Makanan Khas Bandung Paling Edun Enaknya !!

Makanan Khas Bandung – Bicara kota Bandung, pasti identik dengan sebuah kota yang sangat menarik untuk kita kunjungi. Selain terkenal dengan julukan kota kembang karena mojang bandung nya yang cantik, berjuluk Paris Van Java karena udaranya yang sejuk bersahabat, kota sejarah dengan bandung lautan apinya, kota sepakbola karena klub sepakbolanya Persib, serta tentunya bagi anda wisatawan, Bandung adalah surga wisata dengan sejumlah tempat wisata di bandung yang terkenal sangat menarik, seperti wisata alam bandung yang indah, wisata belanja bandung yang beragam dan murah dan pastinya wisata kuliner bandung yang terkenal lezat dan khas, seperti makanan khas Bandung.

Sahabat traveler’s jumpa lagi dengan saya penulis blog info wisata Bandung dan sekitarnya.Kali ini saya akan ajak anda mengeksplorasi seputar aneka wisata kuliner bandung, khususnya tentang makanan khas bandung yang terkenal sangat beragam dan banyak sekali, serta cita rasanya sangat khas dengan harga yang dijamin murah untuk anda beli dan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas bandung, jika anda membelinya ketika mau pulang ke kota masing-masing.

Makanan Khas Bandung

Makanan Khas Bsndung

Makanan Khas Bandung – Surabi adalah makanan khas kota kembang yang paling digemari

Sahabat traveler’s, Jika anda perhatikan, saat ini kota Bandung dengan segala keistimewaannya sudah seperti menjadi magnet yang luar biasa bagi para pelancong. Tidak hanya turis lokal yang didoniminasi warga ibukota jakarta saja, kota kembang pun telah sejak lama menjadi daya tarik sendiri bagi para pelancong asal mancanegara untuk bisa menghabiskan waktu luangnya bersama sahabat, teman, keluarga hingga pasangan atau orang tercinta.

Seperti yang sudah saya singgung di atas, dari sekian banyak daya tarik yang dimiliki kota bandung sebagai destinasi favorit wisatawan sehingga setiap akhir pekan apalagi ketika musim liburan bandung sangat begitu padat, ramai dan penuh serta jalanan macet dengan kendaraan adalah bandung punya ragam wisata kuliner yang khas dan tak akan mudah menemukan di kota-kota lain, seperti makanan khas bandung yang terkenal enak, unik dan sangat menggoda selera, mulai dari bercita rasa tradisional hingga modern.

Nah sahabat traveler’s, selain populer dengan keaneka ragaman makanan khas Bandung yang memang sangat banyak, sehingga akan memberikan anda banyak pilihan untuk menikmatinya, rata-rata makanan khas kota bandung ini pun terkenal dengan harganya yang sangat murah, namun jangan salah, makanannya memiliki keunikan cita rasa yang sangat khas dan dijamin enak.Dan untuk itu silahkan anda perhatikan, pusat-pusat wisata kuliner bandung dan toko-toko yang menjual oleh-oleh khas kota bandung pasti selalu ramai dengan pengunjung hingga sampai mengantri untuk mendapatkan aneka makanan khas bandung itu.

Penasaran apa saja makanan khas bandung yang paling terkenal dan harus anda ketahui bahkan menjajalnya ketika liburan ke bandung ? baiklah, yuk kita simak bersama-sama di bawah ini :

Daftar Makanan Khas Bandung

Daftar Makanan Khas Bandung

Daftar Makanan Khas Bandung

Sahabat traveler’s pecinta kuliner bandung, baiklah jika pada bahasan wisata kuliner bandung yang lalu, saya pernah menuliskan artikel terpopuler di blog Tempatwisatadibandung.info seperti Tempat wisata kuliner malam bandung paling Hot serta cara berwisata kuliner terbaru yang hanya ada di kota bandung yaitu restoran berjalan berupa sebuah bus yang populer dengan street gourmet, maka inilah daftar makanan khas bandung paling terkenal, paling enak dan paling diburu wisatawan yang berwisata ke bandung.

Sahabat trqveler’s pecinta “katuangan urang bandung“, daftar makanan khas bandung yang akan kita bedah di bawah ini adalah kuliner dari berbagai makanan olahan berupa masakan. Masakan tersebut bisa berupa lauk pauk, makanan cemilan atau penganan hingga minuman pun akan saya berikan informsinya untuk anda. Dan aneka ragam makanan khas bandung di bawah ini adalah sebagian dari makanan yang paling populer, yang mungkin bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasinya.

