Alternatif Channel Online & Offline untuk Bayar BPJS Kesehatan

Sebagai warga negara Indonesia, kamu sudah pasti wajib mengikuti program layanan kesehatan yang diberikan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Jasa resmi dari pemerintah ini terbilang cukup efektif untuk memberikan layanan medis untuk mereka yang membutuhkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Kamu cukup mendaftarkan diri untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan dan membayar iuran setiap bulannya. Kemajuan teknologi juga buat kamu semakin mudah untuk mengecek dan membayar iuran bulanannya.

Berikut beberapa tempat, baik channel online maupun offline, yang bisa dijadikan tempat untuk membayar BPJS Kesehatan.

cek dan bayar iuran BPJS Kesehatan

1. Kantor BPJS Kesehatan

Bayar langsung ke pusatnya. Di sana, kamu bisa melakukan banyak hal, mulai dari mendaftar, mengubah status peserta, dan melakukan pembayaran iuran bulanan. Kantor pusat BPJS Kesehatan berada di Jln. Letjen Suprapto, Cempaka Putih.

Tidak harus ke sana, BPJS Kesehatan juga memiliki kantor cabang dan kamu pun bisa melakukan pembayaran langsung di sana. Pembayaran channel offline ini cocok buat kamu yang berdomisili di dekat kantor BPJS Kesehatan dan menginginkan layanan dengan cepat dan tepat.

2. Bank BUMN dan Swasta

BPJS Kesehatan juga bekerja sama dengan berbagai bank yang menggelar layanannya di Indonesia. Karena ini merupakan program pemerintah, sudah pasti bekerja sama dengan deretan bank milik BUMN. Sebut saja BRI, BNI, Mandiri, BTN, dan beberapa bank lain bisa jadi penyambung kamu dengan BPJS Kesehatan.

Selain itu, ada BCA dan beberapa bank swasta lainnya yang bisa jadi tempat buat kamu membayar iuran BPJS. Kamu bisa langsung membayar di teller bank atau menggunakan layanan internet/mobile banking untuk melakukan pembayaran setiap bulannya.

3. Kantor Pos

Betul sekali! Kantor pos bukan cuma jadi tempat untuk kamu mengirim surat atau barang lainnya. PT Pos Indonesia juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi loket pembayaran BPJS Kesehatan dan beberapa tagihan lainnya, loh.

Enaknya lagi, kamu bisa membayar BPJS Kesehatan di cabang kantor pos mana pun. Hal ini tentu sangat menguntungkan untuk mereka yang tinggal di wilayah yang dekat dengan kantor pos. Tinggal datang, beri tahu nomor peserta BPJS Kesehatan dan bayar di tempat.

4. Alfamart dan Indomaret

Sekalian berbelanja barang keperluan sehari-hari, kamu juga bisa membayar iuran bulanan BPJS Kesehatan di sana. Alfamart dan Indomaret jadi channel offline yang dipercaya oleh penyelenggara layanan untuk menjangkau lebih banyak lagi peserta.

Dua minimarket ini memang tersebar hampir di setiap sudut kota dan hadir di beberapa pinggir kota. Kamu bisa singgah sebentar untuk membayar iuran langsung di kasirnya dan membayarnya dengan uang cash atau kartu debit.

5. Situs atau Aplikasi E-Commerce

E-commerce juga sudah semakin berkembang di Indonesia. Perusahaan jual-beli online ini juga menyediakan layanan untuk membayar tagihan bulanan, membeli pulsa, dan membayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya.

Sebut saja Bukalapak, Tokopedia, dan Blibli.com yang menyediakan layanan pembayaran BPJS Kesehatan. Bahkan, sebagian dari perusahaan online tersebut memberikan potongan atau cashback untuk pembayaran iurannya. Kamu bisa mengaksesnya via PC atau aplikasi di smartphone.

6. Traveloka App

Traveloka juga jadi salah satu channel online tempat kamu bisa melakukan banyak hal. Dari Traveloka App, kamu bisa melakukan registrasi peserta, mengecek tagihan BPJS Kesehatan, dan melakukan pembayaran. Kamu bahkan bisa membayar dengan metode PayLater, UANGKU, debit instant, atau transfer bank.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa cek dan bayar iuran BPJS Kesehatan langsung di aplikasinya. Pastikan kamu tidak terlambat membayarnya, ya, atau kamu akan terkena denda dan BPJS Kesehatan kamu jadi tidak bisa digunakan.