6 Referensi Tempat Makan Dekat Stasiun Bandung yang Nyaman dan Lezat

Berburu kuliner di Bandung adalah aktivitas yang sayang untuk dilewatkan. Aktivitas ini pun jadi semakin wajib dilakukan setelah perjalanan panjang di atas kereta yang melelahkan dan sambutan udara dingin khas Kota Kembang yang kerap membuat perut semakin keroncongan.

Mencari tempat makan dekat Stasiun Bandung juga bukan hal yang susah. Tempat pemberhentian kereta itu pun berada di lokasi yang cukup strategis, yakni Jalan Stasiun Barat, Kebon Jeruk, Andir, Kota Bandung. Di sini, Anda bisa mencari kudapan hingga ‘makanan berat’ dengan cita rasa yang memanjakan lidah dan perut.

Kampiun Bistro

Kampiun Bistro

Letak tempat makan ini tepat di seberang Stasiun Kereta Api Bandung, di Jalan Kebon Kawung No. 24 Bandung. Dengan begitu, Anda yang sudah terlanjur begitu lapar bisa langsung menyeberang untuk mengisi perut. Ditambah lagi, jam buka Kampiun Bistro cukup panjang, yakni pukul 07.00 sampai 01.00 setiap hari.

Interior Kampiun Bistro juga cukup menarik dan instagrammable. Meski begitu, pengunjung yang datang tidak hanya dari kalangan anak muda, tetapi juga rekanan bisnis dan keluarga. Dengan jendela kaca yang besar, Anda bisa makan sembari menikmati suasana jalanan utama Bandung tanpa terlalu terganggu dengan bisingnya lalu lintas kendaraan.

Menu di Kampiun Bistro cenderung western, mulai dari panekuk hingga pasta dan steik. Harga yang ditawarkan standar seperti kafe-kafe di Bandung pada umumnya, mulai dari Rp20.000,00-an sampai Rp50.000,00-an untuk hidangan utama.

Kehidupan Tidak Pernah Berakhir

Kehidupan Tidak Akan Berakhir

Kehidupan Tidak Pernah Berakhir merupakan warung makan yang menyediakan sajian lezat khusus vegan. Yep, Anda tidak akan menemukan makanan dengan unsur dari produk hewani sama sekali, termasuk olahannya seperti telur, susu, keju, dan sebagainya. Meski begitu, tidak perlu ditanya kelezatannya. Setiap hari, pengunjung memenuhi restoran dengan tema yang lain daripada lainnya ini, baik mereka yang vegan maupun non-vegan.

Ruangannya pun cukup luas dengan dominasi furnitur berwarna putih. Untuk sistem pemesanannya sendiri seperti warteg. Anda tinggal menunjuk menu apa yang dimau, lalu pelayan akan membantu mengambilkannya. Harganya pun sangat murah—dengan bermodalkan sepuluh ribu rupiah, Anda bisa mendapatkan sepiring nasi dengan 3 jenis sayuran.

Lokasinya berada di Jalan Padjajaran nomor 63 Bandung, sekitar 2,6 km dari Stasiun Bandung. Jam operasionalnya sendiri cukup panjang, mulai pukul 06.00 sampai 21.00 setiap hari.

Mie Tasik Gor Padjajaran Paskal (Mie Tasik SanJose)

Mie Tasik Gor Padjajaran Paskal

Popularitas tempat makan dekat Stasiun Bandung yang satu ini sudah luas melambung. Jaraknya dari stasiun pun kurang dari 1 km, tepatnya beralamat di Jalan Pasir Kaliki nomor 60, Cicendo, Kota Bandung. Anda bisa berkunjung ke sini mulai pukul 08.00 sampai 20.00 setiap hari.

Kedai mie ini juga dikenal dengan sebutan Mie Tasik SanJose dan merupakan cabang dari kedai satunya di kawasan GOR Padjajaran. Bangunannya sendiri berada di kawasan ruko dengan meja dan kursinya yang dibuat dari kayu. Meski tidak mewah, ruangannya lega dan bersih.

Menu yang disajikan di sini sangat bervariasi. Selain mie yamin manis dan asin, Anda juga bisa memilih misoa, locupan, maupun beberapa tambahan seperti bakso, jamur, dan pangsit. Harga menu utamanya relatif terjangkau berkisar di angka Rp25.000,00 sampai Rp38.000,00, sesuai dengan porsi dan kelezatannya yang menggugah rasa.

