harga_tiket_masuk_curug_tilu_rancabali_ciwidey_bandung

Curug Tilu Rancabali Ciwidey – Harga Tiket Masuk & Rute Jalan Ke Lokasi

Diposting pada

Curug Tilu Rancabali Ciwidey | Harga Tiket Masuk Rp 10.000 – Rp 30.000 / orang | Jam Buka 09.00 – 17.00 WIB | Nomor Telepon | Alamat Cipelah, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973 | MAP Peta Lokasi

Apakah anda sedang berencana pergi liburan mengunjungi Tempat Wisata di Ciwidey terbaru ? jika iya, yuk ke Curug Tilu di Patengan, Rancabali saja.

Curug Tilu di Rancabali Ciwidey ini menawarkan objek Wisata Air Terjun di Bandung Selatan dengan pemandangan yang masih sangat asri dan sejuk udaranya.

Curug Tilu bisa dikatakan selama ini adalah merupakan tempat wisata di Bandung Selatan yang belum terkenal seperti saudaranya Curug Malela sehingga masih sepi pengunjungnya.

Curug Tilu Rancabali sendiri adalah air terjun mini di daerah Ciwidey yang dibuka pada tahun 2009 dengan nama yang awalnya Situ Lembang.

Sejarah Curug Tilu Rancabali awalnya dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VIII, namun setelah adanya pergantian managemen menjadi Unit Agro Wisata, kawasan curug ini pun ditata ulang dan diganti namanya.

Nah lalu seperti apakah daya tarik wisata tempat wisata alam curug ciwidey ini ? dan apa saja fasilitas wisata menarik yang ada di sana ?

Baiklah untuk menjawab pertanyaan di atas, yuk simak saja ulasan selengkapnya di bawah ini,

karena Kang Dian akan bagikan info penting lainnya mulai dari alamat curug tilu rancabali di Ciwidey ini,

lalu kemudian rute jalan menuju ke lokasi, jam buka, nomor telepon hingga tempat wisata dan penginapan terdekat.

Namun sebelum menjelaskan itu semua, yuk kita cek terlebih dahulu, berapa sih harga tiket masuk curug tilu ciwidey ini ?

Harga Tiket Masuk Curug Tilu Rancabali Ciwidey

JENIS TIKETBIAYA MASUK
DomestikRp 10.000
WNARp 30.000

Biaya tiket masuk ke Curug Tilu Rancabali di Ciwidey ini cukup terjangkau yakni sebesar Rp 10.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp 30.000 untuk entrance fee wisatawan mancanegara.

Sebagai catatan, harga tiket di atas tersebut belum termasuk biaya atau tarif parkir kendaraan pengunjung, yakni Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Jam Buka Wisata Air Curug Tilu Rancabali Ciwidey

HariWaktu Operasional
Weekday 09.00 – 17.00 WIB
Weekend 09.00 – 17.00 WIB

Bagi anda yang ingin berwisata ke Curug Tilu, waktu operasional tempat wisata air terjun di daerah Patengan, Rancabali, Ciwidey ini setiap harinya mulai buka dari jam 9 pagi dan tutup pukul 5 sore.

Daya Tarik Wisata Curug Tilu Rancabali di Ciwidey

harga_tiket_masuk_curug_tilu_rancabali_ciwidey_bandung

Sahabat traveler, eksotisme Wisata Alam di Bandung memang sangat terkenal keindahannya, salah satunya ada di Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Daerah Rancabali sendiri adalah sebuah kawasan Perkebunan Teh di Bandung Selatan yang lokasinya berada di atas ketinggian 1.628 meter di atas permukaan laut.

Curug Tilu Rancabali adalah objek wisata air terjun mini karena ukuran dan luasnya kecil dan merupakan air terjun buatan atau taman air buatan.

Arus aliran air di curug ini sangat unik karena melintasi bebatuan yang kemiringannya tidak terlalu terjal.

Ada pun sumber air curug tilu di Ciwidey ini bersumber dari tiga aliran sungai kecil dari tebing yang berasal dari arah perkampungan warga sekitarnya.

Tiga aliran air tersebut selama puluhan tahun hingga saat ini masih dimanfaatkan oleh warga sekitar curug untuk digunakan berbagai keperluan kehidupan sehari-hari,

seperti dipakai untuk mengaliri sawah, mencuci pakaian, tempat bermain anak – anak dan digunakan sebagai sumber air bersih warga lokal untuk dimanfaatkan seperti memasak di rumah.

Hal tersebut dikarenakan air di Curug Tilu Rancabali di Ciwidey ini sangat jernih dan selama ini cukup aman dan sehat untuk digunakan warga sekitar.

Begitu pun juga dengan wisatawan yang datang ke sini, daya tarik air yang jernih dan dingin rasanya ini membuat pengunjung yang datang ke tempat ini betah berlama-lama

Aktivitas wisata menarik lainnya di sini adalah bermain air di sekitar air terjun dan juga berfoto bersama teman-teman karena pemandangan di sini sangatlah instagramable.

Dijamin eksotisme wisata air curug tilu Rancabali di Ciwidey ini tidak kalah dengan curug citambur ciwidey, curug tujuh ciwidey atau curug pangalengan dan curug terdekat di Bandung lainnya.

Untuk fasilitas wisatanya, karena lokasi di sekitar perkampungan warga, maka anda bisa dengan mudah untuk menemukan toilet atau kamar mandi, warung makan dll,

termasuk jika ada kejadian darurat ada dari sana jarak terdekat ke Rumah Sakit di Bandung yang bisa anda datangi.

