Kota Baru Parahyangan – Padalarang Punya Wisata

Loading...

Kota Baru Parahyangan – Sangat banyak Tempat Wisata Di Bandung dan sekitarnya yang menarik dan terkenal untuk mengisi waktu liburan anda bersama keluarga tercinta. Tapi, apakah anda sudah tahu ada tempat wisata keluarga di sekitar bandung yang bagus? Inilah Kota Baru Parahyangan ?

Halo sahabat traveler’s, apa kabarnya ? hari ini,Rabu 6 Juli 2016 tepat kita berada di hari raya idul fitri 2016. Tentunya banyak kegiatan atau acara yang akan anda lakukan di hari libur lebaran ini, mulai dari silaturahmi dengan keluarga, teman dan yang lainnya.

Nah, seperti sudah jadi maklum semuanya, bahwa tradisi masyarakat indonesia, jika sehabis acara silaturahmi, maka kegiatan favorit atau populer yang akan dilakukan adalah berwisata bersama keluarga, dan Bandung adalah destinasi liburan utama sejumlah keluarga.

Tempat Wisata Kuliner Di Bandung, Tempat Hiburan di Bandung dan sejumlah tempat wisata alam di bandung biasanya adalah merupakan pusat buruan wisatawan yang dituju untuk mengisi waktu libur lebaran bareng keluarga tercinta.

Kali ini saya akan berikan informasi wisata sekitar bandung barat yang juga sangat rekomended untuk anda kunjungi bareng keluarga di libur lebaran ini atau di waktu lain, yaitu Kota Baru Parahyangan Padalarang.

Seperti apa daya tarik wisata kota baru parahyangan ? apa saja fasilitas wisata menarik yang bisa anda temukan di sana ? berapa harga tiket masuknya ? dan informasi lainnya, yuk kita simak saja review nya di bawah ini.

Kota Baru Parahyangan

Kota Baru Parahyangan

Landscape Kota Baru Parahyangan

Sahabat traveler’s pecinta wisata bandung, Kota Baru Parahyangan adalah salah satu Tempat Wisata di Padalarang, wilayah Bandung barat, tepatnya berlokasi di jalan Padalarang 427, Bandung Jawa Barat.

Kota Baru Parahyangan adalah sebuah kawasan wisata terpadu yang keberadaanya sudah mampu menarik banyak minat dari sejumlah wisatawan yang sedang berlibur ke bandung untuk datang ke sana, karena di dalamnya tidak hanya menawarkan satu jenis wisata saja.

Objek wisata di padalarang bandung ini memang sangat terkenal dengan salah satu fungsinya dengan adanya fasilitas wisata ilmu pengetahuan dan teknologi (Puspa Iptek Kota Baru Parahyangan) yang sangat lengkap dan bisa dikatakan terbaik dan terbesar di indonesia bahkan di dunia.

Anda boleh saja kagum dengan tempat wisata hiburan keluarga terutama anak-anak di kota bandung seperti Trans Studio Bandung, Kampung Gajah Wonderland, Floating Market Lembang, Bandung Carnival Land atau Dusun Bambu Leisure Park, tapi jika ke sini, anda akan menemukan keunikan tersendiri.

Sejarah Kota Baru Parahyangan

Mengutip dari Wikipedia, Kota Baru Parahyangan adalah sebuah kota baru dengan design berbeda dengan konsep kota baru lainnya di indonesia, yang dikembangkan oleh PT Lyman Property ( Lyman Group )

Berdiri sejak tahun 2002 dengan mengambil lokasi di padalarang bandung barat, yang merupakan sebuah kota satelit dari ibukota provinsi Jawa barat, Kota Bandung, dengan Visi sebagai kota pendidikan yang peruntukannya untuk seluruh masyarakat.

Sebagai kawasan terpadu yang terintegrasi satu dengan yang lainnya, di dalam kota baru parahyangan ini juga dilengkapi fasilitas kota bisnis seperti office park, open mall, hotel resort, pasar seni, pusat rekreasi air, jogging track hingga play group.

