Taman Vanda Bandung – The Best Tematic Garden

loading...

Taman Vanda Bandung – Sangat menarik jika membicarakan Taman Taman yang ada di kota Bandung saat ini. Ketika anda jalan-jalan mengunjungi sejumlah Tempat Wisata di Bandung yang menarik, ada baiknya anda berkunjung ke sana, salah satunya Taman Vanda.

Hai sahabat travaler’s, kembali lagi jumpa dengan saya Kang Dian, penulis blog informasi Wisata Bandung, yang kali ini akan me-review sebuah taman, yang populer dengan Taman Vanda Bandung.

Seperti apa daya tarik wisata taman kota di bandung ini ? apa arti taman vanda itu sendiri ? yuk kita simak saja kupasannya di bawah ini.

Taman Vanda Bandung

Taman Vanda Bandung

Sahabat traveler’s, salah satu Taman di Kota Bandung ini berlamat di jalan Merdeka No 9, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, kota Bandung, Jawa Barat. Letaknya dekat dengan Jalan Jawa, Jalan Braga dan juga Jalan Perintis Kemerdekaan.

Taman Vanda merupakan salah satu dari banyak sekali Taman Tematik di kota bandung yang dibangun di bawah kepemimpinan walikota bandung yang populer Ridwan Kamail atau biasa disapa Kang Emil.

Taman Vanda, sepertinya semakin melengkapi saja koleksi ruang publik yang inovatif buah karya sang arsitektur lulusan ITB kang emil ini, seperti yang sebelumnya sudah dibangun yaitu Taman Jomblo, Taman Lansia, Taman Labirin, Taman Film, Taman Fotography, Teras Cikapundung dan yang terbaru Peta Park di Jalan Peta  dan yang lainnya.

Taman vanda sekarang ini telah menjadi sebuah Tempat Nongkrong di kota Bandung, dan selalu ramai dikunjungi banyak pengunjung, yang tak hanya warga kota bandung saja, akan tetapi wisatawan luar kota juga.

Daya Tarik Wisata Taman Vanda Bandung

Taman Vanda Bandung

Sahabat traveler’s, taman vanda sendiri adalah merupakan sebuah taman yang cukup unik berbentuk segitiga dengan luas sekitar 2.000 m2. Sekelilingnya di tembok, sementara di bagian tengahnya ditanami aneka tanaman hias serta kolam air mancur.

Sejarahnya sebelum tempat ini berubah menjadi Taman Vanda adalah, lokasi ini merupakan bekas salah satu Bioskop di Bandung yang ternama pada zamannya, awalnya bernama Bioskop Rex, kemudian berubah menjadi Panti Budaya pada tahun 1960, dan kemudian pada tahun 1970 berubah namanya menjadi Bioskop Vanda.

Taman ini direvitalisasi dan sekaligus direnovasi ketika kota bandung dijadikan tuan rumah perhelatan akbar peringatan ke 60 Konferensi Asia Afrika ( KAA ).

Sebelumnya, lokasi ini adalah tempat yang tidak terawat dan dibiarkan tak terurus, sehingga menjadi lokasi favorit tempat mangkalnya sejumlah gelandangan, kupu-kupu malam di luar Saritem dan juga pusat aktifitas lainnya dari orang-orang yang ada di sekitar jalan Tera ( dekat rel kereta api ).

Namun, seiring perkembangan zaman, terutama pasca Kang Emil menjadi walikota bandung, di bawah tanagn dinginnya, beliau sukses merubah image kawasan ini dari yang tadinya memiliki stigma ” kotor ” dan menyeramkan, berubah menjadi lokasi yang nyaman ditinggali.

Kini taman yang artinya diambil dari nama bunga Aggrek ini menjadi salah satu destinasi favorit banyak pengunjung yang sengaja datang ke sini sendiri-sendiri atau bareng dengan teman-temannya dan juga berpasangan untuk bersantai di sini sambil berfoto ria.

Lokasinya yang strategis dan mudah diakses, karena berada tepat di depan kantor Polrestabes Bandung serta dekat denganhalaman Bank Indonesia ini, benar-benar menjadikan tempat ini sebagai tempat kumpul dan nongkrong yang asyik dan aman di kota bandung baik siang maupun malam hari.

