Gunung Batu Lembang – Fakta & Misteri Hancurnya Bandung

Loading...
Gunung Batu Lembang

Gunung Batu Lembang

Gunung Batu Lembang – Kawasan wisata Lembang berada di dataran tinggi pegunungan Bandung, salah satu aktifitas wisata Favorit wisatawan adalah menikmati eksotisme keindahan alam gunung-gunung nya.Bagi pecinta alam dan pendaki gunung, Lembang mempunyai beberapa pegunungan yang menantang untuk didaki, sebut saja Gunung Burangrang dan Tangkuban Perahu, tapi tahukah anda di Lembang ada satu lagi gunung yang sangat sangat fenomenal di instagram saat ini, ya Gunung Batu Lembang !! lokasinya yang sangat dekat dari pusat kota Lembang, membuatnya menjadi lokasi buruan wisata untuk mendapatkan sensasi dan menjajal tantangannya untuk sampai ke salah satu tempat wisata di bandung yang sangat indah pemandangannya ini.

Halo sahabat traveller’s, jumpa lagi dengan penulis blog info wisata Bandung [ Tempatwisatadibandung.Info ].Bagaimana planning kalian untuk mengisi liburan tahun baruan sahabat ? Sudahkah anda menemukan destinasi wisata Favorit tujuan anda berlibur di bandung ? Apabila belum,silahkan jangan sungkan baca daftar aneka tempat wisata di bandung yang terlengkap dan dikupas secara detil dan jelas, sehingga akan menjadi referensi wisata anda ketika hendak berwisata di kota berjuluk paris van java ini di sini : 999 tempat wisata di bandung yang wajib anda kunjungi.

Gunung Batu Lembang

Gunung Batu Lembang

Sahabat Traveller’s,kali ini kang dian akan mengajak anda mengunjungi salah satu objek wisata di bandung barat, yaitu Gunung Batu Lembang. Apakah yang menarik dari tempat yang biasa juga disebut gunung batu besar lembang ini ? Baiklah kang dian akan paparkan, alasan kenapa sahabat harus sempatkan berkunjung ke tempat ini. Sahabat traveller’s, apakah anda hobby kegiatan asyik seperti  hiking dan juga Climbing ? Anda Bosan dengan suasana crowded di pusat perbelanjaan dan pusat hiburan modern di kota bandung ? Yup, inilah solusi yang sangat tepat, ketika sahabat menemukan tulisan ini, maka anda akan dibawa ke sebuah tempat tertinggi di bandung, yang akan memberikan jawaban sekaligus sensasi tersendiri buat anda yang suka suasana alam pegunungan dengan keheningan dan keindahannya yang khas yaitu Gunung Batu Lembang.

Sahabat Traveller’s, Tempat wisata alam di Bandung dan sekitarnya terkenal menyimpan banyak objek wisata yang eksotis dan juga romantis. diantara Tempat-tempat wisata alam di bandung yang unik dan menarik itu sangat ideal untuk anda singgahi seperti danau atau situ di bandung, Curug atau air terjun bandung hingga lokasi bukit pegunungan. Seperti yang anda tahu, Geografis kota Bandung memang dikelilingi oleh jalur pegunungan yang membantang panjang mengitari kota kembang, dan uniknya setiap lokasi memiliki daya tariknya masing-masing. Sebut saja contohnya yang pernah kang dian juga tuliskan artikelnya untuk anda yaitu, Stone Garden yang lokasinya ada di daerah Gunung Masigit Padalarang yang populer dengan formasi bebatuannya yang khas,unik dan berasal dari dasar lautan danau purba Bandung atau juga Tebing Keraton di kawasan wisata pegunungan Dago.

Gunung Batu Lembang

Gunung Batu Lembang

Gunung Batu Lembang – Suasana Hening dan keindahan saat Sunrise di Gunung Batu Lembang

Sahabat, seperti namanya salah satu gunung di lembang bandung yang sangat indah ini merupakan gunung yang sebagian besar permukaan arealnya didominasi bebatuan dengan ukuran sangat besar yang berada di puncaknya.Nah, Karena permukaan gunungnya yang didominasi dengan bebatuan besar inilah yang kemudian menyebabkan hampir tidak ada pohon yang tumbuh di pucak gunung ini, hanya onggokan rumput serta ilalang yang tumbuh di puncak gunung batu ini. Berdasarkan data ilmiah, Gunung Batu Lembang ini diprediksi terbentuk dari aliran lava karena akibat letusan dari Gunung Sunda purba yang meletus sekitar 500.000 tahun yang silam.

Sahabat traveller’s, Gunung Batu Lembang memiliki ketinggian kurang lebih 1250 meter di atas permukaan air, dari lokasi puncaknya anda bisa menyaksikan landscape Bandung yang dikelilingi pegunungan yang sangat luar biasa indah, seperti Gunung Burangrang, Gunung Tangkuban Parahu, dan Gunung Putri yang berada di utara dan jika kamu melihat ke arah timur maka kamu akan melihat Gunung Bukittunggul & Gunung Palasari.Selain itu juga, apabila anda bermalam alias camping di sini, maka dapat menikmati pemandangan sunrise yang mengagumkan di waktu subuh, semburat cahaya matahari pagi berpadu indah dengan pemandangan gunung bukit tunggul di bagian timur, sementara dibagian barat kita dapat menikmati keindahan Gunung Burangrang.

Fakta dan Misteri Gunung Batu Lembang

Gunung Batu Lembang

Gunung Batu Lembang

Gunung Batu Lembang adalah bagian dari Patahan Lembang yang merupakan salah satu sesar yang menjadi obyek penelitian LIPI yang merupakan retakan sepanjang 22 KM, membentang dari arah timur hingga ke barat. Berawal di kaki Gunung Manglayang di sebelah timur dan menghilang sebelum kawasan perbukitan kapur Padalarang di bagian barat. Patahan itu tepat di antara Gunung Tangkubanparahu dan dataran Bandung sehingga membentuk dua blok, utara dan selatan. ”Tembok Alam Raksasa” ini membentengi pemandangan orang di utara ke arah selatan.

Sekitar tahun 2008 LIPI menggali tanah di kawasan Lembang, Faktanya, berhasil diketahui jejak gerakan gempa selama 3.000 tahun terakhir, telah terjadi tujuh kali pergerakan besar Sesar Lembang.Rekaman tersebut diketahui dari lapisan tanah bekas sagpond (areal rawa yang tercipta akibat pergerakan patahan). Namun, belum diketahui mekanisme pergerakan Patahan Lembang akibat lambannya laju pergerakan sesar, 2 milimeter-5 milimeter per tahun. Periode gempa di Patahan Lembang pun terbilang lama, sekitar 400 sampai 700 tahun.Sehingga tidak ada fakta sejarah yang menunjukkan data secara otentik keaktifan sesar yang membentang panjang antara Manglayang,Parongpong hingga Lembang.

Menurut penelitian Brian Atwater, ahli paleoseismolog dari United States Geological Survey (USGS), ancaman bencana gempa dari Patahan Lembang termasuk kategori kelas dunia karena patahan itu berada di dekat kawasan kota Bandung yang sangat padat, dan fakta ini yang belum ditemukan di belahan dunia lain. Di lokasi terlihat, di sekitar patahan itu telah berdiri banyak perumahan dan vila mewah. Kawasan wisata Observatorium Bosscha yang menjadi warisan astronomi dunia juga dilintasi patahan ini, dan jika patahan sepanjang 22 km ini bergerak serempak sekaligus, maka gempa dahsyat yang dihasilkan bisa mencapai 6,7 skala Richter.

