15 Tempat Ngabuburit di Bandung Terbaru & Terpopuler

Tempat Ngabuburit Di Bandung – Apakah anda sedang merencanakan Liburan dengan mengunjungi Tempat Wisata di Bandung saat di bulan Ramadhan seperti sekarang ? Jika iya, wajib hukumnya bagi anda untuk mengetahui Tempat-tempat Ngabuburit di Kota Bandung yang Terkenal ini.

Halo sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan saya kang dian, penulis blog informasi Wisata Bandung, yang khusus pada bulan Ramadhan ini akan berikan anda Daftar Tempat Wisata di Bandung yang pas buat acara menunggu waktu buka puasa, yaitu Tempat Ngabuburit di Bandung yang Asyik.

Nah, tempat-tempat wisata di bandung dimana saja yang bagus dan terkenal sebagai Tempat Nongkrong di Bandung yang tepat sebagai tempat untuk menghabiskan waktu menunggu adzan magrib atau berbuka puasa di bulan Ramadhan ?

Yuk, di bawah ini kang dian akan berikan daftar rekomendasinya, khusus bagi anda penikmati informasi seputar tempat-tempat wisata di kota bandung dan sekitarnya di tempatwisatadibandung.info.

Tempat Ngabuburit di Bandung

Tempat Ngabuburit di Bandung Bukit Bintang Dago

Sahabat traveler’s, bicara seputar ibadah puasa di bulan ramadhan, maka banyak hal positif lainnya yang bisa kita lakukan selain sholat 5 waktu berjamaah, mengaji/tadarus, belajar baca Qur’an dan amal sholeh lainnya bukan ?

Sebut saja misalnya mengunjungi tempat-tempat penampungan anak yatim piatu di bandung, kemudian pesantren kilat di Pesantren di Bandung, dan tentunya kegiatan positif lainnya termasuk kegiatan menunggu waktu magrib yaitu ngabuburit.

Nah sahabat traveler’s, banyak sekali Tempat wisata di Bandung yang selama ini sangat terkenal dan biasa dijadikan objek menarik sebagai Tempat Ngabuburit di Bandung favorit warga kota bandung.

Tempat Ngabuburit ini tersebar di seluruh pelosok penjuru Bandung, mulai dari Kawasan Wisata Lembang dan Wisata Maribaya di Bandung Barat, di Bandung selatan, Wisata Dago di Bandung Utara dan masih banyak yang lainnya.

Lalu, tempat-tempat wisata di bandung mana saja sih yang asyik dan seru dijadikan sebagai tempat ngabuburit itu ? Mau tahu jawabannya ? yuk lanjut saja informasinya di bawah ini.

Asal Usul Kata Ngabubururit

Sahabat traveler’s, bagi kita yang beragama Muslim yang tengah menjalankan ibadah shaum di bulan Ramadhan, tentunya waktu saat berbuka puasa adalah hal yang paling dinantikan.

Nah, Untuk mengisi waktu sambil menanti beduk adzan Maghrib berkumandang, tentunya banyak kegiatan yang bisa kita dilakukan.

Salah satu kegiatan yang populer yang biasa dilakukan adalah Ngabuburit. Kata ini cukup sering diucapkan pada bulan suci ini. Tapi tahukah anda apa arti Ngabuburit itu sendiri ?

Ngabuburit merupakan istilah dalam Bahasa Sunda yang berasal dari kata Burit yang berarti sore, dan Jika diterjemahkan secara bebas, Ngabuburit adalah istilah yang dipakai untuk kegiatan menunggu sore.

Sementara di KBBI, kata Ngabuburit diartikan sebagai saat menunggu waktu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan. Pada KBBI, kata Ngabuburit diberi keterangan (sd) sebagai penanda bahwa kata tersebut berasal dari Bahasa Sunda.

Umumnya, orang-orang melakukan Ngabuburit pada jam 3-5 di sore hari. Biasanya mereka berkeliling naik motor sambil mencari aneka hidangan yang menarik untuk waktu berbuka puasa nanti.

Sementara di beberapa tempat lainnya, Ngabuburit digunakan untuk kegiatan positif lainnya seperti pesantren kilat atau seminar mengenai agama dan pengajian.

