NuArt Sculpture Park – Nyoman Nuarta Gallery

Loading...

Nuart Sculpture ParkNuart Sculpture Park – Ingin menikmati liburan dengan cara unik dan berbeda ketika mengunjungi Tempat Wisata Di Bandung yang menarik ? Pasti anda akan bingung menjawabnya bukan ? karena begitu banyaknya objek wisata yang cukup unik dan seru yang bisa anda kunjungi ketika liburan di Bandung. Tapi, maukah saya tunjukan sebuah tempat wisata yang sangat spesial berupa sebuah museum galeri seni yang sangat luar biasa eksotis dan saya jamin anda akan terperangah dan dibuat kagum melihatnya ? Ya, inilah Nuart Sculpture Park Lembang Bandung.

Halo sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan saya penulis blog informasi Wisata Bandung yang pada tulisan ini akan mengupas salah satu tempat wisata yang menarik di Lembang tepatnya berlokasi di Jalan Sentra Duta Kencana II/11, yaitu sebuah museum galeri seni patung dan lukisan karya atau buah tangan kreatif seorang maestro kelahiran Tabanan Bali indonesia yang sudah sangat mendunia, karena karya-karyanya yang sangat begitu artisitik dan fenomenal, siapa lagi kalau bukan Nyoman Nuarta. Masih ingat dengan karya sang Maestro yang fenomenal Patung Garuda Wisnu Kencana ?

Nah sahabat traveler’s, untuk mengetahui lebih jauh siapakah nyoman nuarta, kenapa karya-karya seni patungnya ada di kota bandung ? ada apa saja yang ada di  dalam Museum NuArt Bandung ini ? Yuk kita simak bahasan atau review nya di bawah ini plus harga tiket masuk, jam buka nuart dan informasi penting lainnya khusus bagi anda pengunjung blog informasi pariwisata kota bandung dan sekitarnya tempatwisatadibandung.info.

Nuart Sculpture Park

Nuart Sculpture Park

Salah satu Patung Karya Nyoman Nuarta di Nuart Gallery Bandung

Sahabat traveler’s, pasti banyak dari anda yang bertanya-tanya ketika membaca judul artikel tulisan ini bukan ? Mungkin anda berpikir ini adalah salah satu tempat wisata di bandung yang baru bukan ? atau bisa jadi anda baru pertama kali mendengar ? jika iya, maka sudah bisa dipastikan bahwa saya dan juga anda sudah keliru mulai sekarang, karena sesungguhnya tempat yang populer dengan nama Nuart Gallery ini telah dibuka untuk umum sebagai museum galeri seni patung dan lukisan karya nyoman nuarta di bandung sejak tahun 2000.

Sahabat traveler’s, bagi anda yang menyukai dunia seni,  seperti seni patung dan  lukisan atau bagi anda yang bukan penikmat dunia seni pun,  saya sangat merekomendasikan anda untuk mengunjungi Nuart Sculpture Park . Kenapa demikian ? karena selain anda akan melihat langsung dan mengenal lebih dekat karya-karya bernilai seni yang sangat tinggi dari seorang Mestro dunia asal bali Nyoman Nuarta, juga anda bisa menyaksikan pameran serta diskusi semua kerya seni di sini, karena museum Nuart Bandung ini pun merupakan tempat berkumpulnya para seniman, kurator, penikmat seni bahkan hingga desiner  dengan karya-karya seninya yang hebat.

Sejarah Nuart Sculpture Park

Sahabat traveler’s, mengupas tentang Nuart Sculpture Park, tentu saja kurang lengkap jika kita tidak mengetahui dan mengenal sejarah dari sang pendiri atau si empunya nuart gallery, yaitu Nyoman Nuarta. Terlahir di Tabanan Bali, dan kini menetap di kota Bandung, ternyata seniman patung berkelas dunia ini adalah lulusan Fakultas Seni Rupa salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia di Bandung yaitu ITB pada tahun 1979.

Nyoman Nuarta selama ini dikenal sebagai seniman yang telah menghasilkan banyak karya seni berupa ratusan patung dengan gaya yang sangat natural. Sang maestro ini banyak membuat patung dari bahan dasar kuningan hingga tembaga. Sehingga tidak salah jika karya-karya hebatnya telah menyebar dan bisa ditemukan di banyak kota indonesia serta luar biasanya adalah sebagian karyanya telah dijadikan koleksi barang seni baik di dalam maupun di luar negeri.

Keahlian Nyoman Nuarta sebagai seorang maestro pemahat dan pematung hebat memang telah diakui oleh dunia internasional. Dikenal oleh banyak kalangan sebagai pemahat atau pematung potensial dan hebat sejak memenangkan lomba patung proklamator indonesia di tahun 1979, Nyoman Nuarta juga aktif bergabung dengan beberapa organisasi seni patung dunia, seperti Royal British Sculpture Society, Internasional Sculpture Centre Washington dan juga Steering Committed For Bali Recovery Program.

Sudah banyak penghargaan atau apresiasi atas karya dan cipta seni patungnya yang memiliki nilai artistik tinggi baik dari pemerintah republik indonesia maupun dari luar negeri hingga pihak swasta. Diantara hasil karyanya ia ciptakan untuk mendesign berbagai trofi hadiah kejuaran berbagai turnamen olahraga, seperti Piala kompetisi sepakbola profesional indonesia pertama yaitu Liga Dunhill di tahun 1994, dimana Persib yang menjadi pemiliknya, serta Trofi National Basketball League untuk musim 2011 – 2012.

Nah jadi sahabat tempat yang bernama Nuart Sculpture Park ini benar-benar diciptakan atau dibangun selain sebagai nantinya sebagai museum pribadi koleksi karya-karya spektakuler dari sang maestro nyoman nuarta, juga ditujukan sebagai tempat atau wadah ekspresi sejumlah seniman lainnya yang tidak hanya dri lokal bandung, akan tetapi dari seluruh indonesia hingga dunia bisa menyimpan atau sekedar memamerkan hasil karya seni terbaiknya di gallery seni milik Nyoman Nuarta di Bandung ini.

Baca Juga : Salian Art Space – The Futuristik of Lembang

Wisata Nuart Sculpture Park

Nuart Sculpture Park

Patung di Pepohonan yang sangat bernilai Estetika dan sarat Filosofi

Sahabat traveler’s, jika anda datang ke Nuart Setra Duta, ada banyak kegiatan wisata menarik dan seru yang bisa anda lakukan dan nikmati di sana. Bukan hanya sekedar bisa melihat sejumlah karya seni hebat dari jarak dekat hasil karya patung dan lukisan seorang maestro Nyoman Nuarta pun yang diyakini oleh sejumlah pengamat seni tidak hanya mengedepankan detil patung, bentuk, estetika, keindahan, ukuran dan hal fisik lainnya, namun lebih dari itu karya seninya sangat dalam mengandung makna filosofi yang kuat, namun di sini juga anda bisa melakukan banyak hal yang sifatnya edukatif hingga mengadakan acara atau kegiatan seru lainnya.

Nuart Sculpture Park Bandung ini berdiri di atas luas lahan 3 hektar, dan kawasannya pun merupakan bentuk sebuah landmark taman. Jika anda berkunjung ke sana, berbagai karya seni patung tidak hanya berada di bagian dalam ruangan ( Nuart Buliding ) namun juga halaman luar ( outdoor ) berupa taman. sementara untuk gedung Gakeri seni Nuart sendiri terdiri dari 2 lantai dengan luas 1000 meter persegi, tempat yang dipergunakan untuk memajang sekaligus memamerkan sejumlah karya patung dan juga lukisan baik karya nyoman nuarta sendiri dan seniman dalam dan luar negeri lainnya.

Nah sahabat traveler’s, jika anda datang pertama kali di sini, dengan ditemani pemandu wisata ( tour guide ) maka anda akan banyak belajar  ( Wisata edukasi ) dan mengetahui secara langsung lokasi dan posisi serta seperti yang saya katakan di atas, maksud atau filosofi dari sejumlah bentuk atau model patung yang beraneka ragam yang terdapat di Nuart Sculpture Park Bandung ini, mulai dari luar ruangan gedung maupun di dalam gedung galerinya sendiri..

Sahabat Traveler’s, di bagian outdoor ( Sculpture Park ), pertama kali anda memasuki kawasan wisata museum galeri seni nyoman nuarta di bandung ini, maka anda akan langsung disuguhi beraneka ragam karya seni patung yang tampak indah dan sangat dalam mengandung filosofi. Dengan berkeliling jalan-jalan di sekitar bagian outdoor atau halaman luar Nuart Biulding ini, maka anda akan melihat sejumlah karya seni patung artistik seperti patung dengan nama ” Waiting “, patung kuda dengan wajah wanita di punggungnya, patung ” Man anda cosmos “, patung Nightmare, Fire Horse dan juga Trap serta yang lainnya.

Patung Fire Horse di Nuart Sculpture Park

Patung Fire Horse

Namun ada satu patung yang sepertinya wajib anda perhatikan dengan seksama, yaitu Patung Drupadi yang legendaris dan pernah dibuat film layar lebarnya di tahun 2008 serta diperankan oleh dian sastrowardoyo dan juga nicholas saputra. Bentuk patung ini menggambarkan adegan 3 mahluk, 2 manusia dan 1 sosok wajah menyeramkan dengan gigi tajam seperti wajah setan. Filosofi patung ini adalah gambaran hubungan cinta terlarang sepasang kekasih hingga melahirkan seorang bayi yang tidak dikehendaki, sehingga memilih untuk diaborsi.

Nah, selanjutnya kita masuk ke bagian dalam gedung galeri seni Nuart Sculpture Park yang terdiri dari 2 lantai.

Di lantai 1, ini adalah galeri khusus untuk karya Nyoman Nuarta. Salah satunya adalah berisi patung proses pembuatan patung Garuda Wisnu Kencana yang sangat populer itu. Kemudian ada sejumlah foto dokumentasi pembuatan patung Garuda Wisnu Kencana yang memiliki ukuran sangat besar dan tinggi sekali.

Sementara jika anda naik ke lantai ke 2, selain ada sebagian karya seni patung Nyoman Nuarta seperti patung-patung yang memvisualisasikan proses kelahiran dari anak dan cucunya, juga dipakai untuk pameran hasil karya seniman-seniman lain yang sifatnya sewaktu-waktu alias temporer seperti pada ajang pameran atau eksebishi dan kegiatan seni sebagainya.

Setelah cukup puas mengenal dan mencari tahu serta menikmati pesona wisata karya seni patung dan karya seni lainnya, maka kegiatan wisata asyik dan seru lainnya yang bisa anda lakukan di nuart sculpture park adalah menikmati sajian menu kuliner di menjadi salah satu Cafe di Bandung terbaik yaitu N Cafe nuart dengan menu andalannya seperti nasi campur dan balinese bebek crispy.

Jika rasa lapar sudah dipenuhi dengan menyantap aneka hidangan di N Cafe Nuart, maka kegiatan seru lainnya yang bisa anda jajal adalah belajar membuat berbagai karya seni seperti mulai dari belajar membuat patung, lukisan hingga batik, bahkan di sini pun disediakan pelatihan khusus singkat bagi pengunjung dengan instruktur langsung yang telah disediakan oleh nuart sculpture park.

Sahabat traveler’s, ada satu lagi hal sebelum menutup kegiatan wisata apa saja yang menarik dan bisa anda lakukan selama di nuart bandung ini, yaitu sebelum anda pulang meninggalkan lokasi ini, anda pun bisa wisata belanja dengan mendatangi toko berupa Craft Boutique yang menjual berbagai miniatur dari karya-karya Nyoman Nuarta dan seniman lainnya baik dari dalam maupun luar negeri, sangat cocok jika dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh khas bandung bukan ?

Fasilitas Nuart Sculpture Park

Nuart Sculpture Park

Sahabat traveler,s, berikut adalah fasilitas wisata secara umum yang terdapat di Nuart sculpture park yang bisa anda temukan dan nikmati semua fasilitasnya. Semuanya sangat refresentatif dan sangat layak bagi anda untuk dijadikan destinasi favorit wisata ketika anda hendak pergi liburan ke Bandung.

1.Sculpture Park.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas adalah bagian museum yang terdapat di sekitar bangunan galeri seni, yang lokasinya adalah di halaman luar dan di sana banyak sekali karya seni patung da sang Maestro dunia Nyoman Nuarta yang terparkir di luar gedung yang bisa anda lihat.

2.Gallery Nuart Buliding

Lokasinya berda di dalam ruangan galeri Nuart.Dengan luas hampir 1000 meter persegi, di dalamnya terdapat 2 lantai.Lantai 1 digunakan sebagai ruang pameran atau artwork dari sang pemilik yaitu Nyoman Nuarta, sementara lantai ke 2 digunakan atau disewakan kepada seniman lainnya untuk pameran atau eksebisi karya-karya seni mereka.

3.Nesti

N Cafe yang menawarkan aneka kuliner seperti makanan khas bali seperti balinese bebek crispy or crispy duck dan nasi campur.Lokasinya berada di pusat kawasan wisata sculpture park yang akan menawarkan pengalaman berkuliner ria.

Saran saya, untuk bisa menikmati sajian kuliner khas nuart yang buka setiap hari, senin – jum’at ( 09.00 – 18.00 wib ) Sabtu – Minggu ( 11.00 – 22.00 Wib ), anda sebaiknya melakukan reservasi terlebih dahulu di nomer telepon 022-2017815

4.Craft Boutique.

Di sini anda bisa membeli miniatur karya-karya patung nyoman nuarta, serta karya patung lainnya dari seniman,designer dan pengrajin lokal dan internasional. Anda juga bisa membeli buku nyoman nuarta yang ditulis oleh maestro indonesia lainnya jim supangkat.

Yang menariknya anda pun bisa menjual barang-barang seni anda ke craft boutique Nuart dengan menghubungi nomer telepon 022-2020414/2017812/2017816, atu fax 022-2015362.Jam kerja buka setiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 18.00 Wib.

5.Workshop

Sahabat, lokasinya berada di paling bawah kawasan nuart dekat dengan sungai. Tempat ini adalah lokasi ruang kerja pribadi nyoman nuarta yang akan dibuka untuk umum hanya setiap akhir pekan sabtu dan minggu dengan diantar pemandu wisata. Di sini anda bisa melihat bagaimana sang maestro dibantu asistennya membuat karya-karya patungnya ( masterpiece )

Di tempat Workshop ini juga, pengunjung bisa berpartisipasi membuat karya-karya seni mulai dari membuat patung, mewarnai,membuat seni grafik, membatik dan masih banyak yang lainnya. Mau lebih serius, dengan minimal 3 peserta anda bisa mengikuti kursus sungkat yang akan diajarkan oleh ahli berpengalaman nuart yang dibuka setiap harinya.

Oh iya sahabat traveler’s, bagi anda yang tertarik untuk melihat kegiatan dari dekat sang maestro di dalam bekerja membuat karya-karya seni yang luar biasa, anda harus terlebih dahulu reservasi dan menghubungi tour guide di gedung Nuart.Untuk anda yang tertarik mengikuti program kursus singkat di Nuart Sculpture park, anda bisa menghubungi kontak public relation dan koordinator guide di nomer telepon 022-2020414/2017812/2017816 atau fax 022-2015362

6.Event

Sahabat traveler’s, ada kabar baiknya, bagi anda yang tertarik mengedakan berbagai kegiatan acara dengan tamu undangan yang banyak seperti untuk acara pernikahan, pertemuan hingga garthering, Tv show, pertunjukan langsung atau yang lainnya, anda bisa menyewa bagian taman di Nuart Sculpture park. N cafe dan ruang gallery nya juga disewakan jika ada customer yang memerlukan untuk keperluan sebuah acara.

