Sanghyang Heuleut Harga Tiket Masuk & Info Mitos & Rute Jalan 2023

5/5 - (1 vote)

Sanghyang Heuleut | Harga Tiket Masuk Rp 20.000 | Tarif Guide Rp 100.000 | Jam Buka 08.00 – 16.00 WIB | Nomor Telepon – | Alamat Kp, Cipanas, Rajamandala Kulon, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40554 | MAP Peta Lokasi

Apakah anda sedang mencari Tempat Wisata Alam di Bandung yang Eksotis untuk mengisi waktu liburan anda ? jika iya, yuk datang ke Sanghyang Heuleut.

Tempat wisata alam di Cipatat Bandung Barat ini adalah Kolam alami terpencil dengan air kobalt, dapat diakses dengan jalur pendakian di ngarai sempit dan berbatu.

Halo sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan kang dian penulis blog informasi Tempat Wisata di Bandung dan sekitarnya, yang sekarang akan me-review wisata alam bandung yang populer Sanghyang Heuleut.

Review Sanghyang Heuleut ini sengaja Kang Dian tulis untuk melengkapi tempat wisata sejenis di Bandung sebelumnya yang sudah saya ulas sperti :

Nah lalu seperti apakah daya tarik Mitos Sanghyang Heuleut dan Sejarah Sanghyang Heuleut ?

kemudian berapa Harga Tiket Masuk Sanghyang Heuleut ?

Bagaimana cara akses Rute Jalan Menuju ke Lokasi Alamat Sanghyang Heuluet di Kp, Cipanas, Rajamandala Kulon, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat ?

Baiklah untuk menjawab semua pertanyaan di atas, yuk mari simak saja ulasan selengkapnya di bawah ini,

lengkap dengan info jam buka, nomor telepon, tempat wisata dan hotel terdekat serta info penting lainnya yang wajib untuk diketahui.

Harga Tiket Masuk Sanghyang Heuleut

TIKETBIAYA MASUK
Tiket MasukRp 20.000
Parkir MotorRp 5.000
Parkir MobilRp 10.000

Sahabat traveler, objek wisata di Rajamandala Kulon inin memang belum dikelola secara resmi oleh pemerintah.

Saat ini pengelolaannya dilakukan secara swadaya oleh warga sekitar, salah satunya dengan adanya tarif tiket masuk serta lokasi parkir yang juga bertarif.

Setiap pengunjung yang mau bersiwisata ke sini, makan akan dipungut Biaya Tiket Masuk Sanghyang Heuleut ini akan dikenakan tarif sebesar Rp 20.000/ orangnya.

Sementara untuk tarif parkirnya, kendaraan roda dua Rp 5.000 dan roda empat Rp 10.000.

Di sini juga pengelola objek wisata Perum Perhutani menyediakan jasa sewa pelampung untuk pengunjung Rp 20.000 / orang.

Dan di sini juga masyarakat sekitar sediakan jasa memandu penjelajahan sanghyang heleut atau Tour Guide Bandung, sanghyang tikoro atau sanghyang poek dengan tarif mulai Rp 100.000/orang.

Baca Juga : Harga Tiket The Great Asia Africa Lembang

Jam Buka Sanghyang Heuleut

HARIOPERASIONAL
Senin - Jum'at08.00 - 16.00 WIB
Sabtu - Minggu07.00 - 17.00 WIB

Sahabat traveler, tempat wisata di Bandung Barat ini dapat dinikmati dari pagi hingga sore hari saja, mulai buka jam 08.00 – 16.00 WIB ( weekday ), 07.00 – 17.00 WIB ( weekend ).

Pengunjung yang mau Camping di Sanghyang Heuleut belum diperbolehkan untuk mendirikan tenda untuk menginap,

karena lokasinya yang juga belum memadai untuk mendirikan tenda, oleh karenanya cobalah cari Tempat Camping di Bandung lainnya.

Waktu terbaik datang ke sini adalah di pagi hari untuk menikmati kesejukan dan panorama eksotisnya.