1.Peuyeum

Makanan Khas Bandung Peuyeum

Peuyeum Bandung

Tape atau peuyeum Bandung merupakan makanan yang dibuat dari singkong yang difermentasi dengan ragi. Peuyeum Bandung berbentuk satu singkong utuh dan juga tidak basah. Para pedagang biasanya menjual peuyeum dengan cara digantung dalam beberapa batang.

Makanan khas yang satu ini bisa Anda jumpai di banyak tempat di Kota Bandung. Lebih tepatnya di setiap tempat oleh-oleh yang ada di Bandung. Tak heran jika banyak orang yang menjadikan peuyeum sebagai buah tangan ketika berkunjung ke Bandung.

2.Colenak

Makanan Khas Bandung Colenak Peuyeum

Colenak Peuyeum

Tak lengkap rasanya jika Anda mengenal peuyeum, tapi tidak mengenal makanan khas yang satu ini. Yups… pasalnya colenak terbuat dari peuyeum yang dibakar dengan saus yang terbuat dari parutan kelapa dengan gula merah. Namanya unik, colenak atau ‘dicocol enak’. Rasanya memang enak dan termasuk salah satu makanan khas Sunda yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Anda wajib mencobanya! Namun, Anda harus berusaha mencari tempat-tempat yang menyediakan makanan yang satu ini. Karena Colenak adalah makanan khas Sunda yang tidak bisa Anda jumpai di setiap tempat makan yang ada di Kota Bandung. Tentu saja makanan ini hanya disajikan di beberapa tempat saja. Selamat berburu!

3.Surabi

Makanan Khas Bandung Surabi

Surabi

Surabi atau bisa dibilang pancake ala Jawa Barat terbuat dari tepung beras dibakar di atas tungku kayu dan pada hasil akhir ditambahkan kuah cair manis dari gula merah. Surabi ini memang tidak hanya ada di Bandung namun hanya di Bandung saja Anda dapat menikmati Surabi dengan variasi toping juga sausnya, seperti surabi enhaii di setiabudi

Ya, kini surabi sudah bisa dikombinasikan dengan berbagai makanan lain seperti keju, coklat, dan lainnya. Saat ini banyak tempat nongkrong anak muda Bandung yang menyajikan surabi dengan berbagai variasi yang pasti tetap tidak meninggalkan ke-khas-an surabinya sendiri.

4.Cireng

Makanan Khas Bandung Cireng

Cireng

Makanan lainnya yang dibuat dari bahan dasar aci adalah cireng yang merupakan singkatan dari aci digoreng. Biasanya cireng polos dijual di tukang gorengan dan bisa dimakan secara langsung atau dicocol ke sambal, saus, ataupun kecap.

Akan tetapi seiring dengan perkembangan jaman, cireng kini juga tersedia dengan berbagai macam isi, seperti abon, keju, daging, dan lainnya. Selain isinya, bentuk dari cireng juga sekarang sudah bermacam-macam.

 

5.Cilok

Makanan Khas Bandung Cilok

Cilok

Dengan bentuk yang bulat-bulat kenyal, habis dalam sekali lahap, cilok juga merupakan jajanan yang digandrungi di Jawa Barat khususnya di kota Bandung. Walaupun cilok sekarang ini lebih sering dijumpai di lingkungan sekolahan, tapi cilok atau yang kepanjangannya ‘aci dicolok’ ini sudah banyak inovasi-inovasinya. Cilok yang dulunya hanya berbumbu kacang, sekarang anda bisa mencicipi cilok dengan saus mayonnaise juga isian yang bermacam-macam.

Salah satu tempat makan enak cilok di bandung yang saat ini paling populer adalah Mochilok Bandung, yang berlamat di jalan sekeloa No 31 Dipatiukur, lokasinya dekat dengan warung pasta bandung. Di sana anda bisa menikmati sajian modifikasi olahan cilok dan mochi yang dipadukan dengan es krim, sehingga menciptakan sensasi bentuk yang unik dengan rasa yang spesial.

6.Cimol

Makanan Khas Bandung Cimol

Cimol

Ada cilok, ada pula cimol yang merupakan singkatan dari aci digemol. Cimol yang berbahan dasar sama dengan cilok ini perbedaannya adalah cara membuatnya yaitu digoreng. Bentuknya tetap bulat kecil-kecil dan digoreng lalu ditaburkan bumbu kering yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing; ada bumbu pedas, kacang, pedas asin dan lain-lain.

Untuk mendapatkan penganan atau jajanan paling populer di kota bandung dan juga jawa barat ini sangat mudah sekali. Sepanjang jalan di kota bandung hingga ke pelosok menuju ke berbagai tempat wisata di kota bandung seperti di kawasan kopo bandung, anda akan bisa menjumpainya, terlebih jika anda sedang rekreasi di pusat kota bandung seperti alun-alun kota bandung.

7.Batagor

Makanan Khas Bandung Batagor

Batagor

Jajanan yang kepanjangan dari baso tahu goreng ini adalah salah satu jajanan tradisional terfavorit khas Bandung. Anda akan dapat menemui tukang batagor hampir di setiap jalan di kota Bandung; di sekolah-sekolah, sekitaran perkantoran, atau di setiap keramaian Bandung seperti di sejumlah pusat perbelanjaan kota bandung seperti di Festival Citylink Bandung.

Tahu berbalut tepung adonan ikan tenggiri yang dimakan dengan saus kacang ini bisa dibilang masih menjadi primadona di antara jajanan-jajanan enak khas Bandung yang lain. Terdapat dua variasi batagor yang cukup digemari saat ini, yakni batagor kering dan batagor kuah.

Untuk menikmati batagor, Anda bisa memilih tempat jajan batagor yang sesuai dengan kantong masing-masing. Terdapat beberapa nama tempat jajan batagor ternama di Bandung yang wajib Anda coba seperti batagor Kingsley, batagor Riri, dan lainnya.

8.Combro

Makanan Khas Bandung Combro

Combro

Comro atau oncom di jero ini terbuat dari parutan singkong dengan isi sambal oncom yang kemudian digoreng. Jajanan ini pas untuk dinikmati sore hari dan disajikan dengan teh manis panas. Sama halnya batagor, comro ini juga sangat mudah untuk dicari dan bisa dibeli dengan harga yang murah.

Ada beberapa titik tempat jualan combro yang terkenal sangat enak dan gurih, dan biasanya di waktu sore hari lokasinya dipenuhi oleh para pengunjung yang mencari makanan khas bandung ini, yaitu di sekitar lapangan tegalega Bandung atau di sekitar terminal leuwipanjang dekat dengan Cibaduyut.

9.Misro

Makanan Khas Bandung Misro

Misro

Misro merupakan saudara kembar dari comro. Misro sendiri merupakan singkatan dari amis di jero yang artinya manis di dalam. Cara pembuatannya hampir sama seperti comro. Yang membedakan hanyalah isinya, di mana misro ini berisi gula jawa sehingga rasanya manis.

Untuk menemukan cemilan khas bandung ini sangat mudah, anda bisa menemukannya si hampir sepanjang jalanan kota bandung, terutama di sekitar pasar-pasar atau pusat perbelanjan di kota bandung dan sekitarnya. Bahkan di sebagian tempat nongkrong di bandung, makanan ini pun biasanya tersedia.

10.Seblak

Makanan Khas Bandung Seblak

Seblak

Jajanan yang termasuk baru ini terbuat dari kerupuk rebus setengah matang yang diracik dengan bumbu-bumbu seperti kencur, cabe, bawang putih dan sedikit penyedap rasa. Tapi bukan seblak namanya kalau tidak membuat Anda kepedesan dan garuk-garuk kepala karena inilah ciri khasnya.

Banyak penjual seblak yang mengembangkan usahanya dengan memberi variasi seperti menambah atau mengganti seblak jadi bukan hanya kerupuk. Ada seblak ceker, seblak tahu dan lain-lain. Hampir di setiap sudut Kota Bandung Anda bisa menemukan penjual seblak dengan berbagai variasinya.

11.Perkedel Bondon

Makanan Khas Bandung Perkedel Bondon

Perkedel Bondon

Perkedel kentang yang dimasak atau digoreng di atas tungku api, dan bahan bakan untuk menyalakan api/baranya menggunakan kayu atau arang. Mungkin cara memasaknya ini lah yang membuat perkedel ini sangat nikmat disajikan panas panas dan dengan sambal saja sudah cukup untuk menemani nasi sebagai lauk untuk bersantap.