Nah, penasaran seperti apa sih fasilitas wisata yang terkenal di Kota Baru Parahyangan Padalarang bandung ini ? yuk kita lanjut saja review di bawah ini.

Wisata Kota Baru Parahyangan

Sahabat traveler’s, Kota baru Parahyangan adalah wisata terintegrasi yang menawarkan 3 daya tarik utama wisata dengan misi wisata Pendidikan, wisata cagar budaya tradisional Sunda serta kompetisi global.

Sebagai tempat wisata terpadu, di sini juga pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas yang sangat lengkap, mulai dari fasilitas Ilmu pengetahuan dan teknologi, wisata kuliner, Wisata belanja dan masih banyak yang lainnya.

Dan berikut ini adalah daftar fasilitas wisata yang terdapat di salah satu tempat wisata terbaik bagi anda bersama keluarga tercinta yang wajib anda ketahui dan datangi :

Jam Matahari atau Sundial Kota Baru Parahyangan

Jam Matahari Sundial Kota Baru Parahyangan

Sahabat tarveler’s, inilah fasilitas Puspa Iptek yang merupakan identitas Kota Baru Parahyangan yaitu Sundial atau jam matahari. Berupa sebuah gedung, sundial ini berfungsi sebagai jam matahari baik horizontal maupun vertical.

Sahabat tarveler’s, tahukah anda, sebelum ditemukan jam modern seperti sekarang, orang zaman dulu menentukan waktu dengan cara menandai bayangan suatu benda atau lubang jendela pada dinding di mana bayangan itu jatuh, baik itu bayangan matahari maupun bayangan bulan purnama.

Nah dari kebiasaan pola pergeseran letak matahari itulah yang kemudian jadi acuan kegiatan sehari-hari manusia saat itu. Pola pergerakan matahari sebagai acuan waktu inilah yang kita kenal sekarang sebagai jam matahari (Sundial).

Jam matahari ini diyakini sebagai yang pertama dan terbesar di dunia dengan ketinggian mencapai 20 meter. Diresmikan oleh Menristek, gedung ini difungsikan sebagai Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau PUSPA IPTEK.

Di dalam gedung, anda bisa melihat beragam jenis permainan interaktif dan edukatif yang dapat dimainkan oleh pengunjung semua usia. Jam operasional Sundial ini dimulai pada hari Selasa hingga Minggu dari pukul 08.30 hingga 16.30.

Sundial atau yang dalam bahasa Indonesia disebut jam matahari adalah alat penunjuk waktu. Jam matahari sendiri ada beberapa jenis, yakni horizontal, vertical, meridian dan ekuatorial.

Sundial atau jam matahari di Kota Baru Parahyangan ini adalah yang pertama di tanah air yang berfungsi secara horizontal maupun vertical. Sehingga tercatat di Museum Rekor Indonesia sebagai Sundial Terbesar di Indonesia pada bulan Mei tahun 2002.

Tidak hanya itu saja, jam matahari atau sundial ini juga merupakan sundial terintegrasi secara vertical dan horizontal yang terbesar di dunia. Jam matahari ini menunjukkan waktu jam serta bulan dari Januari hingga Desember.

Baca Juga : Bandung Command Centre – Awas Ada Startrek di Kota Kembang

Puspa IPTEK Kota Baru Parahyangan

Puspa Iptek Kota Baru Parahyangan

Di dalamnya, terdapat museum IPTEK yang dimanfaatkan sebagai tempat peragaan sains. Pada hari libur atau musim liburan sekolah, sundial atau jam matahari ini biasanya ramai akan pengunjung, terutama pelajar, mahasiswa dan keluarga.

Selain jam Matahari atau Sundial, Puspa IPTEK juga menyajikan aneka peragaan ilmiah dengan cara penyajian yang dijamin akan menarik minat anak anda, jauh dari kesan membosankan yang selama ini melekat dengan ilmu eksakta, seperti fisika, kimia, dan biologi.

