Bandung Creative Hub – Review Gedung Pusat Kreatif Bandung

Loading...

Bandung Creative Hub – Mencari Tempat Wisata di Bandung yang Unik untuk dikunjungi saat liburan ke Bandung ? jika iya, yuk datang saja ke Pusat Kreatif Bandung.

Hi traveler’s, jumpa lagi dengan kang dian, penulis blog informasi Wisata Bandung, yang kali ini akan me-Review Gedung BCH Bandung,

apa itu BCH ? adalah sebuah bangunan gedung yang sebelumnya bernama Bandung Creatif Center, sebuah lokasi Pusat berkumpulnya komunitas kreatif di Bandung.

Nah seperti apa sisi daya tarik wisata dari Bandung Creative Hub sehingga kita wajib berkunjung ke sana ?

Dimanakah Alamat, Lokasi dan Rute Jalan menuju ke gedung pusat kreatifitas kota Bandung Creative Center (BCH) ini ?

Kapan Dibuka atau Peresmian Bandung Creative Hub ini ? serta apa saja fasilitas wisata yang menarik dan ada di BCH ?

Baiklah untuk menjawab semua pertanyaan di atas, yuk kang dian ajak saja langsung sobat sekalian untuk membacanya di bawah ini.

Bandung Creative Hub – Bandung Creative Center

Bandung Creative Hub BCH

Gedung BCH Bandung

Sahabat Traveler’s, bicara Parwisata Bandung, maka akan ada banyak sekali Tempat Wisata di Bandung yang Terkenal dan sangat menarik untuk dikunjungi.

Selain menikmati surga Wisata Alam Bandung yang terkenal Eksotis dan Romantis, mengunjungi sejumlah pusat Wisata Kuliner dan Wisata Belanja adalah aktifitas wisata populer lainnya.

Ada banyak lokasi tempat untuk menikmati semua pesona wisata di atas, dan yang terpopuler adalah bisa kita temukan di kawasan Wisata Lembang dan Wisata Ciwidey.

Pariwisata Bandung terus berkembang pesat dan hal tersbut dibuktikan dengan banyaknya Tempat – Tempat Wisata Baru yang terus bermunculan,

Sebut saja yang terbaru wisata alam Puncak Eurad Pingping, Pemandian Cipanas Nagrak di Parongpong, Tebing Keraton, Batu Eon,

Belum lagi pusat kuliner seperti Kalpa Tree di Puncak Ciumbuleuit, dan yang bikin heboh hadirnya Toko Kue di Bandung milik artis,

yaitu Bandung Makuta Cake milik penyanyi Claudia Cyntia Bella dan Bandung Princess Cake miliknya artis penyanyi pop Syahrini.

Serta objek wisata baru di komplek Green Forest Lembang yaitu Taman Kardus Bandung, Kampung China Bandung, Kota Mini dan Rainbow Garden di Floating Market,

Nah kini telah hadir kembali sebuah Objek Wisata di Bandung yang baru dan menawarkan sebuah tempat yang unik bernama Bandung Creative Hub (BCH),

sebuah tempat yang diklaim akan menjadi seperti ” Alun – Alun Kreatif Bandung ” atau wadah khusus bagi para pegiat atau orang – orang kreatif sebandung raya.

Nah lalu seperti apa sih daya tarik nya ? dan apa saja fasilitas wisata yang ada di sana ? yuk di bawah kita cari tahu alamat dan lokasinya dulu.

Alamat Gedung Pusat Kreatif Bandung Creative Hub

Sahabat traveler’s, alamat nama gedung baru dari Bandung Creative Center ini adalah berlokasi di Jl. Laswi No.5, Kacapiring, Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40271.

Lokasi sangat strategis berada di pusat wisata kota Bandung, seperti dekat dekat dengan Tempat Wisata Keluarga di Bandung yaitu Trans Studio Bandung,

kemudian Tempat Makan di Bandung terutama menu Makanan Khas Bandung seperti Siomay dan Batagor Riri, serta Toko Kue di Bandung yang Enak yakni Prima Rasa Bakery Pastry.

Tidak hanya itu saja, tempatnya juga mudah diakses dari arah kota seperti Alun – Alun Kota Bandung, Masjid Raya Bandung, Museum Konferensi Asia Afrika dll.

Jadi ketika anda berkunjung ke Bandung Creative Hub, ada banyak objek wisata lainnya juga yang bisa dan mudah untuk dikunjungi.

Lalu dimanakah Lokasi Bandung Creative Hub (BCH) ini jika diakses dari tempat anda ? berapa jarak dan memerlukan waktu berapa lama ?

Silahkan anda bisa melihatnya di peta lokasi Bandung Creative Center ini yang terdapat di Google Map yang kang dian berikan di bawah.

