Museum Pos Indonesia – Info Fasilitas,Harga Tiket Masuk & Jam Buka

loading...

Museum Pos Indonesia РApakah anda seorang filatelis atau penyuka wisata sejarah ? Jika iya, saat waktu liburan anda mengunjungi Tempat Wisata di Bandung  Yang Menarik, anda jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi Museum Pos di Bandung.

Hai sahabat traveler’s, bertemu lagi dengan saya Kang Dian, Penulis dan admin blog infromasi Wisata Bandung yang populer dan ngehit’s, pada kesempatan kali ini saya akan berikan anda informasi seputar Tempat Wisata Sejarah di Bandung, yaitu Museum Pos Indonesia.

Semoga saja dengan sajian Tempat Wisata di Bandung yang menawarkan daya tarik wisata sejarah dan juga edukasi, akan melengkapi informasi Daftar Museum di Kota Bandung yang sudah saya bahas, seperti Museum Konferensi Asia Afrika, Museum Geologi, Museum Sri Baduga, hingga Gedung bersejarah seperti Villa Isola dan Observatorium Bosscha.

Nah lantas daya tarik seperti apa yang ada di Museum Pos Indonesia di Kota Bandung ini ? fasilitas wisata apa saja yang ada di sana ? Berapa Harga Tiket Masuk Museum Pos di Bandung ini ? termasuk dimana alamat dan bagaimana rute jalannya.

Yuk kita simak saja kupasannya di bawah ini, semoga informasi ini akan berguna bagi anda yang sedang mencari informasi tambahan atau referensi Contoh Laporan Kunjungan ke Museum Pos Indonesia bagi tugas-tugas sekolah atau kuliah anda.

Museum Pos Indonesia

Museum Pos Indonesia di Bandung

Sahabat traveler’s, jika kita berbicara seputar Tempat Wisata yang Menarik di Bandung, maka secara sepintas saja anda akan langsung teringat keindahan Tempat Wisata Alam di bandung, atau juga bagaimana serunya berlibur di Tempat Wisata di Lembang maupun Tempat Wisata di Ciwidey bukan ?

Dan kegiatan wisata di Bandung yang sangat populer sekali bagi wisatawan adalah berburu kuliner di sejumlah cafe dan restoran di Bandung yang banyak sekali, kemudian berwisata belanja di Factory Outlet Bandung hingga sejumlah Mall di Bandung dll.

Nah, namun pada bahasan kali ini kang dian akan mengajak anda untuk lebih jauh mengenal sisi Pariwisata Bandung yang juga tidak kalah menarik untuk anda datangi, yang menawarkan sisi romantisme sejarah dari masa lalu, yaitu Museum Pos Indonesia.

Sahabat traveler’s, Museum Pos di Bandung berlokasi di jalan Cilaki No 73, Kota Bandung, Jawa Barat Indonesia. Lokasinya tepat berada di sebelah kanan Gedung Kantor Pusat Pos Indonesia, atau arah sebelah timur Gedung Sate dan satu kawasan dengan Taman Pusaka Bunga Kandaga Puspa.

Perlu sahabat ketahui, bahwa Gedung Bersejarah di Kota Bandung ini adalah merupakan bangunan museum dengan model arsitektur Art Deco yang sudah berdiri sejak zaman masa kolonial belanda, yaitu tepatnya pada tahun 1933.

Namun hingga saat ini masih bertahan dan dirawat dengan baik, sehingga telah menjadi salah satu destinasi wisata bagi para pelancing dalam dan luar negeri, khususnya bagi para pecinta atau pengoleksi prangko di di indonesia dan dunia ( Filatelis )

Nah, biar lebih detil dan jelas informasi seputar Sejarah Museum Pos Indonesia di Jalan Cilaki Kota Bandung ini dari masa ke masa seperti apa, yuk kita lanjutkan saja bahasannya di bawah ini.

Sejarah Museum Pos Indonesia

Sahabat traveler’s, Gedung Museum Pos Indonesia di Kota Bandung ini adalah banguan yang merupakan hasil rancang bangun atau diarsiteki oleh dua orang berkewarganegaraan Belanda, yaitu J.Berger dan juga Leutdsgebouwdienst.

Museum Pos ini dibuka pertama kalinya pada tahun 1931, dengan nama Museum Pos, Telegraf dan Telepon (PTT), dengan sebagian besar koleksi museumnya pertama kali adalah berupa perangko yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Namun dalam perkembangannya, terutama di masa peralihan kekuasaan penjajahan di Indonesia dari pihak Belanda ke Jepang, atau sekitar masa Perang Dunia ke 2, Museum Pos ini menjadi kurang diperhatikan alias tidak terawat dengan baik bahkan terbengkalai.

Hingga kemudian pada sekitar tahun 1980, Perum Pos dan Giro, berusaha mengambil inisiatif dengan membuat sebuah panitia yang difungsikan untuk program perbaikan serta perawatan dan inventarisasi benda-benda sejarah bisa dijadikan koleksi museum Pos

Nah lantas sejarah mencatat, tepat pada Hari Bhakti Postel ke 30, yang jatuh pada tanggal 27 September 1983, Museum Pos Indonesia di Bandung ini pun akhirnya diresmikan oleh Achmad Tahir, yang pada saat itu menjabat sebagai Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi (Menparpostel) Indonesia.

Pada saat diresmikan tersebut, Museum Pos Indonesia sudah memiliki banyak koleksi benda-benda hingga perakatan yang masih terkait hubungannya dengan proses sejarah panjang Pos dari masa ke masa.

Tercatat pada waktu itu, terdapat tidak kurang benda sejarah pos dari 5 masa pemerintahan kolonialisme yang terjadi di indonesia, yaitu dari masa kompeni dan Bataafsche Republiek (1707-1803), Masa Pemerintahan Daendels (1808-1811), Masa Pemerintahan Inggris (1811-1816), Masa Pemerintahan Hindia Belanda (1866-1942), Masa Pendudukan Jepang (1942-1945) hingga masa kemerdekaan.

Sahabat traveler’s, di Museum Pos Indonesia juga anda akan tahu, bagaimana proses perubahan Pos Indonesia dari waktu ke waktu, dimana di sini tercatat bahwa Pos Indonesia ini sudah 5 kali berganti nama dan juga Lambang.

Jika diurut, maka fase perubahannya adalah adalah mulai dari Jawatan PTT (1945-1961), kemudian berubah menjadi PN Postel (1962-1965), lalu PN Pos dan Giro (1965-1978), terus Perum Pos dan Giro (1978-1995), sebelumnya akhirnya menjadi PT Pos Indonesia hingga saat ini.

Nah bagaimana sahabat traveler’s, sangat menarik bukan dengan infromasi sejarah dari perjalanan Pos Indonesia dengan Museum sejarahnya ini ?

Kegiatan Wisata Menarik di Museum Pos Indonesia

Sahabat traveler’s, jika anda bertanya, lantas kegiatan wisata yang asyik dan seru apa sih yang bisa kita nikmati jika berkunjung ke salah satu Gedung Bersejarah di Kota Bandung ini ?

Baiklah, hal menarik pertama yang bisa saya jelaskan, adalah khusus bagi anda peneliti, pecinta atau penghoby kegiatan mengumpulkan aneka jenis perangko bersejarah daeri masa lalu.

Nah, Museum Kantor Pos Indonesia di Bandung ini adalah menjadi tempat wajib alias menjadi tempat yang sangat direkomendasikan yang wajib anda kunjungi saat liburan ke kota kembang.

Di sini terdapat banyak sekali koleksi perangko dari masa ke masa baik dari dalam maupun mancanegara yang jumlahnya mencapai ribuan.

Bahkan tidak hanya beragam koleksi perangko dari seluruh dunia saja,  di Museum Pos Indonesia di kota Bandung juga terdapat beragam benda-benda pos mulai dari timbangan surat, sepeda pengantar pos juga turut dipajang sebagai barang pameran.

Barang lainnya yang turut juga dipajang adalah fase perkembangan baju dinas serta peralatan pos dari masa ke masa, mulai dari zaman kolonial hingga waktu saat ini.

Yang cukup banyak menarik perhatian pengunjung yang datang ke Museum Pos Indonesia di Bandung ini adalah terdapatnya sebuah ruangan pamer, yang memajangkan berbagai surat emas dari berbagai raja-raja nusantara kepada para komandan dan gubernur Jendral Belanda.

Perlu diketahui, bahwa surat emas tersebut sangat penting sebagai catatan sejarah perkembangan surat di tanah air, dimana surat-surat tersbut mendokumentasikan bagaimana orang masa lalu, khususnya raja-raja berkumunikasi dengan kaum penjajah.

Dan perlu juga anda ketahui, bahwa surat-surat emas yang saat ini terdapat di Museum Pos di Bandung ini sebelumnya tersimpan di salah satu Museum di negara Inggris yang jika dilihat usia suratnya mencapai ratusan tahun.

Isi dari surat-surat emas tersebut memang ada sebagian yang isinya ditujukan dari raja-raja nusantra kepada para gubernur jendral inggris pada saat menduduki indonesia seperti kepada Thomas Stamford Bingley Rafless.

Sahabat traveler’s, Museum Pos Indonesia ini terbagi ke dalam beberapa ruangan yang terpisah satu dengan lainnya, dimana di dalam setiap ruangannya menyimpan berbagai koleksi sejrah benda pos yang secara umum cukup terawat baik sekali.

Nah, begitu menarik dan pentingnya nilai sejarah dari Museum Bandung ini, maka Tempat Wisata Sejarah dan Museum di Bandung ini sangat tepat anda kunjungi bareng anggota keluarga, terutama anak-anak.

Di sini anda bisa mengenalkan sejarah sekaligus memberikan pengetahuan kepada anak-anak anda, bahwa indonesia mempunyai sejarah yang sangat tidak ternilai harganya, terutama dari sejarah perjalanan pos indonesia dari masa ke masa.

Fasilitas Museum Pos Indonesia di Bandung

Sahabat traveler’s, untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjungnya, Museum Pos Indonesia sejak tahun 2013 yang silam, sudah menyediakan fasilitas untuk memudahkan pengunjung untuk lebih baik dalam merasakan pengalaman berwisata sejarah di sini dengan lebih fun.

Gadget Win Audio Tour Guide adalah fasilitas yang dimaksud yang merupakan sebuah perangkat yang memiliki tombol angka, dimana setiap pengunjung dapat mendengarkan informasi langsung berupa audio dari benda yang ada di museum, hanya dengan menekan tombol angka di ruang pamer.

Perangkat Audio Tour Guide yang tersedia di ruang pamer Museum Pos ini saat ini terdapat tidak kurang dari 50 Audio Guide, yang bisa menjelaskan dalam dua bahasa, yaitu bahasa indonesia dan juga inggris.

Dengan perangkat elektronik yang inovatif ini tentunya diharapkan setiap pengunjung akan dapat mendapatkan informasi secara detil dan lengkap, serta semakin nyaman di dalam museum serta akhirnya akan senang tidak bosan berkunjung ke museum.

Harga Tiket Masuk Museum Pos Indonesia

Sahabat traveler’s, seperti pada umumnya tempat wisata berupa museum, maka untuk menyediakan Tempat Wisata di Bandung yang Murah dan terjangkau bagi masyarakat, pemerintah kota Bandung pun tidak memungut biaya apa pun bagi anda yang datang ke Museum Pos di Bandung ini alias Gratis.

