Taman Labirin Balai Kota Bandung Yang Aduhai

Loading...

Taman Labirin Balai Kota Bandung – Menikmati sisi menarik dari bagian sejarah kota bandung tentunya menjadi kegiatan yang asyik yang bisa anda lakukan ketika liburan ke kota berjuluk Paris Van Java, salah satunya di Taman Labirin di Balkot Bandung.

Halo sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan saya Kang Dian, penulis blog informasi Tempat-Tempat Wisata di Kota Bandung dan Sekitarnya yang menarik untuk anda kunjungi.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan berikan anda informasi Tempat Wisata di Bandung yang masih relatif baru, yang lokasinya berada di kawasan Balai Kota Bandung, yaitu Taman Labirin.

Nah, untuk mengetahui seperti apa daya tarik wisata salah satu Taman di kota Bandung yang instagramable ini, yuk kita simak saja kupasannya di bawah ini sama-sama.

Taman Labirin Balai Kota Bandung

Taman Labirin Balai Kota Bandung

Sahabat traveler’s, ada ungkapan tak kenal maka tak sayang, maka begitu pun dengan anda yang biasa menghabiskan waktu liburannya di bandung, maka wajib kiranya anda tahu siapa orang yang mengurus kota bandung dari dulu hingga sekarang.

Dan beberapa tempatnya untuk mengenalnya adalah berada di tempat yang sangat populer kawasan Balai Kota Bandung, yang beralamat di jalan Merdeka serta Jalan Wastukencana.

Balai Kota Bandung atau yang biasa orang menyebutnya Balkot kota Bandung ini, sejarahnya adalah merupakan pusat pemerintahan sekaligus tempat ngantor para walikota bandung dari zaman dulu hingga yang sekarang Ridwan Kamil.

Tempat ini selain memiliki fungsi utama sebagai pusat pemerintahan pemkot Bandung, juga difungsikan lahannya sebagai kawasan area publik yang merupakan salah satu Tempat Nongkrong di kota Bandung untuk menikmati suasana pusat kota bandung.

Nah, untuk memberikan kenyamanan yang lebih kepada warga kota bandung maupun pengunjung luar kota yang sedang liburan ke bandung, agar suka dan betah berlama-lama di sini, maka pihak pemkot pun terus melakukan penambahan fasilitas di tempat ini.

Dan salah satunya adalah dengan dibuatnya sebuah areal taman baru di kawasan balai kota bandung, yaitu Taman Labirin, melengkapi sejumlah fasilitas keren lainnya yang telah dibangun sebelumnya untuk warga kota bandung.

Daya Tarik Wisata di Taman Labirin Balai Kota Bandung

Taman Labirin Balai Kota Bandung

Sahabat traveler’s, jika anda bertanya apa saja sih kegiatan asyik menarik jika kita mengunjungi tempat yang satu ini ketika waktu liburan ?

1.Wisatan Taman

Sahabat traveler’s, kesuksesan Taman Labirin ini seperti mengikuti kesuksesan serta kepopuleran sejumlah taman-taman tematik di kota bandung yang terlebih dahulu dibangun, khususnya di bawah pemerintahan Kang Emil.

Sebut saja bagaimana fenomelnya kang emil menyulap kawasan-kawasan kumuh, seram dan terlantar, menjadi beberapa kawasan wisata taman di dalam kota bandung yang sangat memebrikan kenyamanan bagi pengunjungnya untuk beraktifitas di sana.

Sebut saja misalnya Taman Jomblo yang dulunya tempat seperti apa ? atau Taman Film Bandung yang lokasinya tepat di bawah fly over, Taman Lansia, Taman Fotography, Taman Persib, Taman Superhero, Peta Park di Jalan Peta Bandung dan masih banyak yang lainnya.

Sahabat traveler’s, taman labirin sukses menjadi populer dan fenomenal di dunia maya, khususnya bagi para nettizen, tiada lain dimulai setelah walikota bandung yang terpilih sebagai walikota terbaik di asia pada ajang di negeri singapura ini memposting di akun instagramnya.

Sejarahnya, taman labirin ini sebelumnya merupakan taman kota yang populer dengan taman merpati yang telah direvitalisasi dan sekaligus di renovasi menjadi taman yang bisa anda lihat seperti sekarang ini.

