Komunitas Hong – Info Sejarah,Profil & Harga Tiket Masuk

loading...

Komunitas Hong – Apakah anda sedang menacari Tempat Wisata di Bandung yang menawarkan sensasi wisata anak dan keluarga yang unik dan mendidik ? Jika Iya, Yuk datang ke salah satu Pusat Permainan Tradisional Indonesia di Bandung, Komunitas Hong.

Halo sahabat traveler’s, jumpa lagi dengan saya kang dian, penulis blog informasi Wisata Bandung, yang kesempatan kali ini akan me-Review Tempat Wisata Edukasi dan Budaya di Bandung yakni Komunitas Hong.

Informasi ini sengaja dibuat untuk menambah daftar Referensi Tempat Wisata Anak di Bandung yang wajib anda kunjungi, ketika anda hendak mencari ide liburan di kota berjuluk Paris Van Java ini bersama keluarga tercinta.

Nah, seperti apakah daya tarik wisata yang menawarkan beragam Macam-Macam permainan Tradisional di Bandung ini ?

Bagaimana Sejarah, Profil serta berapakah harga tiket masuk ke Komunitas Hong di Bandung ini ?

Yuk kang dian ajak saja langsung sahabat sekalian, untuk mengupasnya sekaligus informasi alamat, peta lokasi, fasilitas hingga rute jalan, jam buka dan nomer kontak Komunitas Hong ini.

Komunitas Hong

Komunitas Hong Dago Bandung

Pusat Kajian Mainan Rakyat di Dago Bandung Jawa Barat

Sahabat traveler’s, jika berbicara seputar Tempat Wisata Keluarga di Bandung yang asyik dijadikan sebagai destinasi liburan anda bersama anak-anak tercinta, maka pasti jawabannya sangat banyak dan beragam.

Contohnya untuk objek wisata keluarga, anda bisa mendatangi sejumlah Tempat Wisata di Lembang Bandung Barat seperti di Floating Market Lembang, Jendela Alam, Little Farmers, Farm House Susu lembang, Happy Farm LembangKampung Gajah, Kampung Daun serta Dusun Bambu Lembang dll.

Kemudian untuk objek wisata anak, anda bisa mendatangi Tempat Wisata di Ciwidey Bandung Selatan, dimana di sana anda Taman Kelinci Ciwidey, Barusen Hills, Situ Patenggang , Pemandian Air Panas Cimanggu , Kampung Cai dan penangkaran Rusa di Ranca Upas serta Kolam Renang di Ciwidey Valley Resort.

Sementara di dalam kota Bandung nya anda bisa mendatangi Fun Station Bandung, Edukidzment atau yang terkenal seperti Trans Studio Bandung , Taman Sejarah Bandung, Kebun Binatang Bandung, Bandung Carnival Land.dll

Nah, lalu dimanakah tempat wisata anak dan keluarga yang tepat di Bandung utara yang bisa menjadikan waktu liburan anda berkesan dan sangat menarik ?

Yuk, datang saja ke tempat wisata yang menawarkan beragam permainan tradisonal khas masyarakat Sunda di Jawa Barat, yaitu Komunitas Hong.

Sahabat traveler’s, Komunitas Pakarangan Ulin Dago Pakar dan Pusat Kajian Mainan Rakyat ini beralamat di jalan Bukit Pakar Utara 35, kawasan Wisata Dago, Bandung Utara.

Kata “Hong” sendiri mempunyai arti dalam bahasa indonesia yaitu “Bertemu“, dan tempat wisata seperti Komunitas Hong ini adalah diyakini sebagai pelopor dan satu-satunya di Indonesia.

Sejarah Komunitas Hong

Sahabat traveler’s, banayak sekali ragam permainan tradisional khas sunda yang bisa ditemukan di lingkungan masyarakat jawa barat yang secara turun temurun diwariskan dari generasi ke generasi.

Bagi anda para orang tua yang hidup di zaman sekitar 1970 an termasuk kang dian, masih sangat ingat betul akan beberapa permainan seru yang biasa dimainkan kita pada masa anak-anak dulu.

Sebut saja misalnya permainan Gobag, boy-boyan, bebentengan, enggrang, ucing sumput, oray-orayan, gatrik, bekles, sapintrong hingga sorodot gaplok dan masih banyak yang lainnya.

Itu semua adalah merupakan macam-macam Permainan Tradisional indonesia khas tatar sunda yang sangat menarik banyak minat tidak hanya kalangan anak-anak saja namun juga dewasa tertarik untuk bermain di dalamnya.

