Harga tiket_masuk dan_sewa_tenda-camping_patuha_pinus_land_ciwidey_bandung

Patuha Pinus Land – Info Harga Tiket Masuk & Camping Dan Rute Jalan

Diposting pada
Anggun Massage

Patuha Pinus Land | Harga Tiket Masuk Rp 10.000 / Orang | Biaya Camping Rp 20.000 / Orang | Jam Buka 09.00 – 17.00 WIB ( Rabu / Sabtu / Minggu Tutup ) | Nomor Telepon / Whatsapp – | Alamat Unnamed Road 40972, Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat 40972 | MAP Di Sini.

Hi sahabat traveler, jumpa lagi dengan saya Kang Dian, pengasuh web Wisata Bandung, yang kali ini mengajak mereview sebuah Tempat Wisata Alam dekat Ciwidey, Patuha Pinus Land.

Informasi ini sengaja Kang Dian sajikan untuk melengkapi daftar tempat wisata alam di Bandung selatan sebelumnya yang sudah saya ulas untuk anda semuanya seperti ;

Nah lalu seperti apakah daya tarik wisata alam Patuha Pinus Land di Bandung Selatan ini ?

berapa Harga Tiket Masuk Patuha Pinus Land ? dan berapa Harga Camping di Patuha Pinus Land ?

kemudian apa saja fasilitas wisata yang ada di sana ? dan apakah ada penginapan murah di Ciwidey dekat lokasinya ?

Selanjutnya dimanakah alamatnya ? dan bagaimana cara mengakses rute jalan menuju ke Patuha Pinus Land ? serta pukul berapakah waktu operasionalnya ?

Baiklah untuk menjawab semua pertanyaan di atas, yuk simak saja ulasan selengkapnya di bawah ini dengan lengkap dengan informasi daftar tempat wisata terdekat dari lokasi Patuha Pinus Land.

Harga Tiket Masuk Patuha Pinus Land

HARIHTM
WeekdayRp 10.000
WeekendRp 10.000

Jika anda mencari tempat wisata murah di Bandung Selatan yang sangat rekomended dikunjungi pada saat pandemi covid19, maka Patuha adalah rekomendasinya.

Setiap pengunjung ( dewasa dan anak – anak ) baik pada saat hari kerja biasa ( weekday ) atau libur akhir pekan ( weekend ) dan musim liburan nasional seperti lebaran dan tahun baru tiket masuknya 10 rb saja.

Biaya Camping di Patuha Pinus Land

KATEGORIHARGA
Tiket CampingRp 20.000
Sewa TendaHub No Kontak

Biaya camping di atas adalah biaya tiket masuk areal campingnya saja, belum termasuk sewa tenda, sleeping bad, kayu bakar dan perlengkapan kemah lainnya.

Patuha Pinus Land

Harga tiket_masuk dan_sewa_tenda-camping_patuha_pinus_land_ciwidey_bandung

Sahabat Kang Dian, Bandung adalah ibukota Provinsi Jawa Barat yang selain sebagai pusat pemerintahan, bisnis dan jasa, juga menawarkan daya tarik sebagai destinasi wisata alam yang sangat eksotis di Indonesia.

Selain Gunung Tangkuban Perahu di sekitar kawasan Wisata Lembang di Bandung Barat, lalu Caringin Tilu di Bandung Timur, kini hadir objek wisata alam terbaru di Bandung Selatan, Patuha Pinus Land.

Patuha Pinus Land adalah sebuah Tempat Wisata Baru di Bandung Selatan dekat kawasan Wisata Ciwidey yang baru saja dibuka sekitar bulan Maret 2020.

Lokasinya Sekitar kurang lebih 10 KM menempuh perjalanan dari jalan utama menuju jalur Ciwidey – Patuha dan 10 KM sebelum Lokasi perusahaan sumur gas milik BUMN ( PT. Geodipa Energi )

Patuha Pinus Land terletak di ketinggian sekitar 1200 Mdpl berada di dalam kawasan hutan alam milik Perhutani yang suasana hutan pinusnya sangat indah dengan kicauan burung-burung bersahutan masih terdengar.

Penglola Patuha Pinus Land adalah Pokdarwis RW. 05 Cibodas melalui LMDH ( Lembaga Masyarakat Daerah Hutan ) Desa Alamendah Kecamatan Rancabali,

yang kemudian mereka membuat Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan pihak Perhutani KPH Bandung Selatan untuk pengelolaan lahan hutan miliknya sebagai tempat pariwisata alam.

Nah jika anda tertarik datang ke tempat wisata di cibodas kecamatan Alam endah ini silahkan, karena Patuha Pinus Land adalah salah satu Tempat Wisata di Bandung yang sudah buka pada saat pandemi covid19.

