kebun_teh_sukawana_lembang_bandung

Kebun Teh Sukawana Lembang Harga Tiket Masuk & Biaya Camping 2022

Diposting pada
Anggun Massage
5/5 - (1 vote)

Kebun Teh Sukawana Lembang Bandung | Harga Tiket Masuk Rp 10.000 | Biaya Camping & Prewedding – | Jam Buka 24 Jam | No Telp – | Alamat 6HFM+6HJ, Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551 | MAP Peta Lokasi

Apakah anda sedang mencari info Tempat Wisata Kebun Teh di Bandung Barat yang terkenal indah dan banyak dikunjungi wisatawan ?

Jika iya maka ada kabar gembira untuk anda, karena di kawasan Wisata Lembang, ada kawasan wisata Perkebunan Teh bernama Kebun Teh Sukawana.

Halo sobat traveler, jumpa lagi dengan Kang Dian, penulis blog info Wisata Bandung, yang kali ini saya akan mereview objek wisata kebun teh Lembang Bandung Sukawana.

Review Kebun Teh di Kertawangi, Cisarua Bandung Barat ini sengaja saya tulis untuk melengkapapi daftar perkebunan teh di Bandung sebelumnya,

seperti Kebun Teh di kawasan Wisata Pangalengan Bandung Selatan yang terkenal yakni Cukul Pangalengan dengan Kebun Teh Wayang Windu Sunrise Spot nya,

lalu kebun teh di kawasan Wisata Ciwidey yang terkenal dekat Pemandian Air Panas Ciwalini dan Glamping Ciwidey dekat Situ Patenggang yakni Glamping Lakeside Rancabali,

dan kemudian Kebun Teh Lembang Gunung Tangkuban Perahu, Kebun Teh Cikole, Kebun Teh Subang dekat Asstro Highland Resort dan Pemandian Air Panas Ciater dan yang lainnya.

Nah lalu seperti apakah daya tarik wisata kebun teh sukawana, kertawangi, kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat ini ?

Apa saja fasilitas salah satu Tempat Wisata Alam di Bandung Barat ini ? dan apa saja aktifitas wisata menarik yang bisa dilakukan di sana ?

Baiklah untuk menjawab semua pertanyaan di atas, yuk mari simak saja ulasan selengkapnya di bawah ini,

karena Kang Dian akan bagikan juga informasi penting lainnya yang terkait dengan tempat wisata perkebunan teh di Lembang ini,

mulai dari info jam buka, cara akses atau rute jalan menuju ke lokasi alamat kebun teh sukawana,

lalu kemudian info penginapan murah dekat kebun teh sukawana, tempat wisata terdekat dan info Harga Tiket Masuk Kebun Teh Sukawana terbaru.

harga_tiket_masuk_kebun_teh_sukawana_lembang_bandung_1

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Sukawana

TIKET MASUKHARGA
DewasaRp 10.000
AnakRp 10.000

Sahabat traveler, bagi anda yang ingin menikmati eksotisme suasana pemandangan alam Kebun Teh Sukawana yang sangat romantis,

Pengelola kebun teh sukawana PTPN VIII akan memungut biaya tiket masuk perkebunan teh di sana sebesar 10 rb / orang.

Dengan cukup membayar harga tiket masuk tersebut, maka anda sudah bisa bebas sepuasnya menikmati semua fasilitas yang ada di sana.

terkecuali bagi anda yang mau berkemah di sini, untuk berapa Biaya Camping di Kebun Teh Sukawana ? silahkan anda bisa hubungi no telp / wa PTPN VIII,

pun demikian bagi anda pasangan yang mau menikah, dan ingin sesi foto di salam satu Tempat Prewedding di Bandung ini, silahkan hubungi juga pengelola.

Menurut Kang Dian, objek wisata alam kebun teh di Lembang ini merupakan salah satu rekomendasi bagi anda yang sedang mencari tempat wisata murah di Bandung Barat,

kenapa demikian ?

karena dengan besar biaya masuk tersebut sangat sebanding dengan apa yang akan anda dapatkan yaitu menikmati pemandangan alam yang indah, sejuk dan berkabut.