Namun seiring perkembangan zaman, perlahan semua permainan tradisional tersebut mulai langka dan sangat jarang kita temukan karena tergeser oleh aneka permainan anak zaman sekarang seperti Play Station, Game Online hingga bermain sosial media di internet.

Padahal jika kita mau menggali kembali, macam-macam permainan tradisional di atas bukan hanya akan memberikan hiburan semata, namun lebih dari itu mengandung makna dan nilai-nilai luhur warisan orang tua zaman dulu.

Permainan tradisional di atas sangat banyak sekali memberi nilai manfaat di dalamnya , mulai dari unsur hiburan, olah raga, kebersamaan, mencintai alam hingga kecerdasan berpikir dan strategi.

Nah, untuk tujuan menjaga nilai-nilai luhur dan melestarikan berbagai Permainan Tradisional Sunda itulah, kemudian di sebuah daerah di Bandung Utara tepatnya Dago, hadir sebuah komunitas yang bernama Hong.

Komunitas Hong adalah sebuah Pusat Kajian Mainan Rakyat yang hadir dan didirikan dengan tujuan mulia untuk jangka panjang seperti :

  1. Melestarikan aneka permainan rakyat yang ada tidak hanya di jawa barat dan indonesia, akan tetapi dunia dengan tujuan sebagai artepak warisan budaya supaya tidak punah dan tetap lestari.
  2. Melakukan pembinaan dan pelatihan untuk anak-anak agar mengenal dan menjadikan budaya bermain bidaya lokal tetap eksis.
  3. Mengembangkan aneka permainan rakyat sebagai dasar pengembangan maianan anak-anak untuk tujuan edukasi.

Profil Komunitas Hong

Sahabat traveler’s, Pendiri Komunitas Hong Adalah Mohammad Zaini Alif, seorang peneliti seputar Seni dan Budaya yang sejak tahun 1996 telah mulai melakukan penelitian terhadap aneka permainan tradisional.

Hobi dan Kecintaannya terhadap keragaman permainan tradisional khususnya Sunda ini telah membawanya menempuh pendidikan khusus design produk di ITB dan Itenas untuk mendapat gelar S1 dan S2 nya.

Dilatarbelakangi keinginan yang luhur melakukan penelitian aneka permainan sunda serta sekaligus melestarikannya, maka pada tahun 2005 secara resmi Komunitas Hong ini didirikannya.

Mahhammad Zaini Alif, pria kelahiran desa Cibuluh, kecamatan Tanjung Siang, Kabupaten Subang Jawa Barat ini termotivasi akan kenangan di masa usianya waktu kecil dulu.

Dia ingat ketika bagaimana Kolecer (kipas angin dari bahan bambu yang biasanya dipasang di sawah atau huma) serta karinding (Alat tiup dari bambu )yang biasanya digunakan sebagai alat tradisional pengusir hama padi seperti serangga dan burung hingga membuat Wayang Golek dari batang daun singkong adalah hal menarik baginya.

Kini, Komunitas Hong telah berhasil mendokumentasikan tidak kurang dari 250 macam permainan anak-anak tradisional sunda dan di jawa barat, serta 213 permainan tradisional jawa tengah dan timur serta 50 jenis permainan dari daerah Lampung.

Bahkan ke depan, proyek pusat kajian mainan dan permainan rakyat Komunitas Hong Bandung ini  akan dilengkapi dengan 100 jenis permainan tradisional dari 10 negara di Dunia.

Nah sahabat traveler’s, atas usaha dan dedikasinya menghidupkan kembali khazanah budaya permainan tradisional di jawa barat dan nusantara, Kang Zaini berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Social Enterpreneur dari British Council di tahun 2010.

Fasilitas dan Kegiatan Wisata di Komunitas Hong Zaini Alif

Sahabat traveler’s, Komunitas Hong saat ini tercatat mempunyai anggota tidak kurang dari 150 orang, yang anggotanya berasal dari berbagai kalangan dan tingkat usia, dari 6 hingga 90 tahun.

Kelompok Pusat Kajian Mainan Rakyat ini membagi 2 kelompok besar anggoatanya, dimana kelompok anak adalah anggota yang memeragakan permainan sementara dewasa sebagai narasumber dan pembuat maianan.

Namun demikian tempat ini bukan berarti hanya buat anggotanya saja, namun warga bandung dan juga seluruh wisatawan yang datang, baik dari dalam maupun mancanegara bisa turut serta bermain bersama mereka.

Sahabat traveler’s, Komunitas Hong juga telah berhasil membangun sebuah Museum di Bandung yang berfungsi sebagai salah satu Museum Mainan Rakyat di Bandung.