Nah, sahabat traveler’s untuk itu, di bawah ini langsung saja kang dian akan berikan daftar tempat-tempat ngabuburit di kota Bandung dan sekitarnya yang bisa anda kunjungi :

1.Masjid Raya Bandung’& Alun-Alun Kota Bandung

Wisata Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung

Sahabat traveler’s, jika ada satu Tempat Wisata yang menarik di Kota Bandung yang wajib anda kunjungi sebagai salah satu Tempat Ngabuburit di Bandung, maka Masjid Raya Bandung adalah jawabannya.

Alamat masjid Raya Bandung adalah di Jalan Asia Afrika, Balonggede, Regol, Kota Bandung, Jawa Barat Indenesia.

Lokasinya sangat strategis, satu kawasan dengan Alun-Alun Kota Bandung dan juga dekat Museum Pos Indonesia serta pusat belanja murah di bandung, Pasar Baru Trade Center, Yogya Dept Store hingga Cibaduyut.

Daya tarik Tempat Ngabuburit di Bandung ini adalah selain anda mudah mengakses tempat wisata belanja di bandung dari sini, juga anda bisa menikmati panorama keindahan kota bandung dari atas menara masjid Agung.

Tidak hanya itu, lokasinya yang dekat dengan alun-alun kota bandung, maka di sini anda bersama keluarga, teman atau berdua dengan pasangan bisa duduk santai secara lesehan, hingga bermain bola di atas rumput sintesis.

Tidak hanya itu saja, berkunjung ke sini juga sekaligus anda juga bisa melaksanakan kegiatan Sholat Magrib berjamaah hingga melakukan sholat tarawih sekaligus.

Kabar terbaru dari Pengurus DKM Masjid Raya Bandung, di salah satu Mesjid terbesar di Jawa Barat, dan merupakan salah satu destinasi Tempat Wisata Religi di Kota Bandung ini, ada kegiatan sediakan 2.000 takjil gratis bagi pengunjungnya.

2.Taman Jomblo

Taman Jomblo

Sahabat traveler’s, Tempat ngabuburit di Bandung selanjutnya yang wajib anda kunjungi adalah sebuah Taman Tematik di Kota Bandung yang terkenal dengan nama Taman Pasupati atau Taman Jomblo.

Alamat Taman Jomblo sendiri berlokasi di Jalan Taman Sari No.66, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Daya tarik dari Tempat Ngabuburit Taman Jomblo adalah taman ini selama ini dikenal sebagai salah satu tempat nongkrong di bandung yang sangat populer sebagai tempat berkumpul muda-mudi bandung.

Di sini anda bisa menikmati waktu ngabuburit sambil melihat beragam aktifitas pengunjung yang menarik mulai dari skateboard, berfoto, hingga duduk manis bermain sosmed dan game di tempat-tempat duduk dengan akses internet gratis.

Sahabat traveler’s, selain taman jomblo ini, anda pun bisa mengunjungi taman-taman tematik di kota bandung lainnya, yang juga saat bulan ramadhan pasti akan ramai dikujungi pengunjung yang sengaja ngabuburit di sana.

Sebut saja misalnya taman di kota bandung lainnya yang terkenal seperti Taman Vanda di jalan Merdeka, Taman Gesit di jalan Dipatiukur, Taman Sejarah di Balai Kota, Taman Superhero di persimpangan jalan begawan dan jalan Angrek dll

3.Tempat Ngabuburit di Jalan Braga Bandung

Tempat Ngabuburit di Jalan Braga Bandung

Sahabat traveler’s, jika ada satu lokasi di bandung yang dari zaman dulu hingga sekarang tetap tidak berubah, menjadi salah satu pusat hiburan dan keramaian, maka jawabannya Jalan Braga.

Daya Tarik dari Kawasan Wisata di Jalan Braga ini dari dulu memang sudah sangat terkenal sebagai salah satu tempat yang asyik dan menjadi favorit bagi warga kota bandung dan pendatang untuk berwisata.

Jalan Braga dikenal sebagai daerah dimana lahirnya julukan Bandung sebagai ” Kota Kembang “, serta jalan inilah yang sangat populer degan nilai sejarah atau historisnya.

Jalan Braga juga saat ini sudah dikenal sebagai salah satu Ikon Kota Bandung yang terkenal, dan di sini tempat favorit pengunjung untuk berfoto dengan background bangunan klasik bergaya Art Deco peninggalan belanda.

Daya tarik lainnya dari Tempat Ngabuburit di Bandung ini adalah lokasinya yang strategis menjadikan anda akan mudah mengakses salah satu Tempat Belanja di jalan Braga Bandung, Braga City Walk.

