana antara lain selain menikmati suguhan pemandangan indah lukisan – lukisan gambar Mural di rumah warga,

kita juga bisa menjumpai sungai yang di salah satu titiknya di kota Bandung, dibuat sebuah Taman Publik Area yaitu Teras Cikapundung.

Selain sungai, kita juga bisa saksikan hamparan pemandangan sawah hijau yang menyejukan mata, dengan udara yang cukup sejuk

dan di titik lainnya kita juga akan menemukan sebuah Air Terjun di Bandung yang terkenal, yaitu Curug Dago.

Nah sahabat traveler’s, itulah beberapa hal menarik sekaligus kegiatan wisata yang bisa anda lakukan ketika berkunjung ke sana.

Fasilitas Wisata Kampung Kreatif Dago Pojok Bandung

Sahabat traveler’s, untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi wisatawan sehingga merasa betah dan bisa berlama – lama di sini,

maka pihak pengelola dan warga kampung dago pojok pun telah membuat beberapa fasilitas wisata menarik yang bisa anda nikmati, diantaranya ;

1.Open Trip

Sahabat traveler’s, khusus di akhir pekan, tepatnya hari sabtu, Kampung Wisata Dago Pojok ini sering mengadakan program “ope trip” bagi para wisatatawan.

Lewat program ini kita akan diajak berkeliling kampung dan menyaksikan beragam atraksi kesenian yang dibawakan oleh anak – anak hingga dewasa di kampung tersebut.

Kita pun seperti penjelasan di atas kang dian, akan juga diajak berkeliling menaikmati pesona panorama alam khas Dago yang masih indah, alami dan berhawa sejuk.

2.Paket Kuliner Nasi Liwet

Traveler’s, seharian beraktifitas wisata di sana tentunya akan sangat melelahkan, dan anda perlu waktu untuk beristirahat atau bersantai sejenak.

Nah salah satu cara menikmatinya adakah dengan menikmati aneka hidangan khas tradisional jawa barat seperti yang biasa kita temukan di Rumah Makan Sunda di Bandung.

Nah, rasakanlah sensasi kuliner tradisional di Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok ini seperti menikmati nasi liwet dengan lauk pauk dan sayurnya,

Harga Paket Nasi Liwet di Kampung Wisata Bandung ini sangat terjangkau, dimana dengan cukup biaya Rp.25.000, perut kita dijamin akan kenyang.

3.Belanja Barang Souvenir

Sahabat traveler’s, seperti biasa, aktifitas wisata sebelum kita pulang ke kota masing – masing sudah tentu belanja aneka oleh -oleh khas Bandung bukan ?

Nah, bagi anda yang datang berwisata ke Kampung Wisata Dago Pojok ini, anda pun bisa membeli beragam aneka barang cendera mata untuk kenang – kenangan.

Barang – barang tersebut adalah produksi dari warga dago pojok sendiri, dan ditawarkan dengan harga yang bervariasi, namun secara umum sangat terjangkau.

4.Home Stay

Sahabat traveler’s, jika sekiranya anda tertarik untuk mengenal lebih dekat seperti apa kehidupan sehari – hari Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok,

Kenapa anda tidak mencoba untuk tinggal beberapa hari di sana di program Homestay ?

Dengan program Home Stay ini kita akan menginap di lingkungan kampung dago pojok dan tentunya berinteraksi dengan warganya.

nah sahabat traveler’s, bagaimana sampai sejauh ini apakah anda tertarik untuk mengunjungi salah satu tempat wisata di Bandung utara ini ?

Jika tertarik, silahkan lanjutkan membaca informasi yang tidak kalah pentingnya di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok

Sahabat traveler’s, setiap pengunjung yang mau datang dan masuk ke kampung wisata ini, tidak dikenakan biaya alias gratis.

Jam Buka Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok

Waktu operasional kegiatan seni dan budayanya berlaku mulai dari pagi hingga malam, sekitar pukul 08.00 – 22.00 WIB.

Sementara untuk mengakses masuk ke kampung ini, seperti kampung lainnya di bandung bebas 24 jam, dengan catatan kita mengikuti tata tertib dan aturan yang ada.

Rute Jalan menuju Ke Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok

Sahabat traveler’s, cara mengakses lokasi tempat wisata di jalan Dago Pojok RT 5 RW 3 di kecamatan Coblong Bandung ini sangatlah mudah.

Dari manapun anda berangkat, silahkan arahkan kendaraan anda menuju ke terminal Dago, dan dari sana kita tinggal masuk saja ke Jalan Dago Pojok.

Untuk detilnya, kang dian sarankan anda bagi yang suka traveling untuk selalu menggunakan aplikasi petunjuk jalan yang bgaus dan lengkap, yaitu Waze.

Bagaimana semakin tertarik untuk berkunjung ke sini ?

jika iya, anda bisa mendapatkan informasi terbarunya dengan menghubungi Dinas Pariwisata dan kebudayaan Jabar.

Alamatnya berada di Jalan R.E Martadinata No 209, Kota Bandung, Jawa Barat, Phone (022) 7273209.

nah sahabat traveler’s, demikian juga informasi kita kali ini yang mengupas salah satu Tempat Wisata di Bandung Utara,

Yang dikenal sebagai Desa Wisata di Kota Bandung, yang populer dengan nama Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok.

Kp.Wisata Dago Pojok
Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok

Place Name: Kp.Wisata Dago Pojok

Place Description: Tempat Wisata Edukasi dan Kesenian Tradisional di Jalan Dago Pojok Kota Bandung

More...

  • Kp.Wisata Kreatif Dago Pojok
  • Fasilitas/Akomodasi
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses

Ringkasan

Nama : Kp.Wisata Kreatif
Alam : Jl.Dago Pojok Bandung
Jam Buka : 24 Jam
No Tlp : -
Harga Tiket Masuk : Gratis
Fasilitas : Homestay dll

5.0
User Rating 0 (0 votes)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
Loading...

Leave a Reply

Sending