Taman Sejarah Bandung – Info Lokasi, Harga Tiket Masuk & Fasilitas Wisata

loading...

Taman Sejarah Bandung – Apakah anda sedang merencakan menghabiskan waktu berlibur mengunjungi Tempat Wisata di Bandung bersama keluarga ? Jika iya, tahukah anda di kota Kembang kini telah dibuka Objek wisata baru dan gratis Taman Sejarah Kota Bandung.

Halo sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan saya kang dian, penulis blog informasi Wisata Bandung dan sekitarnya yang menarik untuk anda ketahui, yang kali ini akan me-Review Tempat Wisata di Bandung yang Baru dan Bagus, Taman Sejarah Bandung.

Nah seperti apakah daya tarik wisata yang ada di Taman Sejarah ini ? apa saja fasilitas wisata yang ada di sana ? berapa Harga Tiket Masuk Taman Sejarah Kota Bandung ini ? dimana alamat, peta lokasi dan rute jalan menuju ke sana ?

Yuk, bersama kang dian akan kita kupas selengkapnya di bawah ini khusus untuk anda pecinta dan penikmat informasi Wisata Bandung di blog tempatwisatadibandung.info.

Taman Sejarah Bandung

Taman Sejarah Bandung

Sahabat traveler’s, Taman Sejarah adalah merupakan salah satu dari Daftar Taman di Kota Bandung yang baru sekaligus menambah juga kawasan ruang terbuka hijau terbuka bagi warga kota bandung dan juga wisatawan yang sedang liburan.

Lokasi Taman Sejarah Bandung sendiri adalah menempati bekas lahan parkir daripada Gedung DPRD Kota bandung, yaitu di jalan Aceh No 53, Babakan Ciamis, Sumur Bandung Kota bandung Jawa Barat.

Taman Sejarah ini cukup dekat juga dengan sejumlah tempat wisata di Bandung terpopuler saat ini seperti Taman Sungai Cikapundung ( Teras Cikapundung ) di jalan Merdeka, Taman Vanda Bandung dan pusat perbelanjaan seperti Mall di Bandung BIP dan BEC.

Taman Kota Bandung ini tepat diresmikan pada hari sabtu, tanggal 4 februari 2017 oleh walikota bandung yang saat ini tengah menjabat yaitu Ridwan Kamil atau yang biasa disapa Kang Emil.

Saat ini paska dibuka sebagai salah satu objek wisata di kota bandung, Taman Sejarah Bandung ini telah menjadi tempat yang paling banyak diburu warga kota bandung untuk bersantai di areal taman tematik ini.

Lokasinya yang strategis berada di pusat kota dan pemerintahan kota bandung, yaitu berada di dekat perempatan atau persimpangan antara Jalan Aceh dan jalan Merdeka, memudahkan warga kota untuk menjangkau tempat ini.

Sejarah Taman Sejarah Bandung

Sahabat traveler’s, asal muasal atau sebab yang melatar belakangi dibangunnya Taman Sejarah di kawasan Gedung DPRD Kota Bandung di jalan Aceh ini sangat unik dan edukatif dari pengagasnya Ridwan Kamil.

Seperti yang disampaikan Ridwan Kamil saat peresmian Taman Sejarah Kota bandung ini, beliau menjelaskan bahwa taman ini akan dijadikan sebagai Tempat Wisata Edukasi di Bandung terutama bagi kalangan anak-anak dan remaja yang ingin mengetahui sejarah atau Legenda Bandung dari masa ke masa.

Taman Sejarah Bandung menurut Kang Emil juga adalah ke depan akan menjadi tempat yang tepat dan bagus buat semua orang untuk lebih dekat mengenal apa saja yang sudah dilakukan oleh nenek moyang terdahulu.

Untuk maksud itulah, di taman sejarah kota bandung ini pun, di dalamnya dipaparkan dan dijelaskan dengan cara unik dan menarik siapa-siapa saja orang yang pernah menjadi bupati bandung, walikota dan sejarah kota bandung di era Wiratakusuma.

Dengan demikian, memang sangat tepat jika kehadiran Taman Sejarah ini akan melengkapi dan semakin menambah daftar Tempat Wisata Sejarah di Bandung.

