Inilah 15 Mega Proyek Pariwisata Bandung Spektakuler Ala Ridwan Kamil

Loading...

15 Mega Proyek Pariwisata Bandung – Untuk menunjang sejumlah Tempat Wisata di Bandung yang lebih baik dan bersaing ke depan, walikota Bandung Ridwan Kamil saat ini terus melakukan pembangunan dan Revitalisasi 15 proyek besar Pemkot Bandung untuk meningkatkan Pariwisata Bandung.

Halo sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan saya Kang Dian, penulis blog informasi Wisata Bandung, yang pada kesempatan kali ini akan berikan anda informasi seputar 15 Mega Proyek Pariwisata Bandung.

Nah, proyek apa saja yang tengah dibangun dan dikembangkan oleh pemkot Bandung di bawah kendali insinyur lulusan terbaik Institute Teknologi Bandung ( ITB ) tersebut ? yuk kita simak saja bahasannya di bawah ini.

15 Mega Proyek Pariwisata Bandung

Inilah 15 Mega Proyek Pariwisata Bandung Ala Ridwan Kamil

Kereta Api Cepat Jakarta Bandung

Sahabat traveler’s, Bandung yang merupakan sebagai salah satu destinasi wisata favorit dan terpopuler di indonesia, terus mengembangkan diri untuk siap bersaing dengan tempat-tempat wisata di dunia, terutama Asean dan Asia.

Di bawah kepemimpinan walikota yang berusia masih muda, seorang arsitek kelas dunia yang telah merancang bangunan di banyak negara dan peraih penghargaan BCI Asia TOP 10 Award & Internasional Young Creative Enterpreneur Of The Year, Bandung terus berbenah.

Pariwisata Bandung yang selama ini dikenal dengan Sejumlah Tempat Wisata Alam di Bandung nya yang terkenal sangat indah, sebagai pusat wisata kuliner dan juga belanja serta yang lainnya, akan dilengkapi dengan sarana dan prasarana 15 Mega Proyek Pariwisata Bandung yang dahsyat.

Jika sebelumnya sudah diawali dengan pembukaan Mega Proyek jalur jalan Tol Cipularang yang menghubungkan kota Jakarta dan Bandung serta mega proyek Jalur Kereta Api Cepat Jakarta – Bandung, maka kini sudah dibangun dan disiapkan mega proyek lainnya yang tidak kalah spektakuler.

Nah, mega proyek apa saja yang tengah dibangun dan dikembangkan pemerintah kota Bandung tersebut ? dimana saja lokasinya ? yuk kita simak saja satu persatu di bawah ini.

1.Proyek Revitalisasi Babakan Siliwangi Kota Bandung Dan Proyek Teras Cikapundung Jilid 2

Sahabat traveler’s, pemkot bandung saat ini benar-benar tengah mengubah paradigma sekaligus mengembalikan Bandung seperti zaman dulu yang dikenal sebagai “Kota Kembang” dan ” Paris Van Java ” sebuah kota yang sangat nyaman ditinggali.

Sejumlah Taman Kota Bandung yang baru terus dibangun, yang difungsikan sebagai ruang publik hijau dan menjadi Tempat Nongkrong di Bandung bagi warganya dan juga wisatawan yang sedang liburan ke ibukota Parahyangan ini.

Nah salah satunya adalah keberadaan Sungai Cikapundung, yang posisinya persis membelah kota bandung dan melintas di jalan Siliwangi, yang sebelumnya biasa saja, banyak sampah dan terkesan sangat kumuh, kini mulai disulap menjadi kawasan yang asri dan layak huni.

Di bantaran sungai cikapundung yang selama ini ditempati sekitar 108 jiwa yang menghuni bangunan permanen di atas tanah milik negara selama puluhan tahun ini, kini setelah 2 tahun berjalan sudah rampung direlokasi sekaligus merevitalisasi sungai cikapundungnya.