Purnawarman Restaurant

Purnawarman Restaurant

Bila menginginkan suasana fine dining yang lebih berkelas, Anda bisa mampir ke Purnawarman Restaurant. Restoran ini merupakan bagian dari Hotel Hilton yang beralamat di Jalan HOS Tjokroaminoto No. 41-43 Bandung. Dari stasiun, Anda bahkan dapat hanya berjalan sejauh 600 meter saja.

Menu yang disediakan sangat bervariasi, baik sajian lokal dan nusantara maupun internasional. Anda bisa menikmati sajian sarapan, makan siang, dan makan malam di sini. Bila ingin menikmati makan sepuasnya alias all you can eat, Anda bisa memilih buffet pada jam sarapan (pukul 6.30 sampai 10.00) atau makan malam (pukul 18.00 sampai 22.00).

Harga yang ditawarkan memang relatif tinggi, tetapi sepadan dengan kualitas layanan yang diberikan. Untuk buffet di jam sarapan misalnya, Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp150.000,00. Sementara itu, buffet di jam makan malam dipatok dengan harga Rp288.000,00.

Bebek Kaleyo Bandung

Bebek Kaleyo Bandung

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati sajian bebek adalah Kaleyo. Kepopuleran restoran di Komplek Bali Heaven, Jalan Pasir Kaliki nomor 185-189 Bandung ini pun mengundang banyak review positif di berbagai situs kuliner. Di Traveloka Eats misalnya, Kaleyo mendapat rating 4.2 dari 5.

Menu utamanya tentu saja bebek. Dengan cara penyajian menggunakan piring rotan dan daun pisang sebagai alasnya, Anda bisa memilih bebek goreng kremes, bebek rica, bebek cabe ijo, sate bebek, dan lain-lain. Bebek Kaleyo juga menyediakan paket yang lebih hemat, seperti Paket Bebek Hemat, Paket Nasi Campur Bebek, Paket Charity, dan yang lain. Di samping itu, Anda juga bisa memilih nasi putih atau nasi merah sebagai sumber utama karbohidrat dan ayam bila tidak terlalu menyukai bebek. Soal harga, seporsi makanan utama berkisar di angka Rp20.000,00 dan Rp25.000,00 saja.

Lokasinya sendiri cukup mudah ditemukan karena berada di perempatan. Bangunan utamanya dibuat dengan arsitektur Joglo yang luas, lengkap dengan perabotan serba kayu. Parkirannya sangat leluasa dan lingkungan Bebek Kaleyo pun ditanami berbagai tanaman yang membuat suasana menjadi begitu asri.

Paskal Food Market

Paskal Food Market

Nah, bila ingin mencari tempat makan di dekat Stasiun Bandung yang menyajikan ribuan menu, datang saja ke Paskal Food Market. Boleh dibilang, tempat ini semacam pujasera tetapi dengan penataan yang sangat bergaya. Ruangannya sendiri terbagi atas indoor dan outdoor dengan permainan lampu-lampu yang cantik dan membuat suasananya di malam hari jadi begitu romantis.

Menu yang hadir di sini lebih dari 1.100. Anda bisa puas mencicipi kuliner mulai dari makanan ringan seperti batagor dan serabi hingga makanan berat nusantara seperti nasi betutu, nasi bebek, mie kocok, mie pangsit, hingga western seperti ramen, pasta, dan steik. Harganya pun bervariasi dengan rata-rata mulai dari belasan ribu rupiah.

Paskal Food Market adalah bagian dari pusat perbelanjaan modern Paskal Hyper Square. Anda bisa menemukannya di Jalan Pasir Kaliki nomor 25-27, Kebon Jeruk, Andir, Kota Bandung. Bila dari stasiun, kurang lebih Anda hanya akan menempuh jarak sekitar 1 km saja. Selepas makan di sini, Anda pun dapat sekadar window shopping atau menonton film di CGV sebelum menuju hotel dan beristirahat.

Selain enam spot kuliner di atas, masih ada puluhan tempat makan dekat Stasiun Bandung lainnya. Kini dengan bantuan komunikasi internet, Anda bisa mendapatkan beragam referensi lainnya hanya melalui sentuhan jari. Di Traveloka Eats misalnya, Anda dapat memperoleh informasi lengkap tempat kuliner lezat lainnya berikut ulasan jujur dari pengunjung sebelumnya. Anda juga bisa dengan mudah menemukan tempat makan lain di sekitar hotel atau lokasi Anda serta membagikan pengalaman bersantap di tempat tersebut.

Mari makan!