Museum Mandala Wangsit Siliwangi -Info Tiket Masuk,Jam Buka & Alamat

Loading...

Museum Mandala Wangsit Siliwangi – Apakah anda sedang merencanakan mengisi waktu liburan akhir pekan atau sekolah bersama keluarga dengan berkunjung ke Tempat Wisata di Bandung yang Menarik ? Jika iya, cobalah mampir ke Museum Mandala Wangsit Siliwangi di Bandung.

Halo sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan saya Kang Dian, admin dan sekaligus penulis blog informasi seputar Tempat Pariwisata di Bandung dan sekitarnya, yang pada kesempatan kali ini akan berikan anda informasi Tempat Wisata Sejarah di Kota Bandung, Museum Mandala Wangsit Siliwangi.

Nah seperti apakah daya tarik wisata sejarah yang ada di Museum Mandala Wangsit di Kota Bandung ini ? fasilitas apa saja yang ada di sana ? berapa Harga Tiket Masuk serta dimana alamat dan bagaimana cara menuju ke sana ?

Yuk, di bawah ini kang dian mau ajak anda mengetahui secara detil dan jelas informasi seputar Museum di Kota Bandung yang sangat kaya akan sejarah, juga populer juga dengan Misteri atau latar belakang yang ada di sekitar Museum Mandala Wangsit Siliwangi Bandung ini.

Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Museum Mandala Wangsit Siliwangi Jalan Lembong Bandung

Sahabat traveler’s, berbicara seputar Tempat-tempat wisata yang bersejarah di Kota Bandung dan sekitarnya, rasanya sudah banyak kang dian memberikan informasinya di blog Tempatwisatadibandung.Info ini.

Sekedar mengingatkan, kang dian sudah menulis seputar Tempat Wisata Sejarah di kota Bandung mulai dari Museum Konferensi Asia Afrika, Museum Geologi Bandung, Museum Sri Baduga, Museum Pos Indonesia hingga Gedung Sate, Teropong Bintang Bosscha dan Villa Isola.

Nah, kali ini untuk yang kesekian kalinya, kang dian tidak akan pernah bosan mengajak anda untuk kembali mengenal serta mengajak anda untuk datang ke salah satu Museum di Bandung yang sayang jika anda lewatkan yaitu Museum Mandala Wangsit Siliwangi.

Sahabat traveler’s, Museum bersejarah ini berlokasi di jalan Lembong No 38, Jalan Braga Bandung, Kecamatan Sumur Bandung, Jawa Barat Indonesia.

Museum Mandala Wangsit ini berdasarkan catatan informasi yang saya ambil dari Wikipedia, adalah merupakan sebuah museum yang menampilkan berbagai koleksi senjata yang berada di kota Bandung.

Namun lebih dari itu, Museum ini juga menawarkan pengalaman wisata sejarah lainnya yang sangat unik, menarik seputar perjalanan perjuangan bangsa indonesia.

Nah, seperti apa daya tarik wisata dari Museum Mandala Wangsit Siliwangi di Jalan Lembong ini ? yuk kita mulai saja dari mencari tahu, seperti apa sih sejarah serta latar belakang dibangunnya Museum di bawah ini.

Asal Usul Nama Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Sahabat traveler’s, jika kita membaca ada nama kata “Siliwangi” di belakang Museum Mandala Wangsit ini, itu bukan tanpa alasan, dimana nama Siliwangi itu sendiri adalah merupakan nama seorang Raja dari Kerajaan Padjajaran yang sangat terkenal dan wilayah kekuasaannya tidak terbatas, yaitu Prabu Siliwangi.

Prabu Siliwangi adalah seorang raja yang sangat dikenal luas di masyarakat jawa barat sebagai seorang raja yang arif dan bijaksana serta berwibawa ketika memerintah kerajaannya.

Sedangkan asal usul nama “Mandala Wangsit” sendiri mengandung makna sebuah tempat untuk menyimpan wasiat, amanah atau petuah serta nasihat dari para pejuang di masa lalu untuk generasi selanjutnya melalui benda-benda sejarah yang diwariskannya.