Konsep revitalisasi ala kang email yang merupakan lulusan Arsitek dari sebuah perguruan tinggi di bandung yang sangat terkenal ITB ini, dimaksudkan agar suopaya warga kota bandung bisa menikmati keindahan taman ketika memasukinya.

Taman ini mengedapankan sentuhan estetika yang sangat tinggi, di areal depan Balai Kota Bandung, dengan mengusung konsep aspek ekologi serta fungsi sosial yang terpadu.

Di dalamnya pengungjung bisa menikmati jalaur jalan yang telah di sediakan di taman labirin ini yang berlantai granit selebar setengah meter yang mengelilingi dua pohon jenis trembesi yang diyakini telah berusia seratus tahun.

Pas pertama masuk taman ini, pengunjung bisa menikmati susana tenang, teduh dan asri, dan anda bisa menikmati sajian keindahan taman ini, dengan cara masuk dari 4 sisinya melalui labirin-labirin.

2.Wisata Sejarah

Sahabat traveler’s, selain anda bisa menikmati kesejukan dan keindahan taman labirin, berkunjung ke taman labirin balai kota bandung pun, maka anda bisa lebih jauh mengenal sejarah dari Balkot itu sendiri.

Seperti diketahui, menurut catatan sejarah bahwa gedung balai kota ini merupakan buah karya arsitek belanda yang bernama E.H De Roo di tahun 1935, dan merupakan bangunan dengan gaya Art Deco seperti bangunan Gedung Sate dan juga Meseum Konferensi Asia Afrika.

Bangunan yang warga bandung menyebutnya dengan sebutan ” Gedong Bapak ” ini berbentuk persegi ini ternyata dulunya merupakan sebuah bangunan gudang penyimpanan kopi dengan nama Koffie Pakhuis.

Gedung ini adalah milik seorang tuan tanah pertama di bumi priangan di tahun 1812 yang bernama Andries de Wilde.

Namun kemudian dalam perkembangannya pada tahun 1927 gedung kopi tersebut di robohkan, dan dibangunlah kembali bangunan yang tampak sekarang sebagai Balai Kota bandung ( gemeente huis ).

Dan kemudian, beberapa tahun setelahnya tepat pada tahun 1935 kawasan Balai Kota ini pun diperluas lagi dengan penambahan bangunan baru yang menhadap ke Pieter Sijhoffpark atau Taman Balai Kota bandung yang kita kenal sekarang.

3.Awas Ada Startrek

Nah, sahabat traveler’s, kota bandung pasca ditukangi oleh sang arsitektur kawakan Ridwan kamil, benar-benar merubah tata kelola kota menjadi kota yang kekinian berbasiskan teknologi informasi.

Nah, salah satunya di sini pun dibangun sebuah ruang informasi dan pengamatan publik kota bandung yang sarat dengan teknologi canggih, yaitu dengan dibangunnya Bandung Command Centre.

Di dalam ruangan ini terdapat banyak sekali monitor yang merekam kegiatan aktifitas warga kota bandung di segala penjuru yang tercover dengan CCTV, dan ruangannya sangat mirip dengan ruang cabin pesawat di film hollywood ” Startrek”.

4.Tempat Nongkrong Anak Muda

Sahabat traveler’s, area taman labirin dan sekitarnya di Balai Kota Bandung ini sering menjadi tempat berkumpulnya sejumlah anak muda-mudi kota bandung seperti pelajar yang sedang berlatih aneka kegiatan mulai dari menari, parkour, sepakbola, jogging, berfoto atau hangout berdua sama pasangan.

Salah satu ikon menarik yang ada di Balkot Bandung ini adalah Patung Dewi Sartika, seorang pahlawan pejuang kaum perempuan dibidang emansipasi dan pahlawan pendidikan dari tatar sunda.

Untuk anda punya berfoto selfie atau wefie, ada spot menarik lainnya di sini berupa patung badak putih, yang telah berada di sini sejak tahun 1981. Dan konon patung ini merupakan simbol bahwa lokasi ini dulunya tempat pemandian badak putih.

Yang terakhir, ini dia nih, tahukah anda bahwa di lokasi sekitar Taman Labirin Balai Kota Bandung ini terdapat juga spot menarik dan unik seperti yang ada di mancanegara, yaitu ” Gembok Cinta “.

