Bukit Jamur Ciwidey – Wisata Unik Bandung Selatan

loading...

Bukit Jamur Ciwidey – Apakah anda sedang merencanakan untuk mengisi waktu liburan dengan mengunjungi Tempat Wisata di Bandung selatan ? Jika iya, coba kunjungi kawasan Unik yang populer disebut Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey.

Hai sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan saya Kang Dian, penulis blog informasi Tempat-tempat Wisata di Bandung dan sekitarnya, yang pada kesempatan kali ini akan menginformasikan spot wisata menarik di Kabupaten Bandung, Bukit Jamur Ciwidey.

Nah informasi tentang Bukit Jamur Rancabolang di Ciwidey ini merupakan informasi Tempat Wisata Baru di Bandung yang sangat menarik yang tidak boleh anda lewatkan ketika liburan ke sana, terlebih jika anda juga menghabiskan waktu liburan dengan bermalam di sana.

Nah seperti apakah daya tarik Tempat Wisata yang Unik Bukit Jamur Ciwidey ini ? apakah ada fasilitas wisata menarik yang bisa anda nikmati di sana ? berapa harga tiket masuk dan informasi penting dan menarik lainnya, yuk kita simak saja di bawah ini.

Bukit Jamur Ciwidey

Bukit Jamur Ciwidey Bandung

Foto : @backpackerjakarta

Sahabat Traveler’s, jika berbicara seputar Tempat Wisata di Jawa Barat, khususnya Tempat Wisata yang ada di Kota Bandung dan sekitarnya, maka semua orang sudah tahu, bahwa Tempat Wisata Alam di Bandung adalah merupakan salah satu daya tarik wisatanya.

Dan bicara Tempat Wisata Yang Menarik di Bandung dan sekitarnya yang manakah yang saat ini menjadi lokasi buruan wisatawan untuk menikmati keindahan alam dengan hawa sejuknya, maka sejumlah Tempat Wisata Alam di Ciwidey, Kabupaten Bandung adalah surga destinasinya.

Sebut saja misalnya beberapa Tempat Wisata Alam di Bandung Selatan yang sangat terkenal, khususnya kawasan Wisata Ciwidey seperti ada Kawah Putih, Situ Patenggang, Pemandian Air Panas Cimanggu & Ciwalini, Perkebunan Teh Bandung Rancabali, Ranca Upas dll.

Nah, jika anda sedang merencanakan rekreasi ke tempat-tempat wisata di ciwidey bandung selatan di atas, baik dengan cara Bacpackeran ke Bandung atau berwisata bersama dengan keluarga dan teman sekolah serta kantor dengan mengikuti Paket Wisata Bandung, jangan lupa singgah di Bukit Jamur Ciwidey.

Lalu dimanakah lokasi Bukit Jamur itu sendiri ? nah sahabat traveler’s, Bukit Jamur secara administratif adalah sebuah lokasi wisata yang beralamat di desa Rancabolang, kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat Indonesia.

Daya Tarik Wisata Bukit Jamur Ciwidey Bandung

Sahabat traveler’s, Bukit Jamur Ciwidey di Bandung Selatan ini sebenarnya adalah bukan merupakan sebuah tempat wisata yang berupa perbukitan yang dipenuhi jamur yang berada di dataran tinggi.

Perlu anda pahami dari awal, Bukit Jamur di Rancabolang Ciwidey ini bisa dikatakan merupakan sebuah lokasi Taman di Bandung yang unik dan banyak ditumbuhi pohon cemara dengan ukuran yang tidak biasa, yaitu pendek atau kerdil yang menyerupai jamur payung.

Tempat Wisata di Bandung yang Unik ini, jujur menurut hemat kang dian, menambah daftar tempat wisata unik yang baru di Bandung yang sudah saya review sebelumnya, seperti rumah terbalik Upside Down World Bandung dan wisata ala negeri belanda di Kampung Tulip.

Jika ditanya kenapa dikatakan sebagai Bukit Jamur, bisa jadi kang dian menilai karena kawasan taman yang dipenuhi pohon cemara unik ini berada di dataran tinggi Ciwidey yang bentuk arealnya tidak datar berbentuk setengah lingkaran.

Nah karena alasan yang sangat logis itulah kemudian , warga sekitar dan juga pengunjung yang pernah datang ke sini menyebutnya dengan nama populer Bukit Jamur Ciwidey.

Sahabat traveler’s, selain menawarkan daya tarik taman dengan bentuk pohon cemara yang unik, Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey juga bisa dikatakan karena ke khas-annya tersebut menjadikan tempat ini sebagai salah satu lokasi atau spot di Ciwidey yang Instagramable.