Dan tempat ini sekarang telah menjadi sebuah Tempat Wisata di Kota Bandung yang Baru, yang dinamai dengan Teras Cikapundung, dan keberadaannya telah menjadi pusat kegiatan bersosialisasi warga kota bandung dan juga wisatawan yang sedang berwisata.

2.Mega Proyek Revitalisasi Kawasan Wisata Tegalega Kota Bandung

Sahabat traveler’s, satu dari 15 Mega Proyek Pariwisata Bandung lainnya yang saat ini tengah direvitalisasi adalah objek wisata di kota bandung yang sangat terkenal, yaitu Lapangan Tegalega Bandung.

Revitalisasi kawasan Tegalega diantara adalah rencana pembangunan menara baru di kawasan wisata ini. Sehingga ke depan, selain sudah adanya Monumen Bandung Lautan Api (BLA), maka ke depan akan ada menara yang persis seperti Marina Bay Sands di negeri tetangga Singapore.

Tinggi menara itu diperkirakan akan mencapai ketinggian 100 meter, dan akan menjadi menara tertinggi di kota Bandung ke dua, yang mana salah satunya adalah menara yang sudah ada di Masjid Raya Bandung yang bersebalahan dengan kawasan Alun Alun Kota Bandung.

Design menara ini bentuknya sangat unik, yaitu berupa dua kaki yang akan menopang sebuah bangunan berbentuk lonjong di atasnya, dan di bagian atas menaranya nanti akan dibangun Taman Kecil.

Konsep Taman Kota Bandung yang diberi nama ” Future Park ” ini adalah hasil rancangan bersama Sri Suryani dengan lima temannya yang merupakan lulusan Arsitektur ITB tahun 2007 yang lalu.

Dengan menggandeng aspirasi warga kota Bandung, ke depan lapangan Tegalega yang memiliki luas lahan sekitar 16 hektar ini akan dijadikan sebuah kawasan yang nantinya ada Taman Basah dan Taman Kering, Ruang Galeri Pameran, serta pusat wisata kuliner kaki lima.

3.Mega Proyek Revitalisasi Pasar Kota Bandung

Sahabat traveler’s, sebagai salah satu kota favorit wisatawan dengan beragam pusat wisata belanjanya yang murah, seperti dengan adanya sejumlah Factory Outlet yang ada di Jalan Dago, FO di jalan Riau ( R.E Martadinata ), pusat kerajinan kulit Cibaduyut dan Pasar Baru Trade Center ,maka kang emil pun tengah merubah konsep pasar tradisional bandung.

Menurut suami dari Atalia Praratya ini, ke depan pasar tradisional di kota Bandung itu harus tampil lebih keren, lebih kreatif dan fungsinya Multifungsi yaitu harus ramai dari pagi hingga malam.

Konsep yang akan diterapkannya adalah dengan membangun berbagai infrastruktur seperti Tempat Nongkrong di Bandung, Food Court seperti Paskal Food Market, Tempat Penginapan di Bandung hingga pusat kegiatan olahraga seperti Futsal.

Tujuan dari Revitalisasi yang mencapai total 12 pasar tradisional ini adalah ke depan warga bandung atau juga wisatawan akan kembali terbiasa kembali berbelanja di pasar tradisional, selain ke sejumlah Mall Bandung seperti Miko Mall Bandung, Festival Citylink Bandung, Bandung Trade Center hingga Paris Van Java Mall saja dll.

4.Mega Proyek Skywalk Cihampelas Bandung

Sahabat traveler’s, saat ini pemkot bandung baru saja membuka sebuah tempat baru yang berada di sekitar Jalan Cihampelas, sebuah tempat wisata belanja di bandung yang terkenal seperti celana jeans dan pusat belanja dan Hotel di Bandung serta Cihampelas walk, telah dibangun sebuah Skywalk.

Tempat ini ground Breakingnya dimulai sejak bulan April 2015 dan beberapa waktu yang lalu telah dibukandan dijadikan sebagai salah satu lokasi Tempat Wisata Tahun Baruan di Bandung 2017.