Gembok cinta ini adalah fasilitas yang selesai dibangun pada bulan september tahun 2014 yang lalu, yang konon katanya, jika anda bareng pasangan datang ke sini berdua, maka gemboklah cinta anda di gembok cinta balai kota bandung ini.

Tempat Wisata di sekitar Taman Labirin Balai Kota Bandung

Berlokasi di pusat kota bandung, menjadikan Taman Labirin ini bisa anda kunjungi setelah atau sebelum mengunjungi berbagai Tempat Wisata di Kota Bandung yang terkenal lainnya yang sangat dekat dengan tempat ini.

Bahkan saking dekatnya, anda hanya cukup berjalan kaki saja pun bisa untuk mengunjungi objek wisata lainnya yang ada di sekitar Balkot Bandung ini seperti,

Jika anda pergi ke arah selatan, maka anda bisa menikmati suasana Bandoeng Tempo Doeloe di Jalan Braga. Di sana ada beberapa tempat wisata yang manarik untuk anda kunjungi Braga City Walk, Wiki Kaffie dan yang lainnya ada Taman Vanda.

Jika anda berjalan menuju arah utara, maka ada jalan merdeka dan jika diteruskan akan tembus menuju ke jalan Ir.H.Djuanda Dago tempat wisata belanja sejumlah Factory Outlet di Jalan Dago seperti Rumah Mode, Blossom FO atau kuliner di Hakata Ikkhousha.

Jika masih kurang pusa berbelanja di sejumlah Factory outlet di jalan Dago, anda pun masih bisa mengunjungu pusat perbelanjaan modern seperti Mall di Bandung yaitu Bandung Trade Centre dan juga BIP.

Jika anda menuju ke arah barat, maka anda bisa menemukan sejuimlah Tempat Wisata kuliner seperti di Bandung Milk Centre, dimana aksesnya bisa tembus ke Gedung pakuan hingga ke Stasiun Bandung.

Harga Tiket Masuk Taman Labirin Balai Kota Bandung

Bagi pengunjung yang mau datang ke sini tidak perlu khawatir, karena untuk masuk ke objek wisata Taman di kota bandung ini anda tidak dipungut biaya sepeser pun alias Gratis.

Alamat Taman Labirin Balai Kota Bandung

  • Jalan Watukencana No 2, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung Jawa Barat

Nomer Telepon Taman Labirin Balai Kota Bandung

  • untuk informasi kegiatan acara atau informasi penting lainnya yang mungkin anda perlukan, silahkan anda bisa menghubungi nomer kontak 022-4216402

Jam Buka Taman Labirin Balai Kota Bandung

  • Buka setiap hari, senin hingga minggu, dan waktu operasionalnya tidak dibatasi, namun secara umum disesuaikan dengan jam kerja pemerintahan di sini, yaitu mulai pukul 07.00 – 20.00 WIB.

Peta Lokasi Taman Labirin Balai Kota Bandung

Nah sahabat traveler’s, menarik bukan mengenal Taman Labirin Balai Kota Bandung ini ? ternyata banyak sekali hal-hal baru menarik yang pastinya baru anda ketahui.

Sebagai tambahan bagi anda yang tertarik datang ke sini, terutama para calon wisatawan yang baru pertama kali mau liburan ke bandung, ada tips wisata ke bandung untuk anda.

Saya selalu merekomendasikan agar anda tak segan untuk membiasakan menggunakan jsa layanan wisata dari Tour Travel Bandung, dan jangan lupa gunakan program promo Paket Wisata ke Bandung Murah yang mereke tawarkan.

Nah, sahabat tarveler’s, demikianlah informasi seputar salah satu Tempat Wisata di Bandung yang baru, menarik, unik dan dijamin seru jika anda berkunjung ke sini, yaitu Taman Labirin Balai Kota Bandung.

Taman Labirin
  • Taman Labirin

Info Taman

Nama : Taman Labirin
Alamat : Jl.Wastukencana No 2
No Tlp : 022-4216402
Jam Buka : Senin-Minggu,07.00-20.00 WIB
Harga Tiket Masuk : Gratis
Fasilitas : Bcc,Gembok Cinta dll

5.0
User Rating 5 (1 vote)
Sending
Comments Rating 5 (1 review)
loading...

One Response

  1. dian mardiana 05/11/2016

Leave a Reply