Inilah 9 Tempat Wisata Air Terjun di Bandung Terpopuler

Loading...

Tempat Wisata Air Terjun di BandungTempat Wisata di Bandung memang kaya dengan sejumlah objek wisata alamnya yang sangat khas dengan daya tarik eksotis dan Romantismenya, diantaranya adalah Objek Wisata Air terjun atau wisata Curugnya.

Halo sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan saya Kang Dian, penulis blog informasi Wisata Bandung, yang pada kesempatan kali ini akan berikan Daftar 9 Tempat Wisata Air Terjun di Bandung yang sangat terkenal.

Nah, curug atau air terjun di bandung mana saja yang termasuk ke dalam Daftar Curug yang paling terkenal dan sering dikunjungi wisatawan tersebut ? yuk mari kita simak saja di bawah ini.

Daya Tarik Tempat Wisata Air Terjun di Bandung

Tempat Wisata Air Terjun di Bandung

Pesona Keindahan Tempat Wisata Air Terjun di Bandung

Sahabat traveler’s, Tempat Wisata Alam di Bandung dan sekitarnya memang sangat luar biasa beragamnya, tidak hanya berada di satu lokasi, akan tetapi tersebar di seluruh penjuru kota bandung, baik utara, selatan, timur dan barat.

Hal itu bisa dimaklumi, karena memang kota Bandung merupakan daerah cekungan, yang kawasannya dikelilingi oleh dataran tinggi pegunungan, sehingga untuk alasan inilah Objek wisata alam yang dimiliki bandung sangat banyak sekali.

Salah satu obyek wisatanya ya seperti yang akan kita bahas sekarang, yaitu sejumlah Tempat Wisata Air Terjun di Bandung yang paling populer alias terkenal, dan telah menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan yang liburan ke bandung.

Tempat Wisata Air Terjun di Bandung Barat

1.Curug Malela

Tempat Wisata Air Terjun Curug Malela di Bandung

Curug Malela Bandung

Sahabat tarveler’s, penulis menempatkan tempat wisata air terjun Curug Malela di urutan pertama tempat wisata air terjun di bandung, karena air terjun malela ini sangat unik, penuh misteri dan keindahannya yang luar biasa.

Lokasi Curug Malela sendiri berada di kampung manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung barat. Berda di ketinggian di atas 1000 mdpl, perlu waktu 3 jam anda untuk sampai ke lokasi dengan perjuangan yang tak mudah.

Karena eksotismenya, Wisata Curug Malela bahkan hingga dijuluki ” Niagara Mini ” nya indonesia, hal ini karena air terjun ini memiliki lebar curug hingga 70 meter dengan ketinggian yang cukup tinggi 60 meter.

Naman Curug Malela sendiri, kenapa dinamakan “Malela” ternyata namanya diambil dari salah satu nama tokoh masyarakat sekitar, yaitu Prabu Taji Malela, dan sebagai penghormatan dimana lokasi makamnya berada di atas tebing sebelah kanan Curug malela.

Tebing yang terbentuk seperti sebuah bendungan besar tersebut terbentuk akibat dari letusan Gunung Purba Bandung di sebelah selatan, yang diyakini telah berusia antara lima hingga sepuluh juta tahun.

Nah, jika anda penasaran dengan Tempat Wisata di Lembang ini , informasi terkini seperti Harga Tiket masuk Curug malela, cara mengakses atau rute jalan menuju ke Curug malela, jam buka dan info lainnya, silahkan anda buka di sini : https://goo.gl/ifqFIS

2.Curug Maribaya

Tempat Wisata Air Terjun Curug Maribaya di Bandung

Curug Omas

Sahabat traveler’s, Tempat Wisata Air Terjun di Bandung Barat yang sangat terkenal lainnya adalah air terjun yang populer dengan nama Curug Maribaya, yang berlokasi di Desa Maribaya, Lembang Kabupaten Bandung Barat.