Daya Tarik Wisata Patuha Pinus Land

Sahabat Kang Dian, ada banyak sekali hal menarik yang bisa anda temukan saat mengunjungi tempat wisata dekat Ciwidey Bandung yang belum terkenal ini.

obyek Wisata alam bertajuk kembali ke alam di Bandung Selatan ini telah dirancang oleh pengelolanya agar bisa menjadi tempat liburan di Bandung Selatan yang nyaman.

Camping Ground

Sahabat Kang Dian, ada banyak sekali tempat camping di Bandung yang selama ini menjadi langganan para pecinta alam untuk menikmati keindahan malam menyatu dengan alam dengan cara berkemah,

sebut saja misalnya di Pangelangan ada Citere Camping Ground dekat Situ Cileunca, di Lembang ada Terminal Wisata Grafika Cikole dan Pine Forest Camp dan di Bandung Timur adalah Cicalengka Dreamland.

Nah kini di sekitar Ciwidey telah hadir kembali tempat berkemah yang nyaman dan aman Patuha Pinus Land, sehingga bisa menambah daftar referensi tempat camping yang bagus di ciwidey sebelumnya,

seperti diantaranya Kampung Cai Ranca Upas, Sunan Ibu, Punceling Pass dan Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang serta camping serasa di hotel berbintang Glamping di Ciwidey.

Areal Camping Ground nya cukup luas bisa muat 100 tenda, pas dijadikan tempat kumpul di alam terbuka bersama teman, atau keluarga dan berdua dengan pasangan.

Kita bisa dirikan tenda di sela – sela hutan pinus yang sangat tinggi dan rindang mirip di PAL 16 dekat Cikole Jayagiri Resort yang udaranya sangat sejuk sekali.

Jangan lupa jika mau berkemah di sini untuk bawa baju tebal atau jacket penghangat, serta kaos kaki, karena di malam hari suhu udara di sini snagat dingin sekali serta berkabut.

Nah bilamana anda tertarik berkemah di sini, maka anda harus bayar tiket camping di Patuha Pinus Land sebesar Rp 20.000 ( sebelumnya anda juga harus bayar biaya masuk tempat wisata ini Rp 10.000 ).

Bagi anda yang membawa kendaraan baik mobil atau motor, penglola mengizinkan untuk mendirikan tenda dekat lokasi memarkirkan kendaraan anda sehingga aman bukan ?

Selfie Spot

Saat ini di Bandung banyak sekali destinasi wisata yang menawarkan tempat wisata yang instagramable, baik itu outdoor maupun indoor yang tengah hapening,

sebut saja misalnya di Bandung Barat adalah Lembang Wonderland dan The Great Asia Afrika, di pusat kota ada Mercusuar Cafe dan Dago Bakery di Punclut dll.

Nah kini ada satu tempat berfoto selfie outdoor di Bandung yang sangat rekomended untuk dikunjungi pas nanti waktu liburan, yakni Patuha Pinus Land.

Background alam di ketinggian yang romantis dan berkabut, tempat ini pun snagat rekomended dijadikan sebagai Tempat Prewedding di Bandung bagi pasangan yang mau menikah.

Sementara bagi anda pengunjung yang mau fokus menikmati wisata alam di dekat ciwidey ini tanpa sibuk berfoto selfie, saya sarankan anda gunakan Jasa Photografer Bandung saja, murah koq !

Jungle Game

Daya tarik lainnya objek wisata ini adalah menawarkan sensasi bermain permainan game di Area hutan pinus yang sangat menyenangkan dan dijamin seseru di Lembang Jungle Discovery Bandung.

Untuk wahananya sendiri, apakah ada wahana flying fox, paint ball atau Archery War dan yang lainnya, silahkan hubungi saja langsung pengelolanya, karena ini tempat baru.

Nah itulah beberapa daya tarik wisata dari tempat wisata di alam endah bandung selatan ini yang oleh pengelola masih akan terus dikembangkan sarana prasarananya,

seperti diantaranya adalah membuat wisata edukasi dengan Konsep ” NGOPI DI KEBUN KOPI ” yang artinya membuat semacam kedai kopi dengan konsep Open Bar.

Tempat ini dirancang untuk memberikan pengunjungnya melihat dari awal proses pengolahan kopi, dari mulai memetik biji kopi dari pohonnya hingga proses pengolahan dan menjadi secangkir kopi yang Nikmat.

Fasilitas Wisata

Sahabat Kang Dian, meskipun tergolong tempat wisata yang masih baru di Bandung, namun pengelola tempat ini sudah menyiapkan beberapa fasilitas untuk kenyamanan dan keamanan semua tamu – tamunya,

Di sini sudah terdapat kamar mandi / toilet kecil tanpa gantungan baju yang airnya sangat jernih nan alami serta bersih, dilengkapi pancuran mengalir terus 24 jam.