Nah, Skywalk di atas jalan Cihampelas Bandung ini memiliki panjang 500 meter, dan diperuntukan khusus untuk pejalan kaki, dengan struktur dari baja dan rencananya sepanjang jalan ini akan dijadikan Tempat Wisata Kuliner Pedagang Kaki Lima di Bandung yang tertata.

5.Proyek Bike Sharing Bandung

Sahabat traveler’s, ke depan bagi warga bandung atau wisatawan yang berwisata ke bandung, untuk mengunjungi berbagai tempat wisata di kota bandung yang terkenal seperti melintasi Jalan Braga Bandung ( Braga City Walk ), kemudian Museum Konferensi Asia Afrika tidak perlu lagi pakai kendaraan, anda bisa menggunkan sepeda.

Pemerintah kota bandung saat ini akan mengembalikan tempat penyewaan Sepeda di Kota Bandung sebagai salah satu dari program Bike Sharing Kota Bandung, dengan target awal meyediakan tidak kurang dari 1000 sepeda yang dialokasikan ke sejumlah kawasan Wisata di Bandung.

Pengelolaannnya akan dibuat dengan profesional dan dikelola swasta, dimana cara mendaftar, meyewa dan pembayarannya nanti secara digital dan cashless menggunkan kartu pembayaran khusus.

Nah tahukah anda bahwa konsep Bike Sharing Bandung yang telah digagas sejak tahun 2012 ini merupakan adopsi dari proyek sejenis yang sudah berjalan di sejumlah negara Eropa dan Amerika seperti Meksiko, Barcelona, London serta New York Usa.

6. Mega Proyek Trans Metro Bandung dengan Mobil Listrik

Sahabat traveler’s, pada hari kamis tanggal 2 Juli 2015 yang lalu, walikota bandung Kang Emil mendapat kunjungan dari perwakilan pemerintah Swedia, dan salah satu hasilnya kunjungan tersebut adalah kota bandung mendapatkan penawaran penggunaan teknologi bus Scania.

Tipe Kendaraan transportasi umum masa depan ini memang sudah digunakan di banyak negara seperti Singapura, Hongkong dan termasuk di negeri sendiri tepatnya di kota Jakarta yang dikenal dengan Bus Transjakarta nya.

Namun berdasarkan masukan serta kondisi kota bandung seperti sekarang, Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa teknologi transportasi atau kendaraan umum yang sangat ideal bagi kota bandung adalah Bus Listrik.

Sementara ini Bus Listrik yang telah tersedia baru itu ada dari merk Volvo dari A,erika Serikat serta kendaraan Bus Listrik dari negeri Jepang.

Meski terkendala dengan harga bus listrik yang jauh lebih mahal di bandung bus Scania, akan tetapi pemanfaatan transportasi warga kota bandung dengan Bus Listrik diyakini akan jauh lebih hemat.

Dan untuk implementasinya, kini pemkot bandung tengah merancang system Public Private Partnership dengan mengadopsi dari Inggris, dan diharapkan pengadaan Bus Listriknya bisa segera terealisasi.

7.Proyek Giant Reservoir di Gede Bage Bandung

Sahabat traveler’s, salah satu lagi dari 15 Mega Proyek Pariwisata Bandung yang tengah dikembangkan adalah ” Tabungan Air Bandung ” atau populer juga dengan istilah ” Tabir Bandung ” alias Rain Harvesting.

Giant Reservoir di Gede Bage ini adalah berupa 3 buah underground Reservoir raksasa yang berbentuk silinder yang berfungsi untuk mengalirkan air saat perempatan gedebage banjir sekaligus dijadikan tabungan atau cadangan air bagi kota bandung.

Nah lokasinya ini berada tepat di depan Pasar Gede Bage dan dekat dengan juga dengan tempat wisata olahraga terpopuler bagi warga kota bandung dan juga Jawa Barat yaitu Stadion Gelora Bandung Lautan Api, kandang team sepakbola Persib Bandung.