Dengan bentuk pohon cemaranya yang unik, arealnya merupakan kawasan hijau yang masih sangat alami dengan pemandangan yang juga indah dan berhawa sejuk, maka lokasi taman Bukit Jamur Ciwidey ini menjadi lokasi favorit wisatawan untuk foto selfie dan juga lokasi untuk foto Prewedding.

Sahabat traveler’s, tidak hanya menawarkan daya tarik wisata alam yang indah khas ciwidey, di kawasan ini juga bagi anda yang suka mengunjungi Tempat Wisata Bersejarah di Bandung, berdiri bangunan pabrik teh peninggalan zaman kolonialisme belanda.

Di kawasan pabrik teh yang kini berada di bawah pengelolaan PT. Perkebunan Nusantara VIII ini juga berdiri masih kokoh bangunan-bangunan tua berupa rumah dengan ciri belanda yang klasik, dengan cerobong asap penghangat ruangannya.

Bagaimana sahabat traveler’s, sangat menarik bukan tempat yang populer dengan nama Bukit Jamur Ciwidey ini ? yang pasti bagi anda yang tidak sedang liburan mengunjungi Tempat Wisata di Lembang, namun di Ciwidey, wajib anda singgah ke taman unik ini.

Fasilitas Wisata Bukit Jamur Ciwidey Bandung

Sahabat traveler’s, seperti yang saya singgung di atas di awal, saya sudah menjelaskan bahwa tempat ini bukan secara khusus merupakan sebuah kawasan tempat wisata di ciwidey pada umumnya yang sudah anda kenal dan ketahui.

Taman Pohon Cemara Unik berbentuk Jamur Payung ini merupakan sebuah taman yang dibuat menyerupai sebuah  bukit kecil, yang lokasinya di jalan desa Rancabolang, sehingga tidak ada fasilitas wisatanya.

Yang ada di sini anda bisa rebahan badan di rumput hijau yang tebalnya di bawah pohon cemara kerdilnya, jika anda sudah menempuh rute jalan yang cukup jauh dari titik awal anda menuju ke sini atau aktifitas foto selfi dan prewedding.

Harga Tiket Masuk Bukit Jamur Ciwidey

Sahabat traveler’s, untuk bisa menikmati eksotisme tempat yang hijau, berhawa sejuk dan sanat nyaman ditinggali ini, maka sampai detik ini tulisan dibuat, tidak ada biaya atau harga tiket masuk yang harus anda bayarkan alias gratis.

Alamat Bukit Jamur Ciwidey

Bukit Jamur saat ini tercatat secara wilayah administratif beralamat di jalan desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung , Jawa Barat Indonesia

Nomer Telepon Bukit Jamur Ciwidey

Sama seperti Harga Tiket Masuk di atas, bahwa tempat ini merupakan tempat umum yang belum dikelola secara komersial, maka belum ada nomer telepon atau kontaknya.

Jam Buka Bukit Jamur Ciwidey

Jam operasional Bukit Jamur di Rancabolang Ciwidey ini adalah setiap hari, dari senin hingga minggu, dan 24 jam alias tidak ada batasan waktu. So bagi anda yang semisal sedang menginap di Patuha Resort Ciwidey, mau berkunjung malam atau tengah malam pun bisa anda lakukan.

Peta Lokasi Bukit Jamur Ciwidey

Silahkan anda bisa melihatnya di sini

Rute Jalan Menuju Bukit Jamur Ciwidey

Sahabat traveler’s, bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi sebuah taman pohon cemara yang unik di Rancabolang Ciwidey, Kabupaten Bandung ini, silahkan anda ikuti cara mengaksesnya di bawah ini.

Untuk mengakses lokasi tempat ini, anda bisa menggunakan kendaraan roda dua seperti motor maupun kendaraan roda empat mobil serta kendaraan umum

Sebagai patokan arah paling mudah untuk menuju lokasi ini adalah silahkan arahkan kendaraan anda menuju ke kawasan Geodipa Energi atau Perkebunan Teh Rancabolang punya PTPN VIII di Ciwidey.

Dan berikut adalah rute jalan termudah paling umum yang dipakai wisatawan untuk berkunjung ke sana :

Bagi anda wisatawan yang berasal dari jakarta yang menggunakan kendaraan umum seperti bus, anda mengambil titik keberangkatan di terminal leuwi panjang, dan jika berkendara bisa keluar lewat pintul Tol Kopo dan ke depan Pintu Tol Soreang ( Soroja )

Dengan menaiki kendaraan umum jenis Elf maupun Bus, anda akan melewati sejumlah tempat wisata di Kopo seperti pusat perbelanjaan Miko Mall dan Wisata belanja Gang Nata Kopo Sayati, Kopo Square atu juga Resto Jepang Teppanraw Taman Kopo Bandung.

