Wisata Batu Eon – Info Tiket Masuk,Alamat & Legenda

Loading...

Wisata Batu Eon – Apakah anda sedang mencari Tempat Wisata Baru di Bandung Selatan yang sedang nge-Hits ? Jika iya, Yuk kita kunjungi Batu Eon di Desa Wisata Lamajang Pangalengan.

Hi traveler’s, jumpa lagi dengan kang dian, penulis blog Tempat Wisata di Bandung, yang kali ini akan me-Review Tempat Wisata di Pangalengan, Wisata Batu Eon.

Informasi ini melengkapi juga Daftar Tempat Wisata Alam di Bandung yang Terkenal sebelumnya yang sudah banyak saya Review seperti,

Wisata Alam Bandung Selatan ada Cimanggu, Ciwalini, Situ Patenggang, Ranca Upas, Barusen Hills, Bukit Jamur yang ada di Kawasan Wisata Ciwidey,

Dan Wisata Bandung Barat ada Taman Begonia, Gunung Tangkuban Perahu, Puncak Eurad, Cipanas Nagrak Parongpong di kawasan Wisata Lembang,

Serta tentunya Tempat Wisata Maribaya di Lembang seperti The Lodge Maribaya dan Maribaya Natural Hot Spring Resort serta Curug Maribaya,

Dan pastinya juga sejumlah Tempat Wisata Alam di Bandung Timur seperti Bukit Moko, Puncak Bintang, Caringin Tilu dan yang lainnya.

Nah seperti apakah daya tarik Wisata Batu Eon yang harus kita ketahui ?

Seperti apa Sejarah dan Legenda tempat ini sehingga dinamai Batu Eon ?

Dimanakah alamat dan Lokasi objek wisata Batu Eon, dan bagaimana Rute Jalan Menuju ke sana ?

Berapa Harga Tiket Masuk ke Tempat Wisata Batu Eon terbaru saat ini ?

Yuk, di bawah ini kang dian akan ajak sahabat sekalian untuk mengetahui informasiĀ  Tempat Wisata di Pangalengan ini selengkapnya di bawah.

Wisata Batu Eon

Wisata Batu Eon Desa Lamajang Pangalengan Kabupaten Bandung

Sahabat traveler’s, Bandung telah lama menjadi destinasi wisata terfavorit wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan mereka.

Bicara seputar objek wisata di Bandung memang sepertinya tidak akan pernah ada habisnya,

belum habis kita mengupas dan menikmati satu tempat wisata menariknya, objek wisata baru lainnya sudah hadir kembali untuk kita kunjungi.

Contohnya kang dian baru beberapa waktu yang lalu, baru saja mengupas seputar objek wisata baru China Town Bandung,

Kemudian juga Wahana Baru Rainbow Garden , Kota Mini dan Kampung Jepang Kyotoku di Floating Market Lembang dan Skywalk Cihampelas,

Serta pusat kuliner baru yang langsung nge-Hit Bandung Makuta Cake dan Bandung Princess Cake serta Kalpa Tree Cafe,

Kini telah hadir kembali, berupa objek wisata alam di Kabupaten Bandung, yaitu Wisata Batu Eon di Pangalengan.

Saat ini meskipun masih relatif baru, Batu Eon telah menjadi tujuan liburan sejumlah wisatawan, sehingga setiap alibur akhir pekan ramai dengan pengunjung.

Banyak hal seru dan menarik, sehingga objek wisata batu eon ini banyak dikunjungi wisatawan yang tidak hanya dari bandung tapi juga mulai dari luar kota.

Penasaran ingin tahu ? yuk sebelum kang dian mengupasnya, kita cari tahu alamat dan peta lokasi tempat wisata yang baru di bandung ini.

Alamat Objek Wisata Batu Eon

Sahabat traveler’s, alamat dari tempat wisata Batu Eon sendiri berlokasi di desa Lamajang, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat.

Lokasinya sendiri, Batu Eon ini berada di tengah kolam tando harian Pembangkit Listrik Tenaga Air PT Indonesia Power, Cikalong, Pangalengan.

Daya Tarik Wisata Batu Eon di Desa Lamajang

Sahabat traveler’s, berikut adalah fakta dan informasi yang wajib anda ketahui sebelum memutuskan untuk berwisata ke sini.

Situs Cagar Budaya

Sahabat traveler’s, Batu Eon sendiri saat ini telah ditetapkan sebagai salah satu Situs Cagar Budaya yang ada di Pangalengan, Kabupaten bandung.