Beberapa peragaan yang menarik antara lain baskom air mancur yang menghasilkan “air menari” bila dipukul, sepeda gantung, bangosong untuk mempelajari ilmu fisika mengenai bunyi, pengukur arus listrik pada tubuh manusia, uji konsentrasi dengan kursi berpaku, dan sumur gravitasi.

Percobaan sains lainnya yang layak dicoba adalah Terapan Ilmu Gelombang Suara. Caranya dua orang duduk dengan dipisahkan lempengan bulat berwarna kuning dan merah. Dengan hanya menggunakan alat lempengan tersebut, komunikasi antara dua orang dapat terdengar tanpa bantuan kabel atau alat elektronik yang lain.

Ada juga peragaan Komputer yang dihubungkan dengan internet yang bisa mengungkap mengenai beragam percobaan ilmu dan teknologi. Dengan alat tersebut, kita bisa melakukan eksperimen, sekaligus melakukan petualangan ke berbagai masa dan ruang dengan menu-menu khusus.

Bagaimana tampak menarik bukan ? Masih banyak yang bisa anda temukan, karena fasilitas yang dijelaskan di atas, adalah merupakan beberapa koleksi alat peraga yang dipamerkan lebih dari 120 jenis alat peraga sains koleksi Puspa Iptek di sana.

Perlu anda ketahui, Berbeda dengan aturan di museum lain pada umumnya, di Puspa Iptek ini penjunjung justru sangat dianjurkan untuk mencoba alat peraga dan menikmati keindahan Sains. Pengunjung akan dipandu petugas atau bisa juga mengikuti petunjuk tertulis.

Bale Pare The Shop N Dine Experience Kota Baru Parahyangan

Bale Pare The Shop N Dine Experience Kota Baru Parahyangan

Bale Pare adalah kawasan komersial yang menawarkan konsep suasana wisata kuliner dengan nuansa alam yang eksotis. Anda dapat menikmati kuliner dalam suasana bertema etnik budaya tradisional di alam terbuka dengan tetap menyediakan fasilitas yang nyaman.

Bale Pare memiliki 9 restoran dan 6 kafe yang menyajikan berbagai makanan dan minuman, dilengkapi dengan sarana bermain anak, hiburan musik, Exhibition Hall, Plaza, Amphitheater dan ruang terbuka hijau yang dapat digunakan untuk Gathering, Wedding, serta salah satu Camping Ground di Bandung.

Jika anda belum cukup waktu mengunjungi Rumah makan sunda di kota Bandung untuk menikmati berbagai makanan khas bandung yang lezat atau seperti ingin menikmati sebuah tempat makan yang romantis seperti di Api Unggun Lembang, maka di sini juga tersedia.

Untuk harga makanan dan minumannya pun sangat terjangkau. Anda tidak usah khawatir isi dompet anda akan jebol. Tinggal anda pilih yang suka, mau yang tradisonal, makanan khas indonesia, barat ? dijamin harganya sesuai dengan rasa mulai Rp.20.000 terlebih ada internet gratis.

Wisata Belanja di Kota Baru Parahyangan

Puas mengantar anak anda bermain sambil belajar, kemudian juga makan, tidak salahnya jika anda mau mencari barang-barang souvenir untuk Oleh Oleh Khas Bandung yang bisa anda bawa pulang ke kota masing-masing di pusat belanja di sini.

Di sini anda bisa berbelanja aneka barang yang sangat lengkap dengan harga yang tidak terlalu mahal, mulai dari fashion hingga makanan dan yang lainnya di pusat perbelanjaan ternama seperti Giant Supermarket

Sangat lengkap bukan ? anda tidak perlu lagi harus mengunjungi pusat perbelanjaan terbesar di kota bandung seperti Miko Mall, Paris van Java Mall atau Festival Citylink lagi, cukup di Kota Baru Parahyangan, anda bisa memenuhi semuanya.

Wisata Budaya dan Seni Kota Baru Parahyangan

Apakah anda pernah mengunjungi Galleri wayang golek cupumanik ? atau kediaman pemahat bali terkenal I nyoman nuarta di bandung di NuArt Sculpture Park ? jika belum tidak usah khawatir, di sini tersedia juga pusat wisata budaya Bale Seni Barli.