Tempat kuliner di bandung yang spesial menyajikan perkedel bondon, berlokasi di jalan babakan stasiun Hall No 43 Bandung.Tempat ini selalu ramai menjelang waktu tengah malam, sehingga menjadi salah satu tempat makan unik di bandung yang wajib anda coba.

12.Pisang Molen

Makanan Khas Bandung Pisang Molen

Pisang Molen

Pisang molen adalah suatu hidangan ringan berbahan baku pisang yang dilapisi lembar-lembar adonan dan kemudian digoreng. Hidangan ini merupakan variasi dalam pengolahan dari pisang goreng, rasanya sangat khas, manis dan cakial dan sangat nikmat dimakan hangat-hangat.

Untuk menemukan makanan khas bandung ini, sangat mudah, karena di sepanjang jalanan kota bandung, terutama di pedagang kaki lima di dalam gerobak-gerobak yang berjejer, selalu tersedia pisang molen ini.

13.Keripik Setan

Makanan Khas Bandung Keripik Setan

Keripik Setan

Keripik Setan adalah keripik singkong yang dibumbui dengan bumbu cabai yang sangat pedas. Keripik setan ini ada berbagai merek tapi yang akhir akhir ini paling hits adalah Keripik Maicih yang mulai dikenal oleh masyarakat luas.Rasanya yang pedas membuat makanan ini menjadi favorit oleh-oleh bandung yang wajib anda beli.

Untuk mendapatkannya, anda bisa mencari di pusat-pusat atau toko penjual makanan di sepanjang jalan kota bandung, dan akan lebih mudah menemukan di sekitar toko-toko yang ada di terminal leuwipanjang, cicaheum atau bahkan stasiun bandung.

14.Wajit

Makanan Khas Bandung Wajit Cililin

Wajit Cililin

Wajit adalah suatu penganan yang terbuat dari beras ketan, gula merah dan kelapa yang dimasak menjadi satu. Wajit merupakan oleh-oleh asli Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Ada banyak macam wajit, tapi wajit Cililin memiliki keunikan tersendiri karena dibungkus dengan cangkang buah jagung.

Nah, jika anda sedang berlibur ke bandung, tepatnya kawasan wisata Lembang atau juga Ciwidey, mengakses pusat oleh-oleh bandung ini akan sangat mudah ditemukan.Makanan ini sangat lezat jika dimakan dengan segelas kopi atau minuman hangat di sore hari.

15.Es Lilin

Makanan Khas Bandung Es Lilin

Es Lilin

Es yang juga menjadi judul salah satu lagu sunda ini adalah es yang terbuat dari campuran santan, gula dan susu. Sekarang varian es lilin ini sudah bermacam macam, ada rasa strawberry, melon, bahkan leci.Dan makanan yang membuat dingin di mulut ini sangat lezat dimakan ketika panas hari, atau ketika anda rehat setelah berputar-putar mengelilingi tempat rekreasi di bandung.

Unutk mendapatkan makanan khas bandung es lilin ini, anda bisa menemukan di banyak pedagang keliling yang tersebar di kota bandung. atau anda juga bisa menemukan di toko pusat oleh-oleh khas kota bandung yang banyak tersebar di penjuru bandung.

16.Tahu

Makanan Khas Bandung Tahu

Tahu

Makanan yang sangat digemari oleh siapa pun, sehingga makanan ini hampir bisa dipastikan akan selalu ada menemani tempat makan bagi sebagian besar masyarakat bandung dan juga nusantara.Makanannya yang lembut karena terbbuat dari bahan dasar kedelai, dan setalh diolah sedemikian rupa menjadi penganan yang lezat jika dinikmati langsung hangat-hangat atau digabung dengan makanan lain seperti karedok atau baso.

Di bandung sendiri, tak kurang dari 6 jenis tahu yang paling populer, yaitu tahu cibuntu, tahu tauhid, tahu yun yi, tahu talaga yun sen, tahu susu, tahu SB dan tahu ciburial.Sebelum anda pulang saya rekomendasikan anda untuk membawa serta pulang tahu khas bandung ini, untuk anda sajikan di rumah.