Bagimana sangat menarik bukan ? nah selanjutnya yuk kita cari tahu waktu operasional tempat wisata perkebunan teh di Lembang Bandung ini agar kita bisa tepat waktu saat mau datang ke sana.

Jam Buka Kebun Teh Sukawana

HARIOPERASIONAL
Setiap hari24 Jam

Sahabat traveler, jika anda mencari tempat wisata di bandung yang buka 24 jam di daerah Lembang, maka Kebun Teh Sukawana adalah salah satunya.

Setiap hari objek wisata alam ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama mereka yang tengah menikmati liburan di Lembang.

Waktu siang hari dan sore hari adalah waktu paling ramai para pelancong datang kemari, mereka biasanya datang ke sini untuk berfoto – foto sambil menikmati suasana.

Kebun Teh Sukawana Lembang Bandung

kebun_teh_sukawana_lembang_bandung

Sahabat traveler, ada banyak sekali rekomendasi wisata alam yang bisa kita nikmati selama liburan di Bandung,

mulai dari wisata alam pegunungan seperti Gunung Tangkuban Perahu dan Kawah Putih Ciwidey,

kemudian wisata alam Air Terjun di Bandung seperti Curug Malela, wisata alam danau seperti Situ Cileunca Pangalengan,

lalu wisata alam hutan pinus Bandung seperti Pineus Tilu Riverside Camp, wisata alam Pemandian Air Panas di Bandung seperti Cimanggu dan wisata alam perkebunan teh.

Nah salah satu pilihan destinasi wisata alam perkebunan teh di Bandung yang bisa kamu datangi adalah kebun teh di daerah Kertawangi, Lembang bernama Kebun Teh Sukawana.

Selama ini sudah banyak pengunjung yang datang ke tempat ini umumnya untuk hunting spot foto instagramable dengan background perkebunan teh.

atau sekedar datang untuk menghabiskan waktu melihat pemandangan alam yang sangat asri serta sejuk udaranya dengan cara jalan – jalan di sekitar lokasi.

Sahabat traveler, sejarah Kebun Teh Sukawana ini sebelum dikelola oleh PTPN VIII sebenarnya merupakan perkebunan teh di Lembang yang dikelola oleh orang Belanda.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa dulunya kebun teh ini dimiliki oleh seorang bangsawan Belanda bernama Van Houten yang merupakan panggilan untuk seorang Pangeran di Eropa.

Namun, setelah masa kemerdekaan Indonesia kepemilikan kebun teh di kertawangi cisarua lembang bandung barat ini pun diambil alih oleh pemerintah baru indonesia.

dan pada akhirnya untuk pengelolaannya yang diserahkan kepada PTPN VIII, yang kemudian menjadikan kebun teh ini selain memproduksi teh juga dijadikan sebagai tujuan wisata yang terbuka untuk umum.

Daya Tarik Wisata Alam Kebun Teh Sukawana

pemetik_daun_teh_di_kebun_teh_sukawana_lembang_bandung_1

Sahabat traveler, ada banyak hal menarik dan keseruan yang bisa anda dapatkan ketika mengunjungi salah satu tempat wisata alam kebun teh di Lembang Bandung ini,

Daya tarik pertama tempat ini adalah anda bisa mendapatkan suasana yang sangat berbeda saat pertama kali mengunjungi kebun teh di Lembang ini,

Suasana alam yang berada di wilayah Lembang yang terkenal masih asri dan sejuk udaranya pas sebagai tempat refreshing, terutama bagi warga perkotaan yang butuh suasana tenang dan udara segar.

Suasana sejuk ini yang membuat wisata kebun teh sangat nyaman untuk dijadikan sebagai tempat berlibur anda bersama keluarga atau pasangan yang tengah berbulan madu.

Cara yang paling umum menikmati suasana dan keindahan alam di sini adalah dengan cara Tea Walk di Kebun Teh Sukawana, dimana sensasinya tak kalah dengan Tea Walk di Kebun Teh Malabar.