Dari sini juga sangat dekat dengan sejumlah Cafe di Bandung yang terkenal, serta Coffee Shop di Bandung yang terkenal nikmat Wiki Koffie.

4.Teras Cikapundung

Sahabat traveler’s, jika anda bertanya Tempat Ngabuburit di Bandung terbaru dan sedang ngehits yang mana, maka jawabannya jatuh ke Teras Cikapundung.

Teras Cikapundung sendiri berlokasi di jalan Siliwangi, Cipaganti, Coblong, Hegarmanah, Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat.

Lokasinya dekat dengan Tempat Wisata Alam di Bandung yang berfungsi sebagai taman dan ruang hijau, yaitu Babakan Siliwangi ( Baksil ).

Daya tarik ngabuburit di Teras Cikapundung sudah pasti adalah kawasan ini merupakan tempat bersantai yang asyik, adem dan nyaman dimana lokasinya dekat dengan sungai Cikapundung.

Fungsi dari teras Cikapundung sendiri memang dirancang dari awal dengan konsep urban, sebagai tempat berkumpulnya masyarakat umum, terutama warga kota bandung di sela waktu istirahat atau selepas bekerja.

Ngabuburit di sini bisa saja anda jika tepat waktunya bisa melihat pertunjukan pentas hiburan musik ramadhan di sekitar amphiteater.

Kegiatan ngabuburit lainnya di Teras Cikapundung adalah, anda bisa berfoto-foto selfie di lokasi jembatan merah Cikapundung Riverspot. Lepas magrib atau malam hari, anda bisa menikmati pesona air mancur berwarna warni.

Untuk bisa masuk dan menikmati suasana di dalam kawasan Teras Cikapundung ini,setiap pengunjung dikenakan Harga Tiket Masuk Teras Cikapundung Rp.5.000/orang nya.

Jika sahabat tertarik berkunjung ke Tempat Ngabuburit di Bandung Teras Cikapundung, anda bisa mengakses lokasinya lewat jalan Ir.H Djuanda Dago via Taman sari dan sebelum pertigaan Punclut ( Puncak Ciumbuleuit ).

5.Taman Cikapayang Dago

Nah sahabat traveler’s, Tempat Ngabuburit di Bandung selanjutnya adalah berada di kawasan Wisata Dago, tepatnya Taman Cikapayang, dekat Taman Hutan Raya Juanda.

Alamatnya berada di Jalan Ir.H Djuanda ( Dago ), sebuah lokasi yang strategis di pusat wisata bandung utara yang terkenal dengan pusat wisata belanja Factory Outlet di jalan Dago Bandung dan wisata kulinernya.

Sahabat traveler’s, Taman Cikapayang Dago ini dulunya sekitar tahun 1990 an adalah sebenarnya merupakan tempat pengisian bahan bakar atau SPBU.

Namun kemudian areal ini kemudian dialih fungsikan oleh pemerintah kota bandung menjadi sebuah Taman di Kota Bandung sebagai ruang publik hijau untuk tempat berkumpul warga kota melepas rutinitas.

Kegiatan menarik yang bisa anda lakukan ketika ngabuburit di Taman Cikapayang adalah anda bisa melihat aktifitas banyak komunitas yang hadir di sini, kemudian berfoto-foto hingga menikmati suasana kota Bandung.

Bahkan pas waktu Ramadhan, di sekitar Taman Cikapyang Dago ini anda akan banyak menemukan penjual yang menjajakan aneka jajanan khas untuk berbuka puasa.

6.Cartil ( Caringin Tilu )

Tempat Wisata Alam di Bandung Timur Caringin Tilu

Caringin Tilu

Sahabat traveler’s, destinasi selanjutnya Tempat Wisata di Bandung yang Bagus dan asyik sebagai tempat ngabuburit adalah tempat wisata di bandung timur, caringin tilu atau Cartil.

Salah satu Tempat Wisata di Bandung yang Romantis ini berlokasi di kawasan dataran tinggi, tepatnya di kecamatan Cimenyan, persisnya sekitar 5 KM dari tempat wisata budaya di Bandung, Saung Angklung Udjo.

Daya tarik wisata dari tempat ngabuburit di bandung timur ini adalah selain anda bisa menikmati pemandangan indah kota bandung di malam hari ( Citylight ) dengan udara yang dingin, anda pun tidak perlu repot mencari tempat berbuka puasa.

Cara mengaksesnya juga cukup mudah, yaitu anda tinggal mengambil rute jalan Padasuka lurus terus, dan selanjutnya jalanan menanjak akan menyambut anda hingga lokasi Caringin Tilu.