Sementara nama jalan Lembong dimana tempat museum di kota Bandung ini berada, diambil dari dari salah satu pejuang kemerdekaan yang bernama Letkol Lembong, salah seorang prajurit Siliwangi yang menjadi korban dalam Peristiwa Kudeta Angkatan Perang Ratu Adil  (APRA)

Peristiwa sejarahnya sendiri terjadi tepat pada tanggal 23 Januari 1950, dimana waktu itu gedung museum ini yang saat itu dijadikan Markas Siliwangi diserang oleh pasukan APRA pimpinan Kapten Raymond Wensterling.

Pada peristiwa beradarah yang terjadi sekitar pukul 09.30 siang hari tersebut, pasukan APRA pimpinan Westerling yang masuk Kota Bandung melalui Cimahi, menewaskan 94 prajurit TNI/Siliwangi, termasuk salah satu korbannya Mayor Adolp Lembong, serta berhasil menguasai Markas Besar Siliwangi.

Perlu anda ketahui, sebelum nama jalan ini diganti menjadi nama Jalan Lembong, tempat dimana museum mandala wangsit ini berada adalah bernama Oude Hospitaalweg.

Dan sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa dan sikap heroik Letkol Lembing ini, kemudian pemerintah kota bandung membangunkannya sebuah Patung tepat di depan Museum Mandala Wangsit ini.

Sejarah Latar Belakang Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Sahabat traveler’s, Gedung Museum ini sebenarnya sudah dibangun sejak zaman kolonialisme Belanda di Indonesia, yaitu tepatnya di antara sekitar tahun 1910 hingga 1915 yang silam.

Museum di Jalan Lembong Bandung ini menempati luas areal sekitar 4.176 meter persegi, dengan luas bangunan di atasnya sekitar 1.674 meter persegi.

Tujuan atau latar belakang dari pembangunannya sendiri adalah awalnya diperuntukan sebagai tempat kediaman para perwira tinggi Belanda, namun berubah fungsinya semenjak para pejuang Tentara Indonesia merebut dan menjadikannya sebagai Markas Divisi Siliwangi di tahun 1949-1950.

Bangunan bersejarah ini kemudian dalam perkembangannya berubah fungsi menjadi sebuah Museum di kota Bandung, setelah tepat pada tanggal 23 Mei 1966 diresmikan sebagai Museum Sejarah Kota Bandung oleh Panglima Divisi Siliwangi ke-8, yaitu Kolonel Ibrahim Adjie.

Dalam perkembangan selanjutnya, tepatnya pada tahun 1979, terhadap gedung museum ini dilakukanlah renovasi menjadi 2 lantai, dan kemudian diresmikan ulang oleh Pangdam Siliwangi ke-15 Mayjend Yoga Sugama tepat pada tanggal 10 November 1980, dengan memberikannya nama Museum Mandala Wangsit Siliwangi.

Sebagai tambahan, untuk prasastinya sendiri yang bisa anda lihat di bagian depan bangunan, ditandatangani langsung oleh presiden Republik Indonesia ke-2 yakni, Presiden Soeharto.

Kegiatan Wisata Menarik di Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Sahabat traveler’s, jika anda mengunjungi Tempat Wisata yang Menarik di Bandung ini, maka anda akan disuguhi berbagai koleksi benda-benda yang bernilai sejarah sangat tinggi dan tidak ternilai harganya.

Koleksi Benda-benda sejarah yang dipamerkan di Museum Mandala Wangsit Siliwangi ini adalah berbagai benda peninggalan sejarah mulai dari kurun waktu masa perjuangan kemerdekaan, kemudian masa perang kemerdekaan serta masa Revolusi Fisik.

Sebelum memasuki ruangan museum, anda terlebih dahulu harus mengisi buku tamu, yang lokasinya dekat dengan tempat penitipan barang seperti tas, Jaket dan perlengkapan yang anda bawa.

Pertama masuk ruangan Museum Mandala Wangsit Siliwangi, anda pun akan langsung disuguhi pemandangan lemari-lemari yang menyimpan koleksi beragam jenis pensenjataan yang biasa digunakan tentara pada masa lalu.

Selanjutnya, anda pun bisa menikmati pengalaman berwisata sejarah di tempat ini, dimana secara umum, ruangan museum ini terbagi ke dalam 5 ruangan yang memerkan bukti dan saksi sejarah dari masa ke masa seperti :

1.Era Kerajaan, di ruangan ini anda bisa menyaksikan langsung dari dekat koleksi berbagai jenis peralatan senjata dari masa kerajaan di jawa barat mulai dari yang populer senjata Kujang, Keris dan Tombak plus ada lukisan Prabu Siliwangi.

