Gua Pawon
Wellcome to Gua Pawon

GUA PAWON – The Big Secret Of Sundanese

Diposting pada
Pijat Panggilan Hotel 24 Jam

Sejarah Gua Pawon

Menurut temuan para ahli berupa hasil Riset dan juga survei lokasi di antara tahun 1930 hingga 1935,yang diantaranya dilakukan oleh A.C. De Yong dan G.H.R. Von Koenigswald, di gua Pawon ini ditemukan alat-alat budaya peninggalan masa lalu dari zaman Preneolitik dengan bahan obsidian, kalsidon, kwarsit, rijang dan andesit yang berupa anak panah, gelang batu, penyerut, batu asah hingga pisau. Sedangkan hasil ekskavasi pada tahun 2003 dan 2004, di tempat wisata sejarah sunda di Bandung ini ditemukan berbagai bentuk artefak berupa pecahan keramik, spatula, gerabah, dan sisa perhiasan yang terbuat dari gigi binatang dan juga gigi ikan yang mencirikan keberadaan situs purbakala tersebut di masa lalu.Dan hasil tersebut sangat jelas menegaskan bahwa Gua Pawon Padalarang Bandung barat ini pernah dijadikan sebagai rumah alam atau tempat hunian oleh manusia Gua Pawon khususnya di zaman prasejarah di masa lampau.

Situs purbakala,berupa tempat temuan kerangka manusia purba Gua Pawon ditemukan berada tepat di sisi utara gua dan sekarang sudah dipagari untuk kepentingan penyelamatan cagar budaya dan sejarah. Di lokasi itu kita akan melihat bongkahan batu berupa sosok tulang manusia yang sedang meringkuk, tapi itu bukan kerangka asli manusia purba penghuni Gua Pawon yang asli melainkan sebuah replika kerangka. Karena yang kerangka aslinya sudah dipindahkan ke kantor Balai Arkeologi Bandung di daerah Cileunyi, itu juga hanya tinggal tengkorak dan rahangnya saja karena sisanya sudah hancur dan sudah rapuh dimakan usia.

Gua Pawon
Fosil Manusia Gua Pawon

Manusia Gua Pawon

Berdasarkan temuan penelitian para ahli,ciri fisik manusia gua pawon ini terutama tengkorak kepala manusia,dipastikan termasuk ras Mongoloid. Dari hasil eskskavasi terakhir ditemukan sisa-sisa rangka manusia yang mewakili empat individu, dan diberi nomor urut RI, RII, RIII, dan RIV. Rangka-rangka tersebut mewakili periode budaya yang berbeda. Analisa umur yang dilakukan berdasarkan unsur karbon (carbon dating), “Manusia Gua Pawon” ini hidup antara rentang waktu tahun 5600 – 9500 yang lalu.

Nah,demikianlah rangkuman sejarah Gua Pawon di padalarang Bandung barat yang mungkin perlu anda ketahui sebagai referensi wisata atau bisa menambah wawasan anda, mengenal lebih jauh tentang sejarah keberadaan situs purbakala Gua Pawon.Selanjutnya,penulis akan berikan informasi tentang daya tarik lain Gua Pawon sebagai salah satu tujuan wisata untuk para fotografer,sehingga terkenal dengan istilah Gua Pawon Stone Garden.

Informasinya,silahkan anda buka halaman-halaman berikutnya di bawah ini,dan kita lanjut saja dengan Gua Pawon Stone Garden …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *