Gua Pawon
Wellcome to Gua Pawon

GUA PAWON – The Big Secret Of Sundanese

Diposting pada
Pijat Panggilan Hotel 24 Jam

Gua Pawon Bandung Barat

Gua Pawon yang berada di daerah padalarang Bandung barat ini,karena termasuk daerah dataran tinggi bandung,maka posisinya terletak sekitar 601 meter di atas permukaan laut’ Lokasinya saat ini adalah tepat berada di areal sekitar penambangan batu kapur padalarang,namun objek wisata alam bandung ini tepat berada di puncak bukit Pawon. Pada zaman dulu,sesuai dengan penelitian para ahli, tempat ini merupakan salah satu tepian Danau Bandung Purba yang lenyap airnya di lokasi Sanghyang tikoro Bandung. Gua Pawon Padalarang di bandung barat ini sendiri memiliki panjang sekitar 38 meter dengan lebar 16 meter, akan tetapi berapa tinggi atap guanya belum dapat dipastikan lebih detil, karena ketika pertama kali tempat wisata di bandung ini ditemukan oleh para ahli,bagian atap Gua Pawon sudah dalam keadaan runtuh.

Gua Pawon
Gua Pawon

Sementara apabila kita sedikit masuk ke dalam Gua Pawon,kita akan melihat lantai gua Pawon yang tersisa hanya sebagian kecil,dan itu bisa kita lihat di sisi sebelah barat gua, karena lantai gua pawon di bandung barat ini bagian tengahnya sudah hancur dan tertimbun oleh bongkahan runtuhan atap dan sebagian besar sudah tererosi sehingga membentuk lereng yang cukup terjal. salah satu wisata sejarah di bandung berupa Gua seluas 300 meter persegi lebih ini terdiri dari beberapa rongga atau bagian gua, apabila anda datang kemari,anda akan menemukan beberapa ruangan seperti kamar dan juga beberapa jendela alami yang lumayan cukup besar.

Gua Pawon di desa Gunung Masigit kecamatan Cipatat Padalarang bandung barat ini sendiri adalah lokasi pertama kali ditemukan kerangka manusia purba,dan kenapa disebut Gua Pawon karena lokasi temuan kerangka manusia tersebut berada di dalam gua kars yang terletak di sisi tebing bukit kars Gunung Masigit.Sementara kata “Pawon” sendiri di dalam bahasa Sunda berarti dapur.

Nah,selanjutnya akan kita ketahui seperti apa Sejarah pertama kali ditemukan Gua Pawon di halaman selanjutnya di Sejarah Gua Pawon di bawah ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *