Maribaya Bandung – Natural Hot Spring Resort

Loading...

Maribaya Bandung – Bandung yang populer sebagai kota berjuluk Paris Van Java nya Indonesia adalah destinasi wisata Favorit wisatawan, khususnya warga Jakarta dan sekitarnya. Jarak tempuhnya yang sangat dekat, terlebih jika proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung selesai di tahun 2019, maka dipastikan hanya ditempuh kurang dari 35 menit waktu perjalanan. Suhu udara yang sangat sejuk ditambah tempat wisata alamnya yang sangat indah, menjadikan kota kembang sebagai buruan liburan di akhir pekan dan musim liburan, dan salah satunya adalah kawasan Maribaya Lembang Bandung.

Halo sahabat traveler’s pecinta wisata bandung, jumpa lagi dengan saya penulis blog informasi tempat wisata di bandung dan sekitarnya yang menarik. Kali ini saya akan melengkapi informasi seputar objek wisata di kawasan wisata lembang yang terkenal, yang sangat rekomended anda kunjungi bersama keluarga ketika liburan di Bandung, Taman wisata Maribaya Bandung. Pada tulisan sebelumnya saya juga sudah menuliskan tempat wisata menarik di lembang lainnya, seperti Terminal Grafika Cikole, Dusun Bambu, Floating Market dan masih banyak yang lainnya.

Maribaya Bandung

Maribaya Bandung

Maribaya Natural Hot Spring Resort Water Fall

Sahabat Traveler’s, Maribaya¬†adalah salah satu lokasi tempat wisata di utara kota Bandung dengan luas area hampir 6 Hektar, tepatnya berada di sebelah timur kawasan Wisata Lembang. Kawasan ini sejak pertama kali diketemukan lebih populer karena adanya pemandian air panasnya, akan tetapi selain daripada itu, Maribaya pun terkenal wisatanya karena kawasan alamnya yang masih sangat alami, ditumbuhi pepohonan besar nan hijau dan asri serta berada di dalam kawasan wisata Dago pakar atau Taman Hutan Raya Djuanda.

Sahabat traveler’s, setelah bebarapa waktu lamanya tempat wisata yang cukup populer dengan wisata air terjun dan pemandian air panasnya ini sempat ditutup dari kunjungan wisatawan karena sedang dilakukan pemugaran atau renovasi, namun sejak bulan Juli 2015 yang lalu, tempat ini pun sudah mulai dibuka lagi untuk umum. Dengan konsep wisata yang baru, baik dari tampilan maupun layanan, maka tempat ini pun sekarang bernama Maribaya Natural Hot Spring Resort, dan inilah wajah dan pesona baru wisata air terjun Maribaya Bandung.

Nah sahabat traveler’s, jika kemudian anda bertanya, apa sih yang menarik ketika anda berwisata ke Maribaya Lembang Bandung ini ? Yuk, kita lanjutkan saja membacanya di bawah ini.

Wisata Maribaya Bandung

Wisata Maribaya Bandung

Wisata Maribaya Bandung

Seperti yang saya jelaskan di atas, selain anda akan menemukan pemandian air panas alami yang menyegarkan dan menyehatkan, objek wisata menarik lainnya yang ada di kawasan wisata Maribaya antara lain adalah terdapatnya banyak lokasi wisata air terjun yang sangat indah pemandangannya seperti Curug terbesar di maribaya yaitu Curug Omas, dan masih banyak lokasi Curug-curug kecil yang eksotis lainnya seperti Curug Cikawari, Curug Cigulung dan Curug Cikoleang. Kenapa kawasan ini terdapat banyak air terjunnya ? ya karena Maribaya adalah daerah yang dialiri 2 aliran sungai yaitu Sungai Cigulung dan Cikawari,

Wisata lainnya yang menarik yang kebanyakan wisatawan nikmati ketika berkunjung ke sini adalah menikmati sejuk dan segarnya hamparan perkebunan teh di sekitar Maribaya. Banyak sekali wisatawan terutama pelancong mancanegara yang sengaja datang dan menikmati pemandangan alam berupa hamparan perkebunan teh yang sangat indah, hijau dan di atasnya diselimuti kabut putih yang tebal, sehingga memancarkan pesona khas alam Parahyangan, dan membuat mata dan perasaan hati nyaman ketika menikmatinya.