Sanghyang Heuleut

sanghyang_heuleut_rajamanggala_bandung_barat

Sahabat traveler’s, jika bicara seputar objek wisata alam di bandung yang menarik, pasti tidak akan pernah ada habisnya.

Banyak sekali tempat yang bisa kita kunjungi seperti di sekitar kawasan Wisata Lembang, Tempat Wisata di Ciwidey, Pangalengan, Maribaya dan Dago.

Sebut saja misalnya yang paling terkenal Gunung Tangkuban Perahu, Taman Begonia, Situ Patenggang, Kawah Putih, Situ Cileunca, Tebing Keraton dll.

Nah kali ini ada satu lagi tempat wisata alam yang wajib kita kunjungi, Sanghyang Heuleut yang berlokasi di Rajamandala Kulon, Cipatat Kabupaten Bandung Barat.

Tepatnya berada dekat dengan Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Saguling.

Objek wisata ini sekarang cukup populer di media sosial, karena pengunjung yang pernah datang ke sini mengupload eksotisnya tempat ini lewat foto-foto Sanghyang Heuluet.

Nah jika anda penasaran seperti apa daya tarik wisata dari tempat wisata alam di bandung barat ini, silahkan lanjut saja simak berikut ini.

Mitos Sanghyang Heuleut

Sahabat traveler, Sanghyang Heuleut adalah wisata kolam nan eksotis di Rajamandala Kulon Bandung Barat, yang konon adalah tempat mandi para bidadari.

Hal ini berhubungan dengan nama yang dimiliki oleh tempat ini yang memiliki arti unik nan suci.

” Sanghyang ” sendiri memiliki arti sesuatu yang dianggap suci, Sementara “ Heuleu t” memiliki arti jeda, atau batas sesuatu atau waktu.

Dalam Bahasa Sunda kuno dan artinya , “Sanghyang” merujuk pada sesuatu yang dianggap suci atau memiliki kekuatan supranatural.

Inilah yang mendasari mitos di masyarakat sekitar mengenai tempat ini, yang dianggap sebagai tempat para bidadari menyucikan diri atau mandi.

Karena memang, alam di sini begitu indah dengan air yang sangat jernih, serta tempatnya yang tersembunyi di dalam hutan dan dikelilingi oleh bebatuan.

Sejarah Sanghyang Heuleut

Sahabat traveler, terbentuknya Sanghyang Heuleut berawal dari letusan gunung api purba, yaitu Gunung Sunda.

Saat gunung ini meletus, letusannya menghasilkan bebatuan besar yang membentuk tebing batu.

Sementara cekungan di tengahnya kemudian dialiri Sungai Citarum, yang lama kelamaan membentuk sebuah danau indah berair jernih.

Di musim kemarau, Danau ini berwarna hijau dan sangat jernih, dan begitu indah berpadu dengan batuan yang ada di kanan dan kirinya.

Yang seolah melingkupi danau ini menjadi pagar alami yang mengelilinginya.

Batu-batu di sampingnya berwarna cokelat terang, sangat tepat berpadu dengan warna kehijauan danau.

Di sela-sela batu ini tumbuh semak-semak yang membuatnya semakin asri.

Pepohonan pun masih tumbuh subur di sekitarnya, karena kawasannya masih berupa hutan.

Pengunjung dapat menikmati danau yang indah ini dengan berenang, atau sekedar berfoto di bebatuan, dan batuan yang tertinggi.

Daya Tarik Wisata Sanghyang Heuluet

Sanghyang-Heuleut-Bandung
Soutce Gambar / Foto via Dara.co.id

Sahabat traveler’s, jika anda sedang mencari tempat yang asyik untuk bersantai, melepas penat kehidupan di tengah alam terbuka yang asri, maka tempat ini solusinya.

Di sini anda bisa menikmati eksotismenya pemadangan bebatuan dan tebing yang indah, gemericik aliran air sungai, serta suasana adem karena banyak pepohonan rindang di sini.

Tidak hanya itu, kawasan wisata sejarah di bandung ini pun karena masih belum banyak dikunjungi, maka masih tampak bersih dan alami.