Jalan – Jalan berkeliling kebun teh memang merupakan cara paling populer dilakukan untuk menikmati seluruh bagian dari kebun teh sukawana melalui jalur yang telah disiapkan oleh pengelola.

Daya tarik kedua, saat tea walk di kebun teh sukawana ini juga jika waktunya pas, maka anda bisa melihat dari dekat saat pekerja perkebunan memetik daun teh secara tradisional,

perlu anda ketahui kualitas daun teh dari kebun ini masuk dalam kategori grade A yang setelah proses produksi selesai hasilnya akan diekspor ke berbagai negara.

Proses pemetikan daun teh secara tradisional di kebun teh ini memang akan berikan sensasi pengalaman wisata yang sangat unik bagi setiap pengunjung.

Anda tidak perlu ragu untuk berinteraksi dengan para pemetik daun teh yang sedang bekerja, mereka sangat ramah – ramah menyambut kedatangan anda,

bahkan anda jika mau, bisa meminjam bakul tempat menampung hasil petikan daun teh, topi dan etem alat memotong pucuk daun teh kepada mereka untuk berfoto seolah anda pemetik teh.

nah bagi anda yang datang ke sini bareng anak – anak usia sekolah, tentu saja pengalaman menyaksikan bagaimana cara memetik daun teh bisa menambah wawasan edukasi bagi mereka.

Daya tarik selanjutnya, bagi anda para penyuka hobby photografer, di tempat ini ada beberapa spot menarik tempat berfoto dengan background kebun teh yang sangat instagramable.

nah untuk lebih memudahkan anda, berikut ini Kang Dian akan kelompokan beberapa aktifitas wisata menarik yang bisa anda lakukan di sana,

karena destinasi wisata ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah areal perkebunan teh saja namun anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan menarik selama berada di sini.

Pihak pengelola perkebunan teh di Bandung Barat ini telah menyiapkan beberapa spot khusus dan jalur tertentu yang khusus disediakan bagai pengunjung yang datang ke sana.

Dan beiktu ini adalah beberapa pilihan kegiatan seru serta dijamin sangat menarik yang bisa anda lakukan bersama anak, keluarga, teman atau pasangan selama berada di kebun Sukawana.

Camping di Kebun Teh Sukawana

camping_di_kebun_teh_sukawana_lembang_bandung (1)
Gambar adalah ilustrasi

Sahabat traveler, saat ini ada banyak sekali Tempat Camping di Bandung yang menawarkan daya tarik berkemah yang berbeda – beda antara satu dengan yang lainnya,

mulai dari tempat camping di dekat aliran sungai seperti Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang,

lalu tempat camping di tepi danau seperti Glamping Lakeside Rancabali,

kemudian tempat camping di tengah hutan pinus seperti Pine Forest Camp

selanjutnya tempat camping yang ada pemandian air panasnya seperti Kampung Cai Ranca Upas,

dan satu lagi tentu saja tempat camping di tengah perkebunan teh Bandung, salah satunya berkemah di Kebun Teh Sukawana.

Perlu anda ketahui, kegiatan camping di kebun teh ini memang merupakan salah satu kegiatan terfavorit pengunjung yang datang ke tempat ini.

Dan menariknya, pihak pengelola tempat ini PTPTN VIII telah menyiapkan lahan khusus berupa areal terbuka yang bisa menampung banyak orang.

Perlu diperhatikan, sebelum anda memutuskan untuk mengambil lokasi titik berkemah di sana, sebaiknya anda melapor dulu kepada pihak pengelola kebun teh ini.

Biasanya pihak pengelola akan memberikan saran tentang beberapa pilihan tempat yang memang cocok untuk camping, sekaligus info berapa Harga Camping di Kebun Teh Sukawana Lembang Bandung ini.

Dan ada sedikit tips berkemah di kebun teh ini adalah untuk kenyamanan bersama, harap jangan meninggalkan sampah setelah acara camping di sini selesai agar tempat ini terjaga kebersihannya

Tea Walk di Kebun Teh Sukawana

wisata-kebun-teh-sukawana-lembang-bandung

Sahabat traveler, seperti sudah saya singgung sedikit di atas, Tea Walk merupakan aktifitas wajib yang harus anda lakukan saat berwisata di perkebunan teh.