2.Era Pra Kemerdekaan, di ruangan ini anda bisa menyaksikan beberapa lukisan yang terpajang yang menggambarkan saat kedatangan penjajah ke nusantara serta perlawanan rakyat pribumi saat itu.

3.Era Perjuangan Pasca Kemerdekaan, di ruangan ini anda akan melihat sejumlah lukisan, serta miniatur perlawanan tentara indonesia pada waktu itu dengan peralatan tempur yang dipakainya saat perang.

4.Era Pemberontakan di Jawa Barat, di ruang Museum Mandala Wangsit Siliwangi ini, terdapat banyak koleksi foto-foto serta lukisan yang menggambarkan bagaimana kekejaman para pemberontak lengkap dengan peralatan serta benda yang dimilikinya.

5.Lain-lain, di ruangan ini terdapat koleksi peta-peta operasi, beragam jenis bendera-bendera Kodim ( Komando Distrik Militer) di bawah Kodam Siliwangi, meja, kursi serta beragam tempat minum pada peristiwa pertemuan Rengasdengklok yang bersejarah.

Koleksi Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Benda-benda yang ada di Museum Mandala Wangsit ini diantaranya adalah berupa berbagai senjata tradisional khas jawa barat dan nusantara seperti Kujang, Keris, Pedang, Golok, Tombak, Panah, Pedang Bambu hingga Samurai pun ada.

Tidak hanya itu, benda sejarah lainnya pun bisa anda lihat seperti senjata dari berbagai jenis yang beragam, serta yang tidak kalah m,enariknya di sini juga dipamerkan berbagai kendaraan militer yang pernah digunakan pada masa perang kemerdekaan.

Hal menarik lainnya yang bisa anda saksikan di Museum ini adalah terdapatnya penjelasan serta kisah seputar bagaimana terjadinya peristiwa heroik warga bandung pada Peristiwa Bandung Lautan Api (BLA) yang terjadi pada tanggal 24 Maret 1946, serta peristiwa sejarah peracunan yang terjadi pada tanggal 17 Februari 1949.

Sementara benda-benda sejarah lainnya yang bisa anda lihat adalah terdapatnya koleksi beragam jenis uang yang beredar di masa penjajahan belanda dan awal kemerdekaan Indonesia, serta sejumlah foto-foto dokumentasi sejumlah mantan Panglima Divisi Siliwangi dari masa ke masa.

Yang cukup menarik banyak perhatian dari tempat ini mungkin adalah terdapatnya juga koleksi foto dokumentasi kepala terpancung, mayat yang gosong karena terbakar, detik-detik eksekusi pimpinan DI-TII Kartosuwiryo, pembantaian pasukan APRA, plus koleksi baju serta senjata tajam yang masih ada bercak darahnya.

Nah, bagaimana sahabat traveler’s, sangat menarik bukan jika kita bisa berkunjung ke Museum Mandala Wangsit Siliwangi di jalan Lembong kota Bandung ini ?

Masih banyak hal yang bisa anda nikmati dan saksikan berbagai macam hal menarik yang bisa jadi anda tidak pernah tahu sebelumnya dari museum ini, bagaimana indonesia saat ini bisa ada dan merdeka karena telah ada sejarah yang panjang dan berliku tersebut.

Fasilitas Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Sahabat traveler’s, sebagai sebuah museum bersejarah pada umumnya, di sini bisa dikatakan fasilitas yang bisa memberikan kenyamanan untuk pengunjung masih standar, seperti mulai dari tempat penitipan barang, tempat parkir serta terdapat juga mushola.

Harga Tiket Masuk Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Sahabat traveler’s, untuk bisa menikmati sajian wisata sejarah di museum mandala wangsit, setiap pengunjung tidak ditarik biaya masuk alias gratis.

Namun bagi anda yang ingin ikut berpartisipasi menyumbang bagi biaya operasional pemeliharaan Museum sejarah di bandung ini, anda pun masih bisa menyumbang pas dimana saat anda mengisi buku tamu.

Untuk besarannya itu bisa disesuaikan dengan kerelaan anda. Namun berdasarkan pengalaman banyak pengunjung yang datang, cukup dengan menyumbang Rp.10.000 sudah cukup sebagai partisipasi kita menjaga museum ini.