Lokasi Sanghyang Heuleut memang sudah tersembunyi, namun, keberadaan gua yang ada di sini juga lebih tersembunyi.

Terdapat dua gua yang ada di kawasan ini, yaitu Gua Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Poek.

Gua Sanghyang Tikoro terletak di dekat power house PLTA. Untuk menuju kesana, wisatawan dapat menuruni tangga yang ada di sekitar Sanghyang Heuleut.

Sementara Gua Sanghyang Poek, lokasinya lebih tersembunyi, yaitu berada terhimpit tebing-tebing yang tinggi di sekitar Sanghyang Heuleut.

Sahabat traveler’s, bicara sanghyang heuleut, maka sebenarnya kita sedang membicarakan sisi sejarah masa lalu daerah bandung.

Tempat ini adalah bagian bukti sejarah danau purba yang zaman dulu menggenangi Bandung, satu kawasan dengan Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Poek.

Dan silahkan anda baca penjelasannya di bawah ini;

Sanghyang Heuleut

Sahabat traveler’s, Saat ini Sanghyang Heuleut adalah merupakan sebuah danau kecil yang mengalir di atas arus sungai citarum purba.

Tempat ini termasuk ke dalam danau purba di bandung bisa dilihat dari susunan bebatuan (geologis) yang ada di sini.

Ada yang menarik dari Legenda, Mitos atau Sejarah tempat ini, dimana warga sekitar percaya bahwa Sanghyang Heulet adalah tempat mandi para bidadari.

Dari namanya juga cukup unik, sanghyang yang berarti “sesuatu yang dianggap suci” dan Heuleut yang berarti “jeda atau batas sesuatu atau waktu”.

Sanghyang Tikoro

Sahabat traveler’s, Tikoro dalam bahasa indonesia berarti “kerongkongan“, dan inilah lokasi yang dipercaya tempat hilangnya air danau purba bandung secara misterius.

Tempat ini memang seperti kerongkongan, dimana aliran air di tempat ini akan lenyap masuk ke dalam tempat yang begitu sangat gelap.

Lokasi gua sanghyang tikoro ini persis bersebelahan dengan bangunan Power House PLTA, dan kita bisa menuju ke sana dengan menuruni tangga turun.

Nah tepat di pelataran kecil di bawahnya, barulah kita bisa melihat dari dekat seperti apa sanghyang tikoro itu, meski sedikit tersembunyi.

Sahabat traveler’s, di sebelah selatan gua sanghyang tikoro terdapat 2 tebing tinggi yang tampak menjadi tembok pengahalang genangan danau purba.

Nah dinding penghalang ini pulalah yang kemudian menghubungkan dua puncaknya yaitu Pasir Kiara yang tingginya 732 meter dan Puncak Larang 850 meter.

Sanghyang Poek

Sahabat traveler’s, tempat ini merupakan salah satu gua purbakala yang ada di Bandung, dengan bentuk menyerupai celah dan terhimpit tebing tinggi.

Aliran sungai yang menuju Gua Sanghyang Poek ini tidak terlalu deras, dan disekitar gua ini dihiasi oleh batu-batuan yang besar sekali.

Jika anda mau memasuki gua sanghyang heuleut ini, maka kita harus menyesuaikan dengan kondisi jalan dengan bebatuan yang miring dan berdiri.

Setelah ada di dalam, maka anda akan menemukan 3 buah lorong, dan salah satunya lorong yang ada di tengah, itulah lorong menuju sanghyang poek.

Nah sahabat traveler’s, itulah beberapa hal menarik yang bisa anda temukan dan nikmati jika berkunjung ke objek wisata Sanghyang Heuleut ini.

Aktifitas Wisata Menarik di Sanghyang Heuleut

Danau Sanghyang Heuleut Rajamandala Kulon Cipatat Bandung Barat
Source Gambar / Foto via kumparan.com

Sahabat traveler’s, ada banyak hal menarik yang bisa anda lakukan saat berwisata ke lokasi tempat ini bersama saudara, teman maupun berdua dengan pasangan.

