Kampung Boneka Bandung di Sukamulya & Kopo Sayati

Loading...

Kampung Boneka Bandung – Apakah anda sedang mencari Tempat Wisata di Bandung yang unik dan menawarkan sensasi wisata belanja lain dari yang lain ? Jika iya, datanglah ke Kampung Boneka di Bandung.

Halo sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan saya Kang Dian, penulis blog informasi Wisata Bandung, yang pada kesempatan kali ini akan me-Review Tempat Wisata yang menarik untuk anda kunjungi Kampung Boneka yang ada di kota Bandung.

Informasi ini semoga akan menambah referensi destinasi Tempat Wisata Belanja di Bandung, bukan hanya sekedar shopping aneka fashion di sejumlah Factory Outlet di Bandung maupun di pusat perbelanjaan Mall Bandung.

Nah, seperti apa sih Kampung Boneka Bandung itu ? Dimana alamat dan berapa harga boneka-boneka di Kampung Boneka tersebut ? yuk kita simak bersama liputannya di bawah ini.

Kampung Boneka Bandung

Kampung Boneka Bandung

Sahabat traveler’s, luar biasanya ketika anda liburan ke kota Kembang adalah sahabat akan menemukan banyak ragam destinasi Tempat Wisata Menarik di Kota Bandung.

Puas anda refreshing ria menikmati keindahan Tempat Wisata Alam di Bandung seperti dengan mengunjungi sejumlah Tempat Wisata di Lembang, Tempat Wisata di Ciwidey, Wisata Pangalengan, Wisata Maribaya maupun wisata Dago, anda bisa berkuliner dan berbelanja sesudahnya.

Jika postingan sebelum ini saya sudah berikan anda informasi 1001 Tempat Makan di Bandung yang Enak dan Murah, kini kang dian akan berikan info Tempat Pengrajin/Pabrik boneka di Kota Bandung, yang hasil produksinya tentunya bisa anda beli.

Nah dimana sajakah alamat Kampung Boneka Bandung yang terkenal itu berada ? di bawah ini kang dian kupas satu persatu hanya buat anda pengunjung blog tempatwisatadibandung.info.

Kampung Boneka Sukamulya Bandung

Sahabat traveler’s, destinasi Kampung Boneka di kota Bandung yang pertama yang wajib anda kunjungi adalah Kampung Boneka di daerah Sukamulya.

Alamat Kampung Boneka Sukamulya

Alamat Kampung Boneka Sukamulya ini tepatnya berlokasi di jalan Sukamulya, Desa Babakan Jeruk, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung Jawa Barat.

Daya Tarik Wisata di Kampung Boneka Sukamulya

Daya tarik wisata dari pabrik atau lokasi pengrajin Boneka di Bandung ini adalah, di sini anda bisa menemukan sebuah tempat yang memproduksi beragam boneka dengan segala ukuran, dari mulai yang terkecil hingga yang sangat besar.

Yang unik dari Kampung Boneka Bandung ini adalah yang memproduksi boneka-boneka ini adalah masyarakat sekitar, yang di setiap rumahnya disulap menjadi sentra atau workshop tempat membuat mainan anak-anak dan dewasa ini secara masal.

Jenis Boneka yang dihasilkan di sini sangat beragam , mulai dari boneka karakter tokh-tokoh film kartun, binatang, emoticon, bantal, matras untuk alas tempat duduk dan tidur dan masih banyak yang lainnya.

Sahabat traveler’s, berdasarkan catatan website sentra industri bandung, di Kampung Boneka Sukamulya ini tercatat 17 pengrajin dengan 212 pekerja serta kapasitas produksi pertahun mencapai hampir 800.000 pcs boneka dengan nilai investasi setara Rp.2.691 milyar.

Sejarah Awal Kampung Boneka Sukamulya

Sahabat traveler’s, sejarah awal berdirinya Kampung Boneka Bandung di sukamulya yang menghasilkan ratusan ribu boneka setiap tahunnya ini tidak lepas dari sang pioneer atau peloprnya yang bernama Haji Ade.