Salah satu nama Curug yang sangat populer namanya dari kawasan Maribaya ini adalah Curug Omas. Lokasinya berada 21 KM dari arah lembang, dengan daya tarik wisata utamanya adalah pesona keindahan alam sekitar curug yang memanjakan mata.

Eksotisme Curug Omas yang pertama adalah keindahan dinding-dinding tebing di sekitar air terjunnya yang tampak kokoh tegak berdiri, menjadikan siapa pun yang melihatnya akan dibuat terkagum-kagum.

Daya tarik selanjutnya dari Curug Omas lainnya adalah lintasan air atau arusnya cukp deras sekali, sehingga nampak aliran air yang jatuh dari atas curug, dan kemudian mengalir ke bawah menyusuri aliran sungai membentuk buih-buih putih kemilauan.

Spot paling menarik dan banyak diburu para pengunjung yang datang ke sana dari Curug Oomas adalah adanya sebuah jembatan gantung yang membentang di atas derasnya air terjun yang jatuh dari atas ke bawah.

Curug Ciomas itu sendiri, sebenarnya merupakan jalur pertemuan antara dua sungai, yaitu sungai cikawari serta sungai Cigulung.

Tempat ini selalu ada saja orang yang mengunjungi, terutama di waktu libur akhir pekan apalagi di musim libur panjang nasional, karena obejk wisata ini telah dilengkapi dengan fasilitas wisata yang cukup memadai.

Di sini sudah terdapat fasilitas wisata mulai dari Taman bermain anak, taman untuk acara pesta kebun, kemudian fasilitas umum seperti mushola, area parkir yang luas serta pusat informasi.

Kegiatan yang paling seru ayng wajib anda jajal di kawasan wisata aur terjun Maribaya ini antara lain adalah trekking menyusuri rute jalan dari Maribaya melewati bukit-bukit dan hutan pinus yang rimbun dengan berjalan kaki.

Dari lokasi Curug Omas dengan berjalan menyusuri trek rute jalan di atas, anda hany membutuhkan jarak sekitar 5 km agar anda bisa sampai di Taman Hutan Raya Ir.H.Djuanda dimana ada Dago Pakar.

Harga Tiket masuk Curug Maribaya sendiri saat ini adalah Rp.10.000/orang, dengan jam buka setiap hari senin hingga Minggu, mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

3.Curug Tilu Leuwi Opat

curug tilu

Curug Tilu Leuwi Opat

Sahabat traveler’s, Tempat Wisata Air Terjun di Bandung Barat yang terkenal lainnya adalah yang bernama populer Curug Tilu Leuwi Opat, yang berlokasi di kampung Ciwangun, Desa Cihanjuang, Parongpong.

Lokasi wisata curug tilu leuwi opat ini dibuka secara resmi sebagai salah satu Objek wisata bagi masyarakat umum pada tahun 1996, dan kemudian dikomersialkan sebagai satu dari Tempat Wisata di bandung pada tahun 2006 yang lalu.

Daya tarik wisata dari Curug Tilu Leuwi Opat ini adalah pesona keindahan alam di sekitar air terjun, serta suasana yang sangat tenang, nyaman khas wisata alam yang akan membuat hidup anda kembali rilek dan fresh.

Denagn luas tak kurang dari 5 hektar, lokasi wisata Curug Tilu leuwi opat ini, sangat ideal anda kunjungi bagi anda yang merasa jenuh, suntuk dengan rutinitas kehidupan kota dan beban pekerjaan yang menggunung yang membuat stress.

Selain menikmati pesona air terjun curug tilu yang eksotis, di sini juga anda bisa melakukan banyak hal atau kegiatan seru lainnya, karena di kawasan wisata ini telah disediakan fasilitas wisata yang cukup baik.

Berikut adalah daftar kegiatan atau fasilitas yang ada di sekitar kawasan Curug Tilu :

  1. Camping Ground
  2. Wisata Outbound
  3. Funs Games Paint Ball
  4. Rappeling
  5. panjat tebing
  6. Arung Jeram
  7. Wisata edukasi alam dan geologi
  8. Wisata Apotek hidup
  9. Modeling desa wisata siaga bencana patahan lembang
  10. Pusat Komunitas Relawan Mitigasi Bencana Indonesia
  11. dll

Tempat wisata Curug Tilu Leuwi Opat ini buka setiap hari, senin hingga minggu, mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB, dengan harga tiket masuk curug tilu leuwi opat Rp.7.000/orang.

Nah, informasi lengkap, harga tiket masuk terbaru curug tilu, harga tiket parkir,Nomer telepon, peta lokasi hingga rute jalan menuju curug tilu leuwi opat, silahkan anda baca di sini : https://goo.gl/CN7PMg

4.Curug Panganten

Tempat Wisata Air Terjun Curug Panganten di Bandung

Curug Panganten

Sahabat traveler’s, lokasi Tempat Wisata Air Terjun di bandung barat yang terkenal dan wajib anda kunjungi lainnya adalah Curug Panganten yang lokasinya berada di jalan Raya Cihanjuang KM 5.6.

Berada di atas ketinggian tempat tak kurang dari 1.050 MDPL, dengan ketinggian air terjun hingga 50 meter, maka anda bisa bayangkan bagaimana eksotismenya air yang jatuh dari atas yang tampak seperti kristal berkilauan yang ada di Indo Wisata Pratama.

Perlu anda ketahui, sebelumnya Curug Panganten ini adalah bernama Curug Manglayang, namun berdasarkan mitos dan kepercayaan masyrakat sekitar, setelah ada kejadian sepasang penganten yang mati bunuh diri di lokasi ini, maka namanya pun diganti dengan curug panganten.

Jadi ketika ditanya apa yang menjadikan tempat ini populer dan wajib anda kunjungi adalah karena selain keindahan alamnya, kemudian lokasi wisatanya yang unik dan tempat ini punya sejarah atau mitos yang diyakini oleh masyarakat sekitar yang penuh misteri.

Curug Panganten memiliki 2 buah curug yang berdampingan.Curug utama adalah curug yang berukuran besar dan sirnya deras, sedangkan curug yang satunya lagi lebih kecil dari curug utama tadi.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi salah satu tempat wisata alam air terjun di kabupaten bandung barat ini adalah di waktu musim hujan, sehingga debit air yang terjun dari atas ketinggian akan jauh lebih terlihat eksotis, meski anda perlu tamah waspada juga.

Bicara mengenai fasilitas, air terjun panganten ini belum sepenuhnya dikelola dengan baik. sejumlah sarana dan prasarana tampak rusak dan tak terawat, namun keadaan tersebut tidak mengurangi keindahan dari wisata air terjun ini sendiri.

Harga tiket masuk lokasi Curug Panganten sendiri saat ini adalah Rp.6.000/orang, belum termasuk tiket parkir.

Lokasinya dapat ditempuh dengan mengikuti Rute jalan menuju Curug panganten ini melewati Cisarua, dan curug ini dari lokasi tersebut hanya berjarak tak lebih dari 7 KM dari kota Cimahi dengan mengambil arah jalan ke Parongpong.

5.Curug Cimahi

Tempat Wisata Air Terjun Curug Cimahi di Bandung

Pesona Air Terjun Pelangi -Curug Cimahi [ Foto Sumber -Perhutani]

Sahabat traveler’s, lokasi Tempat Wisata Air terjun di bandung barat lainnya yang cukup terkenal adalah Air terjun Cimahi yang berlamat di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, kecamatan cisarua, kabupaten Bandung Barat.

Curug Cimahi ini sangat begitu ngehits, dan sering dikunjungi oleh pengunjung yang mencintai lokasi wisata yang snagat indah berupa air terjun, dengan suasana yang sangat tenang, indah dan sangat eksotis dan romantis.

Daya tarik wisata Curug Cimahi ini adalah tempat wisata alam air terjun ini juga populer dengan nama Air terjun Pelangi alias The Rainbow Waterfall, karena pancuran air terjun ini jika dilihat akan tampak seperti warna pelangi.

Jika anda bertanya, kenapa Curug cimahi ini bisa terlihat air terjunnya seperti warna pelangi, ternyata karena di bagian belakang air terjun yang memiliki ketinggian hampir 87 meter ini, telah dipasang instalasi lampu penerang berwarna warni di bagian belakang dindingnya.

Lampu-lampu tersebut dipasang dan didesign sedemikian rupa sehingga, sorotan lampunya pas mengenai air terjun akan membentuk warna pelangi seperti merah, jingg, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.

Dengan demikian, waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata air terjun di cimahi ini pun adalah pada waktu sore menjelang malam, maka dijamin anda akan merasakan bagaimana eksotisme dan romantismenya air terjun pelangi ini.

Daya tarik lainnya adalah, lokasi Curug ini berada di ketinggian 1.050 mdpl, maka anda bisa bayangkan bagaimana asri dan hijaunya kawasan wisata khas pegunungan ini, beum lagi udara yang sangat dingin di malam hari.

Sebagai objek wisata alam di kabupaten bandung barat, tempat ini sangat baik dari segi fasilitas wisatanya untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung yang datang ke sana, seperti :

  1. Shelter pemberhentian
  2. Tempat parkir
  3. pintu pagar
  4. pagar pengaman
  5. peta lokasi
  6. jalan setapak
  7. pikinik site
  8. bangku
  9. tempat sampah
  10. pusat informasi jaga
  11. Mushola
  12. warung makan

Harga tiket masuk ke Curug Cimahi/Air Terjun Pelangi/ The Rainbaw Waterfall adalah Rp.15.000/orang, jam bukanya adalah setiap hari, Senin hingga Minggu, mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Nah informasi wisata selengkapnya seputar Curug Cimahi ini, seperti sejarah, kegiatan wisata dan masih banyak yang lainnya, silahkan anda bisa baca di postingan saya sebelumnya di sini : https://goo.gl/n4znp9

Tempat Wisata Air Terjun di Bandung Utara

6.Curug Dago

Tempat Wisata Air Terjun Curug Dago di Bandung

Curug Dago

Sahabat traveler’s, Tempat wisata air terjun di bandung selanjutnya adalah yang ada di kawasan bandung utara, tepatnya yang berlamat di Kampung Curug Dago, Kecamatan cidadap, Bandung.

Lokasi wisatanya yang sedikit tersembunyi, namun untuk mengaksesnya cukup mudah dan dekat dengan terminal Dago.

Curug Dago ini termasuk ke dalam wilayah kawasan wisata Taman Hutan Raya (THR) Ir.H.Djuanda, yang mana di sini sangat dekat juga dengan objek wisata fenomenal Tebing Keraton.

Berada di atas ketinggian pegunungan 800 mdpl, Curug Dago ternyata mempunyai daya tarik sebagai salah satu lokasi jejak rekam sejarah bagi kerajaan Thailand, yang bisa dibuktikan dengan keberadaan prasasti Batu Tulis dengan angka tahun 1818.

Dan menurut catatan dan penelitian para ahli sejarah, prasasti tersebut adalah merupakan peningggalan Raja Rama V (Raja Chulalonkorn) dan Raja Rama VII (Pradjathipok Pharaminthara) yang pernah berkunjung ke Curug Dago.

Selain daya tarik wisata sejarah dan budaya di atas, pastinya yang membuat banyak pengunjung yang datang ke sini adalah karena keindahan alam di sekitar kawasan TAHURA ini sangat begitu indah, hijau dan asri serta berhawa sejuk.

Fasilitas wisata yang terdapat di Objek wisata curug dago yang disediakan untuk kenyamanan pengunjung antara lain adalah selain temapt parkir yang luas, juga tersedia warung sederhana yang menjual aneka makanan ringan termasuk nasi.

Cara mengakses lokasi atau Rute Jalan menuju Curug Dago sendiri dapat dilalui dengan 2 alternatif jalan, yaitu lewat jalan seberang terminal Dago dan yang ke dua lewat Taman Budaya Ganesha.