Rencananya di atas Giant Reservoir di Gede Bage kota Bandung ini akan dibuat atau dijadikan salah satu Taman Publik atau Ruang Hijau di Kota Bandung seperti halnya Taman Labirin, Taman Vanda. Taman Lansia, Taman Jomblo, Taman Film Bandung yang berkonsep taman tematik.

Pastinya taman-taman di kota Bandung tersebut di atas, akan menjadi alternatif wisata taman di bandung selain yang populer dan terdapat di Tempat Wisata di Lembang, seperti Taman Bunga Cihideung , Rumah Bunga Rizal dan juga Taman Begonia Lembang.

8.Mega Proyek Bandung Innovation Center.

Sahabat traveler’s, setelah sukses menghadirkan Bandung Command Center, Kang Emil mulai menyiapkan sebuah proyek yang diperuntukan bagi kalangan orang-orang indonesia terbaik, cerdas, pintar dan kreatif.

Menyadari banyak sekali orang indonesia yang berpotensi tersebut, namun terkendala dengan tidak terfasilitasinya mereka dalam sebuah tempat atau ruang untuk mengaktualisasaikan ide kraetif dan imaginasinya, maka dia berinisiatif untuk membangun fasilitas alat-alat cangggih yang dibutuhkan mereka.

Untuk itu sebagai bagian dari 15 Mega Proyek Pariwisata Bandung, akan dibangun sebuah tempat yang diberi nama Bandung Innovation Center yang akan menghabiskan alokasi dananya hingga 7.6 Milyar.

Lokasi Tempat atau alamat Bandung Innovation Center ini akan berlokasi dengan mengalih fungsikan Gedung dan lahan perusahaan gas negara di jalan Serang Kota Bandung.

9.Mega Proyek Cable Car Bandung ( Skybridge )

Sahabat traveler’s, satu lagi 15 Mega Proyek Pariwisata Bandung terbaru adalah pemerintah kota bandung akan segera memulai proyek prototipe cable car Bandung.

Untuk tahap awal ini, pembangunan Prototipe Cable Car Bandung ini akan dibuat 2 stasiun Cable Car Bandung yang letaknya berada di Kawasan Wisata Dago dan juga kawasan Wisata Cihampelas.

Proyek Cable Car Bandung ini dianggarkan dengan nilai nominal dana sebesar 8 Juta Euro dan dikerjakan langsung oleh PT.Aditya Dharmaputra Persada Development.

Griund Breaking 15 Mega Proyek Pariwisata Bandung ini dimulai pada bulan november dengan menggunakan teknologi Cable Car dari perusahaan Austria yang sudah berpengalaman selama 175 tahun dalam teknologi Cable Car yaitu Doppelmayr.

Nah, untuk Harga Tiket Cable Car Bandung ini rencananya nanti tidak akan lebih mahal dari Tarif Angkutan Kota yang saat ini melayani sejumlah rute transportasi massal warga kota bandung.

10.Mega Proyek Light Rail Transit Bandung

Nah sahabat traveler’s, Bandung nanti akan semakin bersaing di dalam pemanfaatan teknologi canggih di bidang transportasinya dengan adanya rencana pembangunan LRT di kota Bandung.

Dengan menggandeng perusahaan asal negeri Singapura yaitu Singapore Mass Rapid Transit (SMRT), dengan nilai investasi hingga 260 Juta Dollar Amerika ini, pembangunan awalnya akan dibuat LRT Koridor I dengan rute Babakan Siliwangi – Leuwipanjang.

Pemkot Bandung untuk merealisasikan satu dari 15 Mega Proyek Pariwisata Bandung ini akan menggandeng pihak swasta dengan konsep Public Private Partnership (PPP) dengan durasi waktu hingga 20 tahun.