Hal ini tentunya semakin menambah daftar tempat wisata cagar budaya di bandung yang bisa kita kunjungi ketika hendak liburan ke kota kembang,

Sebut saja misalnya tempat wisata cagar budaya sunda Saung Angklung Udjo, Desa Wisata Kampung Pasir Angling Suntenjaya,

Kemudian ada juga Eco Bambu Cipaku , Komunitas Hong, Kampung Adat Cikondang dan cagar budaya di bandung lainnya.

Legenda Batu Eon

Sahabat traveler’s, jika ditanya hal apa yang paling menjadi daya tarik wisata batu Eon saat ini ? maka jawbannya adalah sejarah dan legendanya.

Banyak tempat wisata di bandung yang mempunyai legenda masing – masing yang sangat menarik diketahui meski sedikit beraroma mistik,

Sebut saja contohnya adalah Legenda Gunung Tangkuban Perahu yang menceritakan kisah asmara terlarang antara Sangkuriang dan Dayang Sumbi.

Atau kisah dan legenda di balik ditemukannya objek wisata Kawah Putih Ciwidey yang dahulunya sangat tabu orang untuk datang ke sana.

Nah, Wisata Batu Eon ternyata mempunyai legenda sejarah yang sangat menarik juga untuk kita ketahui,

Konon katanya batu ini dulunya memiliki cerita tidak bisa dipindahkan, bahkan untuk dihancurkan meski dengan dinamit du abad 19 yang lalu.

Tersebutlah dulu ada seseorang pria yang namanya Eon. Ia berniat untuk membuat sebuah situ seperti Situ Lembang atau Situ Cileunca untuk lokasi PLTA.

Namun dalam kenyataannya, dalam proses pembuatannya situ tersebut, Eon dihadapkan pada sebuah masalah, dimana ada batu yang menghalangi.

kesulitan tersebut semakin membuatnya terheran heran karena batu dengan ukuran besar terssbut tidak bisa dipindahkan,

Bahkan yang lebih membuatnya penasaran batu tersebut juga tidak bisa dihancurkan dengan berbagai macam cara yang sudah dia lakukan,

seperti ia mencoba menghancurkan batu tersebut dengan dinamit, bor, dan segala usahanya namun masih tidak berhasil.

Nah beberapa saat kemudian, Ada peristiwa membuat gempar masyarakat di sekitar lokasi tempat wisata ini di pangalengan ini,

dimana Eon dikabarkan meninggal dunia seminggu setelah upayanya untuk menghancurkan dan memindahkan batu tersebut.

Dan pada akhirnya, batu tersebut ini kemudian diabadikan di tengah-tengah situ untuk PLTA hingga saat ini, dan telah menjadi objek wisata.

Fasilitas dan Aktifitas Menarik Wisata Batu Eon

Sahabat traveler’s, sebagai sebuah tempat wisata yang baru di bandung selatan, belum banyak fasilitas wisata yang tersedia di tempat ini.

Namun demikian ke depan pengelola Desa Wisata Lamajang akan berusaha dan bekerja sama dengan pemilik PLTA PT indonesia Power untuk kembangkan wisata di daerah ini.

Berdasarkan informasi yang kang dian dapatkan, di sekitar PLTA ini terdapat lahan tiudr seluas dua hektar yang siap untuk dikembangkan,

diantara penataan kawasan dengan pembuatan fasilitas wisata seperti gazebo, serta kawasan ini akan dijadikan lokasi Tempat Outbound di Bandung seperti yang ada di,

Kampung Batu Malaksari, Bale Bambu Ciwidey, Terminal Wisata Grafika Cikole, Lembang Juggle Discovery, D’Camp, Ciwangun Indah Camp dll.

Untuk aktifitas wisata menarik yang bisa anda lakukan saat ini adalah sementara Pengunjung hanya bisa melihat Batu Eon ini dari kejauhan,

Hal tersebut dikarenakan ada pagar berupa kawat berduri yang menghalangi pandangan yang mengelilingi kolam tando PLTA.

Namun demikian hal menariknya lainnya yang masih bisa anda nikmati di sana adalah menikmati pemandangan alam di sana yang masih alami,

serta suasana yang tenang dengan background alam berupa pemandangan salah Pegunungan di Bandung selatan, yaitu Gunung Tilu Pangalengan.

Hal asyik lainnya adalah menikmati kesejukan udara khas alam pegunungan yang masih sangat terasa di sekitar kawasan wisata batu eon ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Batu Eon

Sahabat traveler’s, apakah anda sedang mencari Tempat Wisata Murah di Bandung selatan yang bagus ? Wisata Bat Eon adalah solusinya.

