Promo Tiket Kereta di Traveloka

Cek Keberangkatan Kereta dari Semarang ke Solo Sekarang Lebih Mudah!

Diposting pada

Siapa yang tidak kenal dengan Kota Solo? Kota Solo adalah salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia.

Saat ini, cek keberangkatan kereta dari Semarang ke Solo jadi lebih mudah. Kota Solo atau juga dikenal dengan Surakarta merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Kota Solo juga memiliki kesultanan sama seperti Yogyakarta, yang dipecah dari Kesultanan Mataram ketika terjadinya perjanjian Giyanti pada tahun 1755.

Setelah perjanjian itu, Yogyakarta tetap memilih untuk menjadi pemerintahan sedangkan Solo lebih berpusat pada wisata adat keraton.

Jika ada yang bingung, nama sebenarnya adalah Surakarta atau Solo, nama Kota Surakarta lebih digunakan untuk Bahasa formal pada pemerintahan saja.

Sedangkan kata Solo adalah hal yang bersifat kultural.

Jika kamu berkunjung ke Kota Solo, kamu akan takjub dengan ramah dan sopannya warga Solo.

Salah satu alasan mengapa Kota Solo menjadi destinasi wisata yang favorit adalah karena harga makanan yang relatif murah lho!

Kamu bisa berwisata kuliner saat menginjakkan kaki di Kota ini.

Alasan mengapa kamu harus menggunakan kereta dari Semarang ke Solo.

Promo Tiket Kereta di Traveloka

Banyaknya Jumlah Kereta Api

Semarang Solo berada di satu provinsi, tetapi lebih baik bepergian dengan kereta lho! Alasan keamanan adalah yang utama.

Zaman secanggih sekarang, cek keberangkatan kereta dari Semarang ke Solo sudah sangat mudah dengan menggunakan aplikasi perjalanan di smartphone kamu atau melalui website.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan kereta untuk bepergian, hal itu adalah tanggal kebrangkatan, berapa jumlah yang pergi, dan yang lainnya.

Hal ini adalah hal yang krusial, sehingga harus benar-benar diperhatikan.

Pada umumnya, jadwal keberangkatan kereta dari Semarang menuju Solo memiliki 4 armada kereta,

yaitu Kerata Api atau KA Brantas yang merupakan subkelas ekonomi dan memiliki tarif Rp 80.000,00 berangkat pukul 00.05 dan tiba pukul 02.47.

KA Majapahit dengan subkelas ekonomi dan berharga Rp 165.000,00, waktu keberangkatan pukul 00.45 dan tiba pukul 03.16.

Selanjutnya KA Bangunkarta dengan subkelas eksekutif yang berharga Rp285.000,00 yang berangkat pukul 21.19 dan tiba pukul 23.

Armada yang terakhir adalah Matarmaja dengan subkelas ekonomi dan berharga Rp 103.00,00 memiliki waktu keberangkatan pukul 22.07 dan tiba pukul 00.44.

Dengan banyaknya KA yang disediakan, perjalanan menuju Solo dari Semarang semakin mudah.

Stasiun yang ada di Semarang dan Solo

Untuk pilihan stasiun, jika kamu cek keberangkatan kereta dari Semarang menuju Solo ada Stasiun Semarang Tawang.

Stasiun Semarang Tawang adalah stasiun utama di Kota Semarang.

Nama Tawang berasal dari nama Kampung Tawangsari yang berlokasi di dekat Stasiun.

Perencanaan dan pembangunan Stasiun Semarang Tawang ini dirancang oleh Naamlooze Vennootschap Nederlands(ch)-Indische Spoorweg Maatschappij adalah salah satu perusahaan kereta api di Hindia Belanda.

Tidak heran kalau kamu merasakan aura-aura bangunan Belanda di Stasiun ini, karena ide dan pembangunan dilakukan saat jaman kolonial menguasai Indonesia.

Stasiun Solo Jebres adalah stasiun berikutnya. Saat ini, stasiun Solo Jebres tidak digunakan lagi dan semua kegiatan dialihakn menuju Stasiun Purwosari dan Solo Balapan.

Tetapi, Stasiun Solo Jebres dijadikan cagar alam karena sebelum berhenti beroperasi, semua kegiatan berpusat di Stasiun Solo Jebres.

Sama seperti Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Solo Jebres dibangun saat jaman Belanda, hal ini dibuktikan dengan adanya peta perencanaan pembangunan stasiun ini yang merupakan asli peninggalan Belanda.

Banyak Destinasi Wisata

Ketika sudah tiba di Solo atau Surakarta, banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Tempat pertama yang tidak boleh terlewat adalah keraton Surakarta.

Sampai sekarang, keraton Surakarta masih menjadi tempat tinggal sultan.

Saat berwisata ke sana, kamu bisa mendapat banyak pengetahuan karena
ada banyak sekali bagian-bagian dari bangunan Keraton.

Kamu juga bisa melihat peninggalan dari zaman Belanda.

Untuk kamu yang menyukai wisata kuliner, ada banyak makanan wajib yang tidak boleh dilewatkan.

Pertama, Soto Gading di dekat Alun-alun Selatan Keraton Solo, kamu bisa menikmati Soto ini untuk sarapan, eits jangan salah lho! Presiden Indonesia, bapak Jokowi saja sudah pernah mampir ke Soto ini.

Kuliner selanjutnya adalah Pecel Ndeso di Warung Pecel Solo.

Warung Pecel ini wajib kamu coba saat berlibur ke Solo, selain Pecel kamu juga bisa menemukan minuman tradisional di warung makan ini.

Beralih ke makanan ringan, Srabi Notosuman adalah ciri khas kota Solo. Srabi ini memiliki dua varian yaitu polos dan coklat.

Masih banyak lagi makanan khas Solo yang harus kamu coba saat berlibur di sana.

Setelah alasan diatas, liburan ke Solo semakin menjanjikan bukan? Apalagi sekarang cek keberangkatan kereta dari Semarang ke Solo sangat mudah.