Jika anda ingin lebih menikmati sensasi wisata alam Maribaya Lembang Bandung, maka masuklah ke bagian dalam kawasan hutannya yaitu ke wilayah taman hutan Raya Djuanda. Di sana anda akan menemukan peninggalan sejarah berupa goa-goa, seperti yang terkenal adalah Goa Belanda dan Goa Jepang. Dengan melihatnya maka anda akan kagum sekaligus takjub mengingatkan kembali, bagaimana berat dan pengorbanan besar orang-orang tua kita zaman dulu yang dipaksa kerja Rodi untuk bekerja menggali dan membongkar bebatuan Gunung hingga menembus satu sisi ke sisi yang lainnya sehingga membentuk Gua yang panjang dan mempunyai banyak lorong di dalamnya.

Taman Wisata Maribaya Bandung

Taman Wisata Alam Maribaya Bandung

Sahabat traveler’s, kegiatan seru lainnya yang bisa anda nikmati adalah, atraksi gratis sejumlah hewan liar yang termasuk langka di kawasan wisata Maribaya Bandung ini, sambil anda melakukan tracking melintasi kawasan hutan Ir.H.Djuanda. Yang paling sering menampakan diri dari sekian banyak satwa langka di dalam kawasan wisata Taman Hutan Raya Djuanda adalah sekumpulan kera atau monyet yang terkadang berusaha mendekat ke arah pengunjung atau mereka sedang berusaha mencari makanan di dalam habitat hidupnya.

Satu hal lagi yang harus anda tahu adalah, pasca dibukanya kembali Maribaya dengan konsep sebuah kawasan wisata baru di Lembang dengan sebutan Maribaya Natural Hot Spring Resort, maka di tempat ini juga telah dibangun pusat wisata kuliner berupa Food Court, bahkan Maribaya pun kini menjadi salah satu lokasi Cafe di Bandung yang sangat khas dan sangat rekomended untuk anda kunjungi, yaitu Twig Cafe.

Dengan terusnya dilakukan renovasi dari waktu ke waktu, objek wisata Maribaya Lembang Bandung ini, semakin siap untuk memberikan kenyaman bagi semua pengunjungnya, dengan tampilan yang lebih modern serta penambahan fasilitas-fasiltas yang akan membuat wisatawan yang datang betah berlama-lama di sini.

Sejarah Maribaya Bandung

Sejarah Maribaya Bandung

Sejarah Maribaya Bandung

Sahabat traveler’s, berbicara seputar sejarah tempat-tempat wisata yang ada di kota Bandung dan sekitarnya pastilah sangat menarik untuk kita selediki atau hanya sekedar mengetahui saja. Coba anda telusuri misteri hilangnya danau purba Bandung di artikel yang pernah saya buat Misteri Sanghyang Tikoro. Atau anda juga bisa membaca sejarah peradaban urang sunda di Bandung di artikel Misteri Awal dan Hancurnya Kota Bandung, atau bahkan yang sangat populer Misteri Curug Malela.

Nah, sama dengan Maribaya Bandung, tempat ini pun ternyata menyimpan keagungan sejarah yang sangat tak ternilai harganya, karena merupakan bagian nilai tradisi agung adat dan istiadat serta kebiasaan orang-orang tua dulu atau nenek moyang kita di zaman dahulu kala. Seperti apa Sejarah, Mitos dan Misteri dari Maribaya ini ? yuk kita simak di bawah ini.

Sahabat traveler’s, Sejarah Maribaya Bandung dimulai dari sebuah tempat berupa perkampungan kecil persis di kaki Gunung Masigit yang dialiri dua sungai. Di situ hidup seorang lelaki tua yang bernama Eyang Raksa Dinata dengan kehidupan yang sederhana dan apa adanya. Dia adalah merupakan ayah dari wanita yang terkenal dengan kecantikannya dan merupakan primadona kampung tersebut dan menjadi bahan pembicaraan kaum pria yang terpikat oleh pesona kecantikan dan kebaikan pribadinya, yaitu Maribaya.