Peta Lokasi/Map Bandung Creative Hub (BCH)

Silahkan buka Map Bandung Creative Center di sini

Sejarah Bandung Creative Hub

Sejarah Bandung Creative Hub BCHwajah Kota Bandung di bawah kepemimpinan seorang alumni perguruan tinggi Bandung ITB, yaitu Ridwan Kamil alami perubahan yang luar biasa majunya,

Semua aspek hidup di kota Bandung, salah satunya tata ruang kota Bandung yang mengedepankan fungsi green area dan publik terus dibenahi,

dan saya pernah mengupasnya program hebat ridwan kamil di 15 Mega Proyek Pariwisata Bandung

Coba lihat bagaimana Ridwan kamil merubah taman – taman kota bandung yang sebelumnya kumuh, gelap dan angker, kini 360 derajat berubah total,

Lihat bagaimana indahnya Teras Cikapundung, menariknya Taman Vanda, Taman Jomblo, Taman Film, Pet Park, Peta Park dll,

Nah hal lainnya yang ditangkap Ridwan Kamil selaku orang nomor satu di kota Bandung adalah, melengkapi fasilitas yang dibutuhkan oleh Warga Bandung.

Khususnya sebuah tempat untuk kegiatan kelompok anak muda kota bandung yang terkenal memiliki minat serta tingkat kreatifitas tinggi,

Maka walikota yang pernah memenangkan predikat walikota terbaik Asia ini pun bersama Pemkot Bandung membangunan gedung Bandung Creative Center.

Biaya pembangunan gedung atau bangunan Bandung Creative Hub ini ditaksir akan menghabiskan biaya atau budget anggaran senilai 50 milyar.

Ke depannya diharapkan dengan fasilitas Pusat Kreatif Bandung ini, maka anak – anak muda Bandung bisa berkarya dan mengekpresikan kemampuan kreatifitasnya di sini.

Bandung Sebagai Kota Kreatif UNESCO

Sahabat traveler’s, langkah walikota Bandung Kang emil membangun gedung baru Bandung Creative Hub ini sebagai bagian terpadu membangun Kota Bandung ke depan.

Seperti diketahui pada akhir tahun 2015 yang lalu, Kota Bandung terpilih menjadi satu dari 47 Kota di 33 negera yang menjadi bagian Creative Cities Network Unesco.

tepatnya tanggal 11 Desember 2015, dan diumumkan langsung oleh Direktur Jendral UNESCO Iriana Bokova di markas UNESCO di kota Paris Perancis.

Kota Bandung dimasukan sebagai kota kreatif dunia di bidang design, sekaligus menjadi kota ke-2 di indonesia setelah Pekalongan di bidang Kriya dan Seni Rakyat.

Tujuan dibentuknya Kota Kreatif UNESCO sendiri adalah merupakan jembatan yang memadukan peran budaya menjadi bagian penting dari kebijakan pembangunan ke depan.

Jaringannya sendiri hingga saat ini sudah meliputi 116 kota di seluruh dunia, dan diharapkan akan menumbuhkan kerjasama internasional di bidang kreatifitas.

Peresmian dan Pembukaan Bandung Creative Hub (BCH)

Sahabat traveler’s, Gedung yang merupakan inspirasi Kang Emil dngan konsultasi perencananya Riki Junandar ini seharusnya rampung di bulan Mei 2017.

Namun pengembangan dan penambahan fasilitas – fasilitas penunjung di dalam gedungnya masih terus dilakukan hingga saat ini.

Untuk pembukaan dan sekaligus peresmiannya Bangunan baru Pusat Kreatifitas Bandung ini, jika sesuai rencana akan dibuka langsung oleh presiden RI Jokowi.

Daya Tarik Bandung Creative Hub (BCH)

Sahabat traveler’s, ada banyak hal menarik, unik dan sekaligus menjadi daya tarik dan fungsi dari Gedung Bandung Creative Hub (BCH) ini.

Gedung Dengan Arsitektur Unik

Bandung Creative Hub BCHSahabat traveler’s, Bandung Creative Hub (BCH) ini berdiri di atas sebuah gedung yang terdiri dari enam lantai bangunan.

Gaya atau design arsitektur yang dimiliki Gedung Pusat Kreatifitas di Kota Bandung ini menjadi salah satu Tempat Wisata di Bandung yang Unik.

Salah satu contoh uniknya dari gedung BCH Bandung ini adalah bagian mencolok yang terdapat di sebagian tembok luarnya yang diberi ornamen.

Hal inilah yang menjadi pembeda dengan model bangunan gedung – gedung lainnya di Bandung pada umumnya, yang meski secara konsep struktural masih sama.