Saat ini setiap pengunjung yang akan masuk ke lokasi tempat wisataBatu Eon, pengelola tidak perlu memungut biaya.

Tiket masuknya gratis !!

Namun demikian pengelola mensyaratkan kepada semua pengunjung yang datang untuk menjaga kebersihan kawasan dengan tidak buang sampah sembarangan.

Paket Wisata Batu Eon

Sahabat traveler’s, ada kabar baik ke depan bagi anda yang tertarik datang ke sini, dimana pengelola sudah siapkan pilihan seperti Paket Wisata Bandung.

Dengan adanya sistem Paket Wisata Pangalengan ini, pengelola akan menawarkan kepada wisatawan objek wisata lainnya di sekitar Batu Eon,

Sebagai contohnya dalam paket wisata tersebut nanti di dalamnya ada wisata sejarah ke Rumah Adat Cikondang dan wisata agro di Desa Lamajang.

Bahkan bisa juga nanti dikembangkan destinasi wisatanya lebih luas seperti mengunjungi Gunung Puntang, Gunung Malabar, Gunung Nini,

Dan pastinya mengunjungi salah satu lokasi Tempat Pemandian Air Panas di Bandung selatan, yaitu Pemandian Air Panas Alami Cibolang.

Untuk pilihan paket tour wisatanya sendiri, telah disiapkan seperti Paket Wisata Bandung 2 Hari 1 Malam dan Paket Wisata Bandung 3 Hari 2 Malam,

Dalam paket wisata ini wisatawan bisa tinggal di desa lamajang selama 2 atau 3 hari, dimana hari pertamanya akan melakukan kegiatan Tracking dari Penginapan ke Batu Eon.

Hari selanjutnya menjelalaji semua objek wisata yang ada di pangalengan, serta kegiatan seru lainnya seperti belajar beternak hingga bertani.

Jam Buka Objek Wisata Batu Eon di Desa Lamajang

Sahabat traveler’s, saat ini waktu operasional tempat wisata ini adalah setiap hari, mulai dari pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Peta Lokasi Wisata Batu Eon di Pangalengan Bandung

Silahkan anda lihat di sini

Rute Jalan Menuju Batu Eon di Desa Lamajang

Sahabat traveler’s, sangat mudah menemukan tempat wisata Batu Eon yang ada di Desa Lamajang, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung ini.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat seperti mobil, atau jika rombongan bisa Sewa Bus Pariwisata Bandung di Tour Travel Bandung.

Rute jalannya adalah, dari mana pun posisi anda, silahkan anda arah kan kendaraan anda menuju daerah Soreang, dan detil sbb ;

Ambil Jl. Raya Soreang – Banjaran, selanjutnya arahkan kendaran menuju ke Dangdeur di Kiangroke, dimana bisa ditempuh sekitar 14 mnt (5,7 km)

Selanjutnya masih tetap di Dangdeur, anda ambil arah Kebon Kelapa ke Jl. Raya Pengalengan di Banjaran, dimana waktu tempuhnya sekitar 9 mnt (2,5 km)

Seterusnya anda ambil belok kanan menuju ke Jl. Raya Pengalengan yang membutuhkan waktu berkendara sekitar 13 mnt (6,8 km)

Nah selanjutnya anda tinggal ikuti Cangkuang Cikalong, kemudian Cibolang, terus ke Cijengkol dan akan tibalah anda di Lamajang.

Nah sahabat traveler’s, bagaimana sangat mudah bukan ?

Apakah anda tertarik untuk mengunjungi Tempat Wisata di Bandung di desa lamajang pangalengan ini ?

Jika iya, siapakan dan rencankan dari sekarang juga, sehingga saat Liburan ke Bandung, jangan lupa kunjungi Tempat Wisata Batu Eon.

Batu Eon
Wisata Batu Eon Desa Lamajang Pangalengan Kabupaten Bandung

Place Name: Batu Eon

Place Description: Tempat Wisata Batu Eon di Desa Lamajang - Pangalengan Kabupaten Bandung

More...

  • Batu Eon
  • Fasilitas
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses

Ringkasan

Nama : Batu Eon
Alamat : Ds.Lamajang Pangalengan
No Tlp : -
Jam Buka : 07.00 - 17.00 WIB
Harga Tiket Masuk : Gratis
Fasilitas : Outbound, Gazebo dll

4.8
User Rating 5 (1 vote)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
Loading...

Leave a Reply

Sending