Berapa Harga Tiket Light Rail Transit (LRT) di Kota Bandung ini ? yang pasti kita harus bersabar sedikit waktu lagi untuk bisa menikmatinya, dan akan semakin mempermudah mengunjungi berbagai Tempat wisata yang Menarik di Bandung Utara.

11.Mega Proyek Apartemen Rancacili Bandung

Sahabat traveler’s, untuk keperluan pemenuhan pemukiman warga kota bandung dan semakin merapihkan tatanan hidup sosialnya untuk menjadikan kota bandung sebagai tujuan wisata yang benar-benar nyaman dan tertib, maka pemkot bandung tengah membangun 15 proyek apartemen rakyat.

Nah, salah satunya adalah apartemen Rancacili Bandung ini. Dengan menempati luas areal lahan seluas 6.453 m2 ini, dan direncakanan rampung tepat waktu, akan tersedia sebanyak 107 unit.

Rusun di kota Bandung ini sekaligus akan melengkapi 3 buah Rumah Susun di Kota Bandung yang sudah terlebih dibangun disekitar areanya, yaitu 75 unit rumah pada rusun pertama yang dibangun 2010 yang silam, serta 172 unit pada rusun ke dua yang sudah siap huni.

12.Mega Proyek Bandung Art Mart

Sahabat traveler’s, anda mungkin sudah mengenal beberapa Tempat Wisata yang Terkenal di Bandung  sebagai tempat berkumpul atau berkerasi para seniman di kota bandung dan juga indonesia dan mancanegara di bandung bukan ?

Kita pasti sudah mengenal Saung Angklung Udjo, kemudian ada Nuart Sculpture Park milik I Nyoman Nuarta seniman dunia asal Bali yang menetap di Bandung, atau Salian Space Art, Lawangwangi BandunCreative Space & Cafe, Imah Seniman Lembang dan yang terbaru ada Museum 3 Dimensi di Kota Bandung Amazing Art World Bandung.

Nah, kini pemerintah kota bandung tengah menyiapkan sebuah tempat yang bernama Bandung Art Mart, yang lokasinya akan menempati di jalan Jakarta, yang berfungsi sebagai tempat menampung hasil karya seni seniman Bandung.

Dengan menempati luas areal lahan seluas 1 hektar, Bandung Art Mart ini akan menjadi sebuah tempat ekonomi berbasis pasar dengan mengambil konsep berupa setengah kampung dan di dalamnya terdapat beberapa Kios-Kios.

Pembangunan salah satu 15 Mega Proyek Pariwisata Bandung ini akan dilakukan dengan menggandeng peruasahaan swata PT Mega Candra Purabuana sebagai developer, dan pemerintah kota bandung sebegai partnernya.

13.Mega Proyek Bandung Creatif Center

Sahabat traveler’s, Kota Bandung pernah dikukuhkan oleh badan di Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tahun 2015 yang lalu sebagai anggota baru dari UNESCO creative Cities Network (UCCN) yang terdiri dari 47 kota dari 33 negara.

Prestasi ini tentunya semakin mengukuhkan bahwa kota bandung adalah sebagi sebuah kota di dunia yang dihuni oleh orang-orang yang penuh kreatifitas di dalam berbagai bidang.

Nah untuk itulah dalam 15 Mega Proyek Pariwisata Bandung, pemkot bandung untuk memfasilitasi kreatifitas warga kota bandung,saat ini tengah membangun sebuah Gedung Crative Center di jalan Laswi Kota Bandung.

Gedung Creative Center Bandung ini akan difungsikan sebagai gedung multifungsi, dan salah satunya akan menjadi salah satu Tempat Nongkrong di Bandung yang Buka selama 24 Jam, namun khusus bagi para seniman kota Bandung.

So, tempat ini akan menjadi alternatif lain seperti Cafe & Resto di Bandung yang buka 24 Jam , nmaun di Bandung Crative Center ini akan seperti menjadi tempat para seniman mencari inspirasi atau berinteraksi dengan para seniman kota bandung lainnya.