Di sini anda bisa menelusuri seluruh bagian dari areal kebun teh dis ini melalui jalur setapak yang dari dulunya diperuntukan sebagai jalan buat pemetik daun teh oleh pengelola.

Waktu terbaik melakukan tea walk di sini adalah pagi, sehingga menikmati pemandangan alam di sini anda bisa sekalian berolah raga jalan kaki.

Meskipun cukup jauh rutenya, jangan khawatir karena selama tea walk dijamin rasa lelah seiring keluar keringat yang banyak akan sebanding dengan manfaat yang akan anda dapat,

menghirup udara yang begitu sangat bersih khas dataran tinggi ini akan membuat tubuh anda menjadi segar dan pikiran menjadi fresh setelahnya.

Jika anda lelah, anda bisa berhenti sejenak untuk beristirahat semabri makan cemilan dan minum yang anda bawa atau berfoto – foto sejena

Bersepeda

bersepeda di kebun teh sukawana lembang bandung

Ada banyak trek bersepda di Bandung yang terkenal, yang terkenal adalah trek bersepeda naik ke atas Tebing Keraton atau trek sepeda gunung ke Bukit Bintang

Nah bagi anda yang mau sensasi menaklukan trek sepeda melintasi perkebunan teh, maka bersepeda di Kebun Teh Sukawana wajib anda jajal.

Olah raga bersepeda di sini sangat nyaman karena arealnya sangat luas dan aman karena kontur tanahnya tidak terlelu ekstrim untuk dilalui.

Untuk wisata bersepeda di sini anda tidak perlu repot – repot harus bawa sendiri dari rumah masing – masing,

karena di sekitar lokasi ada tempat sewa sepeda di sekitar kebun teh sukawana yang bisa anda manfaatkan dengan harga terjangkau mulai 20 rb / jam

Prewedding di Kebun Teh Sukawana

prewedding-di-kebun-teh-sukawana-lembang-bandung
Gambar / Foto via @wisataidn.com

Sahabat traveler, apakah anda salah satu dari pasangan yang tengah mencari Tempat Prewedding Outdoor di Bandung ?

Jika iya ada nih tempat prewedding di Bandung sebagus prewedd di Gedong Putih atau prewedding di Terminal Wisata Grafika Cikole, yakni Preweding di Kebun Teh Sukawana.

Banyak wisatawan yang sengaja datang ke kebun teh ini, khususnya pasangan yang mau menikah untuk melakukan sesi berfoto sebelum resepsi di sini.

Prewedding di sini menawarkan sensasi tempat prewedding di Lembang dengan view pemandangan alam perkebunan teh hijau nan asri sehingga hasil fotonya akan sangat artistik dan menarik.

Untuk informasi berapa Biaya Prewedding di Kebun Teh Sukawana Lembang Bandung, silahkan anda bisa mengontak nomor telp / wa pengelola PTPN VIII.

Sebagai gambaran saja, secara umum di tempat – tempat prewedding yang ada di Bandung, biasanya mereka memungut biaya kisaran teremurah 500 rb s/d 1.5 juta.

Oh iya, jika anda membutuhkan tenaga tukang fotonya, msilahkan anda bisa membacanya artikelnya di sini : Jasa Photografer di Bandung

Berkunjung ke Pabrik Pengolahan Teh

pabrik_teh_sukawana_lembang_bandung

Nah ini dia salah satu aktifitas wisata menarik yang bisa anda lakukan saat mengunjungi tempat wisata perkebunan teh di Lembang ini,

Anda bisa menemukan pengalaman baru yang mungkin anda ingin mengetahui, bagaimana cara mengolah daun teh dari dipetik hingga siap diseduh dan diminum.

Pihak pengelola memang tidak memberikan jadwal khusus untuk kegiatan kunjungan ke pabrik pengolahan teh di sini,

Namun anda bisa mencoba untuk menghubungi pengelola atau pihak keamanan pabrik untuk melakukan kunjungan singkat.