7.Lapangan Gasibu

Lapangan Gasibu depan Gedug Sate Bandung

Sahabat traveler’s, anda pasti sudah tahu dengan tempat wisata sejarah di Bandung yang terkenal dengan nama Gedung Sate bukan ?

Nah, tanah laoangan yang ada di depannya yaitu Gasibu adalah merupakan salah lokasi favorit tempat berkumpulnya warga kota bandung setiap harinya dengan segala aktifitasnya.

Jika di bulan ramadhan, maka menjelang sore hari di lapangan gasibu ini keramaiannya akan semakin bertambah, terlebih ditambah dengan banyaknya penjual makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Kegiatan menarik ngabuburit di lapangan gasibu adalah, anda bisa duduk menikmati suasana sore kota bandung, atau juga berolah raga ringan, serta berfoto-foto dengan background gedung sate.

8.Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat ( Monju)

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat di Bandung Monju

Sahabat traveler’s, destinasi selanjutnya tempat ngabuburit di Bandung yang bisa anda kunjungi bersama keluarga, teman atau pasangan adalah tempat yang terkenal bernama Monju.

Alamat Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat ini berlokasi di jalan Dipatiukur No 48, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung Jawa Barat.

Daya tarik ngabuburit di Monju adalah terutama bagi anda para pecinta atau penghoby motor atau komunitas motor, maka tempat ini adalah rekomendasinya.

Setiap hari teruta solre hari, inilah salah satu tempat nongkrong anak-anak motor di kota Bandung, dan akan semakin banyak ketika sudah masuk bulan Ramadhan.

Di sini anda bisa melihat kegiatan menarik di sini, mulai dari sekedar nongkrong maupun melihat aksi balapan sepeda motor, seru namun perlu juga kehati-hatian tentunya.

Nah, jika waktu adzan magrib sudah berkumandang, anda tinggal menuju Tempat Makan di sekitar jalan Dipatiukur Bandung, yang pada saat ramadhan menjadi bertambah.

9.Taman Makan Pahlawan

Taman Makam Pahlawan Cikutra Bandung

Sahabat traveler’s, salah satu Tempat Ngabuburit di kota Bandung selanjutnya yang bisa anda kunjungi adalah Taman Makan Pahlawan.

Alamat Taman Makam Pahlawan ini berlokasi di jalan Cikutra, Neglasari, Cibeunying Kaler, Kota Bandung Jawa Barat.

Sahabat traveler’s, jika anda bertanya, koq kenapa taman makam pahlawan Bandung jadi tempat ngabuburit yang direkomendasikan ?

Jawabannya adalah karena di sepanjang jalan cikutra ini anda akan banyak menemukan pejual aneka makana n dan minuman untuk berbuka puasa, mulai dari es dan sop buah hingga pecel lele, ayam goreng dan yang lainnya.

Hal menariknya lagi, di kawasan taman makam pahlawan cikutra ini juga sering diadakan pasar malam, sehingga siapa tahu anda ke sana pas dengan ada kegiatan tersebut bukan ?

10. Kawasan Lanud Husein

Lanud Husein Sastranegara Bandung

Sahabat traveler’s, destinasi Tempat Ngabuburit favorit warga kota Bandung selanjutnya yang bisa anda sambangi juga adalah kawasan Lanud Husein.

Alamat Lanud Husein sendiri adalah berlokasi di jalan Pajajaran No 156, Husein Sastranegara, Cicendo, Kota Bandung Jawa Barat.

Daya tarik wisata ngabuburit di sekitar kawasan lanud husein bandung ini adalah, tempat ini di saat bulan ramadhan akan banyak dipenuhi pedagang yang menjual aneka makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Selain itu, alasan orang-orang banyak datang ke sini adalah ingin menikmati terbang dan turunnya pesawat terbang di bandar udara internasional di kota Bandung ini.

11.Skywalk Cihampelas

Skywalk Cihampelas Bandung

Sahabat traveler’s, inilah salah satu Tempat Wisata di Bandung yang Baru dan sekaligus menjadi ikon baru Pariwisata Bandung serta menjadi tempat ngabuburit favorit warga dan wisatawan, Teras Cihampelas atau Skywalk Cihamplas.

Alamat Skywalk Cihampelas ini adalah berlokasi di jalan Cihampelas No 123 – 131, Cipaganti, Coblong, Kota Bandung Jawa Barat.