Aktifitas menarik pertama yang menjadi favorit setiap pengunjung yang datang ke sini adalah berenang di danau sanghyang heuleut,

Hal tersebut bisa anda lakukan karena di tempat ini ada kolam danau yang indah dan jernih dan sangat menggoda.

Berenag di sini anda tidak perlu khawatir, karena kolamnya yang sangat jernih serta aman tidak ada arus di danau ini.

Yang perlu anda perhatiakan saat mau berenang di kolam Sanghyang Heuleut ini adalah danau ini memiliki kedalaman 3 meter.

oleh karenanya, harus dipastikan bahwa anda yang berenang di sini memiliki keterampilan berenang sebelum menceburkan diri ke air.

Untuk keamanan anda saat berenang di sini, anda pun bisa sewa ban pelampung untuk berenang yang disediakan oleh warga sekitar.

Bagi yangt tidak mau berenang di sini, anda memilih bermain air di sekitarnya, karena tidak hanya tebing batu, namun batuan kecil juga ada di sekitar danau.

Berenang di Sanghyang Heuleut Rajamandala Kulon Citatat Padalarang Bandung Barat
Source Gambar / Foto via jakartastudio.com

Yang dapat dijadikan arena untuk bermain air atau sekedar membasahi kaki.

Aktifitas selanjutnya yang wajib anda coba bagi penyuka tantangan yang akan menguji adrenalin adalah melompat terjun dari atas terbing ke dalam air danau di sini,

anda bisa memilih lokasi tebing terbaik untuk dijadikan tempat untuk melompat, namun harus hati – hati saat naik ke atas tebing tentunya.

Berkunjung di sini juga anda tidak boleh melewatkan untuk hunting spot – spot berfoto di Sanghyang Heuleut.

karena panorama pemandangan alam sekitar tempat ini sangat begitu cantik dan instagenic.

Air yang kehijauan serta tebing-tebing batu ini dapat menjadi latar belakang yang indah untuk bidikan lensa kamera hp atau DSLR anda.

Anda juga dapat berfoto di area batuan kecil di danau, sehingga pemandangan danau tampak dekat dan tebing tampak tinggi, atau bisa juga mengambil gambar di tebing tertinggi.

Fasilitas

Sahabat traveler, objek wisata di cipatat Bandung Barat ini belum dikelola secara resmi. oleh karena itu, fasilitas wisata di sini pun belum terlalu memadai.

seperti contohnya mulai dari jalan menuju lokasi masih belum baik, danfasilitas umum seperti tempat kuliner dan yang lainnya belum ada di lokasi wisata.

Oleh karena itu pastikan sebelum datang ke sini anda membawa perbekalan seperti makanan dan minuman serta peralatan yang dibutuhkan saat di sini.

Alamat Sanghyang Heuleut

Lokasi tempat wisata alam ini terletak di Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 43283, Indonesia.

Jika anda berangkat dari Hotel dekat Bandara Husein Sastranegara, jarak menuju ke sini sejauh 48 km ( 1.5 jam berkendara ),

lalu jika anda berangkat dari Hotel dekat Stasiun Bandung, jauh Rute Sanghyang Heuleut terdekat adalah 49 km ( 1 jam 35 menit berkendara ),

sementara jika anda berangkat dari Penginapan Dekat Terminal Leuwipanjang, waktu tempuh berkendara ke sini membutuhkan waktu sekitar 1 jam 38 menit ( 49.3 km ).

Rute Jalan Menuju ke Sanghyang Heuleut

Sahabat traveler’s, lokasinya yang berada di Kabupaten Bandung Barat dan berbatasan dengan Kabupaten Cianjur dan Purwakarta, cukup mudah dijangkau.

Tempat wisata di bandung ini bisa kita tempuh baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat, dengan waktu berkendara sekitar 1.5 jam dari kota Bandung.

Dari arah Bandung, silahkan anda bisa melewati jalan Raya Bandung – Cianjur, dan setelahnya masuk ke dalam gerbang masuk waduk saguling yang ada di sisi kiri jalan.

Selanjutnya anda akan memasuki jalanan menuju Waduk Saguling dengan kontur jalanan yang berkelok, serta akan melewati Sanghyang Tikoro.