Alamat Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Jalan Lembong No. 38, Braga, kecataman Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40181, Indonesia.

Jam Buka Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Waktu operasional Museum Mandala Wangsit adalah setiap hari, senin hingga Sabtu dan minggu libur, dengan rincian waktu sebagai berikut :

  • Senin – Kamis : 08.00 – 13.00 WIB
  • Jum’at : 08.00 – 10.00 WIB
  • Sabtu : 08.00 – 12.00 WIB

Nomer Telepon Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Sahabat traveler’s, untuk informasi kegiatan atau acara, reservasi tempat jika anda mau datang secara rombongan seperti mengikuti Paket Wisata Bandung bersama Tour Travel Bandung, silahkan anda bisa menghubungi nomer kontak museum di 022-4203393

Peta Lokasi Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Silahkan anda bisa melihat di sini

Rute Jalan Menuju Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Sahabat traveler’s, bagi anda yang tertarik mengunjungi tempat wisata bersejarah di kota Bandung ini, anda bisa menggunakan transportasi umum dan juga pribadi.

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, silahkan anda bisa mengikuti panduan yang ada di peta lokasi di atas, atau biar lebih mudah, saya rekomendasikan anda untuk menggunakan GPS atau aplikasi Waze.

Bagi yang mau menggunakan kendaraan umum, silahkan anda bisa memilih rute trayek angkutan kota bandung di bawah ini.

1.Rute Angkot Sederhana – Buah Batu/Sederhana – Kebon Kalapa

Jika anda berasal dari arah bandung utara seperti anda sedang menginap di Tempat Penginapan di Bandung di kawasan Wisata Dago, maka anda bisa naik angkot rute trayek Dago – Kebon Kalapa atau Ledeng – Kebon Kelapa.

Selanjutnya silahkan anda berhenti tepat di perempatan jalan Sumatera ( Patung Persib ), kemudian silahkan anda berjalan kaki sebentar ke arah jalan Braga.

Nah sahabat traveler’s, bagaimana ? apakah dengan membaca informasi ini anda semakin tertarik untuk mewujudkan liburan impian anda ke Maseum ini serta tempat-tempat wisata di Bandung lainnya ?

Banyak Tempat Wisata di Bandung yang Terkenal bisa anda nikmati selain tempat wisata bersejarah di kota bandung seperti museum ini, seperti menikmati eksotismenya Tempat Wisata Alam di Bandung, mengunjungi Tempat Wisata Di Lembang atau juga Tempat Wisata di Ciwidey dan yang lainnya.

Jika iya, sebelum menutup tulisan ini seperti biasa, saya akan berikan Tips Wisata ke Bandung yang Murah dan Hemat serta Tepat bagi anda tentunya, caranya bagaimana ?

Silahkan, saya anda bisa mengikuti program Paket Tour Bandung dengan menggunakan jasa perjalanan wisata dari sejumlah Tour Travel Bandung.

Silahkan hubungi Travel Agency Tersebut dan komunikasikan rencana liburan anda termasuk berapa budget wisata yang anda punya.

Saya rekomendasikan untuk bisa menikmati sensasi liburan ke Bandung yang lebih maksimal, anda bisa memilih program Paket Wisata Bandung 2 Hari 1 Malam, atau karena Harga Paket Wisata Bandung 3 Hari 2 Malam saat ini Murah, anda bisa pilih yang terkahir.

Nah sahabat traveler’s, demikian saja informasi seputar Tempat Wisata Sejarah di Bandung yang menawarkan pengalaman wisata sejarah yang sangat baik anda kunjungi bersama keluarga atau bisa untuk bahan Laporan Kunjungan ke Museum Mandala Wangsit Siliwangi.

Museum Mandala Wangsit Siliwangi
Museum Mandala Wangsit Siliwangi Jalan Lembong Bandung

Place Name: Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Place Description: Tempat Wisata Sejarah Museum di Jalan Lembong Kota Bandung

More...

  • Museum Mandala Wangsit Siliwangi
  • Fasilitas
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses

Ringkasan

Nama : Museum Mandala Wangsit Siliwangi
Alamat : Jl.Lembing No 38 Bandung
Nomer Telepon : 022-4203393
Jam Buka : Senin-Sabtu,08.00-12.00 WIB
Harga Tiket Masuk : Gratis
Fasilitas : Mushola,Parkir dll

5.0
User Rating 0 (0 votes)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
Loading...