Subhanalloh lumayan merinding juga sahabat ya ?, semoga saja misteri Gunung Batu lembang yang dilengkapi dengan data ilmiah ini tidak akan pernah terjadi, sekaligus bisa memberikan gambaran kepada kita bagaimana sesungguhnya manusia yang hidup di muka bumi ini sangat begitu rentan dengan bahaya dan bencana.

Wisata di Gunung Batu Lembang

Wisata Gunung Batu Lembang

Kegiatan Wisata Panjat Tebing di Gunung Batu Lembang

Sahabat terlepas dari uraian fakta ilmiah dan misteri dari Gunung Batu lembang di atas, Gunung batu ini juga adalah tempat terbaik untuk  dijadikan destinasi wisata di lembang bandung yang sangat menarik.Beragam aktifitas wisata bisa dilakukan di tempat ini.Dimulai dari start menuju kawasan wisata lembang ini yang harus mendaki ( Hiking ), hingga untuk anda yang suka dengan tantangan menguras adrenalin seperti panjat tebing bisa anda lakukan di sini. Kegiatan wisata menarik lainnya yang tak kalah seru adalah bermalam dengan cara Camping, di sini anda akan menemukan banyak sensasi wisata, seperti menikmati sentuhan angin lembut dan dingin khas pegunungan yang menenangkan,menikmati indahnya sunrise hingga sunset dari ketinggian lembang, hingga kegiatan fotograpi untuk mencari sudut-sudut eksotis gunung batu untuk anda posting di akun sosial media anda.

Alamat Gunung Batu Lembang

Alamat Gunung Batu Lembang ini adalah terletak di Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang Bandung Barat Indonesia, dan untuk menemukan dan sampai ke lokasi salah satu tempat wisata yang menarik di bandung ini, silahkan anda teruskan membaca di bawah ini, yaitu rute jalan menuju ke gunung batu lembang.

Rute Jalan ke Gunung Batu Lembang

Untuk menuju lokasi Gunung Batu Lembang, anda dapat menempuh perjalanan dari pusat kota Lembang melalui Jl. Maribaya atau desa buni asih, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan juga mobil untuk sampai ke sini. Tapi jika ingin menggunakan transportasi umum seperti angkot, anda bisa menggunakan angkutan dengan trayek Lembang-Cibodas, anda juga dapat menumpang delman/andong dari sekitar pasar lembang. Lewat jalur ini bahkan anda bisa berhenti di beberapa tempat wisata di lembang yang fenomenal saat ini, yaitu taman begonia lembang atau rumah bunga rizal dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau hiking.

Tiket Masuk Gunung Batu Lembang

Sahabat Traveller’s, inilah menurut pandangan kang dian penulis blog info wisata kota kembang, salah satu tempat wisata di bandung yang murah meriah namun menyimpan banyak pesona yang tidak akan anda temukan di kota besar lainnya.Karena objek wisata alam Gunung Batu ini belum dikelola secara formal oleh pemkab bandung barat bahkan swasta,maka sudah bisa dipastikan bahwa harga tiket masuk ke gunung batu lembang bandung barat ini adalah GRATIS.!! asyik kan ? bukan lagi murah tapi anda ga perlu bayar apa pun , kecuali tentunya ongkos transportasi, akomodasi dan biaya lainnya yang diperlukan untuk kenyamanan wisata anda di gunung batu lembang ini.

Peta Gunung Batu Lembang.

  • Untuk mengetahui peta lokasi dan map gunung batu besar lembang ini, silahkan anda buka saja di sini.

Nah, sahabat kang dian pecinta wisata bandung, demikianlah salah satu informasi tentang tempat wisata di bandung barat yang menarik, berupa obyek wisata alam pegunungan di dataran tinggi lembang yang sedang hangat dibicarakan para nettizen di dunia maya, khususnya sosial media seperti instagram, karena banyaknya penampakan berupa foto-foto gunung batu yang eksklusif seperti sunset dan juga sunrise di gunung batu Lembang ini.[ Tempatwisatadibandung.Info # Gunung Batu Lembang ]

loading...

Leave a Reply