Alamat Museum Pos Indonesia Bandung

Jalan Cilaki No 73, Kota Bandung, Jawa Barat Indonesia

Nomer Telepon Museum Pos Indonesia di Bandung

Untuk informasi kegiatan atau acara, kemudian reservasi tempat bagi anda yang mau datang secara rombongan, atau informasi penting lainnya yang anda butuhkan, silahkan anda bisa menghubungi kontak telepon Museum Pos di 022-4206195

Jam Buka Museum Pos Indonesia

Waktu operasional Museum Pos ini adalah setiap hari, Senin hingga Sabtu dan Minggu Libur, mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Peta Lokasi Museum Pos Indonesia Bandung

Silahkan anda bisa melihatnya di sini

Rute Jalan Menuju Museum Pos Indonesia

Sahabat traveler’s, lokasinya yang berada tepat berada di pusat kota dan gedung pemerintahan provinsi Jawa Barat, maka membuat tempat ini sangat mudah anda temukan, baik dengan kendaraan pribadi maupun dengan transportasi umum.

Tempat Wisata di Sekitar Museum Pos Indonesia

Sahabat traveler’s, jika anda mengunjungi Museum yang satu ini, maka anda pun bisa mengakses cukup mudah beberapa Tempat Wisata di Kota Bandung yang sangat teerkenal lainnya seperti ;

Tidak jauh dari sana, anda bisa mengunjungi salah satu Taman Kota Bandung, yaitu Taman Pustaka Bunga Kandaga Puspa, kemudian Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang terkenal Youghurt Cisangkuy dan Nasi Bancakan, serta Coffee Shop di Bandung, yaitu Kopi Progo.

Bagaimana sahabat traveler’s ? sangat menraik bukan informasi sejarah yang terdapat di kota Bandung ini ? apakah anda tertarik untuk datang ke sini ? atau sekaligus mengunjungi Tempat Wisata yang Menarik di Bandung lainnya ?

Jika iya, maka sebelum menutup tulisan ini, ada sedikit Tips Wisata ke Bandung dari saya yang mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi anda yang tengah merencanakan perjalanan wisata ke kota Bandung.

Tipsnya adalah, jika anda mau liburan ke bandung dengan cara yang lebih mudah dan harganya Murah, maka saya rekomendasikan anda untuk menggunakan jasa perjalanan wisata dari tarvel agency atau Tour Travel Bandung.

Dapatkan beragam penawaran Program Paket Wisata Bandung Murah dari mereka, namun dengan layanan yang berkualitas, seperti Paket Wisata Bandung 2 Hari 1 Malam atau Paket Wisata Bandung 3 Hari 2 Malam.

Silahkan komunikasikan saja rencana perjalanan wisata anda, kemudian negosiasikan budget wisata anda, maka mereka akan membantu serta memfasilitasi liburan impian anda di Bandung dengan sepenuh hati.

Nah sahabat traveler’s, demikianlah informasi dari saya seputar Tempat Wisata di Bandung yang menawarkan daya tarik wisata sejarah dan edukasi, yang wajib anda kunjungi, yaitu Museum Pos Indonesia.

Museum Pos Indonesia
Museum Pos Indonesia di Bandung

Place Name: Museum Pos Indonesia

Place Description: Tempat Wisata Sejarah dan Edukasi Museum Kantor Pos di Kota Bandung

More...

  • Museum Pos Indonesia
  • Fasilitas
  • Akses

Ringkasan

Nama : Museum Pos Indonesia
Alamat : Jl.Cilaki no 73 Bandung
Nomer Telepon : 022-4206195
Jam Buka : Senin-Sabtu,09.00-16.00 WIB
Harga Tiket Masuk : Gratis
Fasilitas : Audio Guidetour dll
Website :museumpos.org

4.7
User Rating 0 (0 votes)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
loading...