Cara Untuk Bersantai Setelah Hari yang Melelahkan Di Tempat Kerja

5 Cara Untuk Bersantai Setelah Hari yang Melelahkan Di Tempat Kerja

Diposting pada
Anggun Massage Aplikasi Game

Selepas bekerja, tubuh akan menjadi lelah dan tidak semangat. Hal yang harus dilakukan adalah dengan melakukan suatu kegiatan santai yang membuat Anda bisa rileks yang akan mengembalikan energi Anda yang telah terkuras.

Banyak orang yang tidak tahu cara bersantai dengan baik, sehingga menjadi stress yang berkepanjangan, tubuh cepat lelah dan bahkan menyebabkan berbagai macam penyakit.

Supaya tetap semangat, artikel ini akan membahas 5 cara yang patut diperhitungkan untuk bersantai setelah hari yang melelahkan di tempat kerja. Berikut ini ulasannya!

Cara Untuk Bersantai Setelah Hari yang Melelahkan Di Tempat Kerja

1. Mandi Setelah Bekerja

Setelah menyelesaikan pekerjaan yang panjang dan melelahkan, mandi dengan menggunakan shower, atau mandi dengan gayung merupakan salah satu cara yang tepat agar mengembalikan kembali energi dalam tubuh serta membuat Anda menjadi lebih santai.

Ini dikarenakan air mampu merelaksasi dan membuat perasaan menjadi lebih tenang.

Saat mandi, ada dua pilihan yang bisa digunakan, yakni air dingin dan air hangat.

Biasanya air dingin digunakan untuk menyegarkan kembali tubuh yang lelah, sedangkan air hangat digunakan bila Anda ingin merelaksasi tubuh dan membuat perasaan menjadi lebih tenang secara bersamaan.

Mandi dengan air hangat sangat direkomendasikan untuk dilakukan sebelum tidur malam.

2. Olahraga atau Exercise di Rumah

Olahraga atau exercise juga mampu membuat tubuh menjadi santai dan rileks, salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan adalah jogging.

Banyak orang yang melakukan kegiatan ini karena dapat membuat perasaan menjadi lebih baik.

Selain itu, jogging atau lari dengan sepatu lari yang tepat di lapangan juga mampu mengurangi stres setelah seharian bekerja.

Tidak harus jogging, ada banyak pilihan olahraga atau exercise yang dapat dilakukan, baik itu pergi ke gym, melakukan yoga atau bermain salah satu jenis olahraga yang Anda sukai.

Setidaknya dengan berolahraga, Anda dapat membuat perasaan Anda menjadi lebih santai dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

3. Pergi ke Tempat Pijat

Bila Anda punya uang yang cukup, pergi ke tempat pijat dapat menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan setelah seharian bekerja. 

Dengan dipijat, maka akan membuat anggota tubuh seperti otot di bagian leher, punggung, dan bahu menjadi lebih santai dan rileks.

Manfaat lain saat dipijat adalah mampu mengaktifkan sistem parasympathetic nervous dan respon relaksasi yang membuat tubuh menjadi lebih santai.

Pergilah ke tempat pijat yang sering dikunjungi atau rekomendasi tempat pijat yang bagus dari kolega atau kerabat terdekat.

4. Lakukan Hobi yang Disukai

Setelah seharian bekerja, Anda juga bisa bersantai dengan cara menjalani hobi yang sering Anda lakukan,

beberapa di antaranya seperti mendengarkan musik, menonton film, melukis, memasak, bermain gitar dan lain sebagainya.

Melakukan hobi yang disukai mampu meningkatkan mood menjadi lebih baik.

Misalnya mendengarkan musik klasik, kegiatan ini akan membuat perasaan Anda menjadi lebih damai dan memunculkan rasa senang.

Hobi yang sering dilakukan adalah cara bersantai yang baik untuk mengumpulkan energi selepas bekerja.

5. Rebahan di Kamar

JIka Anda tidak memiliki waktu dan tenaga yang sudah habis, maka berbaring atau rebahan juga menjadi pilihan yang tepat.

Rebahan di kamar membuat Anda menjadi rileks serta membiarkan pikiran dan tubuh untuk bersantai.

Saat Anda rebahan, usahakan untuk tidak melakukan kegiatan apapun seperti membaca atau bermain smartphone.

Alasannya kegiatan tambahan saat rebahan malah membuat pikiran Anda menjadi tidak tenang dan terganggu. Tidak usah terlalu lama untuk berbaring,

karena beberapa menit kemudian tubuh Anda akan menjadi lebih tenang, lebih santai dan siap untuk melakukan apapun yang Anda suka.

Catatan

Cara lain yang dapat dilakukan untuk bersantai adalah dengan berkumpul atau nongkrong dengan kerabat, anak atau pasangan Anda.

Cara ini juga ampuh di dalam mengusir kesepian, mempererat silaturahmi, membantu Anda saat berada dalam kesulitan, dan tentunya membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Anda juga bisa melakukan kegiatan lain seperti meditasi dengan menyalakan lilin aromaterapi, minum kopi atau teh, dan kegiatan apapun asalkan membuat Anda tetap santai dan rileks.

Itulah 5 cara untuk bersantai setelah hari yang melelahkan di tempat kerja, semoga Anda mendapatkan cara yang tepat untuk bersantai dan membuat tubuh dan pikiran Anda menjadi lebih nyaman.