Tidak hanya itu, Komunitas ini juga telah mengembangkan sebuah perkampungan yang dijadikan sebagai tempat untuk berlatih permainan rakyat di kampung Bolang, Desa Cibuluh, Kecamatan Tanjung Siang Subang, yaitu Kampung Kolecer.

Nah di kampung Kolecer inilah sering diadakan kegiatan rutin yang diberi nama Festival Kolecer, yaitu sebuah festival mainan rakyat yang dipadukan dengan kegiatan upacara adat.

Kegiatan-kegiatan seru bernuansa budaya asli tradisonal sunda  tersebut diantaranya setiap minggunya di sini rutin diadakan acara “Buka Leuit“, Upacara Hempul dan Hong Jaga Leuweung (Wana Wani Wono).

Di kawasan wisata Komunitas Hong terdapat sebuah Lumbung Besar, dimana di dalamnya berfungsi sebagai tempat menyimpan banyak aneka permainan.

Di sini juga terdapat Saung Gede, yang bisa difungsikan sebagai ruangan serba guna, yang biasanya digunakan sebagai lokasi menyelenggarakan kegiatan atau pertemuan.

Untuk yang lainnya, di sini terdapat juga  Saung Lisung dan Saung Jawa serta Amphitheater dengan kapasitas masuk orang sejumlah 50.

Sahabat traveler’s, untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung, di sini juga telah tersedia tempat parkir yang luas yang dapat menampung tudak kurang 20 mobil dan 50 motor.

Tidak hanya itu, kawasan Tempat Wisata Budaya di Bandung ini menyediakan menu kuliner yang dimasak oleh warga sekitar berupa Makanan khas Rumah Makan Sunda di Bandung  yang dikemas dalam program Paket mulai Rp.25.000/Pax.

Aneka Cemilan khas sunda mulai dari ubi, kacang dan singkong rebus hingga minuman khas tradisional bandrek bisa anda nikmati di sana.

Bagaimana sahabat traveler’s, sangat menarik bukan membicarakan salah satu Tempat Wisata di Bandung yang menawarkan wisata edukasi, seni dan budaya ini ?

Lalu, bagaimana cara kita untuk bisa menikmati keseruan bermain aneka permainan tradisional di Komunitas Hong tersebut ?

Tata Cara Reservasi dan Bermain di Komunitas Hong

Nah untuk itu, berikut adalah tata cara bagaimana cara reservasi serta persyaratan untuk bisa menikmati berbagai kegiatan wisata di sana :

  1. Anda wajib reservasi terlebih dahulu ke Kontak Komunitas Hong di 022-2515773 dan 0852-9511-1950, karena alasan daya tampung tempat ini yang hanya muat 100 orang saat ini.
  2. Minimal setiap pendaftaran kelompok terdiri dari 30 morang peserta, dengan alasan menyesuaikan dengan jumlah anak-anak di komunitas Hong yang akan membingbing pengunjung.
  3. Permaianan bisa dilakuakn oleh semua umur, baik anak, remaja/dewasa hingga orang tua.

Nah setelah anda memenuhi persyaratan di atas, berikutnya adalah kegiatan atau agenda acara secara umum yang diadakan oleh komunitas Hong bagi peserta seperti berikut ini :

  1. Helaran atau penyambutan mainan rakyat
  2. Membuat aneka mainan bersama dari berbagai bahan seperti daun kelapa dan pelepah singkong.
  3. Bermain bersama dalam permainan rakyat seperti sasalimpetan dll
  4. Menjajal aneka permainan seperti egrang dan kelom batok.

Catatan : Sahabat traveler’s, untUk setiap menikmati keseruan wisata bermain aneka permainan di komunitas hong ini adalah berdurasi waktu selama 3 jam.

Harga Tiket Masuk Komunitas Hong

Sahabat traveler’s, untuk harga tiket masuk serta paket wisata di komunitas hong terbaru, kang dian belum konfirmasi, namuan berdasarkan catatan harga di tahun 2011 adalah sebesar Rp.50.000/orang.

Alamat Kampung Hong di Dago Bandung

Jalan Bukit Pakar Utara No.26, Desa Ciburial Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198

Nomer Telepon Komunitas Hong

Untuk informasi kegiatan acara, reservasi atau harga tiket terbaru, silahkan anda bisa konfirmasi ke no tlp (022) 2515773

Jam Buka Komunitas Hong

Untuk waktu operasional tempat wisata bermain aneka permainan tradisional khas sunda di Bandung Jawa Barat ini adalah setiap hari, mulai senin hingga Minggu, 08.00 – 18.00 WIB.

Peta Lokasi Komunitas Hong

Silahkan anda bisa lihat di sini

Rute Jalan menuju Komunitas Hong

Sahabat traveler’s, untuk mengakses Tempat Wisata di Bandung Utara ini sangat mudah, baik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum

Dari mana pun arah anda, silahkan arahkan kendaraan anda menuju lokasi Pakarangan Ulin Dago Pakar, Jalan Bukit Pakar No 35, Bandung.

Lokasinya berada di kawasan wisata Dago Atas, yang dapat diakses dengan menaiki kendaraan umum angkot rute atau jurusan Dago – Ciburial hingga pertigaan Dago Pakar, dan perjalanan dilanjutkan dengan naik ojek.

Tempat Wisata di sekitar Komunitas Hong

Sahabat traveler’s, kawasan Wisata Bandung utara, tepatnya di Dago sangat banyak sejumlah Objek wisata yang menarik lainnya yang bisa anda kunjungi.

Sebut saja misalnya salah satu tempat wisata alam di bandung utara yang sedang ngehit dengan pemandangan alam sunset dan sunrise nya Tebing Keraton, Bukit Bintang, kemudian ada Dago Dream Park, pusat pengolahan Berlian Indo Wisata Pratama

Tidak hanya itu, sejumlah Tempat Wisata Kuliner terkenal juga ada di Dago Bandung seperti Cafe di Bandung yaitu The Stone Cafe, Atmosphere, Maja House, Warung Salse dan Restaurant Jepang di Bandung Hakata Ikkousha serta Coffe Shop Armor Kopi.

Untuk keperluan wisata belanja, sahabat bisa mengunjungi deretan Factory Outlet di Bandung yang ada di Jalan Dago seperti Rumah Mode FO serta Glow FO.

Dan satu lagi, untuk keperluan liburan anda yang istimewa, lokasi ini juga sangat dekat dengan destinasi wisata terfavorit wisatawan asal jakarta seperti Wisata Maribaya Lembang Bandung serta lokasi Tempat Wisata Pantai Buatan di Kampung Gajah dan Ciater.

Sementara untuk tempat wisata alternatif sejenis dengan Kamunitas Hong, yang kearifan budaya tradisional sunda, anda bisa mengunjungi Kampung Adat Cikondang, Saung Angklung Udjo, Galleri Wayang Golek Cupumanik Bandung, Eco Bambu Cipaku dan yang terbaru Desa Wisata Kampung Pasir Angling Suntenjaya Cibodas dll

Nah sahabat traveler’s, demikianlah informasi seputar Tempat Wisata di Bandung Utara yang jangan boleh anda lewatkan ketika anda berlibur di bandung bersama keluarga.

Jika anda tertarik mengunjungi pusat kajian mainan rakyat ini, atau tempat-tempat wisata yang terkenal lainnya, kang dian ada sedikit Tips Wisata Ke Bandung yang Murah dan Mudah.

Yaitu, mulai sekarang gunakalah jasa perjalanan wisata dari Tour Travel Bandung yang sekarang banyak menawarkan kemudahan cara berwisata ke kota kembang dalam Paket Wisata Bandung Murah.

Ada 3 program Paket Tour Bandung yang terpopuler sekarang dan menjadi buruan calon wisatawan yang mau liburan ke Bandung, yaitu :

Jika anda mau berlibur dengan anggota keluarga, teman atau berdua dengan pasangan, saat ini anda bisa memilih 2 program terpopuler yaitu Paket Wisata Bandung 2 Hari 1 Malam dan Paket Wisata Bandung 3 Hari 2 Malam.

Sementara bagi anda yang berencana liburan ke bandung secara rombongan, seperti untuk kegiatan gathering atau aouting instansi atau perusahaan, anda bisa memilih Paket Outbound Bandung.

Nah sahabat traveler’s, kang dian cukupkan saja bahasan kali ini seputar Tempat Wisata Edukasi Budaya di Bandung yang sangat terkenal, yaitu Komunitas Hong.

Komunitas Hong
Komunitas Hong Dago Bandung

Place Name: Komunitas Hong

Place Description: Tempat Wisata Edukasi,Sejarah dan Budaya Permainan Tradisional Sunda di Dago Bandung Utara

More...

  • Komunitas Hong
  • Fasilitas
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses

Ringkasan

Nama : Komunitas Hong
Alamat : Jl.Bukit Pakar Utara No 35 Dago
No Tlp : (022) 2515773
Jam Buka : Senin-Minggu,08.00-18.00 WIB
Fasilitas : Hiburan,Kuliner dll
Harga Tiket Masuk/Paket : Mulai Rp.50.000/org

5.0
User Rating 0 (0 votes)
Sending
Comments Rating 0 (0 reviews)
loading...