Tercatat awalnya di sekitar tahun 1990 an, Haji Ade mulaimerintis usaha di daerah sukamulya yaitu sebagai pengrajin Boneka, dengan cara tradisional dan manual yang sifatnya Home made, yaitu Jahitan Tangan.

Dengan cara produksi boneka dengan cara demikian, sudah pasti tantangannya adalah si pengrajin perlu kesabaran dan ketelitian di dalam mengerjakannya.

Namun karena itu pulalah, kualitas boneka dari Kampung Boneka di Sukamulya Kota Bandungh ini sangat terjaga dan impasnya barang kerajinan bonekanya diterima dan disukai masyarakat.

Tercatat, jumlah pemesan boneka dari haji ade ini hampir selalu ada setiap harinya, dan bisa berlipat-lipat ketika sudah memasuki waktu-waktu liburan seperti libur Lebaran, tahun Baru, natal hingga Valentine.

Nah, sejak pesanan semakin besar dan omset pendapatan meningkat, saat itulah kemampuan haji ade untuk memenuhi permintaan atau pesanan boneka kewalahan dan akhirnya mulai mempekerjakan warga di sekitar rumah haji ade.

Sahabat traveler’s, sejak saat itulah dimana produksi meningkat dan warga sekitar haji ade terlibat langsung, maka melihat kesuksesan haji ade tersebut kemudian satu persatu masyarakat tertarik mengikuti jejak usaha pengrajin boneka secara mandiri.

Kini, keberlangsungan usaha pabrik boneka punya haji ade, setelah beliau meninggal, diteruskan oleh sang menantunya sendiri yaitu Kiki Junaedi.

Harga Boneka di Kampung Boneka Sukamulya Bandung

Sahabat traveler’s, sesuai dengan ukuran, kualitas bahan baku dan model, maka harga boneka di Kampung Boneka Bandung ini bervariasi, ada yang murah dan juga mahal.

Namun kelebihan jika kita membeli langsung boneka di pusat pengrajin boneka di sukamulya ini pastinya harganya jelas lebih murah, jika dibandingkan ketika boneka-boneka ini sudah masuk ke toko atau super market di Bandung.

Untuk Harga Boneka dengan ukuran sedang, anda bisa mendapatkan dengan cukup merogoh isi dompet mulai Rp.15.000/pcs.

Sementara untuk model tertentu atau ukurannya yang sangat besar, boneka seperti itu bisa dihargai hingga mencapai Rp.4.000.000/pcs.

Kemudian untuk boneka jenis matras yang bisa anda jadikan alas tidur atau duduk, harga bonekanya ditawarkan dengan kisaran Rp.300.000 hingga Rp.500.000/pcs.

Peta Lokasi Kampung Boneka Sukamulya bandung

Silahkan dan bisa dilihat di sini

Rute Jalan ke Kampung Boneka Sukamulya Bandung

Sahabat traveler’s, bagi anda yang tertarik berkunjung ke sana bersama keluarga, teman atau berdua dengan pasangan, silahkan anda bisa ikuti rute jalan untuk mengakses lokasinya di bawah ini.

Lokasinya yang ada di desa Babakan Jeruk, anda bisa mengikuti arah jalan Setra Indah Barat, kemudian dari sana anda ambil jalan berbelok ke kiri hingga menemukan bundaran.

Nah dari bundaran, selanjutnya anda tinggal memilih ke arah jalan Sukamulya dan menuju ke sentra perkampungan Boneka di Kota Bandung ini ( Lokasinya sekitar 300 meter dari lokasi kantor kecamatan Sukamulya )

2.Kampung Boneka Kopo Sayati Bandung

Kampung Boneka Bandung

Sahabat traveler’s, destinasi tempat Pengarajin Boneka di Kota Bandung Jawa Barat selanjutnya yang terkenal adalah yang populer dengan Kampung Boneka Kopo Sayati.

