Saung Angklung Udjo – Eksotisme Cagar Budaya Sunda

Loading...

Saung Angklung Udjo – Kebanggaan warga Jawa Barat akan budaya dan kesenian tradisional Sunda telah menjadikan Saung Angklung Mang Udjo sebagai salah satu tempat wisata di Bandung menjadi Pusat budaya khas alat musik kesenian tradisional rakyat yang bernama Angklung.

Saung Udjo Bandung

Saung Udjo Bandung

 

 

Sejarah Saung Angklung Udjo

Tempat Wisata Di Bandung Timur ini sesuai dengan namanya Saung Angklung Udjo,didirikan oleh budayawan sunda yang bernama Udjo Ngalagena bersama isterinya Uum Sumiati.Memiliki cita-cita memelihara serta mempertahankan alat musik tradisional khas sunda Angklung,serta didedikasikan sebagai salah satu tempat cagar budaya sunda di Jawa Barat.

Memiliki sebutan lain Saung Angklung Mang Udjo,tempat wisata di bandung ini adalah satu-satunya tempat yang bisa dikatakan sebagai pioneer sekaligus menjadi pusat kesenian tradisional angklung yang menyajikan atraksi pagelaran memainkan Alat musik tradisional yang terbuat dari bambu beserta dengan proses pembuatannya dalam satu kawasan wisata.

Tempat Wisata Di Bandung mencatat,karena sejarah pendirian serta tujuan dari mendirikan saung angklung Udjo ini sebagai pusat pendidikan dan juga penelitian kebudayaan sunda khususnya Angklung,maka tempat ini mampu menarik minat banyak sekali wisatawan,baik wisatawan domestik apalagi Wisatawan Mancanegara.Hal itu bisa dibuktikan dengan selalu penuh serta ramenya saung Udjo Bandung setiap kali ada pementasan kesenian musik angklung di tempat ini.

 

Alamat Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo berada di kawasan Bandung Timur,tepatnya adalah di Jalan Padasuka No 118.Berada di Jalan Utama kota Bandung,sehingga bagi para wisatawan yang ingin belajar memainkan dan membuat atau sekedar tahu seperti apa kesenian angklung dan bagaimana cara pembuatannya untuk menuju lokasi ini sangatlah mudah untuk dicapai.

 

Rute Menuju Saung Angklung Udjo

Untuk mencapai lokasi Saung Angklung Mang Udjo ini,setiap wisatawan bisa menggunakan berbagai cara untuk bisa ke lokasi ini.

– Kendaraan Pribadi,anda yang menggunakan kendaraan pribadi roda 4/mobil dan dari luar kota Bandung,bisa keluar di pintu tol Pasteur,kemudian dilanjutkan ke arah Flyover Pasupati dan diteruskan dengan mengambil arah Jalan Padasuka.Dengan melihat papan Reklame besar bertuliskan SAU anda pun akan terbantu menemukan lokasi wisata ini.[ Tol Pasteur -> Flyover Pasupati -> Jalan Padasuka ]

– Kendaraan Umum,apabila anda turun di terminal Leuwipanjang,Stasion Kereta atau Bandara Husein Sastranegara,maka anda cukup ambil rute angkutan umum menuju terminal Cicaheum,karena Saung Angklung Udjo Bandung ini berjarak 100 meter sebelum Terminal Cicaheum.Selepas turun angkutan umum/angkot/taksi,anda bisa berjalan kaki atau juga sewa ojek ( Rp.10.000 ) untuk bisa sampai persis ke lokasi.

 

Harga Tiket Masuk Saung Angklung Mang Udjo

Tiket masuk ke Saung Angklung Udjo adalah sebagai berikut :

– Weekday [ Senin – Jum’at ] = Rp.60.000
– Weekend [ Sabtu – Minggu ] = Rp.75.000

Catatan : harga tiket masuk tersebut sudah termasuk Welcome Drink serta menonton berbagai pagelaran seni budaya tradisional sunda juga pagelaran alat musik tradisional spektakuler Angklung selama 2 jam.

Untuk Waktu Pertunjukannya sendiri di Saung Angklung Udjo adalah mulai pukul 09.00 sampai pukul 15.30 wib.

 

Kegiatan Pagelaran Seni Di Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Mang Udjo

Saung Angklung Mang Udjo

– Musik Angklung,dimainkan oleh anak-anak didik Saung Angklung Mang Udjo yang berusia masih muda,biasanya di bawah 10 tahun,namun memiliki keterampilan yang sangat luar biasa dan dijamin anda akan takjub melihatnya.

– Arumba, perpaduan antara musik tradisional khas sunda angklung mengiringi tarian khas sunda,menjadikan sebuah ritme  musik yang sangat merdu dan indah.

– Wayang Golek,kesenian asli urang sunda yang terkenal dengan si Cepot dan Dewala ini,akan disuguhkan selama 10-15 menit kepada anda dengan konsep cerita rakyat yang lucu dan dijamin anda akan tertawa puas di sini.

– Helaran ,adalah Ritual syukuran tradisi khas budaya sunda.

– Tarian Sunda seperti Jaipongan

Dan yang pertunjukan pagelaran seni di Saung Angklung Udjo yang bisa jadi paling berkesan dan menantang adalah,ketika anda dan pengunjung lainnya diajak untuk ditantang memegang sekaligus memainkan alat musik tradisonal Angklung secara langsung.

Tiap pengunjung diberikan 1 buah angklung,dan diberikan tugas untuk memainkan satu buah nada yang nantinya akan dimainkan dan dipadukan secara serempak dengan seluruh pengunjung yang telah diberi arahan untuk memainkan nada-nya masing-masing secara bersamaan.

Dipimpin seorang Dirigen yang berdiri di tengah panggung pertunjukan,dan ketika anda bersama pengunjng lain paham tugasnya masing-masing,maka dijamin pengalaman anda merasakan sensasi menjadi pemain angklung bak suguhan orchestra tradisonal menjadi sesuatu pengalaman yang tidak akan pernah bisa dilupakan.

 

Fasilitas Saung Angklung Udjo

Toko Souvenir Saung Angklung Udjo

Toko Souvenir Saung Angklung Udjo

– Penginapan/Guest House, Sebagai kwasan wisata budaya yang berkonsep One Stop Holiday,Saung Angklung Udjo juga memiliki fasilitas penginapan dan Guest House,Sehingga bagi anda yang ingin dan betah dengan dengan suasana wisata budaya sunda yang eksotis di sini,bisa menginap atau bermalam di sini.Adapun untuk harga sewa kamarnya berkisar antara Rp.300.000 sampai Rp.900.000/ malam.

– Toko Souvenir, di tempat ini juga anda bisa membeli oleh-oleh atau cendera mata berupa berbagai macam kerajinan tangan,sepetti Tas,Sandal,wayang Golek,Gantungan Kunci serta alat musik tradisional khas Saung Angklung Mang Udjo yaitu Angklung.

Bagaimana ? menarik bukan ? Demikianlah referensi destinasi wisata anda di Bandung yang wajib anda kunjungi untuk merasakan sensasi wisata cagar budaya Sunda,hanya ada di Saung Angklung Udjo.

Sumber Referensi : Wikipedia

loading...

Leave a Reply