Bila diperbolehkan maka itu akan menjadi pengalaman yang unik karena kita bisa melihat proses pembuatan teh di pabriknya secara langsung.

Jika anda biayanya, silahkan anda bisa tanyakan langsung saat meminta izin untuk masuk melihat langsung proses produksi pengeolahan teh di sana.

Nah sahabat traveler, itulah beberapa hal seru dan menarik yang bisa anda eksplorasi selama mengunjungi tempat wisata alam perkebunan teh di kertawangi, lembang Bandung Barat ini.

Selanjutnya di bawah ini Kang Dian akan bagikan informasi seputar fasilitas apa saja sih yang ada di tempat ini sehingga akan membuat nyaman semua pengunjungnya selama ada di sana.

Fasilitas Wisata

Sahabat traveler, sebenarnya tidak ada fasilitas khusus yang disediakan oleh pengelola Kebun Teh Sukawana Lembang Bandung ini.

Fasilitas yang ada di sana saat ini merupakan fasilitas umum yang tergolong biasa yang biasanya ada di setiap tempat wisata.

Seperti misalnya untuk keperluan ttempmat makan dan minum bagi pengunjung yang datang ke sana,

terdapat beberapa warung yang menjual aneka menu kuliner seperti Makanan Khas Bandung dengan harga yang terjangkau.

Selain warung, ada juga fasilitas tempat sholat yakni masjid yang lokasinya berada di dalam area perumahan pegawai perkebunan.

Namun sayangnya, saat tulisan ini dibuat, di sini belum ada tidak toilet khusus bagi pengunjung,

jadi solusinya jika anda mau pipis, maka anda harus menumpang masuk toilet di masjid ketika ingin buang air.

Pun begitu bagi anda yang mau camping, di sini juga tidak tersedia tempat sewa tenda dan peralatan camping atau sejenisnya seperti matras, sleeping bad dll.

jadi silusinya saat ini adalah anda harus membawa perlengkapan berkemah sendiri jika ingin menginap di sini, atau sewa di tempat penyewaan tenda camping di Bandung.

Solusi lainnya bagi anda yang tertarik mengahbiskan waktu malam dengan cara menginap di sekitar kebun teh adalah memilih penginapan di sekitar kebun teh sukawana.

Kabar baiknya, ada banyak jenis penginapan yang bisa anda tinggali sementara, mulai dari Hotel di Lembang dengan Kolam Renang atau Villa di Lembang dengan Private Pool.

Sementara untuk fasilitas umum di sekitar lokasi lainnya adalah jika ada kejadian darurat seperti sakit, ada beberapa Rumah Sakit di Bandung terdekat,

sementara bagi anda pelancong dari luar negeri, tolong siapkan uang rupiah cash saat datang ke sini, karena cukup jauh lokasi Tempat Penukaran Uang di Bandung dari sana.

Alamat Kebun Teh Sukawana

Alamat Kebun Teh Sukawana ini berada tepat di Karyawangi, Parongpong, lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
Lokasinya sangat dekat dengan Kota Bandung yaitu hanya berkisar 15 km atau bisa ditempuh dengan berkendara sekitar 30 menit jika jalanan lancar.

Sementara bagi anda yang sedang menginap di sejumlah Hotel Dekat Bandara Husein Sastranegara, jarak ke sini adalah sekitar 20 KM,

jika dari Hotel dekat Stasiun Bandung atau Penginapan dekat Terminal Leuwipanjang jaraknya sekitar 35 km.

Rute Jalan Ke Lokasi

Sahabat traveler, rute jalan menuju Lokasi Kebun Teh Sukawana cukup mudah dijangkau dan aman.

Anda bisa menggunakan jalan utama ataupun jalan alternatif menuju lokasi ke arah Parongpong.

Jika dari arah Lembang, anda bisa mengarahkan kendaraan menuju Parongpong.

Setelah itu kurang lebih 3 kilometer dari pertigaan Parongpong Anda akan melihat masjid.