Tapi karena ini adalah Gedung Kreatif, maka bangunannya diberikan sentuhan kreatifitas dengan cara menyelimuti bagian luar temboknya dengan extrude atau ornamen.

Hal luar biasanya adalah ornamen atau extrude yang dipasang terssbut selain berfungsi sebagai hiasan, juga diberi lampu di setiap lipatannya,

sehingga jika kita memandangnya di malam hari, ornamen atau Extrude di Gedung Bandung Creative Hub ini akan menyala dan memancarkan cahaya, wow keren bukan ?

Bahkan ada beberapa literatur di bagian geudung BCH Bandung ini yang mengadopsi literatur gedung – gedung yang di di luar negeri seperti singapura.

Gedung Pusat Kreatif di Indonesia Pertama

Sahabat traveler’s, Kota Bandung dan Jawa Barat harus bangga dengan sukses dan berdirinya sebuah gedung megah dan unik Bandung Creative Hub ini,

kenapa demikian ? karena bangunan gedung Bandung Creative Center ini adalah tercatat menjadi sebuah pusat kreatif pertama yang ada di indonesia,

dan menjadi Creative Center kedua di kawasan negara- negara asia tenggara (ASEAN) setelah sebelumnya sudah ada Thailand Creative & Design Center (TCDC).

Nah itulah dia sobat traveler’s, sangat menarik dan membuat kita warga bandung menjadi bangga bukan mempunyai Gedung Bandung Creative Hub ini ?

Fasilitas Gedung Bandung Creative Hub (BCH)

Bandung Creative Hub BCHSahabat traveler’s, Bandung Creative Center yang terdiri dari 6 lantai ini sendiri di dalamnya memiliki sebanyak 20 ruangan.

Untuk memudahkan pengujunjung dalam mengakes setiap lantai ini, bangunan gedung Bandung Creative Center ini sudah dilengkapi Lift dan tangga.

Masing – masing ruangan di dalam Gedung BCH Bandung ini memiliki fungsi sendiri – sendiri, disesuaikan dengan peruntukannya.

Untuk itu, setiap dinding ruangan di dalam gedung ini pun setiap lantainya berbeda.

Dan bahkan di beberapa lantai bangunannya, kita bisa melihat seni gambar di dinding yang saat ini tengah nge-Hit di bandung, yaitu Mural,

yang bisa kita lihat di Taman Sejarah Bandung, Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok, Desa Wisata Kampung Pasir Angling Suntenjaya.

Ruangan BCH sendiri nantinya akan memiliki Ruangan Komunitas, Fashion, Galeri/Museum seperti yang ada di Salian Art Space, NuArt Sculpture Park,

kemudian Studio Tari dan Drama, Studio Musik, Ruang Kelas Interaksi seperti yang ada di Saung Angklung Udjo,

ICT/Games mungkin juga ada ke depan fasilitas Escape Room seperti di Pandora Experience Bandung atau seperti Games Zone di Champelas Walk dekat Skywalk Cihampelas.

Kemudian ada juga Ruang Pamer Keramik, Ruang Workshop Seni dan Inovation Room ( 3 Dimensi Printer, Laser Cutting 0 dan yang lainnya.

kemudian juga ada ruang Perpustakaan Kreatif hingga ada fungsi sebagai Bioskop di Bandung dengan memiliki kapasitas hingga 100 orang.

Di gedung ini pula akan disediakan Amphitheater dengan 2 Big Screen yang akan difungsikan sebagai nonton bareng dan acara lainnya.

Dan karena ke depan Bandung Creative Hub ini ditujukan sebagai tempat berkumpulnya anak – anak muda, di sini juga disediakan fasilitas Free Wifi juga.

Pusat Kuliner di Gedung Bandung Creative Hub

Sahabat traveler’s, yang tidak kalah menarik dari BCH Bandung ini juga nantinya akan dijadikan salah satu Tempat Makan di Bandung.

Di sini akan disediakan beberapa tempat makan dan sekaligus nongkrong yang asyik sekelas Cafe dan Restaurant.

Bahkan, Resto & Cafe di Gedung BCH Bandung ini, masuk ke dalam daftar Cafe di Bandung yang buka 24 Jam, sehingga bisa didatangi kapan saja.

Bagaimana traveler’s, sangat lengkap bukan fasilitasnya ? Gedung BCH ini pastinya ke depan akan jadi sebuah Tempat Wisata Baru di Bandung yang menarik dikunjungi.

Harga Tiket Masuk Bandung Creative Hub

Sahabat traveler’s, sebagai pusat ruang publik dan tempatnya warga kota bandung berkreatifitas, maka tempat ini tidak akan kenakan tiket masuk kepada pengunjungnya.