Luas area seluruh kawasan Nuart sendiri bisa menampung tidak kurang dari 1.500 tamu. Sementara untuk area parkirnya yang terletak baik di dalam kawasan nuart dan sepanjang pintu masuk jalan Setra Duta sangat aman dan leluasa. Dan untuk urusan izin mengadakan berbagai acara yang melibatkan orang banyak, staff dari nuart akan membantu mengurusnya.

Untuk anda yang mau merencanakan acara-acara sepeti pesta di nuart, silahkan hubungi kontak bagian marketing dan juga koordinator acara di nomer telepon 022-2020414/2017812/2017816 atau fax 022-2015362

7.The Serviced Apartment

Nah, untuk tempat peristirahatan jika anda mau bermalam di dalam kawasan Nuart Sculpture park, anda sepertinya harus cukup bersabar untuk menahannya terlebih dahulu, karena proyeknya masih dalam pengembangan dan pembangunan. yang jelas dengan adanya Nuart Boutique Cottage nanti, maka akan segera hadir salah satu tempat penginapan di bandung yang artistik yang wajib anda jajal dan singgahi.

Nah sahabat traveler’s, demikianlah sejumlah fasilitas wisata yang ada di NuArt Sculpture Park Bandung.

Tiket Masuk Nuart Sculpture Park

Sahabat traveler’s, untuk bisa menikmati sajian berbagai karya seni patung di tempat yang cukup luas dan teduh ini anda tidak dipungut biaya atau tiket masuk apa pun, All free alias gratis !! terkecuali bagi anda yang mau makan di N Cafe atau mau ikut kursus singkat, maka anda harus bayar dulu ya.

Alamat Nuart Sculpture Park

  • Jalan Sutra Duta Kencana II/11, Bandung Jawa Barat Indonesia 40151

Nomer Telepon Nuart Sculpture Park

Sahabat traveler’s, untuk informasi seputar nuart sculpture park seperti kegiatan pameran atau eksebisi lainnya, anda bisa menghubungi nomer telepon 022-2017812/2017816/2020414 atau fax 022-20158 dan Email sculpturepark@nuarta.com.

Jam Buka Nuart Sculpture Park

  • Senin – Jum’at : 09.00 – 18.00 WIB
  • Sabtu – Minggu : 11.00 – 22.00 WIB

Peta Lokasi Nuart Sculpture Park

Rute Jalan ke Sculpture Park

Sahabat traveler’s, bagi anda yang mau berkunjung ke Nuart di Stra Duta Bandung ini, anda bisa menggunakan kendaraan umum dan juga kendaraan pribadi. Lokasinya sangat mudah ditemukan, anda tingal melihat peta lokasi di atas arau anda bisa menggunakan GPS di kendaraan anda.

Nah sahabat traveler’s, demikianlah informasi terbaru salah satu tempat Galeri Seni di Bandung yang wajib anda ketahui. Dan saran saya, jika anda mau mengenal lebih dekat karya tangan sang maestro dunia yang ada di Bandung bahkan melihat langsung bagaimana Nyoman Nuarta sedang bekerja dibantu para asistennya, silahkan anda datang saja langsung ke NuArt Sculpture Park.

NuArt Sculpture Park
  • NuArt Sculpture Park

Info Gallery

Nama : NuArt Sculpture Park
Pemilik : I Nyoman Nuarta
Alamat : Jl.Stra Duta Kencana II/11 Bandung
Nomer Telepon : 022-2017812
Tiket Masuk : Gratis
Fasilitas : Sculpture Park,Gallery,N Cafe,Cottage dll
Website : www.nuarta.com

5.0
User Rating 3.2 (5 votes)
Sending
Comments Rating 5 (1 review)
loading...

One Response

  1. dian mardiana 27/04/2016

Leave a Reply