Melihat kenyataan kehidupan yang jauh dari berkecukupan dan lama menahan kecemasan takut terjadi sesuatu yang buruk atau mencelakai sang puterinya yang cantik, maka sang ayah eyang raksa dinata pun dengan dorongan ingin membahagiakan anaknya Maribaya beserta dengan cucu-cucunya kelak dikemudian hari, maka ayah maribaya ini pergi bertapa ke gunung tangkuban perahu selama 7 hari 7 malam sambil berpuasa.

Menginjak beberapa hari bertapa, kemudian eyang raksa dinata mendapatkan suara ghaib, dan ia pun diberi sesuatu berupa 2 buah bokor yang berisi di dalamnya air. Di dalam pesan wangsitnya tersebut eyang raksa dinata disuruh oleh suara ghaib tersebut untuk membawa bokor berisi air tersebut ke arah barat dan timur, serta tidak lupa untuk menumpahkan isinya di hutan.

Setelah yakin maksud dirinya bertapa tersebut dikabulkan oleh sang maha kuasa, akhirnya eyang raksa dinata mengakhiri tapanya dan bergegas pulang kembali ke rumahnya dan setelahnya segera ayah maribaya ini melakukan apa yang diperintahkan untuknya dari suara ghaib tersebut. Setelah 2-3 hari melakukan ritual yang diperintahkan, ternyata dari ke dua tempat yang dijadikan tempat ditumpahkannya bokor air tersebut ternyata telah menjadi sumber mata air panas.

Nah, setelah kejadian itulah, maka berduyun-duyunlah orang datang ke tempat munculnya air panas tersebut ( Taman Wisata Maribaya ), selain didrorong oleh rasa ingin tahu, ternyata sumber mata air panas yang diyakini banyak mengandung mineral seperti Belerang ini ampuh digunakan sebagai cara terapi orang zaman dahulu untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit, dan sejak saat itulah kemudian kehidupan eyang raksa dinata dan Maribaya berubah jauh menjadi lebih baik, karena sumber mata air panas itu menjadi sumber mata pencaharian mereka.

Eyang Raksa Dinata mempunyai 5 orang anak, yaitu Marhadi ( prabu langlang buana ), Maribaya, Emeh, Karsih dan Karsah. Dan sebagai simbol bentuk dari usahanya yang telah berhasil merubah nasib keluarga serta anak cucunya di kemudian hari, maka eyang raksa dinata pun memberikan nama di mana lokasi sumber mata air panas tersebut dengan nama puteri cantik yang sangat ia sayangi, yaitu Maribaya.

Mitos Maribaya Bandung

Sahabat traveler’s, jika anda di atas sudah membaca tentang sejarah dari tempat wisata yang populer dengan Maribaya Bandung ini, maka sekarang adalah saya akan memberikan informasi seputar mitos-mitos yang melingkupi taman wisata Maribaya Lembang ini. Dan seperti apakah mitos-mitosnya tersebut ? yuk kita simak satu persatu di bawah ini, yang penulis peroleh dari penduduk sekitar dan pengelola tempat wisata yang terkenal dengan curug dan pemandian air panas maribaya nya ini.

  1. Jika anda berkunjung ke tempat ini, ada pantangan supaya jangan memakai baju berwarana merah. menurut cerita mitosnya, jika anda memaksakan memakai baju berwarna merah maka biasanya akan mengalami kecelakaan.
  2. Jangan membunyikan alat-alat musik pukul seperti gong dan alat musik tipu seperti suling. Menurut mitos Maribaya, maka jika anda memukul Gong atau meniuo suling, maka hujan akan segera turun.
  3. Jika anda dataang ke sini dan kemudian membawa banyak makanan, jangan coba-coba memakan banyak cabai yang banyak sehingga membuat anda kepedasan. Mitosnya pasti anda akan mengeluarkan banyak keringat ( Sepertinya ini bukan mitos ya, tapi realistis )

Believe it or Not !?