Alamat Kampung Boneka Kopo Sayati Bandung

Alamat Kampung Boneka Bandung ini adalah berlokasi di jalan Sayati Hilir, Desa Sayati Hilir, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Sejarah Kampung Boneka Kopo Sayati Bandung

Sahabat traveler’s, jika berbicara Kampung Boneka Bandung di Sayati ini, maka kawasan sentra industri rumahan boneka di Bandung selatan ini bukanlah tempat asing, alias sudah sangat populer dan mendunia.

Hal itu ditandai sejak tahun 2010, pemerintah kabupaten bandung secara resmi telah menetapkan daerah Kopo Sayati ini sebagai pusat atau Sentra Kerajinan Boneka di Bandung yang sudah ada sejak puluhan tahun lamannya.

Tidak hanya itu, Peran serta pemerintahan Pemkab Bandung dalam membantu mengembangkan Kampung Boneka Bandung ini juga dilanjuti dengan turun tangannya dinas perindustrian.

Mereka memberikan fasilitas pembinaan, hingga pemberian bantuan mulai dari modal usaha, peralatan kerja hingga untuk meningkatkan kualitas disertakan dalam pelatihan membuat boneka.

Bahkan, selain itu produksi boneka nya pun difasilitasi untuk dipamerkan, dan yang lebih hebat pengrajin di sini diutus untuk melatih pengrajin boneka di beberapa kota di luar Jawa Barat.

Kualitas produksi boneka di Kampung Boneka Kopo Sayati ini sudah mendunia, tidak hanya menerima pesanan dari dalam negeri saja, namun sudah bisa mengekspor ke negara seperti China, Arab Saudi, New Zealand, Jerman, jepang dan thailand.

Sejarah Kampung Boneka Kopo Sayati

Sahabat traveler’s adalah pria yang bernama Elan Ruslandi atau biasa dipanggil Abah Elan, sekitar tahun 1975, beliau adalah salah seorang pelopor pengrajin boneka di kawasan Kopo Sayati ini.

Menurutnya, beliaulah yang pertama kali membangun usaha kerajinan boneka di Kopo Sayati ini dengan melibatkan warga sekitar yang merupakan masih kerabatnya juga dengan mengajari mereka cara membuat boneka.

Setelah mereka lama belajar darinya, akhirnya mereka memilih membuka usahanya sendiri, dan hingga saat ini perkembangannya bisa kita seperti apa, bahwa Kampung Boneka Bandung di Kopo ini sudah berkembang pesat.

Untuk pekerja pengrajin boneka di Kampung Boneka Kopo sayati ini sendiri terbagi menjadi dua kategori, yaitu yang pertama bekerja sebagai penjahit boneka sambilan yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga sistem kontrak kerja.

Mereka biasanya di upah dengan sistem kodian, dimana setiap satu kodi dihargai Rp.35.000, dan di dalam satu pekan rata-rata bisa menyelesaikan 1 hingga 3 kodi boneka.

yang kedua, para pekerja atau pengrajin boneka di Kampung Boneka Kopo Sayati ini ada juga yang menjadi karyawan tetap, seperti di perusahaan PD Dwi Putra Toys, yang mana pemiliknya adalah anak Abah Elan, yaitu Agus kosasih.

Tugas mereka adalah mulai dari mendesign, memotong bahan, menjahit hingga mengisi silicon pada barus, sehingga mampu memproduksi ratusan boneka setiap harinya.

Sahabat traveler’s, kini usaha Abah Elan sendiri sudah di pindah tangankan kepada anak-anaknya yang berjumlah 5 orang sejak istrinya meninggal di tahun 2011 yang lalu.

Nah berkat usahanya membangun perkampungan boneka di Bandung, hingga sukses melahirkan Kampung Boneka hasil binaannya di daerah Cikampek, beliau ini pun pada tahun 1994 mendapatkan penghargaan Upakarti dari Presiden RI, Soeharto.