Dari sana anda tinggal mengikuti petunjuk jalan sekitar 1-2 kilometer dari tempat wisata,

Anda harus mulai berhati-hati karena jalanan yang rusak.

Anda datang ke sini bisa naik kendaraan roda dua. roda empat atau Sewa Bus Pariwisata Bandung pun bisa.

Ada sedikit tips, bagi anda yang mau berkunjung ke sana, sebaiknya anda membawa kendaraan pribadi,

namun bagi anda yang tidak bawa kendaraan sendiri dari rumah masing – masing,

anda tidak perlu khawatir, karena ada banyak Tempat Sewa Motor di Bandung,

begitu pun juga dengan Tempat Rental Mobil di Bandung dengan supir bisa menjadi solusi untuk anda jika mau ke sana.

Bagi yang mau naik transportasi umum, ada beberapa Trayek Angkutan Kota di Bandung serta Trayek Bus Damri di Bandung yang bisa anda naiki.

Penginapan Dekat Kebun Teh Sukawana Lembang Bandung

Sahabat traveler, seperti yang sudah saya sedikit singgung di atas, ada banyak Penginapan Murah di dekat Kebun Teh Sukawana Kertawangi, cisarua lembang, Bandung Barat.

Dan berikut adalah rekomendasi Hotel Murah di Bandung terdekat serta Villa Murah di Lembang yang bisa anda jadikan tempat bermalam selama liburan di Lembang :

Tempat Wisata Terdekat

Sahabat traveler, ada banyak tempat wisata di dekat Kebun Teh Sukawana Lembang yang sangat bagus dan menarik dikunjunngi,

sangat sayang bukan jika anda hanya mengunjungi satu tempat wisata saja, apalagi bagi anda liburan ke Bandung dengan ikut Paket Wisata Lembang.

Dan berikut adalah rekomendasi tempat wisata alam, kuliner, belanja di Lembang terdekat yang bisa anda kunjungi :

Tips Wisata

Untuk mendapatkan suasana liburan yang menyenangkan, tentu Anda memerlukan perlengkapan yang memadai. Anda harus mempersiapkan semuanya dengan matang.

Berikut Kang Dian akan mmenjelaskan beberapa tips berwisata mengunjungi tempat wisata kebun teh ini dan sejumlah Tempat Wisata Baru di Bandung lainnya :

Tips pertama, jika berkunjung ke sini, jangan lupa untuk membawa baju hangat, karena di tempat ini udaranya sangat dingin terutama di waktu malam hari.

Tips kedua, berkunjung ke sini, jangan lupa persiapkan peralatan foto anda, mulai dari kamera hingga battere atu charger terisi penuh.

Tips ketiga, berkunjung ke sini gunakanlah pakaian yang nyaman dan aman seperti pakai pakaian casual, celana panjang jeans, topi, sarung tangan, kaos kaki, sepatu outdoor anti licin dll.

Tips keempat, bagi yang mau camping, persiapan dengan baik dari awal peralatan berkemah jangan sampe ada yang lupa tidak terbawa sehingga bikin repot nantinya.

Tips kelima, jika anda mau liburan tanpa harus repot mengurus segala sesuatunya, Kang Dian sarankan anda ikut Paket Wisata Bandung bersama Tour Travel Bandung.

Tips keenam, jika anda baru pertama kali liburan ke Bandung, bila taku t binggung, saya sarankan anda ditemani pemandu wisata, dan anda bisa sewa Jasa Tour Guide Bandung./

FAQ

Berapa tiket masuk kebun teh sukawana ?

Informasi terbaru, setiap pengunjung yang masuk ke tempat ini akan dipungut biaya mulai Rp 5.000 – Rp 10.000 / orang

Apa saja aktifitas menarik di Kebun Teh Sukawana ?

Selain menikmati pemandangan alam perkebunan teh, di sini anda bisa berburu spot foto yang instagramable, camping, bersepeda hingga foto prewedding pun bisa.

Nah sahabat traveler, demikianlah info alamat, rute jalan menuju ke lokasi, jam buka, no telp, biaya camping, prewedding dan Harga Tiket Masuk Kebun Teh Sukawana Lembang Bandung.