Yang paling seru adalah jika anda berkunjung ke Taman Vanda Bandung ini di waktu malam hari. tempat ini benar-benar akan berubah menjadi jauh lebih eksotis suasananya, bahkan bisa menjadi salah satu tempat wisata di bandung yang romantis bagi yang datang berdua bareng pasangan.

Kenapa demikian ? karena di sini anda bisa melihat bagaimana indahnya air yang memancar dari lubang air sebanyak 20 titik, memancarkan air mancur yang bergerak secara teratur dengan perpaduan warna lampu warna-warni yang menyala, serta penerangan dari beberapa lampu hias yang ada di sana.

Harga Tiket Masuk Taman Vanda Bandung

Sahabat traveler’s, mau menikmati semua sensasi di taman vanda ini, anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk bisa masuk ke lokasi, artinya tempat ini gratis anda masuki atau kunjungi.

Kecuali mungkin anda yang membawa kendaraan pribadi seperti motor atau roda empat, anda hanya perlu membayar tiket parkirnya saja, yang tak akan lebih dari Rp.2.000 – Rp.5.000 saja.

Tempat Wisata di sekitar Taman Vanda Bandung

Berlokasi di pusat kota bandung, selain menawarkan sebuah taman kota yang menawarkan kesejukan dan suasana tempat yang nyaman terlebih ada air mancurnya beserta tempat duduk yang tersedia, tempat ini pun berikan anda pilihan wisata lainnya.

Ya, jika anda puas bersantai di sini, anda bisa lanjutkan jalan-jalan ke tempat wisata yang lainnya yang ada di sekitar taman ini, seperti ke arah utara ada Plaza Balai Kota Bandung,Taman Gembok Cinta Bandung dan jika ke barat ada jalan Braga.

Nah, jika bicara jalan Braga, sudah pasti tempat ini menawarkan tempat wisata berupa tempat wisata belanja di bandung yang terkenal, sekaligus pusat hiburan yaitu Braga City Walk, maupun sejumlah tempat wisata kuliner sekelas Cafe di Bandung seperti Wiki Kaffie.

Alamat Taman Vanda Bandung

  • Jalan Merdeka No.9, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117

Jam Buka Taman Vanda Bandung

Waktu operasional Taman vanda adalah tidak dibatasi alias 24 jam, sehingga memudahkan anda untuk mengunjungi tempat ini kapan saja. Akan tetapi waktu yang paling ramai pengunjung datang ke sini adalah antara pukul 09.00 – 21.00 WIB.

Peta Lokasi Taman Vanda Bandung

Rute Jalan ke Taman Vanda Bandung

Lokasinya yang strategis, berada di depan polrestabes Bandung serta dekat dengan Gedung Bank Indonesia, maka anda pasti akan mudah menemuka tempat ini.

Patokannya adalah, taman vanda ini lokasinya dekat dengan jalan jawa, jalan braga serta perintis kemerdekaan.

Tips Wisata ke Taman Vanda Bandung

Sahabat traveler’s, ada beberapa hal atau Tips Wisata ke Bandung yang wajib anda perhatikan jika mau berkunjung ke taman ini.

Diantaranya adalah bahwa telah ada peraturan yang melarang pengunjung yang membawa kendaraan pribadi untuk memarkirkan kendaraanya di bahu jalan.

Lokasinya yang memang sangat ramai, mengharuskan anda memilih lokasi parkir di tempat sekitar seperti di pelataran parkir Balai Kota maupun di Polrestabes.

Nah sahabat traveler’s, demikianlah informasi seputar Tempat Wisata di Bandung yang menawarkan sensasi Taman di Bandung yang populer dengan nama Taman Vanda Bandung.

Taman Vanda
  • Taman Vanda

Info Taman

Nama : Taman Vanda
Alamat : Jl.Merdeka No 9
No Tlp : -
Jam Buka : 24 Jam
Harga Tiket Masuk : Gratis
Fasilitas : Air Mancur, Taman dll

5.0
User Rating 0 (0 votes)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
loading...

Leave a Reply