Di Patuha Pinus Land juga sudah ada fasilitas tempat sholat mushola, ada juga warung yang letaknya persis dekat pintu gerbang masuk tempat wisata di cibodas ini.

Di tempat ini belum ada listrik, sehingga alat penerangan di malam hari adalah untuk sementara saat ini berupa lampu – lampu yang dibawa petugas dan pengunjung serta api unggun peserta camping.

Meskipun akan terasa gelap di malam hari, anda tidak usah khawatir karena pada malam hari areal ini, khususnya di pintu gerbang dijaga oleh petugas keamanan yang berjaka 24 jam setiap harinya.

Bagi anda yang mau berkemah di sini namun malas membawa perlatan camping dari rumah, silahkan anda bisa tanyakan ke petugas loket berapa harga sewa tenda camping di Patuha Pinus Land saat ini ?

Waktu Operasional

  • Rabu Tutup
  • Kamis 09.00–17.00
  • Jumat 09.00–17.00
  • Sabtu Tutup
  • Minggu Tutup
  • Senin 09.00–17.00
  • Selasa 09.00–17.00

Nomor Telepon / Whatsapp

Sampai tulisan ini dibuat, Kang Dian belum mendapatkan informasi nomor kontak telepon / whatsapp yang bisa dihubungi sebagai fasilitas untuk bertanya seputar informasi terbaru tempat camping ini.

Nah jika anda yang sudah pergi ke sana dan mengetahui nomor petugas loket di sana, silahkan bisa mengisi kolom komentar yang sudah kang dian sediakan di bawah.

Alamat Patuha Pinus Land

  • Unnamed Road 40972, Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat 40972.

Lokasinya dekat dengan Sunda Dewata Jeep Camp, lalu Walirang River Tubing serta sebuah tempat wisata alam Air Terjun di Bandung seindah Curug Malela yakni Curug Bentang Padjadjaran.

Rute Jalan

Cara menuju ke Patuha Pinus Land bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik bawa kendaraan sendiri ( sangat direkomendasikan ) baik naik roda empat atau roda dua.

Bagi anda para backpacker, rekomendasi kang dian gunakanlah jasa Rental Motor Bandung jika anda sendirian atau berdua dengan pasangan, kalau lebih dari itu Rental Mobil Bandung pilihan terbaiknya.

Tempat Wisata Terdekat

Ada banyak tempat wisata di sekitar Patuha Pinus Land yang sangat terkenal, dan rekomendasi saya untuk memaksimalkan liburan anda bisa ambil Paket Wisata Ciwidey.

Ada banyak Tour Travel di Bandung yang menawarkan beragam Paket Wisata Bandung Selatan, untuk mengeksplorasi tempat – tempat menarik dan terkenal di Ciwidey.

Sebut saja diantaranya adalah tempat wisata keluarga dan anak Palalangon Park, lalu kemudian Taman Kelinci, D’Riam Riverside hingga Bukit Jamur dan Kawah Rengganis.

Bilamana anda yang baru liburan ke Bandung dan mau lebih nyaman jalan – jalan mengunjungi tempat wisata di Ciwidey, ada koq layanan Jasa Tour Guide Bandung yang bisa anda manfaatkan.

Penginapan Dekat Patuha Pinus Land

Sahabat Kang Dian, jika anda kurang terbiasa menginap di alam terbuka dengan cara camping di Patuha Pinus Land, ada banyak Penginapan di Ciwidey Yang Murah yang bisa anda manfaatkan.

Mulai dari penginapan sekelas Hotel di Bandung berbintang hingga penginapan sekelas Resort di Bandung yang salah satunya paling direkomendasikan adalah Bubu Jungle Resort.

FAQ

Bagaimana cara menuju ke Patuha Pinus Land naik transportasi umum ?

Anda bisa memilih 2 cara menuju ke sana naik transportasi umum, dimana pilihannnya bisa naik dulu angkutan kota atau bus damri, penjelasannya silahkan baca di sini : 30 Trayek Angkot Bandung dan 11 Trayek Damri Bandung

Berapa tiket masuk Patuha Pinus Land ?

Saat tulisan ini dibuat, setiap pengunjung akan dipungut biaya 10 rb / orang, sementara untuk tiket masuk camping ground setiap pengunjung akan dipungut biaya masuk terusan 20 rb.

Nah sahabat traveler, demikian ulasan seputar tempat wisata baru di Bandung Selatan lengkap dengan info harga tiket masuk / camping di Patuha Pinus Land.