Harga Tiket Masuk ke kawasan wisata Curug Dago saat ini yang terbaru adalah Rp.5.000/orang dengan tarif parkir Rp.2.000 untuk sepeda motor. Jam bukanya adalah setiap hari Senin Hingga Minggu, mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Tempat Wisata Air Terjun di Kabupaten Bandung

7.Curug Jompong

Tempat Wisata Air Terjun Curug Jompong di Bandung

Curug Jompong

Sahabat traveler’s, Tempat Wisata Air Terjun di Bandung selanjutnya yang terkenal adalah objek wisata curug Jompong yang beralamat di Jalan terusan Nanjung, Lagadar, Margaasih, Kabupaten Bandung.

Curug ini memiliki banyak daya tarik, meskipun saat ini masalahnya adalah seperti pada kebanyakan tempat wisata yang belum populer masih belum terawat dan kotor dengan sampah-sampah.

Kabar terbarunya lebih memprihatinkan lagi, konon katanya di lokasi ini ada wacana dari pemerintahan setempat untuk memangkas Curug Jompong ini sebagai solusi mengatasi banjir Cileuncang yang sering terjadi di tempat sekitar.

Namun terlepas dari masalah di atas, sebenarnya Curug jompong ini sangat memiliki nilai sejarah yang berarti bagi rangkaian sejarah kota bandung, diantaranya adalah berdasarkan buku sejarah The Geology Indonesia karya Van Bemmelen.

Dalam buku tersebut tercatat bahwa di lokasi Curug Jompong ini pernah ditemukan Garnet, yaitu sebuah batu mulia sebesar biji delima yang sangat berharga.

Daya tarik wisata lainnya dari Curug Jompong adalah tempat ini merupakan salah satu Situs bumi, Laboratorium dan monumen bumi dalam rangkaian sejarah kota bandung.

Dan yang paling menarik dari Curug Jompong ini adalah bahwa tempat ini diyakini merupakan salah satu lokasi bukti sejarah dari tempat bobolnya danau bandung purba.

8.Curug Cinulang

Tempat Wisata Air Terjun Curug Cinulang di Bandung

Curug Cinulang

Sahabat traveler’s, Tempat Wisata Air Terjun di Bandung Selatan selanjutnya adalah Air terjun yang sangat populer dengan nama Curug Cinulang, yang beralamat di desa sindulang, kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Air terjun nan eksotis yang mempunyai 2 air terjun berdampingan setinggi 50 meter ini lokasinya berada di dalam kawasan hutan lindung Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi.

Air terjun utama adalah air terjun yang aliran airnya cukup deras, sementara aur terjun keduanya berada 5 meter di samping curug utama.

Daya tarik utama wisata air terjun Curug Cinulang ini adalah sensasi menikmati keindahan alam di sekitar curug yang masih sangat alami, hijau dengan suasana yang tenang serta berhawa bersih dan sejuk.

Sensasi menikmati setiap hempasan butiran air terjun yang terbang yang menerpa tubuh dan akan membasahi pakaian kita akan menjadi sebuah pengalaman wisata yang tidak bisa diungkap kata.

Popularitas keindahan curug ini bahkan telah ditulisakan dan dipopulerkan lewat sebuah tembang lagu sunda, yaitu oleh yayan jatnika, yang merupakan seniman keponakan dari legenda pop sunda Darso.

Harga Tiket Masuk dan Parkir ke tempat wisata air terjun Curug Cinulang saat ini adalah Rp.5.000/orang, serta tarif parkir Rp.3.000 untuk motor dan Rp.5.000 untuk mobil.