Lokasinya sangat strategis, sangat dekat dengan salah satu pusat perbelanjaan dan hiburan di kota Bandung, Cihampelas Walk.

Daya tarik ngabuburit di Skywalk Cihampelas Bandung ini adalah selain anda bisa berwisata belanja, anda juga bisa bersantai ria, nongkrong, berfoto dan tentunya makan di salah satu Tempat Makan di Bandung yang Enak dan Murah ini.

12.Peta Park

Peta Park Bandung

Sahabat traveler’s, destinasi tempat ngabuburit di kota Bandung selanjutnya yang wajib anda kunjungi salah satu taman di jalan Peta, Peta Park.

Alamat Peta Park ini berlokasi di jalan Peta No 229, Suka Asih, Bojongloa Kaler, Kota Bandung Jawa Barat.

Daya tarik ngabuburit di Peta Park adalah anda bisa menikmati suasana sore di sebuah tempat yang indah dengan taman bunganya, kemudian menikmati suasana sore dengan udara yang sejuk di sini.

Tidak hanya itu, di kawasan Peta Park ini anda bisa juga membeli aneka sayuran atau tanaman buat anda bawa pulang, yang memang di sini telah disediakan.

Nah, jika sudah waktu adzan berkumandang, anda tinggal menepi dan mengunjungi sejumlah tempat makan yang banyak buka dan sediakan aneka minuman dan makanan untuk berbuka puasa.

13.Jalan Gading Tutuka Soreang

Jalan Gading Tutuka Soreang

Nah sahabat traveler’s, destinasi selanjutnya tempat ngabuburit favorit wargi bandung adalah di sebuah ruas jalan yang menghubungkan ke sejumlah Tempat Wisata di Ciwidey dan Wisata Pangalengan, yaitu jalan Gading Tutuka.

Lokasinya sangat dekat dengan kantor pemerintah kabupaten Bandung, dan sangat strategis dan mudah diakses.

Daya tarik ngabuburit di ruas jalan Gading Tutuka Soreang kabupaten bandung ini adalah anda bisa menikmati berbagai kegiatan mulai dari balapan motor, hiburan berupa live music atau sekedar nongkrong di taman.

Jika sudah mendekati adzan magrib, anda tinggal menepi dan mengunjungi sejumlah tempat makan, mulai dari Rumah Makan Sunda di Bandung Ampera, atau rumah makan padang dan warung-warung yang banyak berjejer di sepanjang jalan ini.

14.Bukit Bintang

Bukit Bintang Dago Bandung

Sahabat traveler’s, tempat ngabuburit di bandung selanjutnya adalah sebuah tempat yang berlokasi atas dataran tinggi bandung yang populer dengan nama Bukit Bintang.

Alamat dan lokasinya berada di kawasan Dago Atas, sebuah tempat yang tersembunyi namun menyimpan sejuta pesoma eksotisme bagaimana cara menikmati Bandung Citylight mulai sore dan malam hari tiba.

Lokasinya dengan dengan The Valley Resort, di sini anda bisa menikmati suasana alam yang indah, udara dingin sambil menikmati aneka kuliner yang enak dan lezat serta harganya murah.

Nah sahabat traveler’s, bagaimana ? sangat banyak bukan tempat-tempat nongkrong untuk menghabiskan waktu sambil menunggu waktu adzan mkagrib di Bandung ini ?

15.Puncak Ciumbuleuit

Punclut Bandung

Punclut Bandung

Sahabat traveler’s, tempat yang bagus untuk anda jadikan sebagai tempat ngabuburit di Bandung selanjutnya adalah sebuah kawasan yang terkenal dengan Punclut Bandung.

Alamat dari Puncak Ciumbuleuit ini adalah berlokasi di jalan Rereongan Sarupi, Ciumbuleuit, Cidadap, Kota Bandung Jawa Barat.

Daya tarik ngabuburit di Punclut bandung ini adalah sambil menunggu waktu adzan berkumandang, anda bisa menikmati keindahan kota bandung dari ketinggiian,m serta menikmati udara yang segar dan dingin.

Jika waktu berbuka tiba, maka anda tinggal masuk ke sejumlah warung makan yang banyak berjejer di sana yang menawarkan sejumlah menu kuliner khas tradisional sudna yang lezat dan nikmat.

Silahkan, dengan informasi di atas, tentunya anda sudah mengetahui gambaran, tempat mana yang paling dekat, paling asyik dan terfavorit dan mudah diakses oleh anda Tempat Ngabuburit di Bandung.