17.Dodol Susu

Makanan Khas Bandung Dodol Susu

Dodol Susu

Sahabat traveler’s, makanan khas bandung yang di produksi di tempat-tempat seperti lembang dan pangalengan ini sangat enak sekali. Dihasilkan dari proses fermentasi susu yang dibuat untuk berbagai macam cemilan atau kuliner yang pastinya lezat. Dan salah satunya adalah dodol susu, selain ada yoghurt, pie susu, kerupuk susu, peyek susu hingga permen susu.

Untuk mendapatkan makanan kenyal, lembut dan manis di mulut ini sangat mudah, tersedia di berbagai toko oleh-oleh bandung. Namun jika anda yang berwisata di lembang seperti sehabis mengunjungi objek wisata baru di sana seperti taman miniatur kereta api di floating market, atau anda sehabis jalan-jalan ke tempat wisata di pangalengan seperti situ cileunca, maka anda cukup mendatangi sentra pembuatannya secara langsung.

18.Es Krim Sayur

Makanan Khas Bandung Ice Cream Sayur

Ice Cream Sayur

Bagi anda yang belum pernah menjajal jenis es krim kreasi unik pasti bertanya, seperti apa sih makanan khas kota bandung yang satu ini ? es krim sayur brand Masbash Monster Ice adalah salah satu lokasi favorit buruan wisatawan untuk mendapatkan makanan khas super dingin berasa jenis sayuran ini.Alamatnya ada di jalan mataram no 2 cihapit bandung.

Es krim sayur bandung ini dipercaya sangat baik untuk kesehatan, karena cara pengolahannya benar-benar diambil dari bahan-bahan terpilih, seperti sayuran brokoli, wortel, jagung, bit hingga green tea, sehingga akan membuat sehat anda untuk pencernaan, tulang, pencegahan penuaan kulit hingga kanker. Makanan yang wajib anda coba.

19.Karedok

Makanan Khas Bandung Karedok

Karedok

Karedok atau keredok adalah makanan khas daerah di Indonesia. Karedok dibuat dengan bahan-bahan sayuran mentah antara lain; ketimun, tauge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Sedangkan sausnya adalah bumbu kacang yang dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, dan terasi.

Untuk mendapatan sekaligus mencicipi lezat dan nikmatnya makanan yang didominasi ragam sayuran yang menyehatkan ini, anda dapat menemukannya di berbagai tempat wisata kuliner khas sunda di bandung, mulai dari restoran hingga warung-warung pinggir jalan.Diantaranya ada di rumah makan kampung sawah soreang, restoran alas daun atau di rumah makan nasi bancakan mang barna dan bi o’om.

20.Mie Kocok

Makanan Khas Bandung Mie Kocok

Mie Kocok

Mie Kocok adalah makanan berbahan dasar mie kuning dan tauge, yang diberi kuah panas dari kaldu kaki sapi yang berasa lemaknya dan diberi toping potongan kaskus kecil. Rasanya panas dan segar, dan kalau anda pencinta pedas tinggal tambahkan sambel yang akan membuat lidah dan dahi kita berkeringat.

Diantara lokasi tempat makan enak mie kocok bandung yang terpopuler adalah mie kocok SKM di jalan sunda no 38 dan Mie kocok Bandung di jalan lengkong kecil no 4 bandung dan di urban food jalan moch toha.Untuk lebih detil lokasi tempat jualan mie kocok di kota bandung, silahkan buka di sini daftar mie kocok bandung paling enak dan terkenal.

21.Lotek

Makanan Khas Bandung Lotek

Lotek

Lotek hampir sama dengan pecel, yakni makanan berupa rebusan sayuran segar yang disiram dressing berupa sambal dicampur bumbu kacang. Keunikannya, sebagai bahan sambal di samping kacang seringkali ditambahkan tempe dan dalam bumbunya ditambahkan terasi, gula merah, dan bawang putih. Secara umum, lotek terasa lebih manis daripada pecel.

Selain itu, kalau sambal pecel bumbu sudah dicampur sebelumnya, untuk lotek bumbu baru ditambahkan ketika akan dihidangkan. Lotek dapat disajikan dengan lontong atau nasi hangat, disertai dengan kerupuk dan bawang goreng.Cara asyik menikmati sajian khas kuliner bandung ini akan terasa spesial jika anda menyantapnya sambil liburan di floating market lembang.