Masjid Al-Irsyad Satya Kota Baru Parahyangan

Masjid Al Irsad Satya Kota Baru Parahyangan

Masjid Al-Irsyad Kota Baru Parahyangan dimulai pembangunannya pada hari Senin, 7 September 2009 bertepatan dengan 17 Ramadhan 1430 H (Nuzulul Quran), dan diresmikan pada bulan Agustus 2010.

Masjid ini dibangun di atas areal seluas 1 Hektar dan menjadi bagian terintegrasi dengan Al Irsyad Satya Islamic School (berafiliasi dengan Madrasah Al-Irsyad Al-Islamiyah of Singapore) sebuah sekolah Islam international yang ada di Kota Baru Parahyangan.

Baca Juga : Daftar Pesantren di Bandung

Salah satu Masjid di Bandung ini dapat menampung 1500 jamaah. Walikota bandung Ridwan Kamil, arsitek mesjid Al-Irsyad ini, terinspirasi dari Kabah di Mekkah berupa kubus sederhana. Fasad Masjid ini merupakan susunan concrete block yang membentuk kaligrafi kalimat As-Syahadah.

Masjid Al Irsyad meraih Penghargaan “The Best 5 World Building of The Year 2011 untuk kategori Bangunan Religi, versi Archdaily & Green Leadership Award tahun 2011 dari BCI Asia.

Wisata Taman Tematik Kota Baru Parahyangan

Sahabat traveler’s, mungkin anda hanya berpikir hanya berpikir untuk menemukan taman di kota bandung, anda harus berada di pusat kota bandung bukan ? di sini tersedia juga taman bertema yang tidak kalah menariknya dengan taman tematik di kota bandung bahkan Taman Begonia Lembang yang fenomenal itu.

Jadi jika anda belum sempat dan tahu seperti apa sih taman tematik kota bandung yang terkenal seperti Taman Film Bandung, Taman Jomblo Bandung, Taman Gembok Cinta Balai Kota, Taman fotography, di Kota Baru ini pun tersedia taman bertema yang sangat menarik.

Wisata Hiburan di Kota Baru Parahyangan

Sahabat traveler’s, kata siapa jika kita mau menikmati film 3 dimensi kita mesti harus datang ke Trans Studio bandung saja ? atau mau menyaksikan gelegar film action dengan suara dan efek gambar yang terbaik berkualitas seperti Biskop di Bandung ?

Jangan khawatir, di sini tersedia sebuah wahana hiburan yang diyakini sebagai wahana theatre 4 Dimensi paling canggih di bandung yang sangat luar biasa ( Amazing 4D Theatre ).Penasaran seperti apa ? datang saja ke sana.

Hotel di Kota Baru Parahyangan

Manson Pine Hotel Kota Baru Parahyangan

Melihat begitu lengkapnya sarana dan fasilitas wisata yang ada di sini, tentunya anda juga berpikir, apakah akan cukup waktu jika jalan-jalan menikmati keseruan wisata di kota baru ini bisa dilakukan hanya dalam satu hari bukan ?

Anda tidak usah khawatir, jika anda kasian sama anak-anak anda yang kelelahan jika harus mencari tempat penginapan di kota bandung, maka anda pun bisa bermalam di sini di Mason Pine Hotel. Fasilitas hotelnya lengkap dan harga sewanya terjangkau mulai Rp.850.000/malam.