Nah sahabat traveler’s, gerbang objek wisata sanghyang heuleut ini lokasinya tidaklah jauh dengan kawasan sanghyang tikoro.

Jaraknya tak lebih dari 200 meter dari gerbang, dan nanti ada pos awal berupa warung serta areal tempat parkiran.

Selanjutnya dari lokasi pembayaran tiket masuk dan parkiran, anda melanjutkan perjalanan menuju lokasi sanghyang heuleut dengan berjalan kaki.

Nah dari sinilah, ada warga sekitar yang menyediakan jasa guide untuk menjadi pemandu wisata anda.

Bagi anda yang mau naik transportasi umum, silahkan anda bisa petunjuknya di sini : Trayek Angkot di Bandung atau Trayek Bus Damri Bandung.

Penginapan Terdekat

Bagi anda yang berencana menginap di sekitar Sanghyang Heuleut, ada banyak Hotel di Bandung terdekat yang bisa anda pilih.

Rekomendasi terbaiknya, anda bisa menginap di sejumlah Hotel Murah di Lembang dengan Kolam Renang seperti Hotel RedDoorz di Bandung terdekat.

atau anda juga bisa menginap di Villa Murah di Lembang, dan rekomendasinya Villa di Lembang dengan Private Pool.

Tempat Wisata Terdekat

Sahabat traveler, liburan ke Bandung tentunya kurang seru jika hanya mengunjungi satu tempat wisata saja.

Nah di sekitar Sanghyang Heuleut ini ada banyak tempat wisata menarik lainnya yang sayang jika anda lewatkan begitu saja untuk tidak dikunjungi,

terlebih lokasinya juga cukup dekat dengan Tempat Wisata di Cimahi dan Tempat Wisata di Lembang.

dan berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata di dekat Sanghyang Heuleut yang wajib untuk dikunjungi :

Tips Wisata ke Sanghyang Heuleut

Sahabat ada beberapa hal yang harus anda perhatikan manakala mau pergi liburan dengan mengunjungi tempat wisata ini.

Yang pertama, medan jalan menuju objek wisata ini cukup sulit dilewati, maka gunakanlah sepatu dengan sol anti licin.

Yang kedua, saat anda berenang, selalu perhatikan keselamatan anda, tetap waspada dan tidak terlalu berlebihan.

Yang ketiga, saat masuk ke dalam gua, perhatikan juga keselamatan, perhatikan bebatuan yang akan dilewati serta jalanan yang licin karena air.

Sahabat traveler’s, bagaimana menarik bukan ? apakah anda tertarik berkunjung ke objek wisata di kabupaten bandung barat ini ?

Atau anda mau berkunjung ke tempat wisata yang akan mengenalkan anda seputar sejarah zaman purba Bandung seperti Gua Pawon, Stone Garden Cipatat padalarang, Gunung Batu, Kawah Rengganis dan yang lainnya ?

Jika iya, kang dian punya sedikit Tips Wisata Ke Bandung yang Mudah dan Murah serta tepat bagi anda yang mau liburan asyik.

Caranya adalah dengan mengikuti program Paket Wisata Bandung Murah yang banyak disediakan oleh Tour Travel Bandung.

Bagi anda yang mau liburan dengan jumlah peserta sedikit seperti dengan anggota keluarga, teman atau berdua dengan pasangan,

Saat ini ada 2 paket wisata terbaik bagi anda, yaitu Paket Wisata Bandung 2 Hari 1 Malam, atau karena Harga Paket Wisata Bandung 3 Hari 2 Malam juga murah, maka anda bisa gunakan itu.

Bagi anda yang mau berwisata secara rombongan, kang dian rekomendasikan anda mengambil Paket Outbound Bandung untuk mengunjungi sejumlah Tempat Outbound di Bandung.

Ada banyak tempat wisata outbound di bandung yang menarik yang bisa anda kunjungi seperti D’Camp, Cikole Jayagiri Resort, Sari Ater, Terminal Wisata Grafika Cikole dll.

Nah sahabat traveler’s, demikianlah infromasi , Sanghyang Heuleut.