22.Nasi Timbel

Makanan khas Bandung nasi timbel

Nasi Timbel

Nasi timbel adalah yang nasi putih biasa yang panas lalu dibungkus daun pisang, karena dibungkus daun pisang maka akan menimbulkan aroma yang khas. Biasa disajikan dengan berbagai tambahan seperti tahu dana tempe goreng, ayam goreng, sambal dan juga lalap.

Makanan khas bandung yang satu ini sangat mudah ditemukan di berbagai rumah makan yang ada di bandung, termasuk di resto-resto bandung. Tapi jika anda mau yang lebih spesial, menikmati sajian khas nasi urang bandung ini adalah di salah satu tempat makan romantis di lembang bandung yaitu kampung daun.

23.Gepuk

Makanan Khas Bandung Gepuk Cilampeni

Gepuk Cilampeni

Gepuk adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari daging sapi,terasa sedikit manis dan gurih. Biasanya gepuk dibuat dengan daging sapi,yang diiris searah dengan serat daging dan direbus setengah mateng, kemudian di pukul pukul hingga agak empuk. Daging yang sudah empuk direndam kedalam bumbu yang dicampur dengan santan.kemudian direbus kembali hingga air santan menyusut.Jika akan disajikan gorenglah gepuk dengan sedikit minyak hingga kecokelatan dan angkat.Gepuk akan lebih enak di santap dengan nasi hangat dan sambel yang kami sediakan.

Salah satu tempat makan enak gepuk di bandung yang paling terkenal dan favorit serta buruan wisatawan yang berkunjung ke bandung adalah berlokasi di rumah makan cilampeni, jalan katapang kopo bandung. Lokasinya sangat mudah ditemukan karena berada di jalan penghubung kota bandung ke tempat wisata di ciwidey bandung selatan seperti kawah putih atau ranca upas.

24.Ulukutek Leunca

Makanan Khas Bandung Ulukutek leunca

Ulukutek Leunca

Ulukutek Leunca ini adalah hidangan khas sunda. Campuran antara oncom dan buah leunca yang dimasak dengan bahan bahan lain sesuai selera.Makanan ini sangat khas dan menurut kepercayaan urang sunda bahwa leunca adalah jenis sayuran yang diyakini bisa menambah stamina dan keperkasaan bagi kaum pria.

Untuk mendapatkan nikmat dan lezatnya yang khas makanan khas bandung ulukutek leunca,bisa anda temukan di banyak rumah makan khas sunda bandung atau warung-warung biasa di kampung.

25.Tutut

Makanan Khas Bandung Tutut

Tutut

Tutut adalah hewan sejenis keong yang ukrannya kecil kecil. Biasa dimasak dengan bumbu pedas dengan ditambahi banyak daun salam dan sereh supaya bau amis tutut itu sendiri bisa hilang.Makanan ini sangat digemari urang sunda dan dipercaya sangat sehat sekali terutama untuk pemenuhan gizi dan protein serta katanya mampu mengobati penyalit cacingan.

Nah, tahukah anda cara terbaik dan paling nikmat tempat makan tutut paling asyik di bandung ? ya datanglah ke salah satu tempat makan romantis di kota bandung yang harganya sangat terjangkau alias, yaitu makanlah tutut di punclut bandung.

Nah sahabat traveler’s pecinta kuliner, demikianlah informasi seputar daftar makanan khas sunda di kota bandung jawa barat yang paling enak dan terkenal yang wajib anda ketahui dan tentunya dicoba ketika tengah berlibur ke kota bandung.Ingat tempat wisata di indonesia khususnya kota kembang ya pastikan ingat Makanan Khas Bandung.

 

Makanan Khas Bandung
  • Makanan Khas Bandung

Ringkasan

Makanan Khas Bandung - Berlibut ke bandung tidak afdol jika anda tidak mencoba berbagai aneka wisata kuliner khas kota kembang yang paling enak dan terpopuler. Tahukah anda makanan khas bandung apa saja yang wajib anda ketahui dan dicoba untuk dicicipi ? dijamin setelahnya anda akan ketagihan, karena cita rasanya yang khas serta tetunya di jamin menyehatkan dan harganya sangat terjangkau. Dan di bawah ini adalah daftar makananan-makananan khas sunda yang ada di bandung yang bisa anda dapatkan. [ Tempatwisatadibandung.info ]

5.0
User Rating 5 (3 votes)
Sending
Comments Rating 5 (1 review)
Loading...

One Response

  1. dian mardiana 19/02/2016

Leave a Reply

Sending