Jenis Boneka di Kampung Boneka Kopo Sayati

Sahabat traveler’s, sentra penghasil boneka di Kopo sayati banyak menerima pesanan berbagai jenis boneka, selain membuat model atau jenis boneka pada umumnya.

Di sini anda bisa mendapatkan aneka jenis boneka karakter binatang seperti beruang, ada juga karpet, gantungan kunci, sofa kecil hingga bantal dan guling pun ada di sini.

Tercatat, Kampung Boneka Bandung ini pernah menerima pembuatan boneka untuk maskot sebuah pagelaran atau event olahraga, seperti olahraga negara-negara Islam OKI ke-3 di palembang, serta PON Wartawan dibuat di sini.

Harga Boneka di Kampung Boneka Sayati

Sahabat traveler’s, untuk harga boneka di Kampung Boneka di Kopo Sayati, seperti Jihaz Toys, Sunda Toys dan lain-lain bervariasi.

Harga Boneka di Kampung Boneka Kopo Sayati ini ada boneka dengan harga eceran yang terkecil mulai Rp.5.000/pcs, hingga boneka besar dengan harga Rp.1.500.000/pcs pun ada.

Belanja Boneka di sini anda tidak perlu khawatir, meski dengan harga yang termurah sekalipun, kualitas boneka dari Kampung Boneka Sayati ini sangat bagus, mulai dari bahan, pola serta jahitannya yang detil dan rapih.

Rute Jalan Ke Kampung Boneka Kopo Sayati

Sahabat traveler’s, untuk mengakses lokasi tempat wisata belanja boneka di Kopo sayati ini sangat mudah sekali, baik dengan kendaraan umum maupun pribadi.

Lokasinya yang berada di pinggir jalan yang menghubungkan tempat wisata di kota bandung ke arah kawasan Tempat Wisata di Bandung selatan Ciwidey dan Pangalengan, memudahkan anda mampir di sini.

Jika anda wisatawan dari jakarta, anda bisa keluar di pintu tol Kopo, kemudian belok kiri dan arahkan kendaraan anda menuju arah soreang-ciwidey, dan berhenti sebelum pangkalan Lanud Sulaeman, Margahayu.

Anda sebelum tiba di kawasan Kampung Boneka Kopo Sayati ini, akan melintai sejumlah Tempat Wisata di Bandung selatan, mulai dari pusat perbelanjaan Miko Mall, Pusat Kuliner Kopo Square serta pusat wisata belanja Gang Nata Kopo Sayati.

Jika menggunakan kendaraan umum, maka anda tinggal naik angkot dengan rute Terminal Leuwipanjang – Soreang, dan berhenti di sejumlah toko atau Grosir Boneka Bandung Murah di Kopo Sayati.

Nah sahabat traveler’s, bagaimana sangat menarik bukan Kampung Boneka di Bandung ini ?

Jadi, bagi anda yang mau pulang berwisata dari bandung bingung mencari oleh-oleh khas bandung yang lain dari biasanya, maka datang ke sentra pengrajin boneka di salah satu Kampung Boneka Bandung di atas.

Atau bagi anda yang sedang mencari barang sebagai hadiah pasangan yang ulang tahun, acara perpisahan atau wisuda, anda selayaknya wajib mendatangi Pabrik Boneka di Kampung Boneka Bandung.

Kampung Boneka Bandung
Kampung Boneka Bandung

Place Name: Kampung Boneka Bandung

Place Description: Tempat Wisata pengrajin boneka di sukamulya dan kopo sayati Bandung

More...

  • Kampung Boneka Bandung
  • Harga
  • Akses

Ringkasan

Nama : Kampung Boneka
Alamat : Sukamulya & Kopo Sayati
Jam Buka : 08.00 - 18.00 WIB
Harga : Mulai Rp.5.000

5.0
User Rating 0 (0 votes)
Sending
Loading...