Jam buka tempat wisata alam di perbatasan kabupaten bandung ini adalah setiap hari, Senin hingga Minggu, mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Untuk informasi selengkapnya fasilitas wisata, rute jalan menuju ke Curug Cinulang, nomer telepon dan informasi penting lainnya, silahkan buka di postingan saya sebelumnya di sini : https://goo.gl/m31YKY

9.Curug Siliwangi

Sahabat traveler’s pecinta wisata alam bandung, tempat wisata air terjun di bandung selanjutnya yang wajib anda ketahui adalah Curug Siliwangi, yang berlokasi di areal wanawisata Gunung Puntang, di komplek Gunung Malabar di lahan RPH Logawa, KPH Bndung selatan.

Kawasan wanawisata ini berada di ketinggian sekitar 1.290 mdpl, keadaan geografisnya berbukit, serta suhu udaranya berkisar antara 18 – 23 derajat celsius.

Curug Siliwangi yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter ini menurut sejarahnya, konon terjadi ketika ada bocah yang ditenggarai prabhu siliwangi buang air kecil dari atas Gunung Reregan.

Oleh karenannya, diyakini pula bahwa air curug siliwangi ini mengandung tuah serta khasiat yang sangat bermanfaat bagi yang menggunakannya serta sangat dijaga langsung keberadaannya oleh sang prabhu.

Tempat ini memang merupakan salah satu tempat yang sangat misterius di bandung, dan diyakini juga sebagai lokasi yang paling keramat, ketimbang tempat lainnya di sekitar sini.

Lokasi Curug Siliwangi beralamat di kawasan Bandung selatan, tepatnya berada di desa Ciamung, kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa barat.

Sebagi objek wisata, tempat ini telah difasilitasi dengan baik untuk memberikan kenyamanan dan keamanan buat pengunjungnya seperti Camping Ground, tempat parkir, Mushola, MCK dan warung makanan.

Bahkan bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu bermalam di sini, maka pengelola tempat wisata ini puj telah menyediakan salah satu lokasi Tempat Penginapan di Bandung terbaik berupa pondokan untuk istirahat.

Cara menuju ke curug Siliwangi ini cukup mudah, karena hanya berjarak 30 km dari arah kota bandung ke arah selatan. Sementara dari lokasi Gunung Puntang, curug ini tinggal berjarak 3,5 Km dan memerlukan waktu tempuh 2 jam perjalanan.

Transportasi menuju kawasan wisata ini bisa menggunakan kendaraan pribadi dan juga kendaraan umum. Dari terminal leuwipanjang naik bus jurusan pangalengan, kemudian turun di daerah Cimaung dan dilanjutkan dengan naik angkutan pedesaan atau ojek.

Harga tiket masuk kawasan wisata Curug Siliwangi di kabupaten bandung selatan ini adalah Rp.5.000/orang. Sementara tarif tiket parkirnya adalah Rp.2.000 untuk motor dan Rp.5.000 untuk mobil.

Jam buka atau waktu operasional tempat wisata air terjun Curug Siliwangi ini adalah setiap hari, Senin hingga minggu, mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Jika anda berwisata ke Curug Siliwangi, maka anda pun bisa menikmati wisata sejarah khas bandung selatan, seperti stasiun pemancar radio Malabar yang didirikan masa kolonial belanda, serta dua buah Goa belanda yang panjangnya hingga 1 KM.

Nah sahabat traveler’s, bagaimana menarik bukan ? ternyata Bandung tidak hanya terkenal dengan Tempat wisata Kuliner dan Belanja saja bukan ? Tempat Wisata Alam di Bandung juga menyimpan pesona luar biasa dengan Tempat Wisata Curug di Bandung nya.

Nah untuk itu, tak ada waktu yang istimewa dan berkesan, manakala di waktu liburan nanti, anda wajib mendatangi salah satu Tempat Wisata Air Terjun di Bandung di atas.

Daftar Curug di Bandung
  • Daftar Curug di Bandung

Daftar Curug

Nama : Curug Bandung
Alamat : Bandung
Fasilitas : Wisata alam, sejarah & Budaya
Harga Tiket Masuk : Mulai Rp.5.000

5.0
User Rating 5 (1 vote)
Sending
Comments Rating 5 (1 review)
loading...

One Response

  1. dian mardiana 29/10/2016

Leave a Reply