Dan diharapkan juga akan seterusnya seperti itu, sehingga minat anak – anak muda untuk tertarik belajar dan berkarya bisa terfasilitasi di sini.

Jam Buka Bandung Creative Hub

Sahabat traveler’s, waktu operasional Bandung Creative Hub (BCH) sendiri, dipastikan akanmenjadi tempat wisata di bandung yang buka 24 jam,

Namun khusus untuk fasilitas wisata tertentunya saja seperti cafe dan resto, sementara ruangan lainnya mungkin mulai dari 08.00 – 22.00 WIB.

Nomer Telepon Bandung Creative Hub BCH

Sahabat traveler’s, untuk mengetahui informasi lebih seputar Pusat Kreatif Bandung, saat tulisan ini dibuat belum ada nomer telepon yang yang bisa dihubungi.

Rute Jalan Menuju Ke Bandung Creative Hub

Sahabat traveler’s, bagi anda yang tertarik datang ke BCH, ada banyak mode transportasi yang bisa anda gunakan untuk menuju ke lokasi.

Anda bisa menggunakan jasa Grab atau Gojek, transportasi umum, Sewa atau Rental Mobil/Motor di Bandung dan pastinya bawa kendaraan sendiri.

Nah di bawah ini kang dian akan berikan rute jalan menuju ke Bandung Creative Center bagi anda yang datang dari jakarta dan keluar di Gerbang Tol Pasteur.

Dari Pintu Keluar Tol Pasteur ke Lokasi Gedung BCH Bandung ini berjarak sekitar 8.3 KM, atau bisa ditempuh dengan waktu berkendara sekitar 38 menitan.

Adapun rite jalannya adalah sebagai berikut ;

Ikuti Jl. Dr. Djunjunan – Jl. Layang Pasupati – Jl. Cisangkuy di Bandung ( 12 mnt – 5,7 km )

Tetap di Jl. Cisangkuy – Ambil Jl. Citarum – Jl. L. L. R.E. Martadinata ( 3 mnt – 800 m )

Tetap di Jl. L. L. R.E. Martadinata – Berkendara ke Jl. Laswi di Kacapiring, dan berhenti di Jalan Laswi No 5.

Tips Wisata ke Bandung Creative Hub

Nah sahabat traveler’s, bagaimana apakah dengan penjelasan kang dian di atas anda semakin tertarik untuk bisa datang ke BCH Bandung ?

atau anda juga ingin mengeksplorasi tempat – tempat wisata yang terkenal di Kota bandung dan sekitarnya lainnya seperti,

Menjajal Kuliner di pusat kuliner terkenal di Bandung seperti Dusun Bambu, Floating Market Lembang, Kampung Daun ?

atau anda mau berwisata bersama keluarga di Farmhouse Susu Lembang, Kampung Gajah, The Lodge Maribaya, Taman Begonia dan yang lainnya ?

jika iya, kang dian punya tips wisata ke bandung yang murah dan tepat untuk anda, terutama bagi yang mau liburan dengan sedikit orang,

caranya adalah segera hubungi dan datangi Tour Travel Bandung, yang saat ini tengah gencar melakukan promosi Paket Wisata Bandung Murah.

yang terfavorit Paket Tour Bandung saat ini adalah Paket Wisata Bandung 2 Hari 1 Malam dan Paket Wisata Bandung 3 Hari 2 Malam.

sementara bagi anda yang mau datang secara rombongan, kang dian sarankan anda mengikuti Paket Outbound Bandung, sekaligus dengan Sewa Bus Pariwisata Bandung nya.

Nah, jika anda mengikuti paket tour tersebut, selain budget wisata anda akan lebih murah, juga kesempurnaan anda berwisata dijamin efisien dan efektif.

Sahabat traveler’s, demikianlah informasi seputar Tempat Wisata di bandung, yang sebelumnya bernama Bandung Creative Center,

yang berlamat di jalan Laswi No 5, yaitu sebuah Pusat Kreatifitas Bandung yang saat ini terkenal dengan nama Bandung Creative Hub.

Bandung Creative Hub
Bandung Creative Hub BCH

Place Name: Bandung Creative Hub

Place Description: Tempat Wisata Bandung Creative Hub di jalan laswi No 5 Kota Bandung

More...

  • Bandung Creative Hub
  • Fasilitas
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses

Ringkasan

Nama : Bandung Creative Hub
Alamat : Jl.Laswi No 5 Bandung
No Tlp : -
Jam Buka : -
Harga Tiket Masuk : Gratis
Fasilitas : Galeri,Cafe/Resto,Wifi dll

5.0
User Rating 3 (2 votes)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
Loading...

Leave a Reply

Sending