Selanjutnya anda memasuki Margahayu, kemudian pusat wisata kuliner RM Cilampeni, Kopo Katapang dan kemudian Soreang ( anda bisa berhenti sejenak jika lapar ke Rumah Makan Sunda Bandung di Soreang yaitu Kampoeng Sawah.

Selanjutnya anda arahkan kendaraan menuju Pasir Jambu dan akan melewati Tanaman Kebun Obat Sari Alam – Ciwidey – Baru Tunggul – Dusun Keneng dan tujuan lokasi Desa Rancabolang.

Nah untujk masuk lokasi desa Rancabolang, ambil patokan sesudah Alfamart atau di arah sebelah kiri sebelum tempat wisata di ciwidey yang baru dan sangat populer yaitu Ciwidey Valley Resort.

Nah, pas anda sudah menemukan atau melewati Kolam Renang Ciwidey Valley Resort, tepikan dan balikan arah kendaraan anda menuju Desa Rancabolang.

Dari belokan tersebut, sahabat tinggal arahkan terus kendaraan menuju Baru Tunggul, yang kemudian lanjutkan menuju desa rancabolang, dan jika setelah anda melewati persimpangan PLTU Geodipa Energi, maka tibalah anda dilokasi.

Tempat Wisata di Sekitar Bukit Jamur Ciwidey

Sahabat traveler’s, rekomendasi saya jika anda mau menikmati keunikan tempat yang bernama Bukit Jamur Ciwidey ini adalah, anda bisa melakukan dulu berwisata di tempat-tempat wisata utama di ciwidey terlebih dahulu.

Jika anda belum tahu, Ciwidey memliki banyak tempat atau kawasan wisata yang sangat populer lainnya selain yang disebutkan di atas seperti Barusen Hills, Taman Kelinci, EmTe Highland Resort, Legok Kondang Lodge, Glamping Lakeside Rancabali , Green Hill Park, dekat Situ Patenggang.

Tempat Penginapan di sekitar Bukit Jamur Ciwidey

Begitu banyaknya lokasi wisata yang bisa anda nikmati, rekomendasi saya juga, ada baiknya anda memilih Tempat Penginapan di Ciwidey yang terkenal sangat terjangkau alias murah harga sewa kamar hotel, villa, bungalow dan yang lainnya.

Rekomendasi saya, anda bisa bermalam di Kampung Pago Resort & Hotel, Saung Gawir Resto & Bungalow, Sindang Reret Ciwidey, D’Riam Riverside Resort atau tempat penginapan murah lainnya.

Tips Wisata ke Bukit Jamur Ciwidey

Bagi sahabat traveler’s yang pernah atau terbiasa pergi liburan ke Ciwidey, mungkin tidak ada tips khusus. Namun bagi anda yang baru mau pertama kali liburan ke ciwidey bandung, saya rekomendasikan untuk kenyemanan anda ikut program Tour Wisata Ciwidey bandung selatan saja.

Saat ini banyak program promo Paket Tour Wisata ke Ciwidey Bandung selatan dari Travel Agency yang akan berikan anda kemudahan untuk liburan ke bandung dengan harga yang snagat terjangkau alias murah meriah.

Nah, untuk memaksimalkan menikmati sajian istimewa wisata ciwidey secara menyeluruh dengan tempat-tempat wisata di atas, kang dian rekomendasikan anda untuk memilih Paket Wisata Bandung 2 Hari 1 Malam, atau mau yang lebih lengkap Paket Wisata Bandung 3 Hari 2 Malam.

Bagi anda yang pergi liburan berdua dengan pasangan tidak usah khawatir, jika anda membutuhkan Tempat Wisata di Bandung yang Romantis, baik tempat kulinernya, wisata alamnya, tempat penginapannya, anda bisa ikut Program Paket Wisata Bandung Untuk 2 Orang.

Nah sahabat traveler’s, demikianlah informasi seputar lokasi menarik yang ada di desa Rancabolang, yang populer dengan nama Bukit Jamur Ciwidey.

Bukit Jamur
Bukit Jamur Ciwidey Bandung

Place Name: Bukit Jamur

Place Description: Tempat Wisata Unik di Rancabolang Ciwidey Kabupaten Bandung

More...

  • Bukit Jamur Ciwidey
  • Fasilitas
  • Akses

Ringkasan

Nama : Bukit Jamur
Alamat : Ds.Rancabolang, Ciwidey
Jam Buka : Senin-Minggu,24 Jam
Harga Tiket Masuk : Gratis
Fasilitas : -

2.3
User Rating 5 (1 vote)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
loading...

Leave a Reply