Tidak hanya itu, fasilitas Gedung Creative Center ini pun akan dilengkapi layaknya Bioskop di Bandung karena akan dibangun biskop yang akan memutarkan sejumlah film, kemudian ada juga fasilitas studio musik, studio desain setta studio keramik di kota Bandung.

Yang tidak kalah menariknya, di Bandung Creative Center Bandung ini pun akan dibuatkan perpustakaan kreatif yang menyediakan buku-buku yang berkaitan langsung dengan ilmu-ilmu kreatif, serta ada pula Cafe Toko Design Bandung yang bisa dimanfaatkan untuk tempat pameran barang-barang jreatif khas bandung.

Untuk Harga Tiket Masuk Bandung Creative Center ini sendiri saat ini kang dian belum mendapatkan informasinya, namun yang pasti dengan kehadiran ini bagi anda wisatawan yang mengaku pecinta seni dan kreatifitas akan semakin dimanjakan dengannya.

14.Mega Proyek 10 Jalur Pedestrian

Sahabat traveler’s, salah satu fasilitas program 15 Mega Proyek Pariwisata Bandung yang saat ini sangat diperhatikan oleh pemerintah kota bandung sebagai salah satu kota besar di dunia adalah memperhatikan fasilitas bagi warganya yang berjalan kaki.

Nah untuk itu, kini tengah dilakukan revitalisasi dan renevasi terhadap 10 lokasi trotoar jalan di kota bandung, sehingga akan menjadi sangat nyaman dan ramah untuk para pejalan kaki.

Jalan-jalan tersebut diantaranya adalah Jalan Kopo, Jalan Cibaduyut, Jalan Sudirman, Jalan Cibadak, Jalan Buah Batu, Jalan Mohammad Toha, Jalan Otista ( Pasar Baru ), Jalan Dago, Jalan Dipati Ukur dan Jalan Ahmad Yani.

15.Mega Proyek Culinary Night di Jalan Cibadak

Nah sahabat traveler’s, jika selama ini anda mengenal kegiatan Braga Culinary Night, maka ke depan di sepanjang jalan Cibadak, pemkot Bandung pun akan membangun sebuah kawasan pusat Tempat Wisata Kuliner Malam di Kota Bandung yang lebih refrensentatif.

Di jalan ini akan dibangun banyak kios, kedai dan mungkin sekelas Cafe di Bandung dan juga Restaurant di Bandung, yang akan menjadi tempat wisata kuliner alternatif terbaik selain sejumlah ousat kuliner yang ada di sekitar Wisata Lembang seperti Floating Market Lembang, Dusun Bambu Lembang serta Kampung Daun dll.

Nah sahabat traveler’s, demikianlah informasi seputar rencana pengembangan, revitalisasi dan renovasi sejumlah sarana dan prasarana 15 Mega Proyek Pariwisata Bandung yang secara langsung akan berdampak kepada kemajuan dan pesatnya Pariwisata Bandung ke depan.

Bagaimana sahabat traveler’s ? apakah anda tertarik ke depan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di kota bandung seperti di atas ? atau Objek wisata di Bandung dan sekitarnya yang sangat banyak dan beragam sekali ? silahkan liburan ke bandung dengan cara murah dengan ikuti program Paket Wisata Bandung dari Tour Travel Bandung.

Untuk itu, kita akan sama-sama melihat kemajuan seperti apakah yang akan dialami sejumlah Tempat Wisata di Bandung yang baru tersebut di atas, sehingga kita sebagai warga bandung akan bangga dengan 15 Mega Proyek Pariwisata Bandung.

15 Mega Proyek Pariwisata Bandung
  • 15 Mega Proyek Pariwisata Bandung

Ringkasan

Nama : 15 Proyek Pariwisata Bandung
Creator : Ridwan Kamil
Lokasi : Kota Bandung

5.0
User Rating 0 (0 votes)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
Loading...