Fasilitas Maribaya Bandung

Fasilitas Maribaya Bandung

Fasilitas Wisata Maribaya

Sahabat Traveler’s, sebagai sebuah destinasi wisata yang populer dengan kawasan wisata alamnya berupa hutan yang masih sangat alami yang banyak menyimpan sejarah serta benda cagar hingga banyak sekali air terjun atau curug yang ada di dalam lokasinya, maka tempat ini pun telah dilengkapi dengan fasilitas wisata yang cukup baik untuk memberikan kenyaman berwisata setiap pengunjung yang datang ke sana, terlebih pasca direnovasi.

Diantara fasilitas wisata yang terdapat di Maribaya antara lain adalah panggung hiburan, penyewaan kuda tunggang, toko atau kios souvenir dan tanaman hias khas lembang yang bisa anda jadikan atau bawa pulang ke kota masing-masing sebagai oleh-oleh khas bandung, aula untuk pertemuan, tempat beribadah seperti mushola. Dan berikut daftar fasilitas wisata di Maribaya Lembang selengkapnya yang terbaru.

  • Food Court Langlang Buana
  • Kolam tangkap ikan Talaga Giri
  • Kolam pancing talaga giri
  • Area barbeque Saung Iteung
  • Kolam ikan air dingin
  • Kolam rendam kaki air panas
  • Kolam rendam air panas alam
  • Twig cafe dengan kapasitas 250 orang
  • Yoga hill swargaloka
  • Kolam rendam VIP Tirta Sawarna
  • Kamar rendam Tirta Raga
  • Amphitheatre Bale Pinton
  • Sky Bridge di area Bale Pinton
  • Area bermain anak
  • Kios sayur dan buah
  • Parkir
  • Toilet
  • Mushola

Wisata Kuliner di Maribaya Bandung

Sahabat traveler’s, sejak dibuka dengan konsep baru yang lebih modern, kini ketika anda berkunjung ke sini tidak perlu khawatir atau repot jika perut anda lapar atau ingin menikmati sajian kuliner seperti makanan khas bandung dan menu kuliner indonesia lainnya sambil bisa menikmati sejuk dan pesona keindahan alam sekitar maribaya.

Banyak sekali menu kuliner baik makanan yang lezat maupun minuman yang menyegarkan yang dapat anda nikmati di food court maupun cafe maribaya lembang bandung ini, seperti gado-gado, soto ayam, ikan goreng, nasi goreng bandung, soto makasar, soto madura, garang asam, sayur lodeh, soto betawi dan ragam menu kuliner yang siap memanjakan lidah dan menggoda selara anda.

Untuk harga makanan dan minuman di Maribaya pun tidak perlu khawatir, sesuai dengan kenikmatan cita rasa dan apa yang bisa anda nikmati di sini, harga paketan kulinernya mulai Rp.55.000.

Harga Tiket Masuk Maribaya Bandung

Untuk tiket masuk di Maribaya ada beberapa jenis tiket yang harus anda beli dan disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari tiket masuk kawasan Maribaya Natural Hot Spring Resort hingga tiket masuk ke objek wisata yang ada di dalamnya seperti Foot Spa dan kolam pemandian air panas. Dan berikut adalah daftar harga tiket masuk di Maribaya dan berlaku untuk pengunjung di atas 3 tahun.

  1. Tiket Masuk Rp.35.000
  2. Foot Spa Rp.30.000
  3. Deluxe Pool Rp.75.000
  4. Vip Pool Rp.150.000

Alamat Mraibaya Bandung

  • Tempat wisata Maribaya lokasinya berada 5 KM dari pasar Lembang dan 20 KM dari arah kota Bandung, tepatnya beralamat di Jalan Maribaya No 105-212, Lembang Bandung Barat, Jawa Barat Indonesia

Nomer Telepon Maribaya Bandung

  • Untuk informasi terbaru kegiatan acara, harga tiket masuk hingga reservasi, silahkan anda hubungi nomer telepon Maribaya Natural Hot Spring Resort di (022)2000190 Fax (022)2004440

Jam Buka Maribaya Bandung

Berdasarkan informasi terbaru per tanggal 12 November 2015, Maribaya Natural Hot Spring Resort hanya buka di hari-hari sebagai berikut :

  • Jum’at/Sabtu/Minggu, Mulai jam 08.00 – 20.00 WIB
  • Libur Nasional, mulai jam 08.00 – 20.00 WIB

Peta Lokasi Maribaya Bandung

  • Untuk melihat peta lokasi map Maribaya di Lembang, silahkan Buka di sini.