Baca Juga : Inilah Daftar Hotel Paling Romantis di Bandung

Masih banyak fasilitas yang tersedia di Kota Baru Parahyangan, dan berikut adalah daftar selengkapnya untuk anda ketahui :

Daftar Fasilitas Kota Baru Parahyangan

  1. Sundial
  2. Rumah Sakit Cahya Kawaluyan
  3. STIkes Borromeus
  4. Giant Supermarket
  5. Lorenza
  6. Bale Seni Barli
  7. Bale Pare The Shop n Dine Experience
  8. Patung Panyawangan
  9. Akademi Bahasa Asing Internasional (ABA)
  10. Bandung Alliance International School
  11. Masjid Al Irsyad Satya
  12. Al Irsyad Satya Islamic School
  13. Pemadam Kebakaran
  14. Mason Pine Hotel
  15. Taman Bertema
  16. Shuttle Bus
  17. Cahaya Bangsa Classical School
  18. Damian School
  19. Amazing 4D Theatre

Tidak hanya itu sahabat traveler’s, di kota baru parahyangan pun, seperti sudah di atas saya jelaskan, di sini adalah tempat penggalian budaya sunda juga, dan anda bisa melihat aneka bentuk rumah khas sunda yang unik berdasasrkan tatar seperti :

  1. Tatar Wangsakerta
  2. Tatar Pitaloka
  3. Tatar Jingganagara
  4. Tatar Rambutkasih
  5. Tatar Banyaksumba
  6. Tatar Ratnasasih
  7. Tatar Larangtapa
  8. Koridor Bandoeng Tempo Doeloe
  9. Tatar Mayangsunda
  10. Tatar Naganingrum
  11. Tatar Candraresmi
  12. Tatar Purbasari
  13. Tatar Teja Kencana
  14. Tatar SubangLarang
  15. Tatar Kamandaka

Harga Tiket Masuk Kota Baru Parahyangan

Sahabat tarveler’s, untuk harga tiket masuk kawasan wisata terpadu Kota Baru Parahyangan adalah gratis, jika anda hanya mau melihat seputar kawasan dengan berkeliling masuk dan melihat-lihat saja.

Tiket hanya diwajibkan ketika anda mau memasuki kawasan Puspa IPTEK kota baru dan juga jika anda mau melihat pertunjukan film 4D ( Amazing 4D Theatre )

Harga Tiket Masuk Puspa Iptek Kota Baru Parahyangan Bandung yaitu sebesar Rp.12,000 rupiah saja dan Rp.24.000 Harga Tiket Masuk jika ingin menyaksikan juga pertunjukan film 4 dimensi. Biaya yang sangat murah dan terjangkau.

Alamat Kota Baru Parahyangan

  • Jalan Raya Padalarang 427, Bandung Barat, Jawa Barat Indonesia

Nomer Telepon Kota Baru Parahyangan

  • Untuk informasi harga, kegiatan serta reservasi dan informasi lainnya, silhakan anda menghunungi nomer telepon 022-6803777 dan Fax 022-6803020

Jam Buka Kota Baru Parahyangan

  • Buka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 08.30 – 16.30 WIB (Libur pas idul fitri & Tahun baru)

Map Kota Baru Parahyangan

  • Untuk lokasi peta, silahkan anda lihat di sini.

Rute Jalan ke Kota Baru Parahyangan

Untuk menuju lokasi,jika anda adalah wisatawan dari jakarta, anda bisa mempergunakan jalan tol purbaleunyi dan keluar melalui pintu tol padalarang

jika memakai kendaraan umum, anda bisa naik bus dengan rute terminal leuwipanjang ke Kota Baru Parahyangan via tol purbaleunyi, dan berhenti di shutle Bus

Nah sahabat traveleer’s, demikianlah informasi menarik salah satu objek wisata keluarga yang wajib anda kunjungi untuk mengisi waktu libur akhir pekan aatu yang lainya di Kota Baru Parahyangan

Kota Baru Parahyangan
  • Kota Baru Parahyangan

Info Wisata

Nama : Kota Baru Parahyangan
Alamat : Jl.Raya Padalarang 427 Bandung Barat
No Tlp : 022-6803777
Jam Buka : Senin-Minggu (08.30-16.30 WIB)
Harga Tiket : Rp.12.000 - Rp.24.000 (4D Theater)
Fasilitas : Wisata Edukasi,Kuliner,Hotel dll
Website : www.kotabaruparahyangan.com

5.0
User Rating 0 (0 votes)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
loading...

Leave a Reply