Namun bagi anda wisatawan asal mancanegara yang mau liburan ke sini atau ciwidey umumnya,

ada baiknya anda bawa uang dalam bentuk rupiah terlebih dahulu, karena sulit menemukan Tempat Penukaran Uang di Bandung Money Changer terdekat.

Nah anda tertarik datang ke sini ? jika iya, yuk kita cek dimana alamat curug tilu Rancabali di Ciwidey ini dan rute jalan menuju ke tempat wisata air ini.

Alamat Curug Tilu Rancabali Ciwidey

Lokasi wisata air terjun curug 3 Ciwidey terletak di Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40973

Lokasi tepatnya ada di tengah-tengah Perkebunan Teh Rancabali yang sangat asri dengan pemandangan hijau yang mengitari.

Rute Jalan Ke Lokasi

curug_tilu_cipelah_ciwidey_bandung

Sahabat traveler, Area Rancabali yang jadi lokasi tempat wisata air terjun curug tilu di Ciwidey ini terletak sekitar 50 kilometer ke arah Selatan kota Bandung.

Dengan menggunakan mobil dari arah pusat kota Bandung, anda akan menghabiskan waktu perjalanan sejauh 51 km melewati Jalan Tol Soreang.

Saat ini rute jalan menuju ke curug tilu ciwidey lebih mudah lagi, dimana anda bisa mengarahkan aplikasi Google Maps-mu ke Perkebunan Teh Rancabali.

Saat sudah tiba di perbatasan Kabupaten Cianjur, beloklah ke arah Desa Cipelah, di sana ada jalan lebih kecil yang jaraknya lima kilometer,

lewati jalan ini hingga melewati perkampungan warga dan Situ Patenggang sebelum akhirnya kamu tiba di Perkebunan Teh Rancabali.

Bagi anda yang naik transportasi umum, silahkan anda bisa salah satu Trayek Angkot di Bandung,

namun bagi anda yang mau naik bus umum, belum ada Trayek Bus Damri Bandung menuju ke tempat wisata ini.

Tempat Wisata Terdekat

Sahabat traveler, sangat syang jika anda datang ke Curug Tilu Rancabali di Ciwidey, namun anda melewatkan objek wisata yang terkenal menarik lainnya di sekitarnya.

Terlebih bagi anda yang mau pergi liburan ke sini dengan ikut program Paket Wisata Ciwidey bersama tour travel di Bandung seperti Mawa Holiday.

Nah agar waktu liburanmu sangat maksimal di Ciwidey, berikut ini Kang Dian punya rekomendasi Tempat Wisata yang Baru di Bandung Selatan yang dekat dengan Curug Tilu Rancabali :

mulai dari Glamping Lakeside di tepi Situ Patenggang,

lalu Tempat Camping di Bandung Selatan terkenal Sunan Ibu Point Sunset di Kawah Putih, Patuha Pinus Land, Ranca Cangkuang dan Punceling Pass serta Kampung Cai Ranca Upas.

Lalu ada Pemandian Air Panas di Bandung Selatan ternama seperti Permandian Air Panas Ciwalini dan Pemandian Air Panas Cimanggu serta Kawah Cibuni Rengganis, Palalangon Park dll

Penginapan Terdekat

Bagi anda yang mau menghabiskan waktu liburan di Ciwidey dengan cara bermalam, ada banyak jenis Penginapan di Ciwidey dari yang Murah hingga yang mahal berkualitas,

Rekomendasinya anda bisa memilih penginapan Villa di Ciwidey dengan private pool seperti Bubu Jungle Resort.

Untuk pilihan penginapan jenis hotel, ada banyak Hotel di Bandung Selatan terdekat, rekomendasinya Hotel Dream D’riam Riverside Resort.

Namun bagi anda yang mau menginap di alam terbuka yang lebih seru dan menantang untuk anda coba,

di ciwidey telah hadir jenis penginapan seperti Glamping Ciwidey hingga menginap ala hotel bobobox yang lagi ngehit seperti Bobocabin.

Tips Wisata

Sahabat Kang Dian, berikut adalah beberapa tips berwisata ke curug tilu rancabali dan objek wisata ciwidey dan bandung pada umumnya yang wajib diketahui.

Pertama, seperti kita ketahui, jalanan kota bandung menuju ke berbagai lokasi wisata terkenal di sekitarnya pada setiap akhir pekan apalagi musim liburan sangat padat dan ramai sekali.

Nah untuk itu, moda transportasi terbaik serta murah adalah anda bisa gunakan layanan jasa Tempat Penyewaan Motor di Bandung atau Rental Mobil Bandung.

Kedua, jika anda baru pertama kali pergi liburan ke Bandung biar gak bingung, ada baiknya untuk kenyamanan dan keamanan, anda gunakan Jasa Tour Guide Bandung,

atau bilamana anda ingin lebih maksimal liburan di kota kembang, Kang Dian sangat rekomendasikan anda mengambil Paket Wisata Bandung yang saat ini harganya juga semakin terjangkau.

FAQ

Berapa tiket masuk ke curug tilu di Ciwidey ?
Informasi terbaru, biaya masuk objek wisata air terjun curug tilu di Rancabali ini, pengelola akan memungut HTM 10 rb / orang untuk wisatawan lokal.

Apa moda transportasi umum ke curug tilu ?
Moda transportasi umum ke lokasi adalah angkutan kota, namun anda harus berjalan lagi menuju ke lokasi, oleh karenanya bawa kendaraan sendiri adalah cara terbaik

Nah sahabat traveler, demikianlah info alamat, rute jalan ke lokasi, jam buka, nomor telepon, review fasilitas, penginapan terdekat dan Harga Tiket Masuk Curug Tilu Rancabali Ciwidey.