Rute Jalan Menuju Maribaya Bandung

Sahabat traveler’s, untuk menuju lokasi taman wisata Maribaya Lembang Bandung ini, anda bisa mempergunakan kendaraan roda dua atau juga roda empat seperti mobil. Tempat parkir di sana sangat luas dan aman. Dan berikut adalah 2 cara akses menuju Maribaya dari arah kota Bandung.

  1. Jalan Dr.Setiabudhi – Ledeng – Lembang
  2. Jalan Ir.H.Djuanda – Dago Giri – Cikidang Lembang

Tempat Wisata di sekitar Maribaya Bandung

Nah sahabat traveler’s, jika anda tidak puas hanya berwisata di taman wisata Maribaya atau Maribaya Natural Hot Spring Resort, atau waktu kunjungan liburan anda lama dengan bermalam di Hotel di Lembang Bandung, maka berikut adalah objek-objek wisata yang ada di sekitar taman wisata Maribaya yang bisa anda kunjungi seperti De Ranch, Jendela Alam, Taman Bunga Cihideung, Rumah Bunga Rizal, Taman Miniatur kereta Api, Rumah sosis dan masih banyak yang lainnya.

Hotel di Sekitar Wisata Alam Maribaya Bandung

Fasiltas Hotel GH Universal Bandung

GH Universal Bandung

Sahabat traveler’s, jika anda mengunjungi berbagai tempat rekreasi di Bandung dalam beberapa hari, tidak salah jika anda mencari tempat penginapan di Bandung untuk dijadikan sebagai tempat peristirahatan atau bermalam. Ada banyak sekali tempat bermalam di Bandung khususnya Lembang yang bagus, nyaman dan aman. Jika anda anda adalah pasangan muda yang baru menikah dan ingin melakukan Honey moon anda bisa coba memilih salah satu Hotel Romantis di Bandung . Namun jika anda datang berlibur ke Bandung untuk menghabiskan waktu liburan anda bersama keluarga atau banyak orang, anda bisa memilih salah satu dari daftar hotel di Bandung di bawah ini.

Saran saya sebagai tips memilih hotel di bandung yang terbaik yang berada di sekitar Maribaya Natural Hot Spring Resort adalah gunakan layanan booking hotel terbaik di dunia, yang bisa memberikan jaminan garansi harga yang terbaik dan paling murah, yaitu Booking.com. Kemudahan yang akan didapat ketika anda menggunakan layanan yang paling banyak penggunanya di Dunia ini adalah gratis untuk pemesanan hotel, karena anda cukup membayar tarif sewa kamar ketika anda check in di hotel pilihan anda alias tidak perlu membayar dengan transfer uang. Nah, sebelum anda kehabisan kamar hotel, sekalian anda bisa melihat Review dan PROMO DISKON HOTEL DI LEMBANG 50% khusus hari ini, silahkan saja pesan langsung di sini via Booking Now

Nah sahabat traveler’s, demikianlah informasi lengkap seputar Maribaya Bandung.

https://www.youtube.com/watch?v=SJJrmW9mQR4

Maribaya Bandung
  • Maribaya Bandung

Info Wisata

Alamat :Jalan Maribaya No 105-212, Lembang Bandung
Nomer Telepon :022-2000190
Jam Buka :08.00 - 20.00 WIB
Tiket Masuk :Rp.35.000
Fasilitas :Kolam Renang,Restoran,Cafe,Permainan dll

5.0
User Rating 0 (0 votes)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
loading...

Leave a Reply