Daya Tarik Taman Sejarah Bandung

Sahabat traveler’s, bicara seputar tempat wisata edukatif dan bersejarah di bandung, maka pasti kita tidak akan asing dengan tempat wisata seperti Museum Konferensi Asia Afrika, Museum Geologi Bandung, Museum Mandala Wangsit Siliwangi , Museum Pos Indonesia, Museum Sri Baduga dll.

Atau yang terbaru, di bandung juga sudah banyak dibangun tempat widata edukasi yang sangat menarik sebagai destinasi wisata mulai dari Observatorium Bosscha, Bandung Science Center, Sabuga Bandung, Kota baru Parahyangan dll.

Tempat-tempat wisata di atas saat ini sangat begitu populer dan telah menjadi destinasi wisata favorit terutama bagi wisatawan yang datang secara rombongan dari sekolahan, perguruan tinggi maupun masyarakat umum biasa pada saat liburan.

Nah, lalu apa sih daya tarik wisata edukasi dan sejarah dari taman tematik terbaru di kota bandung ini ?

1.Museum Sejarah Kota Bandung

Sahabat traveler’s pecinta wisata bandung, daya tarik pertama dari taman di bandung yang dana pembangunannya mencapai angka Rp.3.1 milyar ini adalah sebagai museum sejarah yang ada di kota bandung yang dikemas dengan konsep baru dan lebih menarik untuk dinikmati.

Taman Sejarah Bandung ini seperti yang sudah kang dian jelaskan di atas, akan menjadi sebuah tempat yang tepat terutama bagi warga kota bandung dan wisatawan yang ingin mengetahui dan mengenal sejarah kota bandung dari masa ke masa.

Di sini pengunjung bisa melihat dan menikmati suguhan sejarah siapa saja orang yang berperan dan menjadi pemimpin bandung dari masa ke masa berupa kisah yang dibuat dalam bentuk gambar mural, relief dan stiker.

Di taman sejarah, pengunjung bisa melihat sejumlah gambar para walikota yang pernah memimpin kota Bandung, mulai dari era Bertus Coops, Otje Djundjunan, Ateng Wahyudi, Aa Tarmana, Dada Rosada hingga yang terbaru Ridwan Kamil.

Gambar-gambar tersebut akan menjelaskan kisah perjalanan serta biografi para pemimpin kota Bandung serta biografi mereka yang dijelaskan sangat kreatif dan akan memancing minat terutama anak-anak muda, pelajar dan yang lainnya.

Di Taman Sejarah Bandung ini tercatat tidak kurang ada relief dan stiker sejarah-sejarah walikota Bandung dengan masing-masing cerita di masa kepemimpinannya.

Dan yang uniknya konsep 16 gambar Mural yang ditampilkan di Taman Sejarah Bandung ini sama dengan yang bisa anda temukan di Tempat Wisata Baru di Bandung Barat, Desa Wisata Pasir Angling Suntenjaya Cibodas lembang.

Tidak hanya itu, semua informasi perkembangan kota bandung dari masa ke masa, mulai dari zaman prasejarah, zaman kemerdekaan hingga kisah Cerita Rakyat Sangkuriang dan Gunung Tangkuban Perahu pun ada.

2.Ada Kolam Renang Untuk Anak-Anak

Sahabat traveler’s, apakah putra-putri anda suka dengan kegiatan yang mengasyikan berenang ? Jika iya, sekarang ada alternatif Kolam Renang di Bandung yang Gratis loh.

Ya tidak lain dan bukan anda bisa menemukannya di kolam renang di Taman Sejarah Bandung !!

Meski fasilitasnya jauh tidak selengkap seperti Kolam Renang Karang Setra, Kolam Renang Pesona Nirwana Waterpark Soreang atau kolam di Villa Kancil, kolam di taman sejarah ini sudah cukup bisa memberi hiburan gratis buat anak-anak anda.

Dengan tinggi airnya yang hanya setinggi betis orang dewasa, maka fasilitas kolam renang ini sangat aman bagi putra putri anda.

Sementara bagi orang tua yang mengantar, anda  bisa duduk bersantai sambil mengawasi aktifitas putra putri anda di tempat duduk berbentuk terasering yang disediakan di sana.

So, bagi ibu-ibunya mau berenang, saat ini belum bisa di sana, namun jika tetap mau berenang, saya sudah menuliskan kolam renang yang khusus bagi perempuan di Hijab Swimming Pool di Floating Market Lembang,,hehe

Nah sahabat traveler’s, bagaimana sangat menarik bukan ? itu baru 2 hal yang menjadi daya tarik wisata dari Taman Sejarah yang ada di kota Bandung.

Masih banyak yang bisa anda temukan hal-hal baru dan menarik terutama bagi buah hati anda tercinta jika berkunjung ke destinasi Tempat Wisata di Bandung yang Baru dan sedang populer saat sekarang ini.

Fasilitas Wisata Taman Sejarah Bandung

Sahabat traveler’s, untuk memberikan kenyaman kepada seluruh pengunjung yang datang, maka pihak pengelola pun sudah menyiapkan beberapa fasilitas yang bisa anda nikmati di sana, seperti :

Untuk menjaga kebersihan taman sejarah dari waktu ke waktu yang senantiasa terjaga, maka pihak pengelola sudah sediakan tenaga para ptugas kebersihan.

Sementara untuk memberikan keamanan bagi semua pengunjung, di taman ini pun sudah disediakan tenaga keamanan atau security pemerintah kota Bandung.

Kabar baiknya, di Taman Sejarah kota Bandung ini pun tengah dibangun fasilitas sebuah area kawasan tempat yang bernama Bandung Planning Gallery, dan ke depan akan dibuat ruangan khusus dengan perlengkapan komputer untuk memutar animasi sejarah bandung.

Tidak hanya itu, ke depan akan dibangun sebuah ruangan khusus tempat pemutaran film dokumentasi mengenai bandung mulai dari zaman penjajahan belanda hingga sekarang dan juga Meseum Sejarah Bandung.

Harga Tiket Masuk Taman Sejarah Bandung

Sahabat traveler’s, jika anda bertanya apakah untuk memasuki kawasan wisata edukasi dan sejarah ini sahabat sekalian harus mengeluarkan uang untuk beli tiket masuk ?

Tidak sahabat traveler’s, dengan fungsi utama sebagai taman tematik dan sebagai ruang publik hijau yang diperuntukan bagi warga kota bandung, maka untuk masuk lokasi taman sejarah saat ini Gratis alias tidak bayar.

Alamat Taman Sejarah Bandung

Jalan Aceh No.53, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117

Nomer Telepon Taman Sejarah Bandung

Untuk mencari tahu informasi terbaru seputar Taman Sejarah di jalan Aceh ini, seperti kegaiatan acara dan info penting lainnya, saat ini kang dian belum mendapatkan informasinya.

Jam Buka Taman Sejarah bandung

Sahabat traveler’s, waktu operasional Taman Di Bandung ini adalah setiap hari, senin hingga minggu selama 24 jam.

Peta Lokasi Taman Sejarah Bandung

Silahkan anda bisa lihat di sini

Rute Jalan Menuju Ke Taman Sejarah Bandung

Lokasinya yang sangat strategis berada di tengah kota Bandung dan dapat dilintasi dari banyak arah akan membuat anda mudah untuk menemukan Taman Sejarah di jalan Aceh No 53, yaitu berlokasi di Komplek Gedung DPRD Kota Bandung.

Rekomendasi saya bagi anda wisatawan yang baru mau berkunjung ke sini, silahkan sebagai petunjuk arah atau jalan, anda bisa gunakan aplikasi Waze atau juga Google Map.

Bagi anda yang mau menggunakan transportasi umum, banyak rute angkot di Bandung yang akan melewati lokasi taman sejarah seperti Angkot Jurusan Kebon Kelapa – Cicaheum ( Via Jl.Aceh ), Dago – Kebon Kelapa dll.

Tempat Wisata di sekitar Taman Sejarah Bandung

Sahabat traveler’s, lokasinya yang berada di tengah kota, maka ketika anda berkunjung ke sini, anda juga akan sangat dekat dengan sejumlah Tempat Wisata di Kota Bandung yang sangat populer lainnya.

Sebut saja misalnya, sebelum anda berkunjung ke sini anda bisa jalan-jalan ke pusat kawasan keramaian yang populer dengan Bandoeng Tempo Doeloe di Jalan Braga Bandung yaang mana terdapat Braga City Walk, Wiki Coffee, kemudian Alun-Alun Kota Bandung dan Mesjid Raya Bandung.

Dari tempat ini pun, anda bisa melanjutkan perjalanan wisata ke sejumlah Tempat Wisata di Bandung Utara yang terkenal seperti kawasan Wisata Dago maupun ke arah selatan anda bisa menuju kawasan Wisata Ciwidey dan bandung Barat kawasan Wisata Lembang.

Alternatif Taman Tematik di Kota Bandung

Nah sahabat traveler’s, di sini juga kang dian akan berikan informasi daftar taman tematik di kota Bandung seperti Taman Sejarah yang bisa anda juga kunjungi, seperti Taman Jomblo, Taman Film Bandung, Taman Musik Centrum Bandung, Pet Park Bandung, Taman Lansia Bandung, Taman Pustaka Bunga Kandaga Puspa, Taman Labirin, Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani dll

Tips Wisata ke Taman Sejarah Bandung

Sahabat traveler’s, bagi anda yang mau berkunjung ke sini dan bawa kendaraan pribadi, tisp wisatanya adalah anda bisa memarkirkan kerndaraannya di halaman balai kota atau area Pusat Perbelanjan di Bandung BIP.

Dari sana anda bisa jalan kaki sebentar sambil menikmati kota bandung di tengah rindang pohon-pohon besar yang ada sepanjang jalan tersebut.

Tips wisata selanjutnya adalah jika putra-putri anda berenang, maka jangan sampai lupa untuk membawa pakaian pengganti.

Bawa juga makanan dan minuman secukupnya, dan jangan lupa untuk ikut berpartisifasi menjaga ketertiban dan kebersihan buanglah sampah pada tempat yang disediakan.

Tips selanjutnya adalah jangan lupa membawa serta kamera anda, karena di dalam kawasan Taman Sejarah Bandung ini terdapat banyak spot menarik untuk berselfie.

Nah sahabat traveler’s, bagaimana cukup menarik bukan ? ‘

Apakah anda tertarik untuk berkunjung ke Taman Sejarah saat mengisi waktu liburan anda bersama keluarga tercinta ?

Atau bagi anda wisatawan dari luar kota, anda juga tertarik untuk mengunjungi banyak tempat wisata yang menarik dan sangat terkenal di kota bandung dan sekitarnya yang lainnya ?

Jika, terakhir saya akan berikan Tips Wisata Ke Bandung yang Murah bagi anda.

Caranya adalah segera datangi atau hubungi penyedia beragam Paket Wisata Bandung Murah yang saat ini banyak ditawarkan oleh sejumlah Tour Travel Bandung.

Bagi anda wisatawan keluarga yang ingin liburan dengan cara lebih mudah dan murah, saya rekomendasikan anda untuk gunakan Paket Wisata Bandung 2 Hari 1 Malam atau karena Harga paket Wisata Bandung 3 Hari 2 Malam juga murah, maka anda bisa ambil itu.

Nah sahabat traveler’s, kang dian cukupkan saja informasi seputar Tempat Wisata di Kota Bandung yang baru saja dibuka di tahun 2017 di jalan Aceh yaitu Taman Sejarah Bandung.

Taman Sejarah Bandung
Taman Sejarah Bandung

Place Name: Taman Sejarah Bandung

Place Description: Tempat Wisata Edukasi dan Sejarah berupa Taman Tematik di Jalan Aceh Kota Bandung

More...

  • Taman Sejarah Bandung
  • Fasilitas
  • Akses

Ringkasan

Nama : Taman Sejarah Bandung
Alamat : Jl.Aceh No 53 Kota Bandung
No Tlp : -
Jam Buka : 24 Jam
Harga Tiket Masuk : Gratis
Fasilitas : Kolam Renang, Museum dll

